Pulau Piugus, Liburan Asik di Pulau Eksklusif Dengan Tarif Terjangkau
Fasilitas yang terdapat di Pulau Piugus tergolong lengkap, mulai dari wisata air, penginapan, restoran atau tempat makan, dan lain sebagainya dapat Anda nikmati selama berada di pulau ini. Terlebih, beberapa fasilitas tersebut tidak mahal harganya

Sebagian besar orang membutuhkan liburan untuk menghilangkan penat dari rutinitas hariannya, entah itu dari pekerjaan, sekolah, dan lain sebagainya. Beberapa destinasi wisata bernuansa alam dapat Anda pilih sebagai solusi tersebut. Salah satu yang disarankan adalah wisata di Kepulauan Riau, Indonesia. Banyak sekali pulau – pulau di sana yang mampu membuat Anda sejenak menikmati hidup dan mengagumi keindahan alam.

Salah satu pulau yang terkenal di Kepulauan Riau, yaitu Pulau Piugus. Pulau ini disebut – sebut sebagai objek wisata terbaik yang dimiliki Riau. Tepatnya, pulau ini dapat dikunjungi dan berada di desa Belibak, kecamatan Palmatak, kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau, Indonesia.

Apa saja keindahan, fasilitas, serta hal lainnya yang dapat dijumpai atau informasi seputar pulau ini? Semuanya dapat Anda temukan jawabannya dengan menyimak pembahasan lebih lanjut pada beberapa sub judul berikut ini.

Fasilitas Pulau Piugus

Fasilitas yang terdapat di Pulau Piugus tergolong lengkap, mulai dari wisata air, penginapan, restoran atau tempat makan, dan lain sebagainya dapat Anda nikmati selama berada di pulau ini. Terlebih, beberapa fasilitas tersebut tidak mahal harganya.

Sebut saja penginapan, pulau ini menyediakan resort dengan pelayanan terbaik. Dengan membayar biaya penginapan di sana, Anda sudah mendapatkan makanan 3 kali sehari, kamar tidur dengan view alam yang indah, fasilitas penginapan lainnya seperti handuk, sabun, pasta gigi, air panas, bahkan sampai wisata air seperti diving juga disediakan.

Tidak heran bila resort ini menawarkan paket wisata air seperti diving di dalamnya karena letaknya yang juga sangat berdekatan dengan pantai dan laut. Kemudian, bila Anda tidak berniat untuk menginap di pulau ini, Anda tetap dapat menikmati makanan khas Riau di beberapa restoran atau tempat makan yang sangat mudah dijumpai.

Bicara mengenai wisata air, Anda tidak perlu takut akan kedalaman laut karena sebelumnya akan dilatih terlebih dahulu. Bahkan, saat menyelam pun Anda tetap ditemani oleh guide untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, contohnya saja hilang arah saat di laut.

Pesona Pulau Piugus

Layaknya pulau pada umumnya, Pulau Piugus juga menawarkan keindahan pantai lengkap dengan hamparan laut dan langit berwarna biru yang sangat jernih. Tidak sampai di sana, Anda akan dapat menemukan keindahan yang lebih jika bersedia mencoba wisata air.

Keindahan bawah laut juga tidak kalah menarik untuk dipandang, sebut saja bongkahan beberapa batu karang. Anda akan disuguhi oleh keunikan dinding batu karang, formasi batu karang, gorgonian, serta aneka ikan hias berwarna – warni yang lucu – lucu dan cantik. Tak heran bila banyak wisatawan menjadikan pulau ini sebagai destinasi wisatanya.

Baca Juga : Pulau Penjalin, Bersantai di Pantai Sembari Menikmati Deburan Ombak Cantik Anambas

Sejarah Pulau Piugus

Tidak ada sejarah khusus mengenai objek wisata ini. Pulau ini hanyalah pulau biasa yang secara kebetulan menyimpan keindahan alam yang sangat memukau mata sehingga sekarang dikembangkan dan dimanfaatkan sebagai daerah wisata yang paling dicari pengunjung.

Hunting Foto di Wisata ini

Ada banyak sekali spot atau latar foto yang menarik untuk diabadikan dalam potret kamera. Mulai dari pantai itu sendiri sampai dengan keindahan bawah lautnya. Anda dapat memotret berbagai hiasan bawah laut, seperti batu karang, ikan hias, dan lain sebagainya dengan menggunakan kamera anti air yang canggih.

Selain itu, layaknya pantai pada umumnya, tentu sebagian besar orang menunggu – nunggu tibanya sunset. Keindahan sunset ini dapat Anda abadikan dalam bentu gambar atau video yang tentunya menjadi kenang – kenangan terbaik yang dapat Anda miliki.

Tips Berwisata ke Pulau Piugus

Bila Anda ingin cepat sampai ke pulau ini, ada baiknya untuk sampai di Desa Ladan terlebih dahulu yang terletak di Pulau Matak Anambas. Tak perlu khawatir, area tersebut sudah memiliki bandara sendiri sehingga tidak akan sulit untuk ditemukan.

Nah, dari sana Anda tinggal menumpang kapal pompong atau speedboat yang menuju ke arah Pulau Piugus. Harga sewanya pun tidak mahal. Jika menggunakan kapal pompong, Anda akan sampai di tempat tujuan dengan lama perjalanan 1 jam. Sementara bila menyewa speedboat akan lebih cepat sampai, yaitu hanya memakan waktu tempuh perjalanan selama 30 menit lamanya.

Menikmati Keindahan Pulau Piugus

Keindahan pulau ini dapat dinikmati oleh setiap pengunjung, mulai dari pantai hingga keindahan bawah laut. Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan sunset secara live tentu akan terasa berbeda dibandingkan dengan melihat dari bali layar saja.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Tidak jauh berbeda dengan objek wisata pada umumnya, pulau ini dapat dikunjungi mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan 20.00 malam dengan dikenakan harga tiket masuk yang sangat murah, yaitu kurang lebih hanya Rp 10.000,00 saja.

Demikian ulasan singkat mulai dari fasilitas, pesona, sejarah, hingga jam buka dan harga tiket masuk ke Pulau Piugus. Semoga dapat menjadi inspirasi destinasi wisata Anda. Jangan lupa untuk mempersiapkan segala kebutuhan berlibur Anda dengan matang. Selamat berwisata.

Artikel Terkait