Pantai Ujong Kareung, Keindahan Batuan Cadas yang Menawan
Pantai Ujong Kareung atau Ujung Karang merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Aceh dan menjadi salah satu objek wisata yang menawarkan keindahan alam yang sangat memukau.

Pantai Ujong Kareung yang terletak di Desa Suak Indrapuri Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Aceh Barat Provinsi Aceh ini menjadi salah satu wisata yang banyak diminati oleh para pengunjung. Baik pengunjung lokal maupun luar daerah. Para pengunjung umumnya akan memadati lokasi ini pada weekend maupun hari libur nasional. pantai ini juga berjarak kurang lebih sekitar 1,5 kilometer dari pusat Kota Meulaboh dan  membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk mencapai lokasi wisata ini.

Pantai ini memang cocok dijadikan tujuan wisata karena keindahan alam yang ditampilkan dapat menghilangkan rasa lelah serta penat akibat rutinitas bekerja sehari-hari. Suasana berlibur juga akan terasa sempurna jika dilakukan bersama orang tercinta.

Nama Ujong Kareung sendiri diambil dari Bahasa Aceh yang berarti Ujung Karang. Nama ini sesuai dengan dengan lokasi pantai yang berada di ujung kota Meulaboh dan dipenuhi dengan batu-batu karang.

Pantai ini juga tak luput dari sejarah masa lampau, dimana pantai ini dulunya dijadikan sebagai subuah tempat pertahanan oleh para penjajah. Cerita ini juga diperkuat dengan adanya bangunan Benteng Jepang yang masih berdiri kokoh di pinggir pantai. Sebelum musibah Tsunami tahun 2004 silam, kawasan ini merupakan kompleks perumahan bagi para TNI/Polri.

Tepat pada tanggal 26 Desember 2004, pantai ini menjadi saksi bisu dari dahsyatnya Gelombang Tsunami yang menerjang Aceh. Saat ini para pengunjung dapat menyaksikan sisa-sisa dari bangunan peninggalan tsunami seperti Gedung Makoren 012/Teuku Umar serta mercusuar. Menurut cerita warga sekitar, korban dari bencana tsunami ini juga dimakamkan secara massal di Kuburan Massal yang berlokasi di sekitar pantai.

Pesona Keindahan Pantai Ujong Kareung

Bagi para pengunjung yang datang ke lokasi ini akan dimanjakan dengan keindahan alam yang luar biasa indah. Hamparan birunya air laut ditambah dengan pepohonan nyiur yang berderet di sekitar pantai ini menjadikan suasana tetap terasa sejuk. Hembusan angin laut menambah suasana rileks menjadikan lokasi ini sangat cocok untuk yang ingin menikmati keindahan alam yang diciptakan oleh Tuhan.

Bersantai menikmati pemandangan diiringi dengan angin yang sepoi-sepoi akan membuat para pengunjung terhipnotis hingga melupakan semua masalah hidup yang sedang dihadapi. Pemandangan akan terlihat lebih indah jika tiba saat matahari akan tenggelam. Bak lukisan alam yang memancarkan keindahan tersendiri dengan langit yang berbalut warna kuning kemerahan memantul ke air laut. Momen-momen ini banyak dinantikan oleh para pengunjung, kebanyakan dari mereka akan mengabadikan keindahan momen ini salah satu caranya dengan memotret senja matahari ini.

Tak hanya itu keindahan bawah laut di pantai inipun tak kalah dari pantai-pantai lainnya. Keindahan terumbu karang serta alam bawah laut menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung untuk segera melakukan snorkling. Keindahan yang tampak secara langsung maupun keindahan bawah lautnya menjadikan satu paket wisata yang komplit.

Fasilitas Di Pantai Ujong Kareung

Di lokasi ini para pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan alam saja. Namun, di pantai ini juga para pengunjung dapat melakukan kegiatan lain, salah satunya seperti memancing. Yap, di lokasi ini memang para pengunjung dapat menyalurkan hobi memancing. jangan khawatir, di sini juga terdapat tempat penyewaan alat pancing. Bagi para pengunjung yang hobi memancing tak ada salahnya untuk mencoba memancing di area pantai ini sambil menikmati keindahan pantai yang sangat cantik.

Selain itu bagi para pengunjung yang lupa tidak membawa bekal makanan, jangan khawatir. Karena di lokasi ini juga telah tersedia berbagai tempat makan ataupun cafe-cafe yang menawarkan berbagai jenis makanan serta minuman yang cukup menggugah selera. Menu makanan yang disediakan seperti mie kuah dengan bumbu khas Aceh, berbagai jenis makanan seafood, rujak buah, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa menikmati sendiri hasil tangkapan ikan dari memancing dengan membakar ikan tersebut di tepi pantai. Suasana indah nan seru seperti ini pasti tidak akan pernah terlupakan.

Lokasi Pantai Ujong Kareung ini memang sangat recomended bagi anda yang masih bingung untuk memilih lokasi berlibur. Dan jika anda mengunjungi atau berniat mengunjung kota Aceh tidak ada salahnya untuk datang ke Pantai Ujong Kareung ini untuk membuktikan sendiri keindahan panorama alam yang tersaji.

Baca Juga : Pantai Lampuuk, Secuil Surga Dari Provinsi Serambi Mekkah

Peta Lokasi Pantai Ujong Kareung

Pantai Ujong Kareung ini masuk ke dalam wilayah Gampong Suak Indrapuri Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh dan berada di ujung selatan Kota Meulaboh.

Tips Berlibur Ke Pantai Ujong Kareung

  • Jika ingin berlibur, persiapkan kondisi fisik serta kesehatan yang baik
  • Sebaiknya berkunjung ke lokasi ini pada saat cuaca cerah terutama pada sore hari. Di sini anda akan dapat melihat panorama matahari terbenam.
  • Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti
  • Bawalah perbekalan dan perlengkapan berlibur seperlunya saja
  • Jagalah selalu kelestarian alam dengan tidak merusak fasilitas yang ada serta tidak membuang sampah sembarangan

Artikel Terkait