Taman Ria Sengkaling, Berwisata Sambil Berenang
Malang adalah salah satu kota yang bersih dan sejuk di Jawa Timur, tanpa diragukan lagi, sudah terkenal sejak dulu. Sisa-sisa sejarah yang tersebar di sekitar Malang menampilkan bahwa tempat ini memainkan peran penting di masa depan dan membentang dari 112 ° 17 '10,90 ° sampai 112 ° 57' 0,00 ° BT Bujur dan memanjang dari 7 ° 44 '55,11 ° sampai 8 ° 26 '35,45 ° Lintang Selatan.

Negara kita Indonesia dengan bentuk gugusan kepulauannya sebenarnya sangat beruntung. Letak geografis ini membuat Indonesia memiliki banyak tempat yang berhubungan dengan wisata alam. Mulai dari Sabang sampai Merauke, Indonesia dihiasi tempat-tempat wisata yang sangat menarik. Banyak orang hanya mengira Bali adalah tempat yang sangat pas untuk liburan, namun sebenarnya bagi yang tinggal di pulau Jawa, Jawa Timur juga menjadi surga tersendiri bagi para penggemar travelling. Berbagai jenis obyek wisata bisa anda dapatkan di sana, mulai dari taman bermain, waterpark, museum, candi, air terjun, pantai, dan masih banyak lagi. Tidak perlu jauh-jauh untuk merencanakan liburan jika anda bisa menemukan tempat yang mengasyikan di dekat anda. Seperti di Malang, ada obyek wisata yang sayang jika anda lewatkan, yaitu Taman Ria Sengkaling.

Taman Ria Sengkaling adalah salah satu obyek wisata yang terkenal yang berlokasi di di kecamatan Dau, Kabupaten Malang, tepatnya di jalan raya Mulyoagung No. 188. Sebagai salah satu destinasi wisata yang sudah ada sejak lama, Taman Ria Sengkaling namanya tidak pernah pudar oleh jaman. Bahkan saat banyak tempat wisata-wisata baru yang bermunculan, orang-orang masih suka berdatangan kesana untuk menikmati suasananya.

Objek wisata ini banyak memiliki wahana yang berkaitan dengan air, dan konon kabarnya air yang ada di dalam Taman Ria Sengkaling ini merupakan air alami yang berasal dari Kolam Tirta Alam, yang banyak diyakini oleh masyarakat lokal sebagai obat awet muda. Dengan luas total kurang lebih 8,5 hektar dan sekitar 70% diantaranya berupa taman maupun pepohonan, membuat nuansa natural khas pegunungan dapat sangat terasa saat pengunjung datang bermain-main bersama keluarga di Taman Rekreasi Sengkaling ini. Selain itu di sana anda bisa menemukan berbagai wahana permainan seperti kolam kapal misteri, kolam pesona tirta sari, kolam cumi-cumi, bioskop 4 dimensi, kiddy train, bom bom car, kolam pesona primitif, kolam pesona tirta alam, merry go round, playground, sepeda air, bumper boat, kuda ria, perahu motor dan yang lainnya. Dengan adanya berbagai wahana dan fasilitas yang ada di wisata taman rekreasi sengkaling tentunya tempat ini sangat cocok digunakan sebagai tempat berlibur bersama keluarga atau anak-anak anda sekaligus rekreasi untuk menghilangkan penat setelah berhari-hari disibukkan dengan aktivitas yang padat dan melelahkan, juga diharapkan pengunjung yang datang bisa nyaman dan betah saat berada di lokasi wisata.

Fasilitas di Taman Ria Sengkaling

Obyek wisata yang sudah berumur puluhan tahun ini mempunyai beberapa fasilitas-fasilitas penunjang yang bisa anda gunakan, seperti di antaranya adalah;

- Mushola

Bagi anda yang ingin menunaikan ibadah sholat, anda bisa langsung menuju ke mushola yang telah disediakan pihak pengelola.

- Kolam renang

Anda yang suka berenang atau mungkin anak anda yang ingin bermain air, bisa langsung menuju ke kolam renang yang ada di Taman Ria Sengkaling. Airnya yang jernih dan segar membuat anda betah berlama-lama menikmati waktu berenang di sana.

- Toilet umum

Toilet atau kamar mandi umum memang menjadi salah satu fasilitas penting yang wajib dipunyai setiap obyek wisata di manapun, dan di Sengkaling ini anda tidak perlu lagi kebingungan untuk mencari toilet umum karena di area ini telah disediakan beberapa yang bisa anda gunakan jika perlu.

- Taman bermain

Yang khawatir anak anda tenggelam atau lainnya jika menghabiskan waktu di kolam, anda bisa langsung ke taman bermain yang ada di sana agar anak-anak anda bisa bersenang-senang dengan berbagai permainan yang telah disediakan.

- Lahan parkir

Bagi anda yang membawa kendaraan umum, tidak perlu khawatir tidak akan mendapatkan lahan untuk parkir karena di sini juga telah ada area parkir kendaraan bermotor yang cukup luas sehingga anda tidak perlu susah-susah lagi mencari tempat memarkirkan kendaraan anda. Biayanya juga sangat murah, dan dijamin aman.

- Warung atau tempat makan

Untuk anda para pengunjung yang tidak ingin repot menyiapkan bekal makanan juga tidak perlu takut akan kelaparan karena di area Taman Ria Sengkaling juga sudah ada beberapa warung-warung atau pedagang makanan keliling yang menjual berbagai makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

- Tempat penginapan

Bagi anda yang berminat untuk menghabiskan malam di area Sengkaling anda bisa menemukan beberapa tempat penginapan dan hotel dengan harga yang bervariasi namun masih tetap terjangkau.

- Gazebo

Bagi anda yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar, anda bisa duduk-duduk di gazebo yang telah disediakan di sana sembari mencicip makanan yang anda bawa atau beli dari pedagang sekitar.

Hunting Foto di Taman Ria Sengkaling

Berkunjung ke sebuah obyek wisata pastinya tidak lengkap jika anda tidak membawa kamera. Di Sengkaling bagi anda yang mempunyai hobi fotografi bisa dengan leluasa menyalurkan hobi anda dengan memanfaatkan berbagai spot menarik di sana. Di taman ria ini anda bisa melihat pemandangan alam yang indah dan anda bisa sepuasnya berfoto selfie atau menggunakan pemandangan cantik tersebut sebagai latar belakang untuk foto anda bersama dengan keluarga maupun teman-teman. Anda juga bisa meminta tolong kepada anggota keluarga anda yang ikut serta untuk mengambil foto anda saat anda sedang menikmati wahana outbound seperti flying fox dan juga saat anda bermain air di kolam renang. Jangan lupa jika anda sudah mendapatkan banyak foto yang bagus untuk diunggah ke berbagai media sosial yang anda punya.

Baca juga : Pasar Minggu Semeru, Berwisata Sambil Berbelanja



Akses Jalan Menuju ke Taman Ria Sengkaling

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Taman Ria Sengkaling, jika dari arah kota Malang, maka hanya perlu melakukan perjalanan sejauh 10 km ke arah kota Batu, Taman Rekreasi Sengkaling Malang akan berada di sebelah kanan jalan sekitar 1 km sebelum gapura masuk kota Batu. Dari arah kota Batu, bisa melakukan perjalanan ke kota Malang mengikuti jalan utama, setelah melewati gapura perbatasan kota Batu dan kabupaten Malang, maka sekitar 1 km setelah itu Taman Rekreasi Sengkaling akan terlihat di sebelah kiri jalan. Jika dari Surabaya, belok kanan di pertigaan karanglo menuju ke Batu, setelah itu barulah mengikuti rute ke Malang menuju Taman Rekreasi Sengkaling.

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Taman Ria Sengkaling

Jam buka dari obyek wisata ini adalah dari jam 06.00 sampai dengan pukul 17.00 wib, setiap hari termasuk akhir pekan dan hari libur. Untuk tiket masuknya, anda perlu membayar Rp 25.000,- per orang.

Tips Berlibur ke Taman Ria Sengkaling

  • Pastikan keadaan kendaraan anda baik
  • Lebih baik membawa makanan dan minuman dari rumah
  • Awasi anak anda saat bermain
  • Jangan membuang sampah sembarangan

Artikel Terkait