Sungai Krueng Isep, Wisata Sungai dengan Pemandangan Alam Mempesona
Sungai Krueng Isep merupakan wisata alam berupa sungai di Kabupaten Nagan Raya, Aceh. Sungai ini memiliki air berasal dari pegunungan leuser yang segar dan jernih serta menawarkan pemandangan sekitar berupa pepohonan rindang, perbukitan dan pegunungan.

Nagan Raya adalah kabupaten yang sebagian daerahnya merupakan kawasan dari Taman Nasional Gunung Leuser. Tak hanya itu, daerah ini nyatanya masih menyimpan berbagai pesona keindahan alam yang kelestariannya terjaga. Adalah Sungai Krueng Isep yang menjadi salah satu primadona destinasi wisata alam bagi masyarakat Nagan Raya dan sekitarnya.

Sungai Krueng Isep memiliki keindahan yang natural, berupa aliran sungai lengkap dengan jernihnya air yang berasal dari sumber alami pegunungan leuser. Aliran sungai pun seolah dilindungi dengan pepohonan rindang serta perbukitan hijau yang semakin menambah keindahan alam pada tempat wisata ini. Pemandangan berupa deretan gunung juga tak kalah apiknya untuk dinikmati para pengunjung.

Sungai Krueng Isep

Secara geografis, letak Sungai Krueng Isep berada pada Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh. Lokasi sungai ini berjarak sekitar 44 kilometer dari ibukota Kabupaten Nagan Raya yaitu Suka Makmue, wisatawan setidaknya harus melakukan perjalanan selama satu jam untuk menuju ke sungai ini. Namun jika dari pusat Kecamatan Beutong, jarak ke tempat wisata hanya sekitar 4 kilometer saja.

Diperlukan usaha ekstra untuk menuju ke Sungai Krueng Isep karena jalanan yang masih belum teraspal dengan baik dan terkadang ditemui jalan menanjak dan berliku yang cukup ekstrim. Wisatawan diharapkan berhati-hati, karena jika lengah sedikit saja bisa membahayakan keselamatan pengendara. Namun perjalanan yang menantang dan melelahkan ini akan segera terbayar ketika wisatawan tiba di lokasi sungai yang indah dan alami ini.

Pesona Sungai Krueng Isep

Suara gemericik air yang menerpa bebatuan di pinggir sungai seolah menjadi ucapan selamat datang bagi para wisatawan. Udara segar khas daratan tinggi pun seakan tak mau kalah untuk menyambut wisatawan. Sungguh sebuah pemandangan alami yang sangat mengagumkan dan patut dilestarikan.

Wisatawan bisa menikmati segarnya air di Sungai Krueng Isep dengan mandi, berenang atau juga bermain air ditepi sungai. Arus di sungai ini pun tak terlalu kuat, dan cukup bersahabat bagi para wisatawan. Sehingga cukup aman bagi para keluarga yang ingin mengajak anak-anaknya mandi di sungai ini. Namun sangat disarankan untuk tetap berhati-hati, gunakanlah pelampung untuk keamanan wisatawan.

Sungai Krueng Isep

Selain menjadi tempat wisata yang cukup populer dan ramai dikunjungi oleh masarakat sekitar, Sungai Krueng Isep juga memiliki manfaat lain yaitu sebagai sumber pengairan sawah-sawah di Kabupaten Nagan Raya. Berasal dari sumber mata air pegunungan Leuser, sungai ini tak pernah kering meskipun musim kemarau.

Jika telah puas mandi dan bermain di segarnya air, wisatawan bisa mencari ikan di sungai untuk menjadi santapan siang yang lezat. Di Sungai Krueng Isep ini terdapat beberapa jenis ikan yang bisa dikonsumsi, wisatawan bisa memancing atau menangkapnya dengan cara tradisional. Setelah mendapat ikan, pengunjung langsung bisa membakarnya dan mencicipi ikan bakar yang fresh.

Keindahan pemandangan sekitar dari Sungai Krueng Isep juga sangat layak untuk dinikmati. Di sepanjang bantara sungai, dihiasi oleh pepohonan yang tumbuh rimbun dan hijau. Deretan perbukitan serta pegunungan juga nampak dari kejauhan, mempercantik panorama di sungai ini. Sayangnya, pepohonan di sekitar sungai banyak ditebangi oleh orang-orang tak bertanggung jawab sehingga kini banyak ditemui pohon yang gundul.

Sayangnya, Sungai Krueng Isep kini tak lagi ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Karena banyaknya sampah, serta pengelola setempat yang seakan tak peduli dengan kelangsungan tempat wisata ini. Padahal dulu tempat ini selalu ramai dipadati wisatawan dari dalam dan luar kota, bahkan wisatawan harus mengantri untuk menikmati objek wisata di Nagan Raya ini.

Fasilitas Sungai Krueng Isep

Sebenarnya fasilitas di Sungai Krueng Isep tergolong cukup memadai, namun sedikit terbengkalai karena tidak dirawat dengan baik. Di tempat ini, tersedia fasilitas seperti toilet umum, mushola untuk beribadah, dan juga tempat parkir yang cukup luas. Selain itu, di dekat sungai ini juga dibangun tempat bermain anak-anak.

Tak hanya itu, di tempat wisata ini juga telah terdapat warung-warung, dan cafe sederhana yang menjual berbagai makanan dan minuman. Sehingga wisatawan tak perlu khawatir jika tak membawa bekal dari rumah. Para pengunjung bisa mencicipi makanan khas Aceh seperti Mie Aceh, dan makanan lainnya yaitu kacang rebus, jagung bakar, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Pantai Indah Naga Permai, Eksotisme Pantai Berpasir Coklat dan Pepohonan Cemara

Bagi wisataan yang menginap, maka bisa mencari hotel dan penginapan didekat lokasi wisata. Yang terdekat terletak di pusat Kecamatan Beutong yaitu Keude Seumot. Berwisata di Sungai Krueng Isep bisa menjadi pilihan yang seru jika kamu ingin merasakan indahnya alam Aceh. Berikut kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika berada di lokasi wisata.

Menikmati Keindahan Alam

Jika kamu ingin berwisata alam ketika berada di Aceh, maka Sungai Krueng Isep ini merupakan tempat yang cocok. Kamu bisa menikmati keindahan alam, sekaligus merasakan segarnya aliran sungai yang berisikan air dari sumber alami pegunungan Leuser. Berenang dan mandi menjadi hal yang wajib kamu lakukan di sungai ini.

Namun jika kamu tak ingin berbasah-basahan, kamu juga bisa menikmati panorama sungai dengan duduk santai diatas bebatuan besar serta memandang alam yang masih terjaga kelestariannya. Pepohonan tumbuh rimbun, perbukitan berderet rapi dan pegunungan tinggi menjulang menjadi fenomena tersendiri yang patut kamu nikmati.

Hunting Foto

Tak lengkap rasanya jika ketika tiba di Sungai Krueng Isep tetapi tak mengabadikan keindahan alamnya dengan berfoto. Tempat ini juga bisa kamu jadikan sebagai objek fotografi, bagi kamu yang hobi hunting foto bertemakan landscape. Berselfie bersama teman dan orang terdekat menjadi wajib rasanya, kamu bisa berfoto dengan background pemandangan alam atau diatas bebatuan sembari menikmati gemericik air sungai.

Jika ingin merasakan sensasi hunting foto berbeda, kamu bisa mencari angle yang lebih baik dengan menggunakan drone. Memotret keindahan Sungai Krueng Isep dari atas menjadikan kepuasan tersendiri, yang seolah memunculkan pesona sesungghnya dari sungai di Kabupaten Nagan Raya ini.

Bermain Kayak atau Arung Jeram

Menyusuri Sungai Krueng Isep dengan menggunakan kayak atau bermain arung jeram juga bisa dilakukan di sini. Terdapat beberapa titik yang mempunyai jeram menantang bagi kamu penghobi olahraga memacu adrenalin tersebut. Sayangnya, masih belum ditemukan persewaan alat-alat untuk melakukan kegiatan tersebut sehingga kamu harus membawa perlengkapan sendiri dari rumah.

Dengan berpetualang menggunakan kayak atau perahu karet, kamu bisa lebih mengexplore keindahan Sungai Krueng Isep. Kamu akan merasakan sensasi berpetualang yang sangat seru, ditemani dengan pepohonan rindang dikanan dan kiri sungai serta pemandangan berupa perbukitan dan pegunungan di sepanjang sungai.

Baca Juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Peta Lokasi Sungai Krueng Isep

Tips Berwisata di Sungai Krueng Isep

  • •Berhati-hatilah ketika menuju lokasi sungai, karena jalan yang masih belum diaspal dan banyak ditemui tanjakan dan tikungan.
  • •Berhati-hatilah ketika berenang dan bermain air di sungai.
  • •Bawalah baju ganti bagi kamu yang ingin berenang dan bermain air.
  • •Berhati-hatilah ketika menapaki bebatuan sungai karena cukup licin.
  • •Jagalah kebersihan sungai, dan jangan buang sampah sembarangan.
  • •Lestarikan sungai, dan jangan merusak apapun yang ada didalamnya.

Artikel Terkait