Pantai Krueng Geukuh, Fenomena Pantai di Balik Pelabuhan
Pantai Krueng Geukuh merupakan tempat wisata yang berada di Aceh Utara, lokasinya dekat dengan Pelabuhan Umum Krueng Geukuh yang menawarkan pasir pantai nan putih bersih serta kuliner khas yaitu Mie Aceh.

Tak hanya dikenal sebagai daerah industri, Aceh Utara ternyata juga menyimpan berbagai wisata pantai yang cukup menarik untuk dikunjungi. Memang tak aneh jika banyak dijumpai pantai eksotis di Aceh Utara, karena daerah ini berbatasan langsung dengan Selat Malaka. Pantai Krueng Geukuh merupakan sedikit contoh dari barisan pantai yang tersebar di kabupaten ini.

Pantai Krueng Geukuh merupakan pantai yang cukup populer di Provinsi Aceh khususnya masyarakat sekitar Aceh Utara dan Lhokseumawe. Keistimewaan tempat wisata ini terletak pada pasir pantainya yang selalu terjaga kebersihannya. Hal ini tak lepas dari kesadaran masyarakat sekitar yang sangat mementingkan kebersihan. Selain itu, di pantai ini wisatawan juga bisa menemukan fenomena sunset yang memukau.

Pantai Krueng Geukuh

Secara geografis, letak Pantai Krueng Geukuh berada pada Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh. Untuk menuju ke pantai ini wisatawan setidaknya harus menempuh jarak sekitar 56 kilometer atau melakukan perjalanan selama kurang lebih satu setengah jam dari Lhoksukon. Namun jika wisatawan datang dari Lhokseumawe, maka jarak tempuh pun cukup dekat hanya sekitar 30 menit saja.

Terdapat beberapa pilihan transportasi yang bisa digunakan wisatawan untuk menuju ke Pantai Krueng Geukuh ini. Tersedia transportasi umum seperti bus, angkot atau yang sering disebut labi-labi, becak motor dan juga taksi. Selain itu wisatawan juga bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan memilih jalur Medan-Banda Aceh.

Pesona Pantai Krueng Geukuh

Ketika wisatawan tiba di lokasi Pantai Krueng Geukuh, maka akan tersaji sebuah panorama pantai dengan pasir putihnya yang bersih dan lembut. Mata pun seolah tak ingin mengalihkan pandangan dari indahnya pantai ini. Pengunjung bisa sepuasnya bermain diatas hamparan pasir putih serta merasakan sensasi saat kaki-kaki memijak lembutnya pasir pantai.

Keindahan dari pantai pun seolah dipercantik dengan kondisi air laut yang cukup tenang. Gelombang ombak di pantai ini juga tak begitu besar, sehingga wisatawan bisa dengan aman bermain ditepian laut atau berenang. Deburan ombak yang tenang sesekali menerpa tepian pantai, menciptakan suasana damai sehingga tempat ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga di akhir pekan.

Pantai Krueng Geukuh

Didekat Pantai Krueng Geukuh telah dibangun sebuah pelabuhan dengan skala internasional. Pelabuhan ini sering dijadikan sebagai tempat lalu lalang kapal dari berbagai negara. Keberadaan pelabuhan ini juga menjadi salah satu faktor penting dalam kemajuan industri di Aceh. Tak hanya itu, adanya pelabuhan juga menjadi potret tersendiri yang seoalah menambah keindahan pantai.

Pasir di pantai ini memang terkenal bersih serta bebas dari sampah, hal ini karena kesadaran warga sekitar tentang pentingnya kebersihan. Tak jarang, warga mengadakan kegiatan bersih-bersih pantai pada waktu tertentu. Nelayan pun tak mau kalah dalam menjaga kebersihan pantai, bahkan mereka rela berlayar dengan perahu tradisional sehingga tak mencemari keindahan pantai.

Masyarakat dan nelayan sekitar juga dikenal ramah kepada wisatawan yang datang baik dari dalam kota maupun luar kota. Tak jarang, pengunjung akan diajak bercengkrama serta saling tukar pikiran. Bahkan wisatawan yang datang di pantai juga bisa membeli langsung ikan hasil melaut dengan harga yang jauh lebih murah dibanding harga pasaran.

Pesona yang dimiliki oleh Pantai Krueng Geukuh ini memang sangat layak untuk dikagumi. Keindahan pasir pantai, serta air lautnya yang cukup tenang dan jernih menjadikan tempat ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin refreshing serta sekedar menghilangkan stres.

Fasilitas Pantai Krueng Geukuh

Fasilitas yang ada disekitar tempat wisata ini terbilang cukup lengkap, hal ini juga dipengaruhi adanya pelabuhan internasional sehingga membantu wisatawan untuk mendapatkan fasilitas yang memadai. Terdapat fasilitas seperti tempat parkir yang cukup luas, toilet, serta masjid dan mushola disekitar Pantai Krueng Geukuh.

Selain itu, tak jauh dari objek wisata pengujung akan menemukan banyak warung serta restoran yang menjual berbagai makanan khas Aceh. Terutama olahan laut yang memang menjadi komoditas utama disekitar Pantai Krueng Geukuh ini. Tak ada salahnya usai menikmati indahnya pantai, wisatawan mengisi perut dengan berwisata kuliner.

Baca Juga: Air Terjun Terujak, Keindahan Air Terjun Alami di Tengah Hutan Belantara

Bagi wisatawan yang ingin menginap terdapat beberapa pilihan penginapan dan hotel yang bisa dipilih sesuai budget. Terutama di Jalan Medan-Banda Aceh terdapat banyak sekali hotel yang bisa menjadi pilihan. Wisatawan bisa juga menginap di Kota Lhokseumawe karena memang lokasi dari pantai yang cukup dekat dengan kota tersebut.

Mengunjungi Pantai Krueng Geukuh dapat menjadi pilihan wisata menarik jika tengah berada di Aceh. Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan ketika berada di pantai menawan ini.

Menikmati Keindahan Pantai

Dengan berkunjung ke pantai ini, kamu akan dimanjakan dengan pasir putih bersih yang sangat terjaga kebersihannya. Selain itu, kamu juga bisa melihat hamparan luas lautan yang membiru, serta kapal-kapal nelayan yang bersender didekat pantai. Kamu bisa dengan bebas menikmati pantai dengan bermain diatas lembutnya pasir atau berenang di air laut.

Air lautnya tergolong tenang, sehingga cukup aman untuk mandi serta mencicipi segarnya air laut. Setelah puas bermain, kamu juga bisa beristirahat di pondok-pondok sederhana yang ada ditepi pantai. Dengan menatap luasnya hamparan lautan, maka seluruh rasa penat dan stres seolah sirna seketika.

Berwisata Kuliner

Usai bermain di pantai, kamu bisa mengisi perut dengan berwisata kuliner. Terdapat banyak sekali warung-warung didekat pantai yang menyajikan makanan khas Aceh. Kamu bisa menikmatinya dengan duduk di pondok sambil menyantap kuliner lezat dan ditemani angin sepoi-sepoi yang berhembus.

Salah satu kuliner khas yang wajib kamu coba ketika berkunjung di Pantai Krueng Geukuh ini adalah Mie Aceh yang terkenal akan kelezatannya. Secangkir teh panas, akan menghangatkan badan yang kedinginan usai berenang di lautan. Selain Mie Aceh terdapat kuliner lain yang bisa kamu coba, sebagian besar kuliner yang dijajakan merupakan olahan ikan laut segar.

Hunting Foto

Jangan lupa untuk mengabadikan momen ketika berlibur di Pantai Krueng Geukuh dengan berpose didepan kamera. Kamu bisa berfoto ria bersama teman atau keluarga di pantai yang indah ini. Terdapat beberapa spot menarik seperti diatas bebatuan, atau membelakangi lautan. Bagi kamu pecinta fotografi, tempat ini juga bisa menjadi alternatif untuk hunting fotomu selanjutnya.

Melihat Sunset

Salah satu daya tarik dari Pantai Krueng Geukuh yaitu adanya fenomena sunset mempesona ketika sore tiba. Banyak wisatawan yang datang pada sore hari, hanya untuk menikmati momen yang indah ini. Ketika langit berubah warna dan matahari perlahan tenggelam, akan tercipta sebuah panorama alam menakjubkan, yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Tips Berwisata di Pantai Krueng Geukuh

  • Datanglah ketika sore hari jika ingin melihat sunset indah di pantai.
  • Bawalah beberapa potong pakaian ganti jika ingin berenang di air laut.
  • Tetaplah berhati-hati ketika berenang, walaupun ombaknya tenang jangan terlalu ke tengah laut.
  • Ikutlah menjaga kebersihan pantai, dengan tak membuang sampah sembarang.
  • Jagalah kelestarian pantai, dan jangan merusak apapun yang ada didalamnya.

Artikel Terkait