Pantai Pelabuhan Ratu, Menikmati Desiran Ombak Ala Pantai Pulau Dewata
Pemandangan yang disuguhkan dari Pantai Pelabuhan Ratu ini sunguh indah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, lokasi ini cukup recomended bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama sanak saudara.

Jawa Barat menyediakan berbagai macam tempat wisata menarik salah satunya terdapat dikawasan Pelabuhan Ratu. Pelabuhan Ratu merupakan kecamatan dan sekaligus merangkap menjadi Ibu Kota Sukabumi. Secara geografis kawasan ini berada di daerah barat daya Sukabumi dan berada di pesisir Samudra Hindia oleh karena itu kawasan ini memiliki banyak tempat wisata pantai yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Salah satunya yang menjadi tempat favorit wajib untuk dikunjungi para traveller yaitu pantai Palabuhan Ratu atau orang-orang biasa menyebutnya dengan Pantai Pelabuhan Ratu. Pantai ini cukup menarik minat para pengunjung baik pengunjung lokal maupun asing. Pantai yang dihiasi dengan pasir berwarna coklat dan ombak yang cukup besar, khas Pantai Selatan ini menjadi daya tarik tersendiri untuk mengundang para pengunjung untuk datang ke lokasi ini. Pantai ini juga tak lepas dari mitos tentang Ratu Kidul.

Selain itu pantai ini juga kerap digunakan sebagai tempat ritual atau pesta  laut (Hari Nelayan) seperti melarung sesaji yang berupa kepala kerbau dan sesaji lainnya.  Acara ini biasanya dilakukan setahun sekali (pada bulan April) dan dalam waktu 2 hari satu malam serta menampilkan acara hiburan lain seperti kesenian wayang dan tarian tradisional. Acara ini diadakan bertujuan untuk mengucap rasa Syukur para nelayan kepada Tuhan atas karunia serta rezeki yang telah diberikan berupa hasil tanggkapan ikan.

Pesona Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai indah ini dikenal memiliki ombak yang tinggi dan sangat kuat, kondisi ini cukup berbahaya bagi para perenang pantai. Kawasan ini biasanya dimanfaatkan oleh para peselancar karena ombak yang dihasilkan cukup tinggi dan besar dan cukup stabil. Di lokasi ini para peselancar saling adu bakat untuk menunjukkan aksinya berlenggak-lenggok saat bermain dengan ombak. Namun jangan khawatir bagi kalian yang tidak suka berselencar, pantai ini menyajikan pemandangan yang indah dan eksotis. Topografinya berupa perpaduan antara pasir pantai yang luas, udara yang sejuk, tebing karang terjal, pantai yang curam dan landai serta hempasan ombak yang cukup besar. Disisi lain juga terdapat hutan cagar alam.  Anda bisa berduduk santai dengan menyaksikan deburan ombak yang menyapu karang. Tidak hanya itu, anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan alami sunrise dan sunset yang melengkapi keindahan pantai ini.

Keindahan dan kecantikan pantai ini telah dikenal sejak jaman dulu. Karena itu, Sang Proklamator Kemerdekaan Indonesia, yaitu bapak Soekarno mendirikan tempat peristirahatannya di Tenjo Resmi pada tahun 1960. Bung Karno juga menjadi inisiator pembangunan hotel mewah yang sampai saat ini menjadi ikon Pantai Pelabuhan Ratu. Hotel mewah tersebut bernama Samudra Beach Hotel. Pembangunan Samudra Beach Hotel ini berbarengan dengan pembangunan Hotel Indonesia, Bali Beach Hotel, dan toko serba ada “Sarinah”. Semua pembangunan itu menggunakan dana pampasan perang dari Jepang.

Selain itu, para wisatawan juga dapat mencoba merasakan aura mistis di hotel mewah ini. Aura mistis yang konon akan muncul saat memasuki kamar no. 13  yang mitosnya menjadi tempat singgah Ratu Pantai Selatan “Nyai Roro Kidul”. Nyai Roro Kidul konon merupakan wanita cantik bagai bidadari yang bertahta pada sebuah kerajaan makhluk halus yang besar dan indah. Di dalam kamar ini dihiasi serta didominasi dengan warna hijau, warna kesukaan Nyai Roro Kidul. Selain itu, ruangan ini juga dipenuhi dengan aksesoris yang menjadikan suasana megah Istana Pantai Selatan.

Fasilitas Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai ini selain menyajikan keindahan alam yang eksotis dan hotel mewahnya, di kawasan ini juga terdapat Pondok Dewata Resor, villa mewah yang cukup diminati banyak wisatawan untuk berkenjung. Terdapat pula sejumlah hotel dan losmen kecil, wahana bermain anak, mushola, warung makan & minum, toko suvenir khan kota Sukabumi, pos security atau penjaga pantai (SAR), peta informasi wisata Pelabuhan Ratu dan lainnya.

Kawasan pantai ini juga memiliki lahan parkir yang cukup luas. Apabila anda merasa lelah untuk berjalan kaki melihat keindahan pantai ini, anda dapat menyewa kuda sewaan yang tersedia di area ini. Bagi anda yang ingin berselancar, dilokasi ini juga tersedia tempat penyewaan papan selancar.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk yang ditawarkan cukup murah yaitu  sekitar Rp 2.000/orang.

Baca Juga : Pantai Karang Hawu, Pesona Keindahan Alam dan Legenda Mistis di Tanah Sukabumi

Peta Lokasi Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu ini merupakan kawasan pantai yang berada di kawasan Pelabuhan Ratu, Jawa Barat sekitar 60 kilometer dari kota Sukabumi ke arah selatan. Akses jalan menuju lokasi ini cukup mudah. Apabila anda dari Jakarta atau daerah Bogor, naiklah bus dengan tujuan Bogor-Sukabumi. Setibanya di Sukabumi anda dapat melanjutkan dengan menggunakan bus jurusan Sukabumi-pelabuhan Ratu dan anda akan tiba di Pantai Pelabuhan Ratu.

Tips Berlibur

  • Pastikan kondisi kesehatan anda terjaga dengan baik
  • Bawalah perlengkapan berlibur seperlunya dan jangan lupa membawa pakaian ganti
  • Jagalah selalu kelestarian alam dengan tidak membuang sampah sembarangan

Artikel Terkait