Pantai Lampuuk, Secuil Surga Dari Provinsi Serambi Mekkah
Pantai Lampuuk merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Aceh Besar dan menampilkan keindahan alam yang tak kalah dengan pantai-pantai di Bali.

Pantai ini terletak di Desa Meunasah Masjid, Lhoknga Kabupaten Aceh Besar, Aceh berada di jalur Banda Aceh Calang atau Aceh Jaya atau sekitar 20 kilometer dari kota Banda Aceh. Akses untuk menuju ke kawasan wisata ini memang terbilang cukup sulit. Satu-satunya cara untuk menuju ke lokasi ini adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi, karena di sekitar lokasi ini tidak terdapat angkutan umum yang menuju ke kawasan wisata pantai ini. Jangan khawatir untuk keadaan jalan menuju ke lokasi terbilang sudah bagus

Lokasi pantai ini dulunya merupakan salah satu tempat yang menjadi korban terparah akibat hantaman gelombang besar Tsunami pada tahun 2004 silam. Karena itu berbagai macam fasilitas yang ada di lokasi ini rusak parah. Namun jangan khawatir lokasi pantai yang langsung menghadap ke Samudra Hindia ini sudah menjalani rehabilitasi baik sarana dan prasaranya.

Pesona Keindahan Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Nanggro Aceh Darussalam (NAD) khususnya Banda Aceh. Di kawasan pantai ini terdapat garis pantai yang memiliki panjang sekitar 5 kilometer dan membentuk sebuah teluk kecil yang cukup indah serta unik. Pantai ini dibalut dengan keindahan pasir putih yang bersih dan lembut, air laut yang memiliki warna biru kehijauan serta ombak besar yang gulung-gulung menambah panorama keindahan yang sangat sempurna.

Hamparan deretan pohon pinus yang begitu rimbun membuat suasana sejuk, serta deretan pegunungan yang menghijau menjadi background pemanandangan alam yang dapat memukan mata. Di lokasi ini para pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan alam yang disajikan oleh pantai ini, para pengunjung juga dapat menyalurkan bakat serta hobi berselancar. Kebanyakan pengunjung mendatangi lokasi ini salah satunya untuk menjajal ombak-ombak besar di Pantai Lampuuk ini. Ombak di pantai ini memang telah terkenal besar namun tetap bersahabat untuk para peselancar. Maka tak heran jika warga sekitar serta para pengunjung menjuluki lokasi ini sebagai ‘Kuta’nya Aceh.

Kawasan wisata ini juga terdapat 4 pintu masuk yang berderet mulai dari selatan hingga ke utara. Keempat pintu masuk ini juga memiliki nama sesuai dengan urutannya, yaitu Babah Satu, Babah Dua, Babah Tiga, serta Babah Empat. Untuk para pengunjung lokal biasanya akan melewati pintu masuk satu dan dua atau Babah Satu dan Dua, sedangkan bagi pengunjung asing biasanya akan memasuki pintu masuk Babah Tiga, pintu masuk ini biasanya juga untuk mereka yang ingin berselancar.

Tak hanya itu saja, di lokasi ini juga tersedia Banana boat dan olah raga air lainnya yang memang sajikan untuk para pengunjung sembari menikmati keindahan alam. Tersedia pula padang golf Seulah yang menampilkan latar belakang gulungan ombak yang saling bergulung. Panorama yang sangat indah akan lebih terasa pada saat sore hari dimana matahari yang mulai terbenam akan memberikan keindahan yang tak terlupakan.

Terdapat kawasan yang cukup menarik juga dan tak jauh dari Pantai Lampuuk ini terdapat pusat konservasi satwa penyu yang didirikan ketika Aceh sedang dalam masa recovery pasca tsunami. Ini pula lah yang menjadi salah satu daya tarik bagi para pengunjung untuk mengunjungi lokasi wisata yang satu ini.

Fasilitas di Pantai Lampuuk

Tak hanya menyajikan permainan pantai yang sangat mengasyikan, di lokasi ini juga terdapat cukup banyak kios-kios yang menawarkan berbagai macam jenis makanan untuk mengisi perut yang mulai bernyayi. Namun kebanyakan makanan yang ditawarkan berupa seafood. Terdapat berbagai macam jenis ikan seperti, ikan kerapu, ikan rambe, udang, cumi dan masih banyak lagi jenis makanan lainnya. Tak lupa bagi para pengunjung mesti memperhatikan harga-harga makanan tersebut, karena mungkin harga yang ditawarkan akan berbeda-beda.

Bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan atau suasana malam di pantai ini juga jangan khawatir. Karena di kawasan pantai ini juga telah disediakan tempat penginapan. Tempat penginapan ini berada di ujung pantai dan cukup unik. kawasan penginapan yang berada di atas tebing ini menjadikan pemandangan terlihat sangat indah. Selain itu tepat di bawah penginapan ini terdapat bungalow yang berada di tengah-tengah laguna kecil. Dari kejauhan tempat penginapan ini memang tidak begitu terlihat, namun bila pengunjung mendekati kawasan tebing akan terlihat sebuah penginapan yang bernama Joel’s Bungalow.

Baca Juga : Pantai Lhoknga, Pantai Eksotis Dengan Spot Surfing Menantang

Peta Lokasi Pantai Lampuuk

Harga Tiket Masuk

Untuk mengunjungi lokasi Pantai Lampuuk ini para pengunjung akan diminta untuk membayar tiket masuk yang terbilang cukup murah. Para pengunjung akan dikenakan biaya hanya sebesar Rp 3.000 saja namun pengunjung juga mungkin akan dikenakan biaya untuk parkir kendaraan bagi yang membawa kendaraan pribadi. Harga tiket yang ditawarkan terbilang sangat murah dibanding dengan keindahan alam yang disajikan.

Tips Berlibur Ke Pantai Lampuuk

  • Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti
  • Bawalah perlengkepan seperlunya dan jangan lupa untuk membawa serta menggunakan sunblock untuk melindungi kulit anda dari paparan jahat sinar matahari
  • Bawalah perbekalan makan serta minum
  • Bawalah kamera yang mendukung liburan anda dan untuk mengabadikan momen-momen indah kebersamaa
  • Jagalan selalu keindahan serta kelestarian alam dengan tidak merusak fasilitas yang tersedia dan tidak membuang sampah sembarangan

Artikel Terkait