Vihara Avalokitesvara Graha, Vihara Tebesar di Asia Tenggara
Vihara Avalokitesvara Graha salah satu dari wisata religi yang dimiliki oleh Kepulauan Riau yang bisa menjadi rekomendasi tempat tujuan wisata saat berlibur. Setiap tempat wisata ini memiliki daya tarik sendiri yang akan mengundang Anda untuk mengujunginya dan menikmati dan menghabiskan waktu liburannya disana

Kepulauan Riau memang memiliki wisatan bahari yang sangat bayak dan panoramanya sudah tidak dapat dipungkiri lagi keindahannya sehingga menarik banyak wisatawan untuk mendatanginya. Wisata religi pun tak kalah memiliki banyak peminat yang akan mengunjunginya. Salah satu dari wisata religi yang dimiliki oleh Kepulauan Riau adalah Vihara Avalokitesvara Graha. Vihara ini merupakan vihara terbesar di Asia Tenggara. Letaknya yang berada di pinggir jalan terlihat begitu mencolok dimata pengunjungnya. Yang membuat vihara ini begitu mencolok karena gapura dengan patung singa yang begitu mewah menyambut Anda.

Saat Anda memasuki vihara ini Anda akan disuguhkan dengan luasnya pekarangan yang ada sehingga terlihat seperti kerajaan China. Tidak hanya itu terdapat hamparan kebun buah naga di dalam vihara.

Bagian bangunan utama vihara ini berisikan patung Dewi Kuan Yin sehinggi 16,8 meters dengan dilapisi emas seberat 22 karat. Tidak hanya itu disekeliliing patung terdapat patung dewi-dewi yang berdiri sejajar dengan tinggi 3,5 hingga 4 meter di sisi patung Dewi Kuan Yin.

Fasilitas Vihara Avalokitesvara Graha

Vihara merupakan tempat beribada untuk komunitas Tionghoa. Hanya saja di vihara ini tidak hanya menyediakan tempat untuk beribadah tetapi juga untuk memperdalam ilmu, beguru dan belajar para biksu, sangha, dan mendatangkan guru dari luar dan dalam negeri.

Jika dilihat dari bangunannya yang begitu mewah memfasilitasi Anda sebagai pengunjung untuk tempat wisata dan juga tempat beribadah sekaligus menambah wawasan mengenai vihara ini.

Sejarah Vihara Avalokitesvara Graha

Vihara terbesar di Asia Tenggara ini terletak di Tanjungpinang yang memiliki komunitas keturunan tionghoa terbanyak. Meskipun komunitas ini terbanyak di Tanjungpinang, mereka masih bisa hidup rukun dengan yang lain.

Terletak di 14Km dari pusat Tanjungpinang, Kelurahan Air Raja, sebelah kiri dari jalur lintas Tanjungpinang – Tanjung Uban. Vihara ini dibangun oleh yayasan komunitas tionghoa untuk memfasilitasi komunitas ketika akan beribadah, mendalami ilmu, berguru dan belajar para biksu serta hal yang lain. Menteri Agama meresmikan vihara ini pada tahun 2009 .

Hunting Foto di Wisata Ini

Berlibur menjadi hal yang paling ditunggu dan paling mengasikkan. Dan selama liburan berlangsung hal yang tidak terlupakan oleh Anda adalah mengabadikan moment liburan. Mengabadikan foto liburan akan selalu dilakukan untuk mendapatkan kenangan dan bukti atas liburan yang sudah Anda jalani.

Vihara ini memiliki gapura yang begitu mewah dan sangat mencolok. Terlebih dengan pekarangan yang ebgitu luas sehingga menyerupai kerjaan di China akan menjadi tempat untuk berfoto yang sangat bagus untuk Anda yang mengunjunginya. Arsitektur yang mewah ini menjadi daya tarik tersendiri.

Selain dari luar dimana vihara ini tampak begitu mewah maka dari dalam tak kalah indah untuk Anda mengabadikan dalam sebuah foto. Terdapat patung Dewi Kuan Yin yang begitu indah dengan lapisan emas 22 karat menjadi objek foto yang indah.

Selain mengabadikan foto dari dalam dan juga luar bangunan Anda juga bisa mengabadikan suasana didalam vihara yang begitu tenang. Anda juga bisa mengabadikan setiap kegiatan yang berlangsung saat Anda datang berkunjung tentunya dengan izin dari pengelolah vihara.

Baca Juga : Tugu Proklamasi, Monumen Bersejarah Pengibaran Bendera Merah Putih Pertama di Tanah Melayu

Akes Menuju ke Vihara Avalokitesvara Graha

Letaknya yang berada disebelah kiri jalur lintas Tanjungpinang – Tanjung Uban memudahkan Anda untuk mencapai Vihara Avalokitesvara Graha bukanlah hal yang susah. Cukup dengan menggunakan kendaraan pribadi Anda bisa mengunjungi vihara ini.

Tips Berwisata ke Vihara Avalokitesvara Graha

Jika Anda sedang menggunjungi Vihara Avalokitesvara Graha maka Anda harus menggunakan pakaian yang sopan dan tertutup. Sebagai pengunjung, Anda harus menghormati orang yang sedang beribadah di dalam vihara. Akan tidak sopan jika wisatawan menggunakan pakaian yang terlampau terbuka saat mengunjungi wisata ini.

Selain dari menggunakan pakaian yang sopan Anda juga harus menjaga setiap perkataan yang akan Anda ucapkan. Sama dengan pakaian, perkataan yang tidak sopan akan menyingung siapa saja yang mendengarnya. Akan lebih baik jika Anda bisa menjaganya. Jangan pula berkata terlalu keras megingat vihara juga merupakan tempat beribadah.

Jangan mengambil maupun merusak property kepemilikan vihara. Bukan hal terpuji jika Anda sebagai wisatawan melakukannya dengan sengaja untuk merusak property tersebut. Sebagai pengunjung Anda juga berkewajiban untuk menjaganya mengingat Anda hanyalah pengunjung.

Jam Buka dan Peta Lokasi Vihara Avalokitesvara Graha

Vihara Avalokitesvara Graha menjadi salah satu tujuan wisata religi yang mampu menarik wisatawan mengunjunginya. karena itu tidak ada jam yang dikhususkan untuk Anda mengunjungi vihara. Begitu pula dengan tiket masuknya, tidak ada pemungutan biaya tiket masuk untuk Anda.


Artikel Terkait