Pasar Minggu Semeru, Berwisata Sambil Berbelanja
Malang adalah salah satu kota yang bersih dan sejuk di Jawa Timur, tanpa diragukan lagi, sudah terkenal sejak dulu. Sisa-sisa sejarah yang tersebar di sekitar Malang menampilkan bahwa tempat ini memainkan peran penting di masa depan dan membentang dari 112 ° 17 '10,90 ° sampai 112 ° 57' 0,00 ° BT Bujur dan memanjang dari 7 ° 44 '55,11 ° sampai 8 ° 26 '35,45 ° Lintang Selatan.

Jika anda merasa penat dengan segala urusan pekerjaan atau yang lainnya pasti anda memikirkan tentang sebuah rekreasi yang menyenangkan baik itu sendiri bersama keluarga atau teman-teman anda. Namun tidak sedikit yang mengurungkan niat untuk liburan karena kebanyakan orang berpikir bahwa liburan harus selalu mengeluarkan uang yang banyak. Ada berbagai macam jenis obyek wisata di sekitar anda yang tidak perlu memerlukan biaya berlimpah untuk menikmatinya. Terutama jika anda tinggal di Malang, kabupaten di Jawa Timur. Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar kota untuk sekedar refreshing sejenak melepas penat dan lelah setelah berhari-hari bekerja. Di Malang ada beberapa obyek wisata yang bisa anda kunjungi dengan biaya yang murah terutama untuk anda yang menyukai wisata belanja yaitu Pasar Minggu Semeru.

Pasar Minggu Semeru adalah salah satu tempat belanja wisata yang berlokasi di daerah Bareng, Gading, Oro-Oro Dowo, kabupaten Malang. Salah satu hal yang berhubungan dengan pariwisata di kota Malang adalah wisata kulinernya yang mempunyai berbagai macam jenis, kaya rasa dan kreatif. Pasar Minggu Semerunatau Pasar Belanja Tugu yang ada di sepanjang jalan Raya Semeru, sebelah utara stadion Gajayana adalah pasar Minggu yang banyak dikunjungi oleh masyarakat dari mulai anak-anak hingga orang tua. Pasar wisata ini sudah dibuka sejak pukul 06.00 pagi hingga siang jam 11an. Ratusan pengunjung tiap harinya memadati stan yang terdiri dari sekitar 800 pedagang.

Pasar Wisata Tugu menjual aneka makanan berat, makanan ringan, aneka minuman segar, pakaian, kostum, peralatan rumah tangga dan produk-produk asli Malang lainnya. Pengunjung bisa keliling sepuasnya atau singgah di salah satu stan untuk sarapan atau sekedar mencicipi kuliner Malang yang khas dan penuh citarasa. Harga-harga dari barang ataupun makanan yang ada di pasar ini juga terbilang sangat bersahabat di kantong, jadi anda tidak perlu takut boros.

Selain itu tempat ini juga semakin ramai saat akhir pekan di mana diadakan Car Free Day (hari bebas kendaraan bermotor). Suasana jalan di depan pasar yang bebas dari kendaraan membuat masyarakat membeludak, dan pedagang-pedagang di sana juga makin bertambah banyak yang berjualan makanan, minuman, baju-baju dan masih banyak lainnya. Jadi jika anda suka berbelanja, anda bisa langsung datang ke Pasar Minggu Semeru.

Di Pasar Minggu banyak sekali stan-stan yang didirikan sekitar 800 pedagang, dengan berbagai macam hal yang meraka jual dipasar tersebut. Jika anda tertarik anda bisa berkunjung kekawasan tersebut. Selain itu di sini anda bisa berolah raga, kayak gowes ( bersepeda), atau sekedar jalan jalan sama keluarga dan teman teman. Tempat lainnya, ada di lapangan bela negara ( rampal ).

Fasilitas di Pasar Minggu Semeru

Tidak banyak memang fasilitas-fasilitas penunjang bagi pengunjung, namun ada beberapa fasilitas yang bisa anda gunakan, seperti di antaranya adalah;

- Toilet umum

Salah satu fasilitas yang penting ini juga disediakan di Pasar Minggu Semeru. Jadi para pengunjung tidak perlu lagi khawatir untuk mencari-cari jika anda sedang butuh untuk ke kamar mandi.

- Mushola

Untuk yang beragama Islam, anda bisa menunaikan ibadah sholat saat anda sedang berwisata. Walaupun sedang berlibur, bukan berarti anda tidak bisa melakukan ibadah.

- Warung atau tempat makan

Berbelanja berjam-jam pastilah mengasyikan, namun pada akhirnya anda akan merasa lapar dan haus. Nah di Pasar Minggu Semeru, anda bisa menemukan banyak penjual berbagai macam makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau.

- Lahan parkir

Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi, anda tidak perlu lagi bingung mencari-cari tempat parkir karena di Pasar Minggu Semeru sudah disediakan lahan parkir yang memadai dan lumayan luas.

Hunting Foto di Pasar Minggu Semeru

Anda yang mempunyai hobi fotografi pasti akan menemukan hal-hal menarik untuk diabadikan walaupun di sebuah pasar. Banyak pedagang yang bisa anda temukan di Pasar Minggu Semeru yang bisa anda jadikan target bidikan kamera handphone atau kamera professional anda. Yang lebih menarik lagi jika anda datang saat Car Free Day dengan teman-teman atau keluarga anda, sembari olah raga entah itu bersepeda atau jogging anda bisa memanfaatkan momen tersebut untuk berselfie ria. Jika anda sudah mendapat foto - foto yang banyak, anda bisa mengunggahnya di berbagai media sosial agar banyak masyarakat yang mengetahui tentang obyek wisata belanja Pasar Minggu Semeru di Malang ini.

Baca juga : Air Terjun Coban Pelangi, Berwisata Sambil Menikmati Pemandangan Kebun



Akses Jalan Menuju ke Pasar Minggu Semeru

Bagi anda yang arah Dinoyo Landung sari, bisa naik angkutan umum LG,GL, kalau anda dari arah Sawojajar bisa naik MM, dari Arjosari atau Dinoyo bisa naik ADL, dari Tidar – Gading bisa naik AT. Tapi jika naik kendaraan pribadi nggak usah khawatir, tersedia tempat parkir mulai dari jalan depan SMA LAB/IKIP Budi Utomo, atau di Jalan Bromo, atau di sekitar SMPN 1 belakang Perpuskota, di depan Perpuskota juga bisa atau di samping kiri-kanan Museum Brawijaya Malang. Namun anda yang tinggal di daerah Bareng, Gading, Oro-Oro Dowo sebaiknya ke lokasi dengan jalan kaki hitung-hitung olahraga.

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Pasar Minggu Semeru

Jam buka dari Pasar Minggu Semeru adalah dimulai dari jam 06.00 sampai dengan 18.00 wib, setiap hari termasuk akhir pekan dan hari libur. Pengunjung juga tidak dibebankan biaya tiket masuk alias gratis.

Tips Berlibur ke Pasar Minggu Semeru

- Pastikan bawa bekal uang yang cukup

- Perhatikan tas, dompet anda saat berbelanja

- Jangan terlalu boros

- Buang sampah pada tempatnya

 

Artikel Terkait