349 Tempat Wisata di Sumatera Selatan Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi
Tempat wisata di Sumatera Selatan cukup beragam, meskipun tidak banyak untuk destinasi wisata bahari. Tapi Provinsi Sumatera Selatan adalah surganya air terjun dan juga sungai-sungai terindah. Ada begitu banyak air terjun dan sungai yang akan membuat kamu kagum melihatnya.

Siapa yang tidak kenal dengan Provinsi yang sering disebut sebagai Bumi Sriwijaya? Salah satu wilayah di tanah air yang Berjaya si Asia Tenggara bahkan hingga benua Afrika pada abad ke 7. Sumatera Selatan sebagai tempat dimana pusat Kerajaan Sriwijaya berdiri dan menjadi sebuah wilayah maritim yang juga terbesar di Nusantara. Dengan sejarahnya yang cukup panjang ini meninggalkan berbagai tempat wisata di Sumatera Selatan terutama wisata cagar budaya yang terbagi menjadi beberapa wilayah di dalamnya.

Ada 17 Kabupaten dan Kota di dalam Provinsi Sumatera Selatan yang dari semuanya memiliki destinasi wisata yang cukup unik dan memiliki pesonanya masing-masing. Mulai dari wisata bahari, wisata alam pegunungan, dan juga tidak ketinggalkan wisata sejarah dan budaya. Dan berikut ini telah kami rangkum dari tiap-tiap wilayah Kabupaten dan Kota yang menyumbangkan daftar tempat wisata di Sumatera Selatan yang wajib untuk dikunjungi.

Tempat Wisata di Banyuasin

Tergolong Kabupaten baru di Provinsi Sumatera Selatan, yang dulunya berada di wilayah Kabupaten Musi Banyuasing. Lalu pada 2002 terjadi pemekaran dan berdiri menjadi Kabupaten sendiri. Salah satu ikon tempat wisata di Sumatera Selatan yang cukup terkanl ada di Kabupaten Banyuasin, yakni Taman Nasional Sembilang. Selain itu juga masih banyak tempat-tempat menarik yang akan memanjakan kamu di hari libur. Berikut ini daftar tempat wisata di Kabupaten Banyuasin.

Bom Berlian

Lokasinya yang berada di pusat Kota Banyuasing, yakni Pangkalan Balai dulunya adalah sebagai tempat kumuh dan juga sering terkenan banjir. Tapi kini dirubah menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang bisa diandalkan oleh Kabupaten Banyuasin. Wisatawan bisa menikmati alam pedesaan dan juga wisata air rawa. Seperti banyak burung-burung seperti kuntul yang terbang kesana kemari dan juga menyusuri sungai rawa dengan pemandangan nan hijau di sekelilingnya. Cukup menarik memang terutama untuk wisata keluarga karena lokasinya yang cukup mudah untuk dijangkau dan dekat dengan pusat Kota Pangkalan Balai.

Danau Air Batu

Pengin selfie dengan background air danau warna toska?? Datang saja di Danau Air Batu yang berada di Desa Air Batu, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Talang Kelapa. Danau bekas galian tanah ini kini menyisakan kubangan besar yang justru memiliki warna air yang sangat eksotis. tebing bekas galian yang memiliki ornamen alami batu semakin menambah kesan artistik tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Untuk menuju lokasi Danau Air Batu sangatlah mudah, dan bisa dilalui kendaraan tanpa harus berjalan kaki cukup jauh.

Desa Sungsang

Lokasinya cukup strategis sebagai destinasi wisata yang ada di Kabupaten Banyuasing yang juga di juluki sebagai Kampung Nelayan.. Potensi seperti wisata bahari, atau sebagai wisata air sangatlah besar dan mampu menarik minat wisatawan utnuk mengunjunginya. Kamu bisa berkeliling menikmati keindahan hutan bakau di Desa Sungsang dan memancing ikan-ikan besar yang menghuni hutan bakau. Selain itu potensi akan kuliner seperti makan khas pempek Sungsang juga sangat terkenal. Jadi ketika kamu mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini kamu juga bisa menikmati kelezatan makanan khas dari Desa Sungsang, yang berada di dalam Kecamatan Banyuasin II.

Hutan Kemampo

Awal dibuatnya destinasi wisata Hutan Kemampo adalah sebagai wisata edukasi, terutama bagi pelajar untuk memahami arti pentingnya hutan dan juga pengenalan berbagai macam pepohonan. Selain sebagai wisata edukasi, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam hutan konservasi. Yang awalnya ada beberapa area permaian seperti flying fox yang ada di tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Namun yang cukup disayangkan adalah masih ada saja perambah hutan yang dilakukan segelintir orang yang merusak ide awal dari konservasi hutan. Lokasi Hutan Kemampo ini terletak di Kelurahan Kayuara Kuning, dan berada di Kecamatan Banyuasin III.

Hutan Suaka Margasatwa Padang Sugihan

Salah satu konservasi dlora dan fauna yang dimiliki Kabupaten Banyuasing adalah Hutam SM Padang Suhian. Salah satu penghuni terbanyak yang ada di hutan ini adalah gajah Sumatera yang memungkinkan kamu untuk melihatnya lebih dekat. Hal yang sangat mengasyikkan memang ketika kamu mengisi hari libur kamu dengan mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Selain kamu lebih dekat dengan alam khususnya hutan dengan pepohonan yang besar, kamu juga bisa menyaksikan berbagai aktifitas gajah Sumatera. Lokasinya berada di Desa Sebokor, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Air Kumbang.

Monumen Front Langkan

Sebuah kehormatan bagi para pejuang dalam mempertahankan NKRI dari kolonialisme Belanda dijadikan sebagai Monument Front Langkan. Dan menjadi saksi bisu atas gigihnya para pejuang dalam peperangan yang berlangsung selama 5 hari di Desa Langkan, Kecamatan Banyuasin III. Di tempat wisata di Sumatera Selatan ini biasanya ketika memperingati hari kemerdekaan 17 Agustus, sering diadakan renungan suci. Sebagai bentuk penghormatan dan juga penghargaan bagi para pejuang ketika itu. Dan kini juga sebagai spot terbaik bagi wisatawan yang datang dari luar Kabupaten Banyuasin, setidaknya sebagai wisata sejarah dan juga selfie pastinya.

Taman Nasional Sembilang

Fungsi dari Taman Nasional Sembilang memang tidak hanya sekedar hutan lindung saja. Tapi juga sebagai hutan produksi, hutan satwa, dan juga sebagai tempat wisata di Sumatera Selatan yang diandalkan Kabupaten Banyuasin. Berbagai fauna seperti harimau Sumatera juga beraanak pinak di hutan ini. Dan yang paling menarik adalah, ketika musim tertentu Taman Nasional Sembilang ini menjadi tempat migrasi burung-burung dari berbagai jenis, dan jumlahnya pun ribuan. Menjadi daya tarik ternsdiri memang, kamu tidak hanya menikmati hutan lindung saja, atau sekedar mengelilingi hutan basah saja, tapi juga bisa melihat ribuan kawanan burung yang berimigrasi.

Tempat Wisata di Empat Lawang

Tidak mau kalah dengan Kabupaten Kepahiang yang berada di sebelah barat dan masuk di Provinsi Bengkulu, Kabupaten Empat Lawang juga menampilkan destinasi wisata yang juga menarik. Dari pemerintah juga terus menggenjot sektor wisata agar tidak kalah dengan Provinsi sebelahnya agar mampu menambah PAD bagi Kabupaten Empat Lawang. Dan berikut ini beberapa tempat wisata di Sumatera Selatan yang menjadi andalan Kabupaten Empat Lawang.

Air Panas Penantian

Salah satu destinasi wisata favorit warga lokal adalah Air Panas Penantian. Selain bisa menikmati panorama alam pedesaan air panas yang berada di sungai ini justru mampu mengobati berbagai macam penyakit. Seperti pengakuan warga yang terkena stroke dan hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 bulan untuk sembuh kembali. Akhirnya kini tidak hanya menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan saja, tapi juga sebagai tempat relaksasi alami yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Airnya tidak tercium bau belerang, mungkin karena inilah banyak warga yang nyaman berada di Air Panas Penantian. Lokasinya berada di Desa Penantian, yang masih di dalam Kecamatan Paseman Air Keruh.

Air Terjun Batu Betiang

Salah satu tempat wisata di Sumatera Selatan yang bisa menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Empat Lawang adalah Air Terjun Batu Betiang. Tidak hanya mengandalkan keindahan air terjunnya saja, tapi panorama indah di balik Bukit Batu Harum juga menambahkan kesan istimewa. Memang sedikit membutuhkan jiwa petualang ketika mengunjungi Air Terjun Batu Betiang. Mulai dari desa terdekat kamu harus jalan membelah hutan dan menaiki medan tebing yang terjal. Tapi itu semua hanya sedikit rintangan untuk menikmati suduhan alam yang betul-betul sempurna. Airnya yang jernih dan cukup deras, air terjun yang landai dan bisa kamu daki menjadi sajian utama ketika kamu berada di Air Terjun Batu Betiang. Lokasinya terletak di Desa Ulak Dabuk, yang berada di dalam Kecamatan Talang Padang.

Air Terjun Bayau

Salah satu air terjun tertinggi yang ada di Kabupaten Empat Lawang, dengan ketinggian yang mencapai 50 hingga 60 meter. Aliran air terjunnya cukup deras bahkan butiran air yang terjatuh kena bebatuan menyibakkan embun yang cukup segar ketika kamu berada di dekatnya. Air yang jernih mengalir di kubangan bawahnya yang sangat memungkinkan untuk berendam. Memang untuk lokasinya cukup terpencil, maka masih belum begitu banyak traveler yang mengetahuinya. Jadi suasananya begitu menenangkan dan menjanjikans ebuah kedamaian. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini terletak di Desa Sawah, dan berada di dalam Kecamatan Muara Pinang.

Air Terjun Sange

Sebenarnya lokasinya cukup mudah untuk dijangkau tidak seperti lokasi air terjun lainnya yang membutuhkan waktu yang lama untuk sampai di lokasinya. Mungkin karena kurangnya masalah informasi Air Terjun Sange tidak begitu dikenal para traveler. Padahal pesonanya begitu menggoda siapapun yang melihatnya. Aluran airnya cukup deras kontur bebatuannya juga cukup unik, dan tidak ketinggalan pastinya kolam di bawahnya yang membuat wisatawan tak lagi sabar buat berendam. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini berada di Desa Terusan Baru, dan di dalam wilayah Kecamatan Tebing Tinggi.

Air Terjun Tujuh Panggung

Lokasi air terjun yang berada di bawah kaki Gunung Dempo dan juga Bukit Barisan ini sudah pasti akan memberikan nuansa yang sangat berbeda, apalagi dengan ketinggian 1200 mdpl. Udaranya yang sejuk, airnya yang sangat jernih dan alaminya masih sangat asri. Memang sedikit membutuhkan perjuangan untuk mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Kamu harus berjalan kaki dan sedikit mendaki terbing dengan menyibak lebatnya hutan dan juga perkebunan kopi milik warga. Air Terjun Tujuh Panggung memiliki tujuh tingkatan air terjun, dan hampir setiap air terjun memiliki kolam yang bisa buat berendam. Tempat wisata yang sangat menarik ini terletak di Desa Tanjung Alam, dan berada di Kecamatan Lintang Kanan.

Arung Jeram Ulu Musi

Jika dirunut arung jeram di Ulu Musi bisa sangat jauh dari Kabupaten Rejang Lebong yang masuk Provinsi Bengkulu hingga Kabupaten Empat Lawang. Kamu bisa menguji adrenalin kamu dari Desa Ranjung Raya, yang berada di Kecamatan Pendopo Barat, Empat Lawang. Kamu juga bisa menikmati keindahan panorama pedesaan dan juga pepohonan yang berjajar di pinggir sungai. Sangat wajar jika tempat wisata di Sumatera Selatan ini sekarang menjadi andalan Kabupaten Empat Lawang. Apalagi di  Ulu Musi seriang diadakan kompetisi arung jeram yang cukup banyak pesertanya dari luar daerah. Hal ini semakin banyak menarik minat wisatawan domestik maupun asing untuk datang.

Ayek Lintang

Yang berarti Sungai Lintang, ini adalah destinasi wisata pemandian alami yang ada di Kabupaten Empat Lawang. Air sungainya yang begitu jernih, pemandangan alamnya yang begitu sempurna, membuat siapapun akan betah bersatai di Ayek Lintang sembari berendam dan bermain air. Perbukitan yang ditumbuhi pepohonan yang besar menjadi penghias alami untuk tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Bagi traveler yang suka berpetualang bisa juga melakukan aktifitas seperti menyusuri sungai dengan perahu karet atau bisa juga dengan rafting, karena alirannya terkadang cukup deras.

Ayek Payau

Hampir sama dengan Ayek Lintang yang merupakan pemandian alami atau di dalam sungai dengan panorama alamnya yang memukai. Ayek Payau yang bermuara di Ayek Lintang seperti juga sangat cocok untuk kegiatan menyusuri sungai atau bisa juga untuk arung jeram. Udaranya yang sangat sejuk khas pegunungan menyelimuti seluruh pemandian, yang biasanya sangat ramai ketika hari libur. Dengan kedalamannya yang sedang, memungkinkan anak-anak untuk ikut bermain air dan tetap merasakan aman. Tempat wisata di Sumatera Selatan yang cukup menarik ini berada di Muara Pinang, dan sangat cocok juga memang untuk wisata keluarga.

Dolmen (Meja Batu)

Kabupaten Empat Lawang juga memiliki situs cagar budaya, yakni Dolmen atau Meja Batu yang biasanya digunakan sebagai peletakan sesaji. Awalnya Meja Batu ini ditemukan oleh warga dan kini situs tersebut dilindungi pemerintah sebagai cagar budaya. Jika kamu mau mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini juga sangat mudah aksesnya. Lokasinya berada di Kecamatan Muara Pinang.

Jembatan Musi II

Tidak hanya sekedar jembatan dengan kokkohnya berdiri saja yang bisa kamu nikmati ketika berada di Jembatan, tapi ada juga Taman Musi II yang berada di samping dan d bawah jembatan. Dan kini justru menjadi tempat wisata di Sumatera Sealtan yang cukup menarik. Para wisatawan bisa menikmati keindahan panorama sekitar sungai yang dikelilingi oleh perbukitan nan hijau. Selain itu wisatawan yang punya hobby memancing-pun juga bisa tersalurkan. Tak jarang juga sering digelar event perlombaan di sungai seperti balap perahu atau menggunakan perahun karet atau arung Jeram.

Lubuk Payung

Sudah boesen mandi di kolam renang yang terkadang cukup membosankan, dan airnya juga kotor, mungkin kamu bisa mencoba di pemandian alam Lubuk Payung. Suguhan panorama alamnya yang masih asri, bebatuan sungai yang menjadi hiasan alami semakin membuat tempat wisata di Sumatera Selatan ini menjadi kebanggan warga. Memang belum dikelola secara maksimal, tapi pesonanya tetap saja kelihatan keren. Lokasi pemandian alam Lubuk Payung ini terletak di Desa Tanjung Ning lama, yang berada di Kecamatan Tebing Tinggi.

Tugu Emas

Pengin cari spot selfie yang ikonik di Kabupaten Empat Lawang?? Datang saja ke Tugu Emas yang berada di pusat Kota Tebing Tinggi. Suasananya memang sangat mengasyikkkan apalagi ketika hari sudah mulai sore hari, terlihat betul keindahan dari Kota Tebing Tinggi. Kamu bisa bersantai di kawasan tugu, atau bisa juga berada di puncak tebing di belakang Tugu Emas sembari menikmati keindahan Kota Tebing Tinggi. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini emamng cukuo ikonik dan menjadi kebanggan masyarakat Kabupaten Empat Lawang.

Tempat Wisata di Lahat

Salah satu tempat wisata di Sumatera Selatan yang sangat menarik untuk dikunjungi memang terdapat di Kabupaten Lahat. Dan memang Kabupaten ini sangat kaya dengan destinasi wisata air terjunnya, bahkan ada salah satu air terjun yang gaungnya hingga terdengar ke luar negeri. Belum lagi ditambah dengan banyaknya situs sejarah seperti jaman megalitik yang merupadakan cagar budaya. Jadi ketika kamu mengunjungi Kabupaten Lahat bisa jadi dalam seminggu saja masih belum cukup untuk mengunjungi tempat-tempat menarik di Kabupaten Lahat. Dan berikut ini beberapa tempat wisata yang sangat menarik yang ada di Kabupaten Lahat.

Air Terjun Ayek Biru

Desa Serambi yang berada di Kecamatan Jarai memang memiliki air terjun yang sangat unik-unik dan sangat wajib kamu kunjungi, dan kamu tidak akan pernah menyesal mengunjunginya. Tak kalah indahnya dengan Air Terjun Goa Mata yang fenomenal, Air Terjun Ayek Biru ini memiliki eksotismenya sendiri, meski air terjunnya tidak terlalu tinggi tapi kolam airnya yang berwarna biru membuat para traveler bakal terkesima melihatnya. Selain selfieable sudah pasti bakal membuat kamu tidak sabar ingin menikmati kolamnya yang airnya berwarna biru. Dengan dikelilingi bebatuan di sekelilingnya membuat tempat wisata di Sumatera Selatan ini terlihat begitu eksotis.

Air Terjun Ayek Dingin

Slah satu destinasi wisata di Kabupaten yang sangat menarik selanjutnya adalah Air Terjun Ayek Dingin. Selain air terjunnya yang indah, di lokasi yang sama juga ada Goa Semidang Rindu yang cukup eksotis interior goanya. Air Terjun Ayek Dingin ini memang cukup menarik untuk dikunjungi karena posisi air terjunnya diapit oleh dinding bebatuan yang tinggi terjal tapi cukup lebar. Begitu juga dengan debit airnya yang juga besar, membuat kolam di bawahnya menjadi spot untuk berendam yang paling nyaman. Tempat wisata di Sumatera Selatan yang sangat eksotis ini berada di Desa Tunggul Bute, yang berada di Kecamatan Kota Agung.

Air Terjun Ayek Gaung

Sebenanrya belum begitu banyak para traveler yang mengunjungi air terjun yang ada di Desa Talang Martige, Kecamatan Jarai ini. Padahal pesonanya sungguh asri dengan jernihnya air yang banyak dimanfaat oleh warga desa. Tergolong cukup tinggi sekitar lebih dari 10 meter dengan debit airnya yang juga besar. Seperti berendam menjadi suatu keharusan ketika kamu berada di tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Atau hanya sekedar bersantai di pinggir air terjun sembari minum kopi hangat pastiah sangat nikmat. Lokasinya yang tidak begitu jauh dari desa, sangat aman jika kamu ingin nge-camp semalam di areal Air Terjun Ayek Gaung.

Air Terjun Ayek Gegas

Lokasi air terjun ini berada di Desa Talang Sejemput yang masih masuk di wilayah Kecamatan Pulau Pinang. Air Terjun Ayek Gegas ini benar-benar salah satu destinasi wisata yang menawarkan banyak keindahan untuk dinikmati oleh siapapun yang mengunjunginya. Kawasan air terjun ini seakan tertutupi oleh banyaknya pepohonan yang cukup rimbun di setiap kelilingnya. Dengan ketinggian di atas 20 meter semakin membuat tempat wisata di Sumatera Selatan ini sungguh eksotis. Banyak hal yang bisa kamu nikmati ketika berada di Air Terjun Ayek Gegas, mulai dari berendam di kolamnya yang cukup dingin atau hanya bersatai di atas bebatuan sembari menikmati alam ciptaan Sang Maha Kuasa.

Air Terjun Ayik Jernih

Mungkin masih banyak para traveler yang belum mengetahu Air Terjun Ayik Jernih yang sangat dekat dengan Air Terjun Lawang Agung. Cukup eksotis air terjun yang satu ini nyaris seperti bongkahan bebatuan besar yang terbelah yang dialiri oleh derasnya air semakin terlihat sangat unik. Sangat cocok sebenarnya untuk dijadikan spot fotografi, karena ornament bebatuan yang berwarna hitam terlihat begitu eksoits. Untuk lokasinya sendiri dekat dari jalan raya yang menghubungkan Lahat dengan Pagaralam dan juga satu jalur ke arah tempat wisata di Sumatera Selatan satunya, yakni Air Terjun Lawang Agung. Dan secara administrative berada di Desa Lawang Agung, Kecamatan Jarai.

Air Terjun Bale

Dikenal oleh penduduk sekitar dengan nama Curup Bale dan di lokasi yang berdekatan juga terdapat beberapa air terjun, salah satunya adalah Air Terjun Gunung Nyawe. Siapapun yang datang di tempat wisata di Sumatera Selatan ini akan takbjub dengan keindahan air terjun yang tingginya hampir 100 meter ini. Deras air yang turun menyiratkan buih embun yang begitu segar dan dingin, dan tak jarang juga menimbulkan pelangi yang sangat indah dipandang. Dibutuhkan sedikit perjuangan untuk bisa mendekati Air Terjun Bale. Kamu harus menuruni tebing yang sangat terjal dan berpegangan tali rotan dan juga sedikit menyusuri sungai dengan airnya yang sangat jernih. Lokasinya yang berada di kawasan hutan lindung Bukit Jambul Gunung Patah memberikan suasana yang sangat sejuk dan menenangkan. Secara administratif air terjun ini terletak di Desa Karang Endah, yang masih di wilayah Kecamatan Kota Agung.

Air Terjun Batu Betulis

Nyaris tidak terlihata air terjun yang satu ini, karena rapatnya pepohonanyang ada di sekelilingnya. Suasananya sangat nyaman sekali ketika kamu berada di tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Hanya mendengar gemuruh air terjun dan juga kicauan burung yang bersahut-sahutan. Sementara kamu bisa menikmati itu semua dengan bersantai di kolam di bawah air terjun, atau bisa juga bersandar di bebatuan koral yang ada di pinggiran aliran airnya, sungguh istimewa bukan liburan kamu. Untuk menuju lokasi ya cukup lumayan jauh dari desa terdekat, yakni Desa Rambai Kace, Kecamatan Suka Merindu.

Air Terjun Beritis

Bentuk dari Air Terjun Beritis ini sangat unik banget, seperti aliran air dari beberapa penjuru lalu menjadi satu di tengah dan di alirkan ke bagian terendah satunya. Warna dan ornamen bebatuan koralnya semakin membuat Air terjun Beritis ini begitu cantik. Memang tempat wisata di Sumatera Selatan yang satu ini bisa menjadi spot untuk fotografi dengan tema nature waterfall. Untuk lokasinya sesndiri berada di wilayah Kecamatan Kota Agung.

Air Terjun Bidadari

Nama yang sangat tepat untuk menggambarkan keelokan dari Air Terjun Bidadari. Memang membutuhkan sedikit petualangan ketika kamu akan mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Setidaknya harus berjalan kaki selama 45 menit dimulai dari desa terdekat, yakni Desa Karang Dalam. Dengan melewati perkebunan kopi milik warga dan masuk ke tengah hutan, dan hampir selama perjalanan suguhan indahnya alamnya tersaji buat para traveler. Sesampainya di air terjun kamu akan disuguhi keindahan air terjun dengan ketinggian di atas 30 meter dengan debit airnya yang cukup deras. Bebatuan tertata secara alami di bawahnya semakin membuat eksotisme Air Terjun Bidadari. Kamu juga bisa nge-camp di areal air terjun dan yang pasti berendam di kolam akan sangat menyenangkan dan juga untuk relaksasi. Lokasi tepatnya berada di Desa Karang Dalam dan di Kecamatan Pulau Pinang.

Air Terjun Bujang Gadis

Masih berada di lokasi yang sama di Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang yang cukup berdekatan dengan destinasi wisata Air Terjun Bidadari. Bahkan jaraknya saja tidak lebih dari 100 meter, maka sangat wajib untuk kamu kunjungi, setelah kamu merasakan kesegaran Air Terjun Bidadari. Meski kolamnya tidak terlalu besar dan juga dangkal, tapi tetep keren dipakai untuk spot selfie. Dengan background air terjun disertai bebatuan yang besar yang sedikit tertutup pepohonan rindang semakin membuat tempat wisata di Sumatera Selatan ini begitu mempesona.

Air Terjun Cughup Tembok 1

Di dalam kawasan desa yang sama ada beberapa air terjun yang sama-sama indahanya, dan namanya Air Terjun Cughup Tembok 1 dan Air Terjun Cughup Tembok 2. Untuk Air Terjun Cughup Tembok 1 memang sedikit lebih tinggi dari pada yang satunya dan aliran airnya cukup deras, sehingga memnuhi kolamnya yang cukup luas. Wisatawan akan dimanjakan dengan segarnya air di dalam kolam, mulai dari berendam hingga berenang. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini letaknya di Desa Tanjung Raya dan berada di dalam Kecamatan Gumay Ulu.

Air Terjun Cughup Tembok 2

Sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan Air Terjun Cughup Tembok 1, tetapi sama-sama memiliki debit air yang cukup besar dan juga kolamnya yang juga luas. Uniknya di tempat wisata di Sumatera Selatan ini, kontur air terjunnya bertingkat-tingkat dan memungkinkan bagi siapapun untuk beradadi puncak air terjun. Saking padatnya pepohonan di sekitaran air terjun hampir semua dedaunan di atasnya menjadi payung alami bagi Air Terjun Cughup Tembok 2. Lokasinya sendiri juga berdekatan dengan air terjun satunya hanya membutuhkan beberapa menit saja untuk sampai di Air Terjun Cughup Tembok 2.

Air Terjun Curup Buluh

Eksotisme tidak akan kalah dengan air terjun fenomenal Air Terjun Curup Maung. Dengan memiliki keunikan bebatuan yang bertingkat-tingkat seakan tertata sendirinya oleh alam, membuatnya Air Terjun Curup Buluh tak pernah sepi dari pengunjung. Yang bikin semakin terlihat eksotisnya lagi adalah banyaknya pohon bambu yang ada di dekat tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Dan inilah spot selfie terbaik dengan background air terjun dan di samping kanan kirinya pepohonan bambu yang mirip terowongan alami. Sangat memungkinkan untuk wisatawan mendaki tiap tingkatan bebatuan air terjun, tapi harus ekstra hati-hati karena memang cukup licin dan derasnya air yang turun dari puncak air terjun. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa LubukSelo, dan berada di wilayah Kecamatan Gumay Ulu.

Air Terjun Curup Maung

Inilah destinasi andalan yang dimiliki oleh Kabupaten Lahat, yang gaungnya terdengar hingga luar negeri. Betapa tidak keindahan dari air terjun yang berpadu dengan tebing yang penuh dengan dedaunan atau rerumputan yang tumbuh di tebing terjal. Seakan air keluar dengan sendirinya dari tebing setinggi 80 meter. Lokasinya yang ada di dalam hutan membuat tempat wisata di Sumatera Selatan ini benar-benar sangat sejuk dan menjanjikan kedamaian. Untuk menuju Air Terjun Curup Maung memag membutuhkan perjalanan melewati hutan lebat dan juga sedikit pendakian, tapi itu semua akan terbayarkan ketika melihat keindahan Air Terjun Curup Maung. Lokasinya berada di Desa Padang Muaro Duo, dan berada di dalam wilayah Kecamatan Gumay Ulu.

Air Terjun Duguk

Desa Sapay yang berada di wilayah Kecamatan Pagar Gunung tidak mau ketinggalan dengan wilayah lainnya, juga menampilkan keindahan alamnya, yakni Air Terjun Duguk. Tergolong cukup tinggi hingga mencapai di atas 20 meteran, airnya juga cukup deras dengan dibalik air terjun menempel pepohonan nan hijau. Seakan menjadi harmoni alam yang begitu sempurna, ketika air berpadu dengan berbagai dedaunan yang hijau. Kolam di bawahnya akan selalu siap memanjakan wisatawan yang datang, mulai dari berendam menikmati alam atau hanya sekedar menikmati segarnya guyuran air terjun. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini tergolong cukup ramai, mungkin karena tidak terlalu jauh dari Desa Sapay dan aksesnya pun juga sangat mudah.

Air Terjun Embun Bulo

Perjalanan yang pasti bakal membuat kamu terpukau ketika berkunjung di Desa Lubuk Selo, Kecamatan Gumay Ulu, dimana salah satu destinasi wisata menarik ini berada. Inilah Air Terjun Embun Bulo yang memang hadir untuk dinikmati semua traveler yang mengunjunginya. Debiat airnya tidak besar tapi justru terlihat seperti tirai tipis yang menutupi tebing yang terjal. Membutuhkan beberapa menit perjalanan untuk menuju tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Tapi itupun akan hilang seketika setelah melihat pesona Air Terjun Embun Bulo.

Air Terjun Gimo

Lokasi Air Terjun Gimo tidak jauh dengan Air Terjun Tangge yang masih sama di Bukit Barisan. Masih belum begitu banyak para traveler yang mengetahui keberadaan dari Air Terjun yang sangat indah ini. Untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Gimo kamu harus berjalan selama kurang lebih 2 jam dari Desa Pelajaran. Dan tak jarang juga harus memaksamu untuk sedikit mendaki medan yang terjal dan cukup licin. Tapi itu semua akan terbayarkan ketika berada di Air Terjun Gimo dengan dua air terjun denagnketinggia 3 meteran lalu di bawahnya ada air terjun kecil yang memiliki kolam yang cukup lebar. Bebatuan besar dan berlumut hijau seakan menjadi penghias alami tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Memang lebih baik mendirikan kemah jika mengunjungi Air Terjun Gimo yang berada di Desa Pelajaran, Kecamatan Jarai ini. Karen jika langsung pulang hanya rasa lelah yang kamu dapatkan, tanpa menikmati dan bersentuhan langsung dengan alam.

Air Terjun Goa

Unik dan suadh pasti sangat menarik yang akan membuat penasaran para traveler. Berbeda dengan air tejrun pada umumnya, Air Terjun Goa ini berada di dalam goa, dan semakin menariknya lagi adalah ada kolamnya juga di dalam goa yang berbentuk vertikal. Tidak terlalu dalam tapi ornamen dinding goa dan juga jernihnya air di kolamnya semakin membuat betah wisatawan berlama-lama di dalam goa. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini, tepatnya berada di Desa Muara Jauh, yang masih berada di dalam Kecamatan Muara Payang.

Air Terjun Goa Mata

Ingin mengunjungi destinasi yang cukup unik di Kabupaten Lahat? Datang saja di Air Terjun Goa Mata, seakan dua destinasi wisata menjadi satu, satu sisi bisa menikmati keindahan Goa Mata, dan juga air terjun yang ada di dalam satu lokasi. Yang paling keren adalah di depan goa terdapat kolam yang cukup lebar dengan kedalaman yang sedang. Airnya sangat jernih seakan berada di bathtub jumbo alami yang terbuat dari bebatuan alam. Bahkan airnya pun yang ada di kolam alami ini berwarna biru, siapapun pasti ga bakal sabar pengin cepet-cepet nyebur. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Serambi, yang masih berada di wilayah Kecamatan Jarai.

Air Terjun Gunung Nyawe

Tidak kalah eksotisnya dengan Air Terjun Curup Maung, tempat wisata di Sumatera Selatan ini juga memiliki dinding tebing yang ditumbuhi pepohonan kecil yang cukup rimbun dibalik air terjunnya. Semakin terlihat begitu eksotis dengan dinding tebingnya yang berwarna kuning, yang juga berpotensi untuk panjat tebing. Air Terjun Gunung Nyawe memiliki kolam di bawahnya yang cukup luas, yang memungkinkan wisatawan untuk menikmati kesegaran air alami yang sangat jernih. Begitu juga dengan alran sungainya juga bisa menjadi spot selfie dengan nuansa naturalnya yang cukup kental. Lokasi air terjun ini berada di Desa Talang Sejemput, yang masih di wilayah Kecamatan Pulau Pinang.

Air Terjun Haman

Untuk air terjun yang satu ini cukup unik, berada di tengah sungai seperti adanya patahan sungai yang kemungkinan saja terjadi sudah beribu-ribu tahun yang lalu. Dan akhirnya membentuk air terjun yang sangat indah berpadu dengan ornamen bebatuan yang cukup unik. Masih belum begitu banyak traveler yang mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini, jadi suasana yang tenang, dan panoramanya yang masih sangat asri benar-benar tersaji di Air Terjun Haman. Membutuhkan beberapa menit perjalanan menyusuri jalan setapak dari Desa Sumpur, yang masih berada di wilayah Kecamatan Gumay Ulu.

Air Terjun Hamparan Batu

Panorama alam yang begitu eksotis, disajikan Air Terjun Hamparan Batu, tidak hanya keindahan air terjunnya saja. Tapi juga pesona alamnya yang menyejukkan mata dan juga aliran airnya diantara bebatuan benar-benar membuat tempat wisata di Sumatera Selatan ini semakin indah. Kamu bisa menikmatinya berendam diantara bebatuan dengan dialiri air khas pegunungan yang bersih dan nyaris tanpa henti. Butuh waktu beberapa menit dari desa terdekat untuk menuju lokasi air terjun. Lokasi tepatnya berada di Desa Pelajaran yang masih di wilayah Kecamatan Jarai.

Air Terjun Hinjing

Disebut juga dengan nama Air Terjun Kehinjing oleh warga setempat. Mungkin akan banyak wisatawan yang tercengang melihat keindahan dari Air Terjun Hinjing ini, apalagi baru pertama kali mengunjunginya. Namun untuk menuju tempat wisata di Sumatera Selatan ini tidaklah mudah, jarak tempuhnya yang cukup jauh dan juga trackingnya yang berat bisa menjadi kendala. Tapi itu semua akan terbayarkan dengan melihat saja, mungkin rasa lelah kamu akan sekejap sirna. Air Terjun Hinjing ini memiliki tiga tingkatan, jika dari dasar hingga puncaknya, kemungkinan ketinggiannya melebihi 50 meter. Tapi masih sangat memungkinkan untuk menaiki tingkat kedua, tapi harus ekstra hati-hati dan memang khsuus yang berpengalaman panjat tebing aja. Yang air terjun paling dasar ada kolamnya yang airnya sangat jernih. Mungkin mendirikan kemah di sekitaran air terjun akan semakin asyik, dan seperti menyatu dengan alam. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Rindu Hati, Kecamatan Gumay Ulu.

Air Terjun Hiting

Beum begitu banyak para traveler yang mengunjungi Air Terjun Hiting yang berada di Desa Kedaton, Kecamatan Pagar Gunung. Memang tracknya agak lumayan berat dan juga jaraknya dari Desa Kedaton juga lumayan. Jadi jika kamu ingin mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini kamu harus membawa perbekalan yang cukup, dan gunakanlah pemandu dari desa agar tidak salah arah. Lumayan tinggi air terjun yang satu ini lebih 10 meter tingginya dan airnyapun juga sangat deras. Yang menarik adalah suasana di Air Terjun Hiting ini begitu alami, nyaris tanpa adanya kerusakan oleh tangan-tangan jahil manusia.

Air Terjun Jambat Genting

Siapapun yang mengunjungi Air Terjun Jambat Genting akan dibuat takjub oleh keindahaan tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Air terjun ini sangat tinggi, dengan ketinggian 114 meter ini membuat suara gemuruh yang bisa didengar dari kejauhan. Ada kemumgkinan Air Terjun Jambat Genting ini menjadi air terjun tertinggi di Kabupaten Lahat. Uniknya lagi tebing air tejrunnya banyak ditumbuhi tanaman hijau, dan nyaris tebing bebatuannya tidak terlihat sama sekali. Saking tinginya air yang jatuh ke bawah menghasilkan percikan air bahkan terlihat sangat berembun. Untuk mengunjungi Air Terjun Jambat Genting kamu harus persiapan secara fisik dan menjaga stamina. Karena lokasinya sendiri sangat jauh dan memubtuhkan waktu 2 jam perjalanan dengan melewati, perkebunan, hutan, dan juga menyusuri sungai. Untuk lokasi air terjun ini terletak di Desa Sindang Panjang yang berada di dalam Kecamatan Tanjung Sakti Pumi.

Air Terjun Kandis

Sangat indah dipandang memang untuk air terjun yang satu ini, meskipun debit airnya tidak besar tapi warna biru airnya yang membuat mata memandang terasa sejuk. Tingg air terjun yang tidak sampai 1-0 meter ini dipenuhi dengan pepohonan yang sangat rindang, semakin membuat sejuk suasana di sekitar air terjun. Yang sangat menarik di tempat wisata di Sumatera Selatan ini adalah, airnya mengandung belerang.jadi memang sangat baik untuk kesehatan. Kamu bisa merasakan guyuran air belerang tiada henti di bawah air terjun, atau berendam di kolamnya yang berwarna biru sembari menikmati indahnya alam sekitar. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Keban yang masih berada di dalam Kecamatan Lahat.

Air Terjun Karlantang

Satu lagi air terjun yang sangat eksotis ditemukan di Kabupaten Lahat, tepatnya di Desa Pajar Bulan, Kecamatan Mulak Ulu. Tidak usah ditanya lagi eksotisnya Air Terjun Karlantang ini. Mungkin sudah biasa jika air terjun di apit pepohonan, tapi tidak untuk tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Air terjun dan kolamnya di apit tebing batu yang tingginya hampir 10 meter. Jernihnya air di kolam yang cukup lebar dan panjang ini menjadi spot ternyaman buat berendam. Berpadu dengan ornament bebatuan yang terbentuk secara alami semakin menambah indahnya Air Terjun Karlantang. Untuk menuju ke lokasi air terjun tidak begitu jauh hanya beberapa meter saja dari jalan aspal Desa Pajar Bulan. Air terjun ini juga dinamakan sebagai Air Terjun Pesinggahan oleh warga, karena memang sebagai tempat singgah warga jika mau berangkat atau pulang dari kebun.

Air Terjun Kembar

Masih belum begitu banyak traveler yang mengetahui tempat wisata di Sumatera Selatan ini, jadi masih benar-benar terjaga dan tidak ada sampah berserakan bekas wisatawan yang tidak tahu diri. Air Terjun Kembar ini cukup tinggi kemungkinan 20 meter hingga 30 meteryang dikelilingi tebing terjal yang berbaur dengan pepohonan yang menjulang tinggi. Airnya juga sangat deras yang mengalir ke sungai kecil di bawahnya yang biasanya menjadi spot terbaik untuk menikmati kesegaran air dengan berendam. Bebatuan koral yang berada di pinggiran kolam air terjun dan sungai semakin menambah keasrsian air terjun yang berada di Desa Sinjar Sari, Kecamatan Gumay Ulu.

Air Terjun Kerinjing

Disebut juga dengan Air Terjun Kehinjeng oleh warga lokal. Air terjun Kerinjing ini cukup dekat dengan air terjun yang menggetarkan para traveler dunia yakni Air Terjun Maung. Dan untuk lokasinya sendiri sebelum Air Terjun Maung. Uniknya lagi air tejrun ini memiliki dua tingkatan yang sama-sama tinggi, yang keduanya memiliki ketinggiaan 50 an meter, jadi bisa mencapai 100 meter. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang benar-benar memukau. Mulai dari tebingnya yang penuh dengan hijaunya tanaman, kolamnya yang cukup lebar, dan juga kawasannya yang begitu asri akan membuat siapapun semakin betah berada di Air Terjun Kerinjing. Lokasi air terjun ini berada di Desa Rindu Hati, Kecamatan Gumay Ulu.

Air Terjun Kolam

Inilah air terjun yang memiliki kolam alami yang sepertinya mengalahkan kolam buatan manusia. Air Terjun Kolam ini memiliki dua tingkatan air terjun dan setiap tingkatan memiliki kolam yang airnya berwarna biru. Meski tidak luar tapi lumayan dalam, dan sangat nyaman buat berendam, apalagi airnya sangat bersih dan cukup dingin. Hijaunya tanaman yang berada di sekitar air terjun seakan menjadi penghias Air Terjun Kolam. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini masih belum begitu banyak yang mengunjungi. Memang membutuhkan waktu yang cukup lumayan untuk sampai di lokasi air terjun, tapi selama perjalanan pesona alam yang sangat asri tetap bisa kamu nikmati. Letak Air Terjun Kolam ini berada di Desa Serambi dan masih berada di wilayah Kecamatan Jarai.

Air Terjun Kunduran

Tingginya air terjun melebihi 10 meter dan yang cukup menakjubkan adalah debit airnya yang sangat besar, namun sayang tidak ada kolam di bawahnya yang bisa buat berenang. Tapi jangan kawatir kamu tetap bisa bermainan air di aliran airnya yang cukup banyak hiasan bebatuan koralnya. Pepohonannya sangat lebat di sekeliling air terjun dan juga di aliran sungai bawahnya. Utnuk lokasinya sendiri juga sangat berdekatan dengan tempata wisata di Sumatera Selatan lainnya. Seperti Kompleks Megalit Tinggi Hari dan juga Air Terjun Panjang yang sama-sama di Desa Tinggi Hari, Kecamatan Pulau Pinang.

Air Terjun Labuhan

Membutuhkan waktu setidaknya 1 jam perjalanan dari desa terdekat, yakni Desa Gedung Agung, Kecamatan Kota Agung. Tetapi selama perjalanan kamu tidak akan bosa, karena pesona alam pedesaan sungguh indah yang akan selalu mengiringi kamu selama perjalanan menuju Air Terjun Labuhan. Tempat wisata di Sumatera Selatan yang satu ini hampir mirip Air Terjun Maung, yang seakan-akan airnya keluar dari tebing yang dipenuhi dengan tanamanan nan hijau. Unik dan juga menarik memang, semuanya begitu terlihat hijau, belum lagi dengan kolamnya yang cukup luas, akan semakin terasa adem banget. Selfie di air terjun ini menjadi sebuah kewajiban agar momen berada di Air Terjun Labuhan tetap selalu terkenang.

Air Terjun Lawang Agung

Aksesnya yang sangat mudah, bahkan kendaraan roda empat bisa mendekati lokasi dan juga jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Lahat, menjadikan Air Terjun Lawang Agung ini destinasi wisata favorit bagi masyarakat Kabupaten Lahat. Begitu juga dengan pecinta alam atau yang hobi panjat tebing, bakal betah banget berada di tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Tidak hanya sekedar keindahan air terjun saja yang bisa kamu nikmati, tapi bagi pemanjat tebing juga sebagai tantangan tersendiri untuk menaklukkan terjalnya tebing di Air Terjun Lawang Agung. Dengan ketinggian lebih dari 20 meter akan menjadi tantangan tersendiri bagi pemanjat tebing. Belum lagi kolamnya yang begitu luas, tapi agak dalamdan memang hanya untuk perenang professional saja atau paling tidak menggunakan pelampung agar tetap aman. Lokasi air terjun yang eksotis ini terletak di Desa Lawang Agung Lama, dan berada di Kecamatan Jarai.

Air Terjun Laye

Posisi air terjun ini seakan tertutup pepohonan yang menjulang tinggi dan juga semak belukar yang cukup rimbun. Nuansa asri dan juga kesan alami sangat terasa keitka kamu menginjakkan kaki tepat di bawah Air Terjun Laye. Derasnya air yang turun memenuhi kolam yang ada di bawahnya serta mengaliri sungai kecil yang begitu banyak bebatuan yang menghiasi sungai di pinggiran dan juga di tengahnya. Benar-benar destinasi wisata yang menjanjikan sebuah kedamaian, diiringi music alam gemuruh air terjun dan juga suara burung yang bernyanyi seakan menghibur kehadiranmu. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini tepatnya terletak di Desa Sapay, Kecamatan Pagar Gunung.

Air Terjun Lebarawang

Ada keunikan tersendiri untuk Air Terjun Lebarawang, yakni adanya goa yang ada di samping air terjun. Di lokasi air terjun ini juga sangat cocok sebagai spot fotografi, dan yang sangat tepat dijadikan backround adalah air terjun itu sendiri. Kamu bisa bersantai di areal air terjun sembari menikmat segarnya udara yang menyelimuti di sekeliling tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Untuk lokasinya sendiri, Air Terjun Lebarawang ini terletak di Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang. Jadi sebaiknya ketika kamu mengunjungi obyek wisata lainnya yang ada di Desa Karang Dalam, maka sempatkan diri kamu untuk mengagumi Air Terjun Lebarawang.

Air Terjun Lekan Hati

Lokasi Air Terjun Lekan Hati seakan bersembunyi di dalam rimbunnya pepohonan yang menjulang tinggi, makanya belum begitu banyak traveler yang tahu keberadaan air terjun ini. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini nyaris tidak terjamah, dan hanya warga desa setempat saja yang biasa datang di air terjun ini. Sangat eksotis, meski tidak terlalu tinggi, tapi bebatuan hitam yang berpadu dengan rimbunnya hijau pepohonan semakin sedap dipandang mata. Ditambahkan lagi dengan kolam di bawahnya yang berisikan air nan jernih, semakin membuat siapapun yang datang tidak sabar ingin cepat merasakan kesegaran airnya. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Tanjung Tebat, yang berada di wilayah Kecamatan Lahat.

Air Terjun Lintang Besak

Suka berpetualang di alam bebas, mungkin kamu harus mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan yang satu ini. Air Terjun Lintang Besak, yang terletak di Desa Sinjar Bulan, Kecamatan Gumay Ulu. Akan menjadi pengalaman wisata yang cukup menyenangkan, dengan melalui perkebunan warga dengan pemandangan sungai kecil yang sangat sedap dipandang mata akan selalu mengiringi perjalanan kamu ke Air Terjun Lintang Besak. Cukup tinggi sekitar kurang lebih 20 meter tinggi air terjunnya, aliran airnya juga cukup besar. Yang menarik sudah pasti kolam di bawah air terjun, yang siap menampung kamu yang ingin berendam.

Air Terjun Lubuk Semen

Sangat berbeda jika dibandingkan dengan semua air terjun yang ada di Kabupaten Lahat. Air Terjun Lubuk Semen ini memang seperti air terjun buatan, yang konon katanya pondasi atau bangunan beton ini sudah ada sejak jaman kolonial Belanda. Fungsi awalnya di bawangun beton di pinggiran sungai ini agar tidak terjadi ongsor dan juga untuk pengairan sawah dan juga sebagai tempat cuci dan mandi warga setempat. Tapi kini bisa berubah menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang cukup unik karena arusnya yang ada di lubuk sangatlah deras, dan bisa membuat kamu berputar-putar.Setidaknya menjadi pemandian alami baik bagi warga maupun para wisatawan. Lokasinya berada di Desa Kota Agung, yang masih di dalam Kecamatan Kota Agung.

Air Terjun Masanak Masaris

Mungkin sangat jarang kamu temuin air terjun yang memiliki goa di balik air terjunnya yang cukup deras. Diameter goa yang tidak sampai 1 meter ini di dalamnya cukup lebar dan banyak sekali ditemukan ukiran wajah manusia yang ada di dinding-dinding goa. Dan ada kemungkinan goa ini dahulunya sebagai tempat tinggal manusia pra sejarah atau peradaban kuno yang mungkin saja sudah berusia ribuan tahun lamanya. Selain itu Air Terjun Masanak Masaris ini juga memiliki kolam yang cukup luas, yang bisa buat kamu berendam. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini tepatnya terletak di Desa Lekung Daun, dan masih berada di Kecamatan Pagar Gunung.

Air Terjun Meluncur

Keitka kamu berkunjung di Ari Terjun Goa yang cukup unik akan semakin lengkap jika kamu juga mengunjungi Air Terjun Meluncur, karena berada di Desa yang sama, yakni Desa Muara Jauh, Kecamatan Muara Payang. Air terjun yang satu ini sama uniknya dengan Air Terjun Goa, yang hampir di sekeliling kolamnya adalah tebing bebatuan yang cukup unik reliefnya. Kamu juga bisa menguji adrenalin kamu dengan mencoba terjun dari tebing yang tingginya hampir 5 meter. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang sangat eksotis, warna bebatuan tebingnya, airnya yang sangat jernih, dan juga lebatnya pepohonan menjadi sajian utama di air tejrun ini.

Air Terjun Naga

Di dalam desa yang sama dengan Air Terjun Bidadari juga terdapat air terjun yang tak kalah cantiknya, yakni Air Terjun Naga. Ebenarnya hanyalah aliran sungai yang cukup lebar dengan aliran airnya yang cukup deras, tetapi karena konturnya yang bertingkat akhirnya dinamakanlah Air Terjun Naga. Lokasinya yang berada di tengah hutan semakin terasa sangat asri dan juga membuat siapapun yang datang bakal nyaman bermain di air terjun ini. Rindangnya pepohonan yang menjulang tinggi seakan menjadi payung alami bagi tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Mungkin kegiatan seperti menyusuri sungai menggunaan perahu karet sangat mengasyikkan di sungai Air Terjun Naga.untuk lokasinya berada di Desa Karang Dalam, dan di dalam Kecamatan Pulau Pinang.

Air Terjun Ndelindang

Belum begitu banyak wisatawan yang mendatangi Air Terjun Ndelindang, mungkin dikarenakan belum begitu dikenal oleh banyak komunitas traveler. Jadi benar-benar masih perawan, tanpa adanya sentuhan dari tangan-tangan manusia. Suasana yang sangat nyaman, tenang , dan damai sungguh terasa ketika kamu berada di tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Air terjun dnegan ketinggian 10 meter dengan debit airnya yang cukup besar, terdengar begitu bergemuruh dari kejauhan. Untuk lokasinya sendiri berada di Desa Singapure, Kecamatan Kota Agung.

Air Terjun Pandak

Lokasinya tidak jauh dengan Air Terjun Bidadari dan tidak lebih dari 100 meter jaraknya. Tapi untuk bisa merasakan nikmati mandi di Air Terjun Pandak kamu harus ekstra hati-hati, karena kamu harus menuruni tebing yang cukup terjal dan juga licin. Mungkin alat bantu seperti menggunakan tali akan lebih aman untuk menuruni tebing. Air terjun yang seperti patahan bebatuan yang ada di aliran sungai ini memang sungguh eksotis. Ornamen bebatuan alami seakan menambahkan nilai artistic Air Terjun Pandak. Ketikakamu berada di tempat wisata di Sumatera Selatan ini kamu akan merasakan segarnya diguyur air jernih tanpa henti, dan berendam di kolamnya yang cukup lebar dan juga dalam. Untuk letak air terjunnya ada di Desa Karang Dalam, dan masih di dalam wilayah Kecamatan Pulau Pinang.

Air Terjun Panjang

Rasa takjub yang terucap dari setiap pengunjung yang datang terasa tiada habisnya mengagumi akan keindahan Air Terjun Panjang ini. Air terjun yang diapit tebing dan juga pepohonan yang menjulang tinggi ini dari kejauhan saja terlihat sangat indah, apalagi jika kamu mendekatinya hingga di bawah air terjun, sudah pasti bakal wow banget. Untuk menuju di bawah air terjunnya kamu harus berjalan sejauh kurang lebih 500 meter baik melewati perkebunan kopi milik warga atau bisa juga menyusuri Sungai Lim sembari menikmati indahnya Sungai Lim. Kolamnya yang begitu luas dengan kedalaman relative sedang menjadi spot favorit wisatawan untuk menikmati kesegaran air dan juga mengagumi alam cipataan Illahi. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini juga berdekatan dengan destinasi wisata Kompleks Megalit Tinggi Hari, yang letaknya juga di Desa yang sama, yakni Desa Tinggi Hari, Kecamatan Pulau Pinang.

Air Terjun Penandingan

Untuk air terjun yang satu ini memang sangat berbeda dengan air terjun lainnya yang ada di Kabupaten Lahat. Seolah-olah airnya yang turun dari berbagai arah dan memiliki debit air yang cukup besar. Air yang melewati celah bebatuan seakan menjadi lukisan putih alami yang sangat indah. Apalagi di tambah dengan kolam di bawahnya yang cukup lebar, akan semakin membuat siapapun takjub melihatnya. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang masih tergolong sepi dari wisatawan, jadi alamnya benar-benar masih terjaga dan terlihat sangat asri. Lokasinya sendiri terletak di Desa Penandingan yang masih berada di dalam wilayah Kecamatan Mulak Muluk.

Air Terjun Penenang

Ingin merasakan ketenangan maka datang saja di Air Terjun Penenang yang lokasinya berada di Desa Muara Tiga, yang masih berada di dalam Kecamatan Mulak Ulu. Benar-benar memberikan kedamaian dan ketenangan ketika kamu berada di air terjun yang satu ini. Suara gemuruh airnya yang cukup deras seakan menghipnotis kamu agar tetap tenang menikmati keindahan Air Terjun Penenang. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang bagi yang pernah berkunjung pati bakal kembali lagi, yakni hanya ingin menikmati kolam airnya yang cukup luas dan juga cukup dalam. Bahkan kamu bisa berenang dengan puasnya, dan bebatuan yang ada di pinggir kolam seakan menjadi spot terbaik untuk menikmati alamnya yang menjanjikan kedamaian.

Air Terjun Perigi

Perjalanan yang cukup menyenangkan akan kamu rasakan ketika kamu akan berkunjung di Air Terjun Perigi. Mulai dari melewati sungai, jembatan gantung, hingga perkebunan kopi milik warga setempat. Benar-benar memberikan pengalaman wisata yang sangat menarik. Setelah sesampainya di tempat wisata di Sumatera Selatan kamu akan disajikan air terjun yang cukup eksotik. Pesona air terjun yang terlihat cantik memenuhi kolam di bawahnya yang tidak begitu dalam, dan banyaknya pepohonan semakin membuat terlihat sangat asri. Air Terjun Perigi terletak di Desa Perigi, dan berada di dalam wilayah Kecamatan Pulau Pinang.

Air Terjun Petai

Pengalmaan wisata kamu akan semakin lengkao jika sebelum mengunjungi Air Terjun Maung sebelumnya mampir dulu di Air Terjun Petai. Karena lokasinya memang lumayan berdekatan dan juga sebelum ke arah Air Terjun Maung. Air Terjun memiliki tebing yang cukup tinggi yang sifatnya seperti undakan atau tangga yang menjadi beberapa bagian tingkatan. Sangat menarik memang, karena wisata bisa menaiki air terjun dan merasakan kenikmati guyuran air yang tidak pernah berhenti, sera pijat refleksi. Kolamnya yang cukup lebar membuat tempat wisata di Sumatera Selatan ini diburu wisatawan yang demen banget dengan yang namanya berendam. Untuk lokasinya sendiri berada di Padang Muaro Duo, yang juga berada di Kecamayan Gumay Ulu.

Air Terjun Sinjar Sari

Tidak hanya Air Terjun Maung, Air Terjun Petai yang menarik untuk dikunjungi yang berada di Kecamatan Gumay Ulu. Tapai di dalam Kecamatan GUmay Ulu juga ada air terjun yang cukup cantik, namanya Air Terjun SInjar Sari. Air tejrunnya sangat tinggi kemungkinan ada 30 meter menjulang tinggi ke atas. Dan uniknya lagi, hampir nyaris batu tebingnya tidak terlihat yang dipenuhi dengan tanaman alami yang sangat hijau. Namun sayang tepat di bawah air terjun tidak terdapat kolam, padahal debit airnya cukup besar. Tapi jangan khawatir air yang mengalir ke sungai kecil dengan begitu banyak bebatuan bisa menjadi spot berendam, sembari menikmati keindahan Air Terjun Sinjar Sari dan juga panorama sekitarnya.

Air Terjun Sumbing

Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang belum begitu banyak pengunjungnya, padahal Air Terjun Sumbing ini memiliki kolam yang cukup luas. Dan yang pasti wisatawan akan dimanjakan mandi di kolam alami dengan airnya yang sangat jernih. Meskipun air terjun ini tidak begitu tinggi dan tidak lebih dari 10 meter, tapi debit airnya cukuplah besar untuk memenuhi kolam di bawahnya. Memang untuk akses menuju Air Terjun Sumbing mengharuskan traveler untuk berjalan kaki, tapi jangan khawatir pesona alam Desa Perigi benar-benar membuat mata kamu semakin cerah karena keindahannya. Lokasinya berada di Desa Perigi yang masih berada di dalam Kecamatan Pulau Pinang.

Air Terjun Tangge

Sangat menarik jika kamu berkunjung di Air Terjun Tangge yang lokasinya berada di Bukit Barisan. Memang membutuhkan stamina yang cukup prima untuk isa melihat kendahan dari Air Terjun Tangge ini. Selain jalannya yang menanjak karena perbukitan, tapi kamu harus berjalan kaki setidaknya hampir 2 jam. Karena jarak air terjun dengan desa terdekat sejauh 3 km, dan itupun kamu harus melewati sungai dan juga sedikit melakukan pendakian. Tempat wisat adi Sumatera Selatan ini seakan tertutupi oleh pepohonan yang sangat rindang yang ada di samping kanan kiri air terjun. Konturnya yang menanjak dan bertingkat-tingkat maka dinamakanlah Air Terjun Tangge. Secara administratif Air Terjun Tangge ini terletak di Desa Pelajaran yang masih di dalam wilayah Kecamatan Jarai.

Air Terjun Tangga Tujuh Tingkat

Sebenarnya kalau di hitung-hitung tingkatannya sudah pasti lebih dari tujuh karena kontur tebing air terjunnya memang bertingkat-tingkat yang mirip dengan tangga. Airnya sangat deras, dengan debitnya yang besar yang membuat kolam di bawahnya terisi penuh air. Sangat memungkinkan buat kamu yang ingin menaiki hingga ke tingkatan paling atas air terjun. Tapi tetap harus berhati-hati atau menggunakan alat pengaman. Ketika kamu berada di tempat wisata di Sumatera Selatan ini kamu akan merasakan nikmatnya mandi dengan guyuran air yang tanpa henti. Untuk lokasinya sebenarnya hanya beberapa menit saja dari Desa Pelajaran, yang ada di dalam Kecamata Jarai.

Air Terjun Tanjung

Lokasinya tidak begitu jauh dari Air Terjun Panjang yang cukup dikenal oleh banyak traveler, namun untuk air terjun yang satu ini masih tergolong perawan, belum begitu banyak yang menjamahnya. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang agak tersembunyi yang tertutup oleh rindangnya pepohonan. Meskipun debit airnya tidak begitu besar, tetapi undakan bebeatuan yang tertatabegitu alami menjadi terlihat eksotis. Setidaknya kamu bisa menikmati shower alami dengan airnya yang terasa begitu segar dan juga jernih. Letaknya sendiri berada di Desa Pulau Pinang, yang juga berada di Kecamatan Pulau Pinang.

Air Terjun Ughul

Untuk lokasi air terjun yang satu ini tidak begitu jauh dari Air Terjun Ughul Kecik dengan pesona kolamnya yang cukup luas. Air Terjun Ughul ini sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Air Terjun Ughul Kecik. Tapi keunggulan dari air terjun ini salah satunya adalah tebing terjalnya sangat penuh dengan tanaman yang hijau. Jernihnya air yang berada di kolamnya juga menjadi sajian utama bagi wisatawan yang mengunjungi Air Terjun Ughul. Tempat wisatadi Sumatera Selatan ini letaknya di Desa Penantian, dan berada di Kecamatan Pagar Gunung.

Air Terjun Ughul Kecik

Di dalam desa yang sama yakni di Desa Penantian yang masuk di Kecamatan Pagar Gunung terdapat beberapa air terjun yang semuanya sangat menarik untuk dikunjungi. Dan salah satunya adalah Air Terjun Ughul Kecik yang tingginya di atas 10 meter dan menariknya lagi cukup lebar dengan debit airnya pun juga sangat besar. Kolamnya yang cukup luas menjadi alasan wisatawan rela berdatangan di tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Apalagi dengan rindangnya pepohonan di sekelilingnya, benar-benar membuat Air Terjun Ughul Kecil begitu asri dan sangat layak untuk dinikmati keindahannya.

Air Terjun Ujan Panas

Lokasi Air Terjun Ujan Panas ini hanya berjarak kurang dari 100 meter dengan Air Terjun Sumbing dan hanya beberapa menit saja dari Air Terjun Pandak dan Air Terjun Bidadari. Benar-benar wisata yang sangat menyenangkan ketika kamu mengunjungi Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang. Namun ada tantangan tersendiri ketika kamu ingin mendekati tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Kamu harus menuruni tebing yang sangat terjal, akan lebih aman jika kamu membawa tali atau bisa juga berpegangan dengan akar-akar pohon. Air Terjun Ujan Panas memiliki ketinggian kurang dari 25 meter dengan aliran airnya yang sangat deras dan juga kolamnya yang sangat luas. Dan yang sangat menarik adalah ketika sehabis hujan lalu cuaca berganti panas, akan selalu timbul pelangi di Air Terjun Ujan Panas, yang akan membuat pengalaman piknik kamu menjadi benar-benar berbeda.

Air Terjun Z

Kabupaten Lahat memang sangat kaya akan wisata alam, khususnya wisata air terjun. Dan satu lagi air terjun yang ada di wilayah Kecamatan Muara Payang, namanya Air Terjun Z. Dan sebenarnya di kawasan yang sama masih banyak air terjun yang belum terekspos. Cukup unik memang air terjun yang satu ini, karena lekukan airnya yang membentuk huruf Z akhirnya dinamakanlah Air Terjun Z. Kolamnya yang luas dan cukup dalam akan selalu siap menampung kamu untuk berendam atau bereang. Memang harus berjalan kaki menuju tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Tapi jangan khawatir pesona alamnya sungguh menggoda mata kita untuk menikmatinya.

Arung Jeram Sungai Endikat

Tidak hanya Sungai Lematang dan Sungai Manna saja yang memiliki potensi wisata, terutama wisata olah raga seperti arung jeram. Sungai Endikat sebagai salah satu sunga yang bermuara di Sungai Lematang ini juga memiliki arus yang cukup deras, dan sangat cocok untuk olah raga arung jeram. Sungai yang berada di perbatasan antara Kabupaten dan Kota Pagaralam ini memang dimanfaatkan sebagai PLTA tapi juga olah raga arung jeram. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini tidak hanya menguji adrenalin kamu dengan cara berarung jeram saja, tapi suguhan wisata alam dan juga wisata pedesaan akan bisa kamu nikmati ketika menyusuri Sungai Endikat.

Arung Jeram Sungai Lematang

Ingin menguji adrenalin serta menikmati panorama di Kabupaten Lahat? Kamu harus mencobamendatangi Sungai Lematang dan mencoba rafting di Sungai Lematang. Jika dilihat dari arusnya memang cukup deras, bahkan bisa dikategorikan grade III di kawasan tertentu. Dan tak jarang sering diadakan lomba arung jeram di Sungai Lematang. Jika kamu ingin mencobanya setidaknya menggunakan jasa pemandu yang professional agar tetap aman berwisata arung jeram di Sungai Lematang. Selain itu kamu juga bisas menikmati keindahan alam di sepanjang Sungai Lematang yang benar-benar bisa menyejukkan jiwa. Tak heran jika Sungai Lematang kini menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang mampu menarik wisatawan dari luar Kabupaten Lahat.

Batu Macan

Kabupaten Lahat memang sangat terkenal dengan situs peninggalan megalitikdan salah satunya adalah Batu Macan yang kemungkinan usianya sudah ribuan tahun. Tapi ada cerita rakyat yang sangat menarik yang hingga kini masih diceritakan tentang Batu Macan ini. Yakni tentang Si Pahit Lidah yang mengutuk dua harimau yang hendak menerkan seorang ibu yang lagi menggendong anaknya. Karena macan tersebut sudah beberapa kali diperingatkan oleh Si Pahit Lidah agar tidak mengganggu warga, tapi tetap saja mengganggu. Akhirnya di kutuklah macan tersebut menjadi batu, tetapi tidak hanya macan saja yang menjadi batu tetapi ibu serta anaknya juga menjadi batu. Konon katanya anak yang digendong tersebut adalah hasil dari perzinahan. Tempat wisata di Sumatera Selatan yang cukup unik ini berada di Desa Pagaralam, dan masih di wilayah Kecamatan Pagargunung.

Bendungan Air Baku


Obyek wisata di Kabupaten Lahat ini juga sangat banyak pengunjungnya, baik hari biasa maupun ketika hari libur tiba. Dan memang lebih banyak didominasi oleh anak-anak muda yang pengin selfie tepat di atas dam atau di jembatan. Viewnya memang sangat menarik dengan background bendungan yang memiliki air yang sangat deras. Selain itu fasilitas sepert jogging track atau buat bersepeda yang dibangun dipinggir sepanjang bendungan membuat wisatawan sangat leluasa beraktifitas di sekitaran bendungan. Awalnya bendungan ini dibangun hanya untuk membendung Sungai Lematang, namun kini justri menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang termasuk ramai dikunjungi wisatawan. Namuan sayang bagi yang hobi memancing, dilarang kerasmemancing di Bendungan Air Baku. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Muara Siban, yang masih berada di wilayah Kecamatan Pulau Pinang.

Bukit Besak

Dikenal juga dengan sebutan Bukit Besar yang memiliki ketinggian hampir sama dengan bukit yang tepat ada di depannya, yakni Bukit Serelo atau Bukit Jempol. Selain menikmati keindahan Bukit Serelo, kamu juga bisa menikmati sunrise atau sunset yang begitu eksotis ketika kamu berada di puncak Bukit Besak. Yang cukup menakjubkan adalah bukit ini dipenuhi rumput yang berwarna hijau menyejukkan mata. Sepertinya tidak akan lengkap jika kamu tidak berkemah di puncak Bukit Besak ini, selain sajian sunset, eksotisnya sunrise juga sudah menunggu di pagi harinya. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini tepatnya berada di Desa Perangai, yang masih berada di dalam Kecamatan Merapi.

Bukit Kran

Hampir sama dengan Bukit Payung yang memiliki hamparan rumput nan hijau, mungkin cocok juga jika dijuluku sebagai Bukit Teletubiesnya keduanya Kabupaten Lahat. Sepertinya pengalamn wisata kamu bakal seru banget jika kamu menginap atau nge-camp semalam untuk menikmati keindahan dari Bukit Kran. Kamu bisa menikmati eksotisnya sunset dan juga keindahan sunrise di pagi hari. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini sekarang sudah cukup banyak pengunjungnya jika dibandingkan tahun-tahun lalu. Dan memang panorama alamnya di Bukit Kran tidak akan membuat kamu kecewa.

Bukit Payung

Tidak mau kalah dengan Bukit Serelo dan Bukit Petai, destinasi wisata yang dijuluki sebagai Bukit Teletubiesnya Lahat ini juga sangat cantik dengan hamparan rumputnya yang hijau dan telihat begitu rapi. Hampir sejauh mata memandang penuh dengan rerumputan yang berselimutkan udara yang sangat sejuk serasa mengelilingi. Memang sangat cocok jika kamu sembari nge-camp setidaknya satu malam. Tidak hanya indahnya sunset saja yang bisa kamu nikmati tapi juga pancaran sinar matahari yang terbangun dari timur begitu sempurna ketika kamu nikamti di atas Bukit Payung. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini terletak di Desa Datar, Kecamatan Gumay Ulu.

Bukit Serelo

Panorama yang yang mengesankan ketika kamu berada di puncak Bukit Serelo yang memiliki ketinggian 900 mdpl. Bukit ini juga dijuluku sebagai Bukit Terlunjuk atau Bukit Jempol, karena memang puncak bukitnya sangat mirip dengan jempol. Rerumputan nan hijau serta gugusan Bukit Barisan nampak menyegarkan mata, disertai hembusan udara yang sejuk benar-benar mendamaikan. Sebelum kamu mendaki Bukit Serelo, di kaki bukitnya ada Pusat Pelatihan Gajah. Jadi kamu bisa menikmati dulu sambil bermain menaiki gajah sembari mengitari alam sekitar. Tempat wisata di SumateraSelatan ini kini sudah masuk dalam kawasan perlindungan, jadi pesona alamnya akan tetap terjaga dari pertambangan yang bisa merusak alam yang ada di Kecamatan Merapi Selatan. Untuk jaraknya sendiri dari pusat Kota Lahat hanya sekitar 20 km, jadi hanya beberapa menit saja menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Bunga Bangkai Tanjung Sirih

Kamu bisa menemui Bunga Bangka ketika mengunjungi Desa Tanjung Sirih yang berada di Kecamatan Pulau Pinang. Dengan sedikit melakukan perjalanan naik perbukitan dan masuk ke hutan, kamu bisa melihat lebih dekat seperti apa Bunga Bangkai itu. Dan memang kebanyakan yang tumbuh di areal ini yang berjenis Amorphophallus Titanium. Dan ini seharusnya bisa dijaga dan menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan. Karena tidak hanya wisatawan domestik saja yang tertarik, justru wisatawan asing bisa saja tertarik untuk mengunjunginya.

Danau Air Baku

Konon katanya destinsi menarik yang satu ini adalah danau buatan, tapi nyaris tidak terlihat seperti danau buatan, bahkan kesan alami dan juga asri sangat terlihat sekali. Airnya sangat jernih yang hampir sekeliling danau ditumbuhi pepohonan dan semak-semak yang menghijau dan cukup lebat. Tempat wisata di Sumatera Selatan yang cukup menarik untuk melepaskan penat, atau sebagai tempat untuk mencari ketenangan. Kamu juga bisa mengelilingi Danau Air Baku dengan menggunakan rakit, atau bisa juga dengan membawa perahu karet sendiri. Bersantai di atas perahu sembari memancing seperti pengalaman wisata yang sangat menarik. Untuk lokasinya sendiri berada di Muara Siban, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Pulau Pinang.

Danau Deduhuk

Kabupaten Lahat tidak hanya menampilkan ratusan air terjun yang memiliki pesonanya masing-masing, tapi juga menyajikan destinasi wisata danau, yakni Danau Deduhuk. Danau ini memiliki luas hingga 90 hektar dengan tingkat kedalaman mencapai 12 meter terutama d bagian tengah danau. Dan yang cukup menarik adalah tempat wisata di Sumatera Selatan ini terletak di perbukitan yang menjadi salah satu gugusan Bukit Barisan. Jadi udaranyapun sangat sejuk, dang a perlu takut kepanasan ketika kamu ingin mengelilingi Danau Deduhuk. Kamu bisa menggunakan rakit atau perahu dengan menyewa dari warga desa setempat. Untuk lokasinya senditi terletak di Desa Tunggul Bute, yang masuk di wilayah Kecamatan Kota Agung.

Danau Merapi

Lokasi danau ini cukup dekat dengan jalan raya dan aksesnya pun juga sangat mudah. Sangat wajar jika banyak wisatawan ketika akhir pekan yang berkunjung di Danau Merapi. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang sangat keren terutama untuk obyek fotografi atau selfie, bahkan tak jarang juga ada pasangan yang pengambilan photo prewed di Danau Merapi. Selain sebagai obyek wisata kamu juga bisa merealisasi hobi memancing kamu dan mencoba sensasi strike ikan tawar yang banyak menghuni Danai Merapi. Lokasinya sendiri dekat dengan SMAN 1 Merapi Timur, yang berada di Kecamatan Merapi Timur.

Goa Asnawi

Pengin selfie dengan background yang lain daripada yang lain? Datang saja ke Goa Asnawi yang terletak di Desa Sukajadi, yang masih di wilayah Kecamatan Pseksu. Namun ketika kamu hendak mengunjungi goad an berniat untuk menikmati keindahan dalam goa, harus bawa peralatan yang lengkap, yang paling penting adalah senter. Relief dinding goa ini memang unik seperti cekungan-cekungan yang membentuk ornamen yang sangat artistik. Apalagi dengan hiasan seperti stalagmite dan stalagtit ketika terkena cahaya pantulan sinarnya begitu terlihat keelokannya. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang masih belum begitu banyak pengunjungnya, jadi masih sangat alami dan sangat minim akan coretan tangan yang penuh sentimental.

Goa Petai

Destinasi wisata yang ada di Kabupaten Lahat ini memiliki nilai historis yang cukup mengesankan. Goa Petai ini dulunya digunakan para pejuang sebagai tempat persembunyian utnuk menyusun strategi melawan kolonialisme Belanda. Goa Petai adalah goa yang berbentuk vertikal, jika di liat dari mulut goa memang tidak terlalu besar dan untuk turun kebawah harus menggunakan tali. Meskipun terlihat kecil dari luar, tapi di dalamnya cukup luas yang terbagi menjadi beberapa ruangan di dalamnya. Dan di dalamtempat wisata di Sumatera Selatan ini memang banyak dihuni kelelawar dan juga burung walet. Dan tak jarang juga sarang burung walet dimanfaatkan oleh warga untuk dijual. Lokasinya terletak di Desa Kerung, Kecamatan Pulau Pinang, dan untuk aksesnya sendiri sangat mudah. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua hingga dekat dengan lokasi goa.

Green Canyon

Memang banyak traveler yang menjuluki sebagai Green Canyon-nya Kabupaten Lahat, dengan tebing kanan kiri sungai yang jernih serta ornament bebatuan alaminya, sangat wajar jika diberikan julukan Green Canyon-nya Lahat. Tidak hanya sekedar menghadirkan panorama alamnya yang masih sangat asri saja, tetapi air sungai yang sangat jernih, bahkan airnya berwarna kebiruan. Hal inilah yang membuat siapapun yang mengunjunginya semakin tidak sabar ingin cepet-cepet nyebur. Akan lebih menarik lagi jika kamu membawa perahu karet untuk menyusuri sungai yang sangat indah ini, sembari bersantai menikmati di atas perahu karet. Tempat wisata di Sumatera Selan ini terletak di Desa Simpur, yang berada di wilayah Kecamatan Gumay Ulu.

Jam Gadang

Tidak hanya di Bukit Tinggi saja yang memiliki Jam Gadang, tapi di Kabupaten Lahat juga ada Jam Gadang. Jika kamu mengunjungi Kabupaten Lahat dan menikmati wisata alam, maka tak akan lengkap wisata kamu tanpa selfie di Jam Gadang di Kota Lahat. Seperti halnya Tugu Jogja yang sangat ikonik, begitu juga dengan Jam Gadang di Kota Lahat yang identic juga sama Kabupaten Lahat. Memang tujuan wisatawan mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini hanya untuk sefie saja, dan memang ketika malam hari benar-benar selfieable. Kamu bisa menikmati keindahan Kota Lahat ketika malam hari sembari menikmati jajanan berbagai kulliner yang ada di kawasan Jam Gadang.

Jembatan Gantung Pagar Batu

Termasuk salah satu destinasi wisata yang sangat ikonik yang dimiliki oleh Kabupaten Lahat, khususnya Desa Pagar Batu, di Kecamatan Pulau Pinang. Jembatan Gantung Pagar Batu ini memiliki panjang hingga di atas 350 meter dan saat ini menjadi jembatan terpanjang yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Saking terkenal banyak dikunjungi wisatawan, baik dari Kabupaten Lahat sendiri, maupun wisatawan dari luar Kabupaten Lahat. Berada di atas Sungai Lematan membuat jembaatan ini menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Terutama menjadi spot terbaik dalam hal fotografi maupun selfie.

Jembatan Gantung Sungai Lematang

Bisa jadi tempat wisata di Sumatera Selatan ini salah satu spot selfie yang paling oke di Kabupaten Lahat. Sangat kompleks, tidak hanya keunikan jembatan gantungnya saja, tapi juga, Sungai Lematang, dan juga Bukit Jempol terlihat begitu jelas. Tinggal kamu mencari anglenya saja sudah pasti bakal banyak yang like di akun medsos kamu. Jembatan yang fungsi utamanya adalah sebagai penghubung Desa Merapi, tapi kini juga sebagai tempat wisata di Sumatera Selatan dan juga spot selfie para traveler yang lagi demen-demennya piknik.

Jembatan Lematang

Ada yang cukup menarik ketika kamu menghabiskan waktu di dekat Jembatan Lematang. Dan cukup banyak spot yang bisa buat bersantai di pinggiran Sungai Lematang. Memang waktu yang paling tepat adalah ketika sore hari, ketika cahaya matahari sudah mulai sedikit redup, maka eksotisme dari Jembatan Lematang mulai terlihat. Aktifitas lain yang bisa kamu lakukan sembari bersantai adalah dengan memancing ikan-ikan Sungai Lematang yang kadang sangat ganas sensasi tarikannya. Selain itu tak jarang juga banyak orang yang yang berolahraga arung jeram di Sungai Lematang.

Kompleks Megalitikum Tinggi Hari

Terdapat beberapa arca manusia yang ada di dalam Kompleks Megalitikum TInggi Hari, dan ini sebagai perwujudan bahwa di Desa Tinggi Hari dulunya ada sebuah peradaban jaman megalitik. Tak lengkap rasanya jika kamu setelah berkunjung di Air Terjun Panjang tanpa menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan yang syarat akan sejarah ini. Selain kamu mempelajari sejarah tentang jaman megalitik kamu juga bisa menikmati panorama alam di sekitar Kompleks Megalitikum Tinggi Hari. Pepohonanannya yang cukup rindang dan juga dekat dengan Sungai Lim seakan menjadi penghias destinasi wisata Kompleks Megalitik. Untuk lokasinya sendiri teretak di Desa Tinggi Hari, yang masih berada di dalam wilayah Kecamatan Pulau Pinang.

Komplek Megalith Desa Pulau Panggung

Ada beberapa situs megalitikum yang ada di Desa Pulau Panggung, yang kemungkinan usianya sudah ribuan tahun lamanya. Dan salah satunya adalah Lumpang Batu yang konon katanya sudah berusia 400 tahun. Dan memang Kabupaten Lahat memang memiliki peradaban megalit yang cukup banyak bahkan ada ribuan batu peninggalan jaman megaalitikum di Kabupaten Lahat yang tersebar di beberapa Desa dan Kecamatan. Dan salah satunya di Desa Pulau Panggung yang memiliki ketinggian 400 mdpl. Selain Lumpang Batu,ada juga Batu Putri Besak, Batu Satria, ada Batu Lesung, dan juga beberapa batu lainnya. Desa Pulau Panggung yang berada di Kecamatan Pulau Pinang ini memang sangat layak menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan khususnya wisata sejarah jaman peradaban megalitikum.

Rumah Adat Lahat

Tak lengkap rasanya ketika kamu mengunjungi Kabupaten Lahat hanya berwisata di obyek wisata alamnya saja. Wisata budaya juga sangat menarik untuk dikunjungi, salah satunya mengunjungi Rumah Adat Lahat. Arsitektur Rumah Adt Lahat ini sangat artistic, seperti adanya anjungan yang menjorok ke depan dan juga berbentuk panggung. Ada beberapa ukiran atau relief di bbeerapa sisi rumah yang menggambarkan kebudayaan setempat.kamu bisa menemui beberapa Rumah Adat Lahat yang berada di beberapa Kecamatan , seperti di Kecamatan Kota Agung,Pagar Gunung, Jarai,Mulak Ulu, dan beberapa Kecamatan lainnya.

Rumah Pohon

Pengen photo selfie kekinian di Kabupaten Lahat? Datang saja di RUmah Pohon yang terletak di Desa Lebuay Bandung, Kecamatan Merapi Timur. Asal mula dibuat rumah pohon ini hanya sebagai rest area ketika habis berkebun. Tapi karena ada salah satu pengunjung yang selfie lagi diposting di medsos, akhirnya menjadi viral. Dan jadilah seperti sekarang, semakin banyak dikunjungi wisatawan yang pengin selfie kekinian.Viewnya memang sangat menarik dan sangat layak jika menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang wajib untuk dikunjungi. Selain bisa menikmati panorama alam, kamu juga bisa merasakan asyiknya berada di Rumah Pohon. Spot yang cukup baik juga, jika kamu ingin mengambil photo prewed di rumah pohon ini.

Situs Batu Megalit Muara Danau

Lokasinya memang berada di Desa Muara Danau, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Pagar Gunung. Di Kabupaten Lahat memang sangat banyak sekali benda peninggalan purbakala, hingga akhirnya mendapatkan rekor MURI sebagai Kabupaten yang memiliki banyak situs peninggalan purbakala. Dan salah satunya ada Situ Batu Megalit Muara Danau. Tidak hanya bebatuan saja yang kamu jumpai di tempat wisata di Sumatera Selatan ini tapi juga berbagai macam arca. Menariknya lagi di situs batu ini tempatnya sangat adem karena begitu banyak pepohonan yang memayungi semua bebatuan dan juga arca.

Situs Megalith Batu Surau

Salah satu peninggalan zaman pra seajrah yang disinyalir sudah berusia sekitar 400 ribu tahun ini tepat berada di pinggir jalan Desa Karang Endah, yang masih berada di dalam Kecamatan Kota Agung. Ketika kamu berkunjung di situs megalit ini kamu bisa menemukan banyak sekali benda purba lainnya. Bahkan di areal persawahan milik warga juga ditemukan seperti menhir, batu lumping,dan tetralith. Cukup menarik memang jika kamu berkunjung di tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Tidak hanya sekedar melihat situs megalit saja, tapi juga panorama pedesaan juga cukup menarik untuk dinikmati.

Situs Talang Rumah Batu

Merupakan sebuah kompleks peninggalan zaman pra sejarah, karena di dalam lokasi ada cukup banyak benda peninggalan hasil karya dari zaman purba. Di dalam satu lokasi yang ada di perkebunan kopi warga ini terdapat 7 buah rumah batu yang semuanya berada di bawah permukaan tanah. Sangat berbeda dengan rumah batu yang ada di Kota Pagaralam. Situs Talang Rumah Batu ini memang cukup besar da nada sebagian rumah batu yanga dinding bebatuannya terdapat lukisan seniman zaman purba. Pengin selfie di tempat yang sangat unik, maka datang saja di tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Situs Talang Rumah Batu ini terletak di Desa Kota Raya, yang masih berada di Kecamatan Pajar Bulan.

Sungai Lematang

Kamu pasti akan dibuat takjub dengan keindahan alam pedesaan yang ada di Desa Pulau Pinang, yang masih berada di Kecamatan Pulau Pinang. Keindahan Sungai Lematang berpadu dengan hijau persawahan dan juga hutan yang penuh pepohonan besar ibarat lukisan alam yang sungguh sempurna. Hanya sekedar bersantai di areal persawahan atau di pinggir sungai saja akan membuat kamu merasa nyaman dengan suasananya yang sangat tenang berselimut udara yang sejuk. Potensi seperti rafting di Sungai Lematang juga sangat menantang, arusnya cukup lumayan deras, setidaknya kamu bisa melihat keindahan tempat wisata di Sumatera Selatan ini dari tempat yang berbeda, yakni dari Sungai Lematang. Benar-benar keindahan alam yang sempurna yang harus kita jaga selamanya.

Sungai Manna

Tidak hanya indah jika dilihat dari atas, tapi juga sangat cantaik jika kamu berada di Sungai Manna yang berada di bawah kaki Gunung Dempo. Berpadu dengan keindahan alam pedesaan seperti areal persawahan dan juga perbukitan nan hijau akan semakin membuat nyaman ketika kamu berada di Sungai Manna. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang sangat terkenal dan sering digunakan untuk spot arung jeram. Tak tanggung-tanggung, bahkan kamu bisa berarung jeram hingga ke Kota Pagaralam. Dan kalau diukur jauhnya sekitar 40 km, dan jika kamu berarung jeram maka sekitar 2 jam amanya, bakalan ketagihan pastinya. Tapi kamu juga bisa menikmati keindahan Sungai Manna dengan berendam di sungai atau melakukan aktifitas seperti river tubing.

Taman Batu Organik

Destinasi wisata buatan yang sangat unik dan juga menarik di Kabupaten Lahat adalah Taman Batu Organik. Taman yang penuh dengan bebatuan alam yang dikombinasikan dengan berbagai tanaman hias dan juga tanaman buah-buahan ini tampak begitu cantik. Ketika kamu berada di dalam taman ini serasa seperti di sebuah Kerajaan era Majapahit atau Sriwijaya yang semua isinya pdengan unsur alam. Taman Batu Organik ini dibuat oleh Wak Damsi yang memang sangat menyukai dengan nuansa-nuansa alam. Dan hampir semua bebatuan itu tertata sangat rapi mulai dari bawah hingga atas. Karena kelihaiannya dalam menata taman ini, akhirnya banyak dibanjiri wisatawan, dan jadilah tempat wisata di Sumatera Selatan yang wajib untuk dikunjungi. Untuk lokasinya sendiri berada di Desa Bandu Agung, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Muara Payang.

Taman Rekreasi Ribang Kemambang

Seakan semua destinasi wisata hadir di Taman Rekreasi Ribang Kemambang, mulai dari camping ground, outbound, flying fox, pemancingan disediakan di tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Memang dari segi fasilitas umum maupun spot rekreasi semuanya ada di tempat wisata andalan Kbupate Lahat ini. Pepohonan ynag begitu banyak nan rindang, kolam disertai gazebo untuk bersantai para wisatawan membuat para pengunjung semakin betah berada di Taman Rekreasi Rimbang Kemambang. Tak heran juga jika di akhir minggu atau pada hari liburan selalu penuh akan wisatawan yang ingin menghabiskan masa liburnya. Lokasinya pun juga sangat mudah untuk dijangkau, letaknya di Bandar Jaya, yang masih berada di Kecamatan Lahat.

Taman Wari

Salah satu destinasi wisata alternatif yang cukup dekat dengan Kota Lahat adalah Taman Wari. Obyek wisata ini juga sangat cocok untuk wisata keluarga, terutama anak-anak bisa lebih mengenal tentang flora dan juga fauna yang ada di dalam Taman Wari. Ada beberapa fauna di dalam Taman Wari, salah satunya adalah Menjangan, yang menjadi favorit anak-anak biasanya. Karena ketika anak-anak mendekati kandang bisa memberikan makanan ke binatang secara langsung. Cukup edukatif sebenarnya tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Setidaknya bisa menjadi wisata alternatif bagi warga Kota Lahat. Lokasinya sendiri terletak di Desa Wari, Kecamatan Lahat.

Tempat Wisata di Muara Enim

Letak geografis Kabupaten Muara Enim berada di tengah-tengah Provinsi Sumatera Selatan, termasuk posisi yang sangat strategis karena akses ke Kabupaten lainnya cukup mudah. Di bagian barat Kabupaten Muara Enim termasuk bagian Bukit Barisan yang merupakan dataran tinggi. Dilihat dari potensi wisata, Kabupaten Muara Enim memiliki destinasi menarik untuk dikunjungi yang memungkinkan untuk mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan, karena letak geografisnya yang berada di tengah-tengah. Dan berikut ini tempat wisata di Sumatera Selatan yang bisa kamu temukan di Kabupaten Muara Enim.

Air Panas Gemuhak

Membutuhkan stamina yang prima ketika kamu ingin mengunjungi Air Panas Gemuhak, karena memang lokasinya cukup jauh dari desa terdekat, sekitar 6 km atau membutuhkan perjalanan setidaknya 2 jam. Tapi jangan khawatir, pesona alamnya begitu menggoda yang sangat layak untuk dinikmati dan kamu tidak akan terasa melakukan perjalanan sejauh 6 km dengan berjalan kaki. Berada di kawasan hutan lindung dan juga di Bukit Umang, selama perjalanan akan diselimuti udara yang sangat sejuk dan juga pemandangan pepohonan yang besar dan menjulang tinggi akan selalu mengiringi perjalanan kamu. Yang cukup unik di tempat wisata di Sumatera Selatan ini adalah ada spesies bunga anggrek yang mirip dengan kalajengking, yang dinamakan Bunga Gemuhak oleh warga sekitar. Air panas dengan tempertaur 100 derajat Celsius ini ada beberapa titik dan sering menyemburkan gletser. Menjadi pemandangan yang begitu mempesona sembari berendam di sungai Ogan yang tidak jauh dari sumber air panas. Lokasinya berada di Desa Gunung Tiga, dan di dalam Kecamatan Semendo.

Air Terjun Bedegung

Tempat wisata di Sumatera Selatan inilah yang menjadi andalan Kabupaten Muara Enim. Air Terjun Bedegung yang juga dikenal dengan sebutan Curup Tenang Bedegung oleh masyarakat sekitar. Cukup menyenangkan perjalanan menuju lokasi air terjun, melewati persawahan dan juga melihat pepohonan yang besar menjulang tinggi yang diselimuti udara sejuk khas pegunungan. Hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari desa terdekat dan medan yang dilalui memang cukup menanjak tapi ada tangga yang memudahkan kita untuk melewatinya. Eksotismenya sungguh terlihat air terjun dengan ketinggian 99 meter yang diapit tebing nan tinggi dengan hijaunya pepohonan di setiap sisinya. Kamu bisa menikmati keindahan Air Terjun Bedegung di jembatan besi tepat di depannya atau sembari menikmati segarnya air di aliran sungainya yang begitu banyak spot untuk berendam. Lokasi Air Terjun Bedegung ini berada di Desa Bedegung dan berada di wilayah Kecamatan Tanjung Agung.

Air Terjun Bemban

Meskipun tidak setinggi induknya Air Terjun Bedegung, Air Terjun Bemban memiliki keunikan tersendiri, yakni bentuk tebing air terjunnya yang seperti undakan bebatuan alami. Bebatuan dengan warna alami semakin menambah eksotisme Air Terjun Bemban. Air terjun yang cukup lebar dan juga deras ibarat shower alami ketika kamu berada tepat di bawah air terjun. Guyuran airnya yang sangat segar seakan melunturkan segala persolaan yang ada di kepala. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini berada di dalam Kecamatan yang sama dengan Air Terjun Bedegung, yakni di Kecamatan Tanjung Agung.

Air Terjun Curup Bali

Masih belum begitu banyak traveler yang mengunjungi Air Terjun Curup Bali, karena memang lokasi dan medannya cukup membutuhkan stamina yang cukup untuk melihat keindahan air terjun yang masih sangat alami ini. Air Terjun yang memiliki ketinggian 20 meter ini memiliki debit air yang cukup besar, serta kolamnya yang bakal memikat siapapun untuk nyebur. Airnya yang sangat jernih, pepohonan yang rindang, serta perpaduan bebatuan alama yang tertata alami menjadi sajian utama di tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Jarak air terjun dari Kota Muara Enim sekitar 45 km, dan dari Desa Lebak Budi yang masih di wilayah Kecamatan Tanjung Agung membutuhkan setidaknya 1 jam perjalanan dengan sedikit mendaki dan menyibak lebatnya hutan.

Air Terjun Jernihan

Untuk destinasi wisata berikut ini memang bagi para traveler yang memiliki jiwa petualang. Memang untuk medannya bisa dibilang cukup berat melalui jalan setepak melewati kebun dan juga menyibak lebatnya hutan. Membutuhkan waktu setidaknya 1 jam perjalanan dengan melewati sungai kecil yang mengalirkan air yang cukup jernih. Meskipun tergolong berat tapi tetap menghadirkan pesona alam yang begitu sedap dipandang mata. Air Terjun Jernihan memang cukup landai hampir seperti sungai biasa, tapi adanya kolam dan juga di dekatnya menjadi spot bermain air yang cukup menggoda. Rindangnya pepohonan seakan menjadi apyung alami di tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Letak Air Terjun Jernihan ini berada di Desa Keban Agung, Kecamatan Lawang Kidul.

Air Terjun Lemutu

Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Muara Enim. Keindahaan dari Air Terjun Lemutu ini benar-benar menggoda dengan ketinggian dan juga debit airnya yang cukup besar menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi dengan 2 air terjun yang hanya terpisah tebing yang ada pepohonan nan hijau di tengahnya membuatnya semakin terlihat cantik. Meskipun lokasinya tergolong sangat jauh dan mengharuskan wisatawan untuk berjalanan kaki sejauh 2 km tidak mengurungungkan niat wisatawan untuk mengunjunginya. Hal ini karena memang pesonanya begitu sempurna dengan keasrian alam sekitarnya yang begitu menghijau penuh dengan pepohona yang menjulang tinggi. Lokasinya berada di Desa Pagar Dewa, yang juga masih di wilayah Kecamatan Tanjung Agung.

Air Terjun Napal Carik

Meskipun hanya memiliki ketinggi 5 meter saja, Air Terjun Napal Carik ini cukup eksotis karena di bawahnya terdapat ebberapa undakan bebatuan yang menjadi spot pancuran untuk wisatawan. Lebatnya pepohonan di setiap samping air terjun dan alirannya menambah pesona indah tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Untuk semenatra menuju lokasi air terjun memang tergolong cukup sulit untuk kendaraan bisa masuk. Jadi memang harus berjalan kaki, tapi pesona alamnya akan mengiringi perjalanan kamu dan tidak akan membuat kamu terasa lelah. Lokasinya berada di Desa Muara Emil, dan terletak di dalam Kecamatan Tanjung Agung.

Air Terjun Napal Lintang

Perjalanan yang cukup menyenangkan akan kamu nikmat ketika mengunjungi Air Terjun Napal Lintang. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang tergolong masih baru, dan mungkin saja belum begitu banyak traveler yang mengetahuinya. Jadi pesona alamnya masih begitu asri dengan banyaknya pepohonan liar yang seakan menutupi Air Terjun Napal Lintang. Air terjun ini memiliki beberapa tingkatan, dan sangat memungkinkan untuk para wisatawan yang ingin mendaki hingga ke atas air terjun. Untuk menuju lokasi membutuhkan setidaknya 30 menitan, karena jaraknya cukup jauh sekitar 3 km dari desar terdekat, yakni Desa Lubuk Nipis, yang berada di di dalam Kecamatan Tanjung Agung.

Air Terjun Selingsing

Inilah air terjun yang memiliki julukan Niagara Kecil dari Muara Enim, Air Terjun Selingsing yang terletak di Dusun III, tepatnya di Desa Tanjung Agung, Kecamatan Tanjung Agung. Air terjun yang dari sungai ini memang cukup lebar dengan ketinggian tidak lebih dari 10 meter. Yang membuat wisatawan suka ketika berada di Air Terjun Selingsing adalah kolamnya yang cukup lebar dan juga dalam. Hal ini memungkinkan para pengunjung untuk memacu adrenalin dengan terjun dari atas air terjun. Untuk akses menuju ke lokasi air terjun ini tergolong tidak terlalu sulit, karena kendaraan roda dua bisa masuk ke lokasi Air Terjun Selingsing.

Arung Jeram Sungai Enim

Tidak begitu jauh dari obyek wisata yang juga menjadi andalan Kabupaten Muara Enim, yakni Air Terjun Bedegung. Sungai Enim memang memiliki arus yang cukup derasa, dengan rintangan bebatuan di tengah dan di pinggir sungai dan juga melewati gugusan tebing dari Bukit Barisan. Tidak hanya pesona alamnya saja yang mampu membuat wisatawan terperanga, tapi aliran sungai yang memiliki Grade III untuk olahraga Arung Jeram. Jadi memang Arung Jeram Sungai Enim tidak untuk para pemula, tetapi jangan khawatir tetap bisa menggunakan pemandu. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang sering digunakan sebagai spot untuk Kejuaran Nasional Arung Jeram. Untuk start arung jeram bisa dimulai dari Desa Bedegung, yang berada di wilayah Kecamatan Tanjung Agung.

Bukit Kendi

Jalan yang sama dan juga berdekatan dengan destinasi wisata Danau Cinta. Memang untuk menuju ke Bukit Kendi cukup berat kamu harus berjalan kaki setidaknya membutuhkan waktu 45 menitan dengan medan yang cukup terjal. Tapi setelah samapi di lokasi kamu akan terpukau dengan panorama alamnya yang sangat indah. pesona indah dari Danau Cinta sangat terlihat jelas di Bukit Kendi. Tak jarang juga tempat wisata di Sumatera Selatan ini menjadi favorit anak-anak muda untuk memburu spot selfie terbaik dengan background Danau Cinta. Lokasinya berada di Desa Darmo dan masih berada di wilayah Kecamatan Lawang Kidul.

Candi Bumi Ayu

Merupakan Kompleks Candi satu-satunya yang ada di Provinsi Sumatera Selatan yang terletak di Desa Siku, Kecamatan Rambang Dangku. Candi Bumi Ayu merupakan candi peninggalan Hindu yang berjumlah sekitar 11 buah candi di dalam satu Kompleks percandian dan baru sekitar 4 buah candi yang baru selesai dipugar. Hampir keseluruahan candi dibuat dengan menggunakan batu bata dan juga ada beberapa arca seperti Arca Siwa Mahaguru, Arca Argastya, dan beberapa arca lainnya. Cagar budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Muara Enim ini menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang cukup ramai dikunjungi wisatawan dan juga para peneliti.

Danau Cinta

Destinasi wisata di Muara Enim ini seperti menceritakan sebuah percintaan karena namanya Danau Cinta. Dinamakan Danau CInta karena bentuknya yang lebih mirip Love Shape jika dilihat dari atas. Lokasi danau ini berada di areal pertambangan batubara dan cukup menarik memang dijadikan sebagai tempat wisata di Sumatera Selatan, tepatnya di Desa Darmo, Kecamatan Lawang Kidul. Di Danau CInta ini kamu bisa menikmati keindahannya sembari bersantai di pinggir danau atau bisa juga memancing ikan di pinggiran danau, atau kamu juga bisa nge-camp di areal Danau Cinta. Di area danau ini juga ada spot selfie terbaik yakni di Bukit Kendi yang juga tidak jauh dari Danau Cinta.

Danau Deduhuk

Luasnya sekitar 12 hektar yang dikelilingi perbukitan nan hijau dipenuhi pepohonan semakin tampak jelas begitu asrinya tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Air danau yang terlihat membiru semakin menambah eksotisme Danau Deduhuk. Kamu bisa bersantai di pinggiran danau atau menikmati keindahan danau dengan menggunakan rakit untuk berkeliling tidap sudut danau. Atau kamu bisa mencoba sensasi strike ikan tawar yang menghuni Danau Deduhuk yang ukurannya cukup besar-besar. untuk menuju lokasi danau memang tergolong tidak mudah terutama akses jalannya yang cukup buruk tetapi pesona alamnya tidak akan membuat bosan perjalanan kamu yang selama 4 jam jika dari pusat Kota Muara Enim. Lokasi Danau Deduhuk ini berada di Desa Rantau Dedap, dan masih di wilayah Kecamatan Semende Darat Ulu.

Desa Wisata Muara Tenang

Jika sudah bosen dengan pesona kecantikan air terjun, mungkin kamu harus mencoba melihat lebih dekat tentang kearifan lokal yang dimiliki Kabupaten Muara Enim. Desa Muaran Tenang yang berada di wilayah Kecamatan Semendo ini memiliki pesona alam pedesaan yang begitu asri. Apalagi dengan melekatnya adat dan budaya setempat yang bertahan hingga kini, seperti benar-benar menyatu dengan alam. Terlihat dengan lokasi rumah yang mengelilingi muara sumber air yang ada di Desa Muara Tenang. Di sini kamu bisa menemui rumah adat yang usianya di atas ratusan hingga dua ratusan tahun. Namun sayang promo tentang tempat wisata di Sumatera Selatan ini sangat kurang jadi banyak para traveler yang belum mengetahuinya. Padahal Desa Muara Tenang ini termasuk desa kuno yang ada di Kabupaten Muara Enim.

Desa Wisata Segamit

Sedikit berbeda dengan Desa Wisata Muara Tenang, yang menghadirkan rumah adat yang berumur ratusan tahun. Ketika kamu mengunjungi Desa Wisata Segamit kamu akan mengunjungi perkebunan strawberry yang ketika musimnya panen, wisatawan bisa memetiknya sendiri. Di selimuti dengan kabut dan juga udara nan sejuk, membuat desa ini semakin sering dikunjungi wisatawan. Di tempat wisata di Sumatera Selatan ini wisatawan bisa melihat dan juga belajar bagaiamana cara menanam strawberry dengan kualitas terbaik dan juga cara memanennya. Agrowisata strawberry ini tepatnya berada di Desa Segamit dan berada di dalam wilayah Kecamatan Semendo Darat Ulu.

Kebun Binatang Sriwijaya

Cukup banyak koleksi satwa yang ada di Kebun Binatang Sriwijaya yang lokasinya berada di Desa Talang Taling, dan di dalam wilayah Kecamatan Gelumbang. Mulai dari koleksi reptile, beragam unggas, harimau Sumatera, dan juga Gajah Sumatera. Yang paling menarik adalah, kamu bisa berkeliling Kebun Binatang Sriwijaya sambil menaiki gajah. Memang sangat cocok tempat wisata di Sumatera Selatan ini menjadi destinasi wisata keluarga yang ada di Kabupaten Muara Enim. Setidaknya bisa menjadi edukasi bagi anak-anak untuk pengenalan satwa yang ada di Kebun Binatang Sriwijaya.

Lubuk Putih

Ingin menikmati indahnya aliran sungai yang berpadu dengan tebing yang menjulang tinggi? Datang saja ke Lubuk Outih yang terletak di Desa Seleman, Kecamatan Tanjung Agung. Inilah salah satu destinasi favorit wisatawan yang ada di Kabupaten Muara Enim. Selain aksesnya yang mudah untuk dijangkau pesona alamnya benar-benar instagramable banget. Yang paling menarik ketika kamu berada di sini adalah bisa selfie di atas perahu milik warga, atau bisa juga keliling sungai menikmati indahanya alam pedesaan. Dan yang pasti menikmati segarnya air Lubuk Putih sudah menjadi kewajiban para traveler yang mendatangi tempat wisata di Sumatera Selatan ini.

Masjid al Baniah

Kebanyakan masjid yang berdiri adalah masjid yang dibangun oleh pemerintah atau sebuah yayasan keagamaan, tapi sepertinya bukan untuk Masjid Al Baniah. Masjid ini disinyalir menelan biaya sekitar 10 miliar yang dibangun pribadi oleh pemiliki perusahaan PT. Baniah Rahmat Utama, yakni M Teguh. Yang sangat unik dengan masjid ini sehingga menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan khususnya wisata religi adalah adanya 5 kubah yang berwarna-warni. Jumlah 5 kubah yang menggambar kewajiban sholat 5 kali dalam sehari dipadukan dengan warna putih pada dinding masjid tampak begitu cantik untuk dilihat. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa dan Kecamatan Ujanmas.

Tempat Wisata di Musi Banyuasin

“Bumi Serasan Sekate” itulah motto dari Kabupaten Musi Banyuasin yang memiliki Sumber Daya Alam yang sangat melimpah. Kabupate yang sangat terkenal dengan berbagai kandungan, seperti batubara, minyak bumi, gas bumi, dan juga mineral ini juga memiliki potensi alam lainnya. Potensi alam yang masih banyak tersembunyi adalah destinasi wisata yang sebenarnya belum tereksplor secara sepenuhnya. Dan berikut ini beberapa tempat wisata di Sumatera Selatan yang tersimpan di Kabupaten Musi Banyuasin, yang sangat menarik untuk kita kunjungi.

Danau Air Batu

Salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Musi Banyuasin dan favorit di kalangan traveler yang hobi selfie dan dunia fotografi. Danau Air Batu namanya, adalah sebuah danau dari hasil penambangan yang akhirnya menyisaan kubangan besar. Yang cukup unik adalah airnya yang berwarna biru kehijauan atau warna tosca. Background dari air danau inilah yang diburu para fotografer yang ingin menghasilkan karya yang indah dari setiap jepretan. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang menarik begitu banyak wisatawan yang datang dari luar Kabupaten Musi Banyuasin, bahkan para traveler yang dari Kota Palembang berdatangan di Danau Air Batu ini. Untuk lokasinya sendiri sangat mudah untuk diakses yang terletak di Desa Air Batu, Kecamatan Talang Kelapa.

Danau Konger

Salah satu destinasi wisata keluarga terbaik yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin, adalah Danau Konger. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang dijadikan sebagai pusat wisata air yang ada di MUBA. Berbagai fasilitas wahana air, seperti sepeda air, perahu, dan berbagai fasilitas lainnya memang disediakan di Danau Konger. Nantinya di pinggiran danau akan dibangun jogging track, yang akan memanjakan wisatawan untuk melihat pemandangan sekitar Danau Konger. Panorama seperti hutan lindung, perkebunan kelapa sawit menjadi sajian utama di Danau Konger. Lokasinya terletak di Desa Sungai Dua yang masih di dalam wilayah Kecamatan Sungai Keruh.

Danau Ulak Lia

Keindahan danau ini memang masih sangat terlihat alami, berbagai rumput ilalang yang tinggi seakan memnuhi pinggiran danau. Tetapi inilah eksotisme natural dari Danau Ulak Lia, ibarat belum tersentuh tangan manusia. Loktempat wisata di Sumatera Selatan ini memang sangat cocok untuk tempat bersantai dan menikmati keheningan. Mungkin kamu juga bisa membawa joran untuk mencoba sensasi tarikan ikan tawar yang cukup besar-besar yang hidup di Danau Ulak Lia. Cara lain untuk menikmati danau ini adalah dengan mengarunginya menggunakan rakit atau perahu. Ada spot-spot terbaik yang memang bisa menjadi background cukup keren untuk fotografi. Lokasi Danau Ulak Lia ini berada di Kelurahan Soak Baru, yang masih di Kecamatan Sekayu.

Hutan Mangrove

Kebanyakan hutan mangrove itu berada di tepi pantai, tapi tidak di Kabupaten Musi Banyuasin yang memiliki Hutan Mangrove yang berada di Kecamatan Lalan dan termasuk di Kawasan Taman Nasional Sembilang. Hutan Mangrove ini termasuk hutan mangrove terbesar yang ada di Indonesia bagian barat dan tidak mengheran jika berbagai fauna terutama burung dari berbagai jenis hidup di kawasan Hutan Mangrove ini. Sangat menarik ketika kamu mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini, banyak aktifitas yang bisa kamu lakukan. Mulai dari selfie, keliling hutan mangrove menggunakan perahu motor, atau memancing ikan air tawar yang begitu banyak menghuni di kawasan Hutan Mangrove Kecamata Lalan.

Pantai Bongen

Jangan salah, kalau Kabupaten Musi Banyuasin juga punya pantai, tapi hanya terjadi pas musim kemarau, yakni surutnya Sungai Musi. Hamparan pasirnya yang begitu luas, dimanfaatkan oleh wisatawan sebagai tempat untuk berolahraga seperti sepak bola, bola voley, dan berbagai macam kegiatan. Layaknya seperti pantai dengan pasirnya yang berwarna kecoklatan menjadi tempat wisata alternatif di Sekayu. Cukup banyak wisatawan yang datang di tempat wisata di Sumatera Selatan ini keitka musim kemaru. Dan memang kebanyakan dari mereka bermaian air yang cukup dangkal yang membuat para wisatawan leluasa berenang karena luasnya Sungai Musi.

Sekayu Waterfront

Inilah destinasi andalan Kabupaten Musi Banyuasin yang lokasinya berada di tengah Kota Sekayu. Tergolong masih baru, karena memang dulu dibangun pada tahun 2015 sebagai persiapan event Musi Triboatton 2015 yang diikuti oleh 5 negara ASEAN. Dan kini justru menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang sangat wajib untuk dikunjungi. Sebagai taman ruang terbuka hijau ini kamu bisa menikmati panorama yang cantik keitka senja di pinggiran Sungai Musi. Berbagai spot yang ada di Sekayu Waterfront benar-benar selfieable dan cukup ikonik.

Suku Kubu Kandang

Ketika kamu berada di Kabupaten Musi Banyuasin, tidak hanya menikmati keindahan alamnya saja, tapi kamu juga disajikan destinasi wisata budaya, seperti di tempat Suku Kubu Kandang. Suku ini ada di tiga lokasi yang berada di Desa Muara Bahar, dan mereka cukup berbeda. Seperti yang ada di Teluk Beringin, kebanyakan sudah menggunakan pakaian modern dan sangat berbeda jika dibandingkan di Bungkal dan juga di Telapan yang masih memakai pakaian khas mereka. Untuk mengunjungi Suku Kubu Kandang kamu harus menyewa perahu motor atau speedboat dengan melewati hutan. Cukup mengasyikkan sebenarnya, belum lagi nanti kamu akan disuguhi oleh tarian tradisional, yakni Tari Basalek sebagai tarian untuk pengobatan. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini tepatnya berada di Desa Muara Bahar, Kecamatan Bayung Lencir.

Sungai Musi

Memang menjadi salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan ketika hari libur dengan menyusuri Sungai Musi. Cukup banyak perahu yang disewakan di Sekayu yang cukup membayar uang sewa, dan perahu tradisionalpun akan menganatarkan keliling sepanjang Sungai Musi. Bagi yang hobi memancing, ini akan menjadi kesempatan yang cukup menarik, karena kamu bisa memancing di berbagai spot yang ada di Sungai Musi. Panorama sekitar Sungai Musi yang cukup menarik memang layak untuk dinikmati dengan menggunakan perahu. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang tergolong trend baru berwisata dengan menyusuri Sungai Musi.

Taman Kirab

Spot terbaik untuk menikmati keindahan Sungai Musi dan juga sebagai tempat bersantai bareng teman ataupun keluarga. Selain Sekayu Waterfront, kamu juga bisa mencoba Taman Kirab yang juyga memiliki spot-spot untuk bersantai atau spot terbaik untuk  selfie. Karena Taman Kirab ini juga sangat ikonik dan sangat melekat dengan Kabupaten Musi Banyuasin. Momen paling pas di tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang ketika hari sudah mulai senja, temaram matahari yang akan tenggalam semakin terlihat eksotis di Taman Kirab.

Taman Permata

Untuk masuk di Taman Permata memang tidak gratis dan harus membayar retribusi. Tapi keindahan di dalam daman yang tergolong masih baru ini benar-benar selfieable. Cukup banyak spot buat kalian yang demen banget selfie, ada background ikon-ikon kota di dunai, seperti replica Patung Liberty, Menara Pisa, Piramida, dan Tugu Monas yang paling tinggi dan besar. Dan yang pasti tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang sangat cocok untuk wisata keluarga ketika hari libur. Dilihat dari arsitektural taman memang sangat menarik, layoutnya dan juga banyaknya pepohonan terlihat lebih asri.

Tempat Wisata di Musi Rawas

Mungkin masih banyak traveler yang belum mengetahui tempat-tempat menarik yang ada di Kabupaten Musi Rawas. Padahal cukup banyak tempat wisata di Sumatera Selatan yang menarik untuk dikunjungi berada di Kabupaten Musi Rawas. Mungkin dikarenakan minimnya informasi tentang destinasi wisata yang ada di Musi Rawas, dan juga masih cukup banyak “surga-surga tersembunyi “ di bumi Musi Rawas. Dan berikut ini obyek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi yang ada di Kabupaten Musi Rawas.

Air Terjun Bukit Cogong

Destinasi wisata yang sangat menarik dan sangat memungkinkan untuk menjadi tempat wisata andalan di Kabupaten Musi Rawas adalah Air Terjun Bukit Cogong. Lokasinya berada di punggung Bukit Cogong dengan ornamen bebatuan besar dan juga pepohonan yang rindang hutan lindung Bukit Cogong membuat tempat wisata di Sumatera Selatan ini semakin menawan. Kamu bisa merasakan kesegaran air yang sangat jernih dan udara sejuk yang ada ada di Bukit Cogong sembari berendam di kolam-kolam kecil yang ada di bawah Air Terjun Bukit Cogong. Mungkin hasrat wisata kamu akan terpuaskan jika menginap semalam dengan mendirikan kemah di lokasi dekan air terjun atau di atas Bukit Cogong. Lokasi wisata ini terletak di Desa Sukakarya yang berada di Kecamatan Suku Tengah Lakitan Ulu Terawas.

Air Terjun Curug Tinggi

Membutuhkan waktu setidaknya 1 jam berjalan kaki menuju lokasi Air Terjun Curug Tinggi. Medannya cukup mendaki dan membutuh stamina yang cukup prima, tapi pesona alam sekitarnya tidak akan membuat kamu merasa lelah. Air terjun ini memiliki goa-goa alami di bawahnya yang juga dialiri air dari air terjunnya nampak begitu eksotis. belum lagi adanya kolam yang cukup lebar yang siap memanjakan wisatawan yang datang. Dan tak jarang kamu akan melihat ikan-ikan kecil yang ada di kolam di bawah air terjunnya. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang akan dibangun oleh pemerintah untuk memudahkan wisatawan, karena memang cukup banyak wisatawan yang datang ketika hari libur tiba. Lokasinya terletak di Desa Taba Remanik, yang berada di dalam Kecamatan Selangit.

Air Terjun Kati

Pesona dari Air Terjun Kati ini sungguh luar biasanya, yang berada di tengah sungai dan di kelilingin pepohonan nan hijau menjadikan lukisan alam yang tiada duanya. Aliran airnya dari Sungai Kati yang berhulu di Bukit Barisan membuat airnya begitu jernih dan cukup dingin. Untuk lokasinya sendiri Air Terjun Kati ini berada di perbatasan dengan Provinsi Bengkulu dan juga Kota Lubuk Linggau. Sementara untuk akses jalannya memang masih berupa jalan setapak, dengan menyibak lebatnya hutan. Tapi cukup menarik, setidaknya semakin mendekatkan kita dengan alam. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini berada di di Desa Durian Remuk, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Muara Beliti.

Air Terjun Satan

Ketika mendengar namanya memang cukup mengerikan Air Terjun Satan, terdengar seperti banyak setannya di lokasi air terjunnya. Tapi tidaklah demikian, justru pesonanya benar-benar mengerikan indahnya. Air terjun yang cukup lebar meski tidak terlalu tinggi tapi debit air yang turun cukup untuk menggenangi kolam di bawahnya. Siapapun yang datang di tempat wisata di Sumatera Selatan ini pasti ga bakalan sabar pengin cepet-cepet nyebur. Kolamnya yang cukup luar yang dihiasi bebatuan dan tanaman nan hijau membuatnya begitu terlihat sangat alami. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Muara Beliti Baru, yang ada di dalam Kecamatan Muara Beliti.

Air Terjun Tekuyung

Akses jalannya yang cukup mudah dan tidak begitu jauh dari desa membuat Air Terjun Tekuyung ini cukup ramai ketika hari libur. Air terjun dengan ketinggian tidak lebih dari 10 meter ini memiliki debit air yang cukup besar sehingga memenuhi kolam-kolam kecil yang ada di bawahnya. Kebanyakan wisatawan tak sabar ingin segera menikmati segarnya air yang ada di bawah air terjun, dan tak jarang juga sembari duduk di bebatuan dekat air terjun. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini cukup dipenuhi pepohonan nan hijau di sekelilingnya yang membuatnya semakin tampak asri. Lokasi Air Terjun Tekuyung juga berdekatan dengan destinasi wisata air terjun lainnya seperti Air Terjun Tiga Beradik, Air Terjun Rimba, dan Air Terjun Sri Pengantin. Terletak di Desa Pasenan yang berada di dalam Kecamatan Suku Tengah Lakitan Ulu Terawas.

Bukit Botak

Nama yang unik untuk sebuah nama bukit di Kabupaten Musi Rawas, hal ini dikarenakan di atas bukit tidak adanya tumbuhan sama sekali jadi hanya bebatuan yang ada di puncak bukit.  Maka nama bukit ini oleh masyarakat setempat dinamakan sebagai Bukit Botak. Dan di bukit ini juga terdapat Batu Megalit yang hingga kini masih diteliti. Inilah spot favorit anak-anak muda ketika menghabiskan hari libur, yang tak jarang nge-camp semalam di Bukit Botak sembari menikmati sunrise di pagi harinya. Udara yang sangat sejuk dan juga hijaunya areal persawahan menjadi sajian utama ketika kamu berada di Bukit Botak. Temaram senja di tempat wisata di Sumatera Selatan ini juga cukup eksotis, dan yang pasti selfieable banget. Lokasi Bukit Botak terletak di Desa Sukakarya, yang masih berada di Kecamatan Suku Tengah Lakitan Ulu Terawas.

Bukit Cogong

Lokasinya tidak begitu jauh dengan Bukit Botak, yang juga memiliki pesona alam yang sangat mempesona. Bahkan selama perjalanan saja kamu akan disuguhi pemandangan alam pedesaan Sukakarya dengan alam pedesaannya yang masih sangat asri. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini berada di dalam kawasan hutan lindung, jadi memang suasananya masih sangat asri dengan pepohonan besar yang menjulang tinggi. Dan yang cukup menarik di area Bukit Cogong ini kamu bisa menemukan air terjun yang sangat eksotis dengan bebatuan besarnya dan juga airnya yang sangat jernih. Dan juga aliran sungainya yang memungkin untuk nyebur sembari menikmati keindahan alam hutan lindung. Lokasinya terletak di Desa Sukakarya yang masih di dalam Kecamatan Suku Tengah Lakitan Ulu Terawas.

Danau Aur

Berbeda dengan Danau Gegas yang sangat minim fasilitas untuk wisata airnya. Danau Aur yang menjadi andalan Kabupaten Musi Rawas memiliki fasitas wisata air yang sangat memadai. Mulai dari sepeda air, perahu karet, dan juga perahu motor akan siap sedia untuk memanjakan wisatawan yang datang. Berbagai fasilitas yang ada di danau seperti gazebo, kafetaria, dan juga pondokan sangat tersedia sebagai tempat bersantai sembari menikmati keindahan alam Danau Aur. Tak heran jika tempat wisata di Sumatera Selatan ini menjadi favorit wisatawan, terutama wisatawan lokal. Lokasi Danau Aur ini terletak di Desa Sumber Harta yang juga berada di Kecamatan Sumber Harta.

Danau Gegas

Inilah salah satu destinasi wisata andalam Kabupaten Musi Rawas, Danau Gegas. Yang cukup unik adalah seperti adanya pulau-pulau kecil yang ada di dalam danau yang penuh dengan pepohonan nan hijau. Kamu bisa menikmati dengan mengelilingi Danau Gegas di atas airnya yang sangat tenang, kamu bisa menyusuri setiap gugusan daratan yang menjorok ke tengah danau. Memang untuk fasilitas wisata air masih sangat minim, hanya tersedia perahu nelayan yang siap mengantarkan kamu keliling danau. Atau kamu juga bisa mencoba merasakan sensasi strike ikan tawar yang ada di Danau Gegas. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini terletak di Desa Sugih Waras dan berada di dalam Kecamatan Sukakarya.

Jembatan Sungai Kungku

Mungkin bisa dijadikan sebagai cagar budaya, karena Jembatan Sungai Kungku ini sudah ada sejak jaman kolonial Belanda. Dan memang dulunya dibangun untuk menghubungkan antar desa yang ada di Kabupaten Musi Rawas. Hampir secara keseluruhan Jembatan Sungai Kungku ini terbuat dari baja yang hingga kini masih bertahan, serta design jembatannya pun juga tidak berubah. Lokasi Jembatan Sungai Kungku ini berada di Desa Kertosono, dan masih di dalam wilayah Kecamatan Jayaloka.

Masjid Agung Darussalam

Tempat peribadahan umat Islam ini seakan menjadi ikon Kabupaten Musi Rawas. Dengan arsitekturalnya yang sangat cantik, dan juga berada di kawasan agropolitan center seakan menjadi bangunan termegah yang ada di Muara Beliti. Masjid Agung Darussalam ini pernah memecahkan rekor Muri sebagai khatam Al Qur’an dan juga sering mengadakan kegiatan keagamaan hampir tiap bulannya. Kini selain menjadi tempat peribadahan juga sebagai tempat wisata di Sumatera Selatan khususnya wisata religi.

Sungai Rawas

Tidak hanya sekedar menawarkan wisata air terjun saja, Kabupaten Musi Rawas juga memiliki spot rafting dengan grade III yang memang khusus bagi yang sudah berpengalaman. Tapi masih banyak juga di Sungai Rawas yang bisa digunakan oleh para pemula, karena arusnya masih cukup tenang dan tingkat kesulitan yang masih standard. Yang menarik tidak hanya menikmati riak Sungai Rawas saja, tapi juga pesona alam yang ada benar-benar layak untuk dinikmati. Berjajar pepohonan yang sangat rindang seadakan menjadi penghias Sungai Rawas, dan tidak akan membuat kamu bosan ketika mengarungi Sungai Rawas.

Tempat Wisata di Muara Rawas Utara

Kabupaten yang disingkat dengan Muratara ini tergolong masih baru, pada tahun 2013 resmi berdiri sendiri dari hasil pemekaran dari Kabupaten Muara Rawas. Daerah yang termasuk sebagai kawasan hutan lindung dan juga hutan produksi ini cukup menyimpan sumber daya alam yang sangat besar. mulai dari gas bumi, batu bara, dan juga minyak bumi dan emas. Selain sumber daya alamnya yang berlimpah, tidak ketinggalan juga potensi wisata alamnya juga sangat menjanjikan. Dan bisa menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang menjadi tujuan utama wisatawan untuk berlibur. Berikut ini beberapa tempat wisata di Kabupaten Muara Rawas Utara yang cukup ikonik dan sangat menarik untuk dikunjungi.

Air Terjun Curup Sembilan

Berbeda dengan Air Terjun Ulu Tiku yang tergolong mudah dijangkau, Air Terjun Curup Sembilan ini untuk aksesnya memang masih sangat susah. Dan tak jarang wisatawan harus melalui jalur sungai untuk menuju lokasi air terjun. Hal ini karena lebatnya hutan yang bisa membuat wisatawan kehilangan arah jika tanpa pemandu dari desa setempat. tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang cukup tinggi dan cukup lebar dengan debit airnya yang sangat besar. Biasanya warga memanfaatkannya untuk menurunkan kayu hasil tebangan. Sebenanrya sangat menarik untuk spot camping dibawah pepohonan yang rindang dan juga suasananya yang sangat tenang dan sejuk. Lokasi air terjun berbatasan dengan Kecamatan Ulu Rawas, yang tepatnya berada di Desa Muara TIku, Kecamatan Karang Jaya.

Air Terjun Ulu Tiku

Lokasi yang mudah untuk di akses dan juga cukup dekat dari pusat Kota, menjadi semakin ramai pengunjung ketika hari liburan. Selain itu memang Air Terjun Ulu Tiku memiliki pesona yang begitu indah, berada di kawasan pepohonan yang cukup lebat, debitnya airnya yang cukup deras, serta pesona alamnya yang masih begitu asri, tak heran jika menjadi destinasi favorit warga. Yang sangat menarik adalah kolam air terjunnya yang begitu luas, tapi tergolong cukup dalam. Untuk amannya memang menggunakan pelampung atau bersantai di atas perahu karet. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang cukup berdekatan dengan air terjun lainnya yang masih berada di Desa Muara Tiku, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Karang Jaya.

Air Terjun Sosokan

Keren dan unik. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan Air Terjun Sosokan yang terletak di Desa Sosokan dan berada di wilayah Kecamata Ulu Rawas. Air terjun ini memiliki dua cabang yang hanya disekat bebatuan yang ditumbuhi lelumutan yang hijau di tengahnya. Begitu terlihat lukisan alam yang sangat sempurna dengan adanya kolam yang cukup lebar di bawahnya, semakin memanjakan para traveler yang datang. Bebatuan warna hitam kecoklatan semakin menambah warna alam yang sangat natural, berpadu dengan pepohonan yang rindang di sekelilingnya. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang menjadi favorit anak-anak mudah yang haus akan piknik.

Arung Jeram

Tidak mau kalah dengan Kabupaten lainnya yang memiliki spot untuk arung jeram. Kabupaten Muratara juga memiliki spot istimewa untuk olahraga rafting. Salah satunya ada di Desa Jangkat yang masuk di Kecamatan Ulu Rawas. Arusnya cukup deras, dan bagi pemula memang disarankan untuk memakai pemandu. Berbagai rintangan seperti bebatuan yang ada di tengah dan di pinggir sungai menjadi tantangan tersendiri bagi para pecinta rafting. Selain menikmati derasnya arus sungai kamu juga bisa menikmati alam pedesaan yang ada di Kecamatan Ulu Rawas. Adanya arung jeram ini akhirnya menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang dilirik begitu banyak pecinta rafting untuk menjajal kedahsyatan arus sungai yang ada di Muaratara.

Batu Ampar

Destinasi wisata alam berikut ini bisa membuat kamu enggan untuk pulang, seakan semua destinasi wisata alam tersaji di Batu Ampar. Hutannya yang lebat dengan pohon yang tinggi, perbukitan nan hijau, air sungai yang sangat jernih dan juga ornamen bebatuan besar yang ada di tengah sungai seakan menghambat siapapun untuk pergi meninggalkannya. Pinggiran sungai yang penuh rerumputan nan hijau sebagai spot bersantai sembari tiduran menikmati keindahan alam yang terletak di Desa Kuto Tanjung. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang masih belum banyak yang menjamahnya, jadi keasriannya benar-benar masih terjada. Lokasinya masih berada di dalam wilayah Kecamatan Ulu Rawas.

Candi Lesung Batu

Masih dalam pemugaran dan belum semuanya selesai dipugar dan juga masih dalam penelitian. Disinyalir Candi Lesung Batu ini sebagai peninggalan umat Hindu yang digunakan sebagai tempat sembahyang. Kemungkinan Candi Lesung Batu ini dibangun berkisar abad 10 M dan di era Kerajaan Sriwijaya yang beragama Budha. Hal ini diperkuat karena ditemukan yoni sebagai background bangunan candi. Untuk mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini tergolong cukup mudah, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat menuju Desa Lesung Batu yang masih berada di Kecamatan Ulu Rawas.

Danau Doson Lamo

Inilah destinasi wisata alternatif yang menjadi favorit warga Kota Rupit, karena memang lokasinya yang sangat dekat dengan pusa kota, yang tidak lebih dari 30 menit perjalanan darat. Meski dekat dengan pusat kota tidak berarti tidak memiliki keasrian, justru Danau Doson Lamo ini masih begitu alami dan airnya saja terlihat begitu jernih. Banyak wisatawan yang datang di tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang ingin menghabiskan waktunya dengan bersantai di pinggir danau atau dengan menggeluti hobi memancingnya. Lokasi Danau Doson Lamo ini terletak di Desa Bingin Rupit, dan berada di dalam wilayah Kecamatan Rupit.

Danau Rayo

Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Rupit yang hanya sekitar 5 km, menjadi destinasi wisata favorit untuk menghabiskan hari libur. Aksesnya pun juga sangat mudah, perjalanan menuju ke Danau Rayo baik kendaraan roda dua maupun roda empat bisa masuk. Danau yang memiliki luas sekitar 100 hektar ini memang masih sangat asri yang dihiasi pepohonan nan hijau di setiap pinggiran danau. Namun sayang sangat minim akan fasilitas, seperti fasilitas untuk wisata air dan hanya perahu dan rakit saja yang biasa digunakan wisatawan untuk mengelilingi danau. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini letaknya di Desa Sungai Jernih, yang masih berada di dalam wilayah Kecamatan Rupit.

Goa Napalicin

Relief bebatuan karena proses alam sungguh mempesona ketika kamu berada di Goa Naplicin. Mulut goa cukup lebar sekitar berdiameter 15 meter dengan ruangan yang cukup luas di dalamnya. Stalagtit dan juga stalagmit menjadi hiasan utama ketika kamu memasuki Goa Napalicin. Goa ini berada di ketinggian sekitar 20 meter dari jalan setapak, jadi memang mengharuskan kamu untuk menaiki tangga. Lokasinya juga tidak begitu jauh dari Desa Napalicin yang hanya membutuhkan beberapa menit saja untuk samapi di Goa Napalicin. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang menjadi andalan Kabupaten Muara Rawas Utara, yang memang cukup ramai keitka hari libur tiba. Lokasi tepatnya terletak di Desa Napalicin, dan berada di wilayah Kecamatan Ulu Rawas.

Tempat Wisata di Ogan Ilir

Kabupaten yang terhitung masih baru, yakni mulai dari tahun 2003 dari hasil pemekaran Kabupaten Ogan Komering Ilir. Asal mula dinamakan Kabupaten Ogan Ilir karena berada di aliran Sungai Ogan, salah di bagian hilir, jadilah Ogan Ilir. Sungai Ogan ini salah satu sungai terbesar dari sembilan sungai yang berada di Kabupaten Ogan Ilir. Sudah bisa dipastikan banyak destinasi wisata air yang ada di Kabupaten yang pusat kotanya di Indralaya. Dan berikut ini tempat wisata di Sumatera Selatan yang cukup menarik untuk dikunjungi yang ada di Kabupaten Ogan Ilir.

Agro Techno Park

Salah satu destinasi wisata yang sangat menarik yang berada di Indralaya, Ogan Ilir adalah Agro Techno Park. Inilah pengembangan agrowisata yang berbasis teknologi yang hingga kini terus dikembangkan. Mulai dari sektor pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan menjadi terpadu di Agro Techno Park. Selain pengembangan di sektor tersebut juga bisa menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang bisa dijadikan tempat untuk edukasi sekaligus berwisata. Wisatawan yang datang akan dikenalkan dengan berbagai macam pengembangan di sektor pertanian, perkebunan dan lain-lainnya yang ada di Agro Techno Park.

Danau Teluk Putih

Wisata air memnag menjadi primadona di Kabupaten Ogan Ilir, dan salah satunya adalah Danau Teluk Putih yang terletak di Sakatiga yang masih di Kecamatan Indralaya. Lokasinya yang cukup dekat dengan pusat kota menjadi destinasi wisata alternatif bagi warga untuk relaksasi. Sembari bersantai di bawah mohon menikmati hembusan angin dari Danau Teluk Putih. Ketika senja mulai tiba, sangat cocok memang untuk menyusuri danau menggunakan perahu yang ada di sekitaran danau milik warga. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini juga sangat cocok untuk wisata keluarga, namun sayang fasilitas untuk bermain di air belum terpenuhi.

Danau Teluk Seruo

Tempat wisata di Sumatera Selatan berikut ini menjadi destinasi andalan yang dimiliki Kabupaten Ogan Ilir, Danau Teluk Seruo namanya. Tak lengkap wisata kamu jika berkunjung di Ogan Ilir tanpa mengunjungi Danau Teluk Seruo, karena memang cukup ikonik. Bagi kalangan anak muda Ogan Ilir, danau ini menjadi spot selfie kekinian dengan background warna air danau yang membiru semakin cantik foto kamu. Di obyek wisata ini juga dilengkapi jogging track, pedestrian, dan juga spot bersantai menikmati keindahan danau. Namun sayang wahana permainan airnya hingga kini belum ada, padahal bisa lebih banyak menyedot wisatawan lagi. Lokasinya cukup berdekatan dengan Kompleks Perkantoran Pemerintah, yang berada di daerah Tanjung Senai.

Makam Arya Penangsang

Ada yang menarik di Kabupaten Ogan Ilir, yakni adanya Makam Arya Penangsang di Indralaya, Ogan Ilir. Padahal banyak masyarakat Jawa yang meyakini bahwa Arya Penangsang itu mati terbunuh. Akan tetapi berdasarkan cerita masyarakat di Ogan Ilir, Arya Penangsang hijrah ke Sumatera Selatan hingga akhirnya meninggal dunia dan dimakamkan di Indralaya. Arya Penangsang sempat mengganti namanya menjadi Sariman Raden Kuning. Di makam tersebut juga berbaring istrinya yang bernama Siti Rukiah. Kini makam tersebut menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan khusunya wisata sejarah yang memang masih simpang siur terutama bagi masyarakat tanah Jawa.

Makam Pangeran Sido Ing Rajek

Inilah makam Raja Palembang XI yang dikebumikan di Sakatiga. Dalam seajrahnya, beliau diangkat menjadi Raja Palembang setelah menggantikan ayahnya yang bernama Pangeran Sido Ing Pasarean pada tahun 1653 – 1659 M. Pangeran Sido Ing Rajek ini sangat berani dalam melawan kolonialisme Belanda sejak itu. Dan melakukan berbagai pertempuran dengan Belanda, tapi pada tahun 1659 Keraton Kuto Gawang tempat singgasananya hancur, dan beliau akhirnya berpindah ke Sakatiga dan menjadi Sultan Indralaya. Makam ini juga menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan khususnya wisata ziarah yang ada di Kabupaten Ogan Ilir.

Masjid Al-Falah

Bangunan masjid yang masih kokoh berdiri hingga kini dibangun pada abad 13 oleh K.H Abdul Hamid yang lebih dikenal dengan Usang Sang Sungging. Dan beliau ini adalah keturunan dari salah satu Kerajaan di Pulau Jawa. Karena beliau memiliki keahlian mengukir da juga memahat, maka dibuatlah sebuah masjid, yang kini dikenal dengan Masjid Al-Falah. Yang sangat menarik pada masjid ini adalah pada kubahnya yang terdapat ukiran yang sangat artistik. Selain menjadi tempat peribadahan Masjid Al-Falah juga menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan khususnya wisata religi bagi umat Islam. Lokasi masjid terletak di Kelurahan Tanjung Batu.

Masjid Bajumi Wahab

Nama Masjid Bajumi Wahab ini diambil dari nama seorang pengusaha yang sangat terkenal di Palembang yang mewakafkan tanahnya untuk dibangun masjid. Dan yang membangun masjid itu sendiri juga anak turunnya dari H. Bajumi Wahab sebagai bentuk terima kasih dan juga penghormatan kepada ayahnya. Masjid yang sangat indah ini akan membawa kamu terasa di tanah Arab, karena ada banyak pohon kurma yang tumbuh di lingkungan masjid. Selain itu suasana klasik sangat terlihat dengan masih adanya areal persawahan dan juga rumah ada yang tidak jauh dari lingkungan masjid. Masjid yang juga menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan ini khususnya wisata religi umat Islam cukup ikonik dan menjadi identitas Kabupaten Ogan Ilir.

Monumen Perjuangan Rakyat

Tak lengkap rasanya ketika kamu berkunjung di Kabupaten Ogan Ilir tanpa menyempatkan diri untuk mengunjungi saksi bisu dari perjuangan rakyat Ogan Ilir. Inilah sebuah bukti bahwa banyak masyarakat Ogan Ilir yang mempertaruhkan nyawa dalam melawan kolonialisme Belanda waktu itu. Kamu bisa mendokumentasikannya dengan selfie pastinya, karena memang cukup menarik. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini cukup bersih dengan rerumputan hijau di bawahnya dan dengan patungnya yang memakai pedang menggambarkan begitu berapi-apinya para pejuang kala itu.

Pantai Jodoh

Jika dilihat dari kejauhan memang sangat mirip dengan pantai pada umumnya. Hamparan pasirnya yang cukup luas, serta berjajarnya pepohonan di pinggiran membuatnya terlihat benar-benar seperti pantai. Ada cerita unik tentang Pantai Jodoh ini, yakni setiap pasangan muda-mudi yang mengunjungi pinggiran sungai di Kelurahan Tanjung Raja ini hubungannya akan langgeng dan akan melanjutkan ke jenjang pernikahan. Dan memang seperti itulah adanya banyak pasangan yang tetap langgeng seperti sekarang. Mungkin tempat wisata di Sumatera Selatan ini sangat tepat jika menjadi spot pengambilan foto prewed, selain hasil photo dengan background sungai yang eksotis, dan juga melanggengkan hubungan pernikahan. Lokasi tepatnya berada tidak jauh dari pusat Kecamatan Tanjung Raja, yang hanya berjarak sekitar 600 meter.

Pantai Supi

Sungai Pinang yang cukup lebar dengan hamparan pasir yang sangat luas di pinggirnya akhirnya mendapatkan julukan Pantai Supi. Hal ini dikarenakan hamparan pasir sungai yang cukup luas bak pantai pada umumnya. Inilah tempat wisata di Sumatera Selatan yang menjadi favorit para wisatawan lokal. Wisatawan bisa bermaianan air di pinggiran sungai atau melakukan segala aktifitas di atas pasir sungai yang hampir sama lembutnya dengan pasir pantai. Airnya cukup jernih jadi memang layak untuk berenang atau hanya sekedar berendam menikmati panorama Sungai Pinang. Lokasinya terletak di Desa Sungai Pinang 1 yang masih berada di Kecamatan Tanjung Raya.

Sungai Ogan

Tak lengkap rasanya jika kamu mengunjungi Kabupaten Ogan Ilir tanpa menyusuri Sungai Ogan yang menjadi dasar nama Kabupaten Ogan Ilir. Kamu bisa menyewa perahu motor milik warga seputaran Sungai Ogan menyusuri ke arah desa, makam kamu akan disuguhi panorama pinggiran Sungai Ogan yang cukup mempesona. Lebih lengkap lagi jika kamu sembari memancing ikan-ikan yang hidup di Sungai Ogan. Atau hanya sekedar berada di pinggiran Sungai Ogan menikmati hembusan semilir angin Sungai Ogan.

Tanjung Putus

Destinasi wisata alternatif bagi warga Indralaya, yakni Tanjung Putus. Cukup menarik sebenarnya di kawasan Tanjung Putus ini, karena ketika musim penghujan akan dipenuhi air dan menjadi danau dadakan karena lokasinya yang berada di dataran rendah. Tapi ketika musim kemarau berubah menjadi padang rumput nan hijau yang cukup luas, membuat siapapun bisa melakukan berbagai aktifitas di tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Waktu terbaik memang ketika hari mulai senja bisa menjadi spot untuk bersantai bersama keluarga menikmati indahnya senja di Tanjung Putus.

Tempat Wisata di Ogan Komering Ilir

Kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Selatan yang lebih sering disingkat OKI menyimpan destinasi wisata yang sedikit lebih banyak jika dibandingkan dengan Kabupaten Ogan Ilir. Beberapa di antara menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang bisa dikatakan sebagai top ten-nya destinasi wisata menarik di Provinsi Sumatera Selatan. Dan berikut ini tempat-tempat yang sangat menarik dan juga wajib untuk dikunjungi yang berada di Ogan Komering Ilir.

Bukit Batu

Ada dua sisi cerita yang cukup berbeda tentang Bukit Batu. Berawal dari cerita tentang peradaban kuno ribuan tahun yang lalu, karena cukup banyak sekali ditemukannya bebatuan yang lebih mirip dengan bentuk manusia dan juga hewan. Dan cerita lainnya adalah cerita legenda Si Pahit Lidah yang ucapannya mampu merubah segala hal berubah menjadi batu. Terlepas dari kedua cerita tersebut, Bukit Batu ini menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang cukup menarik untuk dikunjungi. Di kawasan Bukit Batu ini pohonnya cukup rindang dan jufa udaranya cukup sejuk dengan panorama perbukitan nan hijau sangat nyaman untuk bersantai. Lokasinya terletak di Desa Bukit Batu dan berada di wilayah Kecamatan Pangkalan Lampam.

Danau Teluk Rasau

Sangat menarik memang ketika mengunjungi danau yang masih sangat asri dengan suasanya yang sangat tenang dan begitu banyak pepohonan di pinggirnya. Danau Teluk Rasau bisa menjadi destinasi wisata alternatif untuk melepaskan lelah dan tempat untuk bersantai di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang jauh dari keramaian, kamu bisa juga nge-camp di areal danau atau bisa mencoba sensasi strike ikan tawar yang ada di Danau Teluk Rasau. Lokasi danau terletak di Desa Sukapulih yang berada di wilayah Kecamatan Pedamaran.

Danau Teloko

Sebenarnya potensi Desa Teloko cukup besar, terutama dalam sektor pariwisata, dan salah satunya adalah Danau Teloko. Namun masih minim akan fasilitas seperti permainan airnya, jadi wisatawan bisa menikmatinya dengan mengelilingi Danau Teloko menggunakan perahu nelayan milik warga setempat. di tempat wisata di Sumatera Selatan ini ada beberapa spot yang sangat pas untuk bersantai menikmati semilirnya angin Danau Teloko. Dan juga spot-spot untuk memancing ikan tawar yang cukup banyak hidup di Danau Teloko. Lokasinya danau ini berada di Desa Teloko yang masih di dalam wilayah Kecamatan Kota Kayu Agung.

Danau Teluk Gelam

Salah satu destinasi andalan yang dimiliki oleh Kabuputen OKI, yang pernah digunakan ajang PON dan juga Jambore Nasional. Berbagai fasilitas memang sangat mumpuni dan tak lain hanya ingin memanjakan wisatawan yang datang. Mulai dari permainan air, seperti jetski, banana boat, perahu karet, perahu bebek, dan lain-lainnya banyak tersedia di tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Tak cukup di area air saja, tapi fasilitas lain seperti area bermain anak, dan juga camping ground juga ada, bahkan ada juga spa dan hotel yang siap memanjakan kamu. Tak heran juga jika akhir minggu dan musimnya liburan selalu kebanjiran wisatawan baik wisatawan lokal maupun dari luar daerah OKI. Untuk tempatnya sendiri terletak di Kecamatan Teluk Gelam yang hanya berjarak kurang lebih 25 km dari pusat Kota Kayu Agung.

Hutan Mangrove

Ada beberapa Kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ilir yang memiliki destinasi wisata Hutan Mangrove. Seperti di Kecamatan Air Sugihan, Kecamatan Cengal, dan Kecamatan Tulung, Selapan, atau di Pulau Mastari. Cukup menyenangkan jika kamu berkunjung di Hutan Mangrove dengan menggunakan perahu berkeliling di dalam Hutan Mangrove. Tak jarang juga kamu bisa menemui burung-burung pantai yang habitatnya berada di dalam hutan mangrove. Dan juga tidak ketinggalam spot memancing di hutan mangrove terkadang menjadi spot memancing terbaik, karena memang cukup banyak ikan yang menghuni di Hutan Mangrove. Tempat wisata di Sumatera Selatan, tepatnya di Hutan Mangrove Kabupaten OKI ini bisa menjadi alternatif wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Lebak Air Itam

Nyaris hampir sama dengan destinasi wisata Lebak Deling yang berawa dan penuh dengan rerumputan nan hijau. Lebak Air Itam memang sebuah rawa yang dikala musim penghujan airnya cukup penuh, yang biasanya dimanfaatkan oleh warga untuk mencari ikan. Cukup menarik sebenarnya jika dijadikan tempat wisata di Sumatera Selatan. Apalagi dengan pemandangan rerumputan nan hijau dengan ada banyak kerbau di pinggiran rawa. Sebuah pemandangan pedesaan yang saat ini mulai jarang kita temui. Untuk lokasinya sendiri berada di Kecamatan Pedamaran.

Lebak Deling

Destinasi berikut ini hanyalah sebuah rawa yang cukup luas, tapi ada yang sangat unik di Lebak Deling ini. Yakni adanya pasir yang sangat halus dan hampir mirip dengan pasir pantai, kamu akan merasa berada di pinggiran pantai dengan hembusan angin dari rawa. Berpadu dengan rerumputan nan hijau menjadi pemandangan yang sangat berbeda. Sebenarnya tempat wisata di Sumatera Selatan ini sangat cocok dijadikan spot forografi, karena ada beberapa pepohonan yang di kelilingi air rawa dan juga rerumputan hijau. Untuk lokasinya sendiri terletak di daerah Kecamatan Pampangan.

Pantai Tanjung Menjangan

Tak kalah dengan eksotisnya pantai-pantai yang ada di Pulau Mastari, Pantai Tanjung Menjangan ini juga memiliki pasir pantai yang sangat putih bersih. Selain itu ada sebagian pantai yang memiliki keindahan alam abwah laut dengan terumbu karang dan juga berbagai macam ikan yang hidup disana. Wisatawan juga bisa bersnorkeling ria atau hanya sekedar menikmati keindahan pantai yang ada cukup berdekatan dengan Selat Bangka. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang tergolong masih baru dan belum banyak juga para traveler yang menjamah Pantai Tanjung Menjangan. Untuk letaknya sendiri berada di Desa Sungai Lumpur, yang masih di wilayah Kecamatan Cengal.

Pulau Maspari

Memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menuju ke Pulau Maspari. Tapi karena keindahan alam pulaunya dan juga biota lautnya yang beraneka ragam, maka sangat layak untuk dikunjungi. Lokasinya yang sangat dekat dengan Selat Bangka menghasilkan begitu banyak ikan, dan tak jarang banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata di Sumatera Selatan ini hanya ingin memancing. Selain itu pesona pantai pasir putih dan juga terumbu karangnya yang masih sangat alami bisa memikat lebih banyak wisatawan lagi, dan memang masih membutuhkan sedikit sentuhan dari pemerintah agar lebih menarik lagi. Untuk lokasinya sendiri terletak di Tulung Selapan, yang masih berada di dalam wilayah Kecamatan Tulung Selapan.

Rumah Adat di Kayu Agung

Ketika kamu berada di pusat Kota Kayu Agung, tak lengkap tanpa plesir di kelurahan yang dekat dengan pusat kota. Hampir di setiap kelurahan kamu bisa menemukan rumah adat Ogan Komering Ilir yang hingga kini masih kokoh berdiri. Cukup beraneka ragam arsitektur rumah adatnya dan hampir semuanya berbentuk panggung dan juga disertai tangga. Yang cukup menarik adalah relief atau ornamen yang ada di setiap rumah adat, dan ini membentuk ciri khasnya masing-masing.  Ada juga beberapa rumah adat yang usia sudah puluhan hingga ratusan tahun, bisa juga kamu temui di Kayu Agung.

Rumah Limas 100 Tiang

Ada yang unik di Kabupaten OKI, yakni adanya Rumah Limas 100 Tiang yang sudah menjadi cagar budaya karena umurnya yang lebih dari 200 tahun. Dibangun oleh seorang Pangeran Redjed Wiralaksana dari Suku Rambang sebagai permintaan dari orang tua seorang putri yang akan dinikahinya. Selain memiliki tiang yang berjumlah 100, rumah ini juga memiliki ukiran yang memiliki ciri khas China dan juga Arab. Rumah Limas 100 Tiang ini semakin terlihat begitu menarik dan juga eksotis karena berdirinya tepat di sebelah Sungai Komering yang hanya berjarak tidak lebih dari 20 meter. Viewnya memang sangat menarik, wisatawan bisa bersantai di halaman depan rumah dengan menikmati keindahan Sungai Komering. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini berada di Desa Sugih Waras, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Teluk Gelam.

Suaka Margasatwa Padang Sugihan

Berbatasa dengan Kabupaten Banyuasin, Suaka Margasatwa Padang Sugihan ini juga sangat wajib untuk kamu kunjungi. Selain alamnya yang masih sangat asri dan dihuni begitu banyak Gajah Sumatera menjadi pengalaman wisata yang sangat berbeda. Bahkan kamu juga bisa berkeliling hutan lindung dengan menaiki gajah, atau hanya sekedar mengamati aktifitas gajah-gajah yang ada di hamparan rerumputan nan hijau. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang sering dikunjungi wisatawan, bahkan wisatawan asing pun juga sering berdatangan, baik dalam rangka liburan atau penelitian tentang Gajah Sumatera.

Sungai Babatan

Selain sebagai tempat mencari ikan bagi nelayan setempat, Sungai Babatan juga sebagai tempat wisata wisata di Sumatera Selatan yang sering dikunjungi wisatawan. Terutama ketika ada event seperti lomba balap perahu pada bulan-bulan tertentu. Dan ini menjadi event tahunan yang ada di Kabupaten OKI tepatnya di Kecamatan Pedamaran, dan setidaknya bisa menggaet wisatawan untuk menikmati apa yang ada di Sungai Babatan. Wisatawan juga bisa melakukan aktifitas seperti menyusuri sungai menggunakan perahu nelayan yang cukup banyak disewakan oleh nelayan setempat.

Sungai Jeruju

Destinasi cukup menarik ketika kamu mengunjungi Sungai Jeruju. Salah satunya adalah bisa melihat lebih dekat masyarakat Desa Sungai Pasir yang hidup di pinggiran sungai, dengan rumahnya yang berada di atas sungai berbentuk panggung. Kamu juga bisa melihat lebih dekat berbagai adat dan kebudayaannya atau bisa mengelilingi desa tersebut dengan menggunakan perahu milik warga. Desa Sungai Pasir ini konon katanya sudah ada sejak zaman Kerajaan Sriwijaya, jadi tidak heran jika banyak barang peninggalan yang ada di Desa Sungai Pasir. Cukup menarik memang ketika mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Kamu bisa mengunjungi Desa Sungai Pasir yang berada di Kecamatan Cengal.

Sungai Komering

Dengan menyusuri Sungai Komering yang lokasinya berada di Kecamatan Kota Kayu Agung kamu bisa melihat keindahan dari pusat kota Kabupaten Ogan Komering Ilir. Masih ada beberapa bangunan lama peninggalan kolonial Belanda yang begitu klasik menjadi sajian utama keitka kamu menyususri Sungai Komering. Memang bagi warga Kayu Agung atau OKI menjadi hal biasa ketika menyususri Sungai Komering, tapi bagi wisatawan yang dari luar Kabupaten OKI akan menjadi pemandangan yang sangat luar biasa. Dan Sungai Komering ini memang sangat berpotensi menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang mampu menyedot lebih banyak lagi wisatawan untuk datang.

Taman Segitiga Mas

Inilah destinasi wisata yang berada di tengah kota yang menjadi andalan Kabupaten Ogan Komering Ilir, khususnya bagi warga ibukota Kayu Agung. Lokasinya yang berada di pusat kota dan di jalur lintas antara Lampung dan Palembang menjadikan tempat wisata di Sumatera Selatan ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Mulai dari sekedar istirahat dalam perjalanan atau memang sengaja ingin menikmati keindahan taman kota di Kayu Agung. Ada yang sangat ikonik di Taman Segitiga Mas, yang adanya monumen Perahu Kajang, yang menjadi simbol  perdagangan padajaman dulu. Selain itu Taman Segitiga Mas ini juga bisa menjadi wisata keluarga ketika liburan atau hanya ingin menghabiskan senja sembari bersantai di dalam taman.

Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Meskipun sama-sama dilewati sungai besar, yakni Sungai Ogan dan Sungai Komering tapi tetap saja berbeda dengan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Kabupaten Ogan Komering Ulu atau disingkat OKU sebagai tempat hulu dari kedua sungai besar tersebut. Walaupun tidak memiliki obyek wisata bahari, tapi wisata alamnya tidak akan kalah eksotisnya dengan Kabupaten OKI. Beberapa tempat wisata di Sumatera Selatan yang cukup ikonik bisa ditemukan di Kabupaten OKU. Dan berikut ini destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Kabupaten OKU yang berpusat Kota di Baturaja.

Air Panas Gemuhak

Destinasi wisata di Ogan Komering Ulu ini memang sangat jauh dan membutuhkan stamina yang cukup prima untuk mengunjunginya. Lokasinya yang berada di perbukitan dengan ketinggian hampor 400 mdpl memaksa kamu harus berjalan kaki dan menaiki perbukitan selama 3 hingga 4 jam. Jaraknya sendiri dari desa terdekat sejauh 6 km, memang dikhususkan bagi pecinta alam atau yang memiliki jiwa petualangan. Tapi yang sangat menarik adalah pesona alamnya yang begitu asri sepanjang perjalanan selalu dihiasi panorama perbukitan nan hijau dan juga diselimuti udara yang sangat sejuk. Air Panas Gemuhak ini cukup unik, selain berdekatan dengan sungai tiap 15 detik selalu menyemburkan gletser yang panasnya mencapai 100 derajat celcius. Ketika kamu mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang sebaiknya sembari nge-camp di area terseebut. Secara administratif Air Panas Gemuhak ini berada di Desa Gunung Tiga, Kecamatan Ulu Ogan.

Air Terjun Bukit Langgar

Tempat wisata di Sumatera Selatan ini tergolong masih baru, dan baru beberapa tahun saja ditemukan, tetapi animo warga OKU yang sangat penasaran dengan keindahaannya, jadi semakin ramai dikunjungi wisatawan. Air terjun Bukit Langgar, tapi warga sekitarnya menyebutnya dengan Cuhup Langgah. Sangat unik untuk air terjun yang satu ini, meskipun memiliki ketinggian 30 meter, tapi tidak terjal dan konturnya lebih mirip seperti tangga atau undakan. Jadi wisatawan bisa bersantai duduk di di undakan bebatuan sembari merasakan nikmati diguyur air yang tanpa henti. Untuk lokasinya sendiri, Air Terjun Bukit Langgar ini terletak di Desa Gedung Pakuan, yang berada di Kecamatan Lengkiti.

Air Terjun Desa Kuripan

Suasananya yang sangat alami dan juga asri benar-benar akan kamu rasakan ketika mengunjungi Air Terjun Desa Kuripan. Dan memang belum begitu banyak wisatawan yang mendatangi tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Sementara untuk Desa Kuripan ini memiliki setidaknya ada 4 air terjun yang memang belum tereksplorasi, dan hanya warga juga para petualang saja yang tahu lokasinya. Untuk mengunjungi air terjun ini, kamu harus menggunakan pemandu dari Desa Kuripan. Meskipun tidak begitu jauh lokasinya atau hanya membutuhkan setidaknya 1 jam perjalanan, tapi medannya memang masih cukup rumit. Jadi untuk menghindari salah arah lebih baik menggunakan jasa penunjuk jalan dari Desa Kuripan, yang masih berada di dalam wilayah Kecamatan Semidang Aji.

Air Terjun Desa Tanjung Karang

Lokasi air terjun yang satu ini berada di tengah hutan dan nyaris tidak terlihat karena cukup lebatnya huta di Desa Tanjung Karang, Kecamatan Baturaja Barat. Tidak begitu tinggi memang air terjunnya, tapi yang sangat menarik adalah kolamnya yang begitu luas, dengan kedalaman sedang, menjadi spot favorit wisatawan utnuk berenang atau hanya sekedar berendam. Pepohonan yang mengelilingi air terjun ini seakan menjadi peneduh alami bagi wisatawan yang ingin bersantai tapi tidak ingin kepanasan. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini semakin ramai dikunjungi wisatawan, dan biasanya ketika akhir minggu atau pas musim liburan.

Air Terjun Dumas

Sangat menarik untuk dikunjungi memang Air terjun Dumas ini, karena air terjun ini memiliki dua air terjun sekaligus dengan debit air yang sama besarnya. Meskipun tidak tingg yang hanya 2 hingga meter saja tingginya, tapi dengan adanya kolam yang cukup luas dan juga dalam, menjadi daya tarik tersendiri. Banyak juga wisatawan yang berdatangan, padahal untuk menuju ke lokasi air terjun cukup menguras tenaga, yang mengharuskan kamu untuk berjalan beberapa jam. Tapi rasa lelah kamu akan segera hilang seketika setelah tiba di tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Dan yang pasti kamu ga bakalan sabar melihat jernihanya air di kolam alaminya, sudah pengin cepet-cepet nyebur. Untuk lokasinya sendiri tepatnya terletak di Desa Bandar Jaya, yang masih berada di dalam Kecamatan Lengkiti.

Air Terjun Hanajauwan

Destinasi wisata ini juga tergolong masih baru beberapa tahun saja mencuat di media sosial dan akhirnya cukup ramai dikunjungi para pemuja piknik. Air Terjun Hanjauwan ini airnya tidak begitu deras dengan ketinggian hampir 10 meter dengan tebingnya yang sangat terjal. Yang menarik selain air terjun adalah adanya goa dibalik air terjun, seakan menjadi spot menarik untuk bersantai memandang air yang jatuh ke kolam. Air tejrun ini juga memiliki kolam meskipun tidak besar dan juga tidak dalam, tapi lumayan lah buat berendam sembari menikmati hijaunya pepohonan yang berada di sekitar air terjun. Tempat wisata di Sumater Selatan ini terletak di Desa Pedataran yang masih di wilayah Kecamatan Ulu Ogan.

Air Terjun Kambas

Inilah salah satu ait terjun tertinggi yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu, tinggi Air Terjun Kambas ini berkisar 50 meter. Debit airnya cukup deras, hingga di bawahnya seakan penuh dengan buih embun yang cukup tebal. Lokasinya yang berada di perbukitan dan di kawasan hutan, membuat udara semakin sejuk malah cenderung sedikit dingin. Tebingnya yang menjulang tinggi penuh dengan tanaman dan lumut hijau semakin menambah kesan eksotis. sangat wajar jika tempat wisata di Sumatera Selatan ini menjadi destinasi favorit warga OKU. Perjalanan menuju Air Terjun Kambas juga sangat menyenangkan dengan melewati perkebunan kopi, dan sungai yang penuh bebatuan menjadi tidak begitu terasa lelahnya berjalan selama kurang lebih 45 menit. Yang menarik jika pas musim durian kamu bisa membelinya langsung dengan harga yang murah dari warga yang memiliki kebun durian yang cukup dekat dengan air terjun. Lokasinya sendiri terletak di Desa Ulak Lebar, Kecamatan Ulu Ogan.

Air Terjun Kambas Bawah

Siapapun akan takjub ketika mengunjungi Air Terjun Kambas Bawah, yang aliran airnya masih sama dengan Air Terjun Kambas, dan Air Terjun Tengah. Meskipun air terjunnya paling rendah yang hanya beberapa meter saja, justru membuat wisatawan bisa melakukan jumping ke kolam dengan kedalamannya yang masih sangat aman buat terjun. Kolamnya pun juga cukup luas, yang sangat memungkinkan untuk berenang kesana-kemari. Pepohonan dengan dedaunan yang rimbun menghijau semakin menghiasi tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Undakan air terjun menjadi spot favorit bagi wisatawan yang ingin merasakan guyuran air tiada henti. Untuk lokasinya sendiri masih terletak di Desa yang sama yakni di Desa Ulak Lebar, Kecamatan Ulu Ogan.

Air Terjun Lubuk Leban

Unik, menarik, dan eksotik, itulah gambaran dari Air Terjun Lubuk Leban ini. Air terjun ini seperti sebuah patahan dasar sungai yang satu sisinya lebih ke bawah. Saking uniknya air terjun, tak jarang sering dijadikan sebagai spot nature photography yang hasilnya membuat siapapun ingin mengunjunginya.  Uniknya lagi di sekitaran kolam ada pasir yang berwarna coklat yang serasa berada di pinggiran pantai. Ditambah lagi lebatnya pepohonan disamping kiri dan kanan akhirnya membetuk payung alami yang sangat meneduhkan. Selain kamu bisa berendang merasakan segarnya air, kamu juga bisa nge-camp di pinggiran sungai agar lebih dekat lagi dengan alam. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini terletak di Desa Lubuk Leban, dan berada di Kecamatan Sosoh Buay Rayap.

Air Terjun Pahatan

Masih belum begitu banyak traveler yang mengetahui adanya air terjun yang lokasinya tidak jauh dari Bukit Pelawi, yakni Air Terjun Pahatan namanya. Tidak terlalu tinggi sebenarnya dan kurang dari 10 meter. Akan tetapi ada yang sangat menarik dengan air terjun ini, yakni kolamnya yang cukup luas dengan kedalaman yang sedang akan membuat wisatawan serasa dimanjakan oleh alam. Pepohonan nan hijau mengelilingi kolam Air Terjun Pahatan, dan juga adanya bebatuan yang ada di dekat air terjun biasanya sebagai spot jumping para traveler. Bisa juga kamu mencoba untuk berkemah di area air terjun agar lebih dekat dengan alam. Secara administratif Air Terjun Pahatan ini berada di Kecamatan Baturaja dan berada di tengah-tengah dari keempat desa yang masuk di dalam Bukit Pelawi.

Air Terjun Pisang

Lokasi air terjun ini cukup dekat dengan Air Terjun Kambas, tepatnya berada di sungai bawahnya. Jadi aliran airnya juga bersumber dari Air Terjun Kambas. Meskipun tidak setinggi Air Terjun Kambas, Air Terjun Pisang ini memiliki pesona tersendiri. Dipayungi oleh dedaunan yang berada di kanan dan kiri air terjun, semakin terlihat jelas kecantikan air terjun ini. Hiasan bebatuan yang berada di pinggir dan di tengah sungai bisa menjadi background nature photography yang tiada duanya. Meskipun kolamnya tidak begitu lebar dan dalam, tapi sangat asyik sebagai tempat wisata di Sumatera Selatan untuk berendam dan bermain air. Secara administratif, air terjun ini masuk di Desa Kelumpang, dan berada di wilayah Kecaman Ulu Ogan.

Air Terjun Siang Bulan

Jaraknya hanya sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan dari Baturaja, tepatnya di Desa Ulak Lebar yang masih berada di dalam Kecamatan Ulu Ogan. Air Terjun Siang Bulan ini memiliki ketinggian hampir 10 meter dengan tebing yang kokoh dan juga terjal. Air terjunnya cukup lebar, dan inilah yang memang disukai oleh kebanyakan wisatawan, mencoba merasakan mandi di bawah shower alami. Airnya sangat jernih dan juga cukup dingin yang mengalir ke kubangan sungai yang tidak begitu besar, tetapi tetap cukup untuk berendam. Untuk meuju tempat wisata di Sumatera Selatan ini cukup mudah karena jaraknya sangat dekat beberapa meter saja dengan perkebunan milir warga setempat.

Air Terjun Suku Indah

Masih tergolong sepi pengunjung karena memang belum begitu banyak yang mengetahui akan keberadaan Air Terjun Suku Indah. sangat berbeda dari air terjun kebanyakan, Air Terjun SUku Indah ini berkontur landai dan tidak terjal. Jadi siapapun bisa mendakinya hingga ke puncak air terjun. Aliran airnya sangat deras hingga memenuhi kolam-kolam kecil di bawahnya. Ornamen bebatuan dan juga ranting dahan yang penuh dedaunan seakan menjadi payung bagi air terjun ini. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini juga sangat menarik untuk dikunjungi. Dan lokasinya sendiri juga tidak begitu jauh, yang hanya membutuhkan beberapa menit saja berjalan kaki. Terletak di Desa Bedegung, yang berada di wilayah Kecamatan Semidang Aji.

Air Terjun Sundingan

Suasana yang begitu alami dan juga asri benar-benar tersaji di Air Terjun Sundingan atau Air Terjun Mindanan ini. Bahkan di area air tejrun masih banyak batang kayu besar yang berserakan yang kemungkinan terseret arus sungai. Air terjun ini tergolong cukup tinggi yang pasti ketinggiannya lebih dari 10 meter. Membutuhkan stamina yang cukup ekstra memang untuk mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini, setidaknya harus berjalan kaki menyusuri kebun dan juga lebatnya pepohonan. Tetapi rasa lelah tetap hilang seketika setelah sampai di Air Terjun Sundingan ini. Secara administratif air terjun ini masuk masuk di wilayah Kecamatan Muara Jaya.

Air Terjun Talang Aman

Mungkin masih banyak traveler yang belum tahu air terjun yang dekat banget dengan perkotaan tepatnya hanya beberapa menit saja dari Polres Kabupaten OKU. Namanya Air Terjun Talang Aman, eksotismenya tak kalah dengan air terjun-air terjun yang ada di pelosok atau di tengah hutan. Bahkan suasana sekitarnya pun juga sangat asri, begitu juga dengan airnya yang sangat jernih serta beberapa kolam yang bisa memanjakan kamu dengan berendam. Uniknya lagi di lokasi yang berdekatan juga terdapat beberapa airt terjun lagi yang sama-sama memiliki keunikan. Mungkin kedepannya bisa dijadikan sebagai tempat wisata di Sumatera Selatan yang bisa lebih banyak lagi menyedot wisatawan untuk datang.

Air Terjun Tembulun

Cukup unik juga Air Terjun Tembulun ini yang berada di perbukitan tapi konturnya tidak terjal. Dengan ketinggiannya yang hampir 30 meter ini ada beberapa tingkatan air terjun yang konturnya landai. Bahkan sangat memungkin kamu untuk berada di tingkatan pertama dengan hanya berjalan di pinggir air terjun. Kamu juga bisa bersantai menikmati panorama sekitar air terjun di gazebo yang telah disediakan tepat di tingkar paling atas air terjun. Kolam di bawah air terjun cukup dalam, hampir 4 meter jadi untuk pemula atau yang tidak bisa berenang dilarang bermain di kolam yang juga ckup lebar. Rapatnya pepohonan serta dedaunan nan hijau semakin membuat sejuk kasawan tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Tidak begitu jauh dan hanya beberapa menit saja menuju lokasi air terjun yang ada di Desa Tanjung Kurung, yang berada di Kecamatan Semidang Aji.

Air Terjun Tengah

Aliran airnya sama dengan Air Terjun Kambas, yang lokasinya berada di bawahnya. Meskipun masih kalah tinggi dengan Air Terjun Kambas, tetapi debit airnya sama-sama besar. memang tidak memiliki kolam yang besar, tapi aliran sungai di bawahnya serta adanya kubangan bebatuan tetap bisa menjadi spot berendam yang nyaman. Rimbunanya pepohonan yang berada di samping kanan dan kiri air terjun dan sungai membuat suasana semakin begitu adem dan nyaman buat bersantai. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini masih berada di Desa Ulak Lebar, yang juga masih di dalam Kecamatan Ulu Ogan.

Arung Jeram Sungai Ogan

Salah satu potensi yang luar biasa yang dimiliki Kabupaten OKU adalah wisata olahraga, seperti arung Jeram Sungai Ogan. Begitu panjangnya Sungai Ogan dan juga derasnya aliran airnya cukup eman jika tidak dinikmati atau digunakan sebagai arung jeram. Kamu bisa memulai arung jeram di Sungai Ogan dari Desa Padang Bindu yang berada di Kecamatan Semidang Aji sampai ke Kota Baturaja. Arusnya cukup deras yang akan menjajal adrenalin kamu, dan selain itu kamu juga akan disuguhi pesona alam pedesaan yang ada di Kabupaten OKU, pepohonan rindang, hijaunya areal persawahan dan perbukitan. Sangat wajar akhirnya menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang mampu menyedot perhatian wisatawan yang datang dari luar Kabupaten OKU.

Arung Jeram Sungai Ogan Mendingin

Jika kamu ingin menikmati indahnya Sungai Ogan tepat di hulu sungainya maka kamu harus mengunjungi Desa Mendingin. Benar-benar sungguh memukau dan berpotensi menjadi desa wisata jika dikembangkan lebih lanjut. Tidak hanya arus dari Sungai Ogan saja yang bisa kamu nikmati tapi juga pesona alam hutan yang menyimpan begitu banyak jenis flora dan juga fauna di dalamnya. Terkadang kamu bisa menemui monyet putih dan berbagai suara indah burung yang ada di hulu Sungai Ogan. Kamu akan melewati tebing yang ditumbuhi pepohonan nan hijau dan juga areal persawahan yang menghijau selama berarung jeram. Dan untuk jaraknya berarung jeram bisa mencapai 15 km yang berawal dari Desa Mendingin hingga ke Kota Baturaja. Tempat wisata di Sumatera Selatan tepatnya berada di Desa Mendingin, yang masih masuk di dalam Kecamatan Ulu Ogan.

Arung Jeram Sungai Saka

Kabupaten OKU memang memiliki potensi wisata olahraga arung jeram yang sangat luar biasa dan slah satunya adalah olahraga arung jeram. Hampir ada beberapa sungai yang ada di Kabupaten OKU bisa dijadikan spot untuk rafting, karena arusnya yang cukup deras dan juga memiliki tingkat kesulitan masing-masing. Selain Sungai Ogan, ada Sungai Saka yang terletak di Desa Negeri Sindang, yang masih di wilayah Kecamatan Sosoh Buay Rayap. Memang tergolong baru beberapa tahun saja menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang sangat wajib dikunjungi bagi yang suka olahraga arung jeram. Tetapi kedepannya akan lebih banyak lagi minat wisatawan yang akan mengunjungi Desa Negeri Sindang yang ingin menaklukkan keganasan arus Sungai Saka.

Bukit Balau

Salah satu destinasi wisata favorit warga Baturaja dan juga warga OKU adalah Bukit Balau. Inilah spot terbaik untuk menikmati keindahan beserta sunrise yang sangat menawan. Memang kamu harus nge-camp dulu di puncak Bukit Balau agar semakin dekat dengan alam.  Pepohonannya yang rindang, serta panorama perbukitan menjadi sajian utama tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Tak heran jika akhir minggu sudah dipenuhi anak-anak muda yang ingin nge-camp dan menikmati keindahan sunrise di pagi harinya.

Bukit Kapur

Lokasinya cukup dekat dengan Kota Baturaja, yang hanya beberapa kilometer dengan lama tempuh sekitar beberapa jam saja. Bukit Kapur benar-benar menjanjikan keindahan alam yang jempolan. Memang waktu yang paling tepat adalah menjelang senja, kamu akan disuguhi panorama sunset yang sungguh memukai di Bukit Kapur. Temaram cahaya matahri yang mulai surut di balik perbukitan menjadi background selfie yang sangat eksotis. Cukup sering wisatawan yang datang di tempat wisata di Sumatera Selatan ini selalu nge-camp semalam agar lebih dekat lagi dengan alam. Untuk lokasinya sendiri, berada di Air Karang, Tanjung Baru.

Bukit Khiang

Pengin menghirup udara segar nan bersih, sembari menikmati hijaunya persawahan? Datang saja ke Bukit Khiang atau Bukit Puyang Rau yang berada di Desa Gunung Meraksa yang masih di dalam wilayah Kecamatan Lubuk Batang. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang sering digunakan sebagai tempat untuk berkemah siswa-siswa sekolah atau berbagai kegiatan Pramuka. Hal ini karena lokasinya juga mudah untuk diakses dan kendaraan juga bisa mendekati puncak Bukit Khiang. Maka ketika hari libur banyak sekalai wisatawan yang berada di bukit ini, untuk menikmati panorama alam perbukitan yang indah.

Bukit Puyang Rau Tengah

Tidak hanya kaya akan air terjunnya saja, tapi Kabupaten Oku juga memiliki banyak destinasi wisata perbukitan, dan salah satunya adalah Bukit Puyang Rau Tengah. Waktu yang paling tepat di bukit ini adalah ketika masa tanam padi atau sebelum panen padi yang ada di Desa Tangsi, Kecamatan Pengandonan. Maka tidak hanya hijau perbukitan saja yang kamu lihat, tapi hijaunya areal persawahan berpadu dengan sungai yang ada di tengah-tengahnya menjadi pemandangan yang nyaris tiada duanya. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang spot terbaik untuk bersantai di sore hari. Dan yang tidak ketinggalan sudah pasti kewajiban selfie tidak boleh ditinggalin ya.

Bukit Pelawi

Ingin mencoba lebih dekat dan menyatu dengan alam, kamu harus mengunjungi Bukit Pelawi yang sangat kaya akan flora dan juga faunanya. Cukup banyak hewan yang menghuni di kaki Bukit Pelawi, mulai dari macan dahan, kera dengan beberapa jenis, babi hutan, serta menjangan banyak hidup di kawasan Bukit Pelawi. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memiliki ketinggia 900 mdpl, jadi udara yang sangat sejuk bakal selalu menyelimutimu. Ketika berada di puncak Bukit Pelawi kamu tidak hanya disajikan panorama alam perbukitan saja, tapi Kota Baturaja sangat jelas terlihat dari ketinggian. Bukit Pelawi ini mencakup 4 desa yang ada di Kecamatan Baturaja, mulai dari Desa Laya, Desa Karang Agung, Desa Pusar, dan Desa Batu Kuning. Dan tak jauh dari Bukit Pelawi kamu bisa menemukan air terjun yang sangat eksotis, yakni Air Terjun Pahatan.

Curug Langgar

Pemandian alam yang sungguh mempesona ini memang layak dijadikan tujuan utama ketika musim liburan. Kamu tidak hanya sekedar menikmati panorama alam yang ada di Desa Kungkilan, yang masih di daerah Kecamatan Sosoh Buay Rayap. Yang sangat menarik di tempat wisata di Sumatera Selatan ini adlah kolamnya yang sangat luas juga kedalamannya yang sedang, sangat cocok memang menjadi wisata keluarga. Anak-anak juga bisa mainan air dengan menggunakan pelampung jadi lebih aman. Selain itu lokasi Curug Langgar ini juga bisa menjadi spot yang sangat bagus untuk fotografi. Karena memang alamnya masih sangat asri dengan dikelilingi pepohonan yang cukup lebat.

Danau Hijau Bukit Kapur

Asal mulai terbentuknya Danau Hijau Bukit Kapur ini dikarenakan adanya pertambangan batu kapur yang ada di daerah Baturaja. Dan unik kubangan yang bekas galian tambang itu justru airnya berwarna hijau yang banyak dari pengunjung selalu menyempatkan selfie di pinggir danau yang airnya berwarna hijau tersebut. Selain itu di Bukit Kapur kamu bisa melihat panorama alama yang begitu indah, serta background ornamen bebatuan kapur ini juga selfieable banget. Yang pasti benar-benar banyak spot-spot indah yang bisa kamu jadikan sebagai spot selfie kekinian. Tak heran tempat wisata di Sumatera Selatan ini mendadak menjadi viral dan semakin banyak anak-anak muda yang mengunjunginya.

Goa Harimau

Tidak hanya menghadirkan keindahan relief dinding goa dan juga dtalagmit dan stalagtit saja ketika kamu di Goa Harimau. Yang paling menarik adalah Goa Harimau ini dahulunya sebagai tempat tinggal Homo Sapien yang kemungkinan sudah 14 ribu tahun yang lalu. Banyak sekali ditemukan bukti-bukti adanya peradaban di Goa Harimau. Misalnya seperti tulang-tulang manusia, dan juga tulang binatang seperti monyet, gajah, babi, rusa, yang disinyalir dikonsumsi oleh Homo Sapien. Selain itu juga banyak ditemukan artefak, seperti alat pipisan, batu obsidian, dan juga alat penumbuk yang semuanya terbuat dari batu. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang sangat menarik untuk dikunjungi dan konon katanya termasuk situs pra sejarah yang tertua di Indonesia. Untuk lokasinya sendiri tidak begitu jauh dari Goa Putri, yang terletak di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji.

Goa Putri

Ada banyak keunikan yang ada di dalam Goa Putri ini, dan goa ini sudah menjadi destinasi wisata yang ikonik di Kabupaten OKU. Beberapa keunikannya adalah sebelum masuk ke goa wisatawan diharuskan untuk mengetuk dinding goa sebanyak 3 kali sebagai tanda salam kepada leluhur. Dan di dalam Goa Putri kamu akan menjumpai banyak bebetauan yang menyerupai manusia dan juga beberapa hewan. Di dalam goa juga ada sungai bawah tanah, yang konon katanya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit dan juga bisa membuat wajah kamu awet muda. Jadi tunggu apalagi cepat ambil air lalu buat cuci muka agar awet muda yaa. Menurut sejarah, tempat wisata di Sumatera Selatan ini dahulunya memang digunakan sebagai tempat tinggal manusia pra sejarah. Karena didalamnya banyak sekali ditemukan berbagai tulang manusia, hewan, dan juga berbagai benda peninggalan yang menguat sebagai bukti tersebut. Untuk lokasinya sendiri berada di Desa Padang Bindu, yang berada di wilayah Kecamatan Semidang Aji.

Jembatan Ogan Baturaja

Mungkin terlihat hanya seperti jembatan pada umumnya ketika siang hari sebagai akses untuk mempermudah warga tanpa harus menggunakan perahu atau rakit. Tapi ketika hari sudah mulai senja atau di malam hari, jembatan yang biasa di siang hari ini menjelma menjadi obyek yang sangat eksotis dengan siluet pencahayaan lampu di jembatan yang terlihat begitu cantik. Akhirnya di sekitaran Jembatan Ogan Baturaja ini menjadi tempat nongkrong untuk menghabiskan malam paling romantis mungkin di Kota Baturaja. Selain sebagai tempat nongkrong yang asyik, tempat wisata di Sumatera Selatan ini juga bisa dijadikan spot fotografi untuk menghasilkan karya seni yang sangat indah.

Lesung Bintang

Obyek wisata berikut ini tidak hanya menghadirkan panorama alam perbukitan saja, tapi juga sebagai wisata sejarah agar lebih mengenal asal usul Baturaja. Dan salah satu yang sangat menarik adalah ditemukannya lesung yang berbentuk bintang sebagai barang peninggalam dari Marga Bindung Langit Lawang Kulon. Selain ini jugada ada Batu Berukit dan batu yang lebih menyerupai bentuk telapak kaki. Dan benda-benda peninggalan ini benar-benar sangat berharga dan sangat layak untuk dijadikan sebagai benda cagar budaya. Selain wisata sejarah sudah pasti kamu akan melihat keindahan Baturaja dai tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Dengan berada di puncak Lesung Bintang kamu bisa melihat tata kota Baturaja. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Laya, yang masih berada di dalam Kecamatan Baturaja Barat.

Makam Puyang Pangeran Lambang

Jika kamu sudah mengunjungi hampir semua destinasi wisata alam di Kabupaten Ogan Komering Ulu, sempat saja untuk berwisata ziarah. Ada salah satu makam yang ada di Desa Mendingin, Kecamatan Ulu Ogan yang cukup sering dikunjungi oleh warga. Yakni Makam Puyang Pangeran Lambang, dan beliau ini adalah seorang Pangeran dari Desa Mendingin. Kebanyakan para peziarah berdoa di sekeliling makam, dan biasanya di hari-hari tertentu cukup ramai dikunjungi peziarah.

Museum Si Pahit Lidah

Kamu bisa melihat berbagai koleksi benda-benda peninggalan mulai dari era pra sejarah hingga Kerajaan Sriwijaya di Museum Si Pahit Lidah. Misalnya dari arca-arca yang ditemukan di berbagai belahan Kabupaten OKU dan juga berbagai peninggalan perdaban mulai Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan-Kerajaan setelahnya. Lokasinya sendiri berada di dekat Goa Putrid an juga Goa Harimau, tepatnya di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji.

Sungai Lengkayap

Masih juga dalam satu aliran air sungai dengan Sungai Tanjung Lengkayap yang juga sangat indah dan cocok buat camping. Sedikit berbeda dengan Sungai Lengkayap yang ada di Desa Bandar, Kecamatan Sosoh Buay Rayap. Memang sangat minim rerumputan di pinggir sungainya, tapi bebatuan yang ada di pinggir sungai tidak kalah eksotisnya. Di tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang sangat cocok untuk berenang, berendam, dan juga aktifitas seperti menyusuri sungai menggunakan rakit atau perahu karet. Mungkin juga bisa kamu gunakan untuk pengambilan photo prewed, hijaunya air Sungai Lengkayap menambah kesan romantis keitka di cetak di kertas photo.

Sungai Mandi Hawa

Unik dan juga eksotik, itulah Sungai Mandi Hawa atau Sungai Komering yang terletak di Desa Tualang, Kecamatan Lengkiti. Yang sangat menarik adalah ornamen bebatuan yang ada di sungai yang sangat tertata oleh alam. Airnya yang sangat jernih dengan kedalaman sedang akan memanjakan siapapun yang data di tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Bahkan tak jarang banyak wisatawan yang nyebur dari tingginya bebatuan, cukup mengasyikkan memang. Untuk lokasinya sendiri juga tidak begitu jauh dari Desa Tualang, yang hanya butuh beberapa menit saja untuk menuju pemandian alam. Selain spot pemandian alami juga sangat bagus sekali untuk dunia fotografi, karena keunikan bebatuan yang berapdu dengan jernihnya air sungai.

Sungai Saka Rantau Kumpai

Di Desa Rantau Kumpai terdapat Sungai Saka yang pesonanya begitu indah dan menarik untuk dikunjungi. Air sungainya sangat jernih, dan terasa seperti berada di perbukitan atau pegunungan. Berjajarnya pepohonan nan hijau di sepanjang sungai semakin membuat suasana begitu asri. Aktifitas yang sangat menarik untuk dilakukan ketika berada di tempat wisata di Sumatera Selatan adalah nyebur. Kamu bisa mandi sepuasnya di Sungai Saka yagn tidak terlalu dalam dan bisa juga river tubing sembari menikmati alam pedesaan. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Rantau Kumpai, yang berada di dalam Kecamatan Sosoh Buay Rayap.

Sungai Tanjung Lengkayap

Keindahan Sungai Tanjung Lengkayap ini sungguh memukau, siapapun yang datang mengunjunginya akan dibuat takjub akan panorama alamnya yang nyaris tiada duanya. Aliran sungainya yang sangat jernih dengan riaknya yang sangat tenang, berpadu dengan rerumputan nan hijau di pinggirnya membuatnya begitu indah dipandang mata. Dan hampir sepanjang sungai ditumbuhi pepohonan yang cukup rapat dan menjulang tinggi. Tak jarang banyak wisatawan yang nge-camp di pinggiran sungai sembari memancing ikan tawar yang hidup di Sungai Lengakyap. Aktifitas seperti menyusuri sungai menggunakan perahu karet akan membuat pengalaman wisata kamu semakin berkesan. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini letaknya di Desa Segara Kembang, Kecamatan Lengkiti.

Taman Kota Baturaja

Liburan kamu tidak akan lengkap ketika berada di Kabupaten Ogan Komering Ulu tanpa mengunjungi destinasi wisata ikonik Taman Kota Baturaja. Dulunya taman kota ini adalah lapangan sepak bola lalu dirombak dan dijadikan Taman Kota Baturaja. Dengan berubahnya fungsi tersebut justru memberikan dampak yang sangat positif bagi warga. Setidaknya memberikan kesempatan bagi para pedagang untuk mengais rejeki di tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Cukup banyak fasilitas yang ada di dalam taman kota ini, seperti tersedianya hostpot gratis dan jug ataman bermain anak-anak. Dan tidak ketinggalan wisata kuliner banyak tersaji di pinggiran Taman Kota Baturaja.

Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Selatan

Kabupaten yang lebih sering dikenal dengan sebutan OKU Selatan ini dulunya menjadi satu dengan Kabupaten Ogan Komering Ulu. Namun di tahun 2003 resmi berdiri sendiri menjadi Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Kondisi topografi yang berbukit serta pegunungan ini memiliki destinasi wisata air seperti air terjun yang tak kalah indahnya dengan Kabupaten OKU, selain itu ada Danau Ranau yang menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang sudah cukup terkenal seantero Sumatera. Dan masih banyak lagi wisata alam maupun buatan lainnya yang ada di Kabupate OKU Selatan. Dan berikut ini daftar destinasi wisata yang sangat menarik yang wajib kamu kunjungi.

Air Terjun Bayur Tengah

Lokasinya cukup berdekatan dengan Air terjun Sakiri yang berada di desa yang sama, yakni Desa Bayur Tengah, Kecamatan Muara Dua Kisam. Meskipun tidak setinggi Air Terjun Sakiri, tapi Air Terjun Bayur Tengah ini cukup eksotis dengan konturnya yang landai dihiasi ornamen bebatuan yang begitu terlihat sangat alami. Kondisi konturnya yang landai sangat memungkinkan kita untuk mendakinya hingga puncak air terjun. Sudah bisa dipastikan pemandangan yang sangat indah ketika kamu berada di puncak air terjun. Kolam bebatuan di bawahnya menawarkan kenyamanan untuk berendam, meskipun tidak luas tapi tetap membuat kamu tahan berlama-lama. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini belum begitu ramai dikunjungi wisatawan, jadi alamnya yang asri masih sangat terjaga.

Air Terjun Curup Datar

Eksotis memang untuk air terjun yang satu ini, yang lokasinya berada di Desa Mehanggin, Kecamatan Muara Dua. Ada keunikan tersendiri dengan Air Terjun Curup Datar, selain air terjun utama dengan ketinggian kurang lebih 20 meter dan ada juga air terjun kecil di sampingnya yang mengalirkan air yang sangat jernih ke kolam yang cukup luas. Bentuk dari tebing air terjun utama sangat unik seperti tangga undakan tapi terjal, yang memungkinkan wisatawan bisa memanjat ke atas beberapa meter. Memiliki kolam yang cukup luas, menjadikannya destinasi favorit para wisatawan untuk berendam. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini tidak begitu jauh dari Desa Mehanggin, yang hanya beberapa menit saja untuk sampai di lokasi air terjun.

Air Terjun Curup Papan

Mungkin setiap orang yang mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini akan takjub melihatnya. Air terjun dengan begit airnya yang sangat besar, konturnya yang landai namun tinggi, dan juga tingkat kelebarannya. Satu lagi nilai plusnya adalah kolamnya yang begitu besar, namun sangat dalam ya, jadi kalau tidak jago berenang harus menggunakan pelampung. Atau kamu juga bisa bersantai di atas perahu karet sembari menikmati alam serta cipratan buih air segar yang jatuh terkena bebatuan. Sebenanrya Air Terjun Curup Papan ini bisa menjadi destinasi andalan juga bagi Kabupaten OKU Selatan, namun aksesnya yang lumayan jauh dengan jarak 1 km an dan juga infrastrukturnya jalannya masih buruk jadi masih sedikit wisatawan yang mendatangi Air Terjun Curup Papan. Lokasi air terjun ini terletak di salah satu desa Kecamatan Runjung Agung.

Air Terjun Desa Galang Tinggi

Inilah salah satu air terjun terindah yang ada di Kabupaten OKU Selatan, tepatnya di Desa Galang Indah, Kecamatan Mekakau Ilir. Masih belum banyak traveler yang mengunjungi air terjun ini, dan bahkan di lokasi yang berdekatan dan di dalam Kecamatan yang sama ada lebih dari 10 air terjun yang sama-sama indahnya. Namun karena keterbatasan informasi akhirnya destinasi-destinasi wisata menarik khususnya air terjun tidak terekspos ke publik. Air Terjun Desa Galang Tinggi ini memiliki kontur tebing yang cukup unik ada sebagian yang menjorok  ke depan, dan airnya pun juga sangat deras hingga memenuhi kolam di bawahnya. Dan yang pasti kamu bakalan betah berada di tempat wisata di Sumatera Selatan ini.

Air Terjun Kebayan

Dijuluki juga sebagai Air Terjun Pengantin oleh warga Desa Sukabumi, Kecamatan Tiga Dihaji. Air terjun ini memiliki dua tingkatan pada air terjunnya dan juga kolam yang lebar dan sangat memungkinkan untuk berenang atau hanya sekedar berendam. Debit airnya pun juga cukup besar yang sering menyiratkan buih embun yang cukup lembut dan menyejukkan. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini tergolong masih sangat asri dan memang belum begitu banyak wisatawan yang mengunjunginya. Padahal lokasinya tidak begitu jauh dari desa terdekat, yakni Desa Sukabumi. Hanya saja ketika musim penghujan jalanan setapaknya cukup licin dan harus ekstra hati-hati.

Air Terjun Laai

Tidak begitu jauh juga dengan Danau Ranau, Air Terjun Laai ini memiliki keunikannya tersendiri. Untuk lokasinya sendiri cukup jauh dengan desa terdekat, dan mengharuskan kamu untuk berjalan melalui sungai, areal persawahan dan rimbunnya pepohonan di perbukitan. Medannya memang tergolong agak berat, tapi bagi pecinta alam inilahnya yang mereka cari. Debitnya airnya tidak terlalu besar, dan air terjunnya sendiri juga tidak terlalu tinggi. Tapi panorama yang tersaji sunguh-sungguh menyegarkan mata. Di tempat wisata di Sumatera Selatan ini kamu bisa melihat areal persawahan nan hijau dan juga merasakan segarnya udara perbukitan.

Air Terjun Manduriang

Pesona air terjun yang satu ini sungguh menggoda, dan hampir setiap wisatawan akan dibuat takjub akan keindahannya. Air Terjun Manduriang ini memiliki ketinggian lebih dari 25 meter dan semakin ke bawah tebingnya semakin melebar, jadi membentuk kerucut. Uniknya lagi pada bagian bawah tebing terdapat goa yang cukup lebar dibalik air terjunnya. Eksotis memang, dan konon katanya goa tersebut sebagai tempat tinggal nenek moyang dan juga sebagai tempat pertapaan. Untuk menuju tempat wisata di Sumatera Selatan ini cukup mudah dan tidak terlalu jauh, dan hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari desa terdekat dengan berjalan kaki menuruni tebing yang cukup terjal. Lokasi tepatnya berada di Desa Manduriang, yang masih berada di dalam wilayah Kecamatan Ranau Tengah.

Air Terjun Sakiri

Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang sangat menarik apalagi dengan ketinggian air terjun melebihi 30 meter, benar-benar membuat siapapun melihatnya bakal terpukau. Debit airnya sangat besar sehingga memenuhi kolam bebatuan alami yang ada di bawahnya. Yang cukup menarik adalah ada dua air terjun sekaligus, hanya saja sebelahnya debit airnya lebih kecil. Didukung lokasinya yang ada di Bukit Berlobang membuat Air Terjun Sakiri ini semakin terlihat begitu eksotis. Suasana sekitaran air terjun sangat sejuk bahkan tak jarang cukup dingin. Tidak begitu jauh menuju lokasi air terjun dari desa terdekat, hanya membutuhkan kurang lebih 30 menit saja, melewati perkebunan milik warga. Lokasi tepatnya berada di Desa Bayur Tengah, yang masih berada di Kecamatan Muaradua Kisam.

Air Terjun Subik Tuha

Tak lengkap wisata kamu jika berkunjung ke Danau Ranau tanpa mengunjungi Air Terjun Subik Tuha yang jaraknya snagat dekat dengan Danau Ranau yang hanya 300 an meter. Lokasi tepatnya berada di Desa Subik Tuha, yang masih berada di dalam Kecamatan Banding Agung. Air terjun ini memiliki ketinggia di atas 20 meter dan memiliki debit air yang cukup besar, hingga memenuhi kolam di bawahnya. Dan inilah yang paling menarik, kamu bisa berendam dan merasakan kenikmatan segarnya air yang bersumber dari Gunung Seminung. Tebingnya yang diselimuti oleh tanaman dan pepohonan nan hijau seakan menambahkan kesan eksotis Air Terjun Subik Tuha.

Air Terjun Sungai Are

Debit airnya memang sangat besar bahkan arusnya pun juga sangat deras, akhirnya dimanfaatkan oleh warga Desa Simpang Luas sebagai pembangkit listrik. Air terjun Sungai Are ini tidak begitu jauh dari Desa Simpang Luas yang berada di Kecamatan Sungai Are, namun stamina kamu harus cukup untuk menaiki perbukitan yang cukup menanjak. Kolamnya cukup dalam, jadi hanya perenang yang professional saja yang diperbolehkan berenang, karena aliran derasnya bisa membahayakan. Karena berada di perbukitan tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang cukup sejuk dan sangat nyaman untuk bersantai menikmati keindahaan alam di pinggiran air terjun.

Air Terjun Teluk Agung

Tidak cukup tinggi memang air terjun yang satu ini, tapi aliran airnya yang sangat besar dan deras menjadi daya tarik tersendiri. Belum lagi ditambah rindangnya pepohonan yang ada ada di sekeliling air terjun, membuatnya menjadi lebih terkesan eksotis. kolamnya pun juga cukup luas dengan kedalamannya sedang membuat wisatawan akan kegirangan menikmati segarnya Air Terjun Teluk Agung. Lagi-lagi belum begitu banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata di Sumatera Selatan ini karena minimnya informasi. Padahal di Kecamatan Makakau Ilir ini begitu banyak air terjun yang masih sangat alami. Seperti Air Terjun Teluk Agung yang berada di Desa Teluk Agung.

Air Terjun Temiang

Destinasi yang satu ini tergolong juga masih sepi pengunjung, dan lagi-lagi karena minimnya informasi tentang Air Terjun Temiang. Padahal air terjun ini memiliki kolam yang cukup luas ibarat pemandian alami yang juga menawarkan keindahan panorama alam yang jempolan. Air terjunnya sendiri memiliki ketinggian sekitar 10 meteran, meskipun airnya tidak begitu deras, ketika musim kemarau, tapi tetap cukup untuk memenuhi kolam alami yang ada di bawahnya. Memang untuk menuju ke lokasi air terjun dibutuhkan waktu beberapa menit dengan jalan kaki dari desa terdekat. Secara administratif Air Terjun Temiang ini terletak di Desa Durian Sembilan, yang masih berada di dalam Kecamatan Buay Pemaca.

Arung Jeram Sungai Selabung

Inilah destinasi wisata yang sangat wajib untuk kamu kunjungi, tapi memang hanya bagi yang suka memacu adrenalin saja. Yakni menjajal menaklukkan arus deras Sungai Selabung yang juga cukup banyak rintangan bebatuan besar yang ada di tengahnya. Arung Jeram Sungai Selabung ini memang menjadi destinasi favorit bagi para penggila rafting. Kamu tidak hanya disajikan keindahan sungai dengan arusnya derasnya saja, tapi juga panorama pedesaan, seperti perbukitan hingga view Gunung Seminung dan areal persawahan menjadi penghias Sungai Selabung. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang tidak begitu jauh dari Danau Ranau, yang letaknya ada di Kecamatan Banding Agung hingga sampai ke Kecamatan Mekakau Ilir. Menjadi pengalaman berarung jeram yang cukup menyenangkan karena cukup jauh jaraknya dan kamu bisa merasakan sensasinya berarung jeram.

Batu Sengang Boulevard

Inilah Green Canyonnya Kabupaten OKU Selatan. Ketika kamu mengikuti arung jeram Ranau Rafting maka kamu akan melewati bagian Sungai Selabung yang sangat memukai ini. Birunya air sungai berpadu dengan tebing kanan-kiri yang menjulang tinggi serasa sangat menenangkan. Apalagi arus sungai ketika berada di Batu Sengang Boulevard ini tidak begitu deras, maka momen terbaik adalah selfie. Setidaknya kamu bisa memperlambat laju perahu karetmu untuk menikmati keindahan alam yang dihadirkan SUnga Selabung. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang menjadi andalan Kabupaten Oku Selatan dan juga menjadi spot favorit para wisatawan yang ingin menjajal arung jeram Sungai Selabung.

Bukit Singau

Pesonanya sungguh berbeda ketika kamu berada di puncak Bukit Singau. Udaranya yang sangat sejuk serta bersih, panorama alam perbukitan nan hijau serasa menyejukkan hati. Ketika kamu berada di tempat wisata di Sumatera Selatan ini kamu bisa melihat keindahan Kota Muara Dua dan juga puncak Gunung Seminung. View yang sangat berbeda untuk Kota Muara Dua memang, dan sudah pasti kehadiran sunset menjadi sajian penutup yang cukup istimewa di Bukit Singau. Ketinggian Bukit Singau ini mencapai 800 mdpl, jadi memang dibutuhkan stamina yang cukup prima untuk bisa berada di puncaknya. Dan untuk lokasinya sendiri berada di Kecamatan Mekakau, yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Muara Dua.

Candi Batu Kebayan

Lokasinya masih berada di Desa yang sama seperti Candi Jepara, yakni di Desa Jepara, Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah. Ada sebuah cerita rakyat tentang adanya Candi Batu Kebayan, yakni tentang rombongan pengantin yang melewati Gunung Seminung. Dan ketika rombongan pengantin itu lewat ditegurlah sama Si Pahit Lidah. Akan tetapi rombongan tersebut tidak mendengar suara SI Pahit Lidah karena jauh. Akhirnya Si Pahit Lidah marah, dan mengatakan “kalian semua seperti batu tidak mendengar dan tidak menjawab pertanyaan”. Akhirnya rombongan tersebut jadilah batu yang dinamakan Candi Batu Kebayan. Terlepas dari cerita rakyat tersebut Candu Batu Kebayan ini memang warisan dari kebudayaan Hindu, dan belum diketahui pada abad ke berapa.

Candi Jepara

Salah satu warisan dari kebudayaan Hindu yang kemungkinan berdiri pada abad 9 – 10 masehi. Candi Jepara memang tinggallah reruntuhan yang nyaris tidak terlihat berdiri lagi, hanya pada bagian bawahnya saja yang berbentuk bujur sangkar. Untuk lokasinya sendiri juga tidak begitu jauh dari destinasi wisata andalan, yakni Danau Ranau yang kurang dari 1 km saja. cagar budaya yang kini telah menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan ini letaknya di Desa Jepara, yang masih berada di dalam wilayah Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah.

Danau Kasmaran

Pengin hubungan kamu sama pasangan langgeng dan berlanjut ke jenjang pernikahan?? Maka datang saja di Danau Kasmaran, yang terletak di Desa Gemiung, Kecamatan Buana Pemaca. Konon katanya banyak pasangan muda-mudi yang datang ke danau ini akan berlanjut ke jenjang pernikahan. Memang jauh lebih jika dibandingkan dengan Danau Rakihan maupun Danau Ranau. Tetapi pesonanya betul-betul berbeda ketika berada di Danau Kasmaran. Danau ini memang banyak keramba-keramba milik warga setempat yang menghasilkan begitu banyak ikan tawar segar tiap bulannya. Kebanyakan wisatawan yang datang ke tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang ingin mencoba sensasi strike ikan tawar yang hidup di Danau Kasmaran.

Danau Rakihan

Memang tidak sebesar Danau Ranau, akan tetapi Danau Rakihan ini memiliki eksotisme tersendiri. Danau ini hampir penuh dikelilingi oleh pepohonan dan perbukitan nan hijau, bahkan udaranya sendiri juga sangat sejuk ketika kamu berada di Danau Rakihan. Kebanyakan wisatawan yang datang ke tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang ingin bersantai di tempat yang tenang atau bisa juga memancing ikan air tawar yang banyak hidup di Rakihan. Untuk lokasinya sendiri memang lebih jauh jika dibanding ke Danau Ranau dan berangkatnya dari pusat kota Muaradua. Setidaknya membutuhkan 2 jam perjalanan menuju Desa Sali Payak, yang masih berada di dalam Kecamatan Sindang.

Danau Ranau

Inilah destinasi andalan Kabupaten OKU yang menjadi kebanggaan masyarakat OKU. Danau Ranau adalah danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba. Yang sama-sama memiliki pulau di tengahnya, kalau di Danau Toba Pulau Samosir, sementara di Danau Ranau ini adalah Pulau Marisa. Keindahan dari Danau Ranau tidak perlu diragukan lagi tidak hanya wisatawan domestik saja yang berbondong-bondong mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini, tapi juga wisatawan asing. Tidak hanya menghadirkan panorama danau saja, tapi juga Gunung Seminung, areal persawahan dan juga perkebunan kopi yang berada di pinggir danau. Kamu bisa menikmati keindahan Danau Ranau dengan mengelilingi menggunakan perahu atau hanya sekedar bersantai di pinggiran danau atau di villa-villa yang banyak tersedia di pinggiran danau.

Gunung Seminung

Batu perjalanannya saja kamu akan dihadirkan panorama alam yang sungguh memukau. Berangkat dari Danau dengan airnya yang kebiruan hingga panorama tebing di kaki Gunung Seminung benar-benar mampu menghilangkan rasa lelah kamu. Gunung Seminung memiliki ketinggian 1881 mdpl. Pendakian hingga puncak memang tergolong cukup berat, dengan tebing yang memiliki kemiringan 90 derajat, hingga terlalu lebatnya pepohonan menuju puncaknya. Tetapi ketika kamu sudah mencapai puncak Gunung Seminung, panorama yang sangat indah terasa mengelilingi kamu. Suguhan matahari terbenam hingga sunrise benar-benar sangat eksotis ketika berpadu dengan indahnya Danau Ranau. Yang ada hanyalah takjub dan rasa syukur ketika kamu berada di tempat wisata di Sumatera Selatan ini.

Pemandian Air Panas Danau Ranau

Benar-benar sangat lengkap spot-spot yang bisa kamu nikmati ketika kamu berkunjung di Danau Ranau. Dan salah satunya adalah Pemandian Air Panas Danau Ranau yang letaknya tepat di pinggir Danau Ranau. Akan tetapi kamu harus menyewa perahu motor untuk menuju ke Pulau Marisa, karena memang lokasinya berada di pinggir pulau. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang menjadi spot favorit wisatawan ketika berada di Pulau Marisa. Air panas yang mengandung belerang ini bisa menghilangkan rasa lelah kamu selama menaiki perahu motor atau setidaknya bisa mengobati berbagai penyakit yang kamu derita.

Pulau Marisa

Jika di Danau Toba ada Pulau Samosir, maka di Danau Ranau ada Pulau Marisa.s egala fasilitas tergolong cukup lengkap di paulau ini. Seperti tempat penginapan atau bahkan cottage juga tersedia di Pulau Marisa. Ada yang cukup unik di pulau ini, yakni adanya pemandian air panas yang lokasinya tepat di pinggir Danau Ranau. Pemandian air panas inilah spot favorit para wisatawan yang mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan, tepatnya di Pulau Marisa. Ketika bosen berenang di air dingin Danau Ranau bisa langsung menghangatkan badan di pemandian air panas yang mengandung belerang. Kamu juga bisa mencicipi kuliner seperti ikan bakar yang ada di Pulau Marisa, yang rasanya begitu nikmati sembari memandang keindahan Danau Ranau.

Pulau Saka

Kabupaten OKU Selatan ternyata tidak hanya memiliki Pulau Marissa, tapi juga Pulau Saka yang lokasinya justru berada di tengah Kota Muaradua. Masih belum begitu banyak traveler yang mengetahui destinasi wisata yang satu ini, terutama traveler yang datang dari luar Kabupaten OKU Selatan. Inilah tempat bertemunya dua sungai besar, yakni Sungai Saka dengan Sungai Selabung. Pada musim kemarau sangat terlihat jelas daratan yang cukup luas yang penuh dengan bebatuan koral. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang pasling pas buat fotografi, apalagi ketika hari mulai senjai mulai terlihat eksotisme Pulau Saka.

Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Timur

Kabupaten yang juga disingkat OKU Timur ini salah satu Kabupaten yang sangat maju di Provinsi Sumatera Selatan. Salah satu sektor yang sangat mendukung demi kemajuan OKU Timur adalah sektor pertanian. Hal tersebut salah satunya karena adanya dukungan dari sistem pengairan seperti Bendungan Perjaya, yang tidak hanya sebagai pengairan saja, tapi juga sebagai destinasi wisata favorit para warga OKU Timur. Selain itu ada beberapa penunjang dari sektor wisata yang membuat OKU Timur lebih dikenal oleh masyarakat luas. Dan berikut ini tempat wisata di Sumatera Selatan yang cukup menarik yang ada di Kabupaten OKU Timur.

Air Terjun Villa Masin

Lokasinya berada di desa yang sama dengan obyek wisata Bukit Batu dan juga Bukit Mencar, jadi sempatkan diri kamu untuk mengunjungi Air Terjun Villa Masin. Ketinggiaannya yang tidak mencapai 10 meter tetap terlihat sangat menarik karena airnya yang jatuh begitu indah untuk dipandang. Bahkan kamu juga bisa merasakan nikmatnya guyuran shower alami di Air Terjun Villa Masin. Untuk menuju tempat wisata di Kabupaten OKU Timur ini memang kamu harus berjalan kaki selama beberapa menit dari desa terdekat. Tapi panorama alamnya sungguh memukau, setidaknya udara yang sangat sejuk bisa kamu rasakan selama perjalanan. Lokasi Air Terjun Villa Masin ini terletak di Desa Mendah yang masih berada di Kecamatan Jayapura.

Batu Berputar

Inilah destinasi wisata yang sangat unik yang ada di Kabupate Okut Timur, dan sangat menarik untuk dikunjungi. Batu Berputar namanya, konon menurut cerita rakyat batu ini berasal dan jatuh dari langit. Dan uniknya lagi batu ini bisa memancarkan cahaya terang karena adanya arah berlawan dari batu tersebut yang bisa menimbulkan percikan api yang cukup terang. Lokasi Batu Berputar ini berada di perkebunan karet, tepatnya berada di Desa Batu Raja Buangin, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Bunga Mayang.

Bendungan Perjaya

Majunya sektor pertanian hingga membuat Kabupaten OKU Timur menjadi salah satu Kabupaten maju dan terdepan di Provinsi Sumatera Selatan, berasal dari Bendungan Perjaya. Alasannya adalah adanya bendungan terbesar yang menampung aliran Sungai Komering di Sumatera Selatan inilah sektor pertanian di Kabupaten OKU Timur nyaris tidak pernah kekeringan. Selain itu sudah pasti potensi wisatanya pun juga luar biasa, dan menjadi destinasi andalan yang dimiliki oleh Kabupaten OKU Timur. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang minim fasilitas wisata airnya, tapi setidaknya wisatawan bisa bersantai di pinggir bendungan, bisa juga sembari merealisasikan hobi memancing.

Bukit Batu

Ingin berendam air panas di perbukitan?? Datang saja di Bukit Batu yang terletak di Desa Mendah yang masih berada di wilayah Kecamatan Jayapura. Memang untuk akses jalannya tidak begitu mudah dan belum dibangun seperti jalan setapak. Tapi justru kamu bisa lebih menikmati panorama alam perbukitan dengan menyusuri sungai kecil yang ada di Bukit Batu. Selain itu di Bukit Batu ini juga ada sumber air asin dan tidak ada bedanya dengan air laut rasa asinnya. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang baru-baru saja hits dan kebanyakan para traveler yang lebih suka berpetualang.

Bukit Mencar

Masih berada di kawasan desa yang sama dengan Bukit Batu, namun akses untuk menuju Bukit Mencar jauh lebih bagus. Dan Bukit Mencar ini memang salah satu destinasi wisata andalan yang dimiliki Kabupaten OKU Timur. Ada yang sangat menarik di Bukit Mencar, yakni adanya pemandian yang airnya bersumber langsung dari perbukitan. Bahkan kamu juga bisa merasakan segarnya air yang keluar dari bebatuan yang ada di Bukit Mencar. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang tergolong sangat ramai, dan sangat cocok untuk wisata keluarga ketika hari libur datang. Lokasinya sendiri berada di Dusun VI Bukit Batu Desa Mendah, yang berada di Kecamatan Jayapura.

Jembatan Gantung Campang

Inilah salah satu spot selfie kekinian yang ada di Kabupaten Oku Timur. Jika kamera kamu cukup mumpuni dengan pencahayaan yang bagus maka hasil selfie kamu di Jembatan Gantung Campang bisa dipastikan bakal dapat like banyak di sosmed. Jembatan gantung yang landasannya terbuat dari kayu ini bisa menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang cukup menarik untuk dikunjungi terutama sebagai spot fotografi. Untuk lokasinya sendiri berada di Desa Campang Tiga, dan berada di dalam Kecamatan Cempaka.

Makam Pangeran Peranpati

Salah satu lokasi yang dikeramatkan oleh warga setempat adalah Makam Pangeran Peranpati. Ada cerita yang sangat menarik di makam ini, yakni adanya batu yang ada di areal makam ini terbuat dari dodol. Dan cerita lainnya yang hingga kini masih beredar adalah konon katanya Pangeran Peranpati ini memiliki keampuhan seperti kesaktian yang mandraguna. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini lokasi tepatnya berada di Desa Muncak Kabau, yang masih berada di dalam Kecamatan BP Bangsa Raja.

Makam Ratu Bagus Baginda Ali

Diceritakan bahwa letak dari Makam Ratu Bagus Baginda Ali ini menjadi desa tertua Kabupate OKU Timu, yakni Desa Tanjung Raya, yang masih berada di Kecamatan Belitang. Menurut sejarah bahwa Ratu Bagus Baginda Ali ini adalah seorang putra mahkota dari Lampung Way Kanan. Dan pada tahun 1800 an Ratu Bagus Baginda Ali ini merantau hingga Kabupaten OKU Timur dan akhirnya membuka sebuah peradaban yang kini menjadi Desa Tanjung Raya. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang menjadi wisata sejarah atau wisata ziarah yang sangat menarik. Setidaknya kita menjadi lebih tahu cerita tentang Kabupaten OKU TImur dahulunya seperti apa.

Prasasti Tapak Tuan Rizal

Ada cerita rakyat yang berkembang hingga kini, yakni dimana tempat yang telah dikunjungi oleh Tuan Rizal, maka daerah tersebut akan lebih sejahtera dan maju. Seperti pada Desa Brunei Mulia dimana di desa ini ada Prasasti Tapak Tuan Rizal, yang masih masuk di wilayah Kecamatan Semendawai Timur. Cukup menarik untuk dikunjungi selain di kawasaan ini juga ada juru kunci yang menjaga, dan suasananya pun sangat adem karena begitu banyak pepohonan yang rindang. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini menjadi salah satu cagar budaya bagi Kabupaten OKU Timur, setidaknya memiliki cerita yang melegenda hingga kini.

Sungai Komering

Sebenarnya hampir sama dengan Kabupaten Ohan Komering Ilir yang sama-sama dilewati Sungai Komering. Salah satu aktifitas yang bisa kamu lakukan untuk bisa menikmati panorama indah Kabupaten OKU Timur adalah menyusuri Sungai Komering dengan menggunakan perahu motor atau perahu karet. Kamu akan disuguhi panorama alam yang begitu berbeda, mulai perbukitan nan hijau, areal persawahan, hingga panorama pedesaan yang ada di Kabupate OKU Timur. Hanya membutuhkan sedikit polesan saja agar bisa menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang bisa menjadi andalan Kabupate OKU Timur.

Tugu Kota Terpadu Mandiri Belitang

Mungkin bagi warga Belitang atau warga Kabupaten OKU Timur, tugu ini akan sangat biasa sekali karena hampir setiap harinya melintasi. Tapi bagi wisatawan dari luar Kabupaten OKU Timur akan menjadi spot selfie terbaik ketika mengunjungi Kabupaten OKU Timur. Karena tugu ini jelas sangat ikonik, mungkin bagi wisata luar OKU Timur akan menjadi suatu bukti bahwa telah mengunjungi OKU Timur. Setidaknya bisa sebagai tempat nongkrong ketika senja sepertinya juga sangat menarik sembari bersantai menikmati sorenya Belitang.

Water Boom Kartika

Satu lagi destinasi wisata keluarga yang wajib untuk dikunjungi di Kabupaten OKU Timur adalah Water Boom Kartika. Berbagai fasilitas wahana permainan airnya sangat lengkap mulai kolam renang anak hingga dewasa. Belum lagi ditambah seperti adanya perosotan atau guyuran dati tong air yang bakal memanjakan hari libur kamu ketika berada di Water Boom Kartika. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini cukup banyak ketika hari liburan bahkan tak jarang juga banyak wisatawan yang berdatangan dari luar Kabupaten OKU Timur. Untuk lokasinya sendiri berada di BK.9, yang berada di dalam Kecamatan Belitang.

Tempat Wisata di Penukal Abab Lematang Ilir

Kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Selatan ini tergolong masih muda, karena baru pada tahun 2013 baru menjadi daerah otonomi baru dari pemekaran Kabupaten Muara Enim. Kabupaten yang sering disebut dengan Kabupaten PALI ini juga menyimpan destinasi wisata menarik. Ada beberapa tempat wisata di Sumatera Selatan yang bisa dikatan sangat wajib untuk dikunjungi berada di Kabupaten PALI. Dan berikut ini beberapa daftar destinasi wisata yang cukup menarik yang bisa kamu temukan di Kabupaten PALI.

Candi Bumi Ayu

Inilah destinasi andalan yang dimiliki oleh Kabupaten PALI, Candi Bumi Ayu. Candi ini sebagai peninggalan peradaban Hindu yang hampir mayoritas terbuat dari batu bata merah. Candi Bumi AYu ini merupakan kompleks percandian yang cukup luas, sekitar 75 ribu hektar dan ada sekitar 9 lokasi candi, tetapi baru 4 yang baru dipugar. Candi Bumi Ayu ini memang menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang sangat terkenal, bahkan tidak hanya wisatawan domestik saja yang berdatangan, tapi juga wisatawan asing. Untuk lokasinya sendiri berada di dekat Sungai Lematang, tepatnya di Desa Bumi Ayu, yang masih berada di Kecamatan Tanah Abang.

Danau Lematang Putus

Meskipun di media online atau di sosial media belum begitu terekspos tapi Danau Lematang Putus ini sangat berpotensi menjadi destinasi wisata yang bisa diandalkan. Bahkan banyak warga sekitaran danau mengatakan bahwa danau ini sangat indah, hanya saja masih butuh perhatian dari pemerintah agar lebih banyak lagi menyedot wisatawan untuk datang. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini lokasinya berada di wilayah Kecamatan Tanah Abang yang aksesnya pun juga sangat mudah untuk menuju ke lokasinya langsung.

Danau Tanjung Kurung

Seperti halnya Danau Lematang Putus, danau yang satu ini belum juga begitu dikenal oleh masyarakat luas, khusunya masyarakat Kabupaten PALI sendiri. Padahal pesona alamnya pun juga sangat memukau, setidaknya bisa dijadikan destina wisata keluarga ketika hari liburan. Minimnya pembangunan dan juga berbagai fasilitas itulah yang terkadang wisatawan cukup enggan mengunjunginya. Danau Tanjung Kurung ini sebenarnya bisa menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang menjadi andalan Kabupaten PALI. Apalagi lokasinya juga sangat mudah untuk dijangkau tanpa harus berjalan kaki yang cukup jauh, yakni berada di wilayah Kecamatan Abab.

Lapangan Golf Pendopo

Inilah destinasi wisata alternatif yang menjadi favorit warga Kabupaten PALI. Hamparan rerumputan nan hijau serta banyaknya pepohonan yang rindang menjadi sajian utama ketika berada di Lapangan Golf Pendopo. Ketika hari libur dan hari menjelang sore semakin banyak wisatawan yang datang, dan tak lain adalah mencari spot selfie terbaik yang ada di Lapangan Golf Pendopo. Dan konon katanya di tempat wisata di Sumatera Selatan ini sebagai tempat terbaik untuk mencari jodoh. Karena memang kebanyakan yang datang adalah anak-anak muda.

Sungai Lematang

Seperti halnya Kabupaten Lahat, Sungai Lematang dimanfaatkan sebagai obyek destinasi wisata yang selalu dibanjiri wisatawan. Dan tak lain adalah seperti arung jeram, atau hanya sekedar river tubing bakal sangat menarik dengan suguhan panorama alam dan juga pedesaan di Kabupaten PALI. Namun sayang masih belum begitu banyak peminat dan yang memprakarsainya. Padahal Sungai Lematang ini bisa menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang sangat menarik wisatawan untuk datang.

Telaga Calak

Inilah destinasi wisata yang digadang-gadang menjadi obyek wisata andalan yang dimiliki oleh Kabupaten PALI. Apalagi lokasinya berada di tengah pusat Kota Talang Ubi, tepatnya di Kelurahan Talang Ubi. Menurut kabarnya Telaga Calak ini akan dijadikan sebagai pusat wisata air, jadi berbagai fasilitas seperti perahu bebek, perahu karet, dan berbagai permainan air akan segera tersedia di Telaga Calak. Cukup indah memang tempat wisata di Sumatera Selatan ini, dengan airnya yang cukup jernih, serta suasananya yang masih sangat asri dengan begitu banyaknya pepohonan di pinggir telaga akan membuat betah wisatawan.

Tempat Wisata di Lubuklinggau

Pada tahun 2015 yang Kota Lubuklinggau membuat program “Visit Lubuklinggau 2015”, sudah bisa dipastikan persiapa yang matang seperti infrastruktur yang menuju ke lokasi wisata andalan pasti diperbaiki. Dan ini menunjukkan bahwa pemerintah Kota Lubuklinggau memang sangat perhatian terhadap destinasi wisata yang bisa mendatangkan PAD bago Kota Lubuklinggau. Memang harus diakui bahwa tempat wisata di Sumatera Selatan yang sangat menarik sebagiannya berada di Kota Lubuklinggau. Dan berikut ini adalah destinasi menarik dan sangat wajib untuk kamu kunjungi ketika kamu berada di Kota Lubuklinggau.

Air Terjun Belalau

Memiliki jiwa petualang dan pengin menikmati alam yang masih alami? Maka datang saja di Air Terjun Belalau, yang terletak di Desa Belalau, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Lubuklinggau Utara I. Membutuhkan waktu lebih dari 1 jam perjalanan dari desa terdekat dengan berjalan kaki melewati hutan dan juga mendaki tebing dan melewati sungai. Pengalaman wisata yang sangat menarik benar-benar kamu rasakan ketika mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Terdapat begitu banyak anakan Air Terjun Belalau hingga airnya pun mengaliri sungai kecil yang sangat jernih disertai bebatuan yang besar-besar di pinggirnya.

Air Terjun Curug Layang

Tingi air terjun yang satu ini tidak lebih dari 3 meter tapi pesona alamnya benar-benar membuat siapapun yang melihatnya terpukau karena keindahannya. Pepohonan yang masih rapat di sepanjang sungai dan di air terjunnya membuat suasana semakin terasa adem. Aliran air dari Air Terjun Curug Layang ini juga sangat deras dan juga sangat jernih. Sudah pasti para wisatawan tidak akan sabar pengin cepet-cepet nyebur saja di kolam atau di sebagian aliran sungainya. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini terletak di Kelurahan Jukung, yang berada di Kecamatan Lubuklinggau Selatan I.

Air Terjun Curup Leko

Memang Air Terjun Curup Leko ini tidak begitu tinggi bahkan sangat rendah, tapi yang menarik adalah pemandiannya yang mirip telaga dari luasannya. Airnya juga sangat jernih dan panorama alamnya masih begitu asri dengan pepohonan yang rindang dan tidak banyak sampah yang berserakan. Benar-benar destinasi yang sangat menarik jika kamu menginginkan obyek wisata yang sangat tenang, semilir anginnya yang cukup sejuk sangat pas untuk bersantai. Pemandiannya yang luas dan cukup dalam menjadi spot terbaik untuk berenang menikmati kesegaran air alam. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang belum tersentuh pembangunan, jadi kesan yang masih alami benar-benar bisa kamu rasakan. Lokasinya terletak di Kelurahan Jukung yang berada di wilayah Kecamatan Lubuklinggau Barat II.

Air Terjun Pelegan

Lokasinya berada di Kelurahan yang sama dengan Air Terjun Temam, yakni Kelurahan Air Temam dan berada di Kecamatan Lubuklinggau Selatan I. debit airnya cukup beras dan kolam di bawahnya pun juga cukup luas dengan kedalamannya yang sedang. Dan ini menjadi favorit wisatawan yang datang ke Air Terjun Pelegan. Suasananya yang sangat teduh penuh dengan pepohonan dan juga masih tergolong sepi. Jadi sudah bisa dipastikan ketika kamu berada di tempat wisata di Sumatera Selatan ini kamu bisa merasakan sebuah kedamaian dan ada ikatan erat dengan alam.

Air Terjun Sando

Tetap tak kalah cantiknya dengan Air Terjun Temam yang sangat fenomenal. Meski Air Terjun Sando ini tingginya tak lebih dari 10 meter, tapi pesona alamnya yang begitu asri membuat tempat wisata di Sumatera Selatan ini diburu pengunjung. Aliran airnya yang cukup deras, serta kolam di bawah air terjun yang cukup lebar menjadi alasan utama wisatawan datang ke Air Terjun Sando. Pepohonannya pun juga sangat rapat, sehingga terasa begitu adem ketika berada di areal air terjun. Untuk lokasinya sendiri Air Terjun Sandi ini terletak di Kelurahan Kayu Ara yang maish berada di Kecamatan Lubuklinggau Barat I.

Air Terjun Takli

Kontur Air Terjun Takli ini tidak terjal tapi lebih landai hanya saja cukup tinggi hingga di atas 10 meter. Debit airnya juga cukup besar dengan kolamnya yang begitu luas di bawah semakin membuat tempat wisata di Sumatera Selatan ini sangat menarik. Berada di daerah pedesaan yang tidak begitu jauh untuk akses jalannya, serta panorama alamnya yang masih sangat asri menambah suasana kedamaian di Air Terjun Takli. Cukcup mengasyikkan di obyek wisata ini, wisatawan bisa bermainan air sepuasnya baik di kolam, atau mencoba memanjat tebing hingga puncak air terjun. Untuk lokasinya sendiri terletak di Kelurahan Taba Baru, Kecamatan Lubuklinggau Utara I.

Air Terjun Temam

Jika Kabupaten Lahat memiliki Air Terjun Maung yang fenomenal, maka Kota Lubuklinggau memiliki Air Terjun Temam, yang dijuluki sebagai “Niagara Lubuklinggau”. Inilah tempat wisata di Sumatera Selatan yang sangat wajib untuk dikunjungi., tidak hanya sekedar sebagai spot selfie saja, tapi kamu juga bisa menikmati keindahan serta merasakan segarnya air terjun, mulai dari guyuran airnya atau berendam di sungai kecil bawahnya. Dijuluki sebagai Niagara Lubuklinggau karena air terjun ini memiliki ketinggian 12 meter dengan lebarnya hingga 25 meter. Air terjun yang berpadu dengan hijaunya tanaman yang ada di tebing dan di balik air terjun membuat air terjun ini begitu eksotis dan juga indah dipandang. Lokasinya sendiri berada di Kelurahan Rahma, yang hanya berkisar 10 km an dari Kota Lubuklinggau.

Arung Jeram Sungai Kelingi

Tak lengkap rasanya wisata kamu ketika mengunjungi Kota Lubuklinggau tanpa menguji adrenalin arung jeram di Sungai Kelingi. Inilah salah satu sungai besar yang ada di Kota Lubuklinggau, dengan panorama alamnya yang begitu memukau. Dan menariknya lagi ada area sungai yang masih masuk di Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Sudah pasti suguhan floranya begitu menghijaukan mata serta diselimuti udara yang sangat sejuk di sekelilingnya. Cukup murah dari segi biaya, kamu hanya perlu membayar 200 hingga 300 ribu rupiah untuk jarak sekitar 10 km atau selama 2 jam berwisata arung jeram. Tidak mengherankan akhirnya Sungai Kelingi menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang wajib untuk dikunjungi.

Bendungan Watervang

Selain memiliki nilai historis yang cukup tinggi, Bendungan Watervang juga memiliki keindahan yang layak untuk dinikmati. Bendungan ini dibangun sejak zaman kolonial Belanda dan hingga kini masih tampak begitu kokoh, hanya ada sedikit perbaikan saja. dan fungsi bendungan itu sangat jelas yakni untuk pengairan sawah. Tapi kini justru bertambah jadilah spot wisata yang sangat istimewa di Kota Lubuklinggau. Dan salah satunya adalah spot fotografi ataupun selfie ataupun menikmati segarnya air di bawah bendungan yang banyak diburu wisatawan. Uniknya lagi, tepat di atas bendungan dibangun jembatan gantung, sebagai spot terbaik untuk menikmati keindahan Bendungan Watervang. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini lokasinya berada di Kelurahan Watervang, yang masih masuk di Kecamatan Lubuklinggau Timur I.

Bukit Sulap

Inilah salah satu tempat wisata di Sumatera Selatan yang menjadi andalan Kota Lubuklinggau, Bukit Sulap namanya. Sangat banyak yang bisa kamu nikmati ketika berada di Bukit Sulap. Yang paling utama adalah kamu bisa menghirup udara segar perbukitan sembari menikmati keindahan Kota Lubuklinggau. Dan yang paling menarik adalah ada yang namanya inclinator, yakni semacam kereta gantung yang khusus digunakan di tempat dengan kemiringan yang sangat ekstrim. Jadi kamu bisa menaiki inclinator ini sembari menikmati panorama alam Bukit Sulap. Selain itu fasilitas seperti jogging track atau yang biasa digunakan balapan sepeda gunung dengan melewati  perbukitan serta pepohonan yang sangat rindang di Bukit Sulap.

Gubug Makan Mang Engking

Tidak hanya di Jogja atau di daerah lainnya saja, Gubug Makan Mang Engkin memang menghadirkan konsep wisata buatan dan kuliner menjadi satu. Sangat menarik memang untuk dikunjungi setelah kamu lelah mengelilingi obyek wisata di Kota Lubuklinggau. Selain berwisata kuliner kamu juga bisa berwisata air, seperti naik rakit mengelilingi restoran atau hanya sekedar memancing ikan yang ukurannya cukup besar-besar yang ada di kolam buatan. Kini Gubug Mang Engking telah menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan, yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Lubuklinggau.

Makam Bujang Kurap

Kota Lubuklinggau tidak hanya menyajikan wisata alam saja tapi juga ada wisata ziarah, seperti Makam Bujang Kurap. Konon ceritanya Bujang Kurap ini salah satu keturunan sang legenda Si Pahit Lidah. Makamnya berada di kaki Bukit Sulap yang masih berada di Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Dan memang kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke Bukti Sulap selalu menyempatkan mengunjungi Makam Bujang Kurap. Setidaknya bisa berdoa sekalian wisata ziarah dan juga bisa mempelajari sejarah tentang sang legenda SI Pahit Lidah beserta anaknya. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang sudah termasuk sebagai cagar budaya yang dimiliki Kota Lubuklinggau, yang memang harus dijaga sebagai aset dan juga memiliki nilai sejarah yang sangat bernilai.

Masjid Agung As Salam

Tempat wisata di Sumatera Selatan selanjutnya adalah wisata religi yang ada di Kota Lubuklinggau, yakni Masjid Agung As Salam. Tempat peribadahan umat Islam ini dibangun pada tahun 201415 dengan menelan biaya puluhan miliar rupiah. Tapi hasilnya benar-benar memukau setiap umat Islam yang datang mengunjunginya. Tak heran juga jika Masjid Agung As Salam ini masuk daftar program “Visit Lubuklinggau 2015”. Arsitektur masjid yang begitu indah dan tampak begitu megah dengan ornamen kubah, serta menara yang ada di samping masjid. Yang sangat menarik lagi ada di halaman masjid juga ada air mancur, ketika malam hari benar-benar sangat terlihat keindahannya. Dan tak jarang di lokasi masjid dijadikan sebagai tempat untuk menghabiskan malam di pusat Kota Lubuklinggau.

Monumen Museum Subkoss Garuda Sriwijaya

Konsep pembangunan yang sangat menarik memang, monumen dan museum dijadikan menjadi satu lokasi. Hal ini menunjukkan bahwa begitu banyaknya para pejuang kemerdekaan dalam melawan kolonial Belanda di Lubuklinggau waktu jaman itu. Dan museumnya sendiri juga menyimpan berbagai benda peninggalan sejarah, bahkan jumlahnya pun ratusan koleksi. Mulai dari peralatan perang, senjata, dan juga benda-benda lainnya yang memiliki nilai sejarah. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang seperti menceritakan sejarah perjuangan di Lubuklinggau waktu itu. Jadi jika kamu ingin mengenal sejarah Kota Lubuklinggau selayaknya mengunjungi Monumen Museum Subkoss Garuda Sriwijaya.

Sungai Siring Agung

Ketika musim kemaru datang, barulah terlihat begitu indahnya Sungai Siring Agung yang lokasinya berada di Kelurahan Tanah Priuk, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II. Kamu bisa menikmati keindahan dari Sungai Siring Agung dengan bersantai di pinggiran sungai yang memang tidak terlalu lebar. Memang paling asyik momennya ketika sore hari dengan cuacanya yang tidak begitu panas, menjadi spot terbaik untuk menikmati senja. Tak jarang juga para pemancing mania berjejer di pinggiran sungai yang ingin merasakan sensasi tarikan ikan tawar Sungai Siring Agung.

Waterpark Temam

Lokasinya tidak begitu jauh dengan Air Terjun Temam dan berada di kelurahan yang sama, yakni Kelurahan Air Temam, Kecamatan Lubuklinggau I. Waterpark Temam ini tergolong masih sangat baru sekitar awal tahun 2016 resmi dibuka. Dan hingga kini nyaris tidak pernah sepi dari pengunjung, hampir tiap hari selalu ada pengunjung, apalagi jika hari libur, bisa nyaris penuh Waterpark Temam. Dan memang tempat wisata di Sumatera Selatan ini sangat cocok untuk wisata keluar. Berbagai permainan yang untuk anak-anak banyak tersedia di Waterpark Temam. Seperti halnya kolam renang, seluncuran yang cukup panjang dan masih banyak spot-spot menarik lainnya. 

Tempat Wisata di Pagaralam

Sebelumnya Kota Pagaralam menjadi bagian Kabupaten Lahat, tetapi pada tahun 2001 Kota Pagaralam berdiri sendiri menjadi Kotamadya. Kota yang berada di dalam Provinsi Sumatera Selatan ini sebagian wilayah berada di daerah perbukitan. Dan tidak menutup kemungkinan Kota Pagaralam memiliki destinasi wisata alam yang sangat menarik dan semakin menambahkan tempat wisata di Sumatera Selatan yang menarik untuk dikunjungi. Dan berikut ini daftar tempat-tempat wisata di Kota Pagaralam yang pesonanya akan menggerakkanmu untuk mengunjunginya.

Air Terjun Air Karang

Meskipun masih kalah lebar dengan Air Terjun Muara Temam di Lubuklinggau, tapi pesonanya tetap sama-sama mempesona. Bahkan debit airnya sangat besar dan juga ketinggiannya hampir 20 meteran. Namun uniknya tepat di depan air terjun ada gundukan batu yang cukup tinggi, dan biasanya dijadikan spot selfie para traveler, karena pas di depan air terjun akan menghasilkan photo yang sangat cantik. Adanya rerumputan di areal air terjun benar-benar menambah sisi keasrian Air Terjun Air Karang ini. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Muara Tenang, yang masih berada di wilayah Dempo Selatan.

Air Terjun Alap-Alap

Jika warga setempat menyebutnya Cughup Alap-Alap atau Cughup Merak. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang sangat luar biasanya, dengan tebingnya yang terjal dan tingginya hampir 70 atau 80 meteran. Menariknya lagi terdapat banyak kolam air yang siap memanjakan kamu ketika berkunjung di Air Terjun Alap-Alap. Pengin merasakan nikmatnya kena hembusan air terjun maka berendam saja tepat di bawah air terjunnya, tapi airnya lumayan dingin. Tapi untuk menuju air terjun ini kamu harus relas berjalan sejauh 1 km an dari Desa Dempo Makmur, yang masih berada di Kecamatan Pagaralam Utara. Dan lebih baik gunakan jasa pemandu dari Desa Dempo Makmur, karena memang lokasinya agak tersembunyi dan tertutup lebatnya pepohonan.

Air Terjun Besemah

Ketinggiannya nyaris hampir sama dengan air terjun andalan Kota Pagaralam, yakni Air Terjun Embun atau Curup Embun. Air Terjun Besemah memiliki ketinggian hampir 80 meter dengan debit airnya yang sangat besar hingga memenuhi kolam yang ada di bawahnya. Yang membuat tempat wisata di Sumatera Selatan ini semakin eksotis adalah adanya perbedaan warna tebing yang ada di bawah yang berwarna hitam dengan tebing di atas yang warnanya kekuningan, belum lagi hiasan tanaman alami yang menempel tebing, sungguh istimewa. Hampir setiap wisatawan yang datang di air terjun ini tidak pernah sabar pengen merasakan segarnya air kolam alami yang cukup luas dan dalam. Lokasinya sendiri memang mengharuskan jalan kaki selama beberapa menit dari Desa Mingkik, yang berada di Kecamatan Dempo Selatan.

Air Terjun Curup Embun

Inilah destinasi wiata alam yang menjadi andalan Kota Pagaralam, yakni Air Terjun Curup Embun. Air terjun ini memiliki ketinggia hingga 80 meter dan yang paling unik adalah adanya 3 pancuran dalam satu tebing. Benar-benar destinasi wisata yang tiada duanya, tak heran jika menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang cukup sering menyita perhatian para traveler. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Dempo yang penuh dengan pepohonan nan hijau, serta perjalanan menuju lokasi melwati perkebunan teh akan menjadi pengalaman wisata yang tak terlupakan. Yang bikin wisatawan sangat senang berada di Air Terjun Curup Embun ini adalah adanya sungai dari aliran air terjun yang airnya sangat jernih, bisa menjadi spot pemandian alam yang sungguh luar biasa. Untuk lokasinya sendiri Air Terjun Curup Embun ini berada di Desa Dempo Makmur dan di Kecamatan Pagaralam Utara.

Air Terjun Curup Mangkok

Masih berada di Kecamatan dan Desa yang sama dengan Air Terjun Embun atau Curup Embun, yang sama-sama memiliki keindahan. Yang sangat disukai oleh wisatawan adalah adanya kolam yang sangat luas di air terjun yang disebut juga sebagai Curup Pancur ini. Inilah spot favorit wisatawan selain menikmati panorama alam di Desa Dempo Makmur dan juga lereng Gunung Dempo, adalah menikmati segarnya air kolam Air Terjun Curup Mangkok. Rindangnya pepohonan yang ada di sekeliling air terjun menambah kesan asri dan juga semakin terlihat begitu indah dipandang. Untuk akses lokasi menuju tempat wisata di Kota Pagaralam ini sangat mudah, dan infrastrukturnya cukup memadai. Makanya tak heran jika musim liburan selalu dipenuhi wisatawan.

Air Terjun Lematang Indah

Sepertinya sangat tepat namanya seperti indahnya air terjun yang tidak jauh dari jalan raya yang menghubungkan Kabupaten Lahar dengan Kota Pagaralam. Jadi untuk akses menuju lokasi dipastikan sangat mudah, hanya perlu kehati-hatian saja ketika menuruni anak tanggan untuk menuju lokasi air terjun. Tidak begitu jauh juga jaraknya dari pusat kota ke Kecamatan Dempo Utara dimana tempat wisata di Sumatera Selatan ini berada, yakni kurang lebih 10 km dari Kota Pagaralam. Failitasnya sangat memadai di obyek wisata ini, begitu juga dengan dengan adanya sungai di bawahnya, kamu bahkan bisa river tubing di aliran sungai Air Terjun Lematang Indah. Atau hanya  sekedar berendam ataupun berenang karena memang sangat luas.

Air Terjun Tiga Panggung

Sangat unik dan sudah pasti eksotis, itulah gambaran dari Air Terjun Tiga Panggung, atau sering disebut Cughup Tiga Panggung. Sesuai dengan namanya air terjun ini memiliki 3 tingkatan jika digabungkan menjadi satu mungkin ketinggiannya hampir 70 hingga 80 meteran. Tapi sangat memungkinkan untuk wisatawan yang ingin naik hingga tingkat kedua. Hampir setiap pinggiran tebing air terjunnya berjajar pepohonan nan hijau, semakin membuat air terjun ini begitu asri. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini lokasinya cukup lumayan jauh dari desa terdekat setidaknya membutuhkan waktu 30 menit karena jaraknya yang hampir 1 km. Kamu bisa memarkir kendaraan kamu di Dusun Genting, tepatnya di Desa Dempo Makmur, dan berada di Kecamatan Pagaralam Utara.

Air Terjun Tujuh Kenangan

Lagi-lagi air terjun yang sangat cantik dihadirkan Kota Pagaralam, yakni Air Terjun Tujuh Kenangan. Unik dan eksotis memang air terjun yang satu ini, kolamnya yang luas justru tidak berada di bawah air terjunnya tapi beberapa meter setelah air yang sangat jernih melewati bebatuan koral. Wisatawan sangat memungkinkan untuk mendekati pusat air terjun yang tingginya melebihi 30 meteran ini. Meskipun mengharuskan kamu untuk berjalan sejauh 600 meter dari desa Dempo Makmur, Kecamatan Pagaralam Utara, tapi pesona alamnya begitu menggoda mata. Seperti melewati perkebunan kopi milik warga, aliran sungai yang penuh bebatuan dan juga lebatnya pepohonan. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang sangat cocok buat kamu yang lebih suka dengan petualangan.

Arung Jeram Sungai Lematang

Arus Sungai Lematang tergolong cukup deras, dengan berbagai rintangan seperti banyaknya bebatuan yang ada di tengah-tengah sungai menjadi tantangan tersendiri bagi para penggila arung jeram. Jadi bagi pemula memang sangat disarankan menggunakan pemandu yang memang sudah professional dan sangat hafal dengan karakter arus Sungai Lematang. Ketika kamu berarung jeram maka kamu juga akan disuguhi keindahan alam yang begitu sempurna. Berjajarnya pepohonan di pinggir sungai, areal persawahan, dan juga Air Terjun Lematang Indah menjadi sajian utama ketika kamu mengarungi Sungai Lematang. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini bisa kamu kunjungi dan mencoba menaklukkan arus Sungai Lematan dari Desa Pelang Kenida, yang masih di dalam Kecamatan Dempo Tengah.

Arung Jeram Sungai Manna

Sungai Manna memang berada di Kabupaten Lahat dan berada di wilayah Kecamatan Tanjung Sakti. Akan menjadi wisata arung jeram terlama, jika kamu dari Kecamatan Tanjung Sakti hingga ke Kota Pagaralam. Benar-benar pengalaman wisata yang tidak akan pernah kamu lupakan pastinya. Hampir setiap sisi di Sungai Manna begitu indah untuk dilewatkan, bahkan ada spot-spot tertentu yang pasti bakalan membuat kamu pengen nyebur dan merasakan segarnya Sungai Manna. tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang bisa menjadi andalan dan semakin banyak menyedot perhatian wisatawan terutama bagi para penggila rafting.

Danau Merah Rimba Candi

Salahs atu destiansi wisata yang sangat unik yang ada di Kota Pagaralam, yakni Danau Merah Rimba Candi. Namun untuk mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini kamu harus memiliki stamina yang cukup prima, karena membutuhkan waktu yang sangat lama. Dari desa terdekat perjalanan bisa membutuhkan 1 hingga 2 hari. Hal ini dikarenakan medannya sangat berat yang berada di Bukit Rimba Candid dan juga masuk di lebatnya hutan. Dan tak jarang kamu harus melakukan sedikit pendakian, tapi sebenarnya jiwa kamu suka naik gunung maka ini hal yang biasa dan sangat menyenangkan. konon kabarnya di dekat Danau Merah ini dulunya ada sebuah peradaban kuno karena ada benda-benda peninggalan seperti batu candi. Meskipun danau ini memang terlihat merah, tapi airnya jika kamu ambil warnanya justru coklat layaknya air sungai. Danau Merah Rimba Candi ini secara administratif terletak di Kelurahan Candi Jaya, Kecamatan Dempo Jaya, yang berbatan langsung dengan Bengkulu.

Danau Muara Tenang

Jika berbicara fasilitas yang ada di Danau Muara Tenang ini memang sangat minim, tapi kalau keindahannya jangan ditanya deh. Danau Muara Tenang ini masih sangat alami nyaris tanpa terkena sentuhan tangan jahil manusia. Bahkan air danaunya pun sangat jernih, dan tak jarang sering digunakan warga setempat untuk mandi. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang benar-benar menjanjikan sebuah kedamaian. Suasananya yang begitu tenang memang cocok buat kalian yang ingin bersantai sembari menikmati perbukitan nan hijau di Desa Muara Tenang, dan berada di wilayah Kecamatan Dempo Selatan.

Danau Tebat Gheban

Viewnya sungguh istimewa, ketika kamu berada di Danau Tebat Gheban, dengan background Gunung Dempo yang terlihat cukup jelas dari danau ini. Air danuanya cukup jernih, jika mau nyebur di pinggiran danau pun tetap menyenangkan. Panorama alam sekitarnya pun cukup memukai dengan berjajarnya pepohonan yang menjulang tinggi mengelilingi danau menjadi tempat yang teduh dan nyaman jika ingin menikmati keindahan Danau Tebat Gheban. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini juga dilengkapi shelter atau seperti gazebo yang memang diperuntukkan wisatawan untuk bersantai di pinggiran danau. Cukup banyak wisatawan yang datang ingin mencoba sensasi tarikan ikan tawar Danau Tebat Gheban. Loasinya terletak di Desa Alundua, yang masih di dalam Kecamatan Pagaralam Utara, untuk aksesnya sendiri juga cukup mudah karena jalannya pun juga sudah diaspal.

Dempo Park

Inilah spot selfie dan juga spot terbaik untuk menikmati senja yang berada di kaki Gunung Gempo. Tidak hanya sekedar taman biasa saja, tapi di Dempo Park ini juga dilengkapi dengan area bermain anak. Jadi tidak hanya untuk dinikmati orang dewa sa saja, tapi juga oleh anak-anak kecil. View hamparan perbukitan nan hijau menjadi background fotografi yang sangat menarik, atau juga bisa dipadukan dengan temaramnya sinara matahari dikala senja, bisa jadi menghaislkan karya seni yang sangat indah. tempat wisata di Sumatera Selatan ini ketika musim liburan dibanjiri wisatawan, tidak hanya dari Kota Pagaralam saja, tapi juga daerah lainnya diluar Kota Pagaralam.

Green Paradise

Salah satu destinasi agrowisata yang menjadi favorit para wisatawan adalah Green Paradise. Dan obyek wisata ini memang sangat cocok buat wisata keluarga, terutama untuk anak-anak. Mereka bakal seneng banget dengan adanya air terjun buatan, kolam pemancingan, dan juga sungai buatan dimana anak-anak bisa bermain sepuasnya. Selain itu kamu juga bisa mengunjungi areal perkebunan sayur, bahkan kamu juga bisa memanennya sendiri. Atau pengen merasakan sensasi menaiki kuda dan berkeliling Green Paradise, pasti bakal seru banget. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini berlokasi di Desa Sukarame, yang berada di Kelurahan Bumi Agung, dan Kecamatan Dempo Utara.

Gunung Dempo

Inilah salah satu destinasi wisata andalan yang dimiliki oleh Kota Pagaralam dan menjadi  favorit para pecinta alam dan juga pendaki. Gunung Dempo ini memiliki ketinggian 3159 mdpl, cukup tinggi memang, tapi sajian istimewa bakal disajikan khusus bagi para pendaki yang mencapai puncak utama. Dan salah satunya pemandangan kawah aktif yang memiliki diameter kurang lebih 100 meteran. Uniknya lagi warnanya ini kadang berubah-ubah dan terkadang berwarna biru muda yang membuat semua rasa lelah kamu ketika mendaki hilang seketika. Belum lagi hamparan perbukitan nan hijau dan berbagai bungai berwarna-warni yang ada di puncak. Benar-benar menjadi hadiah terindah buat para pendaki yang berhasil menaklukkan ketinggian Gunung Dempo. Dan sangat wajar jika menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang sangat wajib untuk dikunjungi terutama buat kalian para pecinta alam.

Perkebunan Teh Gunung Dempo

Obyek wisata ini cukup ikonik dan menjadi favorit para wisatawan lokal maupun dari luar Kota Pagaralam. Tidak hanya sekedar menikmati pemandangan indahnya Gunung Dempo saja, tapi kamu juga bisa melihat aktifitas para petani teh yang sedang memanen daun teh. Perkebunan Teh Gunung Dempo ini memang salah satu spot paling oke buat fotografi maupun selfie. Hijaunya perkebunan teh benar-benar bisa menghasilkan sebuah karya seni yang sangat indah. Tak jarang juga tempat wisata di Sumatera Selatan ini sering digunakan untuk photo preweding maupun modeling. Sangat menarik memang, apalagi fasilitas penginapan juga tersedia seperti Villa Gunung Gare dengan gaya arsitektur tradisionalnya siap memanjakan kamu.

Rumah Adat Besemah

Indonesia tidaknya hanya memiliki karya seni ukiran Jepara dan Bali saja, tapi juga ukiran Ghumah Baghi, yakni ukiran khas rumah adat yang ada di Pagaralam. Setiap Rumah Baghi memiliki relief ukiran yang berbeda-beda dan ternyata setiap lekuk guratan ukiran di kayu Tenam tersebut memiliki makna. Dan maknanya sudah pasti berbeda sesuai dengan ukiran yang ada di hampir setiap sisi rumah adat. Kamu bisa melihat karya seni yang tinggi Rumah Baghi di Pagaralam yang usianya sudah mencapai 300 tahun. Lokasinya berada di Desa Pelang Kenidai, Kecamatan Dempo Tengah. Kini rumah yang semua terbuat dari kayu dan tanpa adanya satu paku pun sudah menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang banyak mengundang wisatawan yang ingin tahu lebih dekat salah satu cagar budaya yang dimiliki Pagaralam.

Situs Kubur Batu Tanjung Aro

Memang situs penginggalan zaman Megalit yang ada di Kota Pagaralam ini sangat beragam, jadi tidak hanya dalam bentuk manusia atau arca hewan saja, tapi juga Situs Kubur Batu. Cukup unik dan sangat menarik untuk dikunjungi memang, hampir mirip dengan goa hanya saja jauh lebih kecil, seperti tumpukan batu yang sangat lebar di atasnya dan ada batu-batu di sisi sampingnya sebagai penyangga. Situs Kubur Batu ini menjadi salah satu situs yang juga didaftarkan ke UNESCO sebagai situs warisan budaya diantara puluhan situs lainnya yang juga didaftarkan. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini terletak di Desa Tanjung Aro dan berada di Kecamatan Pagarlam Utara.

Situs Megalitikum Atungbungsu

Memang Kota Pagaralam sangat kaya akan cagar budaya, terutama benda peninggalan pada zaman Megalitikum. Dan bahkan beberapa situs peninggalan tersebut sudah di daftarkan ke UNESCO sebagai Situs Warisan Budaya. Dan salah satunya yakni Situs Megalitikum Atungbungsu yang memiliki beberapa peninggalan zaman megalit, seperti Batu Gong, dua patung manusia yang letaknya pun tidak begitu berjauhan dan berada di perkebunan kopi milik warga. Situs Megalit ini memang sangat menarik perhatian wisatawan, tidak hanya wisatawan lokal saja tapi juga wisatawan asing sangat penasaran dengan benda-benda cagar budaya yang ada di Kota Pagaralam. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini terletak di Kelurahan Atungbungsu, yang masih di dalam Kecamatan Dempo Selatan.

Situs Tegur Wangi Lama

Di Situs Tegur Wangi Lama ini terdapat 3 arca manusia dan juga dolmen, bahkan di sekitarnya terdapat bebatuan yang cukup besar-besar. Seakan seperti kompleks benda peninggalan zaman purbakala, terdapat begitu banyak bebatuan yang mirip seperti meja dan lengkap dengan kursinya. Dan menurut penelitian situs ini usianya mungkin saja sudah 4000 SM. Untuk lokasinya sendiri berada di Desa Tegur Wangi Lama, Kecamatan Dempo Utara. Sangat wajar akhirnya pemerintah Kota Pagaralam mendaftarkannya sebagai situs warisan budaya ke UNESCO. Setidaknya dengan cara seperti ini akan semakin banyak wisatawan asing yang mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan, khususnya di Kota Pagaralam.

Tangga Seribu

Ketika kamu mengunjungi Perkebununan Teh di kaki Gunung Dempo, tak lengkap rasanya tanpa mengunjungi Tangga Seribu atau Tangga 2001. Uniknya lagi selain hamparan perkebunan teh nan hijau dan berselimutkan udara nan sejuk, menaiki setiap tangga ini akan sangat menyehatkan. Karena memang cukup unik konsep pembangunannya, setiap anak tangga dilengkapi dengan kerikil kecil di bagian tengahnya, jadi terasa pijat refleksi ketika kamu tidak menggunakan alas kaki. Cukup melelahkan memang, tapi pesona alamnya yang begitu istimewa tidak akan membuat badan kamu terasa lelah. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang menjadi favorit anak-anak mudai terutama yang hoby banget sama fotografi ataupun selfie.

Tugu Rimau

Cukup unik untuk arsitektur sebuah tugu yang menyerupai harimau tapi menggunakan pakaian adat Paragaralam. Tugu ini dibangun ketika ada event besar yakni PON pada tahun 2004 di Kota Pagaralam, dan Tugu RImau inilah yang menjadi maskotnya ketika itu. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang sangat pas, jika kamu ingin melihat keindahan Kota Pagaralam dari sisi yang berbeda, yakni dari perbukitan dengan ketinggian 1820 mdpl. Sudah pasti udaranya sangat sejuk, dan momen paling bagus memang ketika sunrise maupun ketika hari sudah mulai senja, dengan temaram sinar matahari yang mulai meredup. obyek wisata yang selfieable banget ini lokasinya terletak di kaki Gunung Dempo yang berada di Kecamatan Pagaralam Selatan.

Villa Gunung Gare

Bisa dikatakan juga sebagai destinasi wisata karena lokasi Villa Gunung Gare ini berada di kaki Gunung Dempo. Sudah pasti pesona dari ikon wisata Pagaralam, Gunung Dempo itu sangat terlihat jelas keindahannya. Selain itu kamu juga akan disuguhi dengan hamparan luas perkebunan teh yang menghijaukan mata. Cukup menyenangkan ketika kamu berada di tempat wisata di Sumatera Selatan ini, kamu bisa menikmati kesejukan udara yang sangat bersih, dan kamu juga bisa mengunjungi salah satu obyek wisata yang sangat terkenal yakni Tangga Seribu. Untuk harga sewa Villa Gunung Gare ini relatif murah, mulai dari harga 200 ribuan untuk tiap kamarnya. Untuk lokasinya sendiri berada di Gunung Dempo atau wilayah Kecamatan Pagaralam Selatan.

Tempat Wisata di Palembang

Inilah kota terbesar kedua yang ada di Sumatera yang potensinya akan menjadi Kota besar dan bersaing dengan Medan, Surabaya, bahkan Ibukota Jakarta. Palembang sebagai  Ibukota Privinsi Sumatera Selatan memang memiliki proyek-proyek besar, seperti pembangun sirkuit MotoGP dan juga sirkuit Formula One. Selain itu dilihat dari historinya pernah menjadi pusat peradaban terbesar di Asia Tenggara, yakni adanya Kerajaan Sriwijaya. Terlepas dari semua itu di Bumi Sriwijaya ini juga menyimpan tempat wisata di Sumatera Selatan yang mampu menggaet wisatawan asing untuk datang melihatnya. Dan berikut ini tempat wisata di Kota Palembang yang sangat wajib untuk kamu kunjungi.

Al Qur’an Al Akbar

Inilah Al Qur’an raksasa yang diklaim sebagai Al Qur’an terbesar di dunia. Al Qur’an Al Akbar ini ada 30 juz ayar suci yang dipahat di atas kayu tembesu dengan ukuran 1,7 meter x 1,3 meter. Untuk pengerjaan karya seni yang luar biasa ini dilakukan selama 6 tahun, mulai pengerjaan di tahun 2002 dan selesai di tahun 2008 lalu secara resmi dipublikasi pada tahun 2012, yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono waktu itu. Kina Al Qur’a Al Akbar menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang memang khususwisata religi bagi umat muslim. Dan destinasi ini tidak hanya menarik wisatawan domestik saja, tapi juga wisaatawan asing yang banyak berdatangan dari kawasan Arab. Untuk lokasinya sendiri terletak di Kelurahan dan Kecamatan Gandus.

Amanzi Waterpark

Konsep dalam pembuatan Amanzi Waterpark ini sangat menarik dengan nuansa Afrika membuatnya sangat berbeda dengan dua waterpark yang ada di Kota Palembang. Seperti berpetualang di alam liar, seperti Sungai Nile atau Kilimanjaro Tower menjadi waterpark yang sangat unik. Tak heran juga jika waterpark yang terletak di Kompleks Perumahahn Citra Grand Dity ini selalu ramai dikunjungi wisatawan ketika akhir pekan atau pas hari liburan. Selain konsep yang unik tadi, tempat wisata di Sumatera Selatan ini juga memiliki perosotan yang sangat besar dan juga tinggi. Jika kamu suka dengan menguji adrenalin kamu, maka perosotan ini sepertiya cocok buat kamu. Untuk biaya masuknya memang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan Fantasy Island, harganya mulai dari Rp. 50.000 hingga Rp. 100.000 di hari Minggu.

Arung Jeram Sungai Musi

Di Sungai Musi memang sangat sering diadakan event skala internasional, seperti event International Musi Triboatton. Selain itu bagi penggiat arung jeram atau yang memiliki hobo rafting, juga sering merealisasi hobinya dengan arung jeram di Sungai Musi. Mungkin terlihat begitu tenang tanparintangan, tapi di kawasan tertentu akan meningkatkan adrenalin kamu. Cukup menyenangkan ketika kamu berarung jeram di Sungai Musi, kamu bisa menikmati daerah pedesaan di Kota Palembang, dan juga berbagai destinasi wisata menarik yang ada di pinggiran Sungai Musi. Dan memang hingga kini Sungai Musi tetap menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang sangat wajib untuk dikunjungi.

Benteng Kuto Besak

Menurut para ahli sejarah Benteng Kuto Besak ini dibangun pada tahun 1780 oleh Sultan Mahmud Badaruddin I dan hingga kini benar-benar masih kokoh berdiri. Bangunan temboknya berdiri setinggi 10 meter ini menjadi pertahanan terakhir yang cukup ampuh ketika itu. Namun karena kalah peperangan pada tahun 1821, akhirnya Belanda merampas Benteng Kuto Besak dan mengasingkan Sultan Mahmud Badaruddin ke Maluku. Kini benteng ini menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang membuat wisatawan asing saja ingin melihatnya lebih dekat. Hal ini karena Benteng Kuto Besak termasuk sebagai cagar budaya yang dimiliki oleh Kota Palembang.

Bundaran Air Mancur Palembang

Inilah titik nol Kota Palembang yang menjadi tempat berkumpulnya warga dan juga wisatawan yang mendatangi Kota Palembang. Keindahannya sangat terlihat ketika malam hari, pencahayaan yang cukup terang membuat air mancurnya terlihat begitu artistik. Dan Bundaran Air Mancur Palembang ini menjadi spot selfie yang instagramable banget. Tak akan lengkap wisata kamu ketika berkunjung di Kota Palembang tanpa mampir di tempat wisata di Sumatera Selatan yang satu ini. Malam akan semakin terasa indah dan waktu yang tepat memang bersantai di Bundaran Air Mancur sembari menikmati keindahan Kota Palembang di malam hari.

Danau Opi

Pengin menguji adrenalin kamu dengan mencoba menaiki banana baoat di Kota Palembang?? Datang saja di Danau Opi yang terletak di kompleks perumahan Ogan Permata Indah Jakabaring. Wahana air seperti banana boat adalah salah satu tujuan wisatawan mengunjungi Danau Opi, selain itu ya sudah pasti menikmati panorama Danau Opi yang cukup eksotis yang sangat ekat dengan perkampungan atau perumahan. Tidak hanya banana boat saja, tapi adanya perahu yang siap mengajak kamu berkeliling di Danau Opi dan menikmati indahnya danau. Selain itu bagi para traveler yang hobi memancing, juga banyak spot-spot memancing yang akan memberikan kejutan sensasi sstrike ikan air tawar Danau Opi.

Fantasy Island

Salah satu destinasi wisata yang mampu menyedot banyak wisatawan yang datang dari luar Kota Palembang, salah satunya adalah Fantasy Island. Inilah waterboom yang sangat megah yang berada di Kota Palembang, yang menjadi kebanggan warga Kota Palembang. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memiliki berbagai permainan air yang akan memanjakan setiap wisatawan yang datang. Mulai dari kolam renang anak dan dewasa, perosotsan, waterboom, tsunami river, dan bahkan ada track buat bermain gokart. Dan salah satau yang menjadi favorit wisatawan adalah papan seluncur yang sangat tinggi dan juga panjang. Untuk harga tiketnya tergolong relatif murah yang hanya Rp. 50.000 per orangnya. Untuk lokasinya sendiri terletak di Kelurahan Karya Jaya, dan masih berada di dalam Kecamatan Kertapati.

Hutan Wisata Punti Kayu

Tempat wisata di Sumatera Selatan ini benar-benar sangat menarik dan seperti semua obyek wisata menjadi satu di Hutan Wisata Punti Kayu. Kamu bisa menikmati berjajarnya hutan pinus, sembari menaiki gajah atau kuda yang disewakan di dalam hutan wisata ini. Atau kamu bisa bersantai di gazebo sembari memberi makanan ringan untuk monyet-monyet yang berkeliaran. Bisa juga kamu menikmati kolam yang cukup luas sambil mengayuh perahu sepeda, atau perahu bebek. Yang terakhir nih kamu bisa selfie di atas jembatan gantung yang juga cukup banyak kera yang mungkin saja mau ikutan selfie. Hutan Wisata Punti Kayu memang sangat lengkap dan juga menjadi destinasi favorit para warga Kota Palembang ketika akhir pekan dan musim liburan.

Jakabaring Sport City

Berawal dari perhelatan pesta olah raga tingkat nasional PON pada tahun 2004 akhirnya Jakabaring Sport City semakin dikembangkan dan pada tahun 2011 menjadi tuan rumah untuk mengadaan event Sea Games. Dan nanti tahun 2018 mendatang akan ada lagi perhelatan Asean Games dan sangat terlihat mulai sekarang udah dilakukannya pembangunan tempat olahraga baru dan juga perbaikan venue-venue yang lama. Mulai dari fasilitas seperti stadion atletik, stadion akuatik, arena ski air, arena sepatu roda, dan tidak ketinggalan Stadion kebanggaan masyarakat Kota Palembang, yakni Stadion Gelora Sriwijaya. Jakarta Sport City ini nantinya tidak hanya sebagai tempat untuk berbagai aktifitas olahraga saja, tapi juga menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang akan menyedot lebih banyak wisatawan untuk datang.

Jembatan Ampera

Tak lengkap wisata kamu ketika berada di Kota Palembang tanpa mengunjungi destinasi wisata ikonik Jembatan Ampera. Inilah bangunan kebanggaan masyarakat Kota Palembang yang berdiri di atas urat nadi perekonomian Kota Palembang, yakni Sungai Musi. Ketika berada di Jembatan Ampera maka sangat wajib selfie dan momen paling tepat adalah ketika malam hari. Pancaran lampu terang yang ada di Jembatan Ampera memancarkan siluet nan indah. Sedikit sejarah tentang tempat wisata di Sumatera Selatan ini dibangun oleh harta rampasan tentara Jepang yang telah kalah perang ketika itu. Dan Jembatan Ampera ini dibangun pada tahun 1962 dan memiliki panjang 1.177 km. banyak spot untuk menikmati kemegahan Jembatan Ampera, dan memang kebanyak di pinggir-pinggir jembatan sembari mencicipi kuliner khas Palembang yang banyak dijajakan di pinggiran Sungai Musi.

Kampung Arab Al Munawar

Usia Kampung Arab Al Munawar ini hampir sama tuanya dengan Kampung Kapiten yang berdekatan dengan Jembatan Ampera. Kamu juga bisas menemukan banyak rumah-rumah yang usia ratusan tahun, tapi masih kokoh berdiri. Ada beberapa rumah adat Palembang dan juga ada rumah yang memiliki gaya Eropa atau perpaduan diantara kedua budaya tersebut. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini juga bisa menjadi wisata religi bagi umat Islam,karena di Kampung Arab Al Munawar ada Kitab Al-Qur’an yang usianya lebih dari 250 tahun yang ditulis dengan menggunakan tinta emas. Sangat menarik memang kampung ini dan setiap lorong-lorong rumah serasa kamu dibawah di eropa karena bangunan-bangunan yang tua. Sudah pasti instagramable banget kan. Untuk lokasinya sendiri terletak di Kelurahan 13 Ulu dan berada di Kecamatan Seberang Ulu atau di tepian Sungai Musi.

Kampung Kapitan

Inilah salah satu kampung tertua yang ada di Palembang yang usianya kemungkinan hampir 300 tahun. Sedikit cerita tentang Kampung Kapitan ini dulu ada seorang perwira dari Dinasti Ming yang menjabat sebagai seorang Kapitan karena diangkat oleh Belanda ketika itu. Dan tugasnya kalau sekarang hampir seperti Camat tetapi sedikit lebih tinggi dan lebih rendah dari Walikota. Dan jabatan ini selalu turun-temurun hingga ke generasi 12. Kamu juga masih bisa menjumpai sebuah rumah kediaman Kapitan pertama yang hingga kini masih berdiri kokoh, hanya ada perbaikin di beberapa bagian rumah. Selain mengunjungi rumah bersejarah, kamu juga bisa menikmati keindahan panorama Sungai Musi dan juga indahnya Jembatan Ampera. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang sangat wajib kamu kunjungi karena memang sangat identik dengan Kota Palembang. Untuk secara administratif masuk di Kelurahan 7 Ulu, dan berada di dalam Kecamatan Seberang Ulu 1.

Kantor Wali Kota Palembang

Bangunan yang satu ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Mulai dari kantor pemerintahan Belanda hingga diambil alih oleh Jepang dan dijadikan sebagai Kantor Residen Pemerintahan Jepang waktu itu. Dan baru pada tahun 1963 dijadikan sebagai pusat pemerintahan Kota Palembang. Arsitekturalnya sangat unik dengan gaya Eropa dan dulu pada bagian atas gedung digunakan untuk menara air. Maka ada yang menjulukinya sebagai Kantor Ledeng. Bangunan yang bernilai sejarah ini sekarang juga menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan, tapi untuk memasukinya juga harus mendapatkan ijin terlebih dahulu. Yang sangat menarik adalah interiornya dan jug ataman hijau di dalam gedung, jadi suasananya benar-benar adem.

KIF Park atau Kambang Iwak Family Park

Yang sangat menarik di Kambang Iwak Family Park ini adalah tidak adanya biaya masuk ke dalam taman alias gratis. Tak heran juga akhirnya banyak sekali warga yang mengunjungi taman ini, apalagi ketika musim liburan. Cukup lengkap failitasnya yang ada di dalam taman seperti adanya taman bermain anak-anak, jogging track, dan juga danau kecil. Panoramanya juga sangat indah, dan yang pasti sangat adem karena banyak pepohonan yang ada di pinggiran kolam atau danau. Konon dulunya digunakan oleh tentara Belanda sebagai tempat bersantai dan arena hiburan para tentara Belanda. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini cukup bersih, dan seperti cocok deh buat tempat selfie kekinian yang ada di Kota Palembang. Ada jembatan yang berwarna merah di atas danau kecil, yang biasanya anak-anak muda pada selfie disana.

Klenteng Chandra Nadi

Tingginya taingkat toleransi yang ada di Kota Palembang sudah terbangun sejak era Kesultanan Palembang Darussalam. Sangat terlihat bahwa Klenteng Chandra Nadia tau Klenteng Soei Goeat Kiong dibangun pada tahun 1773 yang mana ketika itu masa kejayaan Kesultanan Palembang Darussalam. Klenteng Chandra Nadi selain menjadi cagar budaya juga sebagai tempat peribadahan umat Tionghoa. Dan kini juga menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang cukup membuat kagum wisatawan yang datang, karena usianya yang sudah ratusan tahun hingga kini masih berdiri kokoh. Klenteng ini sangat ramai ketika Imlek, bahkan tidak hanya etnis Tionghoa saja, tapi masyarakat pribumi juga berbaur menjadi satu di Klenteng Chandra Nadi, sebagai bentuk toleransi antar umat beragama.

Kompleks Makam Ratu Bagus Kuning

Menurut kisahnya Ratu Bagus Kuning ini keturunan dari Syaidi Syech Zain Al-Abid Yaman yang masih keturunan Nabi Muahammad dari istri pertma Siti Fatimah. Dan beliau ini ikut melawan kolonial Belanda pada tahun 1658. Ada yang unik di makam ini, yakni adanya banyak monyet baik yang ada di dalam makam atau di luar makam yang berkeliaran di lapangan golf. Konon kisahnya Ratu Bagus Kuning ini mengalahkan Siluman Kera berekor panjang lalu siluman tersebut berjanji akan selalu menemani Ratu Bagus Kuning, sampai saat ini. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang sebagai wisata ziarah yang biasanya sangat ramai dikunjungi peziarah ketika memasuki bulan ramadhan.

Makam Gede Ing Suro

Inilah makam dari seorang yang mampu merubah Kerajaan di Palembang pada waktu itu menjadi Kerajaan Islam. Dan beliau ini memang sangat disegani, karena beliau menjadi salah satu tokoh berdirinya Kerajaan Kesultanan Palembang Darussalam. Ki Gede Suro adalah seorang putra bangsawan dari Kerajaan Demak yang karena ada kekisruhan di Demak lalu beliau hijrah ke Palembang. Kie Gede Suro wafat pada tahun 1587 dan dimakamkan di atas candi, dan makamnya beliau ini paling panjang sendiri dibandingkan 38 makam lainnya, yang tak lain juga bangsawan Demak. Dan tempat wisata di Sumatera Selatan ini kini selain sebagai wisata ziarah juga telah menjadi warisan dunia dan sekarang lebih dikenal sebagai Taman Purbakal Ki Gede Ing Suro, utnuk lokasinya sendiri terletak di Kelurahan 1 Ilir, Kecamatan Ilir TImur II.

Makam Kawah Tengkurep

Arsitektural kompleks makam ini sungguh mencerminkan adanya akulturasi budaya antara Melayu, China, dan India. Makam Kawah Tengkurep ini dibangun pada tahun 1728 yakni pada era Sultan Mahmud Badaruddin I atau Jaya Wikramo dan atas perintah beliau lah makam ini dibangun. Di makam ini kamu bisa berziarah dan juga belajar sejarah Islam dari awal Kesultanan Palembang Darussalam yang berawal dari Sultan Abdurrahman hingga Sultan Mahmud Badaruddin II. Selain menjadi tempat wisaata di Sumatera Selatan, Makam Kawah Tengkurep ini juga termasuk cagar budaya dan begitu bernilai sejarahnya bagi rakyat Palembang. Ketika hari-hari tertentu makam ini begitu ramai dikunjungi para peziarah, salah satunya ketika Hari Raya Idul Fitri akan sangat banyak sekali para peziarah yang mendatangi Makam Kawah Tengkurep. Untuk lokasinya sendiri cukup dekat dengan Sungai Musi atau berada di Kelurahan 3 Ilir yang masih berada di Kecamatan Ilir Timur II.

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II

Sisa-sisa kejayaan masa lalu yang hingga kini masih berdiri kokoh meskipun tetap adanya perbaikan di berbagai sisi. Inilah masjid peninggalan dari Kesultanan Palembang yang dibangun oleh Sultan Mahmud Badaruddin I para tahun 1738 sebagai peletakan batu pertama hingga 1748 untuk peresmiannya. Masjid yang sangat megah dan menjadi masjid terbesar di Provinsi Sumatera Selatan ini dirancang oleh orang Eropa. Arsitekturnya mengambil gaya eropa, china, dan nusantara benar-benar akulturasi budaya yang menghasilkans ebuah karya yang mengagumkan. Selain Jembatan Ampera masjid ini juga menjadi kebanggaan warga Kota Palembang dan menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan khususnya wisata religi bagi umat Islam.

Masjid Cheng Ho

Sebenarnya masjid ini dinamakan Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho, namun kebanyakan warga lebih suka menyebutnya sebagai Masjid Cheng Ho. Masjid ini benar-benar menunjukkan toleransi umat beragama yang dituangkan di dalam arsitektural masjid. Perpaduan budaya antara China, Melayu, dan budaya Islam sendiri sangat kental di Masjid Cheng Ho. Konsep dalam pembangunan masjid ini sebagai bentuk penghargaan atas Cheng Ho yang telah menyebarkan agama Islam hingga ke Indonesia dan juga pada orang Tionghoa. Adanya dua menara di kedua sisi masjid dan bertingkat lima memiliki makna yang cukup dalam. Dua menara yang berarti habluminallah dan habluminnas, dan tingkat lima sebagai jumlah sholat yang lima waktu dalam sehari. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini juga sebagai wisata religi bagi umat Islam, yang lokasinya berada di Seberang Ulu I.

Monumen Perjuangan Rakyat

Tidak diragukan lagi seperti apa perjuangan rakyat Palembang ketika melawan kolonialime Belanda waktu itu. Bahkan tidak hanya rakyat biasanya saja yang menjadi pejuang, tapi juga Sultan Mahmud Badaruddin juga ikut berjuang meskipun pada akhirnya diasingkan ke Maluku. Oleh karena besarnya perjuangan rakyat Palembang, tak heran jika Monumen Perjuangan Rakyat ini dibangun begitu megahnya dan tetap memiliki nilai seni yang tinggi. Jadi tak lengkap wisata kamu jika tidak mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Untuk lokasinya sendiri terletak di Kelurahan 19 Ilir yang berada di dalam wilayah Kecamatan Ilir Barat I.

Museum Balaputra Dewa

Sangat menarik koleksi benda peninggalan jaman dahulu yang ada di dalam Museum Balaputra Dewa. Mulai dari zaman megalith dan memang di Provinsi Sumatera Selatan banyak sekali ditemukan situs-situs megalith. Dan juga ketika era Kerajaan Sriwijaya Berjaya hingga masa kolonial Belanda. Jadi memang sangat menarik tempat wisata di Sumatera Selatan yang satu ini. Beberapa benda peninggalan yang ada di dalamnya, seperti arca pada era Kerajaan Sriwijaya, dan juga benda-benda peninggalan rakyat seperti songket, dan benda-benda di era Kesultanan Palembang. Kemudian di kawasan museum juga ada rumah adat yang berbentuk limas, yang juga sangat menarik untuk kamu lihat. Cukcup murah biaya untuk memasuki Museum Balaputra Dewa ini yang hanya berkisar 5000 hingga 10 ribu. Untuk lokasinya sendiri berada di Jalan Srijaya Negara I Km. 5.5.

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Koleksinya sedikit berbeda jika dibandingkan dengan koleksi Museum Negeri Balaputra Dewa yang lebih ke benda peninggalan pra sejarah. Sementara untuk Museum Sutan Mahmud Badaruddin II lebih ke benda peninggaalan Kesultan Palembang. Seperti miniature rumah adat khas Palembang, pakaian adat khas Palembang, dan juga berbagai macam koleksi benda peninggalan Kesultaan Palembang. Tapi seperti adanya prasasti batu juga ada di tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II yang memiliki arsitektur yang sangat khas rumah limas Palembang ini memiliki dua lantai. Dan di bagian lantai pertama dan bagian depan, berisi seperti prasasti Talang Tuo. Sementara untuk biaya masuknya sangat murah yang hanya Rp. 10.000 saja. Begitu juga dengan lokasinya yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Palembang yang hanya 5 km dan dekat dengan Jembatan Ampera.

Museum Tekstil

Tidak hanya benda peninggalan yang ada di dalam museumnya saja yang perlu dijaga, tapi juga bangunan Museum Tekstil sendiri juga tetap harus dijaga karena sebagai cagar budaya. Museum ini dibangun pada tahun 1883, dengan arsitektur yang sangat khas Eropa begitu terlihat megah, dan hingga kini pun masih terlihat begitu kokoh hanya saja masih membutuhkan perawatan yang lebih. Museum yang memiliki meriam di depannya ini memiliki koleksi sekitar 500 barang dan memang mayoritas benda-benda yang berhubungan dengan terkstil. Seperti kain songket, peralatan membuat kain songket dan berbagai koleksi lainnya. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini lokasinya tidak begitu jauh dari lokasi wisata Kembang Iwak Family Park.

OPI Waterpark

Lokasinya memang sangat strategis karena dekat dengan Jakabaring Sport City. OPI Waterpark tidak hanya menyediakan kolam untuk anak dan juga dewasa saja, tapi juga tower slide yang cukup tinggi dan meliuk-liuk menjadi pilihan utama wisatawan yang mengunjungi OPI Waterpark. Berbagai fasilitas yang ada di dalam tempat wisata di Sumatera Selatan ini juga sangat lengkap. Mulai dari tempat peribadahan seperti musholla, tempat untuk bilas, dan juga adanya food court yang menyediakan segala kebutuhan bagi wisatawan terutama makanan dan minuman.

Pulau Kemaro

Inilah salah satu destinasi wisata andalan Kota Palembang, selain sebagai destinasi wisata alam tapi juga wisata religi bagi umat Budha. Karena di Pulau Kemaro ini berdiri Klenteng Hok Cing Bio yang usianya sudah ratusan tahun. Dan juga indahnya Pagoda yang memiliki 9 lantai sangat terlihat jelas dari kejauhan. Tapi ada yang paling menarik, yakni pohon cinta, bagi siapa yang menulisan namanya dan pasangannya konon hubungannya akan abadi. Seperti kisah cinta Tan Bun An seorang Pangeran dari negeri China dengan Siti Fatimah, yang kisahnya tragis tenggelam di Sungai Musi. Karena Tan Bun An mengira guci yang berisi emas itu hanya sayuran sawi yang dari orang tuanya untuk dihadiahkan kepada Raja Sriwijaya sebagai syarat untuk menikahi Siti Fatimah. Dan guci tersebut di buang ke Sungia Musi, tapi setelah tahu isinya emas, Tan Bun An lalu menyelam tapi tidak muncul, begitu juga dengan Siti Fatimah. Untuk mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini kamu harus menyewa perahu motor dari Jembatan Ampera dan membutuhkan waktu setidaknya 45 menit untuk sampai di Pulau Cinta ini.

Pusat Kerajinan Songket

Jika di Jogja memiliki pusat kerajinan bathik di Imogiri, maka Kota Palembang juga memiliki Pusat Kerajinan Songket di Kelurah 30 Ilir, dan berada di Kecamatan Ilir Barat. Menurut sejarah memang kain songket ini sudah ada sejak era Kerajaan Sriwijaya, bahkan di beberapa temuan si situs Sriwiajaya ditemukan benag emas, tapi masih belum ada bukti yang pasti bahwa apakah ada penenun lokal yang menggunakan seperti benang emas. Kain songket memang sangat identik dengan kemewahan karena memang dari dulu kain songket dikenakan hanya oleh para bangsawan Kerajaaan, seperti Kesultanan Palembang. Dan memang harus diakui kualitas kain songket yang paling bagus kualitasnya adalah dari Palembang. Dan kini sentra kerajinan songket sudah menjadi tempat wisata di Indonesia yang membuat decak kagum wisatawan domestik maupun wisatawan asing.

Rumah Mak Bani Montok

Inilah rumah adat berbentuk limas yang ada di uang Rp. 10.000, Rumah Mak Bani Montok namanya. Namun untuk mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan yang satu ini ada beberapa tata tertib yang harus ditaati untuk setiap pengunjung. Karena memang rumah ini masih disakralkan, jadi diharapkan untuk semua wisatawan juga bisa menjaga kesakralan tersebut. Dan yang tidak diperbolehkan adalah dengan menyentuh barang yang ada di dalam RUmah Mak Bani Montok. Yang juga tak kalah menarik adalah lingkungan di rumah tersebut begitu adem dan juga asri, karena banyaknya pepohonan yang rindang yang tumbuh di sekeliling RUmah Mak Bani Montok.

Sungai Gerong

Masih belum begitu banyak traveler yang tahu akan keindahan Sungai gerong, terutama di bagian dermaganya. Mungkin akan terlihat biasa ketika siang hari, tapi ketika sinar matahari mulai redup dan berganti dengan cahaya lampu, itulah saatnya keindahan dermaga Sungai Gerong terlihat. Dermaga ini begitu cantik, dan sepertinya instagramable banget dengan landasan kayu dan juga cahya lampu diujungnya begitu terlihat romantis. Tidak hanya menikmati hembusan angin malam Sungai Gerong saja, tapi pemandangan yang tidak biasa juga akan dihadirkan di hadapanmu, yakni kapal tongkang miliki Pertamina yang lalu lalang. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini lokasinya berada di dermaga Sungai Gerong Plaju, yang cukup dekat dengan kilang-kilang minyak milik Pertamina.

Sungai Musi

Destinasi wisata yang luar biasa dengan mengunjungi Sungai Musi atau berkeliling Sungai Musi sembari menikmati pesona Kota Palembang. Sungai Musi memiliki panjang 750 km dan membelah Kota Palembang menjadi dua bagia, yakni Seberang Ilir dan Seberang Ulu. Kamu bisa menikmati berbagai destinasi wisata yang sangat menarik yang ada di pinggiran Sungai Musi, mulai dari Jembatan Ampera, Kilang Minyak Pertamina, hingga Rumah Rakit yang sangat unik. Tak lengkap wisata kamu tanpa mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini, karena sangat identik dengan Kota Palembang, dan telah menjadi urat nadi perekonomian bagi masyarakat Palembang.

Taman Purbakala Bukit Siguntang

Lokasi taman ini berada di perbukitan dengan ketinggian 27 mdpl yang terletak di Kelurahan Bukit Lama, dan masih berada di wilayah Kecamatan Ilir Barat I. ketika kamu berada di Taman Purbakala Bukit SIguntang ini kamu akan menemui berbagai macam peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Dan yang paling utama adalah adanya 7 makam Raja-Raja Kerajaan Sriwijaya. Seperti makam Raja Si Gentar, Panglima Bagus Karang, Panglima Bagus Kuning, Panglima Batu Api, Putri Kembang Dadar, Putri Rambut Selako, dan makam Tuan Junjungan. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini dulu juga digunaakan sebagai tempat peribadahan umat Budha, jadi memang tidak boleh sembarangan dan harus tetap sopan.

Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya

Salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Kota Palembang adalah Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya. Ketika kamu masuk di taman purbakala ini kamu akan terasa dibawa kembala ke era kejayaan Kerajaan Sriwijaya. Berbagai situs peninggalan juga berada di dalam taman, begitu juga dengan adanya kanal yang menghubungkan dengan Sungai Musi juga ada. Dan memang konsepnya dibuat seperti Kerajaan Sriwijaya di masa lampau. Dan menariknya di taman ini juga ada pulau kecil yang dihubungkan dengan jembatan untuk menuju ke pulau tersebut. Benar-benar sangat menarik memang, tak heran jika menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang bikin penasaran para traveler yang belum pernah ke Kota Palembang.

Tempat Wisata di Prabumulih

Meskipun menjadi Kota terkecil yang ada di Provinsi Sumatera Selatan tapi Kota Prabumulih ini sangat kaya dengan minyak dan juga gas alam.bahkan Kota Prabumulih ini mendapatkan julukan sebagai Kota Minyak, karena produksi minyak bumi sangat besar tiap harinya. Selain sebagai Kota yang kaya akan sumber daya minyaknya, tapi juga memiliki sumber daya lainnya, yakni potensi di sektor pariwisata. Tempat wisata di Sumatera Selatan yang cukup menarik bisa kamu temukan di wilayah Kota Prabumulih. Dan berikut ini beberapa destinasi wisata yang sangat menarik yang harus kamu kunjungi di Kota Terkecil di Provinsi Sumatera Selatan.

Caroline Island

Cukup ikonik destinasi wisata Caroline Island ini, dan cukup banyak menjadi perhatian para traveler terutama yang ada di luar Kota Prabumulih. Dan Caroline Island ini menjadi satu-satunya wisata air yang dimiliki oleh Kota Prabumulih. Tak heran juga jika akhir pekan dan musim liburan banyak dipadati wisatawan yang datang dari berbagai penjuru. Wahana permaianan airnya sangat banyak mulai dari kolam renang, perosotan atau seluncur dan masih banyak lagi yang akan memanjakan semua wisatawan yang datang. Untuk biaya masuk ke tempat wisata di Sumatera Selatan ini tergolong masih murah, yang berkisaran Rp. 30.000. untuk lokasinya sendiri terletak di Kelurahan Tanjung Raman, yang berada di Kecamatan Prabumulih Barat.

Islamic Center Prabumulih

Inilah salah satu destinasi wisata yang menjadi tujuan utama wisatawan, khususnya wisatawan umat Islam yang ingin berwisata religi di Kota Prabumulih. Berbagai aktifitas atau kegiatan peribadahan atau keagamaan sering dilaksanakan di Islamic Center Prabumulih. Dan memang jika masjid ini dijadikan tempat wisata di Sumatera Selatan khususnya wisata religi. Kekaguman para wisatawan biasanya pada arsitektur masjid yang begitu indah, apalagi ketika melihat kubah dan menaranya, semakin adem melihatnya. Dan di dalam lingkungan Islamic Center Prabumulih ini juga ada Kanto MUI.

Kampoeng Wisata Prabumulih

Seakan semua destinas wisata menarik menjadi satu di Kampoeng Wisata Prabumulih. Berbagai fasilitasnya pun juga sangat memenuhi semua kebutuhan wisatawan. Cuckup menarik untuk dikunjungi, kamu bisa menikmati wisata air seperti menaiki perahu bebek, kolam renang yang sangat bersih, dan juga kamu bisa menikmati wisata kuliner di tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Tak heran jika sudah mulai akhir pekan banyak wisatawan lokas yang mengunjungi Kampoeng Wisata Prabumulih ini. Lokasinya pun juga tidak begitu jauh dari pusat Kota Prabumulih, yang tepatnya berada di Jalan Lingkar.

Kolam Biru

Destinasi wisata Kolam Biru ini cukup dikenal oleh masyarakat Prabumulih, karena keunikan dari warna air kolam yang berwarna biru. Awalnya fungsi kolam ini dulunya digunakan sebagai tempat penyaringan, namun lama kelamaan justru air yang di dalam kolam semakin berubah menjadi biru dan terlihat begitu jernih. Tempat wisata di Sumatera Selatan yang cukup unik ini akhirnya mengundang begitu banyak wisatawan untuk mengunjunginya, dan tak lain ingin pengin nyebur dan merasakan nikmatnya berenang di kolam yang airnya berwarna biru karena proses alam. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Muara Sungai dan berada di Kecamatan Cambai.

Masjid Darussalam

Tidak hanya Islamic Center Pramulih saja yang menjadi destinasi wisata religi bagi umat Islam, tapi Masjid Darussalam yang berada di Kelurahan Muntang Tapus, Kecamatan Prabumulih Barat ini juga sangat wajib untuk dikunjungi. Masjid ini dari sisi bangunannya memang sangat megah, meskipun begitu kesan klasik cukup terlihat dari bangunannya. Tidak hanya siang saja terlihat begitu cantik, tapi pas malam harinya masjid ini seakan bercahaya, apalagi sinar cahaya lampu yang ada di masjid begitu terang, semakin membuat Masjid Darussalam ini begitu indah.

Monument Patung Kuda

Mungkin bagi warga Kota Prabumulih sudah biasa menghabiskan waktu di Monumen Patung Kuda, tapi bagi wisatawan yang datang dari luar Kota Prabumulih melihatnya sebagai spot wisata yang keren. Hal ini karena Monumen Patung Kuda sudah menjadi ikon Kota Prabumulih. Dan sepertinya juga tidak lengkap ketika kamu berada di Kota Prabumulih tanpa mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan yang cukup ikonik ini. Moemn yang tepat memang ketika hari sudah menjelang sore atau malam hari, karena bisa kamu jadikan sebagai salah satu spot selfie terbaik di Kota Prabumulih.

Pantai Pasir Payuputat

Inilah salah satu destinasi wisata menarik yang ada di Kota Prabumulih, tepatnya di Kelurahan Payuputat yang masih berada di dalam Kecamatan Prabumulih Barat. Layaknya pantai pada umumnya, Pantai Pasir Payuputat ini adalah Sungai Lematang tapi memiliki hamparan pasir yang berwarna kecoklatan yang cukup luas. Di tempat wisata di Sumatera Selatan ini cukup sering diadakan event seperti balap perahu tradisional. Jadi memang cukup mengundang banyak wisatawan untuk datang. Dan memang waktu yang tepat untuk menikmati panorama Sungai Lematang adalah ketika sore hari, selain tidak panas kamu juga bisa menikmati indahnya senja di Pantai Pasir Payuputat.

Taman Gunung Ibul

Bersih dan tertatasangat rapi, bahkan kolam cinta yang ada di dalam tamannya pun terlihat begitu bersih. Rindangnya pepohonan yang ada di dalam Taman Gunung Ibul ini menjadi spot terbaik untuk menikmati pesona taman buatan di Kota Prabumulih. Fasilitas seperti taman bermain ada juga tersedia di tempat wisata di Sumatera Selatan yang satu ini. Oleh karena itu Taman Gunung Ibul menjadi spot destinasidi Kota Prabumulih yang cukup banyak pengunjungnya. Untuk lokasinya sendiri berada di Kelurahan Gunung Ibul, dan masih berada di wilayah Kecamatan Prabumulih Timur.

Taman Kota Prabumulih

Dulunya taman kota ini adalah lapangan sepakbola lalu dilakukanlah perombakan besar-besaran oleh Pemerintaha Kota, dan jadilah Taman Kota Prabumulih. Tidak hanya Monumen Patung Kuda saja yang sangat identik dengan Kota Prabumulih tapi Taman Kota Prabumulih ini juga sangat ikonik. Dan setiap hari minggu tempat wisata di Sumatera Selatan ini menjadi kawasan Car Free Day. Jadi memang sangat ramai dikunjungi wisatawan baik warga lokal maupun yang datang dari luar Kota Prabumulih. Cukup banyak fasilitas di Taman Kota Prabumulih ini. Misalnya seperti jogging track, taman bermain anak, dan juga area kuliner yang siap menggoyang lidah kamu. Dan destinasi ini memang sangat wajib untuk dikunjungi ketika kamu berada di Kota Prabumulih.

Taman Wonosari

Meskipun tidak seluas Taman Kota Prabumulih, tapi dari sisi arsitektur taman sangat menarik untuk dinikmati. Dan memang sangat tepat jika dijadikan sebagai tempat wisata keluarga, karena cukup banyak fasilitas bermain terutama untuk anak-anak. Ketika hari mulai senja, sangat menyenangkan berada di Taman Wonosari, sembari menikmati senja di bawah gazebo yang memang disajikan bagi wisatawan yang datang. Untuk lokasinya sendiri terletak di Kelurahan Wonosari, yang berada di dalam wilayah Kecamatan Prabumulih Utara.

Artikel Terkait