Nikmati Pantai Trikora Hmparan  Pasir Putih yang Indah dan Berkilau di Terpa Sinar Matahari
Pantai Trikora – pasti Anda langsung bertanya-tanya sebenarnya dimana letak pantai ini, karena namanya masih sangat asing bila Anda adalah orang pulau Jawa. Memang benar pantai ini asalnya dari Kepulauan Riau. Berada di luar Pulau Jawa yaitu terletak di Kepulauan Riau.

Pesona Pantai Trikora

Namun tidak ada salahnya, jika Anda orang luar pulau Sumatera pergi berwisata ke Kepulauan Riau sekedar menikmati setiap keindahan yang tersaji di Kepulaun Riau ini. Bisa jadi pantai ini menjadi referensi Anda suatu saat jika mungkin Anda sudah bosan sekali berwisata di Pulau Jawa. Dominasi di sini memang wisata pantai karena sesuai wilayahnya.

Wilayah Kepulauan Riau memang didominasi dengan wilayah lautan dibandingkan daratannya. Jadi jangan heran selalu tersuguh wisata pantai di dalamnya. Letak dari Pantai Trikora ini lebih tepatnya di Pulau Bintan.

Apa itu pantai Trikora?

Pantai yang berada di Kepulauan Riau tepatnya di pulau Bintan, Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, dengan ciri-ciri khusus yang dimilikinya berupa pasir putih nan cantik. Selain itu, juga terdiri dari batuan yang indah besar di sepanjang pantainya.

Trikora ini memiliki beberapa bagian, dimana bagian 1, 2, 3nya disebut dengan trikot. Ada sampai 4 bagian. Nama Trikora sendiri bisa dikatakan dinamakan oleh turis asing juga bisa dikaitkan dengan singkatan Tri Komando Rakyat. Ada beberapa versi yang menyatakan dari mana asal dari Trikora itu sendiri.

Fasilitas pantai Trikora

Banyak sekali fasilitas yang bisa mendukung Anda bersama teman-teman bahkan keluarga tercinta selama berkunjung ke tempat wisata ini. Ada pembagian fasilitas disana yaitu fasilitas milim umum dan kawasan resor. Jika Anda berada di resor maka harus check in terlebih dahulu.

Sementara kawasan umum, cukup tersedia pondok kayu yang bisa disewa bersama keluarga tercinta. Selain itu parkir pun tak perlu membayar. Untuk Anda yang ingin langsung terjun berolahraga air, Anda langsung saja sewa pelampung, alat snorkling bahkan alat pancing pun disediakan.

Pada kawasan hotel, Anda bisa bermain air dengan paket tur yang telah disediakan oleh pihak hotel mulai dari menyelam, bermain layang-layang di sepanjang pantai, menjelajah pulau, kano sampai dengan banana boat.

Untuk Anda yang ingin mandi bilas atau sekedar cuci-cuci kaki tangan serta ingin buang air, bisa langsung menuju tempat yang telah disediakan, toilet dan tempat untuk membilas badan.

Keindahanpantai Trikora

Pesona yang diberikan pantai ini seperti pasir putih yang indah, menikmati suasana pantai dengan melihat ombak dan bebatuan yang indah di sepanjang pantai. 

Wisata kuliner

Wisata kuliner bagi kawasan ini begitu beragam, makanan yang biasa disediakan di sekitar wilayah pantai seperti makanan olahan seafood, otak otak sampai makanan tapai.

Hunting foto di wisata ini

Selain momen berlibur menikmati pemandangan dan bermain air, tidak lengkap rasanya bila tidak diikuti dengan mengabadikan momen yang terjadi di setiap detik berada di Pantai Trikora. Itulah mengapa membawa kamera sangatlah penting di setiap perjalanan Anda.

Baca Juga :Pantai Tanjung Berakit, Pesona Keindahan Alam dan Hamparan Pasir Putih yang Membentang Sepanjang Bibir Pantai

Jika memang kamera tidak tersedia, maka cukup dengan menggunakan kamera gadget Anda, setiap momen yang Anda lewati akan terabadikan dalam genggaman. Jangan lupa untuk menyediakan power bank agar gadget tidak mati.

Tips berwisata ke pantai Trikora

Ada beberapa tips yang bisa dijadikan pedoman bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pantai Trikora:

  1. Pastikan ketika Anda datang, Anda berada pada musim gelombang yang tidak seberapa kuat.
  2. Cari waktu yang tepat, misalnya hari libur nasioanal atau hari libur sekolah yang padat pengunjung.
  3. Jika Anda memutuskan untuk berenang ada baiknya sewa pelampung.
  4. Jauhkan anak Anda yang mungkin masih kecil  dari pinggir pantai. Namun bila Anda mengajaknya bermain air, alangkah baiknya selalu diawasi.

Menikmati keindahan di pantai Trikora

Untuk menikmati keindahannya, Anda cukup memakan jarak yang cukup jauh dan panjang sekitar 45 km sekitar sejam perjalanan menuju pantai yang keberangkatannya dimulai dari kota Tangjung Pinang sebagai ibu kota Kepulauan Riau.

Jika Anda ingin meimati keindahan disini, Anda bisa menyewa kendaraan karena disini tidak tersedia kendaraan untuk umum yang melayani sampai lokasi pantai tersebut. Untuk masalah perjalanan yang Anda lakukan bagaimana tracknya. Anda tak perlu khawatir karena sudah mulus dan lebar. 

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Trikora

Untuk jam bukanya sendiri, pantai ini bisa dikunjungi kapan saja karena tidak ada jam buka dan tutupnya.  Jadi tidak ada batasan waktu berkunjung. Sementara untu tiket masuknya, Anda tak perlu khawatir karena tidak diberlakukan tiket masuk area pantai. Kecuali jika Anda menyewa pondok kayu, baru Anda akan membayarnya.

Itulah sedikit tentang Pantai Trikora yang semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi berlibur Anda.

Peta Loksi Pantai Trikora

Artikel Terkait