Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu, Alternatif Wisata di Pinggir Kota Jakarta
Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu​ adalah taman penangkaran hewan rusa yang dikelola oleh Perhutani sebagai kawasan wisata yang menyenangkan. Tak hanya berwisata, lokasi ini juga bisa kamu jadikan sebagai wisata edukasi yang ada di Bogor, Jawa Barat​.

Sedikit menepi dari hiruk-pikuk aktivitas kota, maka menikmati akhir pekan adalah hal yang paling ditunggu. Menikmati keindahan untuk merefresh fikiran kali ini dapat kamu lakukan disalah satu lokasi wisata yang ada di pinggir Kota Jakarta.

Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu adalah taman penangkaran hewan rusa yang dikelola oleh Perhutani sebagai kawasan wisata yang menyenangkan. Tak hanya berwisata, lokasi ini juga bisa kamu jadikan sebagai wisata edukasi yang ada di Bogor, Jawa Barat.

Jika biasanya liburan selalu identik dengan taman wisata dan sejenisnya, maka liburan kali ini dapat kamu nikmati dengan melihat tingkah lucu hewan rusa dan berbagai keindahan yang ada di taman ini. Tak hanya melihat hewan rusa saja, kawasan ini juga menyediakan beberapa fasilitas permainan dan fasilitas kenyamanan untuk bersantai menikmati waktu libur yang menyenangkan.


Fasilitas di Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu

Sebagai taman wisata yang dikelola oleh Pemerintah setempat jelas berbagai fasilitas sudah banyak disediakan secara lebih baik. Berbagai fasilitas penunjang seperti area parkir, mushola, toilet umum, warung makan dan snack sederhana, taman bermain keluarga, area outbound dan lainnya.

Meskipun sejumlah fasilitas wisata sudah terbilang lengkap, namun sayangnya fasilitas seperti tempat parkir belum terbilang memadai. Area parkir yang masih berupa tanah ini akan sedikit mengurangi kenyamanan pengunjung terutama saat musim hujan tiba. Areanya yang becek dan sedikit tergenang air tentu pengunjung harus berhati-hati.

Keindahan Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu

Berbeda dari lokasi wisata lainnya, Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor Jawa Barat ini memiliki keunikannya tersendiri. Taman penangkaran rusa ini menyediakan berbagai jenis rusa mulai dari rusa totol, rusa timor dan rusa bawean. Kebanyakan rusa diambil langsung dari Pulau Jawa – Bali.

Selain dapat menyaksikan tingkah lucu rusa yang ada disana, pengunjung juga akan dimanjakan dengan sejumlah pemandangan asri disekitar padang rumput yang luas. Pemandangan yang hijau layaknya kawasan hutan seakan menjadi satu kenyamanan ketika berada disana.

Tak hanya itu saja, pengunjung akan melewati lorong panjang dan jembatan gantung sekitar 500 meter sebelum masuk padang rumput. Disekitar tempat ini dapat menjadi spot terbaik untuk berfoto ataupun menikmati keindahan yang begitu mempesona dengan udaranya yang sejuk dan lembab.

Hunting Foto di Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu

Bagi kamu yang belum pernah berkunjung ke Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Sentul, maka kali ini jangan sampai melewatkan moment hunting seru disana. Lokasi wisata yang ditata sedemikian rupa dengan keindahan alam disekitar, menjadikan lokasi Giri Jaya Cariu sebagai lokasi hunting foto terbaik.

Berbagai moment dapat kamu ambil disejumlah spot disana. Kawasan padang rumbut dengan berbagai hewan rusa menjadi salah satu objek andalan. Namun kamu juga bisa mengambil spot dijalan masuk menuju padang rumput tadi.

Disana akan ada jalanan setapak yang dikelilingi tumbuhan dan pepohonan yang rindang. Kamu bisa mengambil moment saat berada di jempatan gantung tersebut, dimana tempat ini begitu cantik dengan aliran sungai yang ada dibawahnya.

Spot lain juga bisa kamu dapatkan dipermainan outbound atau bisa juga di air terjun kecil yang berada tak jauh dari lokasi padang rumput. Banyak spot yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan hasil foto terbaik. Jadi jangan sampai ketinggalan ya.


Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu

Harga tiket masuk Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Jawa Barat cukup murah yaitu hanya Rp 8.000/orang. Namun untuk kamu yang ingin memberi makan hewan rusa, maka disana juga disediakan berbagai sayur dan buah-buahan dengan harga rata-rata Rp 5.000. Selain itu ada tambahan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk roda dua dan Rp 5.000 untuk roda empat.

Sedangkan untuk jam buka Penangkaran Rusa Cariu Kabupaten Bogor dibuka setiap hari mulai dari pukul 07.00 pagi – 16.00 sore. Kamu bisa berkunjung diwaktu tersebut untuk menikmati hewan rusa yang lucu dan menggemaskan.

Akses Lokasi Menuju Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu

Lokasi Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu yang berada di Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Kabupan Bogor, Jawa Barat ini sangat mudah diakses. Untuk mencapai lokasi wisata dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan kendaraan umum.

Jika dari arah Jakarta atau Bogor silahkan ambil jalur menuju kawasan Cibubur, masuk ke Cileungsi, setelah itu melewati Taman Buah Mekar Sari, terus saja sampai masuk di Kabupaten Jonggol, setelah itu lanjutkan menuju kawasan Cariu.

Saat menuju Carius jalanan berbukit dan berkelok akan kamu lalui. Namun saat ini sudah ada papan petunjuk yang mempermudah pengunjung menuju ke lokasi wisata. Setelah itu jalanan akan masuk ke kawasan hutan ringan dengan jalanan yang masih setapak.

Tips Berlibur di Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu

Untuk tips berlibur ke Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu di Kabupaten Bogor, maka kamu bisa membawa perlengkapan sendiri dari rumah. Meskipun sejumlah fasilitas sudah disediakan, namun tak ada salahnya jika membawa perbekalan yang sendiri.

Jangan lupa membawa kamera karena pemandangan disini begitu bagus dan cantik untuk tempat hunting yang seru. Kamu juga bisa membawa sendiri makanan untuk hewan rusa seperti buah dan sayur jika tidak mau membeli disana.

Itulah ulasan mengenai tempat Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Indonesia yang dapat menjadi destinasi wisata keluarga untuk sekedar menepi dari rutinitas kota yang super padat. lokasi ini adalah pilihan tepat untuk menikmati liburan seru dan juga dapat menambah pengetahuan bagi anak-anak.

Artikel Terkait