Waduk Darma, Waduk Buatan Nan Cantik Menyimpan Sejuta Misteri
Kuningan menyimpan banyak wisata alam yang membuat para wisatawan datang ke kota yang terletak di Jawa Barat ini. Salah satu wisata alamnya yang sering dikunjungi adalah Waduk Darma Kuningan. Sebuah waduk yang berada di sebelah barat kota Kuningan yang lebih tepatnya berada di Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kuningan, Ciamis.

Luas waduk yang mencapai kurang lebih 425 hektar dengan menyuguhkan pemandangan indah bagi siapapun yang mengunjungi tempat ini. Udaranya yang masih sejuk menarik perhatian bagi setiap wisatawan yang datang.

Menurut kepercayaan masyarakat penduduk sekitar, pada jaman dulu saat para wali masih hidup, Waduk Darma merupakan bendungan yang cukup besar di buat oleh mbah Satori (mbah dalem Cageur). Untuk mengairi waduk, air berasal dari mata air Cihanyir yang berada tepat di tengah waduk Darma dan dari hulu sungai Cisanggarung.

Tempat wisata waduk darma sangat luas, jadi cocok untuk anda yang ingin bersantai dan meninggalkan hiruk pikuk kehidupan di kota. Anda dapat piknik di sektir waduk Darma, cocok sekali jika anda mengajak keluarga ataupun sahabat.


Fasilitas yang Ada Di Waduk Darma

Para wisatawan yang berkunjung bisa juga menginap di sekitar kawasan, karena telah ada penginapan yang diperuntukkan untuk pengunjung dengan harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Fasilitas yang ada disini sudah sangat menunjang.

Beberapa fasilitas tambahan juga telah disediakan untuk para pengunjung. Apabila anda lapar, anda cukup membeli makanan yang dijual oleh para pedagang di sekitar waduk. Fasilitas lain yang ada di Waduk Darma adalah camping ground, fasilitas mainan anak, kolam renang anak, kereta naga, lapangan bola, masjid, pamggung serba guna dan lain lain.

Keindahan Waduk Darma

Nuansa pegunungan dengan udara yang segar dan keindahan alam yang mempesona membuat setiap orang merasa dimanjakan dan tidak mudah terlupakan oleh setiap orang yang mengunjunginya. Itulah Kuningan, sebuah kabupaten di Jawa barat yang berada bawah kaki Gunung Ciremai dengan pesonanya yang menjadi daya tarik tersendiri.

Kuningan mempunyai banyak objek wisata yang menarik salah satunya adalah Waduk Darma yang terletak di Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan. Saat ini menjadi kawasan dengan tempat wisata yang mempesona. Waduk semakin indah  dengan di kelilingi oleh hamparan alam pegunungan yang cantik dan menyejukkan. Hampir setiap harinya, terutama pada hari libur.

Banyak sekali pengunjung dari berbagai daerah menghabiskan waktunya di Waduk Darma. Selain untuk menikmati keindahan alam yang ditawarkan, ternyata ada cerita mistik dibalik pesona waduk yang dapat membuat orang penasaran.

Namun ada cerita mistis dibalik waduk yang indah. Masyarakat sekitar percaya bahwa Waduk Darma dihuni siluman belut putih raksasa. Dulunya siluman belut putih ini menampakkan diri sehingga kadangkala ada orang yang kebetulan melihat makhluk gaib tersebut. Konon Siluman ini tidak segan-segan untuk merusak apa yang ada pada waduk

Misalnya saja pada kebocoran Waduk Darma beberapa waktu yang lalu, orang-orang pintar setempat mengatakan jika hal itu dikarenakan ulah belut putih.
Tapi hal itu akan terjadi bila ada orang yang melakukan perbuatan tidak baik yang dilakukan di sekitar waduk. Hal itu sebagai peringatan bagi pengunjung. Di tengah waduk ada bagian yang unik dan tidak pernah keruh meskipun air yang ada di sekelilingnya sedang keruh.

Hal tersebut menjadi rahasia yang tidak pernah terpecahkan hingga saat ini. Pada zaman dahulu ketika waduk masih berupa ranca atau danau kecil, cerita tentang siluman belut putih dan ulahnya sangat mengerikan sering terdengar.

Hunting Foto di Sekitar Kawasan Waduk Darma

Bagi anda yang hobi memotret pemandangan, maka tidak ada salahnya jika anda mengunjungi Waduk Darma. Disini anda akan dimanjakan oleh pemandangan yang indah, selain itu anda juga membidik dengan lensa kamera anda. Maka jangan sampai anda lupa untuk membawa perlengkapan fotografi anda.

Disini anda dapat menemukan berbagai macam spot yang cocok untuk menjadi latar belakang foto anda. Pada saat senja, maka keindahan waduk semakin mempesona para pengunjungnya. Jika anda penggemar foto selfie, tidak ada salahnya jika anda foto dengan latar belakang waduk.


Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Waduk Darma

Untuk dapat masuk ke kawasan wisata ini, para pengunjung dikenakan tarif Rp. 5.000,- per orang. Cukup murah untuk dapat masuk ke tempat yang cantik ini. Jam buka adalah dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Akses Lokasi Menuju Waduk Darma

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Jalan untuk menuju waduk ini sudah diperbaiki, jadi memudahkan bagi para pengunjung untuk dapat datang ke Waduk Darma.

Tips Ketika Berlibur ke Waduk Darma

  • Sebaiknya patuhi peraturan yang ada di waduk, jangan berkata kotor agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
  • Jangan berbuat hal yang menyimpang, konon jika ada yang berbuat aneh atau menyimpang, akan ada balasan dari ulahnya.
  • Buanglah sampah pada tempatnya, jika bukan kita maka siapa lagi yang akan melestarikan kekayaan alam Indonesia.
  • Jangan lupa untuk membawa kamera kesayangan anda, karena tentu saja anda tidak ingin melewatkan momen ketika berada di Waduk Darma bukan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai waduk yang cantik ini. Jika anda sedang berada di Kuningan, maka tidak ada salahnya untuk mampir ke Waduk Darma yang indah dan punya cerita mistis di dalamnya. Sangat cocok untuk dijadikan referensi liburan bersama keluarga. Selamat berlibur.

Artikel Terkait