Pemandian Air Panas Songgoriti, Berendam di Antara Indahnya Pemandangan Alam
Kota Batu merupakan obyek wisata utama bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Ada banyak obyek wisata di Batu yang menjadi objek idaman bagi para pengunjung, terutama wisata gunung. Untuk menunjang obyek wisata tersebut, Batu telah difasilitasi dengan hotel, penginapan, villa dan pondok lainnya, yang memiliki nuansa gunung. Selain itu,, kota Batu juga disebut "Kota Batu dengan Jutaan Keindahan". Salah satu obyek wisata yang wajib anda kunjungi adalah Pemandian Air Panas Songgoriti.

Jika merasa penat dengan segala urusan pekerjaan atau yang lainnya pasti anda memikirkan tentang sebuah rekreasi yang menyenangkan baik itu sendiri bersama keluarga atau teman-teman anda. Namun tidak sedikit yang mengurungkan niat untuk liburan karena kebanyakan orang berpikir bahwa liburan harus selalu mengeluarkan uang yang banyak. Ada berbagai macam jenis obyek wisata di sekitar anda yang tidak perlu memerlukan biaya berlimpah untuk menikmatinya. Terutama jika anda tinggal di Batu, salah satu kota di Jawa Timur. Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar kota untuk sekedar refreshing sejenak melepas penat dan lelah setelah berhari-hari bekerja. Di Batu ada beberapa obyek wisata yang bisa anda kunjungi dengan biaya yang murah, contohnya adalah Pemandian Air Panas Songgoriti.

Pemandian Air Panas Songgoriti adalah salah satu obyek wisata bahari yang terletak di desa Songgokerto, Kabupaten Batu, di bawah lereng bukit Gunung Panderman dan memiliki kolam air panas. Ada kuil Songgoriti dan Patung Ganesha sebagai kelalaian kerajaan Singosari dan zaman Belanda. Kuil Songgoriti terletak di sebuah dale yang memisahkan antara pegunungan Arjuna dengan gunung Kawi. Candi ini telah dibangun dengan mata air panas, yang diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Dilihat dari gaya arsitekturnya yang sederhana, candi ini tergolong candi tertua di Jawa Tengah dan disainnya menggambarkan Jawa Tengah.

Objek wisata Songgoriti ini dikelilingi oleh pemandangan alam, sehingga memiliki udara segar dan sejuk. Objek ini sangat menarik bagi siapa saja yang ingin berkeliling karena santai atau merasakan nuansa alamiah. Dan tentu saja hal yang paling banyak diminati oleh para wisatawan di tempat ini sendiri adalah kolam pemandian air panasnya. Dari sumber air panas yang ada di bawah Candi Songgoroti lalu dialirkan menuju ke pemandian denagn pipa. Konon sejarahnya sumber tersebut dulunya dipakai untuk mensucikan keris pusaka milik Raja Sindoh yaitu Raja kerajaan Singosari pada abad ke-5 M.

Selain bisa menikmati kolam pemandiannya, anda juga bisa memanfaatkan wahana outbound yang tersedia, ada juga taman-taman yang mempesona dan juga anda bisa ziarah ke makam Empu Supo dan mbah Pathok yang mempunyai sejarah tersendiri. Jika anda gemar berbelanja, anda juga bisa datang ke pasar wisata yang ada di Songgoriti yang menjual berbagai pernak-pernik dan oleh-oleh khas Malang. Di sana juga ada sebuah danau yang bisa anda nikmati pemandangannya dengan berkeliling menggunakan sepeda air.

Fasilitas di Pemandian Air Panas Songgoriti

Untuk masalah fasilitas sendiri, anda tidak perlu khawatir karena di sana telah disediakan beberapa fasilitas - fasilitas penunjang bagi para wisatawan yang hadir, seperti di antaranya adalah;

- Toilet umum

Salah satu fasilitas yang penting ini telah disediakan oleh pihak pengelola, jadi anda tidak perlu khawatir dan bingung untuk mencari toilet di saat anda ingin buang air kecil atau sekedar membasuh bagian badan sehabis berendam selama berjam-jam di kolam.

- Gazebo

Dengan disediakannya gazebo-gazebo yang ada di lokasi ini, para pengunjung jadi lebih bisa bersantai dan asik untuk menikmati pemandangan dari lingkungan di sekitar pemandian ini yang dipenuhi banyak tumbuhan dan pohon-pohon yang asri sambil anda memakan snack atau bekal yang anda bawa dari rumah.

- Mushola

Berekreasi jangan sampai meninggalkan ibadah sholat. Di obyek wisata ini untungnya anda bisa dengan mudah menemukan mushola jika anda ingin menunaikan ibadah sholat dengan segera.

- Kantin atau tempat makan

Bagi anda yang lupa atau tidak sempat membawa bekal makanan dan minuman dari rumah, jangan khawatir karena di Pemandian Air Panas Songgoriti ini sudah ada beberapa kantin yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

- Area parkir

Fasilitas area parkir yang ada di tempat wisata ini juga cukup luas dan memadai untuk para wisatawan yang membawa kendaraan bermotor.

Hunting Foto di Pemandian Air Panas Songgoriti

Bagi anda yang sangat menyukai seni fotografi, anda bisa membawa kamera anda baik kamera handphone atau kamera profesional saat anda mengunjungi obyek wisata ini. Karena seperti yang disebutkan di atas, Pemandian Air Panas Songgoriti tidak hanya mempunyai kolam air panas namun juga beberapa area menarik seperti candi atau makam-makam bersejarah. Pemandangan yang ada di lokasi ini juga sangat cocok untuk anda jadikan target bidikan kamera. Dan jika anda membawa kamera yang tahan air, anda bisa mengabadikan berbagai momen seru bersama keluarga atau teman-teman saat anda sedang berendam di kolam air panas. Kegiatan yang cocok untuk anda jadikan target foto lainnya adalah saat anda sedang menyusuri danau dengan sepeda air.

Baca juga: Jatim Park 1, Berwisata dengan Berbagai Wahana Menarik

Akses Jalan Menuju ke Pemandian Air Panas Songgoriti

Untuk sampai di area Pemandian Tirta Nirwana Songgoriti bisa diakses melalui beberapa arah. Lokasinya tepat berada di perempatan jalan yang merupakan perpotongan dari Jalan Songgoriti dan Jalan Arumdalu, Batu. Jika dari arah Alun-Alun Kota Batu dengan melalui Jalan Songgoriti, bisa ditempuh dengan mengambil jalan Gajah Mada lurus terus hingga sampai di Jalan Trunojoyo. Kemudian dilanjutkan menuju jalan Brigjend. M. Manan dan berbelok menuju Jalan Songgoriti hingga menemukan perempatan dengan sebuah Gapura yang bertuliskan “Pemandian Tirta Nirwana”.

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Pemandian Air Panas Songgoriti

Jam buka dari obyek wisata ini adalah dimulai dari jam 08.00 sampai dengan 17.00 sore wib. Biaya tiket masuk yang harus anda bayar untuk bisa menikmati kolam pemandian air panasnya adalah sebesar 10.000 rupiah per orang. Sangat terjangkau bukan?

Tips Berlibur ke Pemandian Air Panas Songgoriti

  • Pastikan keadaan kendaraan anda dalam kondisi yang baik
  • Jangan lupa memakai krim sunblock sebelum berendam
  • Bawalah pakaian ganti
  • Lebih baik membawa bekal makanan dan minuman sendiri
  • Jangan membuang sampah sembarangan

Artikel Terkait