Pulau Klah, Keindahan Tersembunyi Di Kota Sabang
Sabang merupakan salah satu Kota di Provinsi Nanggro Aceh Darusaalam yang memiliki cukup banyak potensi wisata yang begitu indah dan masih asri. Salah satunya yaitu Pulau Klah.

Pulau Klah ini berada di sebelah Barat Laut dari pulau Weh dan tepatnya berada di jantung teluk Sabang. Di pulau ini juga telah dibangun sebuah mercusuar yang memiliki fungsi sebagai navigasi untuk kapal-kapal yang ingin berlabuh di Teluk Sabang. Pulau Klah ini juga terletak berhadapan dengan Pantai Kreung Raya.

Pulau yang tak berpenghuni ini memiliki luar area yang tidak terlalu besar. Namun keindahan alam yang dimilikinya begitu indah mempesona. Berderet pepohonan yang tumbuh subur dan rindang membuat suasana sejuk saat pertama kali melangkah kan kaki ke lokasi ini. Suasana yang begitu tenang dan damai.

Keindahan Pulau Klah

Di tepi pulau dihiasi dengan bebatuan karang yang cukup terjal dan melengkapi keindahan dari pulau ini. Pulau ini merupakan salah satu pulau yang berada pada perputaran atau pertemuan arus masuk dan keluarnya air laut. Karena itu terdapat habitat hewan terutama jenis ikan yang mendiami perairan ini. Ikan-ikan tersebut seperti ikan cakalang dan ikan layaran. Apabila para nelayan atau peternak ikan sedang panen ikan, di sekitar tepi pulau ini akan diadakan bazar ikan besar-besaran. Basar ikan ini memang terlihat lebih sering diadakan di tepi pantai seberang pulau ini yaitu tepi Pantai Kreung Raya.

Tidak hanya itu, pulau ini juga memiliki potensi keindahan alam bawah laut yang tak kalah menarik perhatian para pemburu keindahan bawah laut. Berbagai jenis ikan dengan keindahan warna-warninya yang berpadu dengan jernihnya air laut. Serta berbagai jenis terumbu karang yang tumbuh menjadi pelengkap keindahan alam bawah laut yang sangat luar biasa cantik. Lokasi ini memang terlihat belum terlalu ramai oleh pengunjung. Namun tak jarang saat akhir pekan ataupu saat hari libur nasional, lokasi ini akan dipadati dengan para pengunjung yang datang tak hanya dari daerah sektar bahkan dari luar kota maupun mancanegara pun terlihat mendatatangi lokasi ini.

Di pulau ini juga tentunya para pengunjung dapat melakukan diving, snorkling, atau bahkan surfing. Ya, karena di lokasi ini ombak yang dihasilkan juga cukup besar namun tetap bersahabat. Namun di lokasi ini yang paling ditonjolkan adalah keindahan alam bawah lautnya. Karena itu kebanyakan para wisatawan yang datang cenderung lebih memilih untuk menelusuri alam bawah laut yang tersembunyi di Pulau Klah ini.

Tak kalah indah pula saat menjelang sore hari dimana matahari mulai tenggelam. Panorama keindahan warna kuning kemerahan yang terpancar di langit menjadikan gambaran sebuah keindahan alam yang mempesona. Tak jarang para pengunjung akan ketagihan dengan keindahan alam yang ditampilkan.

Dan satu lagi yang cukup menarik perhatian para wisatawan yang datang pertama kali. Mereka akan disambut dengan kolam-kolam yang ada di tepi pantainya dan sengaja dibuat oleh para warga untuk membudidayakan ikan seperti ikan kerapu dan jenis ikan-ikan laut lainnya. Kedatangan yang disambut pertama kali oleh banyaknya berbagai jenis ikan-ikan budidaya para warga sekitar menjadi pemandangan yang langka dan sangat unik.

Menikmati keindahan Pulau Klah ini sambil bersantai ria di sebuah cafe yang berada di pinggir jalan dan sambil menikmati le U’ atau dalam bahasa Aceh yang artinya air kelapa.tak hanya itu saja di sekitar lokasi ini juga tersedia berbagai jenis makanan serta minuman yang cukup menggugah selera.Suasana yang begitu tenang dan damai.lokasi ini sangat cocok bagi para pengunjung yang sengaja mencari suasana liburan yang tenang dan damai serta jauh dari kebisingan. Tempat ini juga cocok untuk melepas penat akibat dari hiruk pikuk kota yang sangat melelahkan.

Fasilitas Di Pulau Klah

Berbagai fasilita juga tersedia di kawasan ini, seperti tersedianya berbagai tempat makan seperti cafe-cafe yang ada di tepi pantai, kamar mandi umum atau WC umum, tempat penyewaan alat snorkling. Bagi anda masih enggan beranjak pergi dari lokasi keindahan alam ini juga jangan khawatir. Karena di sekitar kawasan ini juga terdapat tempat penginapan dan bungalow yang berada di pinggir Pulau Klah ini. Lokasi penginapan yang berada di pinggir pulau ini tetap menyajikan keindahan panorama laut yang indah yang dapat di lihat dari balkon-balkon yang tersedia.

Baca Juga : Pantai Iboih, Surga Bawah Laut di Sabang

Peta Lokasi Pulau Klah

Pulau ini merupakan salah satu bagian dari wilayah kota Sabang dan berada di sebelah barat laut dari pulau Weh. Untuk menuju ke lokasi ini dapat menggunakan jalur transportasi laut dengan menggunakan perahu dari Kota Sabang.

Tips Berlibur Ke Pulau Klah

  • Pastikan kondisi kesehatan anda terjaga dengan baik
  • Persiapkan barang-barang yang akan anda bawa saat berlibur dan usahan membawa barang-barang seperlunya saja
  • Jagalah selalu kelestarian alam dengan tidak merusak fasilitas yang ada serta tidak membuang sampah sembarangan

Artikel Terkait