Taman Remaja Muara Tembesi, Ruang Terbuka Hijau Baru di Batanghari
Taman Remaja Muara Tembesi merupakan ruang terbuka hijau yang baru selesai dibangun di Kabupaten Batanghari, meskipun belum selesai sepenuhnya taman ini telah mampu menarik wisatawan setempat untuk bersantai disore hari.

Pemerintah Provinsi Jambi nampaknya tengah gencar untuk melakukan pembangunan beberapa tempat wisata demi memajukan geliat pariwisata di daerah ini. Berbagai ruang terbuka hijau, taman serta tempat wisata dipermak, dan diperindah sehingga mampu menarik minat masyarakat dari dalam dan luar daerah untuk berkunjung. Baru-baru ini taman yang selesai digarap adalah Taman Remaja Muara Tembesi.

Taman Remaja Muara Tembesi merupakan tempat wisata baru yang asyik digunakan untuk bersantai dan nongkrong disore hari. Meskipun bernama taman remaja, tempat wisata ini juga sering dikunjungi oleh keluarga serta tempat bermain yang nyaman bagi anak-anak. Tak jarang, pengendara yang melintasi taman ini juga mampir untuk sekedar melepas penat dan menikmati keindahan taman.

Taman Remaja Muara Tembesi

Secara geografis, Taman Remaja Muara Tembesi terletak pada Desa Kampung Baru, Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi. Untuk menuju ke taman tersebut, wisatawan setidaknya harus menempuh jarak sekitar 22 kilometer dari Muara Bulian. Perjalanan ini setidaknya memakan waktu kurang lebih 35 menit saja.

Letaknya yang sangat strategis, dan berada di simpang Batanghari-Tebo-Sarolangun membuat wisatawan dapat dengan mudah untuk menemukan taman ini. Para pengunjung pun bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda empat dan juga kendaraan roda dua. Tak hanya itu, terdapat juga berbagai transportasi umum yang akan mengantarkan wisatawan ke Taman Remaja Muara Tembesi seperti bus atau taksi.

Pesona Taman Remaja Muara Tembesi

Sebenarnya Taman Remaja Muara Tembesi ini masih belum diresmikan oleh pemerintah Provinsi Jambi. Namun hal tersebut tak mengurangi minat masyarakat setempat untuk berkunjung menikmati keindahan taman. Tempat ini merupakan Ruang Terbuka Hijau yang memiliki luas sekitar 3,5 hektar dan dalam pembangunannya menghabiskan dana sekitar Rp. 4,8 milliar.

Sebelum diubah menjadi Ruang Terbuka Hijau, dahulu taman ini digunakan sebagai terminal dan sudah lama terbengkalai. Setelah lama tidak difungsikan, akhirnya terminal pun disulap menjadi Taman Remaja Muara Tembesi dan sekaligus Ruang Terbuka Hijau Kabupaten Batanghari. Gagasan ini merupakan ide dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi dan menggunakan anggaran APBN tahun 2016 lalu.

Taman Remaja Muara Tembesi

Selain menjadi tempat bermain keluarga dan Ruang Terbuka Hijau, area taman ini rencanya juga akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang wisata serta pusat kuliner di Muara Tembesi. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas perekonomian masyarakat setempat. Diharapkan kedepannya, tempat wisata ini akan semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Didalam Taman Remaja Muara Tembesi, wisatawan akan menjumpai sebuah monumen atau tugu yang letaknya persis ditengah taman. Penataan taman ini juga bisa dibilang cukup baik, rapi, dan teratur. Sehingga wisatawan pun akan merasa nyaman disaat bersantai sore dan bercengkrama dengan teman dan sanak keluarga.

Berbagai jenis tanaman bisa dijumpai para pengunjung, meskipun masih dalam tahap penanaman suasana asri sudah bisa dirasakan dengan adanya tumbuhan hijau. Rencananya, taman ini juga akan ditanami dengan berbagai jenis bunga dan pohon agar semakin menambah keindahan Taman Remaja Muara Tembesi.

Gubernur Jambi, Zumi Zola sempat berkunjung melihat hasil pembangunan dari Taman Remaja Muara Tembesi dan mengaku puas sekaligus senang. Meskipun belum 100% rampung, diharapkan taman ini bisa menjadi ikon Muara Tembesi. Taman ini juga dilengkapi dengan berbagai lampu hias, yang akan semakin indah jika dipandang saat malam tiba.

Sayangnya, menurut berbagai sumber taman ini sering dijadikan remaja-remaja untuk berbuat maksiat. Banyak sekali warga sekitar mengungkapkan sering terjadi perkelahian, dan pemuda mabuk-mabukkan yang cukup meresahkan warga. Diharapkan, pemerintah setempat bisa memperhatikan aktivitas yang terjadi pada taman ini agar memberikan kenyamanan bagi warga sekitar.

Fasilitas Taman Remaja Muara Tembesi

Fasilitas yang terdapat di Taman Remaja Muara Tembesi ini tergolong cukup lengkap. Wisatawan bisa menjumpai fasilitas umum seperti bangku-bangku taman, tempat parkir luas sehingga muat untuk beberapa mobil, dan juga tempat sampah didalam taman. Namun sayangnya, di taman ini masih belum diberikan toilet umum.

Jika wisatawan ingin beribadah, terdapat beberapa mushola dan masjid yang ada disekitar taman. Selain itu, didalam taman disediakan pula gazebo-gazebo dengan jumlah yang cukup banyak untuk wisatawan bersantai menikmati taman. Pengunjung juga tak akan kesulitan mencari penjual makanan atau minuman. Disekitar taman banyak dijumpai pedagang aneka makanan dan minuman.

Baca Juga: Sungai Batanghari, Sungai Terpanjang di Sumatra dan Ikon Wisata Jambi

Namun sayangnya, keberadaan pedagang ini masih belum ditertibkan sehingga sedikit merusak keindahan taman. Pengunjung juga bisa menemukan aneka makanan khas Jambi yang banyak dijual di sekitar taman ini. Usai berkunjung ke taman, tak ada salahnya memanjakan lidah dengan berwisata kuliner.

Bagi para pengunjung yang ingin bermalam, terdapat beberapa pilihan penginapan dan hotel yang tersebar di Kabupaten Batanghari. Berkunjung ke Taman Remaja Muara Tembesi, merupakan pilihan menarik untuk bersantai disore hari. Berikut beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika berada di taman ini.

Menikmati Keindahan Taman

Taman Remaja Muara Tembesi bisa menjadi alternatif wisata yang cukup menarik jika kamu tengah berada di Muara Tembesi. Disini kamu bisa bersantai menikmati keindahan taman yang berisikan tanaman hijau dengan tanaman hijau. Taman pun cukup asri, tertata dengan baik dan nyaman, kamu bisa menggunakan gazebo yang ada ditaman untuk melepas penat usai beraktivitas sepanjang hari.

Mengajak keluarga untuk berekreasi di taman pun bisa kamu lakukan. Sore hari adalah waktu yang sangat pas berkunjung ke taman ini. Dikala matahari sudah tak bersinar dengan teriknya, dan lalu lalang kendaraan mulai berkurang. Taman yang luas juga cocok bagi anak-anak bermain dan bercengkrama dengan orang tuanya.

Hunting Foto

Keindahan taman ini juga tak lepas dari minat remaja yang hobi berselfie serta mengabadikan momen bersama teman ataupun keluarga. Disini kamu bisa menemukan berbagai objek menarik untuk dijadikan sebagai background berfoto seperti tugu ditengah taman, atau tulisan Taman Remaja Muara Tembesi yang berwarna warni.

Bagi kamu yang memiliki hobi memotret, taman ini juga bisa kamu jadikan sebagai objek berburu karya fotografi. Aneka tumbuhan hijau, serta lalu lalang wisatawan yang datang akan sangat sayang jika tidak kamu abadikan dengan kamera. Tempat ini juga bisa menjadi alternatif menarik, bila kamu hendak melakukan foto prewedding.

Harga Tiket Masuk Taman Remaja Muara Tembesi

Karena Taman Remaja Muara Tembesi merupakan ruang terbuka hijau, maka untuk menikmatinya wisatawan tidak dikenakan biaya masuk alias gratis.

Baca Juga: 235 Tempat Wisata di Jambi Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Peta Lokasi Taman Remaja Muara Tembesi

Tips Berwisata di Taman Remaja Muara Tembesi

  • Datanglah dikala sore hari saat cuaca tak lagi panas.
  • Dilarang mencorat-coret tugu serta bangunan didalam taman.
  • Taman cukup berdebu karena tepat berada dipinggir jalan raya, jadi sebaiknya gunakanlah masker.
  • Buanglah sampah pada tempatnya, dan jangan mengotori taman.
  • Jagalah kelestarian dan keindahan taman, dan jangan merusak fasilitas yang ada didalam taman.

Artikel Terkait