215 Tempat Wisata di Riau Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi
Tempat wisata di Riau cukup beragam, bahkan menjadi salah satu penyumbang destinasi wisata terbaik di Indonesia. Dan salah satunya adalah destinasi wisata budaya yang memang semenjak dari dulu memiliki sejarah seperti Kerajaan-Kerajaan yang silih berganti dan meninggalkan berbagai benda peninggalan yang sangat ikonik dan sangat wajib untuk dikunjungi

Tempat Wisata di Riau sangatlah beragam, mulai dari wisata bahari, karena lokasi Provinsi Riau yang berada di Selat Malaka. Dan juga wisata alamnya juga tidak kalah memukai jika dibandingkan dengan provinsi lainnya yang ada di Sumatera. Belum lagi dengan wisata sejarah dan juga wisata budaya yang juga cukup menarik untuk kita ketahui. Provinsi yang memiliki sejarah panjang dan juga multi etnis ini sudah bisa dipastikan banyak sekali cagar budaya yang sangat menarik yang tersimpan di Provinsi Riau.

Ada 10 Kabupaten dan 2 Kota yang ada di Provinsi Riau dan hampir semuanya menyumbang destinasi wisata yang sangat menarik, unik, dan juga eksotis. Dan bahkan ada beberapa tempat wisata di Riau yang belum di eksplore dan masih banyak yang belum mengetahui karena lokasinya yang masih tersembunyi. Dan hanya beberapa traveler yang suka berpetualang saja yang mengetahui. Dan berikut ini akan kami berikan informasi tempat-tempat wisata menarik dari setiap Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Riau.


Tempat Wisata di Bengkalis

Salah satu tempat wisata di Riau yang cukup menarik bisa kamu temui di Kabupaten Bengkalis. Kabupaten yang terdiri dari beberapa pulau yang berada di wilayah timur Sumatera ini berhadapan langsung dengan Selat Malaka. Sudah pasti Kabupaten Bengkalis sangat kaya akan potensi wisata baharinya, tapi selain itu wisata alam dan budaya juga cukup menawan untuk kita nikmati. Dan berikut ini beberapa tempat wisata menarik yang ada di Kabupaten Bengkalis.

Balai Adat Melayu Bengkalis

Tempat wisata di Riau ini juga menjadi andalan Kabupaten Bengkalis, terutama untuk wisata edukatif. Wisatawan dapat mempelajari budayah dan juga sejarah melayu di Balai Adat Melayu Bengkalis. Arsitektur bangunannya sangat mencerminkan rumah adat Melayu Bengkalis, dan sangat terlihat pada ornamen maupun ukiran yang ada pada kayunya. Lokasi wisata Balai Adat Melayu Bengkalis ini berada di pusat Kota Bengkalis, tepatnya di Jl. Gatot Subroto.

Hutan Lindung Bukit Batu

Tempat wisata di Riau ini memang sangat unik, ekowisata yang digabungkan dengan konservasi hutan dan juga adventure. Hutan gambut yang berada di Kecamatan Bukit Batu ini memiliki air sungai yang cukup jernih dan juga dihuni cukup banyak ikan tawar. Banyak wisatawan yang datang memang untuk memancing ikan tawar. Kamu bisa mengitari hutan gambut dengan menyewa perahu motor miliki warga desa setempat.

Lapangan Tugu

Lokasinya yang berada di tengah Kota Bengkalis, membuat Lapangan Tugu ini semacam pusat peradaban masyarakat Bengkalis. Dan memang sangat cocok jika menjadi tempat wisata di Riau tepatnya di Bengkalis sebagai tempat nongkrong di malam hari. Ada di bagian pojok lapangan terdapat tugu mesin pengebor minyak. Dan ini adalah symbol dari Kabupaten Bengkalis, bahwa sumber daya alam yang paling besar yang dimiliki adalah minyak bumi.

Makam Datuk Laksamana Raja Dilaut

Tempat wisata di Riau ini termasuk wisata sejarah yang sering banget dikunjungi wisatawan. Bahkan wisatawan dari Malaysia dan juga Brunei Darussalam sering ziarah di Makam Datuk Laksamana Raja Dilaut. Silsilah dari Datuk Laksamana ini berasal dari Negeri Siak yang memiliki keturunan seperti Kesultanan Deli, dan Datuk Laksamana di Riau. Untuk lokasi Makam Datuk Laksamana Raja Dilaut ini berada di Bukit Batu.

Masjid Istiqomah

Satu lagi andalan destinasi wisata Kabupaten Bengkalis, khususnya wisata religi adalah Masjid Istiqomah. Gaya arsitektur masjid ini perpaduan antara Timur Tengah dengan Melayu, maka jadilah masjid yang sangat megah. Pada awalnya pembangunan Masjid Istiqomah ini sangatlah susah karena dibangun di atas tanah gambut yang cukup gembur.

Pantai Jangkang

Hamparan pasir putihnya begitu luas, semakin memanjakan para wisatawan yang mengunjungi Pantai Jangkang. Berbagai aktifitas bisa dilakukan wisatawan di hamparan pasir pantai seperti volley, bermain sepak bola, dan lain-lain. Eksotisme dari Pantai Jangkang sangat terlihat ketika hari mulai senja, semburat redup sinar matahari begitu memikat wisatawan untuk menikmatinya. Lokasi tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Desa Jangkang, yang hanya berjarak sekitar 25 km dari pusat Kota Bengkalis.

Pantai Rupat Utara

Inilah surga tersembunyi yang dimiliki oleh Kabupaten Bengkalis, tepatnya berada di Pulau Rupat bagian utara. Garis pantainya yang cukup panjang, pasirnya yang putih bersih, gradasi hijau ke biru air lautnya benar-benar memukai setiap wisatawan yang datang. Di tempat wisata di Riau ini kamu juga bisa menikmati berbagai macam kuliner seafood dengan harga yang cukup murah. Atau kamu bisa membelinya langsung dari nelayang dengan harga yang sangat murah pula.

Pantai Selat Baru

Salah satu obyek wisata andalan Kabupaten Bengkalis adalah Pantai Selat Baru. Pantai ini memang dikelola dengan sangat baik oleh pemerintah. Dan berbagai aspek juga diperhatikan untuk menarik minat para wisatawan. Dan salah satunya adalah seringnya diadakan event tradisional di Pantai Selat Baru. Salah satunya adalah lomba layang-layang, lomba sampan layar, dan lain-lain. Jadi sangat wajar memang jika tempat wisata di Riau, tepatnya di Desa Selat Baru, Kecamatan Bantan ini sering dikunjungi wisatawan.

Pantai Tenggayun

Meskipun pasir pantainya tidak berwarna putih tetap memiliki daya tarik tersendiri. Dan salah satunya adalah panorama sunrise yang begitu cantik bisa kamu nikmati ketika berada di Pantai Tenggayun. Tempat wisata di Riau ini memang sangat ramai ketika musim liburan dan saat pagi hari. Karena memang pesona sunrisenya sangat memuka. Dan biasanya wisatawan akan berwisata kuliner juga yang banyak dijumpai di area pantai. Lokasi Pantai Tenggayun berada di Desa Tenggayun, Kecamatan Bukit Batu.

Pantai Sepahat

Hampir sama pasir pantainya dengan Pantai Tenggayun yang berwarna coklat dan agak lengket mirip tanah liat. Tapi ketika air laut sedang surut maka mulai kelihatan eksotisnya tempat wisata di Riau ini. Instgramable banget yang pasti, karena keunikan pasir dan bebatuan koral yang ada di pinggir pantai, cukup menarik minat wisatawan untuk datang ke Pantai Sepahat. Untuk lokasinya sendiri berada di Desa Sepahat, Kecamatan Bukit Batu.

Pulau Beting Aceh

Lokasi pulau ini tidak begitu jauh dari Pulau Rupat Utara, dan bisa kamu tempuh hanya beberapa menit saja menggunakan perahu motor. Pulau Beting hanya memiliki luas sekitar 2 hektar saja, tapi eksotisme pulau benar-benar sangat terlihat. Hamparan pasir putihnya yang sangat luas dan juga ada pohon pinus yang cukup banyak yang berada di tengah pulau. Karena pesonanya yang berbeda itulah membuat tempat wisata di Riau ini menjadi difavoritkan para wisatawan.

Pulau Rupat

Salah satu andalan obyek wisata Kabupaten Bengkalis adalah Pulau Rupat. Keindahan akan panorama baharinya benar-benar memukai dan cukup banyak mendatangkan wisatawan asing ke Pulau Rupat. Eksotisme pantai yang ada di sekeliling pulau dan juga keindahan alam bawah lautnya menjadi sajian utama di Pulau Rupat. Tempat wisata di Riau ini bisa kamu jangkau dengan menggunakan perahu motor dari bengkalis dengan lama perjalanan sekitar 2 jam.

Sei Pakning

Sei yang berarti sungai ini memang cukup luas dan memang berdekatan dengan pantai dan juga laut. Salah satu yang sering dilakukan wisatawan ketika di Sei Pakning adalah memancing,serta menikmati panorama sungai dan juga pantai. Akan lebih bagus lagi ketika hari mulai senja, semburat sinar yang mulai surut terlihat begitu eksotis. Tempat wisata di Riau ini memang menjadi salah satu favorit wisatawan yang menyukai wisata bahari.

Taman Andam Dewi

Satu lagi destinasi wisata yang sangat menarik di Kabupaten Bengkalis adalah Taman Andam Dewi. Tempat wisata di Riau, tepatnya di Kota Bengkalis kamu bisa menikmati pantai ketika mulai senja lalu akan berlanjut dengan menikmati keindahan air mancur di Taman Andam Dewi. Taman ini memang tidak pernah sepi akan pengunjung mulai dari pagi hingga malam hari selalu saja ada wisatawan yang hanya sekedar bersantai di Taman Andam Dewi sembari menikmati hembusan angin pantai.

Taman Laut Prapat Tunggal

Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Desa Meskom yang hanya berjarak 10 km dari pusat Kota Bengkalis. Taman Laut Prapat Tunggal ini tidak hanya menyajikan keindahan pantainya saja, tetapi pesona hamparan pasirnya benar-benar sangat luat serta dihiasi pepohonan kelapa yang ada di pinggir pantai. Yang cukup menarik ketika di Taman Laut Prapat Tunggal adalah pesona senjanya benar-benar memukau, dan memberikan tampilan yang sangat berbeda.

Taman Pelatihan Gajah

Di Kecamatan Bukit Batu memang tidak hanya menyajikan ekowisata saja, tapi kamu juga bisa melihat secara langsung pelatihan gajah. Tempat wisata di Riau ini memang cukup bagus sebagai wisata keluarga, terutama bagi anak-anak yang bisa dijadikan sebagai wisata edukatif. Dan kita juga dapat berinteraksi secara langsung dengan gajah-gajah yang ada di Taman Pelatihan Gajah.

Tasik Nambus

Hampir sama seperti Tasik Putri Pepuyu, lokasinya yang sama-sama berada di tengah hutan lindung membuatnya tampil eksotis. Lokasinya yang berada di Pulau Tebing Tinggi, Desa Tanjung bisa kamu tempuh menggunakan kendaraan. Tempat wisata di Riau yang cukup menarik ini memang menjanjikan airnya yang jernih, udaranya yang sejuk, serta ikan yang melimpah. Jadi jika kamu memiliki hobi memancing, maka Tasik Nambus lah spot paling tepat.


Tasik Putri Pepuyu

Tempat wisata di Riau ini cukup menarik untuk dikunjungi karena keasriannya masih benar-benar terjaga dan memang belum begitu banyak wisatawan yang datang. Tasik Putri Pepuyu ini semacam danau yang berada di tengah hutan lindung yang masih sangat lebat. Aktifitas yang bisa dilakukan para wisatawan disini, bisa nge-camp atau berpetualang di tengah hutan lindung, atau bisa juga dengan memancing. Lokasi wisata Tasik Putri Pepuyu ini berada di Desa Tanjung Padang, dan kamu bisa menmempuh dengan perahu motor bisa dari pelabuhan Bandar Sri Laksamana Bengkalis.

Tempat Wisata di Indragiri Hilir

Kabupaten Indragiri Hilir memiliki sejarah yang cukup panjang sebelum masa kolonial Belanda. Cukup banyak peralihan kekuasaan ketika masih dalam kerajaan. Mulai dari Kerajaan Keritang, Kerajaan Kemuning, Kerajaan Batin Enam Suku hingga Kerajaan Indragiri. selain memiliki seajrah yang menarik, Kabupaten Indragiri Hilir juga memiliki tempat-tempat wisata menari, dan salah satunya adalah Pantai Solop yang juga menjadi andalan tempat wisata di Riau.

Air Terjun 86

Untuk mencapai lokasi wisata Air Terjun 86 ini memang mengharuskan kamu untuk berjalan kaki setidaknya selama 1 jam. Tapi tidak perlu khawatir, dalam perjalanan kamu akan disuguhi panorama alam nan indah. Sesampainya di Air Terjun 86 rasa lelah kamu sudah pasti hilang. Dengan ketinggian air kurang lebih 30 meter dengan debit air cukup besar semakin membuat tempat wisata di Riau ini semakin memukau. Lokasi Air Terjun 86 ini berada di Kecamatan Kemuning, tepatnya di Desa Keritang Hulu.

Air Terjun Tembulun Rusa

Salah satu tempat wisata di Ria yang sangat cocok buat para petualang adalah Air Terjun Tembulun Rusa. Tepatnya berada di Kecamatan Ampar, Desa Kemuning, yang mengharuskan kamu berjalan kaki melewati perbukitan selama 1 hingga 2 jam. Selama perjalanan kamu akan disuguhi panorama alam yang masih asri, begitu juga dengan Air Terjun Tembulun. Dengan kejernihan airnya yang terjun ke kolam se dalam 1,5 meter membuat wisatawan semakin betah menikmati keindahan alam sembari berendam.

Bukit Berbunga

Selama perjalanan kamu akan disuguhi panorama alam nan indah. Banyaknya pepohonan yang menjulang tinggi dan juga dua sungai yang airnya cukup jernih akan mengiri perjalanan kamu ke Bukit Berbunga. Bukit berbunga memiliki ketinggian sekitar 150 mdpl, udara yang cukup sejuk akan menyelimuti perbukitan yang dipenuhi bunga yang sangat cantik. Sangat wajar jika Bukjit Berbunga ini menjadi tempat wisata di Riau yang sering dikunjungi. Lokasi tepatnya berada di Kecamatan Keritang, Desa Batu Ampar.

Danau Taga Raja

Ada sedikit sejarah tentang Danau Taga Raja, yang dulunya dijadikan sebagai pemandian dan juga sebagai sumber air bersih untuk Kerajaan Kateman. Jadi sangat wajar, jika sekarang menjadi tempat wisata di Riau yang cukup cantik. Yang paling menarik adalah warna air danau yang nyaris berwarna biru layaknya Danau Toba. Cukup banyak wisatawan yang datang selain menikmati panorama danau yang indah dan juga memancing ikan tara yang cukup banyak di Danau Taga Raja. Lokasi Danau Taga Raja berda di Desa Guntung, Kecamatan Kateman.

Jembatan Teluk Mesjid

Bagi wisatawan luar Indragiri Hilir mungkin akan sangat terpukau dengan keindahan arsitektur Jembatan Teluk Mesjid. Apalagi ketika malam hari pantulan lampu dari air sungai memberikan efek cahaya yang sangat sempurna. Tak heran jika Jembatan Teluk Mesjid ini menjadi tempat wisata di Riau yang cukup menarik untuk dikunjungi. Lokasi Jembatan Teluk Mesjid ini berada di Kecamatan Tembilahan.

Makam Syekh Abdurrahaman Siddiq

Tempat wisata di Riau berikutnya adalah wisata religi, yakni Makam Syekh Abdurrahman Siddiq. Beliau ini adalah ulama besar yang pernah mengajar di Masjidil Haram, hingga akhirnya kembali ke tanah air. Cicit dari ulama besar Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari juga sebagai seorang pujangga dan sastrawan. Beliau diangkat oileh Sultan Mahmud Shah Raja Muda Kerajaan Indragiri sebagai Mufti. Dan kini banyak peziarah yang mengunjungi makan beliau yang berada di Kecamatan Kuala Indragiri, tepatnya di Kampung Hidayat Sapat.

Pacu Sampan Leper

Event yang biasanya diadakan hanya satu tahun sekali tepatnya 17 Agustus ini mengundang cukup banyak wisatawan. Pacu Sampan Lemper adalah perlombaan pacu sampan yang sudha menjadi tradisi, yang dilaksanakan di Kuala Getek Tembilahan. Dan perlombaan Pacu Sampan Leper ini menjadi wisata budaya yang sering ditunggu-tunggu masyarakat Indragiri Hilir karena sangat seru ketika perlombaan. Lokasi tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kelurahan Sungai Indragiri.

Pantai Solop

Inilah destinasi wisata andalan Kabupaten Indragiri Hilir dan menjadi salas satu tempat wisata di Riau yang cukup ramai dikunjungi wisatawan. Pesona pantai pasir putih yang berpadu dengan hutan bakau yang ada di pinggir pantai menjadi terlihat sangat menakjubkan. Yang semakin membuat Pantai Solop ini cantik adalah pepohonan yang ada di pinggir pantai dengan bunganya yang berwarna pink. Lokasi wisata Pantai Solop ini berada di Kecamatan Mandah, tepatnya di Desa Pulau Cawan.

Pulau Burung

Salah satu agrowisata yang cukup luas yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir dan kebanyak ditanami pohon kelapa. Dan memang pohon kelapa memang menjadi komoditas utama bagi masyarakat Indragiri Hilir. Kamu bisa menikmati keindahan alam dengan menggunakan perahu motor sembari menyusuri kanal Tambaksono. Selain itu kamu juga bisa memancing ikan air tawar yang cukup banyak di kanal Tambaksono dan salah satunya adalah Ikan Tomang. 

Tempat Wisata di Indragiri Hulu

Ketika pertama kali kamu menapakkan kaki di Indragiri Hulu mungkin kamu akan terpesona dengan kebersihan pusat kotanya, yakni di Rengat. Inilah kota terbersih yang ada di Provinsi Riau, dan yang lebih spektakulernya lagi di Ibu Kota Rengat tingkat kemiskinannya sangat rendah, yakni hanya 2% saja. Sudah bisa dipastikan Indragiri Hulu sangat fokus terhadap potensi wisata yang ada. Bisa jadi ke depannya obyek wisata di Inhu menjadi tempat wisata di Riau yang sangat wajib untuk dikunjungi.

Air Terjun Kembar Denalo

Tempat wisata di Riau ini memiliki keindahan alam yang masih sangat asri seperti pepohonan yang begitu lebat yang mengelilingi Air Terjun Kembar Denalo. Air terjun ini memang sangat terkenal dengan air terjun kembarnya. Dengan ketinggia sekitar 20 meter dan memiliki kolam yang cukup lebar membuat banyak wisatawan yang datang berdecak kagum. Tapi wisatawan memang harus hati-hati karena kolamnya memiliki kedalaman sekitar 10 meter. Lokasi wisata Air Terjun Kembar Denalo ini berada di Kecamatan Batang Cenaku, tepatnya di Desa Alim.

Air Terjun Granit

Destinasi wisata ini cukup menarik yang ada di Taman Nasional Bukit Tiga Puluh. Jadi adnya Air Terjun Granit akan semakin melengkapi obyek wisata di TNBTP. Meskipun air terjun ini dikarenakan dampak dari penambangan batu granit, tapi tetap saja tetap indah. Bahkan kamu bisa memanjat hinggi beberapa tingkat sembari menikmati segarnya air terjun. Lokasi tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Batang Gansal, dan di Desa Talang Langkat.

Citra Waterpark Sei Lalak

Salah satu andalan tempat wisata di Riau, khususnya Kabupaten Indragiri Huluadalah Citra Waterpark Sei Lalak. Bahkan banyak warga lokal menyebutnya dengan Ancol Mini. Segala fasilitas benar-benar tersedia di obyek wisata ini. Mulai dari permainan anak-anak, wahana air, tempat istirahat, maupun peribadahan juga di sediakan di dalam Citra Waterpark Sei Lalak. Destinasi wisata andalan Indragiri Hulu ini memang sangat terawatt dan bahkan ke depannya nanti akan semakin lengkap layaknya Ancol di Jakarta.

Danau Arang

Meskipun Danau Arang ini terbentuk bukan karena roses alam, tapi kubangan besar bekas pertambangan. Tapi uniknya adlaha warna air danau yang kebiruan yang membuatnya semakin terlihat eksotis. Dan tak jarang banyak anak muda yang mengunjungi tempat wisata di Riau tepatnya berada di Kecamatan Seberida, dan di Desa Sei Arang sebagai spot selfie terbaik. Dan untuk aksesnya juga sangat mudah, bahkan mobil pun juga bisa masuk ke area Danau Arang.

Danau Menduyan

Memang masih belum dikelola secara maksimal jadi masih terlihat sangat alami. Banyak warga memanfaatkan Danau Menduyan sebagai tempat untuk berwisata keluarga. Seperti aktifitas memancing atau hanya sekedar bersantai di pinggir danau menikmati semilir angin. Lokasi tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Koto Lama, Kecamatan Rengat.

Danau Raja

Berbeda dengan Danau Menduyan, tempat wisata di Riau yang satu ini memang dikelola dengan sangat baik. Danau Raja, konon katanya dulu sebagai tempat pemandian Kerjaaan Indragiri. Jadi tidak heran hingga kini danau ini memiliki air yang cukup bersih kadang terlihat hijau menyejukkan. Didukung dengan kebersihan sekitar danau menjadikannya destinasi wisata yang sangat menarik yang berada di Kampung Dagang, Kecamatan Rengat.

Kompleks Makam Raja-Raja Indragiri

Hampir sama dengan Makam Raja yang ada di Imogiri, Jogja. Kompleks Makam Raja-raja Indragiri ini juga menjadi destinasi wisata sejarah di Indragiri Hulu. Setidaknya kita bisa belajar sejarah akan Kerajaan Indragiri yang pernah berjaya. Di kompleks makam tersebut juga ada makam Raja Narasinga II dan juga putranya Sultan Usuluddin. Dan lokasi tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Desa Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat.

Masjid Raya Peranap

Tempat wisata di Riau berikut ini cukup unik, Masjid Raya Peranap namanya. Masjid ini dirancang oleh oran Tinghoa yang telah memeluk agama Islam. Makanya tidak heran jika design dari Masjid perpaduan antara budaya Cina dengan Melayu. Masjid Raya Peranap ini dibangun pada tahun 1883 dan hingga kini belum ada yang diganti dan masih berdiri kokoh. Dan uniknya lagi di lantai dua ada Gong Tua yang sedikit berbau mistis, konon katanya jika mau ada bencana Gong Tua ini berbunyi sendiri sebagai tanda akan terjadi bencana.

Rumah Tinggi (Balai Adat Melayu)

Salah satu cagar budaya yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu ini adalah peninggalan dari Kerajaan Indragiri. Dan hingga kini masih bersidiri sangat kokoh dengan arsitektur khas Melayu dengan atap yang berbentuk limas, dengan tiang panggung. Tempat wisata di Riau ini menyimpan cukup banyak benda-benda peninggalan Kerajaan Indragiri, misalnya seperti photo hitam-puth, berbagai senjata dan juga meriam. Lokasi wisata cagar budaya ini berada di Kecamatan Rengat, tepatnya di Kampung Bersar.

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Tempat wisata di Riau ini benar-benar menjadi andalan Kabupaten Indragiri Hulu. Kamu tidak hanya sekedar menikmati perbukitan dengan hamparan pohon nan hijau saja. Tapi yang paling menakjubkan adalah perjalanan yang melewati sungai. Kamu akan disuguhi panorama hutan yang benar-benar asri, dengan sungai yang bersih dengan dihiasi bebatuan besar di pinggir. Lokasi wisata Tamanan Nasional Bukit Tiga Puluh ini berada di Kecamatan Rengat Barat, tepatnya di Desa Rantau.

Tugu 5 Januari

Lokasi tempat wisata di Riau yang satu ini tepat berada di depan rumah dinas Bupati Inhu. Tugu 5 Januari ini dibangun untuk memperingati warga Indragiri Hulu yang tewas karena kekejaman kolonial Belanda pada 5 Januari 1949. Dan kalau kamu mengunjungi Kota rengat sebaiknya tepat pada tangga 5 Januari karena akan diadakan beberapa acara di Tugu 5 Januari untuk engenang para pejuang yang tewas kala itu.

Tempat Wisata di Kampar

Lokasi Kabupaten ini yang berbatasan secara langsung dengan Provinsi Sumatera Barat memungkinkan kebudayaannya sangat terpengaruh dengan Minangkabau. Kabupaten Kampar juga menjadi salah satu penyumbang tempat wisata di Riau yang cukup menarik. Dan yang cukup terkenal adalah Candi Muara Takus. Salah satu cagar budaya dari peninggalan Sriwijaya, tapi juga masih banyak destinasi wisata lainnya yang juga sangat menarik untuk dikunjungi.

Air Terjun Alahan

Eksotisme Air Terjun Alahan benar-benar mampu memukau para wisatawan yang datang. Keragaman hayati yang ada di lokasi air terjun membuat mata wisatawan semakin berbinar. Air Terjun Alahan yang berada di hulu Sungai Kampar wajib dikunjungi, selain airnya yang segar air terjun ini bisa di panjat dengan bantuan tali. Tetapi ketika airnya tidak terlalu deras, dan kamu bisa mencobanya. Lokasi tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan XIII Koto Kampar.

Air Terjun Batang Kapas

Inilah salah satu tempat wisata di Riau yang menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Kampar. Air Terjun Batang Kapas ini memiki keindahan yang sangat memukai. Dengan ketinggian 150 meter dan juga kolam di bawahnya dan sungainya yang eksotis mampu memikat wisatawan untuk berkunjung. Meskipun lokasinya juga agak lumayan dan harus berjalan kaki dari desa terdekat tapi tetap tidak akan menyurutkan niat wisatawan untuk melihat air terjun terindah ini. Bahkan wisatawan juga bisa menaiki bukit tepat di atas Air Terjun Batang Kapas. Untuk lokasi Air Terjun Batang Kapas ini berada di Desa Lubuk Bigau, Kampar Kiri Hulu.

Air Terjun Batu Dinding

Lokasi Air Terjun Batu Dinding ini berada di Desa Tanjung Belit, Kecamatan Kampar Kiri yang juga berada di dekat lokasi Desa WIsata Batu Dinding. Tergolong cukup jauh dari desa terdekat, kamu harus berjalan selama 30 menitan untuk sampai di Air Terjun Batu Dinding. Tapi pesona alamnya benar-benar memukau, banyaknya pepohonan besar yang dibalut udara nan sejuk akan mengiringi kamu. Sesampainya di air terjun kamu akan terpukau dengan kejernihan airnya dan kolamnya yang sangat lebar, akan memanjakan hari libur kamu. Tak heran jika Air Terjun Batu Dinding menjadi salah satu tempat wisata di Riau yang masih terjaga keasriannya.

Air Terjun Merangin

Keasrian Air Terjun Merangin sangat terlihat, mulai dari pepohonan yang ada di pinggirnya yang begitu rindang dengan kolamnya yang lumayan lebar benar-benar memanjakan wisatawan. Kamu bisa bersanatai di pinggir air terjun sembari menikmati ketenangan dan jauh dari kebisingan kota. Kamu juga bisa nge-camp di area Air Terjun Merangin agar bisa lebh menyatu denganalam. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Bangkinang Barat di Desa Merangin.

Air Terjun Panisan

Untuk menuju lokasi wisata Air Terjun Panisan memang harus menggunakan perahu melewati Sungai Kampar setidaknya 8 km. Tapi selama perjalanan kamu akan disuguhi panorama perbukitan dan hutan yang hijau dan masih asri. Sesampainya di Air Terjun Panisan kamu akan terpukau oleh keindahan air terjun yang masih sangat alamai. Dengan banyaknya pepohonan yang menjulang tinggi semakin menakbah eksotisme Air Terjun Panisan. Belum lagi kejernihan airnya dan juga kolam di bawah air terjun yang mengundang wisatawan untuk berenang. Lokasi tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan XII Koto Kampar, di Desa Tanjung.

Air Terjun Pulo Simo

Akses untuk menuju lokasi tempat wisata di Riau, tepatnya di Kecamatan XII Koto Kampar, Desa Tanjung Alai ini sangatlah mudah. Dan kamu tidak perlu jalan jauh berkilo-kilometer untuk mencapai lokasi Air Terjun Pulo Simo. Keindahan akan panorama air terjun ini sangatlah indah dan juga masih asri. Air Terjun Pulo Simo memiliki air yang sangat jernih, dengan ketinggian 12 meter dan adanya kolam yang lebar sedalam 5 meter akan membuat para wisatawan yang datang semakin dimanjakan.

Air Terjun Sungai Osang

Tempat wisata di Riau ini menjadi salah satu favorit para wisatawan, karena lokasinya mudah diakses dan juga terdapat pemandian air panas di dekat Air Terjun Sungai Osang. Lokasi tepatnya berada di Kecamatan XII Koto Kampar dan di Desa Koto Tuo. Meski air terjunnya tidak terlalu tinggi, tapi kolamnya yang besar serta berpasir agak putih inilah yang mampu memikat wisatawan untuk datang. Kamu bisa bersantai di pinggir kolam dibawah rindangnya pepohonan atau hanya sekedar berendam di bawang Air Terjun Sungai Osang.

Bumi Perkemahan Desa Gema

Jika kamu ingin menikmati alam pedesan yang sangat indah maka datanglah di Desa Gema, Kecamatan Kampar Kiri yang juga berdekatan dengan Desa Wisata Batu Dinding. Panorama alamnya begitu memuka, hamparan rerumputan nan hijau di samping hutan yang rindang dan sungai yang jernih menjadi sajian utama yang tak terlupakan. Sangat wajar jika Bumi Perkemahan Desa Gema ini menjadi tempat wisata di Riau yang mampu mendatangkan banyak wisatawan. Selain itu lokasinya juga berdekatan dengan Air Terjun Batu Dinding yang masih terjaga keasriannya.

Bukit Cadika

Spot terbaik untuk menikmati udara segar dengan panorama alam dan juga panorama akan indahnya Kota Bangkinang. Itulah Bukit Cadika sebagai tempat wisata di Riau yang cukup sering dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan sejuknya udara perbukitan. Bukit Cadika ini cukup cocok dan nyaman untuk liburan keluarga. Apalagi lokasinya yang berada di tengah Kota Bangkinang, menjadikan Bukit Cadika ini seperti ikon Kabupaten Kampar.

Bukit Naang

Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Bangkinan, Kelurahan Pasir Sialang telah menjadi wisata andalan Kabupaten Kampar. Hampir semua wahana bermain tersedia di Bukit Naang. Seperti flyng fox, waterboom, jembatan gantung, danau buatan dan masih banyak lagi. Destinasi wisata yang benar-benar cocok buat keluarga karena hampir segala fasilitas tersedia di Bukit Naang.

Candi Muara Takus

Tidak hanya Jogja dan Magelang saja yang memiliki Candi, tapi di Kabupaten Kampar pun juga memiliki Candi Budha. Candi Muara Takus menjadi andalan tempat wisata di Riau khususnya Kabupaten Kampar. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad 7 hingga abad 11 pada masa kejayaan Sriwijaya. Obyek wisata yang sudah ditetap sebagai warisan dunia oleh UNESCO ini hampir tidak pernah sepi pengunjung ketika hari libur. Lokasinya yang berada di Kecamatan XII Koto Kampar, Desa Muara Takus cukup mudah untuk mendatanginya.

Danau Bokuok

Ada keunikan di Danau Bokuok ini, selain danau ini dilindungi oleh hukum adat yang tidak memperbolehkan mengambil ikan sebelum musim Mauwoo. Mauwoo itu sebuah tradisi menangkap ikan yang hanya dilakukan menjelang  bulan Ramadhan dan juga pada HUT Kemerdekaan. Jadi selain hari-hari tersebut warga maupun wisatawan dilarang mengambil ikan dan hanya boleh menikmati keindahan alamnya saja. Tapi ketika sudah musim Mauwoo maka saatnya memanen ikan seperti ikan patin, baung, dan lain-lain. Tak heran juga akhirnya Danau Bokuok menjadi tempat wisata di Riau yang sangat menarik akan tradisi seperti Mauwoo. Lokasinya berada di Kecamatan Tambang, Desa Aur Sakti.

Danau PLTA Koto Panjang

Meskipun danau ini bukan danau alami melainkan danau buatan yang berfungsi sebagai PLTA tapi keindahannya benar-benar mengagumkan. Cukup banyak wisatawan berdatangan yang ingin menikmati keindahan danau berhias perbukitan nan hijau dengan berkeliling menggunakan perahu. Banyak juga wisatawan yang nge-camp di sekitaran danau sembari menikmati panorama danau. Selain itu wisatawan juga bisa menajajal flying fox yang ada di perbukitan. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan XIII Koto Kampar, dan di Desa Tanjung Alai.

Danau Tanjung Putus

Destinasi wisata yang menjanjikan sebuah ketenangan, karena lokasinya berada di tengah-tengah hutan, tepatnya berada di Hutan Wisata Buluhcina. Untuk mencapi ke lokasi kamu bisa menggunakan perahu motor menuju Desa Tanjung Putus. Selain itu setelah samapi di desa tersebut kamu akan disuguhi keindahan hutan yang masih sangat asri serta Danau Tanjung Putus yang begitu tenang dan kamu bisa lebih bersatu dengan alam. Tempat wisata di Riau tepatnya di Kecamatan Siak Hulu ini memang belum begitu banyak wisatawan yang tahu, jadi keasrian danau masih benar-benar terjaga.

Hutan Wisata Rimbo Terantang

Kawasan Hutan Wisata Rimbo Terantang memiliki cukup banyak flora begitu juga dengan fauna yang menghuni hutan lindung di Desa Padang Lawas ini. Hutan WIsata RImbo Terantang memang menjadi tempat wisata di Riau yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu akan merasa lebih dekat dengan alam menikmati keheningan hutan dengan menyusuri sungai yang di dalam hutan akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Kawah Putih

Tempat wisata di Riau ini tergolong sangat cantik, hampir sama dengan obyek wisata di Bandung, yakni kawah putih. Namun Kawah Putih yang ada di Kecamatan Siak Hulu, tepatnya Desa Tanah Merah ini awalnya bekas galian pasir. Pasirnya yang berwarna putih dan juga genangan airnya yang berwarna biru kehijauan ini menjadi pemandangan yang cukup cantik. Dan yang pasti instagramable dan selfieable banget.

Kebun Binatang Kasang Kulim

Tempat wisata di Riau ini termasuk obyek wisata andalan Kabupaten Kampar yang mampu mendatangkan banyak wisatawan. Kebung Binatang Kasang Kulim memiliki cukup banyak satwa, seperti kucing hutan, rusa, beruang madu, burung pelican, dan juga gajah. Kamu juga bisa menikmati segarnya air kolam renang yang ada di dalam Kebun Binatang Kasang Kulim. Memang destinasi wisata ini sangat cocok untuk wisata keluarga. Dan juga lokasinya cukup dekat dari pusat Kota Pekanbaru dan ada di perbatasan dengan Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

Lubuk Torok

Jika kamu sangat menyukai petualangan maka tempat wisata di Riau ini benar-benar cocok buat kamu, Lubuk Torok namanya. Lokasinya berada di Kecamatan Salo, tepatnya di Desa Siabu, Dusun Pinaso. Untuk mencapai lokasi Lubuk Torok mengharuskan kamu untuk berjalan kaki selama 2 jam dengan membelah hutan yang masih asri. Lubuk Torok memiliki air yang sangat jernih dengan bebatuan besar yang ada di kanan kiri sungai, yang membuatnya semakin eksotis. Cukup banyak wisatawan yang datang nge-camp di areal Lubuk Torok atau di pendopo yang sudah disediakan oleh masyarakat desa setempat.

Makam Syekh Burhanuddin

Beliau ini adalah penyiar aga Islam yang berasal dari Mekkah yang diperkirakan pada abad ke XVI menyebarkan agama Islam di Kampar dan sekitarnya. Syekh Burhanuddin lahir di Mekkah pada tahun 1111 dan diutus oleh Kerajaan Fatimiyah dari Mesir untuk menyebarkan aga Islam. Dan beliau wafat pada tahun 1191 dan dimakamkan di Desa Kuntu, Kecamatan Kampar Kiri. Kini Makam Syekh Burhanuddin menjadi salah satu tempat wisata di Riau dan menjadi cagar budaya yang cukup sering dikunjungi peziarah.

Masjid Jami’ Air Tiris

Tempat wisat di Riau ini menjadi salah satu masjid tertua di Indonesia dan paling tua yang ada di Kabupaten Kampar. Masjid Jami’i Air Tiris ini dibangun pada tahun 1904 oleh ulama Engku Mudo Songkal. Arsitektur dari Masjid Jami’ Air Tiris ini sangat mengagumkan. Karenaka memadukan dua budaya, yakni Melayu dan Cina. Ada hal unik mengenai Masjid Jami’ Air Tiris ini, yakni adanya batu besar yang mirip dengan kepala kerbau yang bisa berpindah sendiri tanpa ada seorang pun yang memindahkannya. Batu tersebut berada di depan depan masjid pada pintu masuk masjid.  Lokasi Masjid Jami’ Air Tiris ini berada di Kecamatan Air Tiris, Desa Tanjung Berulak.

Museum Kandil Kemilau Emas

Arsitektur dari Museum Kandil Kemilau Emas ini mengambil Rumah Adat Lima Koto Kampar dan memang terlihat sangat artistik. Rumah yang dibangun pada tahun 1900 ini ddulunya milik seorang Haji Hamid yang kini difungsikan menjadi museum dan tempat wisata di Riau. Di Museum Kandil Kemilau Emas ini banyak menyimpan barang peninggalan seperti alat kesenian, alat pertanian, dan juga literature budaya Kampar. Lokasi Museum Kandil Kemilau Emas ini berada di Kecamatan Bangkinang, Pulau Belimbing.

Pemandian Alam Petapahan

Yang sangat istimewa dari tempat wisata di Riau ini tepatnya berada Desa Petapahan , Kampar adalah airnya yang berasal dari sumber mata air. Jadi untuk urusan bersih dan jernihnya air sudah tidak diragukan lagi, sudah pasti sangat bersih dan bahkan sangat segar. Di dukung dengan adanya fasilitas yang cukup, membuat Pemandian Alam Petapahan ini sering dibanjiri wisatawan. Apalagi ketika musim liburan akan semakin ramai menikmati segarnya air alami dan juga panorama di sekeliling pemandian.

Pemandian Sungai Hijau

Salah satu andalan tempat wisata di Riau khususnya di Kabupaten Kampar adalah Pemandian Sungai Hijau. Yang paling unik adalah airnya berwarna hijau dikarena banyaknya ganggang dan juga lumut yang ada di dasar sungai yang akhirnya membuat air sungai berwarna hijau. Obyek wisata ini begitu ramai dikunjungi wisatawan ketika hari libur telah tiba. Dan menjadi salah satu destinasi wisata keluarga terbaik yang berada di Kecamatan Salo, tepatnya di Desa Salo.

Puncak Pukatan

Lokasinya masih berada di kawasan PLTA Koto Panjang dengan panorama Danau PLTA dan juga perbukitan nan hijau menjadi sajian utama Puncak Pukatan. Tempat wisata di Riau ini juga memfasilitasi wahana bermain seperti ayunan ataupun flying fox buat wisatawan ynag ingin memacu adrenalin. Cukup banyak wisatawan yang mencoba ayunan di keitnggian, seakan-akan berada di atas awan. Lokasi wisata Puncak Pukatan ini berada di Desa Tanjung Alai, XII Koto Kampar.

Riau Fantasi

Siapa yang tidak tahu dengan destinasi wisata Riau Fantasi, hampir semua masyarakat Provinsi Riau pasti tahu. Masyarakat Kampar mengenalnya dengan sebutan Labersa Water Park dan Theme  Park. Riau Fantasi ini dibagi dua, yang satu wahana bermain air atau basah dan Theme Park untuk area bermain kering, misalnya seperti flying fox, bumper car, dan lain-lain. Tempat wisata di Riau ini memang menjadi andalan Kabupaten Kampar, tepatnya berada di Jalan Labersa, Parit Indah Kampar.

Rumah Lontiok

Inilah rumah adat asli yang masih ada di Desa Sipungguk memiliki arsitektur Melayu dan perpaduan budaya Islam. Rumah Lontiok ini diperkirakan sudah melebihi ratusan tahun dan menjadi cagar budaya dan juga tempat wisata di Riau yang sangat menarik. Setidaknya wisatawan akan lebih mengenal rumah adat asli Kabupaten Kampar yang memiliki ciri khas rumah panggung. Dan juga memiliki design atap yang melengkung atau lentik maka dinamakan Lontiok.

Taman Rekreasi Stanum

Meskipun cukup banyak tempat wisata di Riau tepatnya di Kabupaten Kampar, tapi tetap saja Taman Rekreasi Stanum ramai pengunjung ketika hari libur. Hal ini karena lokasinya yang berada di tengah Kota Bangkinang, dan juga fasilitas yang ada di dalamnya cukup lengkap. Seperti adanya kolam renang dengan standar internasional, dan jug ataman yang sangat hijau serta panoramanya yang diselimuti udara yang sejuk.

Tugu Khatulistiwa

Kabupaten Kampar menjadi salah satu Kota yang dilewati garis khatulistiwa selain Kabupaten Pelalawan. Agak sedikit disayangkan, TUgu Khatulistiwa ini agak tidak begitu terawat dan banyak ditumbuhi semak-semak di sekelilingnya. Padahal Tugu Khatulistiwa ini bisa menjadi tempat wisata di Riau yang cukup menarik yang ada di Desa Lipat Kain, Kampar. Setidaknya bagi wisatawan yang dari luar Kabupaten Kampar, bisa menjadi spot terbaik buat selfie.

Tempat Wisata di Kepulauan Meranti

Kabupaten termuda di Provinsi Riau ini gabungan beberapa pulau-pulau sehingga membentuk sebuah Kabupaten Kepulauan Meranti. Bisa dipastikan Kepulauan Meranti menyimpan destinasi wisata bahari yang cukup menarik untuk dikunjungi. Dan tidak hern juga jika akhirnya Kepulauan Meranti menjadi penyumbang tempat wisata di Riau yang mengundang wisatawan cukup banyak tiap tahunnya. Dan berikut ini beberap tempat wisata di Kepulauan Meranti yang bisa membuat para wisatawan terpukau melihatnya.

Danau Pulau Padang

Eksotisme Danau Pulau Padang ini benar-benar bisa membius wisatawan dengan keindahan panoramanya. Danau yang berada di tengah-tengah hutan gambut ini cukup menyedot perhatian para wisatawan. Tempat wisata di Riau ini memang sudah menjadi ecotourism karena keragaman hayati yang ada di Pulau Padang. Kamu bisa menikmati keindahan danau dan panorama hutan gambut dengan menggunakan perahu. Bahkan ikan yang ada di dalam danau ini cukup besar-besar, bisa menjadi spot memancing yang sangat baik.

Desa Bokor

Desa ini sangat terkenal akan duriannya, dan bahkan ada pohon durian yang umurnya sudah ratusan tahun. Tidak hanya durian saja, tapi berbagai macam buah tersedia di Desa Bokor, seperti rambutan, manggis, buah naga, sunkis, dan lain-lain. Selain kamu bisa menikmati buah-buahan yang segar kamu juga bisa menikmati panorama hutan bakau. Kamu bisa mengelilingi hutan bakau dengan menggunakan perahu nelayan, cukup eksotis ketika berada di tengah-tengah hutan bakau. Tempat wisata di Riau ini memang mengundang banyak wisatawan yang wilayahnya masuk masuk di Kecamatan Rangsang Barat.

Klenteng Hoo Ann Kiong

Inilah cagar budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Kepulauan Meranti yang cukup menyedot perhatian wisatawan. Diperkirakan Klenteng Hoo Ann Kiong ini dibangun sekitar tahun 1868 pada saat kolonial Belanda. Tempat wisata di Riau ini pada awalnya dibangun hanya seperti gubuk biasa dan akhirnya menjadi Kelnteng Hoo Ann Kiong yang kini menjadi destinasi wisata budaya yang sangat menarik di pusat Kota Selatpanjang, tepatnya di Jalan Jenderal Ahmad Yani.

Kolam Telaga Bening

Tempat wisata di Riau berikut ini berada di pusat Kota Selatpanjang jad terkadang begitu ramai dikunjungi warga lokal yag ingin beristirahat. Lokasinya yang berada di pusat kota menjadi tempat yang benar-benar bisa menenangkan. Kamu bisa bersantai di pinggir kolam yang telah difasilitasi oleh pemerintah, dan menikmati riak air kolam.

Pantai Beting Beras

Salah satu destinasi andalan yang dimiliki oleh Kabupaten Kepulauan Meranti. Pasir putihnya dan birunya air laut benar-benar memukau wisatawan yang datang. Dan yang cukup menarik adalah ketika airnya surut hamparan pasir putihnya menjadi semakin luas dan banyak wisatawan yang melakukan berbagai aktifitas, seperti bermain bola dan lain-lain. Tempat wisata di Riau ini pada hari-hari tertentu sering diadakan Festival Jung Titis atau lomba kapal layar.

Pantai Ceria

Mungkin bisa dikatakan sebagai pantainya para nelayan, karena di Pantai Ceria ini cukup banyak perahu nelayan yang bersandar. Tapi tetap memiliki pesona layaknya pantai-pantai cantik lainnya. Kamu bisa menikmati sunrise yang cukup memukau di Pantai Ceria. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Pulau Merbau.

Pantai Motong

Meskipun pantai ini terkena abrasi yang cukup parah, tapi tetap bisa menjadi tempat wisata yang cukup menarik. Kamu bisa menikmati hembusan angin di kala senja smebari menikmati redupnya sang matahari dan kamu juga bisa bermain air atau pasir pantai. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berapa di Kecamatan Rangsang Barat, Desa Permai.

Pantai Rangsang

Sesuai dengan namanya Pantai Rangsang, benar-benar mampu merangsang para wisatawan untuk datang. Sajian pasir putih dan panorama keindahan pantainya mampu memikat hati para wisatawan. Meskipun tempat wisata di Riau ini terkena abrasi yang lumayan parah tapi ada sebagian pantainya yang masih memiliki pesona indahanya. Wisatawan akan dimanjakan dengan apsirnya yang putih bersih dan juga birunya air laut yang mengundang untuk diceburi. Lokasi Pantai Rangsang ini berada di Desa Tanjung Kelabu yang tidak begitu terkena dampak abrasi.

Pulau Dedap

Ada sebuah cerita legenda yang hampir mirip dengan cerita Malin Kundang yang dikutuk ibunya menjadi batu. Dan kali ini Si Dedap yang druhaka sama ibunya disumpahi oleh ibunya dan akhirnya menjadi Pulau Dedap. Yang cukup unik yang ada di Pulau Dedap ini adalah adanya pohon manga yang memiliki dua batang yang satunya ke arah laut dan satunya ke darat. Dan kedua batang tersebut memiliki rasa yang berbeda, yang ke arah laut rasanya sangat asam dan yang di darat rasanya sangat manis. Dan ini menjadi sebuah gambaran dari cerita tersebut. Tempat wista di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Putri Puyu, Desa Dedap.

Taman Cik Puan

Inilah tempat yang memiliki sejarah kuat bagi Kabupaten Kepulauan Meranti. Di Taman Cik Puan inilah proses pemekaran Kabupaten Kepulauan Meranti dari Kabupaten Bengkalis melibatkan banyak masa yang ada di Taman Cik Puan. Lokasinya yang berdekatan dengan Kolam Telaga Bening menjadi tempat wisata di Riau yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah sejarah proses pemekaran Kabupaten Kepulauan Meranti.

Tasik Air Putih

Dari total 11 tasik yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti, Tasik Air Putih yang paling lebar di antara tasik yang lainnya. Tak hanya itu pesona alamnya yang mempesona semakin mengundang decak kagum wisatawan yang datang. Tasik Air Putih ini dikelola dengan cukup baik dengan dibangunnya jalan kayu yang ada di pinggir tasik semakin memudahkan wisatawan untuk menikmati panorama alam yang indah. Sangat wajar jika Tasir Air Putih menjadi tempat wisata di Riau ynag cukup terkenal, tepatnya di Kecamatan Rangsang.

Tasik Nambus

Meskipun tidak seluas Tasik Air Putih, Tasik Nambus juga memiliki pesona alam yang tidak kalah catiknya. Airnya yang cukup jernih menjadi tujuan utama wisatawan selain menikmati keindahan panorama hutan. Kamu bisa mengelilingi Tasik Nambus dengan menggunakan perahu sembari memancing akan membuat hari libur kamu di Tasik Nambus semakin istimewa. Lokasi tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Tebingtinggi Barat.

Wisata Mangrove (Pantai Impian)

Tidak semua eksotisme pantai itu dilihat dari hamparan pasir dan juga birunya air lautnya saja. Nah untuk tempat wisata di Riau, tepatnya di Desa Anak Setatah, Rangsang Barat ini justru menikmati pantai dengan menyusuri hutan mangrove. Begitu lebatnya hutan mangrove memberikan pesona keindahan yang memukau. Bahkan tak jarang wisatawan juga memancing di areal hutan mangrove yang ada di Desa Anak Setatah.

Tempat wisata di Kuantan Singingi (Kuansing)

Kabupaten Kuantan Singingi atau lebih dikenal dengan Kuansing ini sebagai daerah perantauan orang-orang Minangkabau. Jadi adat istiadatnya sangat kental layaknya budaya Minangkabau. Di sisi lainnya Kuansing menyimpan banyak destinasi wisata yang belum dieksplore lebih lanjut. Dan berikut ini beberapa tempat wisata di Riau, tepatnya di Kabupaten Kuantan Singingi yang sangat layak untuk dikunjungi.

Air Panas Sungai Pinang

Kolam Air Panas Sungai Pinang ini sebenarnya sudah ada sejak dulu, namun sangat disayangkan kurangnya perawatan menjadikan obyek wisata ini sepi. Jika dikelola lebih baik akan sangat memungkinkan menjadi tempat wisata di Riau yang cukup menarik. Karena lokasinya pemandian yang memiliki panorama masih asri akan semakin membuat betah para wisatawan untuk berendam. Lokasi wisata Air Panas Sungai Pinang ini berada di Kecamatan Kuantan Mudik.

Air Terjun Anak Sungai Kandi

Lokasi tempat wisata di Riau ini berada di tengah-tengah hutan, sangat cocok bagi suka berpetualang. Dengan berjalan kaki kamu akan disuguhi hutan yang cukup lebat yang membutuhkan setidaknya 1 jam perjalanan. Sesampainya di Air Terjun Anak Sungai Kandi rasa lelah akan benar-benar hilang, suguhan 2 air terjun dengan airnya yang jernih mengundang kamu untuk segera berendam. Air terjun yang bawah tidak begitu tinggi, dan yang satunya hampir 30 meter tingginya. Dan lokasi Air Terjun Anak Sungai Kandi ini memang sangat cocok buat nge-camp. Tempat wisata Air Terjun Sungai Kandi ini berada di Kecamatan Kuantan Mudik, tepatnya Desa Sungai Kelelawar.

Air Terjun Anak Sako

Perjalanan kamu akan sangat menyenangkan, kamu harus melewati hutan dengan pepohonan yang menjulang tinggi. Tapi tidak perlu khawatir karena treknya tidak begitu sulit untuk dilalui dan juga hanya beberapa menit saja sudah sampai. Keindahan dari Air Terjun Anak Sako adalah airnya yang berwarna hijau dengan kolamnya yang begitu besar akan memanjakan kamu untuk berenang atau berendam. Dihiasi pepohonan yang sangat lebat semakin membuat Air Terjun Anak Sako semakin adem. Tempat wisata di Riau ini berada di Kecamatan Hulu Kuantan, tepatnya di Desa Sungai Kelelawar.

Air Terjun Batang Ogan

Destinasi wisata yang satu ini benar-benar memukau hanya rasa gembira dan kagum saja yang akan kamu rasakan. Meskipun aksesnya bisa dibilang cukup sulit harus melewati perkebunan sawit, sungai dan juga lembah. Tapi rasa lelah benar-benar terbayar keti sampai di Air Terjun Batang Ogan. Yang unik adalah ada dua kolam besar yang satu di atas air terjun dan yang satunya di bawah air terjun yang dikelilingi bebatuan besar atau ngarai. Airnya yang sangat jernih yang berwarna hijau kebiruan semakin mengundang wisatawan untuk nyebur. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Desa Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan.

Air Terjun Batu Gajah

Sebenarnya tempat wisata di Riau yang satu ini lebih mirip pemandian alami atau sungai yang masih sangat alami. Air Terjun Batu Gajah tidak tinggi mungkin hanya kisaran 2 meteran saja. yang paling menarik adalah panorama alam sekitar dan air sungainya yang sangat jernih. Sangat cocok jika kamu menyusuri sungai dengan menggunakan perahu karet atau hanya pelampung ban. Lokasi wisata Air Terjun Batu Gajah ini berada di Kecamatan Kuantan Mudik, tepatnya di Desa Cengar.

Air Terjun Dangku

Kesan alami benar-benar melekat pada Air Terjun Dangku. Pepohonan besar menjulang tinggi, bebatuan yang berada di pinggiran sungai semakin menambah eksotisme Air Terjun Dangku. Yang cukup unik adalah adanya batang kayu besar yang melintang di air terjun. Kayu inilah yang menjadi spot terbaik wisatawan untuk selfie. Tempat wisata di Riau ini sekarang semakin ramai dikunjungi wisatawan, karena aksesnya bisa dibilang cukup mudah. Lokasi wisata Air Terjun Dangku ini berada di Kecamatan Pucuk Rantau, tepatnya di Desa Lubuak Ramo.

Air Terjun Guruh Gemurai

Yang paling mengesankan di Air Terjun Guruh Gemurai ini adalah tingkatan air terjunnya, yang membuat greget wisatawan ingin menaiki tingkat paling tinggi. Alam sekitar air terjun yang masih asri semakin menambah eksotisme Air Terjun Guruh Gemurai. Untuk akses lokasi ke tempat wisata di Riau ini juga cukup mudah dan tidak terlalu jauh untuk berjalan kaki. Lokasi tepatnya berada di Kecamatan Kuantan Mudik, Desa Kasang.

Air Terjun Hulu Lombu

Destinasi wisata yang benar-benar hanya untuk wisatawan yang suka petualangan, karena lokasinya cukup jauh dari desa terdekat dan hanya bisa berjalan kaki. Tetapi pemandangan alamnya benar-benar sangat indah di perjalanan. Kamu melewati perkebunan sawit dan juga hutan yang masih terjaga keasriannya. Air Terjun Hulu Lombu memiliki dua air terjun, yang di bawah tidak begitu tinggi yang satunya memiliki ketinggian hingga 30 meter. Keindahan akan air terjun dan panorama alamnya tidak perlu diragukan, karena memang sangat indah dan alami. Kamu juga bisa nge-camp di area Air Terjun Hulu Lombu. Lokasi tempat wisata di Riau yang alami ini tepatnya di Kecamatan Singingi, Kelurahan Hulu Lombu.

Air Terjun Lombu Joniah

Air terjun ini cukup tinggi dengan bebatuan besar yang menjulang tinggi mengelilingi kolam Air Terjun Lombu Joniah. Meski kolamnya tidak begitu besar tapi tetap saja sangat menarik untuk berendam. Dan bahkan kamu juga bisa meloncat dari atas bebatuan. Air Terjun Lombu Joniah ini menambah tempat wisata di Riau yang menarik untuk dikunjungi. Karena air terjun ini juga baru ditemukan dan menjadi obyek wisata terbaru yang berada di Desa Pulau Padang, Kecamatan Singingi.

Air Terjun Mamughai Air Hitam

Air terjun ini memiliki beberapa tingkatan dan tergolong air terjun yang cukup tinggi. Ada beberapa sisi yang menarik dari Air Terjun Mamughai Air Hitam. Bebatuan yang besar dan kolamnya yang cukup banyak menjadi favorit para wisatawan. Selain itu suguhan panorama alam yang masih asri semakin menghiasi Air Terjun Mamughai Air Hitam. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Desa Kuantan, Kecamatan Kuantan Mudik.

Air Terjun Ongau

Kuansing memang sangat kaya akan air terjunnya dan kebanyak berada di Kecamatan Singingi. Dan Air Terjun Ongau ini memiliki pesona yang sedikit berbeda, terkadang airnya yang berada di kolam berwarna biru. Meskipun air terjunnya yang tidak begitu tinggi dan kolamnya juga tidak lebar. Tapi pesona akan jernihnya air inilah yang mampu mendattangkan wisatawan. Untuk mencapai tempat wisata di Riau ini kamu harus sedikit tracking, tapi tidak akan lelah karena suguhan panorama alam yang memukau di Desa Gunung Balai, Kecamatan Singingi.

Air Terjun Pati Soni

Keistimewaan dari tempat wisata di Riau ini adalah kolamnya yang begitu besar dengan kedalaman yang lumayan cukup dalam. Jadi bagi wisatawan yang belum bisa berenang diharuskan menggunakan pelampung. Sajian utama dari obyek wisata ini adlah airnya yang terkadang berwana kebiruan dan juga panoram sekitar yang cukup meyejukkan mata. Akses jalan menuju Air Terjun Pati Soni ini tergolong cukup mudah, jadi cukup banyak wisatawan yang datang ketika hari libur. Lokasi wisata Air Terjun Pati Soni ini berada di Kecamatan Kuantan Mudik, tepatnya di Desa Cengar.

Air Terjun Sakonda

Tempat wisata di Riau ini tidak begitu jauh dengan lokasi Air Terjun Hulu Lombu dan lokasinya yang masuk di wilayah Pangkalan Indarung. Suasana yang cukup sejuk berpadu dengan segarnya Air Terjun Sakonda akan membuat betah wisatawan yang datang. Meski berada di pinggiran hutan, panorama yang masih asri tetap diperlihatkan di obyek wisata yang berada di wilayah Kecamatan Singingi. Dan yang pasti wisatawan akan dimanjakan dengan segarnya air yang berada di kolam.

Air Terjun Simacang

Destinasi wisata Air Terjun Simacang ini tergolong masih baru dan menambah tempat wisata di Riau yang wajib dikunjungi. Air Terjun Simacang memiliki kolam yang begitu lebar, jadi para wisatawan bisa bermain sepuasnya di kolam. Mulai dari berenang, berendam, atau bersantai di atas pelambung ban. Pepohonan besar dan menjulang tinggi semakin membuat Air Terjun Simacang ini sangat teduh dan sepertyinya juga sangat cocok buat nge-camp di pinggi kolamnya. Lokasi wisata Air Terjun Simacang ini berada di Kecamatan Singingi, tepatnya berada di Desa Pulau Padang.

Air Terjun Sonsang

Lokasinya masih sama dengan Air Terjun Mamughai Air Hitam yang masih di dalam satu desa, yakni Desa Kasang. Air Terjun Sonsang tidak begitu deras airnya, tapi pesona alamnya cukup lumayan setidaknya mampu menghilangkan kepenatan. Dan sangat cocok menjadi tempat wisata untuk mencari ketenangan. Air Terjun Sonsang menambah tempat wisata di Riau, khususnya di Kabupaten Kuansing.

Air Terjun Sungai Paku

Air tejrun ini berada di sungai, sebenarnya tidak terlalu tinggi, tapi yang cukup menarik sebenarnya wisatawan bisa menyusuri Sungai Paku. Kamu bisa menikmati panorama pedesaan seperti sawah, dan juga pepohonan yang rindang yang berada di pinggir Sungai Paku. Lokasi tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Desa Sungai Paku Kecamatan Singingi Hilir.

Air Terjun Sungai Tangko

Meski aksesnya untuk menuju lokasi Air Terjun Sungai Tangko ini belum memadai, tapi tetap saja wisatawan mendatanginya. Dan tak lain karena keindahan air terjun yang terkadang airnya berwarna hijau kebiruan. Lebarnya kolam dan panorama pepohonan yang rindang menjadi suduhan utama Air Terjun Sungai Tangko. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Singingi, Desa Petai.

Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban

Untuk menuju tempat wisata di Riau yang satu ini tepatnya di Desa Lubuk Ambacang cukup menyenangkan. Karena akses yang bisa dilewati ahanya sungai jadi harus menggunakan perahu motor. Sajian perbukitan dan juga hutan nan hijau semakin menyejukkan mata. Dan sesampainya di Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban kamu akan disuguhi air terjun tingkat pertama. Untuk mencapai tingkat tujuh kamu harus sedikit mendaki yang jaraknya hanya kisaran 50 hingga 100 meter. Kamu akan benar-benar terhibur dengan keindahan Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban karena lokasinya yang berada di hutan yang masih asri.

Air Terjun Tasam Kiri

Lokasinya yang berada di tengah hutan semakin menambah eksotis Air Terjun Tasam Kiri. Untuk mencapai lokasi wisata Air Terjun Tasam kiri kamu harus sedikit berpetualang dengan melewati lebatnya hutan, tapi tetap mengasyikkan. Sesampainya di air terjun kamu akan disuguhi udara yang sangat sejuk dengan gerasnya air yang jatuh di kolam semakin mengundang untunk merasakan segarnya air terjun. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Desai Petai, Kecamatan Singingi Hilir.

Danau Biru

Tempat wisata di Riau ini yang berada di wilayah Kabupaten Kuansing awal bekas pertambangan batubara yang ditinggalkan dan akhirnya membentuk kubangan besar yang terisi air. Dan uniknya airnya yang berada di kubangan ini warnanya biru. Karena warnanya cukup cantik inilah menjadi obyek wisata terbaru yang ada di Kuansing. Wisatawan yang suka akan photography sudah pasti akan akan memanfaatkan lokasi dengan baik, dan yang pasti instagramable banget. Lokasi Danau Biru ini tepatnya berada di Kecamatan Singingi Hilir, Desa Petai.

Danau Kebun Nopi

Inilah destinasi anadalan Kuangsing, Danau Kebun Nopi. Danau ini biasa digunakan untuk event dayung skala nasional dan bahkan internasional. Selain itu perlombaaan tradisional seperti pacu sampan juga sering diadakan di Danau Kebun Nopi. Dengan background kebun sawit semakin membuat Danau Kebun Nopi enak untuk dipandang. Lokasi tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Kuantan Mudik, Desa Bukit Pedusunan.

Danau Masjid Koto Kari

Danau ini benar-benar sangat cantik apalagi kamu mengunjungi ketika hari mulai senja, eksotisme Danau Masjid Koto sangat terlihat diiringi redupnya sinar matahari. Kemungkinan dinamai Danau Masjid Koto Kari karena adanya Masjid yang berdiri tepat di pinggir danau. Banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata di Riau ini selain menikmati panorama alam juga memancing ikan yang ada di dalam danau. Lokasi wisata Danau Masjid Koto Kari ini berada di Kecamatan Kuantan Tengah, tepatnya di Desa Kari.

Danau Rawang Udang

Tempat wisata di Riau ini memang telah tertata dengan sangat bagus. Cukup banyak fasilitas atau tempat untuk bersantai menikmati keindahan Danau Rawang Udang dari pinggir. Ditambah lagi banyaknya fasilitas untuk bermain di air, seperti perahu bebek buat anak-anak atau orang dewasa untuk berkeliling danau. Jarak Danau Rawang Udang ini cukup dekat dari pusat Kota Teluk Kuantan, yang hanya 13 km saja. lokasi tepatnya berada di Kecamatan Benai, Desa Talontam Benai.

Desa Wisata Koto Sentajo

Budaya kekinian atau pergeseran budaya sepertinya tidak begitu berpengaruh terhadap Desa Wisata Koto Sentajo yang masuk di wilayah Kecamatan Sentajo Raya. Ketika kamu mengunjungi desa ini kamu akan merasakan suasana yang sangat kental dengan adat istiadatnya. Salah satunya adalah Rumah Godang yang hingga kini masih banyak berdiri di Desa Koto Sentajo. Sangat wajat ketika Desa Koto Sentajo ini menjadi desa wisata karena masih menjaga kearifan lokal dan menjadi salah satu tempat wisata di Riau yang sangat layak untuk dikunjungi.

Hutan Kota Pulau Bungin

Pelestarian memang sangat diperlukan apalagi adanya hutan kota di pusat Kota Teluk Kuantan, selain mempercantik kota, tapi juga sebagai sarana wisata yang cukup menarik. Cukup banyak warga lokal yang mengunjungi Hutan Kota Pulau Bungin ketika siang hari. Karena banyaknya pohon jati yang besar suasana menjadi semakin terasa sejuk. Dan hutan kota ini menjadi tempat wisata di Riau khususnya di Kota Teluk Kuantan yang cukup menarik untuk dikunjungi sembari menikmati udaranya yang bersih.

Jembatan Gantung Muara Lembu

Selain digunakan sebagai penghubung antar desa dan juga akses untuk ke perkebunan, ada fungsi lain bagi Jembatan Gantung Muara Lembu. Fungsinya adalah photography, dan yang pasti instagramable banget. Dengan background jembatan dan juga yang tepat berada di bawahnya menjadikan photo kamu semakin terlihat sangat menarik. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Singingi, Muara Lembu.

Lubuak Batu Bobok

Pemandian alami ini memiliki air yang sangat jernih berpadu dengan pepohonan yang rindang di pinggir sungai semakin terlihat eksotismenya. Tak heran jika Lubuak Batu Bobok ini menjadi tempat wisata di Riau yang sangat menarik untuk dikunjungi. Wisatawan akan dimanjakan dengan jernihnya air sungai buat berenang ataupun berenang. Bisa juga kamu menggunakan perahu karet untuk menyususri Lubuak Batu Bobok. Lokasi wisata Lubuak Batu Bobok ini berada di Desa Petai, Kecamatan Singingi Hilir.

Lubuak Pualin

Lokasinya tidak begitu jauh dari Lubuak Batu Bobok yang masih berada di dalam satu Desa Petai. Kamu bisa menyusuri Lubuak Pualin menggunakan perahu karet atau ban untuk menikmati keindahan hutan yang masih sangat asri. Suguhan pepohonan besar, air sungai yang jernih, ornamen bebatuan di pinggi sungai, dan udara sejuk menjadi sajian utama Lubuak Pulain. Tempat wisata di Riau ini memang belum ramai dikunjungi wisatawan,jadi alamnya benar-benar masih asri.

Panorama Bukik Cokiak

Tempat wisata di Riau ini cukup menari, karena dari ketinggia kamu bisa menikmati padang rerumputan dan juga Sungai Singingi. Udara sejuk juga terasa menyelimuti Bukik Cokiak meskipun panas di siang hari. Kebanayakn wisatawan yang mengunjungi Bukik Cokiak hanya sekedar bersantai, terkadang menikmati temaram senja yang sangat eksotis. Tempat wisata di Riau ini terletak di Kelurahan Muara Lembu, Kecamatan Singingi.

Pacu Jalur

Inilah tradisi yang dimulai dari abad 17 dan hingga kini masih dilestarikan. Dan justru mengundang banyak wisatawan yang datang. Tak hanya wisatawan domestik tapi cukup banyak wisatawan asing yang datang ke Kabupaten Kuansing. Pacu Jalur atau lomba balap perahu tradisional ini biasanya diadakan di Sungai Batang Kuantan. Pacu Jalur ini biasanya diselenggarakan pada bulan-bulan tertentu dan hingga kini Sungai Batang Kuantan telah menjadi tempat wisata di Riau yang menarik untuk dikunjungi.

Perahu Baganduang

Pengertian dari Perahu Baganduang adalah gabungan dari dua hingga tiga perahu yang diikat menjadi satu lalu diberikan hiasan. Seperti Festival Perahu Baganduang ini biasanya diadakan ketika menjelang Hari Raya Idul Fitri. Ini sudah menjadi salah satu bentuk tradisi yang hingga kini masih diselenggarakan. Dan bahkan mengundang banyak wisatawan untuk melihat lebih dekat seperti apa Festival Perahu Baganduang. Biasanya diadakan di Sungai Kuantan, Kecamatan Kuantan Mudik.

Taman Jalur Teluk Kuantan

Lokasinya yang berada di pusat Kota Teluk Kuantan menjadikan Taman Jalur Teluk Kuantan sebagai pusat peradaban Kabupaten Kuansing. Taman ini juga berdekatan dengan Teluk Kuantan yang biasanya dipergunakan untuk perlombaan balap perahu tradisional. Taman Jalur Teluk Kuantan menjadi tempat wisata di Riau yang cukup menarik untuk dikunjungi terutama bagi wisatawan yang datang dari luar Kuansing. Yang cukup menarik adalah ketika malam hari, keindahan akan Kota Teluk Kuantan sangat terlihat sekali.

Tempat Wisata di Pelalawan

Kabupaten Pelalawan memiliki sejarah yang cukup panjang dulunya, bahkan seperti nama Kabupaten Pelalawan itu diambil dari nama Kerajaan Pelalawan. Dan Kerajaan Pelalawan ini dulu pernah Berjaya pada tahun 1725 dan sangat terkenal dengan dengan Rajanya Sultan Syed Abdurrahman Fachrudin. Terlepas dari sejarahnya, Pelalawan juga menyimpan cukup banyak tempat wisata selain wisata sejarah. Dan berikut ini daftar tempat wisata di Riau tepatnya yang berada di Kabupaten Pelalawan.

Danau Betung

Pesona alam di Danau Betung memang cukup eksotis, airnya yang begitu bersih dan berdekatan dengan hutan adat, yakni Hutan Kepungan menjadikan Danau Betung semakin indah dipandang. Lokasi danau yang berada di Desa Betung, Kecamatan Pangkalan Kuras, juga menjadi Pusat Budaya Petalangan. Seperti berbagai macam tradisi upacara adat masih dilaksanakan di Desa Betung. Selain itu juga ada kerajinan tangan dari rotan yang sangat khas yang juga dibuat oleh warga Desa Betung. Danau Betung ini menjadi tempat wisata di Riau yang cukup menyedot perhatian wisatawan.

Danau Kajuit

Inilah salah satu wisata andalan yang dimiliki oleh Kabupaten Pelalawan, Danau Kajuit atau Danau Tajwid. Cukup lengkap fasilitas yang ada di Danau Kajuit, misalnya seperti speedboat, banana boat, dan juga perahu bebek disediakan untuk wisatawan. Dan kamu juga bisa bersantai di kafe-kafe pinggir danau sembari menikmati semilir angin berpadu dengan panoram Danau Kajuit. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Langgam.

Istana Sayap Pelalawan

Tempat wisata di Riau ini telah menjadi cagar budaya yang awalnya dibangun pada tahun 1886 dan hingga kini masih berdiri kokoh. Meskipun ada perbaikan di beberapa bagian istana. Dari sisi lokasi Istana Sayap Pelalawan ini berada di tengah-tengah aliran sungai. Di dalam Istana Sayap Pelalawan ini banyak tersimpan barang-barang peninggalan, seperti senjata keris, tombak, dan berbagai barang-barang peninggalan  lainnya di tempatkan di ruang tengah istana. Lokasi Istana Sayap Pelalawan ini bisa kamu temui di Desa Pelalawan.

Komplek Makan Raja Pelalawan

Salah satu cagar budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Pelalawan adalah Komplek Makam Raja Pelalawan. Cukup banyak wisatawan yang datang biasanya untuk berziarah dan dihari-hari tertentu memang cukup ramai dikunjungi para peziarah. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kelurahan Pelalawan, Kecamatan Pelalawan.

Masjid Agung Ulul Azmi

Arsitektur dari Masjid Agung Ulul Azmi ini benar-benar sangat megah dan memang sangat tepat jika dijadikan sebagai wisata religi di Kabupaten Pelalawan. Di masjid ini cukup sering diselenggarakan kegiataan keagamaan. Selain dipergunakan sebagai tempat peribadahan juga difungsikan sebagai Islamic Center yang menjadi pusat pembelajaran agama Islam yang berada di pusat Kota Pangkalan Kerinci.

Ombak Bono

Inilah tempati wisata di Riau yang menjadi andalan Kabupaten Pelalawan karena cukup banyak mendatangkan turis asing, khususnya peselancar professional. Cukup unik memang di sungai bisa memiliki ombak yang begitu besar seperti di pantai-pantai Pulau Nias. Dan konon katanya Ombak Bono yang ada di Teluk Meranti ini adalah ombak terlama. Jadi tidak heran jika banyak surfer professional dunia berdatangan di Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan.

Suaka Margasatwa Kerumutan

Satu lagi obyek wisatawa yang cukup menarik adalah Suaka Margasatwa Kerumutan. Cukup banyak wisatawan yang datang ingin menikmati panorama hutan yang dipadu dengan sungai. Kamu bisa mengelilingi hutan lindung dengan menggunakan perahu motor milik warga yang cukupmurah untuk menyewanya. Sajian akan keasrian alam dan juga kekayaan ikan di sungai menjadi daya tarik tersendiri di Suaka Margasatwa Kerumutan. Lokasi tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Kerumutan.

Taman Publik Kreatif

Salah satu alternatif tempat wisata di Kabupaten Pelalawan adalah Taman Publik Kreatif yang berada tepat di depan Kantor Bupati Pelalawan. Dibangunnya Taman Publik Kreatif ini memang diperuntukan sebagai tempat untuk segala macam pertunjukan seni dan budaya. Dan juga sebagai tempat untuk masyarakat dan kawula mudah menujukkan kreatifitasnya. Taman Publik Kreatif ini menjadi tempat wisata di Riau tepatnya di Kabupaten Pelalawan yang menarik untuk dikunjungi.

Taman Wisata Tesso Nilo

Satu lagi andalan destinasi wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Pelalawan adalah Taman Wisata Tesso Nilo yang menjadikannya tempat wisata di Riau yang cukup favorrit bagi wisatawan. Para wisatawan bisa menikmati flora dan faunan di taman wisata ini. Berbagai macam fauna hidup liar di Taman Wisata Tesso Nilo. Misalnya seperti  gajah, harimau Sumatra dan satwa-satwa lainnya. Yang paling menyenangkan adalah kamu bisa menikmati panorama hutan dari sungai dengan menggunakan perahu atau masuk ke dalam hutan dengan menaiki gajah.

Tugu Equator

Kabupaten Pelalawan termasuk daerah yang dilalui garis khatulistiwa, tepatnya di Desa Pangkalan Lesung. Dan yang menemukan titik lintasan pertama kalinya adalah Belanda dan tidak berubah hingga sekarang. Maka sangat wajar jika suhu di Pelalawan cukup panas jika dibandingkan dengan daerah lainnya. Tugu equator mungkin sangat cocok buat selfie, terutama bagi wisatawan yang berada di luar Pelalawan.

Tempat Wisata di Rokan Hilir

Tokan Hilir sebagai salah satu Kabupaten yang berhadapan langsung dengan Selat Malaka, dulunya sebagai penghasil ikan terbesar di Indonesia. Sudah sejak jaman kolonial Belanda Rokan Hilir yang pusat Kota berada di Bagansiapiapi ini memang sudah maju, terutama dalam hal perdagangan. Nah saat ini dari industri wisata juga cukup dikenal baik dalam skala nasional maupun internasional. Ritual Bakar Tongkang yang menjadi salah satu tempat wisata di Riau yang cukup terkenal tepatnya berada di Kabupaten Rohil.

Bay Park

Meskipun tergolong masih baru, destinasi wisata Bay Park ini sudah dilirik para wisatawan untuk menikmati wisata air. Wisatawan bisa berkeliling menggunakan perahu bebek yang ada di Bay Park. Untuk selanjutnya Bay Park ini akan digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti pacu sampan, atau perlombaan tradisional yang biasanya diselenggarakan ketika perayaan HUT RI. Bay Park menjadi tempat wisata di Riau yang tergolong masih baru, tepatnya berda di Bagansiapiapi, Jalan Bahagia Ujung.

Batu Belah Batu Bertangkup

Tempat wisata di Riau ini tergolong cukup unik dan sedikit berbau cerita legenda. Batu Belah Batu Bertangkup nama situs legenda ini yang berada di Desa Bantayan. Kono katanya batu tersebut dahulunya adalah kerang yang sangat besar dan memakan segala yang ada di dekatnya termasuk manusia. Tetapi sama tentara Portugis kerang tersebut diberi air kapur dan akhirnya kerang raksasa tersebut mati. Dan kini situs Batu Belah Batu Bertangkup ini cukup sering dikunjungi wisatawan.

Bundaran Elang

Ketika hari mulai senja, di Bundaran Elang Bagansiapiapi ini cukup ramai dikunjungi warga lokal yang hanya sekedar bersantai. Begitu juga pada malam harinya, BUndaran Elang ini menjadi tempat yang asyik untuk nongkrong dengan ditemani kopi atau teh yang dijajakan oleh PKL di dekat Bundaran Elang. Bundaran Elang Bagansiapiapi ini menjadi tempat wisata di Riau yang cukup sering dikunjungi wisatawan, karena selfieable atau instagramable.

Danau Napangga

Salah satu destinasi wisata yang ada di Dokan Hilir adalah Danau Napangga. Suasana yang cukup asri semilir angin yang cukup sejuk, air danaunya yang jernih menjadi sajian utama Danau Napangga. Untuk menikmati keindahan Danau Napangga kamu bisa menaiki perahu dengan berkeliling di seputaran danau. Bisa juga kamu memancing ikan yang konon katanya cukup banyak di Danau Napanga. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Pujud, Desa Tanjung Medan.

Desa Rantau Bais

Tempat wisata di Riau ini memang sangat tepat jika dikatakan sebagai desa wisata, karena di Desa Rantau Bais ini kamu bisa menemukan rumah adat yang masih sangat banyak. Dan juga masyarakatnya masih menjaga adat dan istiadanya. Lokasinya yang tepat berada di Sungai Rokan menjadikan Desa Rantau Bais terlihat sangat tenteram dan dami. Selain itu lokasinya juga dekat dengan Pulau Tilan yang menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Rokan Hilir.

Kelenteng In Hok Kiong

Merupakan Kelenteng yang tertua yang ada di Bagansiapiapi yang dibangun pada tahun 1875 oleh para orang Tionghoa yang tinggal di Bagansiapiapi. Dan Kelenteng ini juga diidentikan sebagai tanda dibukanya Kota Bagansiapiapi oleh para orang Tionghoa yang pertama kalinya menginjakkan kaki di Bagansiapiapi. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di jalan Kelenteng Bagansiapiapi.

Kepulauan Arwah

Kepulauan Arwah terdiri dari beberapa pulau yang lokasinya cukup berdekatan yang menyajikan eksotisme bagi para wisatawan yang datang. Tempat wisata di Riau ini memang cukup menyedot perhaitan para wisatawan terutama di Pulau Jemur. Dengan pantainya yang bersih dan masih sangat alami dan juga sebagai tempat berkembiangnya penyu hijau. Selain itu juga masih ada sekitar 9 pulau kecil yang menambah eksotisme Kepualauan Arwah. Selian menikmati panorama pantai kamu juga bisa menikmati keindahan alam bawah lautnya dengan berbagai macam terumbu karang dan juga warna-warni ikannya.

Makam Datuk Batu Hampar

Tempat wisata di Riau ini merupakan cagar budaya yang dilindungi oleh pemerintah Rokan Hilir. Datuk Batu Hampar ini sebenarnya memiliki nama asli Sayyid Ali bin Abdurrahman. Dan beliau ini adalah cucu dari Mufti Indragiri. Dan hingga kini Makam Datuk Batu Hampar sering didatangi para peziarah, karena secara tidak langsung Datuk Batu Hampar ini dulunya juga menyebarkan agama Islam.

Masjid Al-Ikhlas

Tempat wisata di Riau berikutnya adalah wisata religi, yakni di Masjid Al Ikhlkas Bagansiapi-api. Arsitektur yang bernuansa Turki masjid ini memang begitu tampak megah dengan adanya kolam air yang ada di halaman masjid semakin membuat Masjid Al Ikhlas terlihat sejuk. Belum lagi adanya menara-menara yang tinggi di sisi-sisi masjid semakin menambah keindahan Masjid Al Ikhlas.

Museum Ikan

Ide awal dari membangun Museum ikan yang berada di Kecamatan Bangko, Batu Empat ini adalah untuk mengenang sejarah. Bagansiapiapi pernah menjadi penghasil ikan terbesar di Indonesia dan juga nomor dua di dunia setelah Norwegia. Rencana awal dari pembangunan museum ini adalahs ebagai penyemangat dan juga untuk memamerkan ikan-ikan yang sudahmati dan juga akrilik ikan yang hidup di perairan Rokan Hilir. Dan sekarang menjadi salah satu tempat wisata di Riau yang cukup sering dikunjungi wisatawan.

Museum Sejarah Rokan Hilir

Di tempat wisata di Riai ini menyimpan cukup banyak barang peninggalan mulai dari Kesultanan Siak dan juga Belanda. Seperti dua meriam yang berada di depan Museum Sejarah Rokan Hilir. Di dalam museumnya juga tersimpan barang-barang peninggalan seperti pistol, pedang, dan juga tongkat Datuk Batu Hampar. Lokasi Museum Sejarah Rokan Hilir ini berada di Kecamatan Bangko, Batu Empat.

Museum Tionghoa

Berbagai macam barang peninggalan leluhur Tionghoa yang dulu pertama kali datang di Bagansiapiapi juga ada di dalam Museum Tinghoa. Tempat wisata di Riau ini memang sebagai wisata budaya terutama kebudayaan Tionghoa yang ada di Bagansiapiapi. Seperti sejarah dari Ritual Bakar Tongkang juga ada di dalam Museum Tionghoa yang berada di Batu Empat, Kecamatan Bangko.

Pulau Jemur

Kedepannya Pulau Jemur ini akan menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Rokan Hilir. Hal ini disebabkan Pulau Jemur memang masih sangat asri serta terlihat sangat alami. Sangat wajar di Pulau Jemur ini cukup banyak sekali Penyu Hijau yang dilindungi oleh pemerintah. Pasir pantainya yang putih bersih, birunya air laut, serta pulau-pulau karang menjadi pemandangan yang sangat eksotis. Aplagi jika dikelola dengan maksimal akan mendatangkan banyak wisatawan ke Pulau Jemur. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Pasir Limau Kapas.

Pulau Tilan

Panorama yang sangat indah nan asri tersaji di Pulau Tilan, lokasi yang dibelah oleh Sungai Rokan ini terlihat begitu tenang dan juga damai. Kamu akan melihat begitu luas hamparan rumput nan hijau dan juga hewan kerbau dengan background pepohonan nan hijau. Tidak hanya itu Pulau TIlan juga memiliki pantai yang indah dengan pasir putihnya. Di pinggir sungai ada beberapa gazebo menjadi spot terbaik untuk menikmati panorama alam Pulau Tilan. Pulau TIlan ini nantinya akan menjadi tempat wisata di Riau yang menjadi andalan Kabupaten Rokan Hilir.

Ritual Bakar Tongkang

Inilah wisata budaya yang menjadi andalan Kabupaten Rokan Hilir, yakni Ritual Bakar Tongkang atau Upacara Bakar Tongkang. Tempat wisata di Riau ini sudah menjadi event yang masuk dalam kalender tahunan Visit Indonesia. Selain memiliki keunikan dan juga banyak mendatangkan wisatawan asing ke Bagansiapapi. Sejarah awalnya memang dimulai oleh orang Tionghoa yang tinggal di Bagansiapiapi untuk mengenang para leluhurnya dan juga sebagai ucapan rasa syukur kepada Dewa Kie Ong Ya.

Taman Budaya Bagansiapiapi

Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di jalan Kecamatan Batu Empat menjadi salah satu andalannya. Dengan arsitektur bangunannya yang sangat megah dan menjadi pusat kebudayaan yang ada di Kabupaten Rokan Hilir. Cukup sering di Taman Budaya ini diselenggarakan event-event yang bersentuhan dengan berbagai aktifitas kebudayaan.

Taman Kota Bagansiapiapi

Selain menjadi pusat peradaban atau tempat nongkrong bisa juga menjadi tempat wisata yang cukup menarik bagi wisatawan dari luar Rokan Hilir. Taman Kota Bagansiapiapi ini biasanya ramai ketika sore hari atau ketika malam minggu. Dan tak jarang juga sering diadakan event-event tertentu di Tman Kota Bagansiapiapi ini.

Tugu Ikan Bagansiapiapi

Dulu memang Bagansiapiapi sangat terkenal dengan penghasilan ikan terbesar di Indonesia. Dan Tugu Ikan ini sebagai ikon utama Kota Bagansiapiapi. Mungkin wisatawan bisa bersantai hanya pada waktu malam hari saja. Karena ketika siang hari lalu lintas begitu ramai jadi cukup berbahaya jika mau selfie di Tugu Ikan Bagansiapiapi.


Tempat Wisata di Rokan Hulu

Kabupaten yang memiliki julukan Negeri Seribu Suluk berbatasan dengan dua provinsi, yakni Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Sumatera Barat. Sudah bisa dipastikan akulturasi budaya di Kabupaten Rokan Hulu menjadi lebih beragam, mulai dari adat dan istiadatnya. Selain itu Rokan Hulu juga memiliki beragam destinasi wisata, meskipun tidak memiliki wisata bahari tapi wisata alam lainnya juga tidak akan kalah dengan kota-kota lainnya yang ada di Provinsi Riau. Dan berikut ini beberapa tempat wisata di Riau, tepatnya di Kabupaten Rokan Hulu.

Air Panas Hapanasan

Layout dari obyek wisata Air Panas Hapanasan ini memang sangat cantik. Dengan dikeliling pepohonan yang rindang, adanya sungai yang mengalir dan juga ada beberapa kolam pemandian semakin membuat betah wisatawan. Air Panas Hapanasan ini menjadi tempat wisata di Riau yang cukup sering dikunjungi wisatawan terutama pada hari libur. Dan di dalam obyek wisata air panas ini juga ada Museum Kupu-Kupu dan penangkaran kupu-kupu yang sangat langka. Maka akan semakin menarik hari libur kamu yang kamu habiskan di Air Panas Hapanasan. Lokasi wisata ini tepatnya berada di Desa Pawan.

Air Panas Pawan

Lokasi dari sumber Air Panas Pawan ini benar-benar sangat asri, dihiasi pepohonan dan juga sungai kecil yang mengalir di pinggir sumber air panas. Yang cukup unik adalah sumber Air Panas Pawan itu tadi dialirkan ke sungai yang airnya dingin. Jadi sensasi yang luar biasanya yang akan kamu rasakan, kamu bisa merasakan air panas dan juga dingin secara bersamaan. Lokasi tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Desa Pawan yang jaraknya hanya 9 km dari pusat Kota Pasir Pengaraian.

Air Terjun Aek Martua

Kebanyakan wisatawan yang datang di Air Terjun Aek Martua cukup takjub dengan keindahan air terjun dan juga panorama alamnya. Air Terjun Aek Martua memiliki 3 air terjun, mulai dari yang rendah hingga air terjun dengan ketinggian hampir 35 meter. Yang sangat menarik adalah di air terjun yang kedua, karena dengan kolamnya yang cukup luas membuat wisatawan suka bermain air dan menikmati inbdahnya panorama di Air Terjun Aek Martua. Tempat wisata di Riau ini memang salah satu andalan wisata Kabupaten Rohul, yang lokasinya berada di Kecamatan Bangun Purba.

Air Terjun Cipogas

Letak Air Terjun Cipogas jauh lebih dekat jika dibandingkan dengan lokasi Air Terjun Rura Pantasan. Udaranya cukup sejuk di areal air terjun dengan dikelilingi pepohonan yang rindang semakin membuat Air Terjun Cipogas begitu sedap dipandang. Adanya kolam di bawah air terjun semakin membuat wisatawan yang datang ingin merasakan segharnya air sungai. Lokasi tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Rambah, Desa Sialang Jaya yang hanya berjarak 8 km saja dari pusat Kota Pasir Pengaraian.

Air Terjun Rura Pantasan

Lokasinya yang berada di pedalaman membuat tempat wisata di Riau ini menjadi lebih terlihat alami. Tepatnya berada di Dusun Sungai Bungo, Desa Sialang Jaya Kecamatan Rambah. Meski di pedalaman suguhan panorama alamnya benar-benar memukau. Mulai dari perbukitan, hijaunya pepohonan hutan dan sungai yang mengalirkan air jernih. Air terjun Rura Pantasan ini memiliki beberapa tingkatan di dalam satu lokasi. Dan kesemuanya memiliki kolam yang cukup lebar untuk memanjakan wisatawan dengan berendam atau hanya sekedar bermain di bawah air terjun.

Bendungan Kaiti

Tepat berada di obyek wisata Danau Cipogas letak Bendungan Kaiti, dan bendungan ini begitu ramai digunakan wisatawan sebagai pemandian. Dan tak jarang wisatawan memiliki untuk menyususri sungai dari aliran Danau Cipogas. Cukup menyenangkan dengan menyusuri sungai kamu bisa menikmati panorama asri pepohonan dan juga perbukitan di sisi sungai.

Benteng Tujuh Lapis

Benteng yang dibangun oleh Tuanku Tambusai ini mnejadi pertahanan ketika perang melawan kolonial Belanda pada tahun 1838. Benteng Tujuh Lapis ini hanya merupakan gundukan tanah dengan ketinggian 11 meter. Dan di atas gundukan tersebut ditanami bambu berduri dan juga ada beberapa meriam di setiap sisi benteng. Namun kini gundukan bekas benteng itu semakin tidak terlihat, dan justru banyai ditumbuhi semak belukar. Situs sejarah yang menjadi tempat wisata di Riau ini seharusnya direnovasi atau dikembalikan seperti awal, agar lebih menarik minat wisatawan untuk datang. Lokasi Benteng Tujuh Lapis ini berada di Kecamatan Tambusai, tepatnya di Desa Dalu-Dalu.

Danau Cipogas

Tempat wisata di Riau ini menjadi destinasi wisata favorit bagi masyarakat Rokan Hulu. Selain lokasinya yang sangat dekat dengan pusat Kota Pasir Pangaraian panorama alamnya juga sangat menjanjikan. Biasanya wisatawan akan menikmati keindahan danau dengan berkeliling danau menggunakan perahu bebek yang di sewakan di pinggir danau. Keindahan akan Bukit Haorpit begitu jelas ketika kamu berkeliling danau. Lokasi wisata Danau Cipogas ini tepatnya berada di Desa Sialang Jaya, Kecamatan Rambah.

Goa Huta Sikafir

Obyek wisata ini benar-benar akan memanjakan para pecinta alam terutama yang suka dengan kegiatan caving. Goa Huta SIkafir ini gabungan beberapa goa yang ada di dalam hutan yang lokasinya tidak begitu jauh dari sumber Air Panas Pawan. Bahkan ada sebagian dinding goa digunakan untuk olahraga panjat tebing. Tempat wisata di Riau ini tepatnya di Desa Pawan ini memiliki cukup banyak goa. Seperti goa landak, goa tupai, goa mata dewa, goa kulam, dan goa lepong.

Istana Rokan

Salah satu aset sejarah yang hingga kini masih berdiri kokoh di Rohul, adalah Istana Rokan. Istana yang umurnya sudah 200 tahun ini adalah peninggalan dari Kesultanan “ Nagari Tuo”. Meskipun ada beberapa bagian perbaikan tapi arsitekturnya juga masih utuh dan juga ukiran yang ada di kayu-kayunya juga masih terlihat jelas. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Desa ROkan IV Koto.

Makam Raja-Raja Rambah

Di makam inilah para Raja-Raja Rambah dikebumikan dan hingga kini masih sering didatangai peziarah baik dari Rohul sendiri maupun dari luar Rohul. Suasana dalam makam yang begitu teduh karena banyaknya pepohonan yang cukup besar-besar semakin membuat betah para peziarah. Tempat wisata di Riau ini termasuk wisata budaya atau sejarah yang menambah daftar obyek wisata yang ada di Rokan Hulu yang lokasinya berada di Desa Kumu.

Masjid Agung Madani Islamic Center

Kota yang dijuluki Negeri Seribu Suluk ini memiliki masjid yang sangat megah dan bahkan telah ditetapkan sebagai Masjid Terbaik di tahun 2015 oleh Kemenag. Selain digunakan sebagai perbadahan umat Islam, Masjid Agung Madani ini juga digunakan sebagai destinasi wisata religi dan juga untuk berbagai kegiatan keagamaan. Dan kamu juga bisa menikmati keindahan Kota Pasir Pangaraian dari Menara Masjid Agung Madani.

Masjid Tua Kunto Darussalam

Masjid ini dibangun oleh R.T Muhammad Alie yang hingga kini arsitektur dari masjid nyaris tidak ada perubahan sama sekali hanya sedikit perbaikan di bagian tertentu. Disamping itu di masjid ini juga ada makam Khalifah, yakni  Imam Nawawi dan Tengku Imam. Lokasi Masjid Tua Kunto Darussalam ini juga tidak begitu jauh dari lokasi Istana Kunto Darussalam. Dan seringnya para wisatawan akan berkunjung di dua tempat sekaligu dan juga berziarah di makam para Khalifah yang ada di areal masjid. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kota Lama.

Museum Kupu-Kupu

Tempat wisata di Riau ini memang sangat cocok untuk wisata edukatif terutama bagi anak-anak. Selain museum juga ada penangkaran kupu-kupu yang tergolong cukup langka. Dan bahkan museum dan penangkaran kupu-kupu yang ada di Rohul ini yang paling besar dan satu-satunya yang ada di Sumatera. Lokasi Museum Kupu-Kupu ini berada di tempat wisata andalam Rohul, yakni Air Panas Hapanasan.

Pemandian Batu Gajah

Tempat wisata di Riau ini lokasinya berada di kaki Bukit Barisan kesan yang sangat alami begitu melekat di Pemandian Batu Gajah. Aliran sungai yang cukup tenang, warna airnya yang jernih kehijauan berbapu dengan bebatuan besar di pinggir semakin terlihat sangat eksotis. Banyak wisatawan yang datang sudah tidak sabar ingin berendam dan merasakan segarnya air Pemandian Batu Gajah. Lokasi wisata Pemandian Batu Gajah ini berada di Kecamatan Rambah, tepatnya di Desa Rambah Tengah Hulu.

Rumah Batu Serombou

Ada cerita rakyat atau dongen yang menceritakan terbentuknya Rumah Batu Serombou. Dahulu kala ada seseorang yang sangat sakti menyumpahi warga sekampung yang tidak mau menjalankan syariat Islam. Dan sumpah tersebut membuat warga sekampung berubah menjadi batu, yang sekarang menjadi tujuan wisata unik, yakni Rumah Batu Serombou. Lokasi tempat wisata di Riau ini berada di Desa Serombou.

Sungai Rokan Kiri

Panorama alam yang sangat memukau ketika menyusuri Sungai Rokan Kiri. Bebatuan perbukitan yang tinggi di sisi sungai dengan banyaknya pepohonan yang menjorok ke sungai membuat wisatawan berdecak kagum akan keindahan Sungai Rokan. Terlepas dari panoramanya yang sangat cantik Sungai Rokan Kiri juga bisa digunakan olahraga arung jeram, karena di bagian tertentu cukup banyak alirannya yang deras dan sangat menantang. Tempat wisatya di Riau ini lama-kelamaan akan menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Rohul.

Taman Nasional Bukit Suligi

Seperti semua obyek wisata menjadi satu di dalam Taman Nasional Bukit Suligi. Mulai dari flora dan fauna, sungai yang masih sangat alami, serta panorama alam perbukitan semuanya tersaji di dalam Taman Nasional Bukit Suligi. Kamu akan bisa merasakan benar-benar bersatu dengan alam, jika kamu nge-camp di areal Taman Nasional Bukit Suligi. Namun agak sedikit disayang yang seharunya bisa menjadi andalan tempat wisata di Riau tepatnya di Rohul masih ada saja pembalakan liar yang merusak hutan. Lokasi wisata Taman Nasional Bukit Suligi ini berada di Kecamatan Tandun, Desa Dayo.

Tempat Wisata di Siak                

Kabupaten Siak menjadi Kabupaten terkaya nomor dua di Provinsi Riau setelah Kabupaten Bengkalis. Hasil utama Kabupaten Siak adalah minyak bumi yang akhirnya bisa mengantarkannya menjadi Kota Terkaya kedua. Di sisi lainnya, saat ini Kabupaten tengah menggenjot sektor pariwisata agar lebih banyak ladi mendapatkan PAD dari sektor pariwisata. Dan berikut ini obyek wisata yang ada di Siak yang ikut menyumbang tempat wisata di Riau yang sangat layak untuk dikunjungi.

Balai Kerapatan Tinggi

Bangunan yang dibangun pada tahun 1886 ini masih berdiri kokoh hingga kini, meskipun tetap ada bagian yang direnovasi. Tetapi sebagian arsitekturnya masih asli seperti tangga depan di buat tinggi karena dulu sistem transportasi melalui sungai. Dulu Balai Kerapatan Tinggi dipergunakan sebagai tempat bermusyawarah, untuk pengadilan, dan juga untuk penobatan raja. Tetapi kini lebih difungsikan sebgai museum. Aura kemegahan sangat terasa ketika memasuki ruangan dengan banyaknya barang-barang peninggalan serta diorama yang ada di lantai dua. Tempat wisata di Riau ini berada tepat di pinggir Sungai Siak yang berhadapan dengan muara Sungai.

Danau Zamrud

Uadara yang sangat sejuk, suasana yang asri, panorama yang sangat indah itulah yang menjadi suguhan utama Danau Zamrud yang masuk di dalam kawasan konservasi flora dan fauna. Tidak hanya wisatawan domestik saja yang berkunjung di danau ini, tapi banyak wisatawan asing yang berdatangan karena eksotisme Danau Zamrud yang sangat menggoda. Kamu bisa menikmati flora dan fauna yang ada, mulai dari harimau Sumatera, burung Serindit yang langka, ikan arwana merah dan juga emas juga ada di kawasan Danau Zamrud. Tempat wisata di Riau ini sangat wajib kamu kunjungi, lokasi tepatnya berada di Desa Zamrud, Kecamatan Siak.

Ekowisata Mangrove Mengkapan

Eksotisme sangat terasa ketika kamu mulai memasuki Ekowisata Mangrove Mengkapan yang tepat berada di pinggir sungai. Tumbuhan mangrove yang begitu lebat menjadi terasa sejuk meskipun berada di pinggir sungai. Yang cukup unik adalah ada papan Gembok Cinta Mangrove ya hampir menyerupai Gembok CInta di Paris lahh. Tidak hanya eksotisme saja yang disuguhkan Ekowisata Mangrove Mengkapan ini, tapi suasana romantis juga sangat terasa. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Sungai Apit, Mengkapan.

Ekowisata Mangrove Sungai Rawa

Hampir sama seperti Ekowisata Mangrove Mengkapan, yang sedikit berbeda adalah kamu bisa menggunakan perahu untuk mengelilingi hutan mangrove. Suasana yang cukup asri memang menjadi sajian utama di EKowisata Mangrove Sungai Rawa. Di tempat wisata di Riau ini, tepatnya di Kampung Sungai Rawa kamu juga bisa memancing ikan, yang konon katanya cukup banyak ikan besarnya.

Hutan Kota Arwinas

Kabupaten Siak memang sedang menggalakkan Ruang Terbuka Hijau dan salah satunya membuat hutan kota. Penggagas adanya Hutan Kota Arwinas ini adalah Bupati terdahulu yang bernama Arwin AS dan akhirnya namanya didedikasikan untuk beliau. Adanya hutan kota ini bisa dijadikan sebagai edukasi tentang pengenalan flora pada anak-anak. Selain itu Hutan Kota Arwinas ini menambah tempat wisata di Riau yang memang wajib untuk dikunjungi, yang lokasinya berapa di Kecamatan Siak.

Istana Siak Sri Inderapura

Inilah Istana dari Kesultanan Siak yang dibangun pada tahun 1889 yang memiliki julukan Istana Asherayah Al Hasyimiyah. Kesultanan Siak ini memang menjadi Kerajaan Islam terbesar pada kisaran abad 16 hingga 18. Istana Siak Sri Inderapura ini menjadi tempat wisata di Riau yang cukup sering dikunjungi wisatawan. Dan selain mengagumi arsitektur istana, wisatawan juga ingin melihat alat musik klasik yang dinamakan Komet. Hanya ada dua saja alat musik tersebut di dunia, di Indonesia yakni di Siak dan satunya lagi di Jerman.

Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah

Selain Istana Siak, Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah ini juga menjadi ikon Kabupaten Siak. Jika kamu datang ke Siak tapi tidak mengunjungi jembatan ini, itu bisa diartikan kamu belum pernah ke Siak. Arsitekturnya yang sangat cantik sangat terlihat ketika malam hari bersamaan berpijarnya lampu-lampu semakin menghisasi Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah. Jembatan yang sangat ikonik ini menjadi tempat wisata di Riau yang cukup sering digunakan sebagai spot photography terbaik.

Kapal Kato Kesultanan Siak

Kapal ini tidak terbuat dari kayu tetapi hampir semuanya terbuat dari besi hingga beratnya mencapai 15 ton dan panjang dari Kapal Kato ini 12 meter. Kamu bisa melihat Kapal Kato Kesultanan Siak dari dekat ketika mengunjungi Istana Siak, karena Kapal Kato berada di komplek taman Istana. Adanya Kapal Kato Kesultanan SIak ini menambah daftar tempat wisata di Riau terutama di Kabupaten Siak.

Kelenteng Hock Siu Kiong

Tingkat toleransi antar umat beragama dan juga antar ras sudah terjalin sejak masa Kerajaan Siak Inderapura. Dan inilah salah satu bukti kerukunan bahwa ada Kelenteng Hock Siu Kiong yang sudah berdiri selama 119 tahun. Dan ketika itu Sultan Syarif Kasim II menjalin kerjasama dalam bidang perdagangan dengan etnis Tionghoa. Kelenteng Hock Siu Kiong ini sudah menjadi cagar budaya dan juga tempat wisata di Riau tepatnya di Kampung Dalam, Kecamatan Siak.

Kolam Hijau Raja Kecik

Ada hal unik tentang Kolam Hijau Raja Kecik, yakni airnya yang berwarna hijau dan konon katanya dulu warna hijaunya jauh lebih pekat. Fungsi dari Kolam Hijau ini dulu digunakan untuk membersihkan senjata seperti keris dan sejata tajam lainnya. Dan yang membuatnya adalah Raja Kecil yang mendirikan Kerajaan Siak pertama kali di Buantan. Dan tidak jauh dari Kolam Hijau terdapat makam Rajak Kecik dan Sultan Siak II. Jadi tempat wisata di Riau ini memang bagi wisatawan yang ingin melihat sejarah Kerajaan Siak lebih detail dan juga berziarah di makam Raja Kecik dan Sultan Siak II.

Masjid Raya Syahabuddin

Masjid ini terlihat sangat bersih dengan penataan taman yang begitu cantik dan yang membuat perpaduan antara warna kuning, hijau masjid semakin menyatu dengan alam. Dan di samping masjid juga ada makam Sultan Syarif Kasim II yang sering dikunjungi peziarah. Masjid Raya Syahabuddin ini dibangun pada tahun 1926, mungkin masuk juga dalam masjid tertua di Indonesia. Masjid Raya Syahabuddin ini dibangun ketika Sultan al-Said al-Kayim Abdul Jalil Saifuddin berkuaasa di Kerajaan Siak Sri Inderapura. Dan sekarang masjid ini tidak hanya sebagai pusat peribadahan umat Muslim saja tapi juga sebagai tempat wisata di Riau terutama wisata religi.

Makam Sultan Syarif Kasim II

Lokasi Makam Sultan Syarif Kasim II dan keluarganya ini tepat berada di samping Masjid Syahabuddin. Dan cukup sering dikunjungi wisatawan terutama setelah dari masjid lalu dilanjutkan ke Makam Sultan Syarif Kasim II. Sultan Syarif Kasim II ini termasuk tokoh pejuang yang sama seperti Sultan di Jogja yang ikut membantu Negara ini merdeka dari kolonial Belanda. Bahakn Sultan Syarif Kasim II ini menyumbangkan kekayaanny lebih dari 1 triliun untuk pemerintahan RI kala itu. Dan sekarang makamnya menjadi tempat wisata di Riau khususnya wisata ziarah untuk memberikan doa kepada beliau.

Queen Star Water Park

Destinasi apa yang tidak dimiliki oleh Kabupaten Siak? Hampir semua destinasi wisata ada di Kabupaten Siak, mulai dari wisata buatan hingga yang alami. Queen Star Water Park ini menambah tempat wisata di Riau khususnya di Siak. Semua wahana air tersedia di dalam QSWP, seperti kolam renang, perosotan, bahkan flying fox juga ada di Queesn Star Water Park. Lokasi QSWP ini berada di jalan lintas Siak-Tumang.

Taman Lalu Lintas Tanjung Agung

Tempat wisata di Riau ini bisa menjadi percontohan bagi Kabupaten lainnya. Taman Lalu Lintas Tanjung Agung ini dibuat memang sebagai wisata edukasi. Selain itu di dalam taman juga tersedia berbagai fasilitas bermain untuk anak atau playground. Lokasi Taman Lalu Lintas Tanjung Agung ini berada di Kecamatan Mempura, tepat sebelum Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah.

Taman Syekh Abdurrahman

Tempat wisata di Riau ini tepat berada di pinggi Sungai Siak dan hampir di pinggirnya berjajar pepohonan yang sangat rindang. Eksotisme dari Taman SYekh Abdurrahman ini akan terlihat ketika hari mulai senja. Sinar lampu yang begitu cantik akan menemani kamu nongkrong di Taman Syeh Abdurrahman. Cukup ramai keitka malam hari, apalagi jika sudah mulai liburan bakalan penuh wisatawan yang menikmati hembusan angin dan indahnya Sungai Siak di malam hari.

Taman Tengku Agung

Inilah taman yang benar-benar memiliki penataan yang sangat cantik dengan konsep Ruang Terbuka Hijau sepertinya sudah sangat pantas sekali. Lokasinya yang berada di sebelah Jembatan Tanjung Agung yang berpadu dengan Sungai dan juga danau kecil di dalamnya menjadi  begitu mempesona. Taman Tengku Agung memang menjadi tempat wisata di Riau tepatnya di Kabupaten yang mampu memikat para wisatawan. Taman ini juga cukup ramai ketika hari mulai senja dan juga ketika musim liburan datang.

Taman Tengku Mehratu

Tempat wisata di Riau, tepatnya di Kabupaten Siak ini semakin menambah daftar destinasi wisata yang ada di Siak. Taman Tengku Mahratu sangat terkenal akan air mancurnya yang berwarna-warni ketika malam hari. Selain itu taman ini juga memiliki semacam playground untuk anak-anak. Dan memang benar-benar menjadi tempat wisata yang komplit dan sangat cocok untuk wisata keluarga. Belum lagi ditambah dengan view Sungai Siak ketika senja, sudah pasti sangat terlihat eksotis.

Taman Tengku Syarifah Aminah

Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Siak, Kampung Dalam. Taman Tengku SYarifah Aminah ini memang lebih ditujukan untuk wisata keluarga. Karena di dalam taman ini begitu banyak fasilitas untuk bermain anak-anak. Dan di dalam taman ini juga ada semacam arena untuk permainan tradisional seperti gasing.

Tangsi Belanda

Tempat wisata di Riau ini tepatnya di Kecamatan Mempura, Siak yang merupakan warisan sejarah massa kolonial Belanda di Tanah Air. Tangsi Belanda dulu digunakan sebagai pertahana, pusat logistic, perkantoran, dan juga gudang senjata. Tapi kini dimanfaatkan sebagai tempat wisata yang cukup menarik, setidaknya mengenal sejarah lebih dekat masa kolonial Belanda di Kabupaten Siak. Dari sisi artiektur bangunan sudah pasti selfieable dan terlihat sangat klasih. Mungkin juga sangat cocok untuk photo pre-wedding.

Tempat Wisata di Dumai

Dumai adalah sebuah kota yang berada di Provinsi Riau yang lokasinya sangat strategis terutama untuk perdagangan internasional karena lokasinya yang berada di Selat Malaka. Selain itu Dumai menjadi Kota terbesar yang ada di Indonesia untuk saat ini. Strategisnya lokasi Dumai, maka cukup banyak wisatawan asing yang singgah di Kota Dumai untuk menikmati tempat-tempat wisata yang cukup menarik perhatian. Dan berikut ini beberapa destinasi wisata yang cukup menarik dan menambah jumlah tempat wisata di Riau.

Danau Bunga Tujuh

Tempat wisata di Riau, tepatnya berada di Kota Dumai ini memang sedang dipercantik oleh pemerintah Dumai. Karena lokasinya yang hanya berjarak 8 km dari pusat Kota Dumai menjadikan tempat wisata Danau Bungau Tujuh ini cukup sering dikunjungi wisatawan, terutama wisatawan lokal. Yang cukup menarik adalah tersedianya fasilitas wahana bermain seperti kereta air, perahu untuk berkeliling danau dan juga adanya pondok untuk bersantai serta kafe-kafe apung yang berada di atas danau.

Ekowisata Bandar Bakau

Tempat wisata di Riau ini menjadi destinasi andalan Kota Dumai tepatnya di Dumai Selatan. Selain sebagai konservasi hutan bakau dan juga bisa menjadi sarana edukatif. Ketika kamu mulai masuk ke dalam hutan bakau, suasana yang sangat sejuk cukup terasa dan juga viewnya sangat eksotis. Kamu juga bisa mengelilingi Ekowisata Bandar Bakau dengan menggunakan sampan atau perahu sembari memancing ikan yang menghuni hutan bakau akan lebih menarik. Selain menikmati hutan bakau kamu juga bisa melihat macan dahan yang menghuni Ekowisata Bandar Bakau.

Goa Pelintung

Konon katanya Goa Pelintung dulunya sebagai tempat untuk menyimpan harta hasil jarahan para perompak dari negeri Siam. Dan saking banyaknya harta tersebut ditutupi oleh bebatuan hingga membentuk bukit yang kini lebih dikenal dengan Bukit Kerudung. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Medang Kampai, Kelurahan Pelitung.

Hutan Wisata Sungai Dumai

Adanya Hutan Wisata Sungai Dumai menjadi peneduh bagi warga Kota Dumai, karena Kota Dumai itu sendiri cuacanya sangat panas. Maka sangat wajar jika konservasi hutan ini cukup ramai pengunjung, apalagi ketika liburan semakin banyak wisatawan yang datang yang pengin ngadem. Selain itu tempat wisata di Riau, tepatnya di Bukit Jin, Kecamatan Dumai Barat dan Dumai Timur memiliki cukup banyak flora di dalamnya. Jadi juga bisa sebagai wisata edukatif untuk anak-anak.

Makam Pawang Leon dan Batu Tapak Harimau

Inilah seseorang yang memiliki kesaktian begitu juga dengan Harimau asuhannya yang juga sama memiliki kesaktian. Belilaulah yang membangun Kampung Pelintung yang dibantu oleh Harimau setianya. Dan situs Batu Tapak Harimau itu konon katanya Harimau itu menghentakkan kakiknya ke batu ketika mengusir musuh dari Kamppung Pelintung. Dan sekarang Makam Pawang Leon ini menjadi tempat wisata di Riau tepatnya di Kecamatan Medang Kampai, Kelurahan Pelintung.

Makam Siti Laut

Siti Laut adalah anak dari seorang pemangku adat yang rela memenuhi syarat dari seorang Raja menjadi galang Lancang Kuning. Dan hingga kini Makam Siti Laut ini sering didatangi para peziarah baik dari Dumai maupun dari luar Dumai. Makam Siti Laut menambah daftar tempat wisata di Riau terutama wisata sejarah, yang lokasinya berada di Kelurahan Pangkalan Sesai.

Makam Syekh Sayyid Azziz Ibrahim

Inilah makam ayahanda Putri Tujuh dan juga Raja dari Kerajaan Sri Bunga Tanjung yang meninggal ketika perang melawan Kerajaan Tamiang Aceh. Makam ini biasanya sangat ramai dikunjungi peziarah terutama pada saat memasuki bulan Ramadhan. Yang akhirnya menjadi tempat wisata di Riau tepatnya berada di Kecamatan Sungai Sembilan yang cukup sering dikunjungi peziarah.

Makam Syekh Umar

Konon katanya beliau inilah yang meramalkan adanya Kota Dumai seperti sekarang ini. Selain itu beliau juga penyebar agama Islam di Dumai. Cukup banyak peziarah yang datang untuk mendoakan, terutama di hari-hari tertentu. Tempat wisata di Riau ini menjadi wisata sejarah yang dimiliki Kota DUmai. Untuk lokasinya berada di pusat kota tepatnya di Jalan Syekh Umar.

Masjid Al Manan

Tempat wisata di Riau ini menjadi destinasi religi kebanggaan bagi masyarakat Dumai. Masjid Al Manan yang memiliki arti Maha Pemberi Anugerah ini memiliki arsitektur yang sangat megah dengan adanya 4 menara tinggi di depan dan belakang masjid. Donimasi warna biru muda dengan akses warna hijau membuat masjid ini terasa sejuk di tengah cuaca panas Kota Dumai. Tidak hanya diperuntukkan perbadahan saja, tapi juga wisata religi bagi wisatawan dari Dumai maupun dari luar Kota Dumai.

Pantai Puak Dumai

Tempat wisata di Riau ini tergolong masih baru tapi lngsung banyak wisatawan yang berdatangan ke Pantai Puak Dumai. Hal ini dikarenakan selain masih baru, cukup banyak wahana air atau fasilitas yang tersedia di Pantai Puak Dumai. Seperti banana boat, speed boat juga ada yang siap untuk memanjakan wisatawan. Selain itu pantainya yang sangat terawat dan juga bersih ini menjadi tempat yang asyik untuk menikmati panorama pantai ketika sore hari. Lokasi wisata Pantai Puak DUmai ini berada di Kecamatan Medang Kampai.

Pantai Purnama

Meskipun pantai ini terkena abrasi, tapi tidak menyurutnya para wisatawan untuk menikmati suasana romantis Pantai Purnama. Tempat wisata di Riau ini memang sangat unik, dengan banyaknya pohon kelapa yang ada di pinggir pantai, akhirnya dibuatlah semacam pondok-pondok tradisional. Pondok tersebut digunakan sebagai tempat santai menikmati panorama laut dan juga semakin menambah kesan romantis Pantai Purnama. Lokasi wisata Pantai Purnama ini berada di Kecamatan Dumai Basrat, Kelurahan Purnama.

Pantai Teluk Makmur

Salah satu destinasi andalan yang dimiko Kota Dumai adalah Pantai Teluk Makmur dan menambah tempat wisata di Riau yang cukup menarik untuk dikunjungi. Eksotisme pantai ini sangat terlihat baik mulai senja maupun ketika sunset. Dengan berjajarnya pohon kelapa di pinggir pantai menjadi spot terbaik untuk menikmati indahnya Pantai Teluk Makmur.

Pesanggrahan Putri Tujuh

Asal mula Pesanggrahan Putri Tujuh ini adalah tempat persembunyian dari Tujuh Putri yang kecantikannya terkenal seantero nusantara. Ketujuh Putri Kerajaan Sri Bunga Tanjung tersebut diburu oleh Kerajaan Tamiang Aceh. Putri Tujuh itu disembunyikan oleh Ratu Sima, namun apa daya gempuran Kerajaan Tamiang Aceh sangat kuat dan akhirnya persembunyian bawah tanah itu runtuh dan mengubur ke tujuh Putri tersebut. Dan kini tempat persembunyi ini menjadi tempat wisata di Riau yang dinamakan Pesanggrahan Putri Tujuh yang berada di Kawasan Pertamina, Dumai.

Situs Batu Beranak

Batu beranak ini tidak lepas dengan Syekh Umar karena beliaulah yang membawa Batu Beranak. Dan konon katanya batu beranak ini memang bertambah menjadi lebih banyak. Batu Beranak ini diwadahi dengan tempayan yang juga di tempatkan dekat dengan Makam Syekh Umar. Banyak juga peziarah yang datang ke Makam dan Batu Beranak dari luar Dumai. Dan Situs Batu Beranak ini menambah tempat wisata di Riau terutama di Kota Dumai untuk wisata sejarah.

Taman Bukit Gelanggang

Panasnya Kota Dumai menjadi sedikit berkurang dengan adanya Taman Bukit Gelanggang. Inilah langkah pemkot Duma untuk membuat Ruang Terbuka Hijau. Fasilitas yang ada di dalam Tman Bukit Gelanggang ini juga cukup memadai. Seperti area olahraga, area bersantai, dan bahkan ada playground yang memang lebih dikhususkan untuk anak-anak. Adanya Taman Bukit Gelanggang ini menambah tempat wisata di Riau khususnya Kota Dumai yang tak lain untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan ke Kota Dumai.

Tempat Wisata di Pekanbaru

Inilah Ibu Kota Provinsi Riau, Pekanbaru yang menjadi pusat perdagangan yang sangat maju. Apalagi didukung dengan kondisi geografisnya sebagai kota yang dilalui jalur lintas Sumatera semakin membuat Kota Pekanbaru maju lebih pesat. Begitu juga dengan sektor pariwisata, cukup banyak mendatangkan wisatawan untuk mengunjungi obyek wisata yang ada di Pekanbaru. Tempat wisata di Riau cukup beragam dan salah satu penyumbang obyek wisata yang cukup banyak ada di Kota Pekanbaru. Dan berikut ini daftar tempat-tempat wisata yang sangat menarik di Pekanbaru.

Anjungan Seni Idrus Tintin

Nama dari gedung kesenian ini diambil dari seorang seniman yang bernama Idrus Tintin. Jika kita lihat dari arsitekturnya Anjungan Seni Idrus Tintin ini hampir seperti Istana Kerajaan. Tetapi gedung ini difungsikan sebagai tempat pagelaran kesenian. Dan bahkan di dalam Anjungan Seni Idrus Tintin terdapat berbagai karya dari seniman-seniman yang di pajang di dalam gedung. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Bukit Raya, Simpang Tiga.

Danau Bandar Kayangan

Danau ini juga dikenal oleh masyarakat Pekanbaru dengan sebutan Danau Buatan, karena memang terbentuknya Danau Bandar Kayangan juga dibuat sedemikian rupa. Meskipunbegitu panorama Danau Bandar Kayangan ini sangat menarik. Sangat terlihat eksotisme dari danau ini ketika hari mulai senja dengan temaram sinar matahari semakin jelas eksotismenya. Tempat wisata di Riau hanya berjarak 10 km saja dari Pekanbaru dan mampu mendatangkan cukup banyak wisatawan yang ingin menikmati panorama danau dengan menggunakan kapal atau perahu kecil yang ada di danau.

Desa Wisata Okura

Salah satu tempat wisata di Riau yang menjadi andalan Kota Pekanbaru ini berada di Kecamatan Rumbai. Desa Wisata Okura benar-benar sangat layak dijadikan deesa wisata karena eksotisme Desa Okura benar-benar terlihat. Mulai dari kebersihan sungai dan juga alamnya yang masih sangat asri dan juga budaya adat dan istiadatnya masih sangat kental. Yang cukup menarik adalah ketika kamu melakukan perjalanan ke Desa Okura melalui jalur sungai. Kamu akan disuguhi panorama perkebunan kelapa sawit dan juga pepohonan rindang di pinggir sungai.

Kolam Pemancingan Garuda Sakti

Obyek wisata yang satu ini memang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata alternatif di Pekanbaru. Meskipun milik perseorangan tapi Kolam Pemancingan Garuda Sakti Km 8 ini panoramanya cukup asri. Dengan kolam ikannya yang alami dan juga luas ditambah lagi pepohonan yang cukup banyak semakin membuat suasane terasa sejuk. Tempat wisata di Riau ini tepatnya di Kota Pekanbaru memiliki cukup banyak ikan, seperti ikan patin, ikan nila, lele, dan lain-lain.

Masjid Agung An-Nur

Inilah masjid kebanggaan masyarakat Pekanbaru dan menjadi tempat wisata di Riau khusunya wisata religi. Majsid Agung An-Nur ini salah satu masjid termegah yang ada di Indonesia. Masjid Agung An-Nur dibangun pada tahun 1968 dari sisi arsitekturnya memang mirip dengan Taj Mahal di India. Makanya banyak masyarakat Riau menyebutnya dengan Taj Mahalnya Provinsi Riau. Baik ketika siang hari maupun malam hari Masjid Agung An-Nur ini benar-benar sangat indah dan menakjubkan.

Masjid Raya Senapelan

Salah satu masjid tertua yang ada di Indonesia ini juga termasuk dalam cagar budaya karena dibangun pada abad 18 keitka itu pada masa Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah. Meskipun ada beberapa bagian masjid yang direnovasi tetapi tetap tidak merubah dari design awal masjid. Dan kini Masjid Raya Senapelan atau lebih dikenal dengan Masjid Raya Pekanbaru ini menjadi tempat wisata di Riau terutama wisata religi. Lokasi Masjid Raya Senapelan ini berada di Kampung Bandar, Kecamatan Senapelan.

Museum Kereta Api dan Tugu Pahlawan Kerja

Tempat wisata di Riau, tepatnya di Kota Pekanbaru ini sebagai salah satu bukti sejarah tentang penduduk pribumi yang tewas karena kerja paksa romusha waktu penjajahan Jepang. Ada sekitar 10.000 pekerja paksa yang tewas ketika pembangunan rel kereta api yang menghubungkan antara Pekanbaru dengan Padang. Bahlakn Belanda menjulukinya sebagai The Death Railway. Dan Monumen Kereta Api dan Tugu Pahlawan Kerja ini menjadi bukti bahwa dulu juga ada kereta api yang beroperasi di Pekanbaru.

Museum Sang Nila Utama

Nama dari Museum di Pekanbaru ini diambil dari nama Raja Bintan yang berkuasa pada abad 13 di Pulau Bintan. Museum Sang Nila Utama ini menjadi tempat wisata di Riau yang menarik untuk dikunjungi. Karena museum ini cukup banyak menyimpan barang peninggalan atau cagar budaya. Salah satunya yang ada di museum ini yang cukup terkenal adalah Batu SIput yang memiliki berat hampir 1 ton. Selain itu juga masih banyak koleksi penginggalan benda-benda kerajaan di masa lalu. Lokasi Museum Sang NIla Utama ini berada di Marpoyan Damai, Tengkerang Tengah.

Perpustakaan Soeman H.S

Inilah destinasi wisata edukasi dan surganya bagi para pecinta buku, Perpustakaan Soeman H.S namanya. Soeman H.S adalah seorang novelis yang berasal dari Riau dan namanya diabadikan menjadi nama perpustakaan yang ada di pusat kota Pekanbaru. Yang sangat menarik adalah arsitektur dari bangunannya yang mirip dengan buku terbuka atau seperti rehal (tatakan buat Al-Qur’an). Tempat wisata di Riau ini memiliki cukup banyak koleksi buku, dan bahkan pernah menjadi perpustakaan terbesar di Asia.

Rumah Singgah Tuan Kadi

Rumah adat Melayu ini dibangun pada tahun 1928 dan yang punya adalah Tuan Qadhi Zakaria. Rumah Singgah Tuan Kadi ini merupakan cagar budaya yang lokasinya tepat bersebelahan dengan jembatan Sungai Siak. Dan sekarang telah menjadi tempat wisata di Riau tepatnya di Pekanbaru yang sangat menarik untuk dikunjungi, terutama ketika sore hari sembari menikmati panorama Sungai Siak.

Taman Putri Kaca Mayang

Tempat wisata di Riau ini lokasinya tepat berada di pusat Kota Pekanbaru dan di depan Kantor Walikota Pekanbaru. Sangat tidak heran kalau Taman Putri Kaca Mayang ini sangat ramai dikunjungi wisatawan. Fasilitas yang ada di dalam sangat lengkap, mulai dari kolam renang, taman bermain anak, komedi putar, dan area hijau. Taman Putri Kaca memang menjadi destinasi wisata alternatif yang cukup favorit bagi masyarakat Pekanbaru.

Taman Wisata Alam Mayang

Satu lagi tempat wisata di Riau ini menjadi andalan Kota Pekanbaru yang memiliki wahan apermainan yang sangat lengkap. Mulai dari wahana air lengkap seperti perahu dan juga bana boat hingga adanya flying fox dan juga tempat bersantai. Taman Wisata Alam Mayang ini memang destinasi wisata yang sangat cocok untuk menghabiskan musim liburan. Kamu bakal puas menikmati segala permainan yang ada di dalamnya atau bahkan sekedar bersantai menikmati danau buatan dibawah rindangnya pepohonan. Lokasi wisata Taman Wisata Alam Mayang ini berada di Kecamatan Bukit Raya, Kelurahan Tangkerang.


Artikel Terkait