Telaga Warna, Danau Wisata yang Penuh dengan Misteri
Lokasi wisata​ danau yang tak jauh dari kawasan Puncak Pass Bogor, membuat Telaga Warna​ selalu menjadi pilihan tempat wisata terbaik. Bagi warga Jakarta yang ingin menepi dari rutinitas harian yang padat, maka menyempatkan diri berkunjung ke Danau Warna Puncak Pass Bogor dapat menjadi pilihan libur di akhir pekan.

Saat berkunjung ke Kota Bogor tak ada salahnya jika bersinggah dahulu di wisata Jawa Barat satu ini. Telaga Warna adalah sebuah danau kecil yang memiliki keunikan dan keindahannya yang dapat kamu jadikan sebagai lokasi berlibur yang seru.

Lokasi wisata danau yang tak jauh dari kawasan Puncak Pass Bogor, membuat Telaga Warna selalu menjadi pilihan tempat wisata terbaik. Bagi warga Jakarta yang ingin menepi dari rutinitas harian yang padat, maka menyempatkan diri berkunjung ke Danau Warna Puncak Pass Bogor dapat menjadi pilihan libur di akhir pekan.

Sebagai kawasan Cagar Alam Mega Mendung dan Hutan Hambalang, tentu keindahan alam yang dimiliki danau ini begitu memukau. Panorama khas hutan yang masih asri, dengan warna danau yang dapat berubah setiap saat membuat lokasi ini memiliki daya tariknya tersendiri.


Fasilitas di Telaga Warna

Sebagai kawasan wisata yang selalu ramai kunjungan wisatawan, membuat sejumlah fasilitas disediakan oleh Pemerintah setempat. Beberapa fasilitas seperti tempat parkir, warung makan, toilet umum, mushola dan sejumlah akses yang sudah mulai nampak baik sekarang dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang ingin kesana.

Pihak pengelola pun juga menyediakan beberapa fasilitas penunjang lainnya seperti sepeda air, flying fox, dan outbound yang dapat kamu nikmati. Selain itu kawasan ini juga dilengkap dengan jogging track area yang cukup luas dan juga gazabo untuk tempat bersantai.

Danau yang memiliki hutan tropis lengkap dengan satwanya, membuat para pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan dan gelak lucu dari beberapa hewan yang ada. Fasilitas tersebut dapat kamu nikmati, salah satunya dengan berfoto bersama satwa yang ada.

Sejarah Telaga Warna

Telaga Warna Bogor yang memiliki sejuta keindahan panorama alam yang memukau, ternyata juga menyimpan cerita mistis yang hingga saat ini masih melekat disebagian masyarakat sekitar. Terdapat beberapa versi sejarah Telaga Warna dengan cerita yang berbeda-beda.

Konon menurut cerita yang tersebar di masyarakat, telaga ini terbentuk akibat dari luapan tangisan seorang raja dan ratu beserta para rakyatnya yang menangisi tindak ulah sang putri. Dulunya ada seorang raja yang memiliki seorang putri jelita, namun sang putri tersebut memiliki paras yang kurang sempurna.

Di hari ulang tahunnya, sang raja, ratu beserta rakyat ingin memberikan hadiah terbaik kepada sang putri yaitu berupa kalung mutiara yang begitu indah. Sayangnya, sang putri membuang kalung tersebut karena dianggapnya kurang bagus dan kurang layak.

Ketika sang raja, ratu dan para rakyat mengetahui tindak ulah sang putri yang sengaja membuang kalung tersebut, maka terjadilah tangisan yang begitu dahsyat, hingga air matanya membendung hingga terbentuklah Danau Telaga Warna ini.

Legenda Telaga Warna dengan cerita yang kedua menyebutkan jika dulunya hidup dua ekor ikan yang berwarna hitam dan kuning. Menurut penduduk setempat, barang siapa yang dapat melihat ikan tersebut maka segala cita dan harapannya akan terkabulkan. Selain itu barang siapa yang membasuh wajahnya dengan air danau, maka mukanya akan terlihat awet muda dan memiliki paras rupawan

Hunting Foto di Telaga Warna

Lokasi wisata Telaga Warna Bogor seakan memiliki magnet tersendiri bagi siapa saja yang mengunjunginya, tak jarang lokasi ini digunakan sebagai tempat hunting foto terbaik. Berbagai spot pun dapat kamu gunakan untuk hasil foto yang lebih bagus

Untuk kamu yang hobby dengan kegiatan hunting, maka tak ada salahnya jika kamu mengambil moment terbaik di sekitar danau Telaga Warna ini. Kecantikan danau yang memiliki warna yang dapat berubah setiap saat serta keindahan di kanan dan kirinya, membuat foto yang kamu hasilkan akan lebih cantik dan menarik.


Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Telaga Warna

Untuk harga tiket masuk Telaga Warna kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp 7.500/orang. Harga yang sangat murah untuk sebuah wisata yang menawarkan keindahan alamnya yang begitu mempesona. Pengunjung juga akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp 2.000 untuk roda dua dan Rp 5.000 untuk roda empat.

Sedangkan untuk jam buka Telaga Warna dibuka setiap hari mulai dari pukul 08.00 – 17.00 WIB. Pengunjung dapat menikmati keindahan danau di waktu tersebut. Kamu juga bisa bertandang kesana baik di pagi maupun siang hari.

Akses Lokasi Menuju Telaga Warna

Alamat Telaga Warna yang berada di Desa Tugu, Kecamatan Cisarua, Puncak Bogor, Jawa Barat ini terbilang cukup mudah dijangkau. Hanya sekitar 1 jam dari Kota Bogor, perjalanan menuju lokasi pun dapat ditempuh baik itu menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum.

Jika kamu dari arah Kota Bogor, patokannya adalah Masjid Atta’awun, setelah melewatinya silahkan belok kiri dan ikuti arah jalan. Disana juga sudah tersedia papan petunjuk yang memudahkan pengunjung datang ke lokasi Telaga Warna di Jawa Barat ini.

Tips Berlibur di Telaga Warna

  • Untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke Telaga Danau Warna maka berhati-hatilah dengan barang bawaan, lokasi ini masih terdapat sejumlah hewan seperti monyet liar yang sering jail.
  • Jika ingin kesana maka waktu terbaik untuk berkunjung adalah setelah musim hujan. Karena air danau akan lebih banyak dibanding saat musim kemarau dimana air danau mengalami penyusutan.
  • Bawalah perlengkapan jika dibutuhkan, seperti baju ganti, makanan dan minuman, kamera, dan lain sebagainya.

Demikian ulasan mengenai wisata Telaga Warna yang ada di Puncak Cisarua Bogor. Wisata ini dapat menjadi lokasi tujuan untuk berlibur bersama keluarga, teman ataupun kerabat. Jangan sampai melewatkan keindahan dari pesona danau yang lekat dengan legendanya yang masih terasa sampai sekarang.

Artikel Terkait