Taman Rekreasi Selecta, Menyaksikan Indahnya Pesona Taman Bunga
Kota Batu merupakan obyek wisata utama bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Ada banyak obyek wisata di Batu yang menjadi objek idaman bagi para pengunjung, terutama wisata gunung. Untuk menunjang obyek wisata tersebut, Batu telah difasilitasi dengan hotel, penginapan, villa dan pondok lainnya, yang memiliki nuansa gunung. Selain itu,, kota Batu juga disebut "Kota Batu dengan Jutaan Keindahan". Salah satu obyek wisata yang wajib anda kunjungi adalah Taman Rekreasi Selecta.

Jika anda berkunjung ke suatu tempat untuk berlibur, sebaiknya anda tidak hanya mendatangi tempat-tempat wisata yang sudah terkenal saja, atau hanya berkutat pada wisata belanja yang banyak berada di mall - mall, agar liburan anda terasa lebih seru lagi, anda bisa mencari destinasi wisata yang masih jarang dikunjungi oleh orang-orang. Selain hal itu akan memberikan pengalaman tersendiri, anda bisa berekreasi dengan leluasa tanpa gangguan keramaian di sekeliling anda. Bagi anda yang mempunyai rencana untuk mengunjungi Batu, kota yang terkenal dengan hawanya yang sejuk dan obyek wisata alam yang menarik. Jika anda datang kesana, pastikan anda tidak melupakan Taman Rekreasi Selecta dari daftar tempat wisata yang akan anda kunjungi di Batu.

Taman Rekreasi Selecta adalah salah satu destinasi wisata yang terletak di di Desa Tulungrejo, Kabupaten Bumiaji, sekitar 13 km dari kota. Selecta adalah obyek wisata yang menawarkan kejam udara dengan lebar sekitar 20ha. Tempat ini memiliki fasilitas kolam renang, bunga, hotel, restoran, dan taman bermain. Bisa dipastikan anda tidak akan menyesal jika anda datang ke tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan baik yang berasal dari dalam kota Batu maupun yang dari luar kota ini.

Selecta dibangun pada tahun 1928 oleh seorang Belanda bernama Reyter Dewild. Ini berada di lembah dengan tinggi 1100 m dpl. Suhu adalah 17 C. Di kawasan wisata ini, ada Hotel Bima Sakti, yang memiliki pusat kesehatan dan resort Presiden Indonesia Soekarno dan Moh. Hatta yang biasa menerapkan konsepsi negara. 

Memiliki berbagai fasilitas pendukung obyek wisata, misalnya kolam renang, restoran, area parkir yang luas, keamanan, pasar buah-buahan, musholla, lapangan tenis, taman bermain, dll. Dari titik tersebut, Selecta telah menjadi tempat rekreasi favorit untuk rekreasi keluarga, aktivitas piknik, refreshing, dll. Kawasan ini selalu dikunjungi oleh banyak turis untuk menikmati liburan mereka dan melakukan banyak kegiatan rekreasi, seperti; berenang, berjalan-jalan, dll. Walaupun usia obyek wisata ini sudah lumayan tua dibanding dengan tempat wisata baru yang semakin banyak bermunculan, Selecta tetap bisa bersaing dan membuktikan bahwa pamornya tidak kalah dengan tempat wisata lainnya.

Fasilitas di Taman Rekreasi Selecta

Obyek wisata yang sudah dikelola dengan baik ini mempunyai beberapa fasilitas-fasilitas penunjang yang bisa anda manfaatkan, seperti diantaranya adalah;

- Kolam renang

Anda yang suka berenang atau mungkin anak anda yang ingin bermain air, bisa langsung menuju ke kolam renang yang ada di Taman Rekreasi Selecta. Airnya yang jernih dan segar membuat anda betah berlama-lama menikmati waktu berenang di sana.

- Toilet umum

Toilet atau kamar mandi umum memang menjadi salah satu fasilitas penting yang wajib dipunyai setiap obyek wisata di manapun, dan di Selecta ini anda tidak perlu lagi kebingungan untuk mencari toilet umum karena di area ini telah disediakan beberapa yang bisa anda gunakan jika perlu. 

- Taman bermain

Yang khawatir anak anda tenggelam atau lainnya jika menghabiskan waktu di kolam, anda bisa langsung ke taman bermain yang ada di sana agar anak-anak anda bisa bersenang-senang dengan berbagai permainan yang telah disediakan.

- Lahan parkir

Bagi anda yang membawa kendaraan umum, tidak perlu khawatir tidak akan mendapatkan lahan untuk parkir karena di sini juga telah ada area parkir kendaraan bermotor yang cukup luas sehingga anda tidak perlu susah-susah lagi mencari tempat memarkirkan kendaraan anda. Biayanya juga sangat murah, dan dijamin aman.

- Warung atau tempat makan

Untuk anda para pengunjung yang tidak ingin repot menyiapkan bekal makanan juga tidak perlu takut akan kelaparan karena di area Taman Rekreasi Selecta juga sudah ada beberapa warung-warung atau pedagang makanan keliling yang menjual berbagai makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

- Tempat penginapan

Bagi anda yang berminat untuk menghabiskan malam di area Selecta anda bisa menemukan beberapa tempat penginapan dan hotel dengan harga yang bervariasi namun masih tetap terjangkau. 

- Gazebo

Bagi anda yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar, anda bisa duduk-duduk di gazebo yang telah disediakan di sana sembari mencicip makanan yang anda bawa atau beli dari pedagang sekitar.

Hunting Foto di Taman Rekreasi Selecta

Berkunjung ke sebuah obyek wisata pastinya tidak lengkap jika anda tidak membawa kamera. Di Selecta bagi anda yang mempunyai hobi fotografi bisa dengan leluasa menyalurkan hobi anda dengan memanfaatkan berbagai spot menarik di sana. Di taman rekreasi yang terdapat banyak bunga berwarna-warni, anda bisa sepuasnya berfoto selfie atau menggunakan pemandangan cantik tersebut sebagai latar belakang untuk foto anda bersama dengan keluarga maupun teman-teman. Anda juga bisa meminta tolong kepada anggota keluarga anda yang ikut serta untuk mengambil foto anda saat anda sedang menikmati wahana outbound seperti flying fox. Jangan lupa jika anda sudah mendapatkan banyak foto yang bagus untuk diunggah ke berbagai media sosial yang anda punya.

Baca juga: Pantai Muncar, Melihat Serunya Ritual Petik Laut

Akses Jalan Menuju ke Taman Rekreasi Selecta

Untuk menuju ke obyek wisata ini, ada dua pilihan yang bisa anda ambil, yaitu dengan menggunakan kendaraan pribadi dan alat transportasi umum.

- Kendaraan pribadi : Jika anda berada di pusat kawasan wisata kota Batu dimana terdapat Jatim Park dan tempat wisata lainnya, anda hanya perlu berjalan menuju alun-alun kota Batu, kemudian masuk ke jalan Jalan Gajah Mada lalu selang kurang lebih beberapa ratus meter setelah bertemu dengan gedung kantor BCA, anda akan melihat papan petunjuk kecil bertuliskan Taman Rekreasi Restoran dan Hotel Selecta ikuti jalan terus hingga anda menemukan pintu masuk ke objek wisata Taman Rekreasi Selecta.

- Alat transportasi umum : Dari terminal Malang carilah angkutan, orang sekitar menyebutnya “len” yang berwarna biru dengan kode AL atau ADL menuju terminal Ladungsari > Sesampainya di Ladungsari, berganti angkutan berwarna pink jurusan Kota Batu > Dari terminal Batu tersebut, kita hanya perlu naik angkot sekali lagi, yaitu angkot warna orange jurusan Terminal Batu – Selecta – Coban Talun. Anda akan langsung diturunkan di pintu masuk ke objek wisata Taman rekreasi Selecta.

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Taman Rekreasi Selecta

Jam buka dari Taman Rekreasi Selecta adalah dimulai dari jam 06.00 sampai dengan jam 18.00 wib. Untuk tiket masuknya sendiri, pengunjung diwajibkan membayar sebesar 25.000 rupiah perorang. Cukup terjangkau pastinya untuk kantong kita.

Tips Berlibur ke Taman Rekreasi Selecta

  • Pastikan keadaan kendaraan anda baik
  • Lebih baik membawa makanan dan minuman dari rumah
  • Awasi anak anda saat bermain
  • Jangan membuang sampah sembarangan


Artikel Terkait