Pantai Kuala Raja, Pantai Berpasir Coklat nan Eksotis
Pantai Kuala Raja merupakan pantai di Kabupaten Bireuen yang menjadi salah satu tempat wisata favorit masyarakat sekitar, memiliki keindahan berupa pantai eksotis serta jejeran pohon rindang di tepi pantai.

Ketika berada di Bireuen, tak lengkap rasanya jika tidak menyempatkan diri untuk mampir menikmati deretan pantai indah yang tersebar di daerah ini. Tak hanya dikenal memiliki kuliner yang menggoda selera, Bireuen juga menawarkan keindahan wisata bahari berupa pantainya. Salah satunya adalah Pantai Kuala Raja yang menjadi primadona baru bagi masyarakat setempat.

Pantai Kuala Raja memang tak setenar pantai-pantai di Aceh lainnya, namun tempat wisata ini tetap saja memiliki daya tarik bagi wisatawan Bireuen, Lhokseumawe, Sligi dan sekitarnya. Seperti Pantai Kuala Jangka, pantai ini memiliki pasir berwarna kecoklatan sehingga nampak eksotis. Pantai ini tak pernah sepi pengunjung, apalagi ketika hari libur atau akhir pekan tiba.

Pantai Kuala Raja

Secara geografis, letak Pantai Kuala Raja berada pada Desa Kuala Raja, Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen, Aceh. Lokasi dari pantai ini juga sangat dekat untuk dicapai, wisatawan setidaknya harus menempuh jarak sekitar 3-4 kilometer saja dari pusat Kota Bireuen. Lokasinya pun cukup mudah ditemukan karena berada tak jauh dari jalur antar provinsi yaitu Jalan Banda Aceh-Medan.

Tersedia beberapa transportasi yang bisa dipilih oleh wisatawan, seperti taksi, becak motor, ataupun labi-labi. Pengunjung juga bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk berkunjung ke pantai ini. Sebelum menikmati keindahan Pantai Kuala Raja, wisatawan juga bisa berkeliling terlebih dahulu di Kota Bireuen, untuk menikmati pesona Kota Bireuen dan berwisata belanja.

Pesona Pantai Kuala Raja

Hamparan pasir bersih berwarna kecoklatan akan menyambut kedatangan wisatawan ketika tiba di Pantai Kuala Raja. Garis pantai yang panjang serta landai, juga menjadi sebuah fenomena tersendiri yang bisa dinikmati. Wisatawan dengan bebas bisa merasakan lembutnya pasir pantai, serta menikmati setiap jengkal keindahan pantai yang terletak di Bireuen ini.

Para traveller akan menemukan rimbunnya pepohonan cemara yang berada tak jauh dari tepi pantai. Suasana rindang dan asri, seketika akan dirasakan ketika wisatawan berada di bawah pepohonan tersebut. Selain mempercantik pantai, adanya pepohonan cemara juga dimanfaatkan bagi para wisatawan yang ingin berteduh ketika matahari bersinar dengan teriknya.

Pantai Kuala Raja

Gelombang ombak pun seolah tiada lelah saling silih berganti menerpa bibir pantai. Semilir angin yang berhembus, menjadi teman setia yang senantiasa mengiringi para wisatawan untuk menelusuri keindahan Pantai Kuala Raja. Dari jauh, akan terlihat perahu dan kapal-kapal nelayan yang nampak kecil berada ditengah lautan untuk mencari ikan.

Ombak di Pantai Kuala Raja ini tergolong tak berbahaya, sehingga cukup aman bagi wisatawan yang ingin sekedar berenang serta menikmati segarnya air laut. Disekitar pantai, juga terdapat sebuah tanggul dari tumpukan bebatuan karang yang menjorok kelaut sehingga nampak seperti sebuah dermaga kecil. Banyak pengunjung yang menjadikan tempat ini sebagai pijakan untuk memancing, ada pula wisatawan yang duduk-duduk santai sembari menikmati deburan ombak.

Setelah puas menikmati keindahan Pantai Kuala Raja, wisatawan bisa menuju ke pondok-pondok disekitar pantai untuk beristirahat dan juga mencicipi berbagai kuliner lezat. Di pantai ini memang terdapat jejeran warung yang menawarkan kuliner seafood yang menggoda selera. Ketika perut mulai keroncongan, tiada salahnya untuk memesan makanan dan menikmatinya sambil melihat pemandangan lautan luas.

Pantai Kuala Raja memang menjadi salah satu tempat wisata favorit serta tempat yang cocok untuk berlibur bersama keluarga. Tempat ini menawarkan keindahan berupa pantai yang tertata apik, serta wisata kuliner lezat. Tak heran, jika pantai ini seolah menjadi primadona baru bagi masyarakat Bireuen dan sekitarnya. Bukan tak mungkin, pantai ini bisa sejajar denga pantai-pantai lain di Aceh yang telah tersohor hingga ke pelosok dunia.

Fasilitas Pantai Kuala Raja

Fasilitas yang ada di Pantai Kuala Raja pun tergolong cukup memadai, di pantai ini telah dibangun toilet umum, serta tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan seperti bus dan mobil. Bagi wisatawan muslim, juga terdapat mushola yang bisa digunakan untuk beribadah ketika adzan berkumandang.

Selain itu, di pantai ini juga telah dilengkapi dengan wahana bermain anak-anak. Meskipun tak begitu lengkap, setidaknya wahana bermain anak-anak ini bisa digunakan bagi wisatawan yang datang bersama anaknya. Tak hanya itu, terdapat pula pondok-pondok sederhana dari kayu yang dibangun untuk wisatawan yang hendak beristirahat atau menyantap hidangan seafood.

Baca Juga: Pantai Kuala Jangka, Primadona Baru Wisata Bireuen

Di Pantai Kuala Raja, wisatawan tak perlu takut jika perut keroncongan karena terdapat deretan warung yang menawarkan beraneka ragam makanan laut seperti udang, ikan bakar, kepiting dan masih banyak lagi. Pengunjung bisa menikmatinya di pondok yang didesain menghadap ke laut, jangan lupa juga untuk mencoba Mie Aceh yang terkenal akan kelezatannya.

Disekitar pantai, juga tersedia persewaan ban dan pancing bagi wisatawan yang ingin berenang dan juga memancing. Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, pengunjung sudah bisa menyewa alat-alat tersebut untuk menikmati segarnya air laut, serta mencari ikan di sebuah dermaga kecil.

Pantai Kuala Raja bisa menjadi alternatif wisata untuk keluarga di akhir pekan. Berikut kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan ketika berada di pantai ini.

Menikmati Keindahan Pantai

Ketika kamu berkunjung ke Pantai Kuala Raja, kamu akan dimanjakan dengan pantai yang lengkap dengan pasir putih kecoklatan serta hamparan lautan luas yang membiru. Kamu bisa sepuasnya bermain di pasir pantai, karena pantai ini memiliki bentang pantai yang cukup luas dan panjang. Kamu juga bisa bermain air, mandi atau berenang untuk merasakan segarnya air laut di pantai ini.

Jika ingin merasakan sensasi yang berbeda, kamu bisa menuju ke sebuah tanggul disekitar pantai yang menjorok ke laut. Di tempat ini, kamu bisa lebih merasakan indahnya pantai serta menikmati hembusan angin serta deburan ombak yang menerpa bebatuan. Tempat ini memang sangat pas bagi kamu yang ingin refreshing di akhir pekan.

Melihat Sunset

Layaknya pantai lainnya di Kabupaten Bireuen, kamu juga bisa melihat indahnya fenomena sunset ketika sore hari. Pengunjung akan semakin ramai, ketika senja mulai tiba karena sebagian besar wisatawan ingin menikmati indahnya sunset di pantai ini. Datanglah sekitar jam 4 sore, supaya kamu kebagian tempat di pondok-pondok pantai.

Saat matahari perlahan mulai tenggelam di ufuk barat, seketika akan tercipta sebuah pemandangan indah berupa langit yang berubah warna bak lukisan alami karya Sang Kuasa. Kamu bisa menikmati keindahan sunset ini sambil meneguk segarnya es kelapa muda, dan bercengkrama dengan teman dan orang-orang terdekat.

Hunting Foto

Keindahan dari Pantai Kuala Raja rasanya sangat sayang jika tak diabadikan didalam sebuah karya foto. Jika kamu mempunyai hobi memotret apalagi tentang landscape, maka tempat wisata ini bisa menjadi pilihan yang menarik. Kamu bisa memotret lautan luas, atau sunset yang indah di pantai ini. Gelombang ombak yang sesekali menerpa tepian pantai, juga menjadi fenomena tersendiri yang patut untuk diabadikan.

Harga Tiket Masuk Pantai Kuala Raja

Pantai Kuala Raja di buka setiap hari hingga jam 18.00 WIB, untuk memasuki tempat wisata ini wisatawan dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000 per orang.

Baca Juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Tips Berwisata di Pantai Kuala Raja

  • Bawalah pakaian ganti, jika kamu ingin berenang atau mandi di air laut.
  • Jangan terlalu ke tengah lautan ketika berenang, karena bisa membahayakan keselamatanmu.
  • Datanglah sekitar jam 4 sore, jika kamu ingin melihat indahnya sunset.
  • Jagalah kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.
  • Jagalah kelestarian pantai, dan jangan merusak fasilitas yang ada di pantai.
  • Berdoalah sebelum bertolak ke Pantai Kuala Raja, agar liburanmu berjalan sesuai rencana.

 

Artikel Terkait