Pemandian Umbulan, Berwisata Sambil Berendam di Mata Air
Malang adalah salah satu kota yang bersih dan sejuk di Jawa Timur, tanpa diragukan lagi, sudah terkenal sejak dulu. Sisa-sisa sejarah yang tersebar di sekitar Malang menampilkan bahwa tempat ini memainkan peran penting di masa depan dan membentang dari 112 ° 17 '10,90 ° sampai 112 ° 57' 0,00 ° BT Bujur dan memanjang dari 7 ° 44 '55,11 ° sampai 8 ° 26 '35,45 ° Lintang Selatan.

Malang sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur memang sudah lama menjadi primadona dalam hal pariwisata. Sudah tidak perlu dipertanyakan lagi obyek-obyek wisata yang terkenal di sana seperti Selecta, Sengkaling, dan beberapa pegunungan yang menjadi tujuan favorite para penggemar travelling. Letak geografis kota Malang yang berada di dataran tinggi membuatnya memiliki udara yang lebih sejuk, adem dari kota lainnya di Jawa Timur seperti Surabaya atau Banyuwangi. Selain itu Malang juga mempunyai obyek-obyek wisata yang menawarkan keindahan dan pesona alam pegunungan yang bisa menyegarkan pikiran. Jadi untuk anda yang bingung kemana harus pergi jika anda punya waktu luang, silahkan berwisata ke Malang, dan kunjungi juga salahs satu destinasi wisata di sana yaitu Pemandian Umbulan.

Pemandian Umbulan adalah sebuah obyek wisata yang berlokasi di di Desa Umbul, sekitar 2 km dari pusat kota Dampit. Banyak para penggemar travelling yang suka dengan wisata air, tidak hanya pantai atau waterpark saja, namun wisata pemandian juga sangat diminati. Biasanya air dengan suhu yang hangat dapat membuat badan anda terasas sangat rileks, selain itu banyak pemandian yang dipercaya mempunyai suatu khasiat menyembuhkan penyakit.

Datang ke pemandian ini saat akhir pekan adalah pilihan tepat bagi Anda dan keluarga. Lokasinya yang berada di kawasan pegunungan membuat pemandian tersebut memiliki udara yang segar dan adem, berbeda dengan udara kotor di perkotaan. Anda bisa menemukan air yang sangat jernih sekali untuk berendam. Tidak hanya itu, panoramanya yang sangat indah berpadu dengan udara yang segar dari pegunungan terasa sangat alami. Lingkungan alam di sekitar pemandian ini juga masih terjaga kebersihan dan keasriannya.

Berdasarkan informasi yang didapat dari berbagai sumber, saat masa pemerintahan belanda, air umbulan digunakan oleh Warga Belanda yang tinggal di Kota Pasuruan dan Kota Surabaya. Masing-masing wilayah tersebut terbagi atas 65 liter/detik untuk Kota Pasuruan dan 110 liter/detik untuk Kota Surabaya. Walaupun sisa airnya masih sangat melimpah, penduduk asli Pribumi yang tinggal di sekitar sumber mata air Umbulan kala itu, tidak diizinkan oleh Belanda untuk memanfatkannya. Sisa air yang jernih itu dibiarkan mubadzir tumpah ruah ke laut melalui Sungai Rejoso. Akhirnya sumber mata air Umbulan ini pun dimanfaatkan untuk menjangkau lapisan masyarakat di Kota Pasuruan dan sekitarnya.

Fasilitas di Pemandian Umbulan

Untuk masalah fasilitas sendiri, anda tidak perlu khawatir karena di sana telah disediakan beberapa fasilitas - fasilitas penunjang bagi para wisatawan yang hadir, seperti di antaranya adalah;

- Toilet umum

Salah satu fasilitas yang penting ini telah disediakan oleh pihak pengelola, jadi anda tidak perlu khawatir dan bingung untuk mencari toilet di saat anda ingin buang air kecil atau sekedar membasuh bagian badan sehabis berendam selama berjam-jam di kolam.

- Gazebo

Dengan disediakannya gazebo-gazebo yang ada di lokasi ini, para pengunjung jadi lebih bisa bersantai dan asik untuk menikmati pemandangan dari lingkungan di sekitar pemandian ini yang dipenuhi banyak tumbuhan dan pohon-pohon yang asri sambil anda memakan snack atau bekal yang anda bawa dari rumah.

- Mushola

Berekreasi jangan sampai meninggalkan ibadah sholat. Di obyek wisata ini untungnya anda bisa dengan mudah menemukan mushola jika anda ingin menunaikan ibadah sholat dengan segera.

- Kantin atau tempat makan

Bagi anda yang lupa atau tidak sempat membawa bekal makanan dan minuman dari rumah, jangan khawatir karena di Pemandian Umbulan ini sudah ada beberapa kantin yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

- Area parkir

Fasilitas area parkir yang ada di tempat wisata ini juga cukup luas dan memadai untuk para wisatawan yang membawa kendaraan bermotor.

Hunting Foto di Pemandian Umbulan

Bagi anda yang sangat menyukai seni fotografi, anda bisa membawa kamera anda baik kamera handphone atau kamera profesional saat anda mengunjungi obyek wisata ini. Karena seperti yang disebutkan di atas, Pemandian Umbulan tidak hanya mempunyai kolam air panas namun juga beberapa area menarik seperti air terjun kecil yang airnya juga bisa anda buat bermain-main. Pemandangan yang ada di lokasi ini juga sangat cocok untuk anda jadikan target bidikan kamera. Dan jika anda membawa kamera yang tahan air, anda bisa mengabadikan berbagai momen seru bersama keluarga atau teman-teman saat anda sedang berendam di kolam air panas atau waktu anda berada di dekat air terjun, berselfie ria juga boleh lho. Jangan lupa untuk mengunggah foto anda ke berbagai media sosial yang anda punya.

Baca juga : Coban Parang Tejo, Berwisata Sambil Melihat Fenomena Pelangi

Akses Jalan Menuju ke Pemandian Umbulan

Untuk mencapai lokasi Pemandian Umbulan, aksesnya cukup mudah. Dari pusat kota Malang, anda bisa langsung menuju Kecamatan Dampit. Jika sudah sampai di Dampit, perjalanan ke pemandian tinggal sekitar 2 km lagi. Wisatawan bisa bertanya pada penduduk sekitar arah menuju lokasi pemandian. Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi atau memanfaatkan transportasi umum di sana.

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Pemandian Umbulan

Jam buka dari Pemandian Umbulan adalah dari jam 08.00 sampai dengan jam 17.00 wib, setiap hari termasuk akhir pekan dan hari libur. Dan juga anda yang akan kesana tidak perlu membayar tiket masuk, hanya perlu membayar biaya tiket parkir saja bagi yang membawa kendaraan pribadi sebesar Rp 2.000,- saat hari biasa dan Rp 5.000,- saat hari libur.

Tips Berlibur ke Pemandian Umbulan

  • Pastikan anda dalam kondisi yang prima
  • Persiapkan kendaraan yang akan anda gunakan
  • Bawalah bekal makanan dan minuman dari rumah
  • Membawa baju ganti
  • Jangan lupa kamera
  • Buang sampah pada tempatnya

Artikel Terkait