Pantai Krakal, Spot Surfing Dengan Pesona Menawan
Pantai Krakal merupakan salah satu pantai di pesisir Gunung Kidul, Jogja yang menawarkan pesona alam indah serta salah satu spot surfing terbaik di Jogja.

Puluhan pantai berjejer rapi di pesisir Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Berlomba-lomba menampakkan pesona alam, seakan mengundang para wisatawan untuk merasakan keelokan surga dunia. Dari puluhan pantai di Gunung Kidul, terdapat sebuah pantai menawan yang menjadi pujaan bagi para penggemar olahraga surfing. Pantai tersebut adalah Pantai Krakal yang telah tersohor diberbagai negeri dengan gelombang ombaknya.

Pantai yang langsung berbatasan dengan Samudra Hindia tersebut menjadi salah satu destinasi wisata keluarga favorit di Jogja. Menyimpan panorama alam yang menakjubkan serta keanekaragaman biota laut didalamnya membuat pantai ini tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan.

Pantai Krakal

Secara administratif Pantai Krakal terletak pada Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk mencapai lokasi ini, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 65 kilometer dari pusat Kota Jogja. Melalui jalur darat, setidaknya untuk mencapai pantai ini setidaknya memakan 2,5 jam perjalanan. Lokasi pantai tersebut juga masih satu jalur dengan Pantai Baron dan Pantai Kukup.

Untuk menuju lokasi pantai ini, kamu memang harus melalui perjalanan yang cukup panjang. Ketika memasuki wilayah Gunung Kidul, disepanjang perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan tebing-tebing karst yang berada di sisi kanan dan kiri jalan raya. Tebing-tebing tersebut dipenuhi tumbuhan hijau yang nampak asri, layaknya daerah pegunungan lainnya. Sesampainya di pantai, maka perjalanan melelahkan tersebut akan terbayar lunas dengan keindahan yang tersimpan di Pantai Krakal.

Pesona Pantai Krakal

Sesampainya di area pantai kamu akan disuguhkan dengan putihnya pasir yang membentang disepanjang bibir pantai. Keindahan dari Pantai Krakal memang sangat menakjubkan. Banyak wisatawan yang menilai bahwa pantai ini merupakan pantai terindah dari jajaran pantai yang ada di Gunung Kidul.

Memiliki garis pantai yang landai serta dipenuhi pasir putih nan lembut tempat wisata ini seakan menjadi surga bagi para wisatawan pecinta pantai. Menurut berbagai sumber, tempat wisata ini merupakan pantai terpanjang jika dibandingkan dengan puluhan pantai di Gunung Kidul.

Pantai Krakal

Wisatawan dapat dengan leluasa bermain di tepi pantai atau sekedar bersantai diatas pasir putih yang membentang luas. Sembari menikmati keindahan lautan luas yang terpampang didepan mata. Pantai Krakal memiliki air laut yang sangat jernih berwarna kebiruan dengan kekayaan biota laut yang ada didalamnya.

Pada bibir Pantai Krakal terdapat banyak bebatuan karang yang seakan menambah kecantikan dari pantai eksotis ini. Ketika air tengah surut, wisatawan dapat dengan jelas melihat bebatuan karang beserta berbagai spesies ikan kecil dan biota laut yang indah. Biota laut seperti bintang laut, siput laut, kerang, serta berbagai spesies ikan kecil butterfly fish, dan damselfish berenang saling bekejaran dibalik terumbu karang.

Setelah melihat keindahan dunia bawah laut Pantai Krakal, ketika air tengah pasang wisatawan juga bisa berjalan menyusuri bebatuan karang yang muncul dipermukaan. Namun wisatawan harus tetap waspada, karena bebatuan karang tersebut ditumbuhi lumut dan duri laut. Sebaiknya jika ingin berjalan diatas bebatuan karang, wisatawan memakai alas kaki agar tidak terluka.

Di sebelah barat pantai terdapat sebuah pulau karang cukup besar yang dilengkapi dengan gazebo. Pengunjung dapat menuju ke pulau tersebut melalui jalan yang telah disediakan. Dari atas pulau tersebut, akan nampak keindahan Pantai Krakal yang sebenarnya. Hamparan lautan luas yang biru beserta pasir putihnya, serta hijaunya perbukitan yang mengelilingi kawasan pantai seakan menyajikan panorama alam luar biasa indahnya.

Surfing di Pantai Krakal

Salah satu yang menjadi daya tarik dari tempat wisata ini adalah gelombang ombak dari pantai yang cukup besar. Sehingga banyak wisatawan yang menjadikan pantai ini sebagai tempat untuk berolahraga surfing. Pantai ini memang telah terkenal dikalangan pecinta olahraga berselancar. Memiliki ombak yang cukup besar serta air yang jernih menjadikan nilai tambah untuk pantai ini.

Para peselancar harus berjalan terlebih dahulu di bebatuan karang untuk menjemput ombak yang memiliki karakteristik reef break. Sesampainya di lepas pantai peselancar akan disambut dengan gelombang ombak besar yang cukup menantang untuk ditaklukkan. Jika kamu ingin berselancar di pantai ini, maka datanglah ketika Dry Season yaitu pada bulan Maret hingga September. Pada saat itu, ombak cenderung lebih besar dari bulan-bulan lainya.

Selain memiliki keindahan panorama alam, pantai ini memang telah terkenal sebagai tempat berselancar. Sebagian penggila olah raga ekstrim ini mengatakan, pantai ini merupakan alternatif selain tempat surfing selain pantai-pantai di Bali. Tak hanya itu, Pantai Krakal juga sering mengadakan even-even surfing tingkat nasional.

Sayangnya pada dasar pantai ini dipenuhi dengan bebatuan karang yang tajam. Para peselancar sangat disarankan untuk berhati-hati ketika akan melakukan aktivitas surfing di pantai ini agar tidak terluka. Selain itu, kamu harus membawa papan selancar sendiri jika ingin surfing di pantai ini. Mengingat masih minimnya jasa persewaan papan selancar di pantai ini.

Fasilitas Pantai Krakal

Fasilitas penunjang yang terdapat pada tempat wisata ini terbilang cukup lengkap. Terdapat tempat parkir yang luas sehingga bus pariwisata dapat masuk dengan leluasa. Selain itu terdapat toilet umum, dan fasilitas pendukung lainnya. Jalan utama untuk menuju lokasi juga dalam kondisi yang cukup baik meskipun berliku-liku.

Baca Juga: Pantai Baru, Pantai Dengan Keunikan Kincir Angin

Terdapat pula berbagai warung-warung yang bertebaran disekitar bibir pantai. Warung-warung tersebut menyajikan berbagai jenis olahan seafood yang menggoda selera. Setelah asyik menikmati keindahan panorama pantai, wisatawan dapat berwisata kuliner dengan mencoba berbagai makanan yang dijajakan disekitar pantai. Bagi wisatawan yang ingin menginap, juga terdapat beberapa hotel dan penginapan yang jaraknya tak jauh dari lokasi Pantai Krakal.

Menikmati Keindahan Pantai

Jika kamu merupakan seorang pecinta pantai, tempat wisata ini dapat menjadi alternatif destinasi rekreasimu selanjutnya. Selain itu pantai ini juga cocok sebagai tempat rekreasi untuk keluarga di akhir pekan. Menawarkan pesona keindahan alam dengan pasir putih, air laut yang jernih serta berbagai panorama bawah laut yang mempesona.

Kamu dapat dengan leluasa bermain pasir, berenang, melihat indahnya ikan-ikan kecil yang lucu atau sekedar bersantai menikmati birunya lautan luas dengan deburan ombaknya. Pantai ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menghilangkan stress serta menyegarkan pikiran dari hiruk pikuknya keramaian kota.

Olahraga Surfing

Tak hanya menawarkan keindahan alam saja, pantai ini juga merupakan salah satu spot surfing yang menarik untuk dicoba. Memiliki gelombang ombak yang cukup besar serta air yang jernih, tentu menyenangkan bersurfing di pantai ini sembari menikmati keelokan dari pantai yang langsung berbatasan dengan Samudra Hindia ini.

Hunting Foto

Pantai ini juga merupakan incaran bagi para fotografer landscape karena keindahan panorama alam yang dimilikinya. Jika kamu tengah bingung mencari objek untuk fotografi, tak ada salahnya mengunjungi pantai di Gunung Kidul ini. Kamu dapat memotret keindahan alam dari ketinggian di atas pulau karang. Dari pulau tersebut, maka akan terlihat pesona Pantai Krakal sesungguhnya.

Selain itu, pantai ini juga merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat matahari terbenam. Ketika hari mulai senja dan matahir mulai tenggelam, akan nampak sebuah lukisan alam yang sangat mempesona. Memotret keindahan Pantai Krakal saat matahari tenggelam tentu menjadi pilihan menarik untuk karya fotografimu.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Krakal

Pantai Krakal dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 08.00

Harga tiket masuk per orang untuk wisatawan domestik maupun asing Rp. 10.000 . Biaya tersebut juga sudah termasuk tiket untuk memasuki tempat wisata yang letaknya dekat dengan pantai ini yaitu Pantai Baron, Pantai Kukup dan Pantai Sundak.

Baca Juga: 58 Tempat Wisata di Jogja Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Peta Lokasi Pantai Krakal

Tips berwisata di Pantai Krakal

  • Sebaiknya bawalah baju ganti ketika kamu ingin bermain air atau berenang.
  • Bawalah alas kaki jika ingin berjalan di atas bebatuan karang, karena bebatuan karang dipantai ini licin serta ditumbuhi duri-duri.
  • Datanglah saat bulan Maret-September atau surfer sering menyebutnya Dry Season, jika kamu ingin berselancar.
  • Berhati-hatilah ketika berselancar, karena dasar laut dari pantai ini dipenuhi bebatuan karang yang tajam.

Artikel Terkait