Taman Safari Bogor, Tempat Berkumpulnya Satwa Menggemaskan
Keanekaragam satwa di Indonesia sangat banyak. Tempat wisata yang menyediakan wisata keluarga dengan nuansa alam bebas juga banyak. Tak terkecuali yang paling terkenal adalah Taman Safari Indonesia atau biasa disebut Taman Safari Bogor.

Keanekaragam satwa di Indonesia sangat banyak. Tempat wisata yang menyediakan wisata keluarga dengan nuansa alam bebas juga banyak. Tak terkecuali yang paling terkenal adalah Taman Safari Indonesia atau biasa disebut Taman Safari Bogor.

Taman Safari Indonesia terletak di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor Jawa Barat. Lokasinya yang berada di kawasan pegunungan membuat daerah ini lebih dikenal sebagai Kawasan Puncak. Taman safari ini mempunyai lebih dari 280 jenis satwa dan dikelilingi oleh 5000 pohon. Suasananya sangat sejuk dan asri karena satwa di taman safari ini dibiarkan bebas berkeliaran seperti di habitat aslinya.

Keunikan dari taman safari ini adalah pengunjungnya dapat berkeliling melihat aneka satwa secara langsung. Bisa dengan mobil pribadi atau naik bus yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Tak hanya berinteraksi langsung, pengunjung juga diperbolehkan memberi makan hewan-hewan tersebut.


Faslitas Taman Safari Bogor

Taman Safari Indonesia mempunyai sekitar 2500 koleksi satwa dari hampir seluruh dunia. Dari gajah, unta, rusa, jerapah, monyet, singa, orang utan, beruang, anoa, komodo, harimau, reptil hingga penguin.

Taman safari ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas rekreasi seperti danau buatan, taman burung, baby zoo dan kincir raksasa. Untuk alat transportasinya ada bus safari, kereta api mini yang melintasi perkampungan ala Afrika, sepeda air, dan kano. Area permainannya meliputi area gocart, bom bom car, komedi putar, dan rumah setan.

Kesenian tradional dan sulap di panggung terbuka juga bisa disaksikan di sini. Ada pertunjukkan hewan seperti Elephant Show, Tiger Show, Birds of Prey, Dolphin Show dan Various Animals Show yang sayang dilewatkan. Setelah puas menyaksikan atraksi hewan, kita bisa bermain air atau berenang di Safari Water Park.

Untuk merasakan sensasi yang berbeda saat menjelajah Taman Safari, kita bisa mencoba Safari Night atau Safari Malam. Sayangnya Safari Malam berlaku pada akhir pekan saja, namun saat libur biasanya diadakan setiap hari. Penjelajahannya menggunakan kereta wisata terbuka. Kereta ini melewati zona hewan karnivora hingga herbivora dengan suasana malam yang mencekam. Setelah itu, Safari Malam ditutup dengan pertunjukan Fire Dance.

Sejarah Taman Safari Bogor

Taman Safari Indonesia dibangun pada tahun 1980. Peresmian taman safari ini menjadi Pusat Penangkaran Satwa Langka di Indonesia dilakukan oleh Hasyrul Harahap pada tanggal 16 Maret 1990.

Kini, taman safari luasnya 168 hektar dengan dilengkapi berbagai sarana rekreasi dan edukasi. Taman Safari Indonesia tidak hanya ada di Bogor. Taman Safari Indonesia 2 terletak di Kabupaten Pasuruan dan Taman Safari 3 ada di Kabupaten Gianyar Bali.

Hunting Foto di Taman Safari Bogor

Kita bisa mengunjungi Baby Zoo untuk berfoto bersama bayi-bayi hewan yang menggemaskan dengan biaya sebesar Rp 15.000. Di sini kita bisa memilih berfoto dengan bayi singa, bayi macan tutul, dan bayi harimau putih. Ada juga bayi orang utan dan yang paling ekstrem adalah harimau Sumatera berukuran besar. Tak perlu takut, karena ada pawang yang menemani kita.

Masih di kawasan Baby Zoo, jangan lewatkan untuk melihat koleksi unggas di Bird Aviary. Di sini kita dapat menyaksikan 1000 burung yang terdiri dari 90 spesies bebas beterbangan.


Peta Lokasi Menuju Taman Safari Bogor

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Taman Safari Bogor

Di sini, tiketnya terbagi menjadi dua macam, yaitu Safari Siang dan Safari Malam.

Paket Safari Siang meliputi berkendara keliling hutan melihat tingkah laku satwa dengan mobil pribadi, menyaksikan 9 show dan menjelajah  rumah hantu 3D. Bagi wisatawan domestik dewasa (6 tahun ke atas) dikenakan tiket sebesar Rp 150.000 dan anak (1-5 tahun) sebesar Rp 140.000. Untuk wisatawan mancanegara dewasa (6 tahun ke atas) tiketnya seharga Rp 300.000 dan anak (1-5 tahun) harga tiketnya Rp 250.000.

Paket Safari Malam menawarkan pengunjung untuk berpetualang di alam terbuka melihat langsung satwa dari dekat menggunakan kereta wisata terbuka. Harga tiket masuknya sama dengan Safari Siang. Safari Malam dibuka mulai pukul 18.30-21.00 WIB.

Jam operasional Taman Safari Indonesia dimulai dari 09.00-17.00 WIB.

Sementara untuk parkir motor adalah Rp 5.000, mobil sebesar Rp 15.000 dan tarif parkir bus Rp 20.000.

Tips Berwisata ke Taman Safari Bogor

  • Agar tidak terjebak kemacetan, sebaiknya berangkat sehari sebelum akhir pekan atau long weekend.
  • Disarankan untuk datang lebih pagi supaya dapat melihat hewan-hewan sedang makan. Jika datang lebih siang biasanya mereka sudah malas dan kebanyakan malah tidur.
  • Bawalah uang tunai karena loket pembayaran tidak menerima pembayaran menggunakan kartu kredit dan debit.
  • Bawalah payung atau jas hujan saat musim hujan karena jika membeli di kawasan taman safari harganya cukup mahal.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen indah bersama aneka satwa. Pastikan juga baterai kamera terisi penuh agar tidak kehabisan baterai sebelum perjalanan berakhir.
  • Belilah sayur untuk memberi makan pada hewan.

Berwisata dengan keluarga atau orang tersayang di Taman Safari Bogor tentunya akan menjadi pengalaman yang berkesan. Jika sedang mengunjungi kota Bogor, jangan lupa mampir di taman safari dengan keanegaraman satwanya yang melimpah ini.

Artikel Terkait