Tugu Proklamasi, Monumen Bersejarah Pengibaran Bendera Merah Putih Pertama di Tanah Melayu
Tugu Proklamasi sebagai monument bersejarah yang berada di Tanjungpinang menjadi tempat berwisata untuk Anda. Sejarah yang disimpan oleh tugu ini masih berhubungan erat dengan Kepulauan Riau dan Indonesia. Begitu Anda mengunjungi tugu Anda juga dapat mengenali sejarah akan kenapa tugu didirikan

Dengan sejarah yang dimiliki oleh Tugu Proklamasi menjadi salah satu alasan tugu mampu menarik banyak minat wisatawan untuk mengunjunginya. Selain itu bentuk dari tugu yang berbeda dari lainya menjadi point tambahan daya tarik tugu. Tugu Proklamasi menyimpan sejarah akan perjuangan Kepulauan Riau untuk beergabung dengan Indonesia. Perjuangan ini dimulai dari penjahitan bendera merah putih yang akan dikibarkan pertama kali serta pembacaan teks Proklamasi di Tanjungpinang.

Dari tugu inilah diketahui bahwa ada perjuangan dari tanah Melayu untuk bergabung dengan Indonesia. Tidak banyak masyarakat mengetahui akan sejarah ini, banyak dari mereka yang akan berpendapat bahwa Kepulauan Riau merupakan bagian dari wilayah Indonesia seperti yang lain.

Sebagai tempat pertama pengibaran bendera merah putih dan juga pemabacaan teks Proklamasi untuk pertamakalinya, akan mendatangkan banyak pengunjung yang ingin mengetahui sejarah Tugu Proklamasi dengan daya tariknya.

Fasilitas Tugu Proklamasi

Kini Tugu Proklamasi mengalami pembugaran dalam bentuk penataan ulang tanpa meninggalkan nilai sejarah yang melekat pada tugu. Pembugaran ini dilakukan karea kondisi dari lokasi Tugu Proklamasi yang termasuk dalam taman kota yang sudah lama tidak diperhatikan.

Sehingga diharapkan kedepanya taman kota ini akan berfungsi dengan baik dan mengundang banyak pengunjung untuk mengunjungi Tugu Proklamasi. Lokasi tugu sendiri cukup strategis maka akan dapat menarik banyak pengunjung dan meramaikan tugu.

Sejarah Tugu Proklamasi

Tugu ini didirikan dalam bentuk mengenang usaha Kepulauan Riau untuk bergabung dengan Indonesia, tak hanya itu tugu ini juga menjadi tempat untuk pertamakalinya bendera merah putih dikibarkan sekaligus pembacaan teks Pancasila di Tanjungpinang.

Sayangnya tidak banyak yang mengetahui sejarah pengibaran pertamakali dan pembacaan teks Proklamasi untuk pertama kalinya di tanah Melayu, Tanjungpinang. Sehingga pendirian tugu ini untuk mengenang perjuangan.

Mochtar Huserin, seorang yang memperjuangkan Kepulauan Riau agar masuk sebagai salah satu wilayah di Indonesia yang saat itu terjadi tarik ulur dimana sebagian masyarakat ingin Kepulauan Riau bergabung dengan Indonesia dan sebagian ingin bergabung dengan Singapura yang saat itu dijajah oleh Inggris.

Tarik ulur ini memiliki alasan yang kuat dari kedua belah pihak. Dimana keinginan menyerahkan ke Indonesia berdasarkan sejarah nusantara dan keinginan menjadi bagian dari Singapura masih satu rumpun dengan Kepulauan Riau.

Sehingga dalam bentuk memperjuangkan Kepulauan Riau saat itu Mochtar Husein memberanikan diri medesak Kepulauan Riau agar masuk wilayah kedaulatan RI dan akhirnya mendapatkan dukungan penuh dari Presiden Soekarno.

Setelah itu pengibaran bendera merah putih untuk perlama kali dilakukan pada tahun1949 di depan Gedung Daerah di atas tiang yang berada di pojok sebelah kanan bangunan. Hanya saja pondasi dari tinag bendera bergeser setelah pemerintah membangun Tugu Proklamasi yang dibangun oleh Suryatati A Manan selaku Wali Kota Tanjungpinang.

Baca Juga : Istana Kantor, Wisata yang Kaya Nilai Sejarah dan Situs Peninggalan

Hunting Foto di Wisata Ini

Anda bisa mengambil foto secara keseluruhan dari Tugu Proklamasi dari depan untuk menunjukan keberadaan tugu yang memiliki sejarah dengan Indonesia. Masih memungkinkan jika Anda juga mengambil foto tugu dari beberapa sudut untuk hasil yang lebih bagus. Setelah itu Anda juga bisa mengambil foto bersama dengan Tugu Proklamasi.

Akes Menuju ke Tugu Proklamasi

Tugu Proklamasi terletak begitu strategies, yakni terletak berdekatan dengan pintu keluar Pelabuhan Dri Bintan Pura, Tanjungpinang. Jika Anda mengunjunginya maka tidak begitu sulit, Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai di tempat tujuan lebih cepat.

Tips Berwisata ke Tugu Proklamasi

Tugu Proklamasi didirikan untuk mengahargai perjuangan yang sudah dilakukan untuk menggabungkan Kepulauan Riau dengan Indonesia. Meskipun Tugu Proklamasi tidak terbentuk seperti tugu yang lainnya tapi tidak berarti kita akan lebih lagi jika kita menjaganya.

Selama mengunjungi Tugu Proklamasi akan lebih baik jika Anda harus menjaga dengan tidak merusak peninggalan sejarah seperti mencoret-coretnya, bagaimanapun juga Anda harus menghormati monument yang berada ditempat wisata ini.

Membuat kenangan saat liburan sangat disarankan. Karena itu jika Anda ingin menjadikan kunjungan Anda sebagai kenangan yang tak terlupakan, maka sebaiknya Anda mengambil beberapa foto dengan beberapa latar belakang yang menunjukan Tugu Proklamasai sekaligus sebagai perkenalan.

Siang hari akan sangat terasa panas jika Anda ingin mengunjungi Tugu Proklamasi karena tidak ada tempat yang disediakan untuk Anda berteduh. Jadi sebaiknya Anda mempertimbangkan kapan Anda akan mengunjungi. Jika sore hari akan lebih baik untuk Anda karena matahri sudah tidak terlalu terik.

Jam Buka dan Peta lokasi Tugu Proklamasi Kepulauan Riau

Tempat Tugu Proklamasi tidak jauh dari pelabuhan Sri Bintan Pura dan merupakan lokasi yang strategies sehingga tidak ada jam khusus untuk Anda memasuki untuk menikmati Tugu Proklamasi. Begitu pula dengan tiket masuknya, Anda tidak akan dipungut biaya masuk.

Berkunjung ke salah satu dari monument bersejarah akan memberikan informasi sejarah yang berharga untuk Anda. 

Artikel Terkait