Pantai Kuala Jangka, Primadona Baru Wisata Bireuen
Pantai Kuala Jangka merupakan pantai yang terletak di Kabupaten Bireuen, menawarkan pesona pantai eksotis dengan pasir kecoklatan dan keanekaragaman wisata kuliner disekitar pantai.

Selain dikenal memiliki berbagai macam kuliner yang lezat, Kabupaten Bireuen juga menawarkan beberapa tempat wisata yang sangat layak dikunjungi. Daerah yang berjuluk sebagai Kota Juang ini menawarkan deretan wisata pantai mempesona seperti Pantai Kuala Jangka yang belakangan semakin mempercantik diri untuk memikat hati para wisatawan.

Pantai Kuala Jangka memang menjadi salah satu pantai favorit yang tak pernah sepi pengunjung. Dari berbagai daerah, wisatawan silih berganti datang untuk menikmati hamparan lautan luas serta keindahan sunset pada sore hari. Deretan warung-warung yang menawarkan kuliner lezat, juga siap menggoyang lidah wisatawan.

Pantai Kuala Jangka

Secara administratif, letak Pantai Kuala Jangka berada pada Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh. Untuk menikmati keindahan dari pantai ini, para traveller setidak harus menempuh jarak kurang lebih 16 kilometer atau dengan melakukan perjalanan selama 30 menit dari pusat Kota Bireuen.

Terdapat beberapa pilihan transportasi yang bisa dipilih oleh wisatawan, seperti angkutan umum dan taksi. Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi pun bisa dilakukan, letaknya yang tak jauh dari pusat kota menjadikan akses menuju ke Pantai Kuala Jangka ini sangat mudah untuk dicapai.

Sebelum menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan seperti sekarang, Pantai Kuala Jangka dikenal merupakan pantai yang kotor dan kumuh. Banyak sampah bertebaran, sehingga merusak pemandangan alam yang sesungguhnya sangat indah. Hal ini berubah ketika pemerintah setempat mulai mendandani pantai, dengan membangun beberapa fasilitas dan merawat kebersihan pantai.

Pesona Pantai Kuala Jangka

Deburan ombak yang menyapa garis pantai seolah menyambut setiap wisatawan yang datang ke Pantai Kuala Jangka. Pasir pantai eksotis, dengan warna kecoklatan serasa menjadi permadani dari Timur Tengah yang lembut membelai kaki para pengunjung. Perahu nelayan berjejer rapi, saling terombang ambing serasi diterpa gelombang ombak.

Ketika tiba di lokasi pantai, wisatawan juga akan disapa dengan deretan pohon pinus yang tumbuh subur di tepi pantai. Keberadaan pepohononan ini meciptakan suasana rindang dan alami, jauh dari kesan panas layaknya pantai pada umumnya. Pohon-pohon ini juga sering menjadi tempat berteduh wisatawan dari teriknya sang surya.

Pantai Kuala Jangka

Dengan leluasa, setiap wisatawan bisa merasakan segarnya air laut dengan berenang atau bermain air bersama gulungan ombak yang silih ganti berdatangan. Karakter ombak di Pantai Kuala Jangka ini memang tak terlalu besar, sehingga cukup aman bagi wisatawan. Namun diharapakan para pengunjung tetap berwaspada, dan jangan berenang terlalu ketengah.

Karakter pasir pantai di tempat wisata ini berwarna kecoklatan dan sangat bersih, hal ini juga memberikan kesan eksotis pada Pantai Kuala Jangka. Diatas hamparan pasir ini, tersedia kursi-kursi dan meja bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai sambil menyantap kuliner ikan bakar atau menyeruput es kelapa muda.

Selain menjadi salah satu wisata bahari unggulan Kabupaten Bireuen, Pantai Kuala Jangka juga merupakan pantai dimana masyarakat sekitar menggantungkan hidupnya dengan mencari ikan. Sebagian besar warga sekitar pantai bermata pencaharian sebagai nelayan, wisatawan juga bisa mendapatkan ikan segar dari para nelayan ini dengan harga yang jauh lebih murah.

Di Pantai Kuala Jangka, wisatawan akan menemukan sebuah dermaga kecil yang disusun dari bebatuan karang. Di dermaga ini para pengunjung bisa lebih menikmati keindahan lautan luas, dan merasakan hembusan angin segar. Seluruh keindahan di tempat wisata ini seolah meruntuhkan segala rasa penat dari aktivas sehari-hari yang menjemukan.

Fasilitas Pantai Kuala Jangka

Meskipun terbilang tempat wisata yang baru dibuka, fasilitas di Pantai Kuala Jangka ini terbilang cukup lengkap. Hal ini tak lepas dari campur tangan pemerintah yang menyulap pantai ini dari pantai yang kotor menjadi pantai wisata yang makin hari makin digandrungi oleh wisatawan.

Di pantai ini telah dibangun fasilitas seperti tempat parkir yang luas, toilet umum, dan juga mushola untuk beribadah umat muslim. Tak hanya itu, telah dibangun beberapa pondok-pondok di sekitar Pantai Kuala Jangka yang dihubungkan dengan jalan setapak yang telah dibangun dengan cor beton.

Baca Juga: Gunung Burni Telong, Spot Pendakian Sempurna dengan Pesona Bunga Edelweis

Pondok-pondok ini biasanya digunakan wisatawan untuk menikmati kuliner yang dijual warung-warung yang tak jauh dari pondok tersebut. Jika ingin merasakan sensasi berbeda, pengunjung juga bisa menikmati sajian lezat di kursi-kursi dan meja yang disediakan pengelola ditepi pantai.

Jika ingin bermalam, wisatawan juga tak perlu bingung karena terdapat beberapa hotel dan penginapan yang bisa ditemukan disekitar Pantai Kuala Jangka dan juga di pusat Kota Bireuen. Jangan lupa untuk berkeliling Kota Bireuen, karena wisatawan bisa belanja oleh-oleh dan souvenir sebelum pulang ke rumah.

Pantai Kuala Jangka bisa menjadi salah satu destinasi pilihan bagi wisatawan yang berkunjung ke Aceh, khususnya di Kabupaten Bireuen. Berikut kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan wisatawa ketika berada di pantai tersebut.

Menikmati Keindahan Pantai

Jika kamu datang berkunjung ke Pantai Kuala Jangka, maka kamu akan disuguhkan sebuah pantai lengkap dengan pasir eksotis dan hamparan lautan luas. Keunikan pantai ini adalah kamu bisa bersantai menikmati keindahan pantai dengan duduk di kursi yang ada ditepi pantai sambil menikmati es kelapa muda yang segar.

Kamu juga bisa berenang, mandi atau bermain bersama gulungan ombak yang datang. Tak hanya itu, di pantai kamu juga memancing ikan didermaga yang berada di tepi pantai. Cukup lemparkan kailmu, maka tak lama kemudian ikan akan menyambarnya. Warga sekitar juga sering mencari ikan ditempat ini, karena memang terdapat beberapa spot memancing dan jenis ikan tertentu.

Wisata Kuliner

Sembari menikmati pemandangan lautan luas, kamu juga bisa mengisi pertu yang keroncongan dengan berwisata kuliner. Kamu bisa memesan berbagai macam olahan laut di pondok-pondok yang ada disekitar pantai. Pondok ini juga didesain menghadap ke laut sehingga wisatawan bisa bersantap sambil menatap birunya lautan.

Kuliner seafood tentunya mendominasi makanan di Pantai Kuala Jangka karena memang hasil melimpah dari nelayan biasanya disetorkan ke warung-warung yang ada di pantai. Kamu bisa memilih olah kepiting, udang, ikan bakar, kerang dan masih banyak lagi. Es kelapa muda menjadi minuman pas sebagai pendamping hidangan laut yang lezat.

Melihat Sunset

Pantai Kuala Jangka akan semakin ramai menjelang sore hari, wisatawan berbondong-bondong datang untuk sekedar nongkrong santai dan menikmati indahnya matahari tenggelam dari tepi pantai. Kamu juga bisa menikmati keindahan sunset, dengan duduk dikursi-kursi tepi pantai berteman es kelapa muda.

Ketika perlahan sang surya seolah ditelan oleh lautan, langit berubah warna sehingga menciptakan sebuah nuansa romantisme yang sangat sayang untuk dilewatkan. Rasanya menikmati fenomena indahnya ini akan semakin lengkap bila ditemani dengan orang tercinta.

Hunting Foto

Bagi kamu yang hobi hunting foto di tempat wisata, kamu juga bisa hunting foto di Pantai Kuala Jangka ini. Pantai ini memang tengah hits, setelah keindahannya mulai banyak dijumpai diberbagai media sosial. Banyak muda-mudi yang datang dipantai ini ingin menikmati indahnya sunset dan berselfie ria didepan kamera.

Harga Tiket Masuk Pantai Kuala Jangka

Untuk memasuki Pantai Kuala Jangka, wisatawan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 5.000 per orang.

Baca Juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Peta Lokasi Pantai Kuala Jangka

Tips Berwisata di Pantai Kuala Jangka

  • •Bawalah baju ganti jika ingin berenang atau bermain air di laut.
  • •Sebaiknya datang sekitar pukul 16.00 sore jika kamu ingin melihat sunset.
  • •Jangan terlalu ketengah dan selalu berhati-hati ketika berenang atau bermain air.
  • •Jagalah kebersihan dengan tak membuang sampah sembarangan.
  • •Jagalah kelestarian tempat wisata, dan jangan merusak apapun yang ada di Pantai Kuala Jangka ini.

Artikel Terkait