385 Tempat Wisata di Sumatera Utara Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi
Tempat wisata di Sumatera sangatlah beragam mulai dari wisata alam hingga wisata budaya. Dan banyak pula destinasi wisata yang sangat ikonik seperti Danau Toba yang sangat melekat dengan Provinsi Sumatera Utara.

Tempat wisata di Sumatera Utara memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan provinsi lainnya yang ada di Indonesia. Tidak hanya kebudayaan melayu yang sangat kental yang ada di provinsi ini, tapi juga tempat wisata di Sumatera Utara benar-benar mampu menarik minat para wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal atau domestik saja, akan tetapi wisatawan asing juga banyak berdatangan.

Ada setidaknya 25 Kabupaten di Provinsi Sumatera dan 8 Kotamadya yang ke semuanya memiliki tempat-tempat wisata yang cukup unik. Tidak hanya sekedar wisata asam saja yang tersaji di Provinsi Sumatera Utara, tapi juga wisata untuk memanjakan lidah kamu. Iya wisata kuliner banyak sekali bertebaran dengan rasa khas daerahnya masing-masing.


Ada begitu banyak tempat wisata di Sumatera Utara yang bisa kamu kunjungi, dan setiap Kabupaten memiliki tempat wisata favoritnya masing-masing. Dan berikut ini daftar tempat wisata yang ada di Sumatra berdasarkan tiap-tiap Kabupaten. Dan berikut ini ada total 385 tempat wisata yang ada di setiap kota atau kabupaten di Provinsi Sumatera Utara.

Tempat Wisata di Asahan

Kabupaten yang pusat ibukotanya berada di Kota Kisaran ini menyimpan begitu banyak destinasi wisata yang cukup wajib untuk dikunjungi. Dan ada beberapa tempat wisata yang menjadi ikon Kabupaten ini, seperti Waduk Sigura-gura, air terjun ponot dan lain-lain.

Bendungan Sigura-Gura

Inilah bendungan terbesar yang ada di Indonesia dan hingga kini difungsikan sebagai PLTA. Bendungan ini terbuat dari beton dan memiki ketinggian sekitar 46 meter dari dasar Sungai Asahan. Bendungan ini cukup indah bahkan ada air terjun yang airnya langsung bermuara di dalam bendungan.

Air Terjun Turbo (Turunan Bolon)

Tempat wisata di Sumatera Utara yang satu ini cukup memiliki pesona tersendiri. Air Terjun Turbo atau singkatan dari Turunan Bolon karena letaknya di Desa TOmuha, Kecamatan Bandar Pasir Mandoge. Cukup banyak wisatawan yang datang ke air terjun ini hanya untuk menikmati segarnya air dan juga pemandangan sekitar.

Air Terjun Ponot

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara ini menjadi salah satu air terjun yang benar-benar sangat indah. mulai dari lokasinya yang bisa kamu lihat dari Bendungan Sigura-Gura dan juga akan ketinggian air terjun itu sendiri. Air Terjun Ponot memiliki ketinggian 250 meter dan terbagi menjadi dua tingkat. Untuk letaknya sendiri berada di Desa Tangga Kecamatan Aek Songsongan.

Air Terjun Alam Tani

Air terjun ini juga dikenal sebagai Air Terjun Simanik-Manik yang keindahan dan air bersihnya juga tidak kalah degan air terjun lainnya yang ada di Kabupaten Asahan. Meskipun tingginya hanya 15 meter dan tidak setinggi Air Terjun Ponot, tapi air terjun ini memiliki kolam di bawahnya yang cukup lebar. Tempat wisata di Asahan ini berada di Desa Laburrapa, Kecamatan Songsongan.

Air Terjun Aek Birong

Kabupaten Asahan memang cukup terkenal akan air terjunnya yang sangat indah. dan air terjun berikutnya adalah Air Terjun Aek Birong. Tempat wisata di Sumatera Utara yang tepatnya berada di area ngarai Sigura-Gura yang masih berada di Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan. Air Terjun ini juga dikena dengan sebutan Perawan Canti dari Asahan, begitu masyarakat lokal menyebutnya.

Air Terjun Bidadari

Tempat wisata di Asahan yang berikut ini memang memiliki keunkan tersendiri. Selain sangat indah tapi juga sangat menantang, karena warna airnya yang terlihat hitam. Dan tak jarang banyak masyarakat yang menyebutnya Air Terjun Setan. Tapi ketika kamu berada di air terjun ini akan sangat kagum akan keindahaannya, karena air terjun ini diapit oleh kedua sisi tebing yang cukup tinggi.

Air Terjun Simonang Monang

Salah satu destinas wisata masyakat lokal favorit adalah Air Terjun SImonang Monang. Air terjun ini memiliki kolam di bawahnya dengan diameter yang cukup besar. Jadi kebanyakan wisatawan yang mengunjungi air terjun ini akan mencoba untuk berenang atau hanya sekedar bermainan air dan lainnya. Air Terjun Simonang Monang berada di Desa Padang Pulau, Kecamatan Bandar Pulau.

Air Terjun Unong Sisapa

Letak tempat wisata di Sumatera Utara yang satu ini memang cukup dekat dari Kota Kisaran yang mungkin hanya 2 jam perjalanan. Tepatnya berada di Desa Aek SIlabat, Kecamatan Pasir Mandoge. Air terjun ini bersifat lebih landai dan tidak terlalu vertikal, jadi ketika kamu datang kesini bisa menyusuri sungai hingga ke atas atau hanya sekedar bermainan air di kolam di bawah air terjunnya.

Tebing Sampuran Harimau

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang memiliki tebing terjal yang biasanya digunakan untuk pecinta panjat tebing adalah Tebing Sampuran Harimau. Tebing yang sangat terjal ini memiliki ketinggian sekitar 200 an meter. Dan untuk lokasi Tebing Sampuran Harimau ini berada di Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan.

Jembatan Gantung Bedeng

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang cukup uni adalah Jembatan Gantung Bedeng. Jembatan ini termasuk salah satu jembatan peninggalan Belanda yang hingga kini masih bisa digunakan. Dan cukup banyak sekali para wisata yang datang selalu selfie di atas Jembatan Bedeng yang cukup tinggi dari dasar sungai di bawahnya. Letak Jembatan Gantung Bedeng ini berada di Kecamatan Aek Songsongan.

Sungai Asahan

Salah satu destinasi favorit bagi para pecinta arung jeram adalah Sungai Asahan. Sungai ini memiliki aliran yang cukup deras dan benar-benar memberikan tantangan bagi para pecinta arung jeram. Tidak hanya menikmati arus sungai yang deras saja, akan tetapi kamu juga bisa menikmati pemandangan alam sekitaran sungai yang benar-benar masih alami.

Sungai Silau

Meskipun tidak memilik arus sederas Sungai Asahan, bukan berarti Sungai Silau tidak dikunjungi banyak wisatawan. Cukup banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata di Sumatera Utara ini yang letaknya di Desa Aek Silabat, Mandoge, Kabupate Asahan ini. Jernihnya air sungai dan juga pemandangan di sekitaran Sungai Silau yang memang menarik minat para wisatawan untuk datang.

Pantai Pasiran

Obyek wisata Pantai Pasiran ini memang sangat unik sekali dan mungkin hanya di area lengkungan Sungai Silo saja. Yang sangat unik adalah tepat di lengkngan sungai ini memiliki pasir putih seperti pasir pantai yang benar-benar bersih. Jadi kamu tidak perlu berpanas-panas ke pantai jika cumin untuk menikmati pasir putih. Kamu bisa datang ke Sungai Silo yang masih berada di Kecamatan Mandoge.

Tempat Wisata di Batu Bara

Tempat Wisata di Sumatera Utara ini cukup menyimpan banyak tempat wisata yang cukup kental akan budayanya. Dari nama Kabupatennya saja cukup unik yakni Kabupaten Batu Bara. Kabupaten yang termasuk baru ini dari pemekaran Kabupaten Asahan yang juga menyimpan tempat wisata yang cukup indah. dan berikut ini daftar tempat wisata di Kabupaten Batu Bara.

Pantai Bunga

Salah satu pantai yang ada di Kabupaten Batu Bara ini memang tidak memiliki terlihat tidak begitu dirawat serius. Padahl pantai itu juga memiliki pasir putih serta gugusan pantai yang cukup indah. Meski tidak terawat  tetap tidak menyurutkan niat wisatawan untuk mengujunginya. Pantai Bunga ini terletak di Desa Masjid Lama, Kecamatan Talawi.

Pantai Jono

Salah satu pantai yang menurut kabar termasuk salah satu pantai dengan bibir pantai terpanjang di Sumatera Utara. Pantai ini juga disebut sebagai Pantai Perjuangan oleh masyarakat lokal, terutama masyarakat Desa Lalang, Kecamatan Medang Deras. Pesona pantai yang sangat indah jadi tidak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ketika hari liburan.

Pantai Datuk

Hingga saat ini masih belum banyak wisatawan yang berdatangan di Pantai Datuk yang berada di Desa Kuala Indah. mungkin karena letaknya yang ada di ujung, dan juga masih belum tahu akan keindahan yang tersembunyi di pantai ini. Tidak hanya sekedar menikmati putihnya pasir pantai saja, bahkan kamu juga bisa melihat adanya meriam peninggalan penajajahan jaman dahulu.

Pantai Bogak

Cukup banyak memang tempat wisata di Batu Bara terutama wisata pantai. Meskipun kebanyakan pantai memang tidak memiliki air laut yang berwarna biru. Tapi keindahan panorama sekitar juga tidak kalah dengan pantai-pantai di Indonesia lainnya. Misalnya seperti Pantai Bogak ini, kamu seakan yang memiliki pantai ini, karena pantai ini masih cukup sepi pengunjungnya.

Pantai Sejarah

Dinamakan Pantai Sejarah ini karena Pantai yang ada di Kabupaten Batu Bara ini memang memiliki sejarah yang cukup panjang. Dan salah satunya adalah cerita ketika jaman penjajahan jepang di Indonesia. Dan para tentara Jepang pertama mendarat dan menyandarkan kapalnya tepat di pantai ini. Untuk keindahan pantainya sendiri juga cukup menawan degan hamparan pasir putihnya.

Pantai Kuala Sipare

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang dulunya menjadi destinasi primadona berada di Kabupaten Batu Bara. Itulah Pantai Sipare cukup banyak pengunjungnya ketika hari libur telah tiba. Hamparan pasir putihnya benar-benar bisa memikat mata para wisatawan. Agak disaangkan memang infrastruktur ke pantai ini belum juga diperbaiki.

Danau Laut Tador

Destinasi wisata yang berada di Kecamatan Sei Suka ini dulu benar-benar sangat indah,d engan pesona alam sekitar yang mempesona. Tapi kini obyek wistaa danau ini sedikit mengalami perubahan yang cukup mengenaskan. Karena adanya kerusakan alam yang ada di sekitaran danau. Meskipun begitu ada sebagian masyarakat lokal yang masih menyambangi hanya untuk refreshing seperti memancing.

Pulau Pandang

Ingin melihat hijau birunya air aut dan juga bermain di atas pasir putih yang bersih. Maka kamu harus datang ke Pulau Pandang, karena inilah satu satu destinasi wisata andalan Kabupaten Batu Bara. Pulau Pandang sedikit lebih jauh jika dibandingkan dengan Pulau Salah Nama. Kamu bisa mencapainya kesana biasanya menggunakan paket-paket wisata atau bisa juga naik kapal dari Pelabuhan Tanjung Tiram.

Pulau Salah Nama

Nama yang cukup unik memang untuk sebuah pulau yang sangat indah, yang juga sama eksotiknya dengan Pulau Pandang. Untuk perjalanannya ke pulau tersebut juga sama seperti ke Pulau Pandang. Kamu harus naik kapal dari pelabuhan Tanjung Tiram selama 4 jam an. Keindahan yang ad di Pulau Salah Nama sudah tidak diragukan lagi, pasir putih dan birunya air laut menjadi pemandangan yang menyejukkan mata.

Kubah Datuk Batu Bara

Selain wisata pantai dan juga wisata bahari, ketika kamu berkunjung di Kabupaten Batu Baru, kamu juga bisa wisata sejarah atau wisata religi. Dan salah satunya mengunjungi makam Datuk Batu Bara, dan konon katanya disinilah asal dari nama Batu Bara. Selain mengunjungi Kubah Batu Bara kamu juga bisa mengelilingi area makam degan panorama alam yang terbilang sangat alami.

Istana Niat Lima Laras

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang memiliki sejarah cukup panjang dan masih ada peninggalannya adalah di Tajung Tiram. Disinilah masih tersisanya bangunan Istana Niat Lima Lara yang dulunya sebagai kediaman para raja-raja Kerajaan Batu Bara. Dan hingga kini arsitekturnya pun juga masih terjaga dan ornamen yang menghiasi pada kayu juga masih utuh.

Meriam Nanas Siam

Indonesia memang memiliki sejarah panjang tentang perjuangan. Dan salah satu peninggalannya seperti yang ada di Kabupaten Batu Bara tepatnya di Nanasiam. Dulunya ada sekitar 9 meriam di tempat ini dan gdari segala bentuk atau modelnya juga sama. Dan sekarang tempat ini dijadikan sebagai wisata sejarah untuk mengenang perjuangan jaman dulu.

Benteng Jepang

Tidak heran jika ada benteng Jepang di Batu Bara, karena sejarah panjangnya termasuk Pantai Sejarah yang menjadi titik awal pendaratan tentara Jepang di wilayah Batu Bara. Benteng Jepang ini hingga kini masih ada, meskipun tidak terawat dan banya ditumbuhi semak-semak di sekelilingnya.

Kantor Pemkab Batu Bara

Ada perbedaan memang ketika kamu mengunjungi Kabupaten Batu Bara, misalnya melihat gedung perkantoran. Pada umumnya gedung perkantoran dengan arsitektur modern, tapi pemerintah daerah Kabupaten Batu Bara justru mendesign gedung perkantoran dengan bangunan khas melayu. Arsitekturnya sangat kental dengan kebudayaan setempat, mulai warna gedung, ornamen di setiap sisi gedungnya jadi tampak lebih kental budaya kedaerahannya.

Tempat Wisata di Dairi

Kabupaten Dairi dengan pusat pemerintahan yang berada di Kota Sidikalang cukup banyak menyimpan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kota yang berbatasan langsung dengan Provinsi Aceh ini menjadi salah satu Kabupaten yang cukup banyak dikunjungi para wistawan. Tempat wisata di Sumatera Utara tepatnya di Kabupaten Dairi berikut ini yang cukup wajib untuk kamu kunjungi.

Tempat wisata di Sumatera Utara ini benar-benar sangat unik, selain tempat air terjunnya berada di pinggi jalan raya. Dan warna airnya juga terkadang berwarna merah, itu sebabanya air terjun ini dinamakan Air Terjun Lae Pendaroh. Lae Pendaroh yang berarti air berdarah. Letaknya sendiri juga cukup dekat yang hanya berjarak 11 km dari pusat Kota Sidikalang.

Air Terjun Lae Basbas

Jika kamu menginginkan kedamaian ketika hari libur datang, kamu harus berkunjungi ke tempat wisata di Sumatera Utara yang satu ini. Inilah Air Terjun Lae Basbas yang akan memberikan kamu kedamaian. Air terjun ini dikelilingi hutan yang masih alami, dengan airnya yang jernih serta kolam di bawah air terjun menambah keasrian Air Terjun Lae Basbas. Lokasi Air Terjun Lae Basbas berada di Kecamatan Tiga Lingga, yang hanya berjarak 26 km an dari pusat Kota Sidikalang.

Air Terjun Lau Baski

Tidak hanya menikmati keindahan Air Terjun Lae Baski saja ketika kamu sampai di lokasi. Tapi kamu juga akan disuguhi indahnya perbukitan Bukit Barisan. Karena tempat wisata di Sumatera Utara ini memang berada di Bukit Barisan. Untuk jaraknya sendiri dari Kota Sidikalang hanya sekitar 40 km dengan berkendara.

Air Terjun Sicike Cike

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang benar-benar sangat lengkap adalah di Air Terjun Sicike Cike. Karena tidak hanya melihat keindahan air terjunnya saja, tetapi kamu juga bisa melihat keindahan Danau Sicike Cike. Belum lagi dengan hutannya yang memang dijadikan sebagai hutan konservasi. Dan juga ditambah banyaknya tanaman anggrek di sekitaran danau dan juga hutan. Untuk lokasi Air Terjun Sicike Cike di Desa Pancar Nuli, Kecamatan Sidikalang.

Air Terjun Lau Cingkam

Tempat wisata di Sumatera Utara ini benar-benar sangat menarik untuk dikunjungi. Air Terjun Lau Cingkam bersifat terjal degan bebatuan besar yang berbentuk landai ke atas. Jadi kebanyakan pada wisatawan sering menaiki bebatua tersebut hingga ke atas air terjunnya. Lokasi Air Terjun Cingkam berada di Desa Gunung Sitember yang hanya berjarak 39 km dari pusat Kota Sidikalang.

Danau Sicike Cike

Danau ini termasuk di dalam Taman Wisata Alam Kabupaten Dairi. Karena tidak hanya keindahan danau saja. Tetapi konservasi hutan yang berhasil di areal ini menambah keasrian di lingkungan danau. Dan Danau Sicike Cike ini telah dijadikan sebagai eco wisata yang para wisatawannya cukup banyak dari mancanegara. Dan di hutan Danau Sicike Cike banyak sekali jenis tanaman anggrek yang tumbuh di areal hutan.

Danau Kempawa

Tempat wisata di Sumatera Utara yang satu ini memiliki keunikan yakni letak danau yang berada di atas bukit Desa Kempawa. Untuk ketinggian danaunya sendiri sekitar 1000 dpl, jadi tetap sejuk udara yang ada di danau meskipun ketika siang hari kamu ada di sana. Cukup banyak para wisatawan lokal yang yang nge-camp di sekitaran danau sambil menikmati indahnya danau ketika pagi hari.

Sungai Lae Renun

Tidak hanya di Provinsi Aceh saja yang memiliki sungai dengan aliran yang cukup deras seperti Sungai Alas. Tapi Kabupaten Dairi juga memiliki sungai yang cukup sering digunakan untuk arung jeram. Cukup banyak wisatawan yang berkunjung ke Sungai Renun hanya ingin menjajal derasnya aliran sungai. Tepatnya di Desa Lae Markelang yang jaraknya sekitar 54 km dari pusat Kota Sidikalang.

Sungai Lae Hitam

Sungai yang dianggap oleh banyak masyarakat memiliki misteri di dalamnya. Tempat wisata di Sumatera Utara ini memang sangat unik, karena air yang ada di sungainya berawarna hitam. Karena itulah akhirnya banyak masyarakat yang mengatakan bahwa sungai itu di dalamnya benar-benar misteri. Karea memang tidak ada yang tahu karena apa air sungai tersebut berawarna hitam. Sungai Lae Hitam berada di Desa Lae Hitam yang jaraknya sekitar 83 km dari pusa Kota Sidikalang.

Tao Silalahi

Tempat wisata di Sumatera Utara ini memang benar- benar spesial, karena kamu bisa melihat pemandangan Danau Toba dari Desa perbukitan. Untuk mengunjungi lokasi ini kamu harus berkendara sejauh 28 km an dari pusat Kota Sidikalang, tepatnya berada di Kecamatan Silahisabungan.

Pantai Paropo

Tidak seperti pantai pada umumnya yang sejauh mata memandang adalah lautan luas. Di tempat wisata Pantai Paropo ini adalah di pinggirnya Danau Toba. Mungkin karena luasnya Danau Toba akhirnya terlihat seperti pantai. Kamu juga bisa melihat keindahan Danu Toba dari perbukitan yang berada di atas danau.

Taman Wisata Iman Dairi

Salah satu obyek wisata di Dairi yang sangat terkenal adalah Taman Wisata Iman atau disingkat TWI Dairi. Karena di tempat wisata di Sumatera Utara inilah berdirinya tempat peribadahan bagi semua agama di Indonesia. Tidak hanya tempat peribadatan tapi juga adanya wahana bermaina seperti outbond dan lain-lain. Lokasi Taman Wisata Iman Dairi ini berada di Desa Sitinjo, Kecamatan Sitinjo.

Puncak Sidiangkat

Tempat wisata di Sumatera Utara ini tidak begitu jauh dari pusat Kota Sidikalang, yang hanya 7 km dan berada di Desa Sidiangkat. Di puncak ini kamu bisa menikmati panorama nan indah di bawahnya. Akan lebih bagus lagi ketika pagi hari sembari menunggu matahari menampakan sinarnya, atau bisa juga ketika sore hari menunggu redupnya sinar matahari.

Hutan Wisata Lae Pondom

Inilah tempat ideal untuk melepaskan penas dan hiruk pikuk perkotaan. Di Hutan Wisata Lae Pondom ini kamu bisa bersantai sembari menghirup udara yang sejuk. Cukup banyak wisata yang berkunjung di Hutan Wisata Lae Pondom ketika hari libur telah tibu.

Rumah Adat Pakpak

Rumah adat ini cukup unik dari segi arsitekturnya dan cukup banyak filosofi yang ada di dalam arsitektur Rumah Adat Pakpak. Ketika kamu berkunjung di Kota Sidikalang maka kamu bisa mengunjungi rumah adat suku setempat. Dan sudah pasti ketika kamu berkunjung di Rumah Adat Pakpak jelas selfieable.

Goa Kendit

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang masih bisa dibilang baru ini terletak di Desa Kendit Liang, Kabupaten Dairi. Meskipun pintu goa tidak terlalu lebar, tapi tetap cukup untuk dilewat. Akan tetapi pengunjung tidak dperbolehkan menyusur goa terlalu dalam tanpa bantuan pemandu atau membawa oksigen. Karena semakin dalam oksigen akan semakin tipis.

Tempat Wisata di Deli Serdang

Deli Serdang adalah sebuah Kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara yang sangat kaya akan sumber alamnya. Dan hingga kini masih banyak sumber alam yang belum dieksplorasi. Dan salah satu sumber alamnya, yakni di sektor pariwisata. Deli Serdang menjadi salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang menyuguhkan pesona alamnya yang luar biasa untuk dikunjungi.

Pantai Muara Indah

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang menjadi favorit masyarakat lokal Deli Serdang adalah Pantai Muara Indah. Pantai ini cukup bersih dengan pasir putihnya dan juga cukup banyaknya pohon yang ada di pinggir pantainya. Lokasinya berada di Kecamatan Pantai Labu yang memiliki akses yang cukup mudah, yang akhirnya cukup banyak wisatawan yang berkunjung di pantai ini.

Pantai Percut

Tidak hanya sekedar wisata untuk menikmati pantai saja ketika kamu mengunjungi Pantai Percut. Di pantai ini terdapat muara Sungai Percut yang bisa dijadikan spot untuk memancing. Selain itu kamu juga bisa wisata kuliner menikmati seafood yang bisa dibilang sangat murah. Sembari menikmati kuliner, hembusan angin laut akan terasa sangat menyejukkan.

Pantai Putra Deli

Salah satu pantai yang ada di Kabupaten Deli Serdang ini masih tergolong sangat asri. Bahkan ketika kamu berada di pantai ini kamu bisa melihat pesawat yang sedang take off. Akan menjadi pemandangan tersendiri sembari menikmati hembusan angin pantai. Di sisi pinggir pantai juga banyak pepohonan yang cukup rindang, yang bisa menjadi tempat rehat ketika lelah bermain di pantai.

Pantai Serambi Deli

Tempat wisata di Sumatera Utara yang tidak hanya menyajikan indahnya pantai tapi juga kuliner adalah Pantai Serambi Deli. Di pantai ini kamu bisa membeli hasil laut dengan sangat murah dari para nelayan langsung. Atau kamu bisa menikmati indahnya sunset dengan semburat sinarnya ketika sore hari. Pantai Serambi Deli berada di Desa Palu Sebaji, Kecamatan Pantai Labu.

Pulau Siba

Salah satu pulau terindah yang dimiliki oleh Kabupaten Deli Serdang, yakni Pulau Siba. Tempat wisata di Sumatera Utara yang tepatnya berada di Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang ini benar-benar eksotis. Selain hamparan pasir putih di sekeliling pulaunya, kamu juga bisa menikmati agro wisata di dalam pulau tersebut. Dan di dalam Pulau Siba cukup banyak wahana bermain yang akan memuaskan hari libur kamu.

Danau Linting

Tempat wisata di Sumatera Utara tidak hanya Danau Toba saja yang memiliki keindahan alami, tapi Danu linting ini juga tidak kalah eksotisnya. Air danaunya  ini yang benar-benar sangat unik karena memiliki warna hijau. Belum lagi dengan wisata alam sekitarnya seperti Kolam Putrid an juga goa alami. Danau Linting berada di tiga desa yang ke semuanya dalam satu Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu.

Air Terjun Dua Warna

Air terjun yang terletak di Kecamatan Sibolangit ini benar-benar unik karena memiliki dua air terjun yang berbeda. Satu air terjurna memiliki suhu yang hangat dan berwarna putih, dan air terjun satunya berwarna biru dengan suhu yang dingin. Begitu juga dengan lebarnya kolam akan menambah sensasi ketika kamu nyebur atau merasakan kedua air terjun di atasnya.

Air Terjun Sampuren Putih

Tempat wisata di Sumatera Utara memang terbilang cukup banyak air terjun yang mempesona. Salah satunya adalah Air Terjun Sampuren Putih yang berada di Desa Cinta Rakyat yang masih masuk Kecamatan Sibolangit. Air terjun ini memiliki kolam yang lumayan lebar dengan pemandangan bebatuan dan juga pepohonan yang sangat rindang hampir menutupi air terjunnya.

Air Terjun Tanjung Raja

Agak sedikit susah untuk mencari lokasi Air Terjun Tanjung Raya yang ada di Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu ini. Karena memang agak jauh dari pemukiman penduduk. Dan ketika kamu sesampainya di Air Terjun ini sudah pasti pemandangan yang sangat air dan air sungai yang jernaih akan menghiasi setiap pandangan kamu.

Air Terjun Pelangi

Tempat wisata di Sumatera Utara yang satu ini masih tergolong baru karena baru diresmikan oleh DInas Pariwisata setempat tahun 2012. Dan untuk perjalanan ke lokasi tidak sesusah Air Terjun Tanjung Raya. Cukup banyak tebing yang menjulang tinggi di sekitaran air terjun yang menambah keindahan Air Terjun Pelang. Untuk lokasinya berada di Desa Tanjung Raya, yang hanya butuh sekitar 2 jam berkendara dari Kota Medan.

Air Terjun Loknya

Loknya hanyalah singkatan dari “Lokasinya Nyaman”. Dan memang ketika kamu berada di bawah air terjun dan berendam di kolamnya akan benar-benar merasakan kenyamanan. Air Terjun Loknya memiliki ketinggian sekitar 25 meter akan memikat hati para wisatawan yang datang. Karena wisatawan juga sangat memungkinkan untuk menaiki batu dan melompat ke dalam kolam.

Air Terjun Betala

Kondisi air terjun ini masih sangat alami dan juga dikelola degan sangat baik. Jadi kamu tidak akan kesusahan untuk mencapai lokai Air Terjun Betala. Selain letaknya agak dekat dari jalan raya, sepert fasilitas di lokasi juga sangat memadai. Pemandangannya benar-benar masih asri seperti pepohonan rindang di sekitar air terjun. Kamu juga bisa merasakan segarnya air terjun degan mandi di kolamnya.

Sungai Dua Rasa

Tempat wisata di Sumatera Utara ini menunjukkan keunikannya tersendiri dibandingkan sungai-sungai yang ada di Deli Serdang. Sangat unik karena dalam satu aliran sungai tapi memiliki suhu yang berbeda. Di sisi satu airnya terasa sangat hangat dan di sisi satunya lagi airnya cukup dingin. Pasti akan memberikan sensasi yang benar-benar berbeda ketika kamu mandi di Sungai Dua Rasa ini. Lokasi Sungai Dua Rasa berada di Negeri Suah

Lembah Lau Mentar

Banyak wisatawan yang menamai dengan Lau Mentar Canyon, karena memang keindahan lembah ini masih alamai hingga saat ini. Jadi terihat begitu terawat dan banyak wisatawan yang menjaga keasriannya. Kamu bisa memenukan air terjun, terowongan batu besar, dan sungai yang ada di bawah. Keindahan itulah yang benar-benar memikat hati para wisatawan untuk berdatang di Desa Rumah Liang, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu.

Pemandian Sungai Sembahe

Satu lagi tempat wisata di Sumatera Utara ini menawarkan kesegaran air sungai dan kesejukan alamnya. Lokasinya yang berada salah satu desa di Kecamatan Sibolangit ini benar-benar mampu memikat banyak wisatawan. Para wisatawan tidak hanya sekedar merasakan segarnya air sungai tapi juga bisa menikmati udara khas pegunungan. Dan kamu akan banyak menjumpai batu-batu besar di sekitaran sungai dan juga pohon besar yang sangat rindang di Pemandian Sungai Sembahe.

Pemandian Alam Lau Sigembur

Lokasi pemandian ini cukup dekat jaraknya dari pusat Kota Medan, yang hanya membutuhkan waktu 1 jam perjalanan. Tepatnya berada di Desa Simada Mada, Kecamatan Sinembah Tanjung Hilir. Tempat wisata di Deli Serdang ini masih tergolong sangat alami, jadi kamu akan merasa menyatu degan alam. Mulai dari udara sejuknya, segarnya air sungai, dan juga pemandangan alam sekitarnya.

Pemandian Air Panas dan Goa Penen

Tidak hanya pemandian air sungai saja yang dimiliki oleh Kabupaten Deli Serdang. Tapi pemandian Air Panas di Desa Penen ini juga bisa menghangatkan tubuh kamu. Di tempat wisata ini kamu bisa melihat mata air panasnya secara langsung dan juga berwisata Goa Penen yang ada di dalam satu lokasi. Tempat wisata di Sumatera Utara tepatnya di Kabupaten Deli Serdang ini ketika hari libur sangat banyak dikunjungi wisatawan yang ingin mencoba merasakan hangatnya air alami.

Pemandian Alam Namorambe

Masih dalam sealiran Sungai Sembahe, tapi ada sedikit perbedaan pastinya terutama pada alam sekitarnya. Tempat wisata di Sumatera Utara ini tepat berada di Desa Namorambe yang jaraknya hanya butuh 1 jam untuk berkendara dari pusat Kota Deli Serdang. Pesona seperti bebatuan besar, perbukitan di kedua sisi pemandian akan semakin memanjakan hari libur kamu.

Pemandian Pantai Salju

Ada keunikan tersendiri dari pemandian ini, dan yang jelas ini bukan pantai melainkan sungai. Dijuluki Pantai Salju karena derasnya air yang menabrak batu terlihat berbuih dan berawarna putih bersih. Akhirnya masyarakat lokal enjulukinya salju. Di pemandian ini kamu bisa merasakan segarnya air sungai dan juga kamu bisa menikmati pemandian di atas rerumputan yang ada di pinggir sungai. Lokasi Pemandian Pantai Salju berada di Kecamatan Bangun Purba.

Pemandian Casanova

Dari penamaan sendiri mungkin sudah bisa ditebak ya. Pemandian ini dinamakan Pemandian Casanoca konon katanya karena ada banyak muda-mudi yang berpacaran di areal sungai.  Mungkin karena alam sekitar sungai yang cukup romantis akhirnya banyak digunakana sebagai spot pacaran yang romantis sangat manis.

Taman Rekreasi Dewi Sibolangit

Tempat wisata di Sumatera Utara ini juga cukup popular terutama bagi masyarakat Deli Serdang. Taman Rekreasi Dewi Sibolangit ini memang sebuah taman buatan. Yang pembuatnya selalu berkreasi dengan bangunannya yang kebanyakan mengambil tema lingkungan hidup. Jadi taman ini memang sangat bagi wisata keluarga terutama anak-anak, selain wisata mereka juga bisa belajar.

Taman Pramuka

Tempat wisata di Sumatera Utara lainnya yang menarik minat wisatawan adalah Taman Pramuka. Karena di taman ini kamu bisa mencoba lebih dekat dengan alam, misalnya mencoba untuk camping di areal taman. Dan memang biasanya taman ini juga digunakan untuk berbagai kegiatan sekolahan. Untuk lokasinya sendiri berada Kecamatan Sibolangit, yang jaraknya sekitar 63 km dari Kota Lubuk Pakam.

Hillpark Sibolangit

Salah satu tempat wisata di Deli Serdang yang memang sangat cocok untuk keluarga. Lokasinya yang sangat dekat  dari Kota Medan menjadikannya sebagai destinasi wisata yang ramai ketika akhir minggu. Tempat wisata di Sumatera Utara ini cukup banyak fasilitasnya yang ada di dalam, misalnya seperti wahana mainan untuk anak-anak hingga orang dewasa.

The Le Hu Garden

Tempat wisata di Sumatera Utara ini tergolong masih baru, dan cukup unik. Tidak hanya menampilkan keasrian alam sektarnya saja, tapi di dalamnya juga terdapat banyak tempat menarik. Misalnya seperti kolam ikan yang cukup besar, dan juga ada taman yang ditumbuhi berbagai macam bunga. Dan yang pasti Le Hu Garden adalah spot terbaik untuk melepaskan penat dan juga selfiable.

Kampung Ladang

Tempat wisata di Sumatera Utara ini sedikit berbeda dari tempat wisata lainnya yang ada di Deli Serdang. Di Kampung Ladang yang berlokasi di Tanjung Anom ini sangat bernuansa khas pedesaan. Dan selain itu wahana permaiann juga banyak tersedia di Kampung Ladang. Misalnya seperti rafting, ATV, flying fox dann lain-lain. Kampung Ladang biasanya sangat ramai dikunjungi wisatawan ketika sudah mulai akhir minggu.

Tempat Wisata di Kota Humbang Hasundutan

Mungkin masih banyak para traveler yang belum tahu tempat wisata di Sumatera Utara yang menyimpan pesona alamnya yang apik. Iya di Kabupaten Humbang Hasundutan menyimpan cukup banyak potensi wisata yang belum banyak dijamah oleh para wisatawan. Meskipun jaraknya cukup jauh dari Medan sekitar 280 km tapi ada beberapa destinasi wisata yang sangat layak untuk dikunjungi.

Air Terjun Binanga Janji

Salah satu air terjun yang saat ini telah menjadi tempat wisata di Sumatera Utara yang cukup banyak pengunjungnya. Air terjun ini dipercaya oleh masyarakat lokal sebagai tempat untuk mengikrarkan janji-janji para raja-raja Batak. Untuk lokasinya sendiri tidak begitu jauh jika dari Kecamatan Baktiraja, yang kisarannya hanya sejauh 1 km.

Air Terjun Sampuren Pollung

Salah satu destinasi wisata di Kabupaten Humbang Hasundutan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Air Terjun Sampuren Pollung memiliki keindahan yang luar biasa, tidak hanya air terjunnya saja yang setinggi 65 meter. Akan tetapi pesona alam yang ada di sekitarnya sangat layak untuk dijadikan destinasi wisata terbaik. Lokasi Air Terjun Sampuren Pollung berada di Desa pura Waringin.

Aek Sipangolu

Tempat wisata di Sumatera Utara ini termasuk salah situs Sisingamangaraja dan sekarang juga dijadikan sebagai wisata air. Nama Aek Sipangolu ini berarti pemberi kehidupan atau bisa juga diartikan menghidupkan kembali. Lokasi wisata Aek SIpangolu ini berada di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja. Jika kamu dari pusat Kota Dolok Sanggul jaranya sekitar 17 km.

Aek Sitio Tio

Tempat wisata pemandia yang ada di Humbahas ini cukup ramai dikunjungi wisata karena ingin merasakan segarnya air. Ketika kamu berada di obyek wisata Aek Sitio Tio kamu juga bisa menikmati alam perbukitan yang masih asri. Untuk lokasinya sendiri berada di Desa Siunong Unong, Kecamatan Baktiraja yang hanya 16 km dari pusat Kota Dolok Snggaul.

Bukit Sipinsur

Pemandangan alam perbukitan Sipinsur benar-benar eksotik, kamu bisa melihat keindahan Danau Toba dan perukitan di sekelilingnya dari Bukit Sipinsur. Tempat wisata di Sumatera Utara ini memang spot yang benar-benar sempurna, kamu bisa merasakan udara sejuk khas pegunungan dan juga tersedianya fasilitas di Bukit Sipinsur. Untuk lokasi Bukit Sipinsur berada di Desa Pearung, Kecamatan Paranginan.

Danau Tao Si Losung dan Si Pinggan

Tempat wisata di Sumatera Utara ini memiliki cerita legenda perkelahian dua bersaudara dan hingga kini masih menjadi cerita rakyat. Di Danau Si Losung dan Si Pinggan inni kamu bisa menghid=rup udara segar, serta beraktifitas seperti memancng atau bahkan berenang. Dan untuk letaknya sendiri tidak terlalu jauh dari pusat Kota Dolok Sanggul hanya sekitar 24 km. Dan tepatnya berada di Desa Sinambela Kecamatan Baktiraja.

Pulau Simamora

Tempat wisata di Humbahas yang terilang cukup menarik adalah di Pulau Simamora. Karena ketika kamu berada di pulau ini kamu bisa melihat jernihnya air Danau Toba dan juga pemandangan perbukitan yang menjulang tinggi. Tempat wisata di Sumatera Utara ini tepatnya berada di Desa Tpang Kecamatan Baktiraja. Untuk menuju ke pulau Simamora kamu bisa menyewa kapal kecil dan bisa juga berkeliling di areal pulau tersebut.

Goa Pertenunan Ibunda Sisingamangaraja

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang memiliki nilai sejarah adalah Goa Pertenunan yang berada di Desa Marun, Kecamatan Baktiraja. Asal mula goa ini adalah dulunya digunakan oleh ibunda Sisingamangaraja untuk menenun. Dan sekarang goa ini dijadikan sebagai obyek wisata sejarah di Kabupaten Humbahas.

Tombak Situan Habonaran atau Harangan Sulusulu

Atau bisa diartikan sebagai Hutan Pemberi Suluh Penerangan. Di hutan inilah terlahirnya Raja Batak Sisingamangaraja. Dan hingga kini hutan tersebut dijadikan tempat wisata di Sumatera Utara yang banyak sekali pepohonan yang sudah berusia ratusan tahun. Dan di dalam hutan tersebut banyak sekali batu dari muntahan Gunung Toba.

Istana Sisingamangaraja XII

Satu lagi tempat wisata di Sumatera Utara yang memiliki nilai sejarah luhur adalah Istana Sisisngamangaraja. Lokasi Istana Sisingamangaraja di Desa Simamora, Kecamatan Baktiraja, Humbahas. Meskipun bangunan istana saati ini memang bukan yang asli tapi arsitektur istana masih dipertahankan seperti bentuk aslinya yang dibangun pada tahun 1530 an.

Tempat Wisata di Karo

Salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara ini berbatasan langsung dengan Provinsi Aceh. Jadi cukup kental akulturasi budaya di Kabupaten Karo yang berpusat Kota di Kabanjahe. Tidak hanya sekedar keramah tamahan penduduk lokal tapi Kabupaten ini juga menyimpan wisata alam yang cukup menakjubkan. Dan berikut ini tempat-tempat indah yang ada di Kabupaten Karo.

Gunung Sibayak

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang sangat terkenal adalah pucnak Gunung Sibayak. Bagi para pecinta alam keindahan yang ada di puncak Gunung Sibayak benar-benar eksotis. Ketika kamu berada di puncak kamu bisa melihat indahnya pemandangan alam di bawah puncak yang masih terlihat alami. Gunung yang juga terkenal dengan sebutan Gunung Raja ini cukup ramai ketika hari libur.

Gunung Sinabung

Bagi para pecinta alam yang lebih suka mendaki Gunung Sinabung akan menjadi tempat wisata di Sumatera Utara yang cukup favorit. Karena ketika melakukan pendakian akan melwati indahnya Danau Lau Kawar. Keindahan alam yang ada di bawah kaki Gunung Sinabung akan menghilangkan rasa lelah kamu ketika mendaki Gunung Sinabung.

Gunung Sibuatan

Tempat wisata di Sumatera Utara lainnya yang cukup terkenal dan menjadikannya gunung tertinggi di Sumatera Utara adalah Gunung Sibuatan. Ketika kamu sudah mencapai puncak Gunung Sibuatan kamu bisa melihat keindahan Danau Toba yang benar-benar memukau. Dan Karen aview yang sangat indah inilah cukup banyak pendaki yang ingin naik puncak Gunung Sibuatan.

Bukit Gundaling

Ada keunikan tersendiri mengenai tempat wisata di Sumatera Utara yang satu ini. Nama Bukit Gundaling adalah singkatan dari “Good Bye My Darling”, yang mengisahkan tentang 2 anak manusia yang berpisah pada jaman Siti Nurbaya.  Lokasi Bukit GUndaling berada di Kecamatan Berastagi yang tidak jauh dari Kota Medan, sekitar 60 km.  keindahan alam nan eksotis akan menjadi suguhan istimewa di Bukita Gundaling.

Air Terjun Sipiso-piso

Tempat wisata di Sumatera Utara ini menjadi salah satu air terjun sangat indah yang ada di Sumatera Utara. Air Terjun Sipiso-piso berada di perbukitan ayng tingginya mencapai 800 mdp dan menjadikannya air terjun tertinggi yang ada di Indonesia dengan tinggi air terjun 120 meter. Kamu bisa menikmati keindahan air terjun di gardu pancang atau mencoba turun ke bawah tepat di bawah air terjunnya. Lokasi Air Terjun Sipiso-piso ini berada di Desa Tongging.

Air Terjun Sikulikap

Meskipun air terjun ini tidak setinggi Air Terjun Sipiso-piso. Tapi keindahan alam sekitarnya menjadikannya sebagai salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang cukup favorit. Air terjun yang juga dijuluki Air Terjun Penatapan oleh masyarakat lokal ini memiliki kolam di bawah air terjunnya. Jadi kebanyak wisatawan yang datang selalu menyempatkan untuk berenang atau hanya sekedar bermain air. Lokasi air terjun Sikulikap berada di Desa Doulu, Berastagi.

Danau Lau Kawar

Salah satu destinasi favorit para wisatawan yang mengunjungi Kota Karo adalah Danau Lau Kawar. Tempat wisata di Sumatera Utara ini berada tepat di kaki Gunung Sinabung. Jadi tidak hanya keindahan alamny sekitarnya saja, tapi kamu juga bisa nge-camp di areal pinggir danau. Akan menjadi pengalaman tersendiri ketika kamu berada di Danau Lau Kawar.

Pemandian Air Panas Semangat Gunung

Tempat wisata di Sumatera Utara ini juga salah satu destinasi wisata favorit wisatawan. Karena pemandingan air panas yang ada di Kecamatan Beratagi, tepatnya di Desa Semangat Gunung ini memiliki keunikan. Ada banyak kolam air panas yang memiliki tingkat air apanas yang berbeda, mulai dari yang hangat hingga panas. Bahakn tersedida juga kolam VIP yang dikhususnya hanya untuk wisatawan yang menginginkan privasi atau hanya untuk kalangan sendiri.

Desa Tongging

Salah satu desa yang ada di Kabupaten Karo ini memiliki keindahan alam yang cukup menawan. Di Desa ini kamu bisa melihat lebih jelas kecantikan Danau Toba. Kamu juga bisa merasakan udara sejuk di desa ini dengan mengelilingi Danau Toba menggunakan perahu warga setempat. Desa Tongging menjadi salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang cukup sering dikunjungi wisatawa, terutama ketika hari libur.

Desa Wisata Lingga

Destinasi wisata budaya atau sejarah yang ada di Desa Lingga ini terdapat rumah adat suku Karo yang usianya hingga 250 tahun. Tempat wisata di Sumatera Utara ini menjadi salah satu obyek wisata favorit para wisatawan terutama wisatawan asing yang ingin mengetahui budaya dan adat istiadat suku Karo. Jika kamu dari Kota Medan hanya membutuhkan 2 jam jam berkendara menuju Kecamatan Berastagi.

Desa Budaya Dokan

Tempat wisata di Sumatera Utara ini masih memegang erat adat dan budaya mereka. seperti kebudayaan suku Karo yang hingga kini masih dilestarikan oleh masyarakat setempat. sesampainya kamu di desa tersebut akan disuguhi pemandanan rumah adat suku Karo yang usianya hingga ratusan tahun. Untuk mencapai lokasi di Desa Budaya Dokan ini, kamu harus menempuh setidaknya 25 km dari pusat Kota Kabanjahe.

Arung Jeram Lau Biang

Ketika kamu mengunjungi Kabupaten Karo tidak hanya disuguhi keindahan alamnya saja. Tapi kamu juga akan disuguhi wisata adrenalin seperti arum jeram di Sungai Lau Biang. Tempat wisata di Sumatera Utara ini banyak dikunjungi para pecinta arung jeram, karena arus cukup menantang. Muara sungai Lau Biang ini berada Kabanjahe jadi bisa dibilang cukup dekat dan wajib kamu coba.

Museum Karo Lingga

Sudah bisa dipastikan bahwa Kabupaten Karo sangat menghargai budaya adat istiadat serta barang peninggalan bersejarah. Kamu bisa melihat barang peninggalan khususnya suku Karo yang ada di Museum Karo Lingga yang berada di Desa Lingga yang jaraknya hanya 5 km dari pusat Kota Kabanjahe. Tempat wisata di Sumatera Utara ini cukup ramai dikunjungi wisatawan domestik dan manca ketika hari libur tiba.

Museum Letjen Jamin Ginting

Bangunan museum yang memiliki design arsitektur sangat menawan ini memang dibangun untuk mengenang jasa pahlaman Letjen Jamin Ginting. Museum yang terletak di Desa Suka, Kecamatan Tiga Panah ini memiliki banyak koleksi benda-benda bersejarah. Misalnya seperti koleksi pakaian Letjen Jamin Ginting, dan juga kolek berbagai senjata.

Meriam Puntung

Cerita yang melegenda tentang Meriam Puntung dan Puteri Hijau sering kali diceritakan di sekolah-sekolah. Dan hingga saat ini salah satu bukti seperti Meriam Puntung atau meriam yang terbelah menjadi dua pun juga masih ada. Salah satunya berada di Desa Sukanalu, Barus Jahe, Karo. Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara ini memang dikeramatkan oleh warga setempat. Akan tetapi seperti pengunjung juga diperbolehkan untuk melihatnya dari dekat.

Goa Liang Dahar

Bagi para traveler yang suka akan petualangan mungkin harus mengunjungi tempat wisata di Sumatera Utara yang satu ini. Goa Liang Dahar itulah nama dari goa yang memiliki3 ruang yang cukup besar yang berada di dalam goa. Obyek wisata goa ini berada di Desa Lau Buuh, Kecamatan Kuta Buluh Simole. Kamu juga bisa menggunakan jasa pemandu yang berasal dari desa setempat.

Taman Hutan Raya

Salah satu destinasi wisata yang sangat cocok untuk melepaskan penat ibukota, yakni Taman Hutan Raya yang berada di Kecamatan Berastagi. Di hutan raya ini kamu bisa menghirup udara yang sejuk khas pegunungan dan juga melihat flora fauna yang cukup lengkap di hutan ini. Dan salah satunya adalah kupu-kupu yang sangat langka juga hidup di hutan ini.

Mikie Funland

Salah satu tempat rekreasi keluara yang memiliki banyak sekali wahana permainan adalah di Mikie Funland. Tempat wisata di Sumatera Utara ini memang sangat lengkap, seperti wahana permainan rumah hantu, permain tsunami, permainan t-rex, dan lain-lain. Lokasinya yang ada di Berastagi menjadikannya sebagai dstinasi wisata keluara yang ramai dikunjungi wisatawan.

Tempat Wisata di Labuhanbatu

Salah satu Kabupatenyang berada di Sumatera Utara ini letaknya cukup strategis. Dikarenakan posisinya yang berada di jalur timur di Sumatera menjadikannya Kabupaten yang cukup ramai lalu lintasnya. Jadi cukup banyak para wisata yang menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Sumatera Utara ini. Tepatnya di Kabupaten Labuhanbatu, dan hal ini dikarenakan aksesnya yang cukup mudah.

Air Terjun Linggahara

Salah tempat wisata di Sumatera Utara yang cukup sering dikunjngi oleh wisatawan adalah Air Terjun Linggahara. Lokasi yang cukup strategis yang berada di Kelurahan Lobusona ini hanya berjarak 8 km dari jalan bypass Rantauprapat. Dengan suguhan panorama air terjun yang menyejukkan benar-benar mampu emikat para wisatawan untuk mengunjungi obyek wisata di Kabupaten Labuhanbatu ini.

Pemandian Banyu Wangi

Destinasi wisata yang cukup favorit bagi masyarakat Kabupaten Labuhanbatu adalah Pemandian Banyu Wangi. Dikarenakan jaraknya dari pusat Kota Rantau Prapat yang hanya 40 an menit saja. Tidak hanya bisa melihat keindahan alam sungai saja ketika kamu berada di pemandian ini. Tapi kamu juga bisa merasakan segarnya air sungai mulai dari sekedar berendam atau berenang di area sungai. Selain itu Pemandian Bangu Wangi ini cukup banyak dihuni ikan-ikan tawar yang cukup besar, yang menjadikan sebagai spot memancing favorit.

Aek Buruh

Tempat wisata di Sumatera Utara ini menjadi destinasi wisata yang cukup ramai ketika hari libur. Karena jaraknya yang cukup dekat dari pusat Kota Rantau Prapat atau sekitar 30 menit berkendara. Cukup banyak wisatawan yang datang ingin merasakan kesejukan alam bukit barisan. Dan juga bermain air yang sanat jernih yang berada di sungai, menjadikannya obyek wisata yang cukup menyenangkan.

Gunung Gajah dan Liontin

Jarak tempuh yang tidak sampai 1 jam dari pusat Kota Rantau Prapat menjadikan tempat wisata di Sumatera Utara ini cukup ramai dikunjungi wisatawan. Lokasinya yang berada di areal perkebunan memberikan udara yang sangat sejuk.  Belum lagi panorama pemandian dan air terjun yang akan memanjakan liburan kamu dengan bermainan air sepuasnya di kolam pemandian. Untuk lokasi tepatnya berada di Desa Firdaus, Kecamatan Silangkitang.

Pulau Sikantan

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang cukup lengkap di dalamnya adalah Pulau Sikantan. Lokasi Pulau Sikantan yang berada di Kecamatan Panai Tengah ini menyajikan indahnya panorama pantai ketika sunset. Kelebihan lain yang dimiliki Pulau Sikantan adalah sebagai spot terbaik untuk memancing ikan muara. Hal ini karena letaknya berada di tengah-tengah pertemuan Sungai Bilah dan Sungai Barumun.

Tempat Wisata di Labuhanbatu Selatan

Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang pusat kotanya berada di Kota Pinang cukup banyak menyimpat tempat wisata yang cukup menarik. Ada beberapa tempat wisata di Kabupaten Labuhan Selatan yang tidak dimiliki oleh Kabupaten lainnya yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Dan berikut ini beberapa tempat menarik yang ada di Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Pemandian Sungai Sampuran

Tempat wisata di Sumatera Utara ini cukup terkenal bagi masyarakat lokal. Karena bersihnya air sungai dan juga pemandangan alam sekitar sungai sangat menyejukkan mata para wisatawan. Pemandian Sungai Sampuran ini berada di Desa Perkebunan Normark, yang jaraknya tidak jauh dari pusat Kota Pinang yang hanya 20 km saja.

Danau Simatahari

Satu lagi tempat wisata di Sumatera Utara yang jaraknya cukup dekat dengan pusat Kota Pinang adalah Danau Simatahari. Danau buatan ini cukup ramai dikunjungi para wisatawan ketika hari libur. Dan obyek wisata Danau SImatahari ini menjadi salah satu destinasi wisata keluara yang sangat menarik. Dan tidak jarang pada hari-hari tertentu cukup banyak event yang di gelar di areal danau.

Danau Pagaran Padang

Tepat wisata di Sumatera Utara ini memang tidak sebesar Danau Toba, tapi Danau Pagaran Padang ini termasuk danau terindah yang ada di Kota Pinang. Jaraknya yang cukup dekat dari pusat Kota Pinang yang hanya 3 km an menjadikan destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Dan tidak jarang para wisatawan menghabiskan waktunya di danau untuk memancing ikan tawar.

Pemandian Sungai Sarjuk

Wisata air yang cukup sering dikunjungi oleh wisatawan okal adalah Sungai Sarjuk. Sungai ini menadi salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang memiliki air yang cukup jernih. Lokasi wisata yang berada di Desa Pekan Tolan, Kecamatan Kampung Rakyat cukup ramai ketika hari libur sekolah. Tidak hanya anak kecil saja yang bermain air di sungai, bahkan orang dewasa juga menikmati segarnya air di Pemandian Sungai Sarjuk.

Sungai Marsonja

Tempat wisata Sungai Marsonja yang tidak begitu jauh dari Kota Pinang yang kisaran jaraknya 30 km menjadikannya cukup sering dikunjungi wisatawan. Tempat wisata di Sumatera Utara ini juga sering disebut oleh wisatawan lokal sebagai Pantai Marsonja. Akan tetapi bukan pasir putih yang ada di pinggir sungai, tetapi hamparan kerikil yang ada di pinggir sungai yang sangat mirip dengan pantai. Tidak hanya pesona sungainya saja yang cukup unik. Akan tetapi bebetuan yang tertara sangat rapi dan juga hutan karet yang berada di pinggir sungai menjadi pemandangan yang cukup menyejukkan.

Waterpark Pesona Cikampak

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang sangat ramai dikunjungi masyarakat Labusel adalah Waterpark Pesona Cikampak. Wahana air ini menjadi destinasi wisata favorit ketika hari minggu atau hari libur. Cukup banyak fasilitas bermain di Waterpark ini. Misalnya seperti Water Castle, Estatic Tower, Slide, dan lain-lain tersedia di tempat wisata yang terletak di Kecamatan Torgamba ini.

Bumi Perkemahan Widiya Dharma

Satu lagi obyek wisata di Kabupaten Labusel yang telah mendapatkan predikat sebagai obyek wisata fvorit di Labusel adalah Bumper Widiya Dharma. Cukup banyak fasilitas yang tersedia di Bumper Widiya Dharma ini, seperti outbond, camping ground, wahana permainan anak-anak dan lain-lain. Lokasinya yang berada di Desa Oengarungan, Kecamatan Torgamba ini cukp ramai ketika hari libur. Karena Bumper Widiya Dharma ini menjadi obyek wisata edukasi bagi anak-anak.

Bumi Perkemahan PT. Asam Jawa

Tempat wisata di Sumatera Utara ini jjuga tidak kalah menarik degan Bumi Perkemahan Widiya Dharma. Apalagi letakya yang ada di pusat Kota Pinang menjadikannya sebagai destinasi wisata yang sering dikunjungi wisatawan lokal. Ditunjang dengan wahana yang cukup lengkap, seperti flying fox, kolam buatan, outbond, dan lain-lain menjadikan Bumi Perkemahan PT Asam Jawa cukup banyak didatangi wisatawan lokal.

Taman Wisata Holiday Resort

Lokasi wisata yang berada di Aek Raso, kecamatan Torgamba ini menjadi tempat wisata edukasi setelah Bumper Widiya Dharma. Ketika hari libur tiba banyak anak-anak yang melihat aktifitas gajah yang ada di Taman Wisata Holiday Resort. Selain sebagai wisata edukasi seperti pelatihan gajah, tapi pesona alam perbukitan dan juga vegetasi hutan menjadikan Taman Wisata Holiday Resort ini cukup menyejukkan dan wajib untuk dikunjungi.

Vihara Avalokitesvara

Meskipun proses pembangunannya cukup mendapatkan pertentangan dari masyarakat sekitarnya, tapi akhirnya Vihara Avalokitesvara tetap berdiri. Dan ini sebagai salah satu bukti bahwa masyarakat Kota Pinang sangat menghargai perbedaan dan menjaga kerukunan umat beragama. Vihara Avalokitesvara ini menjadi tempat wisata di Sumatera Utara yang layak untuk dikunjungi karena arsitekturnya yang apik menjadi tempat selfie yang makin menarik.

Tempat Wisata di Labuhanbatu Utara

Tempat wisata di Sumatera Utara yang menarik selanjutnya berada di Labuhanbatu Utara. Salah satu Kabupaten yang tergolong masih baru dari hasil pemekaran Kabupaten Kabuhanbatu pada tahun 2008. Labura singkatan dari Labuhanbaru Utara menyimpan begitu banyak dstinasi wisata yang masih sangat alami. Dan berikut ini tempat-tempat wisata yang sangat menarik yang ada di Kabupaten Labura.

Air Terjun Londut

Nama air terjun yang diambil dari nama desa tempat air terjun berada, yakni Desa Londut, Kecamatan kualuh Hulu. Air terjun ini begitu alami dengan airnya yang cukup jernih dan juga kolam yang cukup besar yang dikelilingi bebatuan besar menambah daya tarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menghabiskan wakt liburan kamu untuk berendam atau berenang di bawah Air Terjun Londut dengan suguhan pemandangan sekitar yang masih asri dan sejuk.

Air Terjun Jeri

Tempat wisata di Sumatera ini juga sangat layak untuk dikunjungi. Meskipun air terjunnya tidak begitu besar tapi air yang jatuh dari atas benar-benar menyegarkan. Kamu bisa bersantai tepat di bawah air terjun atau hanya sekedar berendam di kolamnya yang tidak begitu dalam. Bebatuan yang di sekeliling kolam , dan pepohonan yang menjulang tinggi semakin menambah keasrian Air Terjun Jeri. LOkasi Air Terjun Jeri berada di perkampungan Berangir.

Air Terjun Tajopit

Salah satu air terjun yang masih sangat alami yang berada di Labura adalah Air Terjun Tajopit. Tajopi yang juga berarti terjepit ini menggambarkan posisi air terjun yang terjepit oleh bebatuan yang sangat besar di kedua sisi. Tempat wisata di Sumatera Utara ini semakin dikenal oleh masyarakat Labura karena posisi air tejrun yang unik dan juga pesona alam sekitarnya yang menarik untuk dikunjungi.

Air Terjun Bertingkat

Tempat wisata di Sumatera Utara ini hampir sama seperti air terjun yang memiliki beberapa tingkat yang ada di Provinsi Aceh. Air Terjun Bertingkat ini memang sangat memikat para wisatawan untuk menaiki tingkat air terjun yang paling atas. Bahkan kamu bisa merasakan segarnya guyuran air terjun ketika berada di tingkat kedua paling atas. Lokasi Air Terjun Bertinkat ini berada di Desa Hatapang, Kecamatan NA IX-X.

Air Terjun Goa

Destinasi wisata ini memiliki air terjun yang lebih tinggi jika dibandingkan beberapa air terjun lainny yang ada di Kabupaten Labuhanbatu Utara. Meskipun untuk menuju lokasi air terjun ini memang harus berjalan kaki cukup jauh. Tapi pesona keindahan alam Air Terjun dan juga alam sekitarnya bisa menghilangkan rasa lelahmu. Tempat wisata di Sumatera ini sekarang semakin banyak yang mengunjungi karena memang pesonanya yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Rindu Alam Aek Buru

Hampir sama seperti Kabupaten tertuanya Labuhanbatu, Labura juga memiliki Aek Buru yang memang sebagai sungai yang melewati beberapa Kabupaten. Rindu Wisata Alam Aek Buru di Labura ini akan menyajikan alam yang masih alami dengan beberatuan besar yang ada di pinggiran sungai. Ditambah degan pepohonan yang rindang, dan air sungai yang begitu jernih. Keasrian yang ada di RIndu Alam Aek Buru inilah yang menjadikannya sebagai tempat wista di Sumatera Utara yang mampu memikat para wisatawan untuk datang.

Pantai Monyet

Inilah pantai yang berada di tengah hutan, julukan sungai dengan keindahan yang benar-benar memukau. Pantai Monyet itulah warga di Desa Padang Mahondang menyebutnya. Keindahan sungai Pantai Monyet ini bisa menjadi tempat wisata di Sumatera Utara yang mampu menarik begitu wisatawan. Karena selain air sungainya yang begitu jernih dengan tingkat kedalaman yang sedang, bebatuan terjal yang berada di kedua sisi sungai menambah keindahan Pantai Monyet.

Kuala Hatapang

Sungai ini emiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan sungai lainnya yang ada di Labura. Keunikan pada bebatuan yang ada di kedua sisi sungai menjadi ornamen yang telah berproses ribuan tahun. Dan inilah yang menjadi daya tarik Kuala Hutapang, selain air sungainya yang sangat jernih dan keasrian hutan sekitarnya. Tempat wisata di Sumatera Utara ini masih satu aliran sungai dengan Pantai Monyet, jadi sempatkan kamu untuk mengunjungi dua sungai yang menakjubkan ini.

Turunan Sikkam

Bagi pecinta alam mungkin akan sangat terhibur ketika mengunjungi tempat wisata di Sumatera Utara yang satu ini. Karena untuk mencapai lokasi wisata Turunan Sikkan kamu harus melewati lembah dan juga perukbitan yang masih alami. Tapi rasa lelahmu akan terbayarkan ketika nyebur di kolam air yang dasarnya kolam sampai terlihat karena jernihnya air. Lokasi wisata Turunan Sikkam ini berada di Desa Poldung, yakni salah satu desa tertua yang berada di Labura.

Tebing Batu Napponol

Tempat wisata di Sumatera Utara ini letaknya memang harus melalui perjalanan yang sedikit agak menantang. Bagi kamu yang suka berpetualang maka destinasi wisata Tebing Batu Napponol akan sangat menarik sekali buat kamu. Kolam atau sungai yang berada di tengah tebing yang cukup tinggi ini menyimpan cukup banyak ikan besar air tawar.  Dan tak jarang para traveler selain menikmati eskotisme alam juga memancing di sepanjang kolam Tebing Batu Napponol. Untuk lokasinya sendiri berada di Desa Kuala Beringin, yang harus berkendara selama 3 jam an dari pusat Kota Labura.

Sungai Pirlok

Tempat wisata di Sumatera Utara yang berada di Desa Silumajang ini cukup menarik kamu kunjungi. Indahnya panorama sekitaran sungai degan bebatuan tinggi dan juga pepohonan rindang yang ada di pinggiran sungai menambah kesejukan Sungai Pirlok. Dan akan semakin asyik ketika kamu datang membawa ban apung, jadi kamu bisa menyusuri sungai.

Takkahan Lobu

Selfieable, itulah kata yang tempat untuk menggambarkan keindahan salah satu tempat wisata di Sumatera Utara ini. Takkahan Lobu adalah sebuah sungai dengan aliran sedang dan juga keindahan alam yang ada di kedua sisi sungai. Banyak wisatawan yang datang hanya ingin menikmati segarnya air sungai dengan berendam atau berenang. Lokasi Takkahan Lobu berada di Desa Meranti Omas yang masih masuk dalam Kecamatan NA IX-X.

Padang Halaban

Cukup banyak tempat selfieable yang ada di Labura, dan saah satunya adalah Padang Halaban. Keindahan pepohonan yang ada di kedua sisi rel kereta tua menjadi spot yang sangat indah untuk berfoto. Tak jarang banyak calon penganting yang mengambil photo di Padang Halaban.

Bukit Pamingke

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang cukup sering dikunjungi wisatawan adalah Bukit Pamingke. Di bukit ini kamu bisa melihat hamparan pepohonan yang hijau di bawahnya. Serta perbukitan yang menghiasi di sekitaran puncak. Bukit Pamingke ini juga dikenal sebagai Bukit Telekom karena adanya tiang komunikasi di bukit tersebut.

Pulo Bisky

Tempat wisata di Sumatera Utara yang sangat cocok untuk wisata keluarga adalah Pulo Bisky atau Pulo Wisky. Di obyek wisata ini anak-anak bisa bermain air sepuasnya di sungai, degan alirannya yang tidak terlalu deras dan cukup dangkal tidak akan membahayakan anak-anak. Keindahan perbukitan serta pepohonan besar yang ada di sepanjang sungai menghiasi sungai menjadi lebih menarik untuk dikunjungi.

Wisata Alam Salak Pondoh

Tidak hanya di Jogja saja yang memiliki agro wisata salak pondoh saja, tetapi Labura juga punya oebyek wisata alam salak pondoh. Lokasinya yang berada di Desa Babussalam yang masuk di dalam Kecamatan Merbau ini sangat ramai ketika musim panen tiba. Banyak wisatawan yang datang hanya ingin memanen salak pondoh secara langsung.

Hadabuan Hill

Bagi para traveler yang lebih suka melintasi alam, akan semakin terhibur ketika mengunjungi Hadabuan Hill. Lokasinya yang berada di Kecamatan NA IX-X cukup sering dikunjungi para wisatawan. Dan kebanyakan dari mereka sering nge-camp dan menunggu sunrise maupun sunset. Tempat wisata di Sumatera Utara ini memang nantinya akan menjadi wisata hutan layaknya Taman Nasional Gunung Leuser.

Aek Ronggas

Hamparan pepohonan nan hijau akan terjadi di tempat wisata Sumatera Utara ini, tepatnya di Desa Aek Ronggas, Labura. Dengan ketinggian bukit kamu bisa melihat pemandangan nan hijau di bawahnya. Serta udara sejuk khas pegunungan akan semakin menyegarkan kamu ketika berada di puncak perbukitan.

Puncak Manhalese

Tidak seperti perbukitan lainnya yang ada di Labura, Puncak Manhalese benar-benar menyajikan pemandangan yang berbeda. Puncak yang berkabut yang seperti awan membuat kita terasa berdiri di atas awan. Belum lagi pemandangan dibawah nan hijau dan juga ketika sunrise akan semakin membangkitkan semangat kamu. Tempat wisata di Sumatera Utara yang menarik ini berada di Desa Batu Tunggal.

Hajoran

Tempat wisata di Sumatera Utara yang satu ini berbeda dengan tempat wisata lainnya yang ada di Labura. Di obyek wisata Hajoran kamu bisa menikmati keindahan hutan nan lebat dengan pepohonan yang menjulang tinggi, sera udara yang menyjukkan hati. Mungkin kamu juga bisa nge-camp di Hajoran agar bisa menikmati suara indah fauna ketika pagi hari.

Tempat Wisata di Nias

Inilah salah satu pulau yang paling maju diantara pulau-pulau yang ada di sebelah barat Sumatera.  Pulau Nias yang mayoritas suku Nias atau Ono Niha ini dibagi menjadi 4 Kabupaten dan 1 Kotamadya. Yang paling terkenal tempat wisata di Pulau Nias ini adalah pantainya yang memiliki ombak luar biasa hingga para surfer dunia banyak berdatangan di Pulau Nias. Dan akhirnya menjadikan Pulau Nias menjadi salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang sudah dikenal oleh wisatawan asing. Dan berikut ini daftar tempat wisata yang ada di Pulau Nias.

Pantai Gawu Soyo

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang belum tentu di miliki oleh tempat-tempat wisata lainnya adalah Pantai Gawu Soyo. Pantai ini memiliki warna pasir yang berwarna merah yang benar-benar eksotik. Tetapi air lautnya tetap berwarna biru yang terlihat sangat jernih. Banyak wisatawan menikmati keindahan pantai ini dengan ditemani minuman segar kelapa muda yang banyak dijajakan di pinggir pantai. Lokasi Pantai Gawu Soyo ini berada di Desa Ombolata, Kecamatan Afulu, Nias Utara.

Pantai Tureloto

Meskipun Pantai Tureloto ini berhadangan langsung dengan Samudera Hindia, tapi tidak ada ombak yang besar di pantai ini. Hal ini dikarenakan area pantai yang menjorok ke tengah terdapat benteng karang yang cukup besar. Bahkan riaknya pun juga sangat tenang hingga dijuluki sebagai Laut Mati Indonesia. Kamu bisa menikmati biota laut yang ada di Pantai Tureloto dengan snorkeling atau free dive. Lokasi pantai yang berada di Desa Balefadorotuho, yang masuk di Kecamatan Lahewa, Bias Utara. Untuk jaraknya sendiri dari pusat Kota Gunung Sitoli hanya sekitar 80 km.

Danau Megoto

Tempat wisata di Sumatera Utara ini memiliki keunikan tersendiri yakni adanya perubahan warna air di Danau Megoto. Danau yang terletak di Desa Ononamolo, Kecamatan Alasa Nias Utara ini akhirnya mengundang banyak wisatawan. Akan tetapi tidak setiap hari airnya berubah di danau ini, hanya hari-hari tertentu saja.

Kara Sangadulo

Tempat wisata di Nias yang satu ini tergolong sangat ajaib. Kara Sangadulo yang memiliki arti “Batu Bertelur” ini cukup mengherankan banyak wisatawan. Karena ada batu besar yang dikatakan sebagai induknya ini selalu mengeluarkan tonjolan batu dan semakin hari tonjolan tersebut semakin besar. Dan di area wisata tersebut akhirnya ada batu-batu yang mengeluarkan tonjolan yang dimasukkan ke dalam kerangkeng besi. Hal ini untuk menghindari pencurian batu-batu tersebut. Tempat wisata di Sumatera Utara yang cukup membuat kagum ini berada di Kecamatan Alasa, Nias Utara.

Pulau Wunga

Tempat wisata di Sumatera Utara ini akan membuat kamu terkagum-kagum karena keindahan yang ada ada di Pulau Wunga. Pulau ini termasuk perbatasan dengan Negara India dan menjadikannya sebagai pulau terluar Indonesia. Keindahan pantai seperti pasir pustih, terumbu karang, dan juga kekayaan laut benar-benar tersimpan di pulau ini. Namun di pulau ini sangat minim akan fasilitas, dan tidak penginapan seperti hotel dan lain-lain. Lokasi Pulau Wangu berada di Kecamatan Afulu, Kabupaten Nias Utara. Jika kamu dari Kota Gunung Sitoli maka kamu membutuhkan waktu setidaknya 6 hingga 7 jam perjalanan.

Pantai Toyolawa

Pantai ini hampir mirip seperti dengan Pantai Gawu Soyo yang sama-sama memiliki pasir pantai yang berwarna merah. Akan tetapi keindahan jajaran pohon kelapa yang ada di pinggir Pantai Toyolawa menjadi sajian tersendiri. Pantai Toyolawa menjadi salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang cukup ramai dikunjungi. Hal ini dikarenakan akses ke pantai tersebut cukup mudah. Bahkan kamu bisa naik angkutan umum dari Gunung Sitoli ke arah Kecamatan Lahewa, letak Pantai Toyolawa berada.

Pantai Fofola

Tempat wisata di Sumatera Utara yang sedikit berbeda dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Pulau Nias. Pantai Fofola memiliki ombak yang cukup besar dan juga pasir putih yang bersih, serta panorama alam sekitar yang masih alami. Dan di lokasi Pantai Fofola yang berada di Desa Banuagea, Kecamatan Tuhemberua, Nias Utara terdapat penangkaran buaya kecil. Eksotisme yang dimiliki oleh Pantai Fofola adalah keindahan sunsetnya, inilah yang mengundang cukup banyak wisatawan untuk datang.

Pantai Sifahandro

Pantai yang ada di Desa Sifahandro, Kecamatan Sawo, Nias Utara ini sangat unik, bahkan kamu belum tentu menemukannya di pantai manapun. Keunikannya adalah ketika kamu mendatangi Pantai Sifahandro pada siang hari, dan menginjak kakai di pasir pantainya akan mengeluarkan suara seperti orang berbisik atau mendesis. Jadi pantai ini juga dijuluki sebagai Pantai Berdesis. Selain itu keindahan akan gugusan pantai yang sangat bagus serta pohon cemara yang berjajar di pinggir pantai, menjadikannya sebagai salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang favorit.

Pantai Nela

Hampir semua pantai yang berada di Pulau Nias selalu indah, dan salah satunya adalah Pantai Nela. Pantai ini cukup indah karena jajaran pohon kelapa yang cukup tinggi menghiasi pinggir pantai. Begitu juga bebatuan yang ada di pinggir pantai menjadi spot menarik untuk selfie. Jadi tidak heran jika Pantai Nelas menjadi tempat wisata di Sumatera Utara yang harus dikunjungi ketika kamu berada di Kabupaten Nias Utara, tepatnya Kecamatan Lahewa.

Pantai Asi Walo

Pantai Pasir Putih Bak Bengkuang itulah juluka tempat wisata di Sumatera Utara ini. Lokasi tepatnya berada di Teluk Bengkuang, Kecamatan Sawo Kabupaten Nias Utara. Tidak hanya pasir pantainya yang sangat putih bersih, tapi biota laut yang ada di dalam pantai ini cukup memikat hati para wisatawan. Selain menikmati keindahan pantai yang benar-benar istimewa, kamu juga bisa melihat Museum Terumbu Karang di area pantai yang diperlihatkan secara terbuka.

Pantai Lagundri

Sebagai warga Indonesia kita perlu berbangga, karena ombak di Pantai Lagundri ini masuk di dalam 10 besar ombak terbaik di dunia. Jadi tidak hanya Hawai saja yang punya ombak bagus, tapi Indonesia juga punya, tepatnya di Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan. Obyek wisata Pantai Lagundri ini bersebelahan dengan Pantai Sorake. Dan membuat kedua pantai ini sebagai tempat wisata di Sumatera Utara yang cukup sering dikunjungi wisatawan asing.

Pantai Sorake

Pantai yang berdekatan dengan Pantai Lagundri ini cukup banyak dikunjungi wisatawan asing terutama para surfer professional. Tepatnya ketika memasuki bulan April hingga Oktober, karena ombaknya yang sedang tinggi-tingginya. So kunjungi saja tepat wisata di Sumatera Utara ini ketika bulan-bulan tersebut dan biasanya digelar event skala internasional di kedua pantai tersebut.

Fahombo

Tempat wisata di Sumatera Utara yang sangat unik dan tidak akan kamu temui di mana pun adalah Fahombo atau Lompat Batu. Inilah olahraga tradisional yang dimiliki oleh  masyarakat Nias, tepatnya yang ada di Kecamatan Teluk Dalam, Nias Selatan. Tradisi Lompat Batu ini sudah ada sejak jaman megalitikum dan hingga kini masih dilakukan sebagai ritual pendewasaan bagi kamu laki-laki di Nias. Sementara untuk tingg batunya sendiri berkisar 2 meter dengan lebar 90 cm dan panjang 60 cm.

Pulau Tello

Seperti semua tempat wisata di Sumater Utara berada di dalam satu pulau ini saja. Ketika kamu berkunjung di Pula Tello yang berada di Kecamatan Batu, Nias Selatan ini ibarat seperti surga. Kamu bisa menemukan pasir putih yang lembut, serta ombak yang menantang, dan juga keragaman biota laut serta keindahan terumbu karang tersaji menjadi satu di Pulau Tello. Belum lagi dengan sambutan sunrise di pagi hari dan juga keindahan sunset sebelum malam tiba.

Goa Fetalasa

Tidak hanya keindahan pantai saja yang dimiliki oleh Pulau Tello. Tapi keindahan Goa Fetalasa yang berhadapan langsung dengan bibir pantai menjadikannya salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang eksotik. Untuk mencapai lokasi goa kamu harus berjalan kaki menyisiri pantai terlebih dahulu. Jadi tidak banyak wisatawan yang mengetahui posisi Goa Fetalasa ini.

Pantai Fetalasa

Cukup indah pastinya ketika kamu berada di mulut Goa Fetalasa dengan melihat hamparan pasir putih pantai Fetalasa. Itulah sajian istimewa yang dimiliki oleh Pulau Tello. Tidak hanya hamparan pasir putih dan birunya laut saja, tetapi pemadangan pantai dari Goa Fetalasa yang menjadikannya istimewa. Tempat wisata di Sumatera Utara ini, tepatnya di Kabupaten Nias Selatan memang semakin ramai dikunjungi para wisatawan domestik maupun asing. Karena keunikan antara Goa Fetalasa dan Pantai Fetalasa yang bisa menarik hati para wisatawan.

Pantai Balogawo

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang memiliki panorama pantai yang cukup indah adlaah Pantai Balogawo. Hamparan pasir putihnya dan berjajar pohon kelapa yang rapi menjadi sajian istimewa Pantai Balogawo. Belum lagi suguhan pulau-pulau kecil di seberang pantai menambah keindahan Pantai Balogawo.

Pantai Ladeha

Pantai ini memiliki keindahan tersendiri dibandingkan degan pantai lainnya yang ada di Nias Selatan. Tempat wisata di Sumatera Utara yang satu ini memiliki birunya air pantai dengan deburan ombak yang menghantam karang menjadi pemandangan yang cukup indah. Tak jarang bagi banyak wisatawan mangabadikan momen hidupnya dengan berphoto di atas batu karang dengan latar belakang ombak yang indah.

Desa Hilimondregereya

Jika kamu merasa bosan mengunjungi berbagai pantai di Nias Selatan, maka mampirlah di Desa Hilimondregereya. Di desa inilah kamu akan menemukan berbagai benda peninggalan megalitikum dan juga rumah-rumah adat yang masih bertahan hingga sekarang. Dan masih ada juga peninggalan benda bersejarah seperti kursi batu peninggalan raja yang masih terawat hingga saat ini. Desa Hilimondregereya menjadi salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang cukup banyak memiliki benda peninggalan jaman megalitikum.

Pulau Batu

Salah satu destinasi wisata yang harus kamu kunjungi ketika kamu bera di Pulau Nias, adalah Pulau Batu. Pantai ini sedikit berbeda dibanding dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Nias Selatan. Keindahan panorama pantai pasir putih dan bitunya ombak mungkin sudah biasa, tapi tumbupkan batu besar yang ada di pinggir pantai menjadikannya pemandangan yang semakin eksotis.

Pantai Sirombu

Tak lengkap rasanya ketika wisata di pantai tapi tak mencicipi sajian masakan khas hasil laut. Itulah Pantai Sirombu yang begitu ramai dikunjungi para wisatawan yang ingin berburu kuliner seafood yang masih segar dan nikmat. Pantai Sirombu yang juga berada di Desa Sirombu telah menjadi tempat wisata di Sumatera Utara favorit khususnya bagi masyarakat Nias Barat.

Pulau Asu

Bisa dibilang tempat wisata di Sumatera Utara ini cukup lengkap. Indahnya pasir putih, jernihanya air pantai bak Kristal yang mengkilap, biota laut yang lengkap, dan indahnya terumbu karang menjadi sajian utama Pulau Asu. Tidak hanya itu saja, pulau ini juga memiliki ombak yang cukup dahsyat, bahkan tinggi ombak bisa mencapai 4 meter dengan panjang ratusan meter jauhnya. Lokasi Pulau Asu yang berada di Kecamatan Kepulauan Hinako, Nias Barat menjadi salah satu obyek wisata favorit wisatawan mancanegara.

Pulau Langu

Tidak semua pulau memiliki keindahan seperti Pulau Langu. Tempat wisata di Sumatera Utara ini tidak hanya memberkan keindahan dasar laut atau pasir putih serta birunya air laut saja. Tapi eksotisme ketika senja atau waktu matahari tenggelam itulah sajian istimewa di Pulau Langu, Kabupaten Nias Barat. Cukup banyak wisatawan yang menunggu sunset di pinggir pantai Pulau Langu karena memang sangat indah.

Pulau Bogi

Meskipun Pulau Bogi adalah pulau dengan luas terkecil di Kepulauan Hinako, bukan berarti tidak layak untuk dikunjungi. Justru di Pulau Bogi ini memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan, cukup banyak biota laut yang ada di areal Pulau Bogi. Dan mayoritas wisatawan yang mengunjungi Pulau Bogi melakukan snorkeling atau diving. Dan di hari-hari biasa Pulau Bogi menjadi spot terbaik untuk memancing.

Pulau Bawa

Mungkin dari semua tempat wisata di Sumatera Utara khusunya yang ada di Pulau Nias, tidak ada tempat wisata perkebunan. Tapi di Pulau Bawa memiliki areal perkebunan yang cukup menarik untuk dikunjungi jika bosan dengan keindahan pantai. Pulau Bawa yang masih berada di Kepulauan Hinako ini mash menyimpan tempat wisata menarik yang belum diekplorasi lebih lanjut.

Pulau Hinako

Salah satu pulau yang cukup terkenal dengan ombaknya bagi para surfer dan juga ikannya bagi para pemancing. Di Pulau Hinako ini kamu berpeluang mendapatkan ikan besar ketika berada di tengah atau di areal terumbu karang. Karena di situlah banyak dihuni ikan-ikan besar. Untuk mengunjungi Pulau Hinako kamu harus berkendara dan juga naik kapala kurang lebih selama 8 jam.

Pulau Herunga

Bersebelahan dengan Pulau Hinako, tempat wisata di Sumatera Utara ini emang surganya para peselancar dan juga para pemancing. Pulau Herunga yang masih berada di dalam Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat ini cukup ramai dikunjungi para wisatawan. Selain ombaknya yang menantang dan juga spot memancing terbaik, juga memiliki keindahan dasar laut yang eksotis.

Pulau Imana

Masih berada di dalam satu Kepulauan Hinako, tempat wisata di Sumatera Utara ini juga memiliki daya tarik tersendiri. Berjajarnya pohon kelapa di pinggir pantai yang menjorok ke arah pantai menjadi pemandangan yang sangat alami di Pulau Imana. Belum lagi keindahan alam bawah laut dan juga jernihnya air lautnya menjadikan Pulau Imana salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang wajib kamu kunjungi.

Pulau Hamatula

Salah satu pulau yang tidak berpenghuni yang ada di dalam Kepulauan Hinako. Keindahan alamnya sudah pasti masih sangat asri karena memang jarang dijamah oleh para wisatawan. Bahkan kamu bisa nge-camp di areal pulau dengan cara menyewa kapal nelayan untuk mengunjungi Pulau Hamatula. Tempat wisata di Sumatera Utara ini memang sangat cocok bagi mereka yang memiliki jiwa berpetualang.

Tempat Wisata di Mandailing Natal

Kabupaten Mandailing Natal yang berpusat kota di Panyabungan ini menyimpan pesona alam yang mampu memikat para wisatawan. Kabupaten yang kebanyakan di dominasi oleh etnis Mandailing ini masih memegang erat adat dan budaya nenek moyang. Jadi akan menjadi suguhan yang istimewa ketika kamu mendatangi Kabupaten Mandailing Natal. Dan salah satunya adalah tempat-tempat wisata eksotis yang ada di dalam Kabupaten Mandailing Natal.

Pantai Batu Rusa

Pantai barat Mandailing ini memiliki view yang benar-benar memukau para wisatawan domestik maupun lokal. Tempat wisata di Sumatera Utara ini memiliki gugusan perbukitan yang tidak cukup tinggi tapi menambah keindahan pantai. Banyak wisatawan yang mengunjungi ketika senja, karena semburat sinar matahari yang akan tenggelam menjadi pesona yang benar-benar indah.

Pantai Galon

Wisata pantai yang berada di Kecamatan Natal ini cukup ramai dikunjungi para wisatawan terutam ketika hari libur. Pantai Galon menjadi salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang menyuguhkan pesona indahnya sunset. Jadi memang lebih baik kamu mengunjungi Pantai Galon ketika sore hari, kamu akan disuguhi keindahan sunset.

Pantai Natal

Tempat wisata di Sumatera Utara ini menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan lokal. Pantai yang tepat berada di Kecamatan Natal ini memiliki pemandangan yang cukup indah ketika senja, yakni pesona sunset khas Pnatai Natal. Dengan panjangnya bibir pantai menjadikannya sebagai arena bermain para wisata, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Pantai Sikara-Kara

Pantai yang memiliki pasir putih dan juga air laut yang jernih ini menjadi wahana air yang menyenangkan bagi para wisatawan. Jarak Pantai SIkara-Kara yang tergolong cukup dengan dari Kecamatan Natal menjadikannya sebagai tempat wisata di Sumatera Utara yang ramai dikunjungi wisatawan. Tidak hanya pesona Pantai Natalnya sendiri yang indah, tapi Pulau Unggeh yang dekat dengan Pantai Natal cukup memikat hati para wisatawan.

Pulau Unggeh

Pulau ini dihuni cukup banyak burung itulah sebabnya pulau tersebut dinamakan Pulau Unggeh atau Pulau Unggas. Ketika kamu berada di pulau ini bisa melihat indahnya burung pantai yang begitu banyak di pulau tersebut. Dan di area pantai Pulau Unggeh kamu juga bisa melihat indahnya panorama bawah laut dengan terumbu karang yang eksotik. Pulau Unggeh yang berada di Kecamatan Natal, menjadi tempat wisata di Sumatera Utara yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Pulau Tamang

Tempat wisata di Sumatera Utara ini ibarat surga yang tersembunyi, mungkin itulah julukan yang tepat untuk Pulau Tamang. Keindahan pulau ini memang cukup menakjubkan, indahnya gugusan pantai di sekeliling pulau dan juga birunya air laut menjadi keistemawan tersendiri Pulau Tamang. Kamu bisa menghabiskan waktu bermain di pantai atau mencoba memancing ikan laut yang cukup banyak di bawah karang. Pulau Tamang berada di Kecamatan Batahan, Kabupaten Mandailing Natal.

Air Terjun Hutanagodang

Air terjun ini menjadi salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang cukup menarik. Meskipun masih belum banyak wisatawan yang datang, tapi Air Terjun Hutanagodang tetap ada yang mengunjungi terutama ketika hari libur. Air terjun ini masih terlihat sangat alami, dengan airnya yang cukup jernih dan kolamnya di bawahnya yang tetap bisa buat berendam maupun berenang. Lokasi air terjun yang berada di Desa Hutanagodang, Kecamatan Katonopan.

Air Terjun Sigala-Gala

Tempat wisata di Sumatera Utara yang satu ini masih terbilang masih sangat alami dan begitu belum banyak wisatawan yang tahu. Air Terjun Sigala-Gala memiliki pesona alam yang begitu indah ini berada di Desa Sigala-Gala, Kecamatan Panyabungan Selatan. Dengan air terjun yang cukup tinggi dan dikelilingi peopohonan sekitarnya semakin terlihat menawan. Airnya yang cukup jernih yang jatuh di kolam bawahnya memberikan kedahagaan para wisatawan untuk merasakan kesejukan mandi air sungai yang bersih.

Danau Marambe

Meskipun tidak seluas Danau Toba, tapi Danau Marambe ini menjadi salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang lumayan ramai ketika hari libur. Cukup banyak aktifitas para wisatawan ketika berada di Danau Marambe. Misalnya seperti memancing atau hanya sekedar menikmati keindahan alam perbukitan yang ada di sekeliling danau. Lokasi Danau Marambe berada di Desa Sirambas, Kecamatan Panyabungan Barat.

Danau Siombun

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang cukup menarik bagi para pemancing adalah Danau Siombun. Danau yang berada di Dalan Lindang Panyabungan Kota ini cukup banyak ikannya. Jadi tidak heran jika dijadikan sebagai spot pemancing yang sangat menarik.

Pemandian Air Panas Sibanggor Tonga

Inilah salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang masih kental degan pemandangan esa yang masih hijau. Selain kamu bisa menikmati pemandian Air Panas Sibanggor tonga, kamu juga bisa melihat pemandangan alam khas desa. Jajaran perbukitan nan hijau, begitu juga dengan areal persawahan yang terlihat menyejukkan mata. Lokasi pemandian ini berada di Desa Sibanggor Tonga, Kecamatan Puncak Sorik Marapi.

Pemandian Air Panas Purba Julu

Tempat wisata di Sumatera Utara ini terlihat begitu sederhana jika dibandingkan dengan pemandian air panas lainnya. Meskipun sederhana tetapi banyak sekali wisatawan yang mengatakan bahwa Pemandian Air Panas Purba Julu lebih enak karena tidak bau belerang. Lokasi pemandian air panas yang berada di Desa Pura Julu, Kecamatan Puncak Sorik Merapi ini cukup ramai ketika hari libur.

Pemandian Air Panas Siabu

Salah satu obyek wisata pemandia air panas yang cukup ramai dikunjungi wisatawan di Mandaling Natal adalah Pemandian Air Panas Siabu. Tempat wisata di Sumatera Utara ini memang cukup dekat dari Kantor Kecamatan Siabu, jadi aksesnya pun juga sangat mudah. Salah satu kelebihan dari pemandian air hangat ini adalah airnya tidak berbau belerang.

Panorama Alam Sopotinjak

Tempat wisata di Sumatera Utara ini menyuguhkan keindahan alam perbukitan yang berada di Kecamatan Batan Natal. Ketika wisatawan berada diperbukitan akan menikmati udara bersih dan sejuk khas pegunungan. Dengan panaroma alam dibawah perbukitan dan perkotaan juga tersaji di Panorama Alam Sopotinjak. Para wisatawan pun juga bisa nge-camp di camping ground yag tersedia di areal perbukitan.

Gunung Sorik Marapi

Salah satu Gunung Tertinggi yang ada di Sumatera Utara ini memiliki panorama yang cukup indah. ketika kamu mendaki hingga puncak maka akan disuguhi danau yang menjadikannya danau tertinggi di Sumatera Utara. Mungkin kamu harus dalam kondisi yang cukup prima ketika mau mendaki Gunung Sorik Marapi yang masih berada di wilayah Taman Nasional Batang Gadis.

Lubuk Larangan

Tempat wisata di Sumatera Utara yang cukup ini adalah Lubuk Larangan. Yakni suatau daerah aliran sungai yang masih memegang erat budaya setempat. Dan salah satu budaya luhurnya memelihara lingkungan alam sekitar aliran sungai. Dan ada hukum adat yang tidak diperbolehkan menangkap ikan di aliran sungai, hanya pada bulan-bulan tertentu saja diperbolehkan menangkap ikan di sungai tersebut. Biasanya ketika bulan Ramadhan wara baru diperbolehkan menangkap ikan yang ada di sungai.

Goa Boralla

Goa ini memiliki sejarah panjang, dulunya dipergunakan sebagai tempat persembunyian para pejuang Tanah Air. Beberapa pejuang seperti Tan Malaka, Adam Malik, H Sujak pernah menghuni Goa Boralla dalam menyusun strategi peperangan. Tempat wisata di Sumatera Utara ini menjadi destinasi wisata sejarah hingga sekarang. Lokasi Goa Boralla berada di Desa Hutapungkut Julu, Kecamatan Kotanopan, Madina.

Paya Bulan

Jika kamu suka akan pemandangan alam desa yang masih sangat alami, kamu harus berkunjung di Paya Bulan. Lokasi tempat wisata di Sumatera Utara ini berada di Desa Magalombang, Kecamatan Lembah Sorik Marapi. Kamu akan disuguhi pemandangan khas pedesaan, dengan hamparan rerumputan nan hijau, dan danau kecil di tengahnya dan juga perbukitan yang menawan.

Taman Nasional Batang Gadis

Nama taman nasional ini diambil dari nama sungai yang berada di area hutan yang bernama Sungai Batang Gadis. Keanekaragaman flora dan fauna berada di Taman Nasional Batang Gadis ini. Kamu juga bisa menikmati keindahan alam yang masih alami, seperti hutan dan danau kecil yang tersaji di dalamnya. Tempat wisata di Sumatera Utara ini cukup banyak dihuni hewan-hewan yang bisa dibilang hampir punah.

Candi Simangambat

Tidak hanya di Jogja saja yang memiliki peninggalan sejarah seperti candi. Tapi di Kabupaten Mandailing Natal juga ada bangunan candi. Yang membedakan adalah Candi Simangambat ini ada unsur bata dalam bangunan candi. Tempat wisata di Sumatera Utara ini tepatnya berada di Desa Simangambat, Kecamatan Siabu.

Tapian Siri-Siri Syariah

Satu lagi tempat wisata di Sumatera Utara yang masih tergolong baru adalah Tapian Siri-Siri Syariah. Lokasinya yang berada di tepian Sungai Batang Gadis menjadi wahana air bagi anak-anak dan juga orang dewasa. Tapian Siri-Siri Syariah memang sangat cocok untuk wisata keluarga ketika hari libur telah tiba. Lokasi Tapian Siri-Siri Syariah ini berada bawah bukit  Lapa Loting, Panyabungan, Mandailing Natal.

Sungai Stop Angel

Nama sungai yang cukup unik ini berada di Kecamatan Kotanopan. Aliran sungainya yang tidak begitu deras mungkin sangat cocok untuk rafting menggunakan ban. Atau kamu juga bisa juga mandi atau berenang, sembari melihat pemandangan alam perbukitan yang nampak hijau. Tempat wisata di Sumatera Utara ini mungkin sangat cocok kamu kunjungi untuk menghabiskan hari libur kamu.

Tempat Wisata di Padang Lawas

Potensi wisata yang ada di dua Kabupaten Padang Lawas dan Padan Lawas Utara bisa dibilang cukup menjanjikan. Meskipun tidak ada wisata bahari di kedua Kabupaten tersebut akan tetapi wisata alamnya juga tidak akan kalah dengan Kabupaten lainnya yang ada di Sumatera Utara. Dan berikut ini ada beberapa tempat wisata di Sumatera Utara, tepatnya di Kabupaten Padang Lawas dan Kabupaten Padang Lawas Utara.

Pemandian Aek Siraisan

Pemandian yang ada di Sungai Siraisan ini menjadi tempat wisata di Sumatera Utara yang cukup ramai dikunjungi. Lokasinya yang berada di Desa Siraisan, Kecamatan Ulu Barumun ini menyajikan pesona alam sungai yang cukup indah. Segarnya air sungai menjadi tujuan utama pengunjung untuk bermain air di sekitaran sungai.

Pemandian Aek Milas

Tempat wisata di Sumatera Utara ini menyajikan pemandian air panas dan pesona alam perbukitan di sekelilingnya. Letaknya yang berada di Desa Paringgonan dekat dengan lokasi wisata Pemandian Aek Siraisan menjadikan pemandian ini juga ramai dikunjungi para wisatawan. Apalagi ketika hari libur, Pemandian Aek Milas semakin ramai karena mungkin masih tergolong sebagai obyek wisata terbaru di Kabupaten Padang Lawas.

Danau Tao

Salah satu danau kebanggaan masyarakat Kabupaten Padang Lawas Utara ini memang layak untuk dikunjungi. Gugusan perbukitan yang mengelilini Danau Tao menjadi pemandangan indah ketika pagi hari atau sore hari. Danau Tao menjadi salah satu tempat wisata di Sumatera Utara terutama bagi para pemanci atau para pecinta alam. Karena cukup banyak jenis ikan yang ada di Danau Tao. Lokasi Danau Tao berada di Desa Batang Onang, Kecamatan Pasar Mantangor, Palas Utara.

Danau Gayambang

Meskipun lebih kecil jika dibandingkan dengan Danau Toba, tapi keindahan alam sekitar Danau Gayambang juga tidak kalah indahnya. Perbukitan yang mengelilingi danau seakan menambah keasrian alam perbukitan. Danau Gayambang menjadi tempat wisata di Sumatera Utara yang harus kamu datangi. Karena kamu bisa mengelilingi danau dengan menggunakan perahu milik masyarakat lokal. Lokasi Danau Gayambang berada di Desa Ujung Batu, Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas.

Goa Tuk-Tuk

Jika kamu suka berpetulang maka sempatkan diri kamu untuk mengunjungi Goa Tutuk yang berada di Desa Simaninggir, Kabupaten Paluta. Perjalan ke lokasi goa memang tidak begitu dekat, kamu akan disuguhi pemandangan alam hutan yang masih sangat asri. Goa Tuk-Tuk memiliki mulut goa yang cukup besar, jadi kamu bisa dengan mudah masuk ke dalam goa. Dalamnya goa sendiri cukup kering dengan cukup banyak lorong ruang yang ada di dalam goa.

Candi Sipamutung

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang wajib kamu kunjungi adalah Candi Sipamutung. Lokasi candi yang berada di Desa Siparau, Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Palas. Candi yang dibangun pada abad ke XI ini masih berdiri kokoh dengan pagar yang cukup luas mengelilingi candi utama. Meskipun bangunan candi mayoritas menggunakan batu bata agak berbeda jika dibanding degan candi yang berada di Jawa, yang kebanyakan memakai batu.

Candi Tandihat

Tempat wisata di Sumatera Utara ini masih dalam satu Kecamatan dengan Candi Sipamutung. Candi Tandihat ini masih berdiri kokoh dan masuk di wilayah Desa Tandihat. Untuk Candi Tandihat III berada di Desa Gunung Manaon. Lingkungan candi di kelilingi oleh hampran rerumputa nan hijau, semakin menambah eksotisme Candi Tandihat ketika sore hari.

Tempat Wisata Pakpak Bharat

Letak Kabupaten Pakpak Bharat yang berada di bawah kaki pegunungan Bukit Barisan sudah bisa dipastikan menyimpan wisata alam yang menakjubkan. Ada beberapa destinasi wisata di Pakpak Bharat yang menjadikannya sebagai tempat wisata di Sumatera Utara yang wajib untuk dikunjungi. Dan salah satunya adalah keindahan panorama alamnya, seperti air terjun yang keindahannya tidak kalah degan Kabupaten lainnya di Sumatera Utara.

Air Terjun Simbilulu

Inilah salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang menjadi favorit masyarakat Pakpak Bharat. Air Terjun Simbilulu ini menciptakan sebuah kedamaian di tengah-tengah hutan. Panorama alam sekitarnya yang masih hijau ditambah segarnya udara semakin menambah keasrian Air Terjun Simbilulu. Obyek wisata Air Terjun Simbilulu ini dikelola dengan sangat baik. Adanya tangga untuk turun ke kolam air terjun, semakin memudahkan para wisatawan untuk mencicipi segarnya Air Terjun Simbilulu. Lokasi wisata Air Terjun Simbilulu ini berada di Desa Prongil Julu, Kecamatan Tinada.

Air Terjun Lae Une

Ketika kamu sampai di lokasi Air Terjun Lae Une hanya udara segara dan pemandangan air terjun yang menakjubkan. Itulah pesona alam nan indah dari Air Terjun Lau Une yang menjadikannya sebagai salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang wajib dikunjungi. Dengan panorama yang memukau dan kolam air di bawahnya yang jernih sangat mengundang nafsu para wisatawan untuk berendam. Lokasi Air Terjun Lae Une berada di Desa Kecupak I, Kecamatan Pergetteng-getteng Sengkut.

Air Terjun Lae Singgabit

Posisi air terjunnya lebih tinggi jika dibandingkan degan Air Terjun Lae Une dan Air Terjun Simbilulu. Air terjun Lae SInggabit cukup unik, ada beberapa air terjun kecil di bawahnya dan hanya satu air terjun yang cukup besar. Inilah keunikan tempat wisata di Sumatera Utara yang letaknya berada di Desa Mahala, Kecamatan Tinada. Pesona alam sekitarnya pun juga tak kalah keren, dengan bebatuan yang menjulang tinggi serta pepohonan yang mampu meneduhkan kolam di bawahnya.

Delleng Simpon

Delleng Simpon yang berarti Gunung Simpon ini hanya memiliki ketinggia sekitar 1200 mdpl dan berada di perbatasan dengan Kabupaten Humbahas. Sementara jaraknya sendiri hanya sekitar  20 km dari pusat Kota Salak. Yang akhirnya menjadi salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang sering dikunjungi masyarakat lokal Pak-pak Bharat. Akan tetapi ada sedikit ritual sebelum mendaki Gunung Simpon, yakni harus membasuh muka dengan air dari mata air Lae Eluh Berru.

Mata Air Eluh Berru Tinambunen

Ada mitlogi yang berkembang di masyarakat setempat, bahwa sebelum mendaki Delleng Simpon harus membasuh muka dengan air Eluh Berru Tinambunen. Mata air ini tidak pernah kering meskipun dalam musim kemarau. Tempat wisata di Sumatera Utara ini menjadi spot yag sering dikunjungi oleh wisatawan yang akan mendaki Delleng Simpon.

Uruk Sindeka

Inilah sebuah bukit yang dibawahnya berdiri kantor pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat. Ketika kamu menaiki perbukitan Uruk Sindeka maka akan disuguhi perkantoran pemerintah yang tepat berada di bawah bukit dan juga keindahan nan gijau bukit barisan. Tempat wisata di Sumatera Utara ini menjadi salah satu tempat wisata yang cukup sering dikunjungi mulai pagi hari dan menjelang matahari terbenam.

Situs Megalitik Mejan

Di Beberapa desa yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat memiliki situs megalitik. Dan hampir semua patung megalitik ini mengandung mistik berdasarkan ungkapan masyarakat lokal. Situs megalitik tersebut menjadi salah satu bukti bahwa dulu di sebagian desa di Pakpak Bharat memiliki peradaban masing-masing. Situs megalitik mejan ini menjadi tempat wisata di Sumatera Utara terutama wisata sejarah yang hingga kini masih tersisa.

Liang Tojok

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang masih belum terekspos adalah Liang Tojok. Liang Tojok yang berarti Goa Tojok ini berada di Desa Jambu, Kecamatan Siempat Rube. Tidak hanya goa saja, ketika kamu berada di lokasi wisata, tapi kamu juga bisa melihat keindahan air terjun di areal goa. Meskipun untuk akses menuju Goa Tojok masih belum dibangun, tapi banyak traveler yang berpetualang di goa ini.

Liang Karing

Masih belum banyak traveler yang mengujungi Liang Karing yang berada di Kecamatan Kerajaan. Lokasnya hanya sekitar 800 meter dari jalan raya, cuman untuk aksesnya para traveler harus berjalan kaki. Jika kamu memiliki jiwa petualang, maka Liang Karing menjadi tempat wisata di Sumatera Utara yang harus kamu kunjungi.

Tempat Wisata di Serdang Bedagai

Kabupaten yang tergolong masih baru dan hasil pemekaran dari Kabupaten Deli Serdang ini juga menyimpan destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Serdang Bedagai dengan pusat Kota yang berada di Sei Rampah ini menjadi salah satu tujuan tempat wisata di Sumatera Utara yang menarik bagi wisatawan domestik maupun manca. Ada beberapa pantai yang cukup eksotis dan juga air terjun dan wisata alam lainnya yang memiliki pesona alan yang cukup indah.

Pantai Budi

Pantai yang terletak di Desa Bogak Besar, Kecamatan Teluk Mengkudu ini sekarang banyak tanaman mangrove. Selain keindahan pantai yang di tawarkan, wisatawan pun juga bisa melihat keindahan hutan mangrove yang berada di bibir pantai. Bahkan tempat wisata di Sumatera Utara ini bisa menjadi spot pemancingan karena cukup banyak ikan yang berada di hutan mangrove.

Pantai Cermin

Inilah salah satu pantai kebanggaan masyarakat Serdang Bedagai yang cukup ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun manca. Pantai Cermin ini memiliki wahana air yang berada tepat di pinggir pantai,yang menjadikannya pantai ini sebagai tempat liburan yang mengasyikkan. Tempat wisata di Sumatera Utara ini memiliki cukup banyak fasilitas di areal pantai. Misalnya seperti wahana bermain air, dan juga resort yang banyak berjejer di pinggir pantai. Lokasi Pantai Cermin berada di Desa Pantai Cermin Kanan, Kecamatan Pantai Cermin .

Pantai Citra Wangi

Tempat wisata di Sumatera Utara ini cukup berbeda degan pantai lainnya yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai. Pasir putih bersihnya membuat para wisatawan semakin betah bermain di pantai. Dan sepanjang bibir pantai ada banyak pepohonan yang cukup rindang yang membuat suasana pantai semakin teduh. Pantai Citra Wangi ini bisa dibilang cukup dekat dari Kota Medan yang hanya berjarak sekitar 48 km an.

Pantai Klang

Jika kamu ingin ke tempat wisata di Sumatera Utara yang masih alami, maka datanglah di Pantai Klang. Lokasi pantai yang berada di Desa Naga Lawan, Kecamatan Perbaungan ini akan memuaskan dahagamu akan pantai yang masih alami. Pasir putihnya yang menghiasi bibir pantai dan juga jernihnya air laut semakin menyilaukan mata wisatawan yang datang.

Pantai Kuala Lama

Pantai ini juga masih berada di dalam Kecamatan Pantai Cermin yang menyajikan keindahan pantai dan juga wisata kuliner. Cukup banyak fasilitas yang tersedia di tempat wisata Sumatera Utara, tepatnya di Kabupaten Serdang Bedagai ini. Misalnya seperti adanya panggung yang terbuka yang ada di pinggir pantai, sera café-café yang menjajakan beraneka macam masakan seafood.

Pantai Bali Lestari

Dahulunya pantai ini bernama Pantai Lestari dan semakin banyak perubahan di sekitar pantai dengan suasa khas Bali. Akhirnya menjadilah nama Pantai Bali Lestari, karena ada semacam gapura atau sentuhan budaya Bali. Berbagai hiasan seperti payung yang ada di pepohonan pinggir pantai semakin menambah cantik Pantai Bali Lestasi. Tempat wisata di Sumatera Utara ini menjadi salah satu pantai favorit para wisatan domestik dan juga wisatawan asing.

Pantai Matik Matik

Jika kamu menginginkan keheningan atau sebuah ketenangan mungkin kamu bisa mengunjungi tempat wisata di Sumatera Utara yang satu ini. Iya Pantai Matik Matik memang sangat cocok untuk traveler yang menginginkan kesendirian. Pantai yang dulunya memiliki pesona menawan kini sedikit tidak terurus, dan efek dari abrasi menimbulkan banyak pohon yang tumbung di pinggir pantai. Lokasi Pantai Matik Matik berada di Desa Pematang Gunung, Kecamatan Pantai Cermin.

Pantai Merdeka

Salah satu keindahan yang dimiliki oleh Pantai Merdeka adalah putihnya pasir dan juga rindangnya pepohonan yang ada di pinggir pantai. Tapi kini mengalami kerusakan yang disebabkan abrasi, dan hampir sama seperti Pantai Matik Matik. Tempat wisata di Sumatera Utara ini memang sedkit lebih sepi, tapi tetap cocok bagi traveler yang ingin menikmati semilir angin pantai dan destinasi wisata yang tidak terlalu ramai. Lokasi Pantai Merdeka berada di Desa Bagan Kula, Kecamatan Tanjung Beringin.

Pantai Mutiara

Pasir putih bersih, pohon kelapa yang berjajar rapi, kuliner seafood, itulah semuanya tersaji di Pantai Mutiara. Tempat wisata di Sumatera Utara ini menjadi salah satu pantai favorit masyarakat Serdang Bedagai. Karena keindahan panorama pantai dan juga sajian kuliner seafood benar-benar mampu memikat hati wisatawan untuk datang. Lokasi Pantai Mutiara ini berada di Desa Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin.

Pantai Nipah Indah

Lokasi pantai yang berdekatan dengan lokasi wisata hutan mangrove menjadikan pantai ini cukup ramai dikunjungi wisatawan. Kamu tidak hanya sekedar menikmati pasir putih Pantai Nipah Indah saja, tapi juga bisa menikmati indahnya hutan mangrove. Tempat wisata di Sumatera Utara ini sering dikunjungi para wisatawan domestik maupun asing ketika hari libur tiba. Lokasi Pantai Nipah Indah berada di Desa Nagalawan, Kecamatan Perbaungan.

Pantai Pematang Matik

Berbeda degan pantai lainnya yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai. Untuk menuju lokasi Pantai Pematang Matik ini kamu harus melewati areal persawahan. Suasana asri benar-benar kamu rasakan ketika menuju Pantai Pematang Matik. Tempat wisata di Sumatera Utara ini memang cukup unik, jadi kamu tidak akan boring degan suguhan alamnya di pantai ini.

Pantai Pondok Permai

Salah satu wisata andalan Kabupaten Serdang Bedagai adalah Pantai Pondok Permai. Pantai ini begitu tertata sangat rapi, dengan adanya café di atas bibir pantai menambah eksotisme Pantai Pondok Permai. Jika kamu terasa kepanasan di pantai kamu bisa berteduh di bawah pohon tepat berada di pinggir pantai. Tempat wisata di Sumatera Utara ini semakin lengkap dengan berbagai fasilitas seperti pemandian air panas, banana boat, dan kolam renang anak-anak.

Pantai Sentang

Pantai ini juga bisa dikatakan sebagai pantai para nelayan. Kebanyakan penduduk lokal mencari ikan di laut di mulai dari Pantai Sentang. Ketika kamu berkunjung di Pantai Sentang kamu bisa membeli ikan segar hasil nelayan dengan hara yang murah. Tempat wisata di Sumatera Utara ini tetap memiliki pasir putih yang sangat indah, dan cukup banyak wisatawan yang datang selain membeli ikan juga menikmati pesona Pantai Sentang yang berada di Desa Sentang, Kecamatan Teluk Mengkudu.

Pantai Sialang Buah

Tidak hanya keindahan pantai dengan pasir putih saja ketika kamu mengunjungi Pantai Sialang Buah. Bahkan kamu juga bisa berbelanja ikan segar di pantai ini, dan sudah pasti harganya juga terbilang cukup murah. Bahan di tempat wisata di Sumatera Utara ini jua tersedia perahu motor yang siap memanjakan liburan kamu dengan mengelilingi Pantai Sialang Buah.

Pantai Sri Mersing

Tempat wisata di Sumatera Utara yang satu ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Dengan luasnya hamparan pasir yang ada di bibir pantai, tak jarang banyak wisatawan yang main sepakbola di pinggir pantai. Bahkan seperti ATV pun juga tersedia di Pantai Sri Mersing. Lokasi Pantai Sri Mersing yang berada di Desa Kuala Lama ini benar-benar cocok sebagai destinasi wisata keluarga.

Pantai Gudang Garam

Pantai yang dulu pernah menjadi primadona di Kabupaten Serdang Bedagai kini masih bertahan engan dilengkapinya segala fasilitas di dalamnya. Nama pantai itu sendiri diambil dari aktifitas para warga yang mengambil air laut untuk membuat garam. Tapi aktifitas itu sekarang sudah berkurang dan fungsi ppantai sekarang menjadi tempat wisata di Sumatera Utara yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Pantai Romantis

Sesuai degan nama pantainya sendiri, di lokasi pantai cukup banyak rumah kelambu yang kebanyakan berwarna pink. Tempat wisata di Sumatera Utara ini memang snagat unik dan memang ditujukan bagi para pasangan yang menginginkan suasana romantis. Selfiable yang pasti, dan tak jarang lokasi pantai ini digunakan sebagai pengambilan photo pre-wedding. Pantai Romantis ini berada di Desa Sei Nagalawan yang hanya memakan waktu sekitar 2 jam an jika kamu berangkat dari Kota Medan.

Pantai  Mangrove Kampung Nipah

Tempat wisata di Sumatera Utara ini memang menjadi banyak perbincangan para traveler. Ya, Pantai Mangrove Kampung Nipah ini pesonanya begitu memukai para wisatawan yang datang. Letaknya yang berdekatan dengan Pantai Nipah Indah ini semakin ramai dikunjungi para wisatawan yang ingin menikmati eksotisme hutan mangrove. Lokais Pantai Mangrove Kampung Nipah ini berada di Desa Maimbai, Kecamatan Sei Nagalawan.

Pemandian Alam Ancol

Tempat wisata di Smatera Utara ini memiliki pesona alam yang benar-benar makjubkan. Daya pikat Pemandian Alam Ancol benar-benar membuat terpukau para wisatawan. Pemandian yang berada di Sungai Hulistik ini memiliki arus yang sedang jadi tergolong sangat aman jika buat arung jeram atau bisa juga degan menggunakan ban mengikuti arus sungai. Lokasi Pemandian Alam Ancol ini tidak jauh dari pusat Kota Sei Rampah, yang hanya berjarak 40 km saja.

Pemandian Alam Batu Nongol

Fasilitas yang adadi Pemandian Alam Batu Nongol ini cukup memadai. Di area pemandian dibangun tempat-tempat bersantai untuk wisatawan menikmati keindahan alam sungai. Tapi jika kamu mengunjungi Pemandian Alam Batu Nongol ini juga bisa melakukan arung jeram baik menggunakan perahu ban atau menggunakan ban. Tempat wisata di Sumatera Utara ini berada di Desa Buluh Duri, Kecamatan Sipispis.

Pulau Berhala

Mungkin sangat tepat jika dikatakan sebagai surga tersembunyi. Pulau Berhala ini berada di Selat Malakat, tepatnya di Kecamatan Tanjung Beringin. Tempat wisata di Sumatera Utara ini sangat terkenal hingga wisatawan asing pun berdatangan di pulau ini. Tidak hanya keindahan pulau dan pantainya saja, tapi kehidupan di bawah laut pun juga harus kamu nikmati keindahannya.

Pura Panataran Dharmaraksaka

Nuansa tempat wisata di Sumatera Utara ini seperti berada d Pulau Bali. Adanya pura di Serdang Bedagai  awalnya dari pengungi orang-orang Bali yang pada waktu itu terjadi bencana letusan gunung merapi di Pulau Bali. Ketika kamu masuk ke dalam Pura kamu bisa merasakan aura yang sama persis ketika kamu mengunjungi Pura yang ada di Bali. Lokasi Pura Panataran Dharmaraksaka ini berada di Desa Pegajahan.

Tempat Wisata di Simalungun

Kabupaten sebagai tempat asal Suku Batak Simalungun ini tidak perlu diragukan lagi keindahan tempat wisatanya. Apalagi jika ngomongin tentang Kota Kecil Parapat, benar-benar menakjubkan pemandangan Danau Toba yang ada di kota ini. Kabupaten Simalungun memang menjadi salah satu Kabputen penyumbang tempat wisata di Sumatera Utara terbaik hingga saat ini. Dan berikut inilah bebetapa destinasi wisata teraik yang ada di Kabupaten Simalungun.

Parapat

Atau bisa juga disebut dengan Kota Prapat ini sebenarnya kelurahan yang berada di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon. Kota Parapat ini menyimpan cukup banyak lokasi wisata da salah satunya yang paling terkenal hingga ke mancanegara adalah keindahan Danau Toba yang ada di Parapat. Kamu bisa menikmati keindahan pasir putih Danau Toba, atau mencoba degan berbagai wahan wisata air. Misalnya seperti speedboat, sepeda air, atau perahu untuk mengelilingi danau. Selain itu keindahan alam perbukitan yang mengitari Danau Toba benar-benar sangat indah untuk dipandang.

Air Terjun Bah Biak

Sebeluh kamu mencapai lokasi Air Terjun Bah Biak, kamu akan disuguhi perkebunan teh nan hijau dengan udara yang sagat sejuk. Benar-benar pemandangan alam yang sangat indah, dan ketika kamu sampai di lokasi Air Terjun Bah Biak udara sejuk dengan gemericik air terjun akan membuat hati kamu nyaman. Di bawah air terjun terdapat kolam yang cukup lebar, jadi banyak wisatawan yang selalu mencicipi segarnya air terjun dengan cara berendam atau sekedar bermain air. Lokasi Air Terjun Bah Biak berada di Kecamatan Sidamanik.

Air Terjun Sipitu Tikka

Keindahan air terjun ini bisa kamu lihat dari kejauhan, air yang menuruni lereng perukitan setinggi 200 meter ini mengalir ke bawah dengan sangat indah. dengan kanan kiri air terjun terdapat pepohonan yang cukup rindang semakin menyejukkan area air tejrun di bawahnya. Cukup banyak wisatawan yang menyempatkan diri untuk mandi di kolan tepat di bawah Air Terjun Sipitu Tikka. Lokasi tempat wisata di Sumatera Utara ini tepatnya berada di Kecamatan Hatonduhan.

Air Terjun Tonduhan

Lokasi Air Terjun Tonduhan yang berada di Desa Tonduhan ini cukup dekat dari jika kamu sudah samapi di Desa Tonduhan. Tempat wisata di Sumatera Utara ini juga sudah didukung infrastruktur yang cukup memadai, seperti adanya anak tanggan untuk turun ke kolam di bawah air terjun. Lebarnya kolam yang ada di bawah air terjun semakin mengundan nafsu para wisatawan untuk bermain air di sekitaran kolam.

Air Terjun Katasa

Keindahan dari tempat wisata di Sumatera Utara ini juga tidak kalah degan keindahan air terjun lainnya yang ada di Simalungun. Bahkan juga bisa dibilang lebih unik karena memiliki dua air terjun dan juga memiliki pasir putih layaknya di pantai. Lokasi wisata Air Terjun Katasa yang berada di tengah perkebunan sawit dan di dalam wilayah Kecamatan Hatonduhan ini semakin ramai dikunjungi wisatawan.

Sungai Lobang

Bisa juga dikatakan sebagai pemandian yang airnya langsung datang dari sumber mata air dan juga kolam yang berwarna hijau sangat indah dipandang. Sungai Lobang ini memiliki lubang dibawahnya yang selalu mengeluarkan air. Jadi air yang ada di dalam kola mini benar-benar sangat jernih karena bersumber dari mata air. Dengan pemandangan alam sekitar sungai yang masih asri semakin menambah pesona keindahan Sungai Lobang. Lokasi tempat wisata di Sumatera Utara ini berada di Desa Kerasaan, Kecamatan Pematang Bandar.

Pemandian Karang Anyar

Meskipun tidak memiliki lubang di bawahnya tapi pemandian ini memiliki air yang sangat jernih. Meskipun di ke dalaman 1 meter pun tetap masiht terlihat dasarnya dan airnya sedikit berwarna kehijauan. Ketika musim liburan Pemandian Karang Anyar ini cukup banyak wisatawan yang datang. Dan kebanyakan banyak menghabiskan waktunya degan berendam, berenang, atau bermainan air. Tempat wisata di Sumatera Utara ini berada di Desa Nagori Karang Anyar, Kecamatan Gunung Maligas.

Pemandian Alam Timuran

Dilihat dari kualitas airnya juga sagat jernih seperti Pemandian Karang Anyar. Tempat wisata di Sumatera Utara ini cukup ramai ketika hari minggu. Dan memang Pemandian Alam TImuran ini sebagai destinas wisata yang cocok untuk keluarga. Jadi cukup banyak anak-anak yang bermain air di dalam pemandian. Lokasi Pemandian Alam TImuran ini berada di Desa Nagori Mariah Jambi.

Pemandian Bah Sampuran

Pemandangan pohon kelapa sawit akan tersaji di Pemandian Bah Sampuran. Pemandiaan yang terletak di tengah perkebunan kelapa sawit ini banyak mengundang wisatawan untuk datang. Dan tak lain adalah warna birunya air pemandian yang membuat wisatawan ingin sekali berendam. Bahkan kejernihan airnya hingga dasarnya juga kelihatan. Tempat wisata di Sumatera Utara ini berada di Desa Sampuran Nagori Balata, Kecamatan Jorlang Hataran.

Pemandian Alam Aek Sidamanik

Tempat wisata di Sumatera Utara ini benar-benar akan memanjakan hari libur kamu. Sebelum mencapai lokasi pemandian kamu akan disuguhi indahnya perkebunan teh, danyang pasti selfieable. Udara sejuk pun juga bakal kamu rasakan, dan ketika sampai lokasi pemandian birunya air akan membuat mata kamu berbinar. Indahnya warna biru air itulah yang emikat hati para wisatawan untuk datang. Lokasi Pemandian Alam Aek Sidamanik ini berada di Kecamatan Sidamanik.

Pantai Garoga Tigaras

Cukup banyak wisatawan yang datang ingin mencicipi segarnya air Danau Toba. Kebanyakan wisatawan benerang di sekitaran pantai atau bisa juga menyewa speedboat dan berkeliling danau. Keindahan alam dan udara yang cukup sejuk tidak akan membuat kulit kamu terbakar ketika mandi di Pantai Garoga Tigaras. Tempat wisata di Sumatera Utara ini berada di Kecamatan Dolok Pardamuan.

Desa Wisata Haranggaol

Tempat wisata di Sumatera Utara ini dulunya sangat ramai dikunjungi para wisatawan domestik maupun manca. Karena di Desa Haranggaol ini kamu bisa melihat keindahan panorama Danau Toba, dengan tebing hijaunya yang tinggi dan jernihnya air danau. Tapi kini Desa Wisata Haranggaol ini semakin sepi pengunjung. Karena banyaknya karamba yang banyak berjejer di pinggir danau semakin tidak indah dipandang. Belum lagi ditambah enceng gondok yang terlalu banyak di pinggir Danau Toba.

Puncak Simarjarunjung

Tempat wisata di Sumatera Utara yang satu ini memiliki view yang sangat indah. Hijaunya perbukitan yang mengililingi Danau Toba dan birunya air Danau Toba mampu menyejukkan hati wisatawan. Kamu bisa menghabiskan seharian di puncak ini dan tidak akan pernah bosan. Atau kamu juga bisa nge-camp di areal puncak, karena ketika pagi hari pemandngan yang sangat indah sudah menanti. Puncak Simarjarunjung ini ada di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon.

Tanjung Unta

Inilah salah satu keindahan yang ada di Danau Toba. Adanya perbukitan yang menjorok ke tengah Danau Toba ini semakin menambah eksotisme danau. Dinamakan Tanjung Unta karena bukit tersebut mirip degan punuk unta. Tempat wisata di Sumatera Utara yang eksotis ini berada di Desa Tonduhan, Kecamatan Hatandoan. Kamu bisa berada tepat di Tanjung Unta dengan menyewal kapal motor yang cukup banyak disewakan di lokasi Danau Toba.

Tebing Simasolpah

Inilah tempat wisata di Sumatera Utara yang cukup favorit bagi para pemanjat tebing. Tebing terjal vertikal ini tingginya hingga 250 meter. Cukup banyak para pemanjat tebing yang berdatangan di Desa Sindaraya, Kecamatan Raya Kahaean yang bertujuan untuk menaklukkan tebing terjal Simasolpah.

Batu Gantung

Tempat wisata di Sumatera Utara ini memiliki cerita legenda tentang Batu Gantung, yang sekarang dijadikan sebagai destinasi wisata di Simalungun. Batu yang terletak di perbukitan di pinggiran Danau Toba itu cukup ramai dikunjungi para wisatawan domestik maupun asing. Jika kamu sudah berada di Kota Parapat maka jarak tempuhnya hanya sekitar 3 km saja.

Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Lokasi wisata Dolok Tinggi Raja terletak di Kecamatan Silau Kahen. Dan di arela ini cukup banyak ditemukan kawah putih yang terkadang titik mata airnya sealu berpindah-pindah. Meskipun terlihat sangat indah dipandang tapi jangan dipegang. Karena kawah putih ini sangat panas, bahkan suhu panasnya hingga 100 derajat celcius. Uniknya tempat wisata di Sumatera Utara ini cukup menarik minat wisatawan untuk datang.

Tempat Wisata di Tapanuli Selatan

Tempat wisata di Sumatera Utara memang terbilang sangat banyak dan masing-masing punya keunikan sendiri-sendiri. Dan destinasi wisata berikutnya adalah yang berada di Kabupaten Tapanuli Selatan. Secara topografi Kabupaten Tapanuli Selatan ini dikelilingi oleh Bukit Barisan, jadi sudah bisa dipastikan cukup banyak menyimpan wisata alam yang sangat indah. ada beberapa tempat wisata menarik di Tapanuli Selatan yang wajib kamu kunjungi.

Danau Siais

Destinasi wisata alam yang sangat menarik di Tapanuli Selatan adalah Danau Siais. Danau ini merupakan danau terbesar kedua di Sumatera Utara setelah Danau Toba. Sudah pasti keindahan panorama Danau Siais juga sangat indah karena dikelilingi perbukitan yang hampir sama seperti Danau Toba. Meskipun akses ke tempat wisata di Sumatera Utara inibelum memadai, tapi cukup banyak wisatawan yang datang ke Danau Siais. Lokasi Danau SIais berada di Desa Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur.

Danau Marsabut

Kesejukan dan keindahan benar-benar terpancar dari Danau Marsabut. Danau ini sering diselimuti kabut baik di pinggir danau maupun di tengah danaunya. Pesona alam sekitar danau seperti perbukitan dan hijaunya pepohonan membuat Danau Marsabut ini terlihat sangat asri. Tempat wisata di Sumatera Utara ini cukup sering dikunjungi wisatawan lokal maupunn luar daerah. Lokasi Danau Marsabut ini berada di Desa Bunga Bondar, Kecamatan Sipirok.

Air Terjun Siondop

Lokasi Air Terjun Siondop yang berada di dalam hutan menjadi salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang tidak begitu ramai dijamah wisatawan. Destinasi wisata Air Terjun Siondop ini memang cocok buat kalian yang suka berpetualang. Keindahan alam air terjun dan keasrian hutan di sekitarnya akan membuat kamu terpukau akan keindahannya. Lokasi Air Terjun Siondop ini berada di Desa Pardomuan, Kecamatan Siais.

Air Terjun Sitimbulan

Tempat wisata di Sumatera Utara ini jua belum begitu banyak wisatawan yang mengetahuinya. Seperti Air Terjun Siondop yang lokasinya berada di tengah hutan jadi jarang wisatawan yang datang. Jika kamu menginginkan destinasi wisata yang masih sangat alami dan benar-benar terjaga, maka datanglah ke Air Terjun Sitimbulan. Lokasi air terjun ini berada di Desa Haunatas, Kecamatan Marancar.

Air Terjun Ganda

Cukup dekat lokasi Air Terjun Ganda dari Desa Sisundung, Kecamatan Angkola Barat. Kemungkinan jaraknya hanya sekitar 500 hingga 700 meter saja. ketika kamu sampai di lokasi Air Terjun Ganda kamu akan terpukau akan keindahan dua terjun yang mengucurkan air derasnya. Airnya yang cukup bening membuat kolam di bawah air terjun terlihat sangat jernih. Sudah pasti akan terasa menyegarkan ketika kamu lelah berjalan kaki, lalu nyebur di kolam Air Terjun Ganda.

Air Terjun Aek Sijornih

Air Terjun yang satu ini tidak seperti air terjun lainnya yang ada di Kabupaten Tapanuli Selatan. Pesona Air Terjun Aek Sijornih memiliki keunikan sendiri, yang hanya tinggi 10 meter lalu konturnya yang landai dan tidak terjal. Tempat wisata di Sumatera Utara ini menambah daftar destinasi wisata di Tpanuli Selatan yang wajib untuk dikunjungi. Dengan adanya kolam di bawah air terjun semakin mempercantik Air Terjun Aek Sijornih. Lokasi Air Terjun Aek Sijornih berada di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayur Matinggi.

Air Terjun Siais

Air terjun ini berada di dekat Danau Siais, dan aliran airnya bermuara di Danau Siais. Pemandangan di danau dan juga di air terjun benar-benar saling elengkapi. Tidak hanya mengandalkan keindahan Danau Siais saja akan tetapi Air Terjun Siais juga menambahkan eksotisme alam sekitarnya. Indahnya Air Terjun Siais menambah tempat wisata di Sumatera Utara khususnya Tapanuli Selatan semakin lengkap.

Pantai Muara Upu

Tempat wisata di Sumatera Utara yang satu ini benar-benar keren, hamparan pasir putihnya yang cukup luas mengundang cukup banyak wisatawan. Cukup banyak aktifitas yang dilakukan oleh para wisatawan ketika berkunjung di Pantai Muara Upu. Yang paling sering adalah bermain bola, volley, dan jarang juga ada mobil off road yang melintasi pantai Muara Upu. Lokasi Pantai Muara Upu ini berada di Kecamatan Muara Batang Toru.

Pemandian Alam Parsariran

Sebuah pemandian di sungai ini menjadi salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang terbilang masih alami. Keindahan alam sekitarnya masih sangat asri, dengan banyaknya bebatuan dan juga pohon-pohon yang rindang di pinggir sungai. Lokasi wisata Pemandian Alam Parsasiran ini berada di Kecamatan Batang Toru.

Pemandian Air Panas Aek Milas

Tempat wisata di Sumatera Utara ini udara yang cukup menyejukkan, meskipun mengandung belerang tapi air panas di pemandian tidak begitu menyengat. Dan bahkan banyak sekali wisatawan yang datang hanya ingin melakukan perawatan untuk kulit. Lokasi Pemandian Air Pans Aek MIlas ini berada di Desa Sosopan, Kecamatan Sipirok.

Gunung Sibual Bual

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1800 mdpl serta memiliki panorama alam yang cukup mengagumkan. Ketika kamu naik puncak gunung ini akan disajikan panorama alam di bawahnya yang begitu hijau dan menyejukkan mata. Tempat wisata di Sumatera Utara ini sering dikunjungi para pendaki ketika musim libur tiba.

Gunung Lubuk Raya

Gunung ini berada di kawasan hutan lindung, dan bisa dikatakan sangat jarang orang yang mendaki Gunung Lubuk Raya. Keindahan hutan yang berada di bawah kaki Gunung Raya masih sangat alami dengan pepohonan yang menjulang tinggi. Begitu juga udara sejuk khas pegunungan yang begitu bersih dan bebas dari polusi.

Tor Simago-Mago

Tempat wisata di Sumatera Utara ini dulunya begitu terkneal dan cukup banyak wisatawan yang datang dan ingin merasakan kesejukan udara perbukitan. Dan hingga kini wisata alam bukit ini masih terlihat sangat alami, dengan pemandangan perukitan dan hijau disekelilingnya. Bahkan ketika kamu berada di bukit Tor Simago-Mago kamu bisa melihat pusat Kota Sipirok. Lokasi wisata Tor Simago-Mago berada di Kecamatan Sipirok.

Benteng Huraba

Selain wisata alam yang mempesona, Tapanuli Selatan juga memiliki tempat bersejarah masa perjuangan kemerdakan RI. Tempat wisata di Suatara Utara ini menjadi saksi bisa bahwa masyarakat Tapanuli Selatan juga ikut berjuang mengusir penjajah dari tanah air. Dan lokasi Benteng Huraba ini berada di Kecamatan Angkola.

Masjid Sri Alam

Inilah masjid yang pertama kali berdiri di Kabupaten Tapanuli Selatan. Pada awlnya masjid ini dibangun dari kayu papan dan berarsitektur mirip rumah panjang. Dana pada awalnya diresmikan pada tahun 1926. Dan hingga kini masjid ini masih berdiri meskipun ada beberapa perombakan. Tempat wisata di Sumatera Utara ini masuk dalam kategori wisata religi yang ada di Tapanuli Selatan.

Istana Tunggang Bosar

Inilah salah satu bukti kejayaan masa Kesultanan Dhasa Nawalu yang hingga kini masih berdiri dengan kokohnya. Dengan masih berdirinya Istana Tunggang Bosar semakin mengukuhkan kebudayaan serta adat istiadat masyarakat Tapanuli Selatan. Tempat wisata di Sumatera Utara ini semakin menambah daftar wisata sejarah tentang Kesultanan di Provinsi Sumatera Utara.

Tempat Wisata di Tapanuli Tengah

Sebagai daerah otonom Kabupaten Tapanuli Tengah semakin maju, begitu juga dengan sektor pariwisata. Topografi Kabupaten Tapanuli yang berada di perbukitan dan juga berada di pesisir barat Pulau Sumatera banyak menyimpan tempat wisata indah. Dan ada beberapa tempat wisata di Tapanuli Tengah menjadi penyumbang tempat wisata di Sumatera Utara yang sangat wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Dan berikut ini beberapa tempat wisata di Tapanuli Tengah yang mampu menarik minat para wisatawan untuk datang.

Air Terjun Aek Meranti

Meskipun posisi air terjunnya tidak begitu tinggi tapi memiliki pesona alam yang memukau. Dengan adanya kolam yang tepat di bawah air terjun akan membuat wisatawan ingin merasakan segarnya Air Terjun Aek Meranti. Tempat wisata di Sumatera Utara ini memiliki air yang cukup jernih dengan udara sekitar yang cukup menyejukkan semakin menambah indahnya suasana ketika berada di Air Terjun Aek Meranti. Lokasi wisata ini berada di Kecamatan Sitahuis.

Air Terjun Nabobar

Tempat wisata di Sumatera Utara ini memang cukup jarang wisatawan yang datang. Padahal pesona alam sekitarnya benar-benar masih alami. Ditambah lagi kolam dengan kedalaman yang sedang semakin memanjakan para wisatawan yang datang untuk berenang atau hanya sekedar berendam. Lokasi Air Terjun Nabobar ini berada di Kecamatan Pinangsori.

Air Terjun Aloban Bair

Tidak ada tebing yang tinggi atau hanya sekedar bebatuan yang agak besar dan air terjun tidak terlalu tinggi. Itulah gambaran Air Terjun Aloban Bair, mungkin tidak bisa memikat para wisatawan untuk datang. Akan tetapi ketika kamu mendatangi lokasi Air Terjun Aloban Bair kamu akan tertegun melihat gemericik air yang sangat jernih.  Ditambah dengan adanya dua tingkat air terjun semakin menambah eksotisme Air Terjun Aloban Bair. Lokasi air terjun ini berada di Kecamatan Tapian Nauli.

Air Terjun Golkar

Seperti nama partai ya, tapi kali ini digunakan sebagai nama Air Terjun yang memiliki air yang cukup deras. Meskipun kontur air terjunnya cukup landai dan di vertikal tapi aliran airnya dari atas cukup deras. Adanya kolam yang ada di bawah air terjun semakin menggoda para wisatawan untuk nyebur. Panorama alam sekitarnya pun juga tidak kalah menarik untuk kamu nikmati. Pepohonan yang menjulang tinggi semakin membuat kolam menjadi teduh. Lokasi tempat wisata di Sumatera Utara ini tepatnya berada di Kecamatan Tapian Nauli.

Air Terjun Lubuk Sihopik

Sama seperti Air Terjun Golkar yang berada di wilayah Kecamatan Tapian Nauli. Air terjun Lubuk Sihobik menjadi salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang tidak begitu ramai wisatawan. Karena mungkin masih belum tahun letak Air Terjun Sihopik. Keindahan air terjun ini cukup menenangkan jiwa dengan suara gemericik air dan suasana yang sangat sejuk di sekitar air terjun.

Air Terjun Parhonongan Gajah

Tempat wisata di Sumatera Utara ini sangat teduh degan banyaknya pephonan yang menjulang tinggi di pinggir air terjun. Air Terjun Parhonongan Gajah memiliki kolam yang cukup dalam yang bisa buat berenang. Dengan airnya yang snagat jernih semakin membuat para wisatawan semakin kerasan mandi di kolam Air Terjun Parhonongan Gajah. Lokasi air terjun ini berada di Kecamatan Tapian Nauli.

Air Terjun Pulau Mursala

Sudah tidak diragukan lagi keindahan Air Terjun Pulau Mursala, yang menjadikannya sebagai tempat wisata di Sumatera Utara yang gaungnya hingga mancanegara. Dengan air lautnya yang biru tepat di bawah Air Terjun Pulau Mursala semakin menambah eksotisme air terjun ini. Dan banyak sekali wisatawan yang berenang tepat di bawah air terjun. Untuk mencapai lokasi air terjun yang masih berada di Kecamatan Tapian Nauli ini kamu harus menyewa kapal nelayan.

Air Terjun Sihobuk

Nama air terjun ini juga biasa disebut dengan Air Terjun Sibuni Buni karena letaknya yang berada di Desa Sibuni Buni, Kecamatan Sarudik. Eksotisme air terjun ini jelas terpampang di depan mata dan menjadikannya sebagai tempat wisata di Sumatera Utara yang favorit. Dengan pepohonan di sekeliling air terjun dengan kolam yang besar di bawahnya semakin mengundang banyak wisatawan untuk datang. Kamu bisa menghabiskan waktu berenang atau hanya sekedar berendam di kolam tepat di bawah Air Terjun Sihobuk.

Air Terjun Pane

Posisi Air Terjun Pane tergolong cukup tinggi dengan tebing yang cukup terjal. Bebatuan besar berada di sekeliling air terjun begitu juga dengan pepohonan yang menghiasi air terjun. Tempat wisata di Sumatera Utara ini berada di Kecamatan Kolang. Ketika hari libur cukup banyak wisatawan yang menyempatkan untuk mendatangi air terjun nan eksotis ini.

Air Terjun Silaklak

Tempat wisata di Sumatera Utara yang satu ini menjadi salah satu air terjun yang cukup favorit bagi masyarakat Tapanuli Tengah. Air Terjun Silaklak ini memiliki dua tingkat yang tergolong cukup tinggi dengan adanya batu yang menjorok keluar. Yang cukup unik adalah di atas bebatuan yang menjorok keluar ada pepohonan yang semakin menambah keasrian Air Terjun Silaklak. Lokasi Air Terjun Silaklak berada di Kecamatan Kolang.

Air Terjun Saili Tukka

Meskipun tidak memiliki kolam yang cukup besar di bawahnya, tetap tidak mengurangi keindahan Air Terjun Saili Tukka. Tempat wisata di Sumatera Utara ini menjadi salah satu air terjun favorit wisatawan. Karena Air Terjun Saili Tukka memiliki beberapa tingkat, dan memungkinkan wisatawan untuk mendaki ke tingkatan yang paling atas. Lokasi Air Terjun Saili berada di Kecamatan Tukka.

Makam Papan Tinggi

Tempat wisata di Sumatera Utara ini menjadi salah satu destinasi wisata rohani terbaik yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Makam Papan Tinggi adalah tempat disemayamkannya Syek Mahmud, yakni penyiar agama Islam. Makam yang letaknya di atas perbukitan ini memiliki panorama yang sangat indah. Selain kamu bisa melihat perbukitan di samping makam, kamu juga bisa memandang luas lautan yang ada di seberang. Lokasi Makam Papan Tinggi berada di Desa Penanggahan, Kecamatan Barus.

Pantai Binasi

Salah satu andalan tempat wisata di Sumatera Utara ini ada di Kecamatan Sorkam Barat, Tapanuli Tengah. Keindahan benar-benar disajikan Pantai Binasi, dengan hamparan pasir putihnya, birunya air laut, dan berjajarnya pohon cemara adi sepanjang bibir semakin membuat Pantai Binasi diminati para wisatawan. Kamu bisa melakukan segala aktifitas di Pantai Binasi, mulai dari berenang, bermain di atas tumpukan pasir putih, atau hanya sekedar memandang keindahan Pantai Binasi di bawah pohon cemara.

Pantai Putri

Keindahan dari Pantai Putri yang berada di Pulau Putri benar-benar akan membuat kagum para wisatawan. Meskipun pulau ini tidak terlalu besar dan berada di tengah lautan tapi pulau ini tampak asri dengan banyaknya pepohonan yang mengelilingi pulau. Pasir putih dan juga birunya air laut semakin menggugah keinginan para wisatawan untuk berenang. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menikmati keindahan bawah lautnya dengan melakukan diving, atau hanya snorkeling. Dan Pantai ini sebagai salah tempat wisata di Sumatera Utara yang menjadi andalan Kabupaten Tapanuli Tengah.

Pantai Bilalang

Pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, memiliki pesona air lautnya yang tampak biru. Dan hampir setiap para wisatawan yang mengunjungi Pantai Bilalang akan sangat tergoda ntuk merasakan segarnya air laut. Pasir putihnya Pantai Bilalang semakin menambah eksotisme pantai ini. Lokasi tempat wisata di Sumatera Utara ini berada di Kecamatan Barus.

Pantai Sosor Godang

Selain memiliki Makam Tanah Tinggi yang sangat popular, Kecamatan Barus juga memiliki wisata pantai yang sangat indah, dan salah satunya adalah Pantai Godang. Dengan pasirnya yang putih, birunya air laut, dan teduhnya pepohonan pinggir pantai. Itulah gambar istimewa Pantai Sosor Godang yang mampu memikat wisatawan untuk datang menikmati keindahannya. Tempat wisata di Sumatera Utara ini cukup ramai wisatawan ketika hari libur sudah mulai tiba.

Pantai Kalimatung

Eksotisme Pantai Kalimatung dengan adanya pulau-pulau kecil di sekitarnya semakin membuat Pantai ini semakin cantik. Pantai Kalimatung yang berada di Pulau Kalimatung ini terbilang masih sangat alami, karena Pulau Kalimatung itu sendiri tidak berpenghuni. Inilah yang membuat tempat wisata di Sumatera Utara ini semakin banyak wisatawan yang datang. Selain menikmati keindahan alam pulau kamu juga bisa menikmati keindahan bawah lautnya degan melakukan snorkeling.

Pantai Indah Kalangan

Tempat wisata di Sumatera Utara ini sangat tepat dijadikan destinasi wisata keluarga. Letak pantai yang bersebelahan dengan kampung masyarakat lokal pantai. Adanya pepohonan di pinggir pantai yang menjulang tinggi semakin teduh ketika kamu menikmati eksotisme Pantai Indah Kalangan. Dan tak jarang banyak wisatawan yang datang menyempatkan untuk memancing di areal pantai. Lokasi Pantai Indah Kalangan berada di Kelurahan Kalangan, Kecamatan Pandan.

Pantai Batu Gerigis

Salah satu pantai yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah yang memiliki hamparan pasir putih yang sangat luas, itulah Pantai Batu Gerigis. Tempat wisata di Sumatera Utara ini semakin memanjakan wisatawannya yang terkadang bermain bola, atau volley di pinggir pantai. Dan ketika kamu merasa lelah ada pondokan yang menajajkan minuman dan juga kuliner seafood.

Pantai Pandan

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang cukup favorit bagi wisatawan adalah Pantai Pandan. Pantai ini sangat unik, tepat berada di pinggir pantai dan di atas pasir putihnya tumbuh rerumputan yang pada musim tertentu berbunga yang warnanya ungu. Pantai Pandan semakin tampak sangat cantik dengan adanya bunga rumput yang berwarna ungu dan yang pasti instagramable. Selain itu pemandangan perukitan dan juga birunya laut semakin memanjakan para hari libur wisatawan.

Pantai Kade Tigo

Inilah salah satu pantai nelayan yang memiliki keindahan tersendiri. Hamparan pasir putihnya yang sangat luas, membuat para wisatawan betah bermain di pinggir pantai. Selain itu kamu juga akan disuguhi ikan segar dari tangkapan nelayan setempat degan hara yang murah pastinya. Tempat wisata di Sumatera Utara ini cukup ramai ketika musim liburan tiba. Lokasinya yang berada di Kecamatan Borus semakin menambah daftar destinasi wisata di Tapanuli Tengah.

Pantai Sitiris-Tiris

Tempat wisata di Sumatera Utara ini cukup eksotis, dengan banyaknya pohon kelapa yang tepat berada di pinggir pantai. Pantai Sitiris-Tiris memiliki pasir putih dan air laut hijau kebiruan, semakin membuat para wisatawan ingin merasakan kesegaran air laut dan deburan ombaknya. Meskipun pantai ini terkena abrasi tapi tidak akan menyurutkan niat para wisatawan untuk menikmati keindahan Pantai Sitiris-Tiris. Lokasi wisata Pantai Sitiris-Tiris ini berada di Kecamatan Andam Dewi.

Pantai Kahona

Tempat wisata di Sumatera Utara ini tidak hanya memiliki keindahan pantainya saja, tapi ada beberapa keunikan lain yang dimiliki Pantai Kahona. Ketika kamu mengunjungi pantai ini maka akan melihat beberapa pondokan yang ada di pinggir pantai atau agak masuk ke dalam. Dan setiap pondokan atau penginapan semua terbuat dari kayu dengan arsitektur khas Tapanuli tengah. Itulah suguhan eksotisme Pantai Kahona dan juga sentuhan tradisional pondokan yang ada di Pantai Kahona. Lokasi Pantai Kahona berada di Kecamatan Andam Dewi.

Pantai Botot

Destinasi wisata yang cukup mudah untuk dikunjungi selanjutnya adalah Pantai Botot. Lokasi tempat wisata di Sumatera Utara ini tepatnya di Kecamatan Borus. Pasir putih dan birunya air laut menjadi suguhan utama di Pantai Botot. Kamu juga bisa berkeliling di sekitaran pantai dengan menggunakan kapal tradisional nelayan.

Pantai Kuta Mela

Salah satu pantai yang sangat ramai dikunjungi para wisatawan setiap harinya adalah Pantai Kuta Mela. Banyak wisatawan yang berdatangan ingin menikmati panorama indah pantai dan terkadang hanya sekedar bermain di pinggiran pantai. Tempat wisata di Sumatera Utara ini berada di Desa Mela II, Kecamatan Tapian Nauli.

Pantai Si Paubat

Salah satu pantai yang sangat nyaman untuk dikunjungi dan kamu akan menghabiskan waktu seharian di Pantai Si Paubat. Tidak hanya keindahan panorama pantai saja yang disajikan di sini, tapi adanya lahan rerumputan yang cukup luas yang ada di pinggir pantai. Dengan pepohonan yang cukup rindang menjadikan pesona pinggir Pantai Si Paubat sebagai tempat bercengkerama paling istimewa.

Pantai Muara Tapus

Pantai ini mungkin terlihat kotor, padahal sebenarnya karena masih alami jadi masih banyak batang-batang pohon yang berserakan di pinggir pantai. Tapi terlepas banyaknya batang pohon, Pantai Muara Tapus ini cukup eksotis dengan keasrian alamnya. Hamparan pasir putih dan birunya laut, ditambah lagi epohonan kelapa yang berada di pinggi pantai bisa menjadinyakan sebagai tempat wisata di Sumatera Utara cukup favorit. Lokasi wisata Pantai Muara Tapus berada di Kecamatan Sirandorung.

Pantai Pulo Pane

Tempat wisata di Sumatera Utara ini memiliki keunikan tersendiri, yakni banyaknya pohon bakau yang ada di pinggiran pantai. Semakin menyenakkan ketika kamu menikmati panoram Pantai Pulo Pane degan berteduh di bawah pohon bakau yang berjajar di sepanjang pantai.

Pantai Simanuk-Manuk

Pantai yang memiliki pasir putih dan warna biru air laut ini tergolong masih sangat asri. Banyaknya pepohonan di pinggir pantai menjadi spot terbaik ketika menunggu sunset di Pantai Simanuk-Manuk. Cukup banyak wisatawan lokal yang berdatangan di pantai ini ketika mulai senja. Karena panorama sunset di Pantai Simanuk-Manuk ini memang cukup eksotis. Tempat wisata di Sumatera Utara ini berada di Kecamatan Manduamas.

Pantai Pulau Poncan Gadang

Tempat wisata di Sumatera Utara yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Kabupaten Tapanuli Tengah. Pantai Pulau Poncan Gadang ini berada di Pulau Poncan Gadang yang memiliki eksotisme pantai yang luar biasa indahnya. Tidak hanya sekedar pasri putih dan birunya air laut saja. akan tetapi keindahan alam bawah laut wajib kamu nikmati. Kamu bisa diving atau snorkeling di Pantai Pulau Poncan Gadang.

Pulau Bakkar

Tempat wista di Sumatera ini menjadi surga para wisatawan yang ingin melihat secara dekata keindahan alam bawah laut. Terumbu karang nan indah dan berbagai ikan karang yang berwarna-warni akan semakin mewarnai liburan kamu di Pulau Bakkar. Panorama yang ada di pantai ini benar-benar masih sangat alami, karena juga tidak ada penghuni sama sekali di Pulau Bakkar ini. Untuk mengunjungi Pulau Bakkar kamu harus naik kapal nelayan beberapa jam dari pelabuhan terdekat.

Pulau Batu Layar

Cukup banyak pulau-pulau kecil yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah. Dan salah satunya adalah Pulau Batu Berlayar yang masih berada di wilayah Kecamatan Tapian Nauli. Tempat wisata di Sumatera Utara ini cukup unik karena luasnya juga tidak besar dan cukup banyak vegetasi tanaman yang ada di Pulau Batu Layar. Untuk mengunjungi lokasi wisata Pulau Batu Berlayar kamu harus menyewa kapal nelayan.

Pulau Kalimantung

Meskipun tergolong kecil, tapi Pulau Kalimantung ini benar-benar sangat eksotis dan mampu membius para wisatawan. Pulau Kalimantung seperti tumpukan batu yang sangat besar dengan banyaknya pogon di atasnya. Wisatawan sangat menyukai ketika berapa di Pulau Kalimantung, salah satunya melihat panorama bawah laut yang sangat indah. tempat wisata di Sumatera Utara ini menjadi salah satu obyek yang tidak terlewatkan oleh wisatawan domestik ataupun asing.

Pulau Karang

Tempat wisata di Sumatera Utara ini menawarkan keindahan alam sekitarnya. Mulai dari keindahan alam bawah lautnya serta keasrian pohon kelapa yang menjulang tinggi dan juga tanaman bakau. Pasir putih dan jernihnya air laut menjadi sajian utama di Pulau Karang. Untuk mengunjungi lokasi wisata Pulau Karang kamu harus naik kapal nelayan dari Pantai Barus ke pulau tersebut, setidaknya memakan waktu hanya 30 menitan saja.

Pulau Mursala

Salah satu pulau terindah yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah, tepatnya di Kecamatan Tapian Nauli. Tempat wisata di Sumatera Utara ini menjadi favorit para wisatawan domestik dan asing. Karena letaknya yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Pandan yang hanya butuh waktu 3 jam saja. Itu sebabnya Pulau Mursala cukup sering dikunjungi wisatawan. Pesona alamnya belumn tentu bisa kamu temukan di pulau lain. Seperti adanya air terjun, keragaman hayati di bawah laut menjadi daya tarik para wisatawan untuk meengisi liburannya.

Pantai Porlak

Pulau yang dikelilingi hamparan pasir putih ini memiliki daya tartik tersendiri. Dengan air laut yang begitu tenang akan memanjakan para wisatawan ketika berenang di pinggiran pantai. Bahkan kamu juga bisa menikmati biota laut di Pulau Porlak. Tempat wisata di Sumatera Utara ini cukup ramai dikunjungi wisata ketika hari libur sudah mulai tiba. Lokasi tempat wisata Pulau Porlak berada di Kecamatan Tapian Nauli.

Pulau Putri atau Pulau Putih

Keindahan panorama di Pulau Putri benar-benar sangat menakjubkan ditunjang adanya berbagai macam  fasilitas di dalamnya. Seperti penginapan, semakin membuat Pulau Putri ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Tidak hanya enyajikan keindahan pantai dan birunya air laut saja, tapi keanekaragaman biota laut juga wajib kamu salami. Tempat wisata di Sumatera Utara ini cukup berdekatan dengan Pulau Mursula.

Pulau Putri Runduk

Ada cerita legenda tentang adanya Pulau Putri Runduk yang dipercaya masyarakat hingga kini. Terlepas dari legenda cerita tersebut Pulau Putri Runduk ini wajib kamu kunjungi. Kamu bisa menikmati keindahan alam bawah lautnya yang tidak kalah menarik dengan pulau-pulau lainnya. Keindahan alam bawah lautnya menjadikannya sebagai tempat wisata di Sumatera Utara yang harus kamu kunjungi.

Pulau Silabu Godang

Keunikan tempat wisata di Sumatera Utara ini beda dari pulau lainnya yang ada di Tapanuli Selatan. Di dalam Pulau Silabu Godang ada sebuah goa dan di dalamnya ada sumber mata air tawar. Selain itu kamu juga bisa mengunjungi pulau kecil yang ada di dekat Pulau Silabu Godang, yakni Pulau Tariba. Ketika berada di Pulau Silabu Godang dan Pulau Tariba kamu akan disuguhi keindahan alam bawah laut yang sangat eksotir. Keindahan terumbu karang dan juga ikan-ikan kecil yang cukup berwarna-warni.

Pulau Sitaban Barat

Tempat wisata di Sumatera Utara ini masih berada di dalam wilayah Tapian Nauli. Birunya air laut dan juga pasir putihnya benar-benar membuat para wisatawan kagum melihatnya. Dan di dalam pulau tersebut cukup banyak pepohonan yang menjulang tinggi yang cukup membuat para wisatawan untuk ngadem ketika cuaca terlalu panas di pantai.

Pulau Talam

Eksotisme Pulau Talam sangat jelas terampampang di depan mata. Air lautnya yang sangat jernih dengan tingkat kedalaman yang dangkal menjadi terlihat sangat jelas. Dan tak jarang banyak ikan berwarna-warni semakin menghiasi pantai di Pulau Talam. Kamu bisa melakukan aktifitas seperti snorkeling di area Pulau Talam. Dan akhirnya tempat wisata di Sumatera Utara ini cukup difavoritkan para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun asing.

Tempat Wisata di Tapanuli Utara

Tempat wisata di Sumatera Utara berikutnya ada di Kabupaten Tapanuli Utara yang juga menyimpan wisata alam yang cukup eksotis. Selain wisata alamnya ada wisata budaya dan sejarah, dan yang cukup terkenal akan Tapanuli Utara adalah wisata rohani. Seperti tempt wisata Salib kasih ini begitu terkenal dan seakan-akan menjadi salah satu ikon dari Kabupaten Tapanuli Utara. Dan berikut ini daftar tempat-tempat wisata yang ada di Tapanuli Utara yang wajib kamu kunjungi.

Pemandian Air Panas Tamaro

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara ini cukup ramai dikunjungi para wisatawan yang ingin merasakan kehangatan air belerang. Pemandian Air Panas Tamaro memiliki design kolam yang sangat bagus.didukung segala fasilitas yang ada di pemandian semakin banyak mengundang para wisatawan. Air panas ini mengandung belerang jadi cukup baik untuk perawatan kulit atau menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Lokasi Pemandian Air Panas Tamaro ini berada di Desa Hutabarat, Tarutung.

Pemandian Air Panas Saitnihuta

Lokasi pemandian yang berada di Tarutung ini menjadi salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang cukup sering di kunjungi wisatawan. Pemandian yang airnya mengandung belerang ini mampu menyembuhkan segala macam penyakit kulit.

Pemandian Air Panas Ugan

Tempat pemandian air panas ini masih terlihat tradisional, agak berbeda dengan Pemandian Air Panas Tamaro yang dibangun dengan sangat bagus. Tapi air hangatnya juga mengandung belerang, selain menghilangkan rasa lelah juga ampuh untuk perawatan kulit.

Pemandian Air Panas Sipoholon

Salah satu pemandian air panas yang telah menjadi tempat wisata di Sumatera Utara yang cukup ramai dikunjungi wisatawan adalah Pemandian Air Panas Sipoholon. Selain ada kolam air hangat yang ada di bawah bukit, kamu juga bisa melihat sumber mata air panas yang berada di perbukitan. Dari kolam alami yang ada di atas bukit itulah air panas itu dialirkan ke kolam-kolam atau pemandian air panas di bawahnya. Pemandian Air Panas Sipoholon ini berada di Parbubu, Tarutung.

Pemandian Air Soda

Tempat wisata di Sumatera Utara yang satu ini memang sangat unik bahkan di Indonesia cuman ada di Desa Parbubu, Tapanuli Utara. Itulah Pemandian Air Soda dan airnya benar-benar air soda seperti yang kebanyakan orang minum. Dan di dunia hanya ada 2 saja mata air soda, di Indoensia dan di Venezuela. Bahkan sangat sering wisatawan yang datang tidak hanya berenang di kolam saja, tapi juga meminum air soda dari sumbernya.

Gereja Dame Saitnihuta

Bangunan gereja yang sudah berdiri sejak tahun 1912 ini masih berdiri dengan kokohnya dengan arsiteketur yang sangat unik. Gereja Dame Saitnihuta ini telah menjadi tempat wisata di Sumatera Utara yang sering dikunjungi wisatawan terutama yang dari luar Tapanuli Utara. Gereja Dame Saitnihuta ini telah menjadi wisata rohani bagi umat Kristiani.

Goa Natumandi

Wisata alam yang satu ini cukup terawatt dengan lokasinya berada di pinggir sungai menjadi pemandangan yang cukup menarik. Tempat wisata di Sumatera Utara ini cukup sering dikunjungi para wisatawan ketika hari libur tiba. Lokasi Goa Natumandi yang berada di Desa Hutabarat, Kecamatan Tarutung.

Bukit Doa Huta Ginjang

Tempat wisata di Sumatera Utara yang dijadikan sebagai wisata rohani adalah Bukit Doa Huta Ginjang. Bukit dengan ketinggian sekitar 1600 mdpl ini memiliki panorama yang sangat cantik, dan berhadapan langsung dengan Danau Toba. Jadi banyak sekali para wisatawan berdoa terlebih dahulu sebelum menikmati indahnya panorama yang ada di Bukit Doa Huta Ginjang. Lokasi Bukit Doa Huta Ginjang berada di Desa Huta Ginjang, Kecamatan Muara.

Bukit Penatapan Huta Ginjang

Lokasi bukit penatapan ini berdekatan dengan Bukit Doa Huta Ginjang. Keindahan dari Danau Toba benar-benar membuat kagum para wisatawan yang melihat Danau Toba dari Bukit Penatapan Huta Ginjang. Di bukit ini juga sering digunakan olahraga seperti paralayang karena ketinggiannya sekitar 1600 mdpl menjadi lokasi yang sangat cocok untuk olahraga paralayang.

Pacuan Kuda Siborong-Borong

Tempat wisata di Sumatera Utara yang telah menjadi ikon Kabupaten Tapanuli Utara adalah Pacuan Kuda Siborong-Borong. Akan tetapi hanya pada event-event tertentu pacuan kuda digelar, dan biasanya ketika hari Kemerdekaan. Pacuan Kuda Siborong-Borong memang bukan pacuan kuda modern dengan alat yang modern juga, tapi di sini lebih tradional. Dan itulah yang membuat unik tempat wisata yang berada di Desa Siborong-Borong.

Pantai Muara

Pantai ini memiliki keindahan yang sangat mengagumkan, tidak hanya pasir putih dan birunya air Danau Toba saja. Tetapi panorama alam perbukitan nan hijau semakin menambah keindahan Pantai Muara. Tempat wisata di Sumatera Utara ini cukup sering dikunjungi wisatawan, apalagi jika ada event tahunan seperti Festival Danau Toba.lokasi Pantai Muara berada di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara.

Lembah Rura Silindung

Sebuah lembah dengan panorama yang indah dan sebagai tempat berdirinya pusat pemerintahan Tapanuli Utara. Tepat dimana Kota Tarutung berdiri Lembah Silindung menjadi lokasi wisata yang cukup sering dikunjungi masyarakat Tarutung. Ketika kamu berada di perbukitan maka akan melihat tata kota Tarutung yang cukup indah. Jadi tak heran jika lembah ini menjadi tempat wisata di Sumatera Utara yang layak untuk dikunjungi.

Salib Kasih Siatas Barita

Sebuah tempat wisata di Sumatera Utara yang menjadi ikon Kabupaten Tapanuli Utara, adalah Salib Kasish yang berdiri di bukit Siatas Barita. Dibuatnya wisata rohani oleh pemerintah Tapanuli Utara untuk mengenang para jasa misionaris agama Kristen. Di dalam area Salib Kasih ada beberpa prasasti, ruangan doa, dan hutan wisata yag sangat asri dan tertata rapi.

Situs Hindu Hopong

Tidak hanya Jogja saja yang sangat kaya akan situs Hindu, tapi Tapanuli Utara juga memiliki Situs Hindu Hopong. Bangunan bersejarah ini memiliki beberapa patung dan juga ada goa di dalamnya, meskipun ada beberapa patung yang sudah rusak. Tempat wisata di Sumatera Utara ini menjadi wisata sejarah bahwa dulu peradaban Hindu juga pernah ada di tanah Tapanuli Utara.

Sopo Partungkoan

Bagi para wisatawan dari luar Tapanuli Utara, obyek wisata Sopo Partungkoan instagramable banget. Sopo Partungkoan adalah rumah adat suku Batak, yang sekarang dijadikan sebagai Gedung Kesenian. Dan tempat wisata di Sumatera Utara ini tepat berada di tengah pusat Kota Taruntung. Jadi tidak heran jika cukup banyak wisatawan dari luar Tapanuli ingin melihat lebih dekat Sopo Partungkoan.

Tempat Wisata di Toba Samosir

Letak Kabupaten Samosir yang berada di pinggir danau terluas di Indonesia, yakni Danau Toba menyimpan tempat wisata wajib kamu kunjungi. Cukup banyak obyek wisata di Toba Samosir yang akan mengisi hari libur kamu. Dan berikut ini beberapa tempat wisata di Sumatera Utara tepatnya yang berada di Kabupaten Toba Samosir.

Air Terjun Bukit Gibeon

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara ini sering dikunjungi para wisatawan karena keunika dari air terjunnya dan juga panorama alam perbukitan. Tepat di bawah air terjun dibangun kolam yang tertata sangat rapi dan juga bersih. Jadi wisatawan selalu menyempatkan diri untuk merasakan kesegaran Air Terjun Bukit Gibeon secara langsung. Lokasi Air Terjun Bukit Gibeon berada di Desa Parsaroan Sibisa, Kecamatan Ajibata.

Air Terjun Sigura Gura

Inilah obyek wisata kebanggaan masyarakat Toba Samosir, Air Terjun Sigura Gura. Air terjun ini menjadi air terjun tertinggi di Indoneisa dengan ketinggian hingga 250 meter. Keindahan akan panorama alamnya sudah pasti akan membuat para wisatawan berdecak kagum melihatnya. Tidak hanya wisatawan domestik saja, tetapi wisatawan asing juga akan mengagumi tempat wisata di Sumatera Utara ini. Lokasi Air Terjun Sigura Gura ini berada di Desa Halado, Pintu Pohan Meranti.

Bukit Senyum

Tidak hanya sekedar menikmati keindahan pantai saja ketika kamu berada di Kecamatan Ajibata. Tetapi kamu juga bisa menaiki Bukit Senyum yang panorama alamnya begitu menakjubkan untuk dipandang. Tempat wisata di Sumatera Utara ini menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan Danau Toba. Dan kamu akan merasa sangat nyaman menikmati panorama alam sembari meminum minuman hangat yang dijajakan oleh café di atas Bukit Senyum. Lokasi Bukit Senyumm  berada di Desa Motung, Kecamatan Ajibata.

Bukit Dolok Tolong

Tempat wisata di Sumatera Utara ini menjadi bukit tertinggi diantara perbukitan lainnya yang ada di Toba Samosir. Pemandangan yang sangat menawan ketika kamu berada di Bukit Dolok Tolong. Keindahan panorama Danau Toba dan juga perbukitan nan hijau yang berada di samping kanan kiri semakin memanjakan mata para wisatawan. Belum lagi pemandangan perkotaan dimana Kecamatan Balige tepat berada di bawah kaki Bukit Dolok Tolong.

Bukit Tarabunga

Keindahan akan tempat wisata di Sumatera Utara ini sudah terlihat ketika kamu mau menaiki Bukit Tarabunga. Hamparan persawahan nan hijau tidak kalah indahnya dengan Ubud di Bali. Dan ketika kamu berada di puncak perbukitan eksotisme Danau Toba tampak jelas di mata kita. Udara yang sejuk khas pegunungan semakin memanjakan wisatawan untuk tetap menikmati panora alam sekitar BUkita Tarabunga. Lokasi Bukit Tarabunga ini berada di Kecamatan Balige.

Desa Wisata Jangga Dolok

Suasana tradisional sangat kental sekali ketika kamu mulai memasuki Desa Wisata Jangga Dolok. Di desa ini warganya masih sangat erat dalam memgang adat istiadat Batak. Yang paling terlihat adalah rumah adat SUku Batak masih banyak berdiri di desa ini. Bahkan tak jarang juga rumah adat tersebut ada yang berusia hingga 200 an tahun. Lokasi Desa Wisata Jangga Dolok ini masih masuk ke dalam wilayah Kecamatan Lumban Julu.

Museum T.B Silalahi Center

Museum ini berdiri pada tahun 2006 yang diprakarsai oleh seorang anak pengembala kerbau yang telah berubah menjadi Jenderal. Itulah T.B silalahi yang memiliki ide membangun museum untuk membangkitkan semangat anak muda. Tempat wisata di Sumatera Utara ini sangat menarik, dan salah satunya adalah Komplek Huta Batak yang ada di dalam museum. Lokasi Museum T.B Silalahi Center ini berada di Kecamatan Balige.

Onan Balerong

Mungkin hanya bisa kamu temui di Kabupaten Toba Samosir saja, pasar tradisional yang memiliki arsitektur bangunan rumah adat Suku Batak. Bangunnan tersebut sebenarnya sudah sejak jaman Belanda dan Belanda juga yang membangunnya. Tempat wisata di Sumatera Utara ini menarik minat para wisatawan untuk mengunjungi karena keunikannya. Lokasi pasar tradisional atau Onan Balerong ini berada di Kecamatan Balige.

Pantai Ajibata

Pantai ini juga disebut sebagai Ajibata Beach yang cukup ramai dikunjungi para wisatawan setiap harinya. Posisi Pantai Ajibata yang dekat dengan pelabuhan pintu masuk Danau Toba ini semakin ramai dikunjungi wisatawan yang hendak ke Samosir. Keindahan akan panorama Pantai Ajibata menjadi daya pikat wisatawan untuk datang. Lokasi Pantai Ajibata terletak di Kecamatan Ajibata.

Pantai Lumban Silintong

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang cukup ramai dikunjungi wisatawan adalah Pantai Lumban Silintong. Wisatawan tidak hanya sekedar menikmati keindahan pantai saja, tapi juga mencicipi makanan serta minuman khas yang ada di kafe-kafe pinggir pantai. Yang cukup unik di Pantai Lumban Silintong ini ada anak-anak yang memburu koin wisatawan yang di lempar ke tengah pantai. Lokasi pantai Lumban Silintong ini berada di Desa Lumban Silintong, Kecamatan Balige.

Pantai Pasifik

Seperti pantai-pantai lainnya yang ada di Danau Toba, memiliki pasir putih, dan birunya air danau. Tetapi tempat wisata di Sumatera Utara ini kurang begitu terawat. Salah satunya seperti banyaknya enceng gondok yang ada di pinggiran danau. Meskipun begitu panorama indah dan asri tetap tersaji di Pantai Pasifik. Lokasi Pantai Pasifik ini berada di Desa Lumban Manurung, Kecamatan Porsea.

Pantai Janji Maria

Salah satu pantai yang ada di Toba Samosir ini sudah meredup pesonanya. Karena terlalu banyaknya enceng gondok yang ada di pinggir danau hingga menutupi keindahan pasir putih Pantai Janji Maria. Tempat wisata di Sumatera Utara ini memang perlu perhatian khusus dari pemerintah untuk mengembalikan pesonanya yang hilang beberapa tahun terakhir. Lokasi Pantai Janji Maria ini berada di Desa Janji Maria, Kecamatan Balige.

Pantai Desa Meat

Tidak hanya sekedar keindahan pantai dengan pasir putih dan birunya air Danau Toba saja. Ketika kamu berada di Desa Meat yang tepat berada di pinggir Danau Toba kamu juga bisa melihat panorama pedesaan. Seperti areal persawahan nan hijau dan juga perbukitan, ditambah lagi dengan adanya rumah adat Suku Batak. Liburan kamu akan semakin indah jika kamu mengunjungi Desa Meat di Kecamatan Tampahan.

Salib Holong

Dalam konsep pembangunan Salib Holong ini sama persis seperti obyek wisata rohani Salib Kasih Siatas Barita di Panuli Utara. Tempat wisata di Sumatera Utara ini bisa dijadikan sebagai wisata rohani bagi umat Kristiani. Ketika kamu sampai puncak bukit suguhan pemandahan lembah nan hijau akan terasa menyejukkan. Lokasi wisata Salib holong ini berada di Desa Simanobak, Kecamatan Silaen.

Taman Eden 100

Tempat wisata di Sumater Utara ini memberikan panorama alam yang luar biasa. Taman Eden 100 ini memang dikelola dengan sangat baik. Dan fokus utamanya adalah pelesteraian lingkungan hidup dan tentunya wisata alam. Kamu bisa menemui air terjun yang memiliki air yang sangat jernih serta kolam di bawahnya. Dan juga adanya perkebunan strawberry yang wisatawan bisa memetiknya sendiri. Lokasi wisata Taman Eden 100 ini ada di Kecamatan Lumban Julu.

Tempat Wisata di Samosir

Tempat wisata di Sumatera Utara bisa dibilang sangat mengagumkan, seperti yang ada di Kabupaten Samosir. Sangat beragam destinasi wisata yang ada di Kabupaten Samosir, mulai dari adat dan budaya, wisata sejarah, dan yang pasti wisata alamnya yang membuat kagum begitu banyak wisatawan yang datang. Berikut ini beberapa tempat wisata di Kabupaten Samosir yang cukup terkenal hingga ke mancanegara.

Air Terjun Sampuran Efrata

Keindahan Air Terjun Sampuran Efrata ini memang menakjubkan dan benar-benar membius wistawan untuk beralama-lama di lokasi wisata. Tempat wisata di Sumatera Utara ini cukup favorit bagi para traveler. Karena wisatawan bisa bersantai di bawah teduhnya pepohonan besar, atau berendam di kolam tepat di bawah air terjun. Lokasi Air Terjun Efrata ini berada di desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian.

Aek Sipitu Dai

Bisa juga diartikan sebagai mata air tujuh rasa dan memang dari setiap mata air yang keluar memiliki rasa yang berbeda-beda. Tempat wisata di Sumatera Utara ini dianggap oleh masyarakat setempat bahwa air tersebut bisa untuk menyembuhkan penyakit. Lokasi wisata Aek Sipitu Dai ini berada di Desa Sipitu Dai, Kecamatan Sianjur Mulmula.

Batu Guru

Tempat wisata di Sumatera Utara ini benar-benar instagramable. Kamu bisa selfie di dekat Batu Guru dengan menggunakan sampan nelayan lokal. Karena Batu Guru ini hanya berjarak sekitar 70 meter saja dari daratan. Selain uniknya batu tersebut juga ada cerita legenda tentang Batu Guru dan hingga kini masih diceritakan kepa anak cucu warga setempat. lokasi wisaya Batu Gutu ini berada di Dusun III Pangaloan, Kecamatan Nainggolan.

Batu Hobon

Satu lagi wisata budaya atau sejarah Batu Hobon yang disakralkan ini berada di Pusuk Buhit, Kecamatan Simulamula. Diceritakan bahwa di Batu Hobon itulah Raja Batak bermukim dan di dalam situlah terletak harta karun seperti pusaka, alat musik, kitab ajaran leluhur, dan lain-lain. Jadi tidak heran jika tempat wisata di Sumatera Utara ini sangat disakralkan.

Batu Parsidangan

Berbeda dengan Batu Hobon, bentuk Batu Parsidangan ini berbentuk kursi dan ada meja di tengahnya. Pada jaman dahulu Batu Parsidangan ini digunakan untuk melakukan persidangan atas tindak kejahatan yang dilakukan oleh warga. Dan letak Batu Parsidangan ini tepat dibawah pohon yang disucikan, yakni pohon Hariara. Tempat wisata di Sumatera Utara ini semakin unik yang berada di tengah-tengah rumah adat Suku Batak. Dan untuk lokasi wisata Batu Parsidangan ini berada di Desa Siallagan.

Bukit Beta

Tempat wisata di Sumatera terbaik untuk melihat sunrise adalah di Bukit Beta. Di bukit ini kamu akan melihat keindahan matahari terbit di balik eksotisnya Danau Toba. Cukup banyak wisatawan yang datang di lokasi Bukit Beta ketika pagi hari dan sore hari. Lokasi wisata Bukit Beta ini berada di Desa Tutuk Siadong, Kecamatan Simanindo.

Danau Aek Natonang

Ini keunikan yang ada di Kabupaten Samosir, ada danau yang di atas danau. Itulah Danau Aerk Natonang yang berada di Desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo. Danau yang terletak di atas Danau Toba ini lumayan banyak wisatawan karena melihat keunikan danau tersebut. Panorama yang tersaji cukup klasik, karena terkadang cukup banyak kerbau berada di pinggir danau. Tempat wisata di Sumatera Utara juga memiliki udara yang cukup sejuk dan air danau yang cukup bersih.

Danau Sidihoni

Inilah danau di atas danau yang kedua setelah Danau Aek Natonang. Pesona alamnya juga sangat cantik apalagi ketika pagi hari, kamu bisa melihat indahnya matahari terbit. Begitu juga ketika matahari hari tenggelam, spot terbaik melihatnya memang di Danau Sidihoni. Tempat wisata di Sumatera Utara ini cukup ramai dikunjungi wisatawan, bahkan kadang ada yang nge-camp di areal danau. Lokasi wisata Danau Sidihoni ini berada di Ronggur Nihuta

Gunung Pusuk Buhit

Kamu bisa melihat keindahan alam Danau Toba yang luar biasa dari puncak Gunung Pusuk Buhit yang memiliki ketinggian 1900 an mdpl. Ketika kamu berada di atas Puncak Gunung Pusuk Buhit kamu bisa melihat hamparan hijau perbukitan dan kilau kebiruan Danau Toba. Udara sejuk pun juga akan menemani kamu di sepanjang p[ernajlanan menuju Gunung Pusuk Buhit. Tempat wisata di Sumatera Utara ini, menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan Geo Park Lake Toba.

Goa Batu Parngongo

Lokasi goa yang berdekata dengan Mata Air Parngongo juga ramai dikunjungi para wistaawna yang suka akan pertualangan goa. Biasanya wisatawan akan mencoba masuk goa dengan melihat interior goa yang masih cukup alami.

Hariara Na Bolon

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang memiliki keunikan tersendiri adalah Hariara Na Bolon. Yakni sebutan untuk pohon-pohon beringin besar yang usia sudah melebihi ratusan tahun, dan tak jarang beberapa wisatawan menyempatkan untuk berphoto di area tersebut. Meskipun banyak masyarakat lokal yang menganggap bahwa Hariara Na Bolon adalah tempat bersembunyinya makhluk gaib. Gimana masih berani selfie di tempat ini?

Komunitas Pengrajin Kain Tenun Ulos

Komunitas ini berdiri di Desa Lumban Suhi Suhi yang hampir mayoritas warganya pengrajin kain tenun ulos. Jika kamu datang di desa tersebut kamu bisa melihat secara langsung proses pembuatan kain tenun ulos. Desa ini sekarang menjadi tempat wisata di Sumatera Utara yang cukup sering dikunjungi oleh wisatawan asing.

Makam Ompu Piso Somalim

Makam ini sangat dilindungi oleh masyarakat lokal dan juga pemerintah Kabupaten Samosir. Karena makam ini sebagai makam yang cukup bersejarah bagi masyarakat Samosir. Ada beberapa cerita yang menceritakan bahwa Ompu Piso Somali mini sebagai Panglima perang Sisingamangaraja. Jadi makam adala sebagai salah satu bukti legenda Batak Toba. Dan hingga sekarang makam tersebut dijadikan sebagai tempat wisata di Sumatera Utara sebagai tempat wisata sejarah. Dan lokasi Makam Ompu Piso Somalim ini berada di Kecamatan Palipi.

Makam Raja Sidabutar

Inilah makam orang yang pertama kali menginjakkan kakinya di Pulau Samosir, dialah Raja Sidabutar. Tempat wisata di Sumatera Utara ini cukup terawat hingga kini, padahal dari usianya makam tersebut sudah berusa sekitar 500 tahun. Cukup banyak wisatawan yang datang ke Makam Raja Sidabutar, karena memang bisa kita lihat dari jarak dekat bentuk makamnya. Lokasi wisata Makam Raja Sidabutar ini berada di Desa Ambarita, Kecamatan SImanindo.

Mata Air Datu Parngongo

Inilah salah satu sumber air bersih yang ada di Kecamatan Si Tio-Tio Kabupaten Samosir. Kejernihan airnya dimanfaatkan oleh masyarakat lokal, dan kini semakin ramai dikunjungi para wisatawan. Tempat wisata di Sumatera ini juga memiliki pesona alam yang cukup indah. Dan menjadi salah satu destinasi wisata andalam Kecamatan Si Tio-Tio.

Menara Pandang Tele

Posisi menara yang berada di atas perbukitan ini menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan Danau Toba. Menara Pandang Tele memiliki 4 tingkat dan ketika berada di tingkat 4 ini kamu bisa melihat eksotisme dari Danau Toba serta lekukan perbukitan. Tempat wisata di Sumatera Utara ini cukup memikat para wisatawan untuk melihat keindahan Danau Toba dari kejauhan. Lokasi wisata Menara Pandang Tele berada di Kecamatan Harian.

Museum Huta Bolon Simanindo

Lokasi museum yang berada di Desa Simanindo, Kecamatan Simanindo ini ketika libur cukup banyak wisatawan domestik maupun asing yang datang. Museum Huta Bolon Simanindo berisi tentang rumah adat suku Batak, patung sigale-gale, dan lain-lain. Tempat wisata di Sumatera Utara ini biasanya cukup sering diadakan event-event tertentu. Misalnya seperti tarian adat yang cukup sering di gelar di Museum Huta Bolon Simanindo.

Pantai Sukkean

Letak pantai yang berada di Kecamatan Onan Rungu ini menjadi salah satu tempat wisata di Sumatera Utara favorit bagi para turis. Pantai Sukkean yang tidak terlalu ramai pengunjung menjadi spot terbaik untuk berenang di pinggiran Danau Toba. Di Pantai Sukkean ini juga ada dermaga kapal yang juga bernama Sukkean. Dimana cukup banyak kapal yang biasanya digunakan untuk mengitari Danau Toba.

Pantai Lagundi Sitamiang

Kecamatan Onan Rungu memang menjadi salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang cukup banyak dikunjungi para wisatawan. Dan salah satunya adalah Pantai Lagundi Sitamiang. Kamu bisa menghabiskan waktu di pantai ini dengan melakukan berbagai aktifitas di pinggir Danau Toba. Selain itu kamu juga bisa memilih resort yang hampir rata-rata memiliki view Danau Toba yang sangat indah.

Pantai Ambarita

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang cukup eksotis ketika sore hari, tepat dimana matahari mulai tenggelam di ufuk barat. Semburat sinarnya semakin membuat Pantai Ambarita terlihat luar biasa indahnya. Pantai Ambarita ini cukup banyak fasilitasnya, mulai dari wahana bermain air, atau kamu juga bisa berkeliling pantai dengan perahu nelayan. Lokasi wisata Pantai Ambarita berada di Kecamatan Simanindo.

Pantai Situngkir

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang tergolong masih baru yang lokasinya berada di Desa Parbaba, Pangururan. Pasir putih dan jernihnya air danau semakin memikat hati para wisatawan untuk menikmati panorama Danau Toba dari dekat. Cukup banyak fasilitas di pPantai Situngkir. Seperti speedboat, ban apung, atau faslitas lainnya juga cukup tersedia di pantai ini. Pantai ini semakin terlihat sangat cantik dengan banyaknya pepohonan yang berjajar di pinggi pantai.

Pantai Pasir Putih Parbaba

Instagramable, itulah kata yang tepat buat Pantai Pasir Putih Parbaba. Warna pasir putihnya memang sungguh-sungguh bersih, dipadukan dengan birunya air danau semakin menambah eksotisme Pantai Pasir Pustih Parbaba. Tempat wisata di Sumatera Utara ini menjadi salah satu pantai favorit para wisatawan. Selain keindahan panorama pantainya, udaranya yang tidak terlalu panas semakin membuat wisatawan betah berada di pinggir pantai. Lokasi Pantai Pasir Putih Parbaba berada di Desa Situngkir Panghururan.

Pulau Tulas

Inilah sebuah pulau yang berada di tengah Danau Toba dan pulau tersebut tidak berpenghuni dan sangat jarang sekali orang yang kesana. Kamu bisa melihat keindahan Pulau Tulas melalui Pusuk Buhit. Tempat wisata di Sumatera Utara yang berada di Kecamatan Sianjur Mulamula memang cukup eksotis dari kejauhan.

Pemandian Boru Saroding

Jika kamu sudah mulai bosan dengan keindahan pantai di Danau Toba, kamu bisa mencoba wisata alam pemandian air sungai. Tempat wisata di Sumatera Utara ini begitu dikenal oleh warga lokal, Pemandian Boru Saroding. Pemandian ini ada di sungai dengan memiliki air terjun yang kecil tapi airnya cukup menyegarkan. Lokasi wisata Pemandian Boru Saroding berada di Kecamatan Sitiotio.

Pemandian Air Panas Simbolon

Tidka hanya menyuguhkan keindahan Danau Toba saja di Kabupaten Samosir. Tapi juga memiliki pemandian air panas,bagi para wisatawan untuk menghilangkan rasa lelah. Pemandian Air Panas ini berada di Kecamatan Palipi yang biasanya ramai dikunjungi para wisatawan tepat di hari libur.

Pesanggrahan Soekarno

Inilah bangunan Belanda yang sangat bersejarah yang berada di tepi Danau Toba. Pesanggrahan Soekarno namanya. Inilah rumah pengasingan Sang Proklamator ketika masa penjajahan Belanda dulu. Awalnya Pesanggrahan Sukarno ini dibangun tahun 1927 yang digunakan oleh para mandor perkebunan di era Belanda. Pesanggrahan Soekarno ini menjadi tempat wisata di Sumatera Utara yang cukup sering dikunjungi para wisatawan.

Patung Liberty Malau

Inilah sebuah tugu untuk memperingati perjuangan masyarakat melkawan penjajah tahun 1945. Bangunan tugu yang diresmikan oleh Raja Inal Siregar pada tahun 1992 ini masih berdiri kokoh hingga sekarang. Tugu Liberty Malau ini bisa kamu lihat ketika kamu akan masuk ke Kecamatan Pangururan.

Rumah Bolon

Itulah sebutan rumah adat suku Batak yang ada di Samosir. Bangunan ini dibuat oleh suku Batak menggunakan kayu. Dan yang paling unik adalah tanpa adanya satu paku pun ketika membuat Rumah Bolon. Tempat wisata di Sumatera Utara ini berada di Kampung Siallagan dan cukup ramai dikunjungi para wisatawan domestik maupun asing.

Sidabasa

Jika kamu ingin lebih mengetahui suku Batak yang ada di Kabupaten Samosir, kamu harus mengunjungi Sidabasa. Di tempat wisata di Sumatera Utara yang berada di Kecamatan Onan Rungu ini kamu bisa melihat rumah asli suku Batak dan juga kebudayaan yang masih mereka pertahankan hingga kini. Dan yang pasti hampir semua tempat yang ada di Sidabasa selfieable dengan background rumah adat suka Batak.

Tambun Surlau

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara terutama di Samosir yang menjadi destinasi utama turis asing adalah Tambun Surlau. Karena di obyek wisata ini budaya tentang suku Batak masih kental. Dan juga banyaknya rumah adat Batak yang tepat berada di pinggir danau menjadi pemandangan yang tidak mereka temukan di negaranya. Belum lagi dengan air danau yang begitu jernih serta berbagai fasilitas yang ada seperti kolam pemandian dan juga seperti kapal untuk mengitari sekeliling danau.

Tuktuk Siadong

Tempat wisata di Sumatera Utara ini bisa dibilang sebagai spot terbaik untuk menikmati keindahan Danau Toba. Hampir setiap sudut desa akan disuguhi dengan panorama yang cantik. Dan berbagai fasilitas sangat lengkak di Tuktuk Siadong. Mulai dari berbagai macam kelas hotel hingga kafe tempat nongkrong menikmati keindahan danau pun tersedia di sisni.

Tempat Wisata di Padangsidempuan

Satu lagi tempat wisata di Sumatera Utara yang cukup terkenal berada di Kota Padang Sidempuan, yakni Bukit Tor Somarsayang. Tapi tidak cukup di situ saja, ada beberapa obyek wisata lainnya yang tidak kalah menariknya. Berikut ini beberapa obyek wisata menari di Kota Padangsidempuan.

Tor Simarsayang

Tor Simarsayang merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi favorit bagi masyarakat disekitar Padangsidempuan. Letaknya yang berada di atas bukit membuat kamu dapat melihat indahnya hamparan pepohonan hijau yang rindang. Serta jika malam tiba para wisatawan dapat menikmati kerlap-kerlip lampu kota dari ketinggian bukit ini. Tempat wisata di Sumatera Utara ini berjarak sekitar 4 kilometer dari pusat kota Padangsidempuan.

Tempat Wisata di Pematang Siantar

Kota terbesar kedua di Provinsi Sumatera ini juga cukup menarik untuk dikunjungi. Mulai dari tata kota maupun tempat-tempat yang bisa memanjakan hari libur kamu. Tempat wisata di Sumatera Utara yang memiliki daya pikat bagi wisatawan yang berada di Kota Pematangsiantar, bisa kamu lihat di bawah ini.

Air Terjun Jambuara

Air Terjun Jambuara juga sering disebut dengan nama lain Air Terjun Mamabu. Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara tersebut belakangan tengah hits setelah seorang backpacker memposting keindahan air terjun ini di sebuah grup Backpacker Medan. Air Terjun Jambuara masih alami dan memiliki pemandangan yang asri. Untuk mencapai air terjun ini, kamu harus menempuh jarak sekitar 183 kilometer dari kota Medan.

Taman Hewan Pematang Siantar

Taman Hewan Pematang Siantar atau dikenal juga dengan Siantar Zoo ini merupakan kebun binatang yang mempunyai koleksi satwa terlengkap serta terbaik di Sumatera Utara. Bahkan Taman Hewan ini mengalahkan Kebun Binatang Medan. Siantar Zoo berdiri pada lahan seluas 4,5 hektar. Tak hanya memiliki koleksi satwa yang lengkap, Siantar Zoo juga memiliki wahana bermain anak-anak seperti komedi putar, baling-baling, kereta api dll.

Pemandian Alam Simatahuting

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang menjadi primadona bagi wisatawan lokal. Pemandian ini mempunyai air yang berasal dari sumber alami dan jernih. Lokasi dari pemandian tersebut tak jauh dari Pemandian Bah Damanik. Air di Pemandian Alam Simatahuting sangat dingin dan segar, ditambah dengan pemandangan persawahan disekitar akan membuat kamu tak ingin beranjak dari tempat wisata tersebut.

Taman Bunga Siantar

Tempat wisata yang satu ini juga sering disebut Lapangan Merdeka Siantar. Berada di pusat Kota Siantar tepatnya di jalan Merdeka, Taman Bunga Siantar selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal. Terdapat pepohonan yang rindang serta ditambah angin sepoi-sepoi membuat masyarakat Siantar betah berlama-lama menikmati suasana yang asri sembari menghilangkan penat akibat rutinitas sehari-hari. Pengunjung dapat menyewa tikar serta membeli camilan yang dijajankan oleh pedagang-pedagang kaki lima.

Siantar Waterpark

Tempat wisata yang berada pada pusat Kota Pematang Siantar ini terbilang cukup baru. Walaupun demikian, Siantar Waterpark kini menjadi salah satu wisata favorit bagi masyarakat Pematang Siantar. Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal. Terdapat berbagai wahana permainan air seperti Water Wave, Super Fun Bowl hingga kolam renang untuk orang dewasa dan anak-anak. Dengan biaya Rp. 50.000 saja wisatawan dapat menikmati seluruh wahana yang ada di Siantar Waterpark ini.

Museum Simalungun

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang telah berdiri sejak tahun 1936. Museum ini menawarkan wisata kebudayaan serta sejarah. Di museum yang diprakarsai oleh 7 orang raja tersebut terdapat beberapa peninggalan dari Kerajaan Simalungun. Salah satunya adalah Pingga Pasu, yaitu piring khusus yang dipergunakan hanya oleh raja. Jika kamu pecinta wisata sejarah, Museum Simalungun patut menjadi destinasi wisatamu selanjutnya.

Tempat Wisata di Sibolga

Salah satu Kotamadya yang ada di Provinsi Sumatra Utara ini juga menyimpan banyak obyek wisata keren. Karena posisi Sibolga berada di Teluk Tapian Nauli membuatnya memiliki wisata bahari yang memiliki eksotisme dan keunikan tersendiri. Ada beberapa tempat wisata di Sumatera Utara yang menarik yang ada di Koa Sibolga

Benteng Bukit Ketapang

Benteng Bukit Ketapang merupakan benteng peninggalan Jepang yang kini beralih fungsi menjadi salah satu tempat wisata di Sibolga. Terdapat setidaknya enam buah benteng di kawasan ini. Wisatawan dapat melihat keindahan Kota Sibolga dari tempat ini. Selain itu, Benteng Bukit Ketapang juga memiliki nilai sejarah yang tinggi. Jika matahari mulai tenggelam, tersaji pemandangan sunset yang menakjubkan dari atas Bukit Ketapang.

Bukit Tor Simarbarimbing

Salah satu bukit yang menjadi destinasi favorit wisatawan di Kota Sibolga. Dari atas Bukit Tor Simarbarimbing ini wisatawan dapat melihat indahnya Kota Sibolga dari ketinggian. Rindangnya pepohonan serta alam yang masih asri merupakan daya tarik bagi para pecinta hiking untuk menaklukkan bukit ini. Selain itu, dari atas bukit wisatawan dapat melihat indahnya Teluk Tapian Nauli.

Pantai Indah Kalangan

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang sangat populer di Sibolga. Tempat wisata di Sumatera Utara tersebut memiliki panorama alam yang sangat indah dan patut untuk dikunjungi. Pantai ini dikelilingi oleh perbukitan hijau yang seakan melengkapi indahnya birunya lautan luas. Terhampar pasir putih di sepanjang bibir pantai seolah menjadi magnet bagi para wisatawan lokal maupun asing untuk mengunjungi pantai ini.

Pantai Ujung Sibolga

Pantai Ujung Sibolga adalah pantai yang menjadi destinasi favorit bagi warga Sibolga karena lokasinya dekat dengan pusat kota. Berbeda dengan pantai lainya, pantai ini memiliki pasir kecoklatan yang membentang luas disepanjang pantai. Tempat wisata di Sumatera Utara tersebut sering kali ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik dari luar kota maupun daerah sekitar. Sering dijumpai wisatawan bersantai di pantai pada sore hari sembari menikmati panorama keindahan sunset yang menawan.

Pulau Poncan Gadang

Tempat Wisata di Sumatera ini merupakan salah satu pulau yang terkenal akan keindahan pantainya. Pasir putih terhampar disepanjang pantai pulai yang konon merupakan tempat persembunyian tentara Jepang. Tak hanya itu, pulau ini memiliki air yang jernih serta berbagai spesies ikan hias dan terumbu karang indah didalamnya. Pulau ini tertata apik, serta mempunyai fasilitas yang sangat memadai untuk para wisatawan. Kamu dapat mencapai Pulau Poncan Gadang selama 15 menit dengan menggunakan speedboad dari Kota Sibolga.

Pulau Poncan Ketek

Pulau ini letaknya berdekatan dengan Pulau Poncan Gadang. Memiliki keindahan yang tak kalah dari pulau Poncan Gadang hanya luasnya saja yang lebih kecil. Wisatawan akan disuguhkan lembutnya pasir putih, jernihnya air laut serta panorama bawa air yang indah. Tempat wisata di Sumatera Utara ini masih alami serta tak banyak dikunjungi oleh wisatawan. Hal tersebut seakan menambah daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Pulau Poncan Ketek.

Pulau Sarudik

Pulau yang juga dikenal dengan Pulau Sarudut ini menyimpan berbagai pesona alam didalamnya. Masih alami serta tak banyak dijamah orang, pulau ini memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan. Putihnya pasir pantai dipadukan dengan birunya lautan, menjadi daya tarik utama Pulau Sarudik. Wisatawan dapat melakukan aktivitas berenang, memancing, bermain pasir atau snorkeling untuk menikmati keindahan ikan-ikan cantik serta terumbu karang nan indah.

Tangga Seratus

Tempat ini merupakan tempat wisata bersejarah yang merupakan peninggalan dari zaman penjajahan Belanda. Kini Tangga Seratus beralih fungsi sebagai tempat wisata dan olahraga bagi penduduk Kota Sibolga. Dari puncak Tangga Seratus akan terlihat jelas indahnya pemandangan Kota Sibolga. Kamu dapat melihat pulau-pulau kecil serta hamparan birunya lautan luas dari atas tempat wisata di Sumatera Utara tersebut. Selain itu yang paling menarik adalah wisatawan dapat melihat keindahan Teluk Tapian Nauli yang nampak sempurna dari ketinggian.

Tempat Wisata di Tanjung Balai

Salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di Kota Tanjungbalai adalah Sungai Asahan. Dan pada akhirnya seperti ikon dari Kota Tanjungbalai. Selain itu tempat wisata di Sumatera Utara lainnya yang berada di Kota Tanjungbali ada yang cukup menarik untuk dikunjungi. Dan berikut ini beberapa tempat wisata di Tanjungbali.

Jembatan Tabayang

Jembatan ini terletak pada Sungai Asahan yang telah terkenal di daerah Sumatera Utara. Panjang dari jembatan ini mencapai 600 meter dan merupakan penghubung antara kota Tanjung Balai dan kabupaten Asahan. Kamu dapat menikmati keindahan Sungai Asahan dari atas jembatan ini serta hijaunya pepohonan di kanan-kiri sungai. Saat malam tiba, pemandangan di Jembatan Tabayang semakin indah karena lampu-lampu yang mulai menerangi.

Kelenteng Dewi Samudera

Kelenteng ini merupakan kelenteng terbesar yang ada di Kota Tanjung Balai. Nuansa Tirai Bambu sangat terasa pada arsitektur bangunan yang merupakan tempat ibadah umat Konghucu tersebut. Didominasi warna merah serta terdapat ornamen-ornamen naga merupakan ciri khas dari bangunan ini. Kelenteng yang diresmikan pada tahun 2009 tersebut dipercaya membawa kemakmuran dan keselamatan.

Water Boom Tanjung Balai

Tempat ini menjadi salah satu objek wisata yang paling diminati di Tanjung Balai. Tempat wisata di Sumatera Utara ini sangat ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun dari luar kota. Terdapat berbagai wahana bermain anak-anak serta kolam renang yang cukup besar. Tempat ini merupakan tempat wisata yang cocok untuk rekreasi keluarga di akhir pekan.

Tempat Wisata di Tebing Tinggi

Kota Tebing Tinggi memiliki iklim yang cukup panas, mungkin saja sebanding dengan Jakarta. Meskipun hanya sedikit tempat wisata yang ada di Kota Tebing Tinggi, tapi budaya kota ini juga cukup layak untuk dikunjungi.

Waterpark Gundaling

Tempat wisata ini adalah salah satu wisata yang menjadi destinasi favorit masyarakat Kota Tebing Tinggi. Waterpark Gundaling menyediakan berbagai wahana permainan anak-anak hingga kolam renang dewasa. Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dalam kota maupun luar kota. Tak hanya lengkapnya wahana permainan, Waterpark Gundaling juga dikenal sebagai objek wisata yang murah bagi masyarakat sekitar.

Tempat Wisata di Kota Binjai

Dulunya Kota Binjai menjadi ibukota dari Kabupaten Langkat, tapi setelah pemekaran jadilah Kotamadya. Tempat wisata di Sumatera Utara yang tepatnya berada di Kota Binjai bisa membius para wisatawan. Karena wisata alam yang dimiliki oleh Kota Binjai tidak kalah eksotisnya dibandingkan dengan kota-kota lainnya yang ada di Provinsi Sumatera Utara.

Pantai SB

Pantai merupakan tempat wisata yang kini seakan menjadi ikon dari Kota Binjai karena kepopulerannya. Nama SB sendiri berasal dari Suherman Bangun, orang mempunyai andil besar dalam pembangunan pantai yang dulu merupakan sungai biasa ini. Pantai ini masih alami dengan air sungai yang masih sejuk dan segar. Selain itu wisatawan dapat juga melihat penangkaran unggas yang berada di sekitar pantai ini.

Sungai Bingei

Bagi kamu pecinta olahraga ekstrim, tempat wisata di Sumatera Utara ini patut menjadi destinasi liburanmu berikutnya. Sungai tak begitu dalam tetapi memiliki bebatuan yang cukup banyak serta jeram yang menantang. Tak hanya itu, air di sungai ini juga sangat jernih serta memiliki pemandangan alam yang masih alami disekitar kiri dan kanan sungai. Sungai Bingei selalu ramai dikunjungi oleh para pencinta olah raga arung jeram tiap akhir pekan.

Taman Balita

Seperti namanya taman ini merupakan taman yang diperuntukan sebagai tempat bermain balita dan anak-anak. Terdapat berbagai wahana permainan yang dapat digunakan oleh anak-anak yang bermain di taman ini. Selain itu, di taman ini juga memiliki koleksi burung yang lengkap. Taman ini selalu ramai dikunjungi warga Kota Binjai ketika menjelang sore hari atau akhir pekan.

Taman Remaja Binjai

Konsep taman ini hampir sama dengan Taman Balita yang diproyeksikan pemerintah Kota Binjai sebagai ruang terbuka hijau dan tempat wisata. Taman ini telah direnovasi sedemikian rupa sehingga kini nampak asri, tertata rapi dan ditumbuhi pepohonan hijau alami. Suasana di Taman Remaja ini sangat sejuk sehingga banyak pengunjung yang betah berlama-lama di taman ini. Tempat Wisata di Sumatera Utara ini biasanya ramai dikunjungi ketika pagi dan sore hari.

Lapangan Merdeka Binjai

Tempat yang satu ini merupakan ruang terbuka hijau yang terletak di pusat Kota Binjai. Lapangan ini kini telah dipugar serta diperbaiki menjadi taman yang asri, nyaman dan sedap dipandang mata. Wisatawan dapat melakukan kegiatan seperti panjat tebing serta bersantai menikmati keindahan malam kota rambutan ini. Setiap malam lapangan ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat Kota Binjai yang sekedar bersantai dan menikmati keindahan malam.

Kampung Kuliner

Bagi kamu pecinta wisata kuliner tak ada salahnya mengunjungi Kampung Kuliner yang terletak di Kota Binjai ini. Meskipun terbilang baru, Kampung Kuliner kini tengah hits dikalangan pecinta kuliner di Binjai dan daerah sekitarnya. Membawa konsep unik bernuasa outdoor, kampung kuliner tak pernah sepi pengunjung. Wisatawan dapat menikmati berbagai sajian lezat khas Sumatera di Kampung Kuliner ini.

Masjid Raya Binjai

Masjid ini merupakan masjid tertua di kota Binjai yang diperkirakan berumur lebih dari 120 tahun. Selain digunakan sebagai tempat beribadah umat muslim, masjid ini juga memiliki nilai sejarah yang tinggi. Masjid ini merupakan peninggalan dari Kesultanan Langkat yang di bangun sekitar tahun 1887. Masjid ini memiliki seni arsitektur menawan dengan kubah tinggi yang bentuknya hampir mirip dengan masjid di Madinah.

Artikel Terkait