Puncak Genting, Sensasi Menikmati Kopi Luwak di Dataran Tinggi Gayo
Puncak Genting merupakan daerah perbukitan yang terletak di Kabupaten Gayo Lues, menawarkan pemandangan alam berupa perbukitan, hamparan sawah serta kopi luwak gayo yang nikmat.

Sebagian kawasan Kabupaten Gayo Lues merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser yang didominasi dengan dataran tinggi. Dibalik perbukitan ini, tersimpan beberapa tempat wisata yang menjadi andalan bagi masyarakat lokal hingga luar kota untuk menikmati keindahan alamnya, salah satunya yaitu Puncak Genting.

Puncak Genting atau sering juga dikenal dengan Genting Highland ini menawarkan keindahan alam berupa perbukitan hijau serta hamparan sawah. Disini wisatawan bisa menikmati sejuknya udara di perbukitan yang masih terbebas dari polusi. Tak hanya keindahan alamnya, di tempat ini wisatawan juga bisa mencicipi kopi luwak gayo yang terkenal akan kenikmatannya.

Puncak Genting

Secara geografis, Puncak Genting terletak pada Kecamatan Pining, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh. Untuk menuju ke tempat wisata ini wisatawan setidaknya harus menempuh jarak kurang lebih 16 kilometer dari Kota Blang Kejeran atau juga bisa ditempuh dengan melakukan perjalanan selama 30 menit. Tempat ini juga tak jauh dari pintu masuk bagi para pendaki di Gunung Leuser.

Tidak ada angkutan umum yang akan membawa wisatawan ke Puncak Genting, sehingga pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi. Selama perjalanan, traveller dihadapkan dengan jalur yang menanjak serta berliku, untungnya kondisi jalan sudah diaspal dengan mulus. Disepanjang perjalanan menuju puncak, pengunjung akan ditemani dengan pemandangan alam berupa hamparan sawah, perbukitan serta perkebunan milik warga yang sangat enak dipandang mata.

Pesona Puncak Genting

Saat berada di Puncak Genting, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat menawan. Deretan persawahan milik warga yang menghijau, barisan perbukitan yang nampak asri, serta gelombang awan bak ombak dilautan menjadi sebuah fenomena yang sayang untuk dilewatkan. Sebuah sajian yang bertolak belakang dengan padatnya suasana ibukota.

Sebelum menjadi tempat wisata yang digandrungi masyarakat sekitar Gayo Lues, Puncak Genting dulunya merupakan tempat persinggahan sementara bagi para pengendara yang melewati Kecamatan Pining. Namun karena keindahan alamnya, lambat laun tempat ini mulai dilirik sebagai sebuah objek wisata.

Puncak Genting

Ketika berada di Puncak Genting, wisatawan diperkirakan berada di ketinggian sekitar 1.100 meter diatas permukaan laut. Sehingga akan dirasakan udara dingin yang menusuk tulang khas dataran tinggi. Secangkir kopi luwak gayo ditemani mie instan akan menjadi teman yang pas untuk menikmati keindahan panorama alam di tempat wisata ini.

Kabupaten Gayo Lues memang dikenal merupakan salah satu daerah penghasil kopi gayo. Namun kopi gayo di daerah ini terasa special karena kopi yang dihasilkan didapat dari fermentasi kotoran hewan luwak. Hal ini pula yang menjadikan kopi luwak gayo memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada kopi gayo biasa.

Di Puncak Genting, wisatawan bisa melihat hamparan perkebunan kopi yang berada disekitar puncak. Selain itu, pengunjung juga diperbolehkan untuk melihat hewan fenomenal tersebut, yang menjadikan cita rasa kopi semakin istimewa. Kesempatan ini tentu bisa menjadi pengalaman tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

Puncak Genting memang menjadi salah satu tempat wisata favorit yang tak pernah sepi pengunjung. Tempat ini merupakan tempat yang pas untuk berlibur bersama keluarga atau teman-teman di kala akhir pekan tiba. Perpaduan keindahan alam, dan nikmatnya kopi luwak gayo menjadi nilai jual tersendiri yang mampu menarik minat wisatawan lokal hingga luar kota.

Fasilitas Puncak Genting

Fasilitas yang terdapat di Puncak Genting tergolong cukup lengkap dan memadai, meskipun belum dikeloka pemerintah sepenuhnya. Di tempat ini terdapat fasilitas untuk wisatawan seperti toilet umum, mushola, dan juga tempat parkir yang cukup luas.

Wisatawan juga tak perlu khawatir jika merasa lapar, karena telah terdapat beberapa warung dan kedai yang menawarkan berbagai makanan. Pengunjung bisa memesan makanan serta mencicipi kopi luwak gayo yang bisa didapatkan dengan harga cukup murah disini. Setelah memesan, wisatawan bisa menikmatinya dengan duduk santai menikmati indahnya panorama alam.

Baca Juga: Blang Tasik, Wisata Hutan Pinus dengan Spot Hunting Foto Kekinian

Di Puncak Genting juga telah dibangun karaoke keluarga yang disediakan oleh pemiliki kedai dan warung. Selain menikmati keindahan alam, wisatawan juga bisa mengolah suara bagi yang memiliki hobi bernyanyi. Cukup dengan merogoh kocek Rp. 70.000 per jam, wisatawan sudah bisa menikmati fasilitas karaoke keluarga ini bersama teman dan kerabat dekat.

Bagi yang ingin menginap, maka wisatawan tak perlu khawatir karena telah tersedia guest house di sekitar Puncak Genting dan di pos masuk pendakian Gunung Leuser. Jika ingin penginapan atau hotel yang lebih nyaman, wisatawan bisa menuju ke Kota Blang Kejeran yang menawarkan pilihan lebih lengkap.

Berwisata di Puncak Genting bisa menjadi alternatif untuk liburan akhir pekan. Berikut kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan ketika berada di puncak.

Menikmati Keindahan Alam

Jika kamu menginginkan sebuah tempat wisata yang jauh dari hingar bingar keramaian kota, maka Puncak Genting merupakan pilihan tepat untuk mengisi waktu liburanmu. Kamu akan disuguhkan dengan pesona alam berupa perbukitan hijau, perkebunan kopi, serta hamparan sawah yang masih terjaga kelestariannya.

Kamu akan merasakan dinginnya udara khas dari dataran tinggi, serta dimanjakan dengan alam yang begitu alami. Bagi kamu penggemar kopi, wajib hukumnya untuk mencicipi kopi luwak gayo yang nikmat ini. Tempat ini memang sangat cocok untuk refreshing, serta melarikan diri sejenak dari rutinitas sehari-hari yang menjemukan.  

Hunting Foto

Bagi kamu yang hobi fotografi landscape, tempat ini juga bisa menjadi destinasi huntingmu berikutnya. Disini kamu bisa memotret keindahan alam seperti perbukitan, sawah, perkebunan dan juga deretan pegunungan. Berselfie ria bersama teman-teman pun bisa kamu lakukan disini, karena banyak spot menarik yang bisa kamu jadikan background berfoto.

Jika kamu hendak mencari objek wisata untuk foto prewedding, Puncak Genting juga bisa menjadi pilihan. Jangan lupa bawalah kamera yang bagus agar hasil fotomu semakin maksimal. Bila mempunyai drone, kamu bisa memotret serta merekam keindahan alam yang ditawarkan di tempat ini dari udara.

Menikmati Kopi Luwak Gayo

Bagi para pecinta kopi, tempat ini seolah menjadi surga yang wajib hukumnya untuk dikunjungi. Disini banyak sekali wisatawan yang setiap minggu rela datang hanya untuk menikmati lezatnya kopi luwak gayo. Hanya dengan merogoh kocek Rp.10.000 per gelas, kamu sudah bisa mencicipi nikmatnya kopi luwak gayo hangat di tengah dingin yang menusuk tulang.

Baca Juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Selain itu, kamu juga bisa langsung melihat hewan luwak yang dipelihara oleh pemilik kedai. Luwak liar ini didapat dari hutan, dan memang dipelihara untuk menghasilkan kopi luwak. Tak hanya berwisata, kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan tentang hewan yang membuat harga kopi semakin tinggi ini.

Tips Berwisata di Puncak Genting

  • Berhati-hatilah ketika berkendara menuju puncak, karena jalan yang menanjak dan berliku.
  • Sebaiknya bawalah baju hangat, karena udara yang sangat dingin ketika dipuncak.
  • Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen di puncak.
  • Jagalah kebersihan dengan membuang sampah ditempatnya.
  • Jagalah kelestarian puncak, dan jangan merusak apapun yang ada di puncak.

Artikel Terkait