Pulau Sempu, Berwisata Sambil Melihat Indahnya Pantai
Malang adalah salah satu kota yang bersih dan sejuk di Jawa Timur, tanpa diragukan lagi, sudah terkenal sejak dulu. Penghilang sejarah yang tersebar di sekitar Malang Menampilkan bahwa topi memainkan peran penting di masa depan dan membentang dari 112 ° 17 '10,90 ° sampai 112 ° 57' 0,00 ° BT Bujur dan memanjang dari 7 ° 44 '55,11 ° sampai 8 ° 26 '35,45 ° Lintang Selatan.

Jika merasa penat dengan segala urusan pekerjaan atau yang lainnya pasti anda memikirkan tentang sebuah rekreasi yang menyenangkan baik itu sendiri bersama keluarga atau teman-teman anda. Namun tidak sedikit yang mengurungkan niat untuk liburan karena kebanyakan orang berpikir bahwa liburan harus selalu mengeluarkan uang yang banyak. Ada berbagai macam jenis obyek wisata di sekitar anda yang tidak perlu memerlukan biaya berlimpah untuk menikmatinya. Terutama jika anda tinggal di Malang, salah satu kota di Jawa Timur. Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar kota untuk sekedar refreshing sejenak melepas penat dan lelah setelah berhari-hari bekerja. Di Malang ada beberapa obyek wisata yang bisa anda kunjungi dengan biaya yang murah, contohnya adalah Pulau Sempu.

Pulau Sempu adalah salah satu destinasi wisata yang berlokasi di 69 km dari kota Malang, pulau Sempu merupakan surga tersembunyi. Pulau Sempu merupakan kawasan konservasi dengan luas wilayah 877 ha. Untuk sampai ke pulau Sempu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Kawasan pelestarian pulau Sempu, jadi untuk masuk ke pulau ini pertama-tama kita harus mendapat izin dari si ranger, dan untuk memasuki pulau kita harus ditemani oleh pemandu. Ada danau yang indah, sebutlah danau khayangan. Para wisatawan biasanya berkemah di sekitar danau Khayangan. Sementara di pulau Sempu, Anda akan terpesona melihat adanya elang jawa elang, lumba-lumba yang sesekali muncul di permukaan, dan berbagai binatang lainnya.

Di sebelah pulau ini ada pusat pelelangan ikan, dimana nelayan bisa mendarat dengan cathing dan menjual ikan di pusatnya. Pengunjung bisa membeli ikan segar di sini dan memasak atau memanggangnya di dekatnya. Pantai yang ada di Pulau Sempu memiliki pasir putih yang indah dan air yang berwarna biru jernih, ditambah lagi banyak ikan-ikan kecil yang berenang kesana kemari yang bisa terlihat dari permukaan air. Selain itu bukit-bukit hijau di Pulau Sempu juga sangat elok dan eksotis, dijamin bagi siapapun yang datang akan betah menikmati pemandangan alami di sana. Bahkan tidak hanya wisatawan lokal, banyak wisatawan asing yang jatuh cinta dengan Pulau Sempu.

Perlu diingat bahwa PULAU SEMPU MERUPAKAN SEBUAH CAGAR ALAM. Untuk masuk ke cagar alam ini harus mendapatkan surat izin terlebih dahulu. Sebelum mendapatkan surat izin, anda akan sedikit mendapat gambaran mengenai Pulau Sempu dan saran dari kepala bagian perizinan. Setelah mendapatkan izin, pengunjung bisa menyewa sebuah perahu. Dan sebaiknya jika anda berkunjung kesana tidak perlu menghabiskan malam, cukup beberapa jam saja. Walaupun begitu anda pasti akan dipuaskan oleh pemandangan alam yang sangat elok.

Fasilitas di Pulau Sempu

Karena memang fungsinya sebagai sebuah Cagar Alam yang dilindungi dan wisatawan tidak bisa seenaknya untuk keluar masuk mengunjungi Pulau Sempu, tidak ada fasilitas penunjang yang bisa anda temukan. Satu-satunya fasilitas yang bisa anda manfaatkan saat di sana adalah perahu yang akan mengantarkan anda untuk menyebrang sampai ke Pulau Sempu. Di sana memang ada area yang bisa anda gunakan untuk berkemah, namun seiring diperketatnya ijin untuk wisatawan, sebaiknya anda tidak perlu menghabiskan malam di sana. Demi menjaga kelestarian alam. Semoga saja nantinya pemerintah kabupaten Malang bisa membuat Pulau Sempu sebagai obyek wisata sepenuhnya.

Hunting Foto di Pulau Sempu

Jika anda sangat menyukai seni fotografi dan wisata alam yang mempesona, anda bisa dengan leluasa menyalurkan hobi anda untuk mengambil foto di sekitar area Pulau Sempu. Banyak spot-spot foto yang menarik yang bisa anda jadikan latar belakang untuk berfoto bersama keluarga atau teman-teman anda seperti air laut pantainya yang biru. Sembari bermain-main air, anda bisa juga berselfie ria. Bukit-bukit di sana seperti yang telah dijelaskan di atas berjajar membentuk panorama yang elok dan sangat Instagrammable. Anda juga bisa melihat banyaknya perahu-perahu nelayan yang menghiasi laut pantainya. Jangan lupa juga untuk mengunggah foto-foto yang sudah anda dapatkan ke media sosial.

Baca juga : Punden Clelek dan Sumber Clelek Peninggalan Budaya yang Menarik di Magetan

Akses Jalan Menuju ke Pulau Sempu

Perjalanan ke Pulau Sempu di mulai dari pusat kota Malang dengan jarak tempuh sekitar 2-3 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi maupun sewaan. Untuk kendaraan sewaan, biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp 400.000,- (Pulang-Pergi) dengan kapasitas 7 penumpang + 1 Supir.

Jika pengunjung hanya ingin menikmati keindahan Pulau Sempu dalam sehari, atau hanya untuk melakukan penelitian singkat, maka bersiaplah untuk memulai perjalanan pukul 03.00 atau pukul 04.00 dinihari WIB. Selama perjalanan anda akan menjumpai keindahan kota Malang. Dari mulai pasar tradisional, desa yang masih sangat sepi, pohon-pohon jati yang tumbuh subur di kanan-kiri perjalanan hingga bukit-bukit yang sangat mempesona. Sangat disarankan saat diperjalanan usahakan berhenti untuk sekedar sarapan dan membeli beberapa liter air minum dan makanan, karena di dalam Pulau Sempu tidak akan ada penjual makanan dan minuman. Untuk menyebrang kesana, anda harus menyewa perahu juga untuk pulang pergi sebesar Rp 100.000,- yang bisa memuat 12 orang.

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Pulau Sempu

Pulau Sempu memang tidak memiliki jam buka khusus yang ditentukan, jadi memang buka selama 24 jam. Dan anda bisa datang kapanpun. Untuk tiket masuknya sendiri sangat murah, yaitu hanya sebesar Rp 5.000,- per orang.

Tips Berlibur ke Pulau Sempu

- Persiapkan stamina anda

- Pastikan kondisi kendaraan anda baik untuk dipakai

- Membawa bekal makanan dan minuman sendiri

- Jangan membuang sampah sembarangan

- Jangan mencemari lingkungan

Artikel Terkait