Taman Wisata Lembah Dieng, Berwisata Sambil Bermain Air
Malang adalah salah satu kota yang bersih dan sejuk di Jawa Timur, tanpa diragukan lagi, sudah terkenal sejak dulu. Penghilang sejarah yang tersebar di sekitar Malang Menampilkan bahwa topi memainkan peran penting di masa depan dan membentang dari 112 ° 17 '10,90 ° sampai 112 ° 57' 0,00 ° BT Bujur dan memanjang dari 7 ° 44 '55,11 ° sampai 8 ° 26 '35,45 ° Lintang Selatan.

Jika merasa penat dengan segala urusan pekerjaan atau yang lainnya pasti anda memikirkan tentang sebuah rekreasi yang menyenangkan baik itu sendiri bersama keluarga atau teman-teman anda. Namun tidak sedikit yang mengurungkan niat untuk liburan karena kebanyakan orang berpikir bahwa liburan harus selalu mengeluarkan uang yang banyak. Ada berbagai macam jenis obyek wisata di sekitar anda yang tidak perlu memerlukan biaya berlimpah untuk menikmatinya. Terutama jika anda tinggal di Malang, salah satu kota di Jawa Timur. Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar kota untuk sekedar refreshing sejenak melepas penat dan lelah setelah berhari-hari bekerja. Di Malang ada beberapa obyek wisata yang bisa anda kunjungi dengan biaya yang murah, contohnya adalah Taman Wisata Lembah Dieng. Dengan membawa serta keluarga, teman-teman atau bahkan pasangan anda, maka liburan anda akan terasa lebih menyenangkan.

Taman Wisata Lembah Dieng adalah salah satu obyek wisata di Jawa Timur yang lokasi tepatnya ada di Jl. Wisata No. 99 Desa Kalisongo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Banyak wisatawan baik lokal maupun luar kota yang suka datang ke taman ini terutama saat libur lebaran atau musim libur anak sekolahan. Tempat ini juga cocok bagi anda yang ingin melakukan berbagai aktifitas. Taman Wisata Lembah Dieng ini menawarkan Kolam Renang yang bertaraf International. Kolam renang dikawasan Lembah Dieng ini mempunyai kolam renang dengan ukuran standar Internasional yaitu Panjang 50 cm dan Lebar 25 cm jadi sangat luas untuk berenang, dengan kedalaman 1,3 – 4,2 meter.

Meski sempat ditutup pada tahun 1997 dan tahun 2007 karena longsor, Taman Wisata Lembah Dieng ini terus berbenah demi untuk menyuguhkan wahana rekreasi yang terjangkau bagi para pengunjung. Khususnya bagi masyarakat kota Malang dan umumnya bagi seluruh penikmat wisata kolam renang. Taman Wisata Lembang Dieng menawarkan pemandangan sejuk dan asri, karena banyak pepohonan rindang, sehingga udaranya masih bebas dari polusi. Latar belakang pemandangan Gunung Semeru dan Gunung Panderman dari kejauhan dijamin akan menambah keeksotisan tempat wisata tersebut.

Di dalam obyek wisata ini terdapat aneka satwa yang menjadi daya tarik tersendiri, seperti burung, ayam dan anjing. Hewan tersebut sengaja dikembangbiakkan di dalam taman. Anda juga dapat mencoba area bermain seperti lapangan terbuka, ayunan, perahu kayuh, papan jungkat-jungkit, dan lain-lain. Kegiatan lain yang bisa anda lakukan pada saat tertentu adalah melihat pertunjukan drama theater, sirkus local maupun live music.

Fasilitas di Taman Wisata Lembah Dieng

Obyek wisata yang sudah dikelola dengan baik ini mempunyai beberapa fasilitas-fasilitas penunjang yang bisa anda manfaatkan, seperti diantaranya adalah;

- Kolam renang

Anda yang suka berenang atau mungkin anak anda yang ingin bermain air, bisa langsung menuju ke kolam renang yang ada di Taman Wisata Lembah Dieng yang jernih dan segar membuat anda betah berlama-lama menikmati waktu berenang di sana bersama keluarga.

- Toilet umum

Toilet atau kamar mandi umum memang menjadi salah satu fasilitas penting yang wajib dipunyai setiap obyek wisata di manapun, dan di obyek wisata ini anda tidak perlu lagi kebingungan untuk mencari toilet umum karena di area ini telah disediakan beberapa yang bisa anda gunakan jika perlu.

- Taman bermain

Yang khawatir anak anda tenggelam atau lainnya jika menghabiskan waktu di kolam, anda bisa langsung ke taman bermain yang ada di sana agar anak-anak anda bisa bersenang-senang dengan berbagai permainan yang telah disediakan.

- Lahan parkir

Bagi anda yang membawa kendaraan umum, tidak perlu khawatir tidak akan mendapatkan lahan untuk parkir karena di sini juga telah ada area parkir kendaraan bermotor yang cukup luas sehingga anda tidak perlu susah-susah lagi mencari tempat memarkirkan kendaraan anda. Biayanya juga sangat murah, dan dijamin aman.

- Warung atau tempat makan

Untuk anda para pengunjung yang tidak ingin repot menyiapkan bekal makanan juga tidak perlu takut akan kelaparan karena di area Taman Wisata Lembah Dieng sudah ada beberapa kantin atau pedagang makanan keliling yang menjual berbagai makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

- Tempat penginapan

Bagi anda yang berminat untuk menghabiskan malam di area Lembah Dieng bisa menemukan beberapa tempat penginapan dan hotel dengan harga yang bervariasi namun masih tetap terjangkau.

- Gazebo

Bagi anda yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar, anda bisa duduk-duduk di gazebo yang telah disediakan di sana sembari mencicip makanan yang anda bawa atau beli dari pedagang sekitar.

Hunting Foto di Taman Wisata Lembah Dieng

Berkunjung ke sebuah obyek wisata pastinya tidak lengkap jika anda tidak membawa kamera. Di Selecta bagi anda yang mempunyai hobi fotografi bisa dengan leluasa menyalurkan hobi anda dengan memanfaatkan berbagai spot menarik di sana. Di taman yang ditumbuhi banyak bunga dan pepohonan berwarna-warni, anda bisa sepuasnya berfoto selfie atau menggunakan pemandangan cantik dari pegunungan di kejauhan sebagai latar belakang untuk foto anda bersama dengan keluarga maupun teman-teman. Anda juga bisa meminta tolong kepada anggota keluarga anda yang ikut serta untuk mengambil foto anda saat anda sedang menikmati wahana outbound seperti flying fox. Jangan lupa jika anda sudah mendapatkan banyak foto yang bagus untuk diunggah ke berbagai media sosial yang anda punya.

Baca juga : Menikmati Keindahan Puncak Gunung Lawu yang Berhawa Mistis

Akses Jalan Menuju ke Taman Wisata Lembah Dieng

Bagi anda yang ingin menuju kawasan Taman Wisata Lembah Dieng, lokasi ini hanya berjarak 3 Km dari pusat Kota Malang, bila ditempuh dengan kendaraan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15-20 menit dari Alun-alun kota Malang.

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Taman Wisata Lembah Dieng

Jam buka dari obyek wisata ini adalah dari jam 07.00 sampai dengan 17.00 wib, buka setiap hari termasuk akhir pekan dan hari libur. Untuk tiket masuk Hari biasa : Rp 10.000 / Anak – Rp 15.000 / Dewasa

Akhir pekan : Rp 15.000 / Anak – Rp 25.000 / Dewasa

Hari Raya & Libur Nasional : Rp 15.000 / Anak – Rp 25.000 / Dewasa

Tips Berlibur ke Taman Wisata Lembah Dieng

- Pastikan anda dalam kondisi yang prima

- Pakailah alas kaki yang nyaman

- Persiapkan kendaraan yang akan anda gunakan

- Bawalah bekal makanan dan minuman dari rumah

Artikel Terkait