Pantai Pok Tunggal, Keindahan Pantai Pasir Putih yang Eksotis
Pantai Pok Tunggal merupakan tempat wisata yang terletak di Gunung Kidul, Jogja yang menawarkan keindahan pantai dengan pasir putih eksotis.

Pantai Pok Tunggal merupakan salah satu dari puluhan pantai indah yang berjejer di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai yang akhir-akhir ini tengah menjadi incaran bagi para wisatawan tersebut, memiliki pesona yang tak kalah dengan pantai lainnya di Gunung Kidul. Bagi kamu yang menyukai pantai berpasir putih, Pantai Pok Tunggal menjadi salah satu alternatif tempat wisata yang ada di Jogja.

Pantai yang terletak diantara Pantai Indrayanti dan Pantai Siung tersebut secara administratif berada pada Desa Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari pusat Kota Jogja, kamu harus menempuh jarak sekitar 70 kilometer atau sekitar 2 jam perjalanan. Lokasinya juga tak jauh dari Pantai Indrayanti, kamu hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit saja untuk mencapai pantai eksotis ini.

Pantai Pok Tunggal

Untuk mencapai lokasi Pantai Pok Tunggal memang tak mudah. Kamu harus berhati-hati karena jalan menuju pantai ini tidak terlalu lebar serta berkelok-kelok. Tempatnya juga tersembunyi, sehingga masih banyak wisatawan yang belum mengetahui lokasi pantai dengan panorama menakjubkan tersebut.

Namun percayalah, lelah serta penat yang kamu peroleh dari perjalan panjang tersebut akan segera terbayar sesampainya di pantai ini. Hamparan pantai yang luas dengan pasir putih bersih, birunya lautan luas serta suara deburan ombak yang menyapa bibir pantai seakan menyambut kedatanganmu di Pantai Pok Tunggal.

Sejarah Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal bisa dikatakan sebagai tempat wisata yang tergolong baru di Jogja. Karena pantai ini baru diresmikan sejak 2012 sebagai salah satu tempat wisata. Asal usul dari nama pok tunggal sendiri berawal dari keberadaan sebuah pohon yang cukup besar di bibir pantai.

Pohon tersebut adalah pohon Duras yang konon sangat susah tumbuh di daerah pesisir pantai Gunung Kidul. Pohon tersebut juga disebut warga sekitar pok tunggal karena jumlahnya yang hanya ada satu saja. Hal tersebutlah yang akhirnya membuat pantai ini dinamai Pantai Pok Tunggal. Seiring dengan berjalannya waktu, pohon Duras yang tumbuh di bibir pantai tersebut seakan menjadi ikon dari pantai ini.

Baca Juga: Pantai Sadranan, Spot Snorkeling dengan Sejuta Pesona

Pohon Duras merupakan pohon yang tergolong langka dan sangat sulit untuk tumbuh subur. Hal tersebut membuat masyarakat setempat menjaga kelestarian dari pohon yang telah menjadi ikon Pantai Pok Tunggal. Para wisatawan dilarang untuk memanjat atau merusak pohon tersebut. Pohon ini juga dipercaya masyarakat sekitar pantai, sebagai pohon yang membawa keberuntungan.

Pesona Pantai Pok Tunggal

Sama seperti pantai-pantai yang berada di Kabupaten Gunung Kidul, Pok Tunggal juga dihiasi dengan pasir putih bersih yang terhampar luas disepanjang bibir pantai. Wisatawan dapat dengan leluasa bermain pasir, berjemur atau sekedar bersantai memandang birunya lautan luas. Keindahan panorama alam yang ada di pantai ini seolah memberikan kesejukan hati dan kedamaian diri.

Pantai tersebut seakan tersembunyi dibalik perbukitan karst, serta tebing-tebing karang yang tingginya mencapai 50 meter. Tebing-tebing karang yang mengelilingi pantai dipenuhi oleh tumbuhan hijau seakan menambah keindahan alam yang ada pantai ini. Tebing-tebing tersebut seakan ditugaskan oleh Sang Pencipta untuk melindungi pantai yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia ini.

Pantai Pok Tunggal

Pantai yang juga sering disebut sebagai Pantai Kuta-nya Jogja ini memiliki karakteristik air berwarna biru dan cukup jernih. Wisatawan diperbolehkan untuk melakukan aktivitas berenang di sekitar tepian pantai. Namun setiap pengunjung harus tetap waspada, karena pantai ini memiliki ombak yang cukup besar.

Bila kamu ingin menikmati keelokan Pantai Pok Tunggal dari sisi lain, kamu dapat berjalan ke atas perbukitan yang ada pada sisi kanan dan kiri pantai. Pada bukit sebelah barat telah dibangun jalan setapak oleh warga setempat sebagai akses wisatawan yang ingin menaiki bukit tersebut. Di atas bukit terdapat pula gazebo yang dapat digunakan bersantai sembari menikmati keindahan pantai dari ketinggian.

Sedangkan pada bukit sebelah timur, akses menuju atas bukit sedikit berbahaya. Jalan menuju bukit tersebut hanya tersebut dari potongan bambu-bambu yang dibuat persis di sisi tebing. Perlu kewaspadaan yang tinggi bila kamu ingin menaiki bukit tersebut.

Dari atas bukit, akan nampak kecantikan dari Pantai Pok Tunggal yang terasa semakin mempesona. Sejauh mata memandang, akan tersaji birunya lautan dipadukan dengan pasir putih bersih yang membentang disepanjang pantai. Deburan ombak yang menghantam karang, serta semilir angin seakan membuat para pelancong tak ingin beranjak pergi dari pantai ini.

Fasilitas Pantai Pok Tunggal

Fasilitas penunjang yang ada pada tempat wisata di pantai ini terbilang cukup memadai. Terlepas dari jalan menuju lokasi pantai yang masih belum diperlebar dan berliku-liku. Terdapat tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Selain itu juga terdapat toilet umum bagi para wisatawan yang ingin berganti pakaian setelah bermain air atau berenang ditepi pantai.

Disediakan pula gazebo-gazebo kecil dengan payung berwarna-warni yang bertebaran di pinggir pantai. Terdapat pula gazebo yang dibangun di atas bukit. Walaupun akses jalan yang ada di bukit sebelah barat masih terbuat dari bambu dan cukup berbahaya untuk dilalui oleh para wisatawan.

Pada sekitar pantai juga terdapat warung-warung yang menjajakan berbagai macam jenis makanan. Setelah puas menjelajahi keindahan Pantai Pok Tunggal, kamu dapat berwisata kuliner dengan menyantap berbagai makanan lezat yang akan menggoyang lidah.

Menikmati Keindahan Pantai

Bagi kamu yang menyukai pantai lengkap dengan pasir putihnya, maka tempat ini merupakan destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi. Pantai Pok Tunggal menawarkan berbagai keindahan panorama alam yang akan membuat orang takjub ketika berada pada tempat wisata ini. Kamu akan disajikan dengan hamparan pasir putih nan lembut disepanjang pantai, birunya lautan luas, suara gelombang ombak, serta udara yang sejuk menjadi daya tarik dari pantai ini.

Camping

Kamu juga bisa mendirikan tenda dan bermalam di sepanjang Pantai Pok Tunggal. Telah disediakan jasa penyewaan tenda, apabila kamu tak ingin repot-repot membawa tenda dari rumah. Menikmati keheningan malam dipadukan dengan suara deburan ombak bersama orang-orang terdekat, tentu merupakan sebuah pengalaman yang tak akan terlupakan.

Baca Juga: 58 Tempat Wisata di Jogja Paling Menarik yang Wajib Dikunjungi

Tak hanya itu, pantai ini juga merupakan salah satu spot untuk melihat sunset. Ketika hari menjelang senja dan matahari mulai tenggelam serta langit yang berubah warna menjadi orange, seolah seperti sebuah lukisan alam sempurna yang menciptakan suasana romantis.

Hunting Foto

Pantai ini juga merupakan destinasi menarik bagi kamu yang ingin hunting foto. Banyak fotografer landscape yang ingin mengabadikan keindahan panorama alam yang dimiliki Pantai Pok Tunggal dalam sebuah foto. Selain itu, pantai ini juga bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin mencari tempat untuk foto pre wedding.

Harga Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal

Harga tiket masuk per orang untuk wisatawan lokal/asing Rp. 10.000,-

Harga sewa tenda Rp. 25.000,- (untuk 2 orang), Rp. 35.000 (untuk 4 orang), Rp. 50.000 (untuk 7 orang).

Harga sewa gazebo di pinggir pantai Rp. 20.000

Peta Lokasi Pantai Pok Tunggal

Tips Berwisata ke Pantai Pok Tunggal

  • Berhati-hatilah saat menuju lokasi pantai ini, karena jalanan yang sempit serta berliku-liku.
  • Sebaiknya bawalah baju ganti jika kamu ingin berenang di pantai.
  • Tetap waspada ketika berenang, karena pantai ini memiliki ombak yang cukup besar.
  • Berhati-hatilah ketika menaiki bukit di sebelah barat pantai, karena jalan menuju bukit hanya terbuat dari bambu.
  • Ketika berada dibukit, berhati-hatilah karena masih sering ditemui monyet liar.
  • Jagalah kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan, jika kamu membuang sampah sembarangan kamu akan didenda sebesar Rp. 10.000,-
  • Jangan merusak atau memanjat pohon yang ada di tepi pantai, karena pohon tersebut termasuk pohon yang langka.

Artikel Terkait