Pulau Sedanau, Surga Pulau Kecil di Sudut Kota Batam
Pulau Sedanau memiliki pesona yang begitu indah. Hal ini diketahui dengan adanya banyak gunung-gunung yang dapat memberikan pesona alam tersendiri yakni seperti Gunung Kute, Gunung Takong, Gunung Toknen, Gunung Kurai, Gunung Air Duyuk, Gunung Pelawan, dan Gunung Sintu.

Bila Anda suka dengan liburan yang berada di Kepulauan Riau ini maka Anda dapat liburan di wisata ini dengan hal-hal yang menarik di pulau-pulau kecil yang berada di Pulau Natuna. Sehingga Anda akan merasa nyaman jika Anda melakukan liburan dengan pemandangan yang begitu indah ini. Sehingga pulau ini mempunyai banyak keindahan yang begitu beragam

Salah satu pulau tersebut adalah Pulau Sedanau yaitu pulau kecil dengan benua yang dikelilingi oleh air di lautan yang begitu luas di bagian utara kepulauan Indonesia. Lebih tepatnya yaitu di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau atau juga disebut dengan KEPRI yakni sebelah barat dari Pulau Bunguran.

Pesona Pulau Sedanau

Selain itu juga pulau ini memiliki pantai pasir marus yang sangat terkenal di kalangan masyarakat yakni sebagai obyek wisata utama di pulau yang bernama Sedanu ini. Pantai yang memiliki keelokan dan juga garis pantai yakni sepanjang 500 meter mempunyai pasir yang begitu bersih. Selain itu juga air yang berada di pantai begitu jernih dengan udara yang segar.

Berwisata Sambil Mengenal Sejarah

Sambil Anda melakukan hiburan ke pulau ini maka Anda dapat melakukan perjalanan dengan mengenal sejarah. Terdapat beberapa cerita yang menarik yaitu terdapat sebuah kampung karang princess di pulau ini, sehingga ketika pengunjung memasuki kampung ini maka akan disambut dengan cara menyambut dengan menggunakan tugu kecil.

Tugu yang berbentuk kecil tersebut di bagian atasnya terdapat miniatur yakni berupa pesawat baling-baling. Sehingga tanpa sebab bahwa menurut warga sekitar yaitu tugu yang dibangun tersebut adalah secara swadaya oleh masyarakat digunakan untuk mengenang yakni tragedi terjatuhnya pesawat kashmir princess bertipe lockheed L-749A Constellation.

Dalam pesawat tersebut dengan membawa sejumlah penumpang yakni 19 orang. Perjalanan yang dilakukan yaitu dari republik rakyat cina (RRC) untuk menghadiri dalam sebuah acara KAA yang pertama yakni berada di Bandung. Acara tersebut yakni pada tahun 1995 yang silam lalu.

Fasilitas di Pulau Sedanau

Pulau Sedanau dapat Anda nikmati dengan cara melakukan snorkeling dan juga menyelam kedalam laut karena di dalam laut Anda dapat meilhat keindahan yang begitu menakjubkan. Hal ini seperti bebatuan yang berupa batu karang dan juga ikan-ikan kecil  yang ada di dalam laut tersebut.

Selain itu Anda juga dapat menikmati penginapan yang telah disediakan oleh masyarakat sekitar. Hal ini digunakan untuk melakukan istirahat bagi pengunjung jika ingin beristirahat. Sehingga pengunjung tidak merasa capek jika akan pulang untuk meninggalkan tempat wisata ini.

Baca Juga : Gereja Katolik St. Petrus, Beribadah Sekaligus Napak Tilas Penyebaran Katolik Batam

Hunting Foto di Wisata ini

Bagi Anda yang suka dengan berfoto, Anda dapat mengambil foto ditempat wisata ini. Sehingga perjalanan liburan Anda akan semakin mengasyikan. Selanjutnya yaitu Anda dapat berfoto di bebatuan yang terdapat di sekitar tepi pulau ini. Dengan hunting foto, moment yang menyenangkan takkan terlupkan begitu saja.

Akses Menuju Pulau Sedanau

Akses menuju Pulau Sedanau telah mudah dilalui daripada tahun-tahun sebelumnya.  Di sekitar perjalanan akan disuguhkan pemandangan yang begitu asri dan sejuk sehingga lebih dari 2,5 km dari bibir pantai ini memiliki jalan yang sudah berbeton dan juga bangunan-bangunan yang terus dibangun semakin padat. Sehingga perekonomian pulau ini dipusatkan di atas permukaan laut.

Sehingga pemerintah provinsi Kepri sekarang telah memberikan anggaran yakni secara bertahap dalam pembangunan jalan beton di atas permukaan laut yakni kurang lebih sepanjang 1 km dengan lebar yakni sekitar 9 meter. Selanjutnya jalan tersebut telah membentang lurus ke laut.

Oleh sebab itu, Anda tidak usah merasa bingung lagi  untuk menuju ke Pulau Sedanu karena berdasarkan akses jalan pulau ini memang sudah baik dari sebelumnya.

Tips Berwisata ke Pulau Sedanau

Jika Anda ingin menikmati Pulau Sedanau ini maka Anda dapat melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi Anda. Selain itu juga Anda dapat menikmatinya bersama keluarga Anda di waktu weekend berlangsunng.

Namun meskipun menggunakan kendaraan pribadi, tentunya Anda melewati jalur laut terlebih dahulu. Oleh karena itu sebaiknya pilihlah kapal yang berukuran besar yang bisa menampung mobil pribadi Anda juga.

Jam Buka di Pulau Sedanau

Berbicara mengenai waktu buka, Pulau ini tidak ada jam khusus untuk dibuka dan ditutupnya. Sehingga Anda tak perlu khawatir jika ingin berkunjung. Pulau Sedanau ini dapat Anda nikmati dengan cara bersama-sama keluarga Anda. Kemungkinan besar Anda beserta keluarga Anda tidak akan merasa menyesal ketika berada di pulau ini untuk berwisata. Sehingga Anda akan menikmati keindahan yang begitu indah di pulau ini.

Artikel Terkait