Pantai Suak Ribee, Berwisata Sambil Menikmati Sensasi Kopi Terbalik
Pantai Suak Ribee merupakan salah satu destinasi wisata di Aceh Barat yang terkenal akan keindahan alam serta kuliner uniknya yaitu “Kopi Terbalik”

Lokasi pantai yang berada di Aceh Barat dan tak jauh dari pusat kota Meulaboh ini, menjadi salah satu wisata andalah warga Aceh terutama Aceh Barat. Lokasi pantain ini tepatnya berada di pesisir kota Meulaboh dan Nagan Raya. Kawasan wisata ini sering didatangi oleh para pengunjung dari segala usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Pantai yang kini sudah bergeser kira-kira sekitar 50 meter dari garis pantai yang dulu, ini dikarenakan adanya abrasi ombak dan akibat dari terjangan tsunami kala itu.

Pantai ini akan menjadi incaran para pengunjung terutama pada sore hari dimana para pengunjung dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam. Selain itu juga pada akhir pekan atau hari-hari libur nasional, lokasi ini juga akan dipadati oleh para pengunjung baik pengunjung lokal maupun luar daerah.

Pesona Keindahan Pantai Suak Ribee

Tepi pantai ini dihiasi dengan berdiri kokohnya pohon kelapa serta pohon cemara yang rindang membuat suasana di pantai ini tetap sejuk. Hembusan angin laut yang sepoi-sepoi  menambah kenyamanan tersendiri bagi para pengunjung.

Pantai ini juga menawarkan pasir pantai yang hitam dan halus serta membentang luas sejauh mata memandang. Tak jarang akan terlihat anak-anak berlarian riang gembira di atas pasir hitam yang lembut ini. Suasana yang begitu tenang, indah serta mengasyikkan akan menjadikan berlibur anda dan keluarga menjadi liburan yang tak terlupakan. Menikmati suasana pantai dengan berbagai macam kegiatan tentu sudah menjadi suatu kebiasaan bagi semua pengunjung pantai. Sebagian para pengunjung gemar bermain bola pantai, sebagian lagi sibuk dengan menikmati keindahan alam yang tersaji sambil berduduk-duduk santai di tempat persinggahan yang sengaja disediakan oleh pengelola. Lokasi wisata ini juga menjadi salah satu tempat rekreasi bagi para wisatawan yang sedang berlibur atau melakukan kunjungan ke Aceh terutama Aceh Barat.

Tak hanya dibuai oleh keindahan alam saja, di lokasi ini juga terdapat kuliner minuman unik. Orang-orang sekitar biasa menyebutnya dengan “Kopi Tubruk”. Mendengar namanya tentu tidak asing dan terdengar biasa saja. Tapi tentu ada yang unik dari penyajian kopi ini. Kopi tubruk ini akan disajikan dengan gelas yang terbalik. Hmm, belum terbayang?

Yap, penyajian kopi di lokasi ini umumnya akan disajikan dengan keadaan gelas yang terbalik dan beralaskan piring. Cara meminumnya pun cukup unik dan menarik, yaitu dengan cara ditiup menggunakan sedotan atau pipet yang sudah disediakan kemudian menyruput kopi dari pinggir piring atau tatakan tersebut. Kopi  yang digunakan juga merupakan kopi bubuk asli Khas Aceh yang diaduk langsung dalam gelas tersebut.

Menurut warga sekitar, penyajian kopi seperti ini karena melihat kebiasaan dari warga Aceh yang hobi menghabiskan waktu mengobrol sambil meminum kopi di warung kopi. Dengan penyajian yang terbalik seperti ini akan membuat keadaan kopi akan tetap panas, sehingga akan tetap terasa nikmat hingga kopi tersebut benar-benar habis. Dengan begitu pula, kopi dapat diminum dengan rasa serta aroma yang nikmat.

Bagi para pengunjung yang datang ke lokasi Pantai Suak Ribee ini akan terasa belum lengkap jika belum mencicipi rasa kopi serta keunikan penyajiannya. Bagi warga sekitar, pantai ini memang dijadikan salah satu tempat nongkrong orang-orang di Meulaboh untuk menikmati kopi tubruk. Di lokasi ini terdapat cukup banyak cafe atau warung-warung yang menjual jenis kopi seperti ini dengan kisaran harga yang cukup terjangkau. Harga kopi tubruk ini rata-rata berkisar Rp 5.000 saja. Menikmati kopi tubruk sambil melihat keindahan matahari senja menambah kenikmatan serta keindahan tersendiri.

Baca Juga : Pantai Lampuuk, Secuil Surga Dari Provinsi Serambi Mekkah

Lokasi Pantai Suak Ribee

Pantai dengan hamparan pasir hitam nan lebut ini terdapat di Kecamatan Pahlawan, tepatnya di pesisir kota Meulaboh Kabupaten Aceh Barat.

Tips Berlibur Ke Pantai Suak Ribee

  • Bagi anda yang ingin mendapati lokasi berlibur yang tenang, Pantai Suak Ribee ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata anda
  • Persiapkanlah kondisi fisik yang baik agar perjalanan atau hari libur anda menyenangkan
  • Ajaklah sanak saudara atau orang-orang terkasih untuk menemani berlibur anda ke lokasi Pantai Suak Ribee ini
  • Bawalah perlengkapan berlibur seperlunya dan jangan lupa gunakan sunblock untuk melindungi kulit anda dari paparan sinar matahari serta bawalah pakaian ganti
  • Bawalah kamera untuk mendukung liburan anda dan untuk mengabadikan momen-momen indah yang disajikan alam ini untuk anda
  • Bila dirasa perlu, bawalah perbekalan makan dan minum secukupnya
  • Datanglah ke lokasi ini pada sore hari jika ingin mendapati pemandangan matahari terbenam yang menjadi momen favorit bagi pengunjung
  • Jagalah kelestarian alam dengan tidak merusak fasilitas yang ada dan tidak membuang sampah sembarangan

Artikel Terkait