Waduk Selorejo, Berwisata Sambil Bersantai di Perahu Wisata
Malang adalah salah satu kota yang bersih dan sejuk di Jawa Timur, tanpa diragukan lagi, sudah terkenal sejak dulu. Penghilang sejarah yang tersebar di sekitar Malang Menampilkan bahwa topi memainkan peran penting di masa depan dan membentang dari 112 ° 17 '10,90 ° sampai 112 ° 57' 0,00 ° BT Bujur dan memanjang dari 7 ° 44 '55,11 ° sampai 8 ° 26 '35,45 ° Lintang Selatan.

Padatnya kegiatan atau kerjaan yang anda lakukan sehari-hari sering memberikan perasaan stres dan tekanan yang berat dalam hidup anda, maka dari itu liburan terbilang penting agar anda bisa melemaskan otot di badan anda dan menikmati keindahan alam yang diciptakan Yang Maha Kuasa sekaligus melarikan diri dari penatnya keadaan kota yang penuh dengan kemacetan dan polusi udara yang bisa merusak kesehatan. Malang adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur bisa menjadi tujuan wisata yang pas terutama jika anda mencari obyek wisata alam, karena di sana anda bisa menemukan banyak sekali wisata alam yang mengagumkan termasuk yang akan kita bahas kali ini yaitu Waduk Selorejo.

Waduk Selorejo adalah salah satu destinasi wisata yang berlokasi di kecamatan Ngantang, kabupaten Malang. Mungkin anda akan setengah tidak percaya jika mendengar kata 'waduk' yang dijadikan sebuah obyel wisata. Namun banyak waduk-waduk tidak hanya di daerah Jawa Timur yang karena lingkungan dan pemandangan yang dipunyai membuat tempat tersebut dijadikan sebagai lahan tempat wisata yang menguntungkan. Banyak wisatawan baik yang lokal maupun luar yang mengunjungi Waduk Selorejo ini. Wisata Waduk Selorejo ini berada di ketinggian 600 mdpl, sehingga akan terasa sejuk udara disekitarnya. Pemandangan waduk selorejo juga indah dikarenakan dikelilingi oleh gunung-gunung diantaranya gunung Kelud, Gunung Anjasmoro serta Gunung Kawi. Berdiri di pinggiran waduk dengan menikmati panorama waduk serta latar pegunungan yang diselimuti awan adalah kesenangan tersendiri bagi pengunjung obyek wisata Selorejo.

Pemandangan yang bisa anda saksikan di tempat ini sangatlah menarik karena selain waduk anda bisa menyaksikan keindahan alam yang mungkin tidak dipunyai waduk lainnya. Kegiatan yang mengasyikan seperti menyusuri waduk dengan perahu yang bisa anda sewa dengan murah bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu anda juga bisa mengadakan gathering, outing perusahaan dan lainnya. Di sana juga ada outbound yang bisa anda manfaatkan.

Waduk Selorejo ini sebenarnya bertujuan untuk menampung sungai Konto, anak sungai Brantas, dan sungai Kwayangan agar mencegah banjir. Selain fungsi di atas, Selorejo juga berfungsi untuk wisata, budidaya perikanan, irigasi, dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Waduk dirintis pada tahun 1963 dan pembangunannya baru selesai pada 1970, dan langsung diresmikan oleh Presiden Suharto pada tanggal 22 Desember 1970. Waduk Selorejo ini sekarang dikelola oleh Perum Jasa  Tirta. salah satu BUMN yang berlokasi di Malang. Nah tunggu apalagi, bagi anda yang ingin sesuatu yang baru, anda bisa datang ke Waduk Selorejo yang ada di Malang ini bersama keluarga anda.

Fasilitas di Waduk Selorejo

Karena sudah dikelola dengan baik sebagai waduk maupun obyek wisata, Waduk Selorejo sudah mempunyai fasilitas-fasilitas penunjang yang bisa anda manfaatkan keberadaannya, seperti di antaranya adalah;

- Toilet umum

Salah satu fasilitas yang penting ini sudah ada di Waduk Selorejo. Jadi bagi anda yang butuh untuk ke kamar mandi tidak perlu khawatir lagi karena ada beberapa bilik toilet umum yang bisa anda gunakan di sana.

- Lahan parkir

Datang me Waduk Selorejo bisa menggunakan kendaraan pribadi. Nah untuk anda yang membawa motor atau mobil sendiri, di sana sudah ada lahan parkir yang memadai yang bisa menampung banyak kendaraan. Biaya parkirnya sendiri juga murah.

- Sewa perahu wisata

Anda bisa menikmati air waduk dengan menyusurinya menggunakan perahu wisata yang disewakan di sana. Dengan harga yang murah, anda bisa melihat pemandangan di sekitar sambil bersantai di atas perahu.

- Warung atau tempat makan

Bagi anda yang tidak membawa bekal makanan dan minuman dari rumah, anda tidak perlu takut kelaparan. Di sana sudah ada beberapa warung atau kantin yang menjual berbagai macam makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

- Gazebo

Ada beberapa gazebo-gazebo di sana yang bisa anda gunakan untuk tempat bersantai. Duduk-duduk sambil menikmati pemandangan pegununga dari kejauhan dan juga memakan bekal yang anda bawa, pastilah bisa menjadi kegiatan bersantai yang asik.

Hunting Foto di Waduk Selorejo

Datang ke sebuah obyek wisata memang ada yang kurang jika anda tidak membawa kamera dan sampai melewatkan berbagai momen seru yang terjadi saat anda sedang berlibur. Di Waduk Selorejo anda bisa memuaskan hasrat berfoto anda karena banyak spot-spot menarik yang bisa anda manfaatkan seperti spot saat anda menyusuri waduk dengan menggunakan perahu. Di sana anda bisa berselfie ria dengan latar belakang waduk dan pemandangan alam yang indah. Selain itu anda juga bisa meminta teman anda memfoto anda saat melakukan kegiatan outbound yang menyenangkan. Selain itu di Waduk Selorejo, anda bisa melihat pemandangan gunung-gunung dari kejauhan yang elok dan sangat cocok untuk dijadikan target bidikan kamera anda.

Baca juga : Menikmati Keindahan Puncak Gunung Lawu yang Berhawa Mistis

Akses Jalan Menuju ke Waduk Selorejo

Ada dua cara untuk menuju ke Waduk Selorejo, yaitu menggunakan kendaraan pribadi atau alat transportasi umum.

Kendaraan Pribadi

Perjalanan yang bisa diambil dari Kota Kabupaten Malang, anda bisa melewati jalur Kabupaten Malang – Batu – Selorejo ± 60 km dan dari Kota Surabaya bisa mengambil jalur Surabaya – Krian – Mojo Agung – Ngoro – Ngantang – Pujon – Selorejo.

Transportasi Umum

Bila anda naik bus jurusan Kediri -Malang atau Jombang – Malang dan sebaliknya, Kita tentu dapat melalui pinggiran bendungan ini. 

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Waduk Selorejo

Jam operasional dari Waduk Selorejo adalah dari jam 08.00 sampai dengan jam 16.00 wib, setiap hari termasuk hari libur. Tiket masuknya juga sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 7.000,- per orangnya.

Tips Berlibur ke Waduk Selorejo

- Persiapkan kendaraan yang anda akan gunakan untuk pergi kesana

- Sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman dari rumah

- Jangan mengotori lingkungan

- Buang sampah pada tempatnya

Artikel Terkait