Pemandian Air Panas Jaboi, Salah Satu Wisata Populer di Sabang
Pemandian air panas Jaboi ini merupakan salah satu objek wisata yang berada di Sabang. Sebuah Kota kecil di seberang laut Banda Aceh ini memang terkenal akan tempat wisata yang menarik.

Pemandian Air Panas Jaboi ini letaknya memang tidak jauh dari jalan raya, sehingga kondisi ini juga memudahkan bagi para pengunjung yang ingin mendatangi lokasi wisata yang sedang populer di Sabang. Lokasi ini sering dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara beserta keluarganya sembari menikmati air panas. Pemandian air panas ini akan selalu ramai oleh pengunjung terutama di hari-hari libur. Para pengunjung yang datang juga dari segala usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan yang lanjut usia.

Pesona Keindahan Pemandian Air Panas Jaboi

Salah satu yang menarik minat para pengunjung untuk mendatangi lokasi ini adalah karena air panas yang tersedia berasal dari air mata gunung api yang berada di dekat pemandian ini. Selain itu pemandangan alam yang disajikan juga dapat membuat para pengunjung berdecak kagum ditambah hembusan udara di lokasi ini juga terbilang sejuk. Di lokasi ini juga memberikan kesan dan pesona alam yang begitu menakjubkan. Keeksotisan alam di pulau paling barat di Indonesia ini membuat para pengunjung terpikat dangan panoramana lengkan yang disajikan. Bahkan tak jarang pengunjung mendatangi kawasan wisata ini lagi dan lagi. Bukan hanya itu saja, lokasi pemandian ini juga berada dekat dengan bibir pantai, karena itu pemandangan unik serta indah telah tersaji di lokasi ini yang memang disediakan untuk masyarakat umum.

Air panas ini berasal dari mata air yang mengalir dari celah batu Gunung Api Jaboi yang berada tepat di depan lokasi pemandian air panas dengan jarak kurang lebih sekitar 5 kilometer. Oleh pengelola air panas yang terpancar itu kemudian dialirkan sejauh 400 meter dengan menggunakan pipa khusus yang tetap menjaga panas air hingga sampai di kolam. Pada saat baru dialirkan air yang terpancar biasanya akan memunculkan warna kecoklatan. Hal ini terjadi karena tingginya kadar belerang di dalam air. Namun jangan khawatir, karena setelah kurang lebih 3 hari kandungan belerang tersebut akan mengendap di dasar kolam dan warna air akan memancarkan warna kehijauan.

Banyak warga sekitar yang percaya bahwa berendam di air panas alami ini memiliki manfaat bagi tubuh karena kandungan belerang yang dimiliki. Air panas ini juga dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit, seperti penyakit rematik dan penyakit-penyakit kulit lainnya. Selain memiliki manfaat menyembuhkan penyakit, berendam di kolam air panas ini juga menjadikan rileks. Berendam di kolam air panas yang disediakan di sini juga dapat melepaskan kejenuhan serta kepenatan akibat rutinitas kerja sehari-hari.

Menurut warga sekitar sebenarnya pancaran air panas dari Gunung Api Jaboi ini cukup banyak bahkan ada salah satu semburan air panas yang memilki suhu air sekitar 50 derajat celcius. Namun sembiran air tersebut airnya selalu mengalir keluar tanpa dibendung dan air tersebut juga tidak dapat digunakan.

Di lokasi pemandian ini juga terdapat dua kolam pemandian yang diperuntukan untuk pengunjung. Dan juga terdapat dua buah bak yang telah dipagar, kedua bak tersebut diperuntukan untuk kebutuhan masyarakat sekitar.

Fasilitas Di Pemandian Air Panas Jaboi

Tak hanya menyajikan pemandangan yang eksotis dan berbeda dari tempat pemandian yang lain. Di kawasan ini juga telah tersedia berbagai fasilitas- fasilitas pendukung yang berguna untuk menambah kenyamanan para pengunjung yang datang. Fasilitas yang disediakan di lokasi ini terdapat kamar mandi umum atau WC umum dan kamar ganti. Tersedia pula area parkir untuk para pengunjung yang datang menggunakan kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk

Bagi para pengunjung yang ingin mendatangi lokasi ini untuk mendapat manfaat dari air panas atau sekedar ingin menikmati pemandangan alam di lokasi ini tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk. Dengan kata lain untuk memasuki lokasi ini gratis tidak dipungut biaya masuk, namun tetap ada sumbangan sukarela untuk kebersihan. Hal ini tidak sebanding dengan manfaat yang diberikan dan pemandangan alam yang dapat membuat takjub para pengunjung.

Baca Juga : Pantai Ujong Kareung, Keindahan Batuan Cadas yang Menawan

Peta Lokasi Serta Akses Menuju Ke Pemandian Air Panas Jaboi

Lokasi pemandian air panas ini terletak di Desa Gampong Keuneukai Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang. Bagi pengunjung yang ingin menuju ke lokasi ini mungkin hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota. Namun, apabila para pengunjung melakukan perjalanan dari pelabuhan Balohan Sabang maka waktu yang ditempuh akan lebih singkat yaitu hanya sekitar 20 menit.

Lokasi ini sangat cocok bagi anda yang masih bingung memilih lokasi wisata. Lokasi ini bisa menjadi salah satu tujuan anda untuk menghabiskan waktu berlibur bersama teman atu anggota keluarga.

Tips Berlibur Ke Pemandian Air Panas Jaboi

  • Bagi anda yang memiliki penyakit rematik atau gangguan kulit dapat mencoba salah satu alternatif penyembuhan ini
  • Jangan lupa untuk membawa baju ganti
  • Bawalah perbekalan serta perlengkapan lainnya
  • Jagalah selalu kelestarian alam dengan tidak merusak fasilitas yang ada dan  tidak membuang sampah sembarangan

Artikel Terkait