Pantai Panjang, Menikmati Keindahan Sunset di Bengkulu
Indonesia merupakan salah satu negara dengan berbagai macam jenis tempat-tempat wisata yang tak kalah indah dengan yang ada di luar negeri sana. Terutama wiasata pantainya dan salah satu pantai indah itu adalah Pantai Panjang Bengkulu. Seperti namanya, pantai ini terletak di daerah Bengkulu

Pantai Panjang ini menjadi wisata pantai favorit bagi para wisatawan terutama warga sekitar. Pantai ini memiliki keindahan berupa garis pantai yang sangat panjang hampir sekitar 7 km serta memiliki lebar pantai atau garis pasang serta garis surut sekitar 500 meter. Kondisi ini dapat terjadi karena di sekitar pantai ini tidak terdapat karang seperti pantai-pantai lainnya sehingga ketika air laut surut membuat hamparannya dapat menjangkau sangat jauh ke dalam pantai.

Saat air laut surut inilah yang menjadikan pemandangan pantai begitu indah karena hamparan dari pasir putihnya terlihat semakin luas. Perpaduan antara warna putihnya pasir laut, birunya air laut dan hijaunya pepohonan yang ada disekitar  menjadikan gradasi serta perpaduan warna yang begitu menakjubkan. Deburan ombak laut yang silih berganti disusul dengan angin laut yang menerpa wajah dengan sangat lembut, membuat para pengunjung merasa begitu betah untuk berlama-lama dii kawasan pantai ini.

Selain itu pantai ini juga memiliki kondisi pantai yang cukup landai, berpadu dengan jernih dan bersihnya air menjadikan daya tarik tersendiri pula untuk para pengunjung bertandang ke lokasi ini. Dengan adanya kondisi pantai yang seperti ini pulalah para pengunjung dapat mandi atau berenang sepuasnya sambil menikmati semilir angin laut yang begitu sejuk menerpa. Di sekeliling pantai ini juga ditumbuhi dengan berbagai macam jenis peppohonan rindang seperti cemara dan pinus yang membuat suasana di pantai ini terlihat begitu sejukk walau terik matahari begitu memancarkan cahayanya.

Selain menampilkan keindahan yang terbilang cukup berbeda dari keadaan pantai-pantai lainnya. Di lokasi pantai ini juga terdapat kawasan khusus dan menjadi satu-satunya objek wisata yang menawarkan terapi dengan cara berjogging. Para pengunjung dapat melakukan aktivitas jogging saat pagi ataupun sore hari tentunya di lintasan yang telah dibuat.

Di pantai ini ada cukup banyak kegiatan yang dapat dilakukan seperti, bermain volly pantai, berenang, atau hanya sekedar duduk-duduk santai sambil menikmati keindahan ombak dari pantai ini. Atau berjalan-jalan desekitar pantai sambil merasakan kelembutan dari pasir putih Pantai Panjang Bengkulu. Tak hanya itu saja, bagi para pecinta kegiatan air seperti surfing, anda juga dapat menyalurka hobi dan bakat anda di pantai ini. Karena pantai ini merupakan tempat surfing terbaik dengan ombaknya yang terbilang cukup besar, sehingga bagi anda para surfer wajib untuk mencoba ombak Pantai Panjang ini.

Baca juga : Danau Mas Harun Bastari, Keindahan Danau Berbalut Bukit Hijau di Bengkulu

Suasana yang begitu dinanti-nati oleh para pengunjung di pantai ini adalah saat dimana matahari akan terbenam atau sunset. Keindahan alam yang ditampilkan juga begitu luar bisa. Keindahan langit yang mulai berubah warna menjadi warna jingga memantulkan cahayanya ke air pantai sehingga menjadikan warna air pantai ini menjadi seperti warna perak keemasan. Sungguh luar biasa indah.

Fasilitas Di Pantai Panjang Bengkulu

Kawasan wisata pantai ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung untuk menambah kenyamanan para pengunjung. Di loakasi ini telah tersedia berbagai jenis kios-kios makanan dan minuman bahkan telah tersedia pula restoran dengan berbagai jenis menu makanan serta minuman yang begitu menggugah selera. Terdapat pula area untuk bermain anak, pusat perbelanjaan sampai fasilitas untuk olahraga. Di pusat perbelanjaan ini anda dapat membeli berbagai macam jenis oleh-oleh untuk dibawa pulang. Untuk area parkir kendaraan juga tersedia dengan lahan yang cukup luas.

Bagi para pengunjung yang ingin  merasakan keindahan malam di pantai ini juga tidak perlu khawatir lagi, karena di kawasan pantai ini telah disediakan tempat-tempat penginapan.mulai dari tempat penginapan yang murah meriah hingga hotel mewah juga telah tersedia di kawasan pantai ini.

Peta Lokasi Pantai Panjang

Pantai Panjang ini terletak di kawasan yang sangat strategis dan tak jauh dari pusat Kota Bengkulu. Bahkanjarak antara pantai ini dengan Pusat Kota Bengkulu hanya sekitar 3 km dengan waktu tempuh sekitar 15 menit saja. Bagi para pengunjung yang ingin datang ke lokasi ini dapat menggunakan berbagai macam fasilitas kendaraan yang ada mulai dari transportasi umum hingga kendaraan sewa.

Tips Berlibur ke Pantai Panjang

  • Jagalah selalu kondisi kesehatan anda saat berlibur dengan keluarga ataupun sahabat

  • Bawalah perlengkapan berlibur seperlunya dan jangan lupa untuk membawa pakaian ganti

  • Gunakanlah sunblock untuk melindungi kulit anda dari paparan jahat sinar matahari

  • Bawalah kamera yang mendukung perjalanan anda dan untuk mengabadikan momen-momen indah bersama anggota keluarga ataupun sahabat

  • Jagalah selalu kelestarian alam sekitar dengan tidak merusak fasilitas yang ada dan tidak membuang sampah sembarangan

Artikel Terkait