Pantai Sadranan, Spot Snorkeling dengan Sejuta Pesona
Pantai Sadranan merupakan salah satu pantai di Gunung Kidul, Jogja yang menawarkan keindahan bawah laut serta olahraga snorkeling.

Pesona keindahan alam yang terdapat pada Kabupaten Gunung Kidul memang seakan tiada habisnya. Berjejer puluhan pantai yang menawarkan panorama alam seolah memikat para pelancong untuk datang menikmati keindahannya. Salah satunya adalah Pantai Sadranan yang merupakan destinasi favorit bagi para penggemar olahraga snorkeling.

Pantai yang langsung berbatasan dengan Samudra Hindia tersebut secara administratif terletak pada Dusun Pulegundes ll, Desa Sidoarjo, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika kamu dari pusat kota Jogja, maka kamu harus menempuh jarak sekitar 65 kilometer atau kira-kira 2 jam perjalanan. Lokasi Pantai Sadranan juga tak jauh dari Krakal, jaraknya hanya sekitar satu kilometer saja.

Pantai Sadranan

Letak dari Pantai Sadranan bisa dikatakan tersembunyi, sehingga masih banyak wisatawan yang belum mengetahui akan keberadaan pantai yang indah ini. Namun dikalangan penggemar snorkeling, tempat ini sudah tak asing lagi. Pantai ini memiliki panorama bawah laut menakjubkan, tak kalah dengan Pantai Nglambor yang juga merupakan salah satu spot snorkeling di Jogja.

Tak hanya snorkeling saja yang bisa kamu lakukan di tempat wisata ini. Pantai Sadranan juga menyimpan berbagai keindahan didalamnya. Rasa lelah akibat perjalanan jauh, seolah terbayar lunas setelah tiba dikawasan pantai. Pantai nan eksotis, dengan hambaran pasir putih disepanjang pantai serta jernihnya air laut seolah menyambut kedatanganmu di pantai ini.

Sejarah Singkat Pantai Sadranan

Terdapat sebuah cerita yang menjadi latar belakang dari nama pantai ini. Masyarakat sekitar menganggap pantai yang memiliki keindahan bawah laut ini tak hanya sekedar tempat wisata biasa. Pantai ini dianggap sakral serta terdapat sebuah tradisi yang telah berjalan secara turun temurun yaitu tradisi 'Nyadran'.

Menurut budaya jawa, tradisi Nyadran secara garis besar dapat diartikan sebagai upacara tradisional yang bersifat religius sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Pencipta. Rasa syukur tersebut bisa diartikan dengan melimpahnya hasil tangkapan ikan yang didapat oleh para nelayan disekitar pantai. Sebagian besar penduduk disekitar pantai memang diketahui mengandalkan hasil laut sebagai mata pencaharian utama.

Nyadran sendiri berasal dari kata Sraddha yang merupakan bahasa sansekerta. Sraddha dapat diartikan keyakinan, orang jawa juga sering menyebutnya Sadran. Dari kata itulah pantai ini akhirnya dinamai sebagai Pantai Sadranan. Karena pantai tersebut merupakan tempat dilaksanakannya tradisi Nyadran.

Pesona Pantai Sadranan

Tempat wisata yang belakang tengah hits dikalangan anak muda ini mempunyai pantai yang cukup luas. Pantai ini seakan bersembunyi dibalik tebing-tebing karang yang ada di sekitar pantai. Terdapat hamparan pasir putih di sepanjang bibir pantai yang seakan menjadi ikon di berbagai pantai yang terdapat di kabupaten Gunung Kidul.

Sejauh mata memandang, akan tampak birunya lautan luas berpadu dengan tebing-tebing karang yang asri ditumbuhi hijaunya pepohonan. Air lautnya pun tergolong tenang, serta ombak yang tak terlalu ganas layaknya pantai-pantai di laut selatan lainnya. Jernihnya air laut akan memudahkan bagi para wisatawan untuk menikmati biota laut dari permukaan air.

Pantai Sadranan

Sama seperti Pantai Drini, Pantai Sadranan juga memiliki sebuah pulau kecil yang letaknya tak jauh dari bibir pantai. Pulau tersebut merupakan pulau karang yang terbentuk secara alami. Pulau ini nampak hijau ditumbuhi berbagai macam tanaman yang seakan menambah keindahan panorama alam di pantai ini. Sayangnya, pulau tersebut tidak dapat dikunjungi oleh wisatawan karena belum adanya akses jalan menuju pulau tersebut.

Pesona yang dimiliki Pantai Sadranan seakan tak ada habisnya. Selain memiliki panorama yang indah, pengunjung juga dapat menikmati cantiknya matahari tenggelam ketika sore hari menjelang. Keindahan yang dimiliki pantai ini serasa sempurna saat sunset tiba. Angin berhembus sepoi-sepoi, deburan ombak yang menyapa bibir pantai, dipadukan dengan gradasi langit yang berubah menjadi orange akan membuat kamu tak rela meninggalkan pantai yang memiliki sejuta pesona ini.

Pantai Sadranan juga merupakan tempat favorit untuk bercamping. Sering dijumpai deretan tenda yang berjejer rapi di pinggiran pantai. Ketika senja mulai datang, banyak pemuda-pemuda saling bercengkrama di samping api unggun, serta menikmati kesunyian malam pantai ini.

Baca Juga: Pantai Drini, Pantai Eksotis dengan Pulau Karang yang Indah

Snorkeling Pantai Sadranan

Dari berbagai pesona yang terdapat pada pantai, olahraga snorkeling merupakan aktivitas yang paling menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata ini. Pantai ini memang terkenal akan keindahan bawah laut yang tak kalah menarik dibandingkan spot spot snorkeling yang lainya.

Selama ber-snorkeling pandanganmu akan dimanjakan dengan panorama bawah laut yang aduhai.Kamu dapat secara langsung berinteraksi dengan ikan-ikan kecil, rumput laut, serta terumbu karang yang masih alami serta terjaga kelestariannya. Karakter airnya yang cukup tenang seakan menjadikan pantai ini tempat sempurna untuk snorkeling.

Bagi kamu yang masih awam dalam dunia snorkeling, tidak perlu khawatir. Karena di pantai ini menyediakan pemandu yang akan membimbing kamu untuk menjelajahi indahnya dunia bawah laut Pantai Sadranan. Kamu juga bisa menyewa alat-alat snorkeling disini dengan harga yang cukup terjangkau. Bila ingin mengabadikan momen saat menyelam dibawah laut, kamu juga bisa menyewa kamera waterproof yang disediakan oleh pengurus pantai ini.

Pantai Sadranan memiliki beberapa spot-spot snorkling yang cukup memukau. Dari beberapa spot snorkeling tersebut, spot Watu Pecah dan spot Kali Senggoro yang menjadi incaran bagi para pecinta snorkeling. Kamu akan dipandu oleh pemandu jika kamu tidak mengetahui letak dari spot-spot tersebut.

Banyak ikan-ikan spesies langka yang akan kamu temui dunia bawah laut pantai ini. Seperti ikan kepe-kepe, Morish Idol, Botana kuning, Kerondong, ikan buntal, kerapu, ikan neon, dan masih banyak lagi. Ribuan ikan-ikan cantik tersebut akan setia menemani saat kamu melakukan aktivitas snorkeling di pantai ini.

Fasilitas Pantai Sadranan

Fasilitas pendukung dari lokasi wisata pantai ini juga sudah sangat memadai. Terdapat kamar mandi umum, mushola, serta deretan warung yang menyajikan olahan seafood lezat yang akan memanjakan lidah bagi para pengunjung. Selain itu juga terdapat tempat parkir yang cukup luas bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi.

Terdapat pula gazebo-gazebo kayu beratapkan alang-alang yang berderet rapi di tepi pantai. Kamu dapat melepas penat di gazebo tersebut setelah puas menjelajahi indahnya pantai yang berada pada provinsi Yogyakarta tersebut.

Baca Juga: 58 Tempat Wisata di Jogja Paling Menarik yang Wajib Dikunjungi

Wisata Pantai Sadranan

Pantai Sadranan menyimpan begitu banyak pesona keindahan alam dibalik tempatnya yang tersembunyi diantara tebing-tebing karang nan kokoh. Pantai ini merupakan wisata yang patut kamu kunjungi bagi kamu yang mencintai pantai dan olahraga snorkeling. Keindahan dunia bawah laut yang ada dipantai ini juga tak kalah dengan pantai-pantai terkenal lainya.

Bagi para pecinta fotografi landscape, tempat ini juga menawarkan pemandangan alam yang cukup menawan. Hamparan pasir putih, dengan birunya lautan luas, ditambah pesona sunset tentu menjadi objek yang sangat menarik bagi kamu yang punya hobi hunting foto. Keelokan pantai ini juga sering digunakan sebagai tempat untuk foto pre wedding.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Sadranan

Pantai Sadrana dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam.

Harga tiket masuk per orang untuk wisatawan lokal/asing Rp. 10.000,-

Parkir mobil Rp. 5.000,-

Parkir motor Rp. 2.000,-

Sewa alat snorkeling dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000,- per 2 jam.

Sewa tenda untuk camping dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000,- per 24 jam.

Peta Lokasi Pantai Sadranan

Tips Berwisata di Pantai Sadranan

  • Jika hendak olahraga snorkeling, waktu yang paling tepat adalah pagi hari atau sore hari ketika air laut sedang surut.
  • Bawalah sendal jepit untuk melindungi kaki, karena batu karang yang ada di pantai ini cukup tajam.
  • Berhati-hatilah saat menuju ke lokasi pantai karena jalan yang berkelok-kelok dan banyak tikungan curam.
  • Sebaiknya bawa pakaian ganti jika ingin berenang di pantai.
  • Berhati-hatilah saat bermain di air, jangan sampi merusak terumbu karang.
  • Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Artikel Terkait