Pantai Kesirat, Kepingan Surga yang Tersembunyi di Jogja
Pantai Kesirat merupakan pantai yang terletak di Gunung Kidul, Jogja. Memiliki panorama indah serta fenomena sunset yang sempurna.

Yogyakarta memiliki banyak sekali objek wisata pantai yang menawarkan keindahannya masing-masing. Hal tersebut dikarenakan letak geografis dari Yogyakarta yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Dari sekian pantai yang berada di Yogyakarta, terdapat sebuah pantai dengan keunikan tersendiri. Pantai tersebut adalah Pantai Kesirat.

Jika yang ada didalam benakmu adalah pantai dengan pasir putih nan indah serta gelombang ombak yang menyapa bibir pantai, buanglah jauh-jauh anggapan tersebut karena kamu tidak akan menemukannya di pantai ini. Pantai Kesirat memang berbeda dengan pantai-pantai lain yang ada di Yogyakarta. Walaupun begitu, hal tersebut tak akan mengurangi keindahan panorama yang ada pada pantai ini.

Pantai Kesirat

Pantai Kesirat tepatnya terletak pada Desa Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari pusat Kota Yogyakarta, pantai ini berjarak sekitar 45 kilometer dan dapat ditempuh dengan perjalanan kurang lebih 45 menit saja.

Tempat tersebut merupakan sebuah pantai menyerupai teluk serta dikelilingi tebing-tebing curam yang langsung berbatasan dengan laut. Namun ternyata 'keanehan' dari pantai tersebut justru seakan menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung pada pantai ini.

Sejarah Singkat Pantai Kesirat

Awalnya pantai ini merupakan tempat favorit bagi para pemancing karena karang-karang yang berada di pantai tersebut merupakan tempat bersembunyi bagi ikan-ikan besar. Selain itu pantai ini juga mempunyai tebing-tebing yang memudahkan bagi para pemancing untuk memancing ikan. Seiring berjalannya waktu, tempat ini semakin dilirik para wisatawan karena memiliki panorama yang sangat indah.

Baca juga: Pantai Nglambor, Spot Snorkeling Terbaik di Yogyakarta

Saat ini pantai tersebut sepertinya belum diresmikan oleh pemerintah setempat sebagai objek wisata. Sehingga pantai ini masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat. Pantai ini juga dianggap sakral oleh warga, setidaknya sekali dalam setahun dilakukan upacara ngalap atau brubuh-brubuh yang telah menjadi tradisi bagi para penduduk sejak turun temurun.

Pesona Pantai Kesirat

Pantai Kesirat seolah merupakan kepingan surga yang tersembunyi di pesisir pantai selatan. Pantai ini memiliki panorama alam menakjubkan dan akan membuat orang yang pertama kali mengunjungi tempat ini terpesona. Sejauh mata memandang, pandangan akan disuguhkan dengan keindahan laut dikelilingi tebing-tebing yang ditumbuhi hijaunya rerumputan.

Pada pantai ini terdapat sebuah pohon yang cukup besar berdiri sendiri di atas tebing pantai menjorok ke laut. Pohon tersebut merupakan pohon Abadi Gebangkoro yang telah menjadi ikon dari tempat wisata tersebut. Keberadaan pohon abadi yang terletak di atas tebing seakan menyempurnakan keindahan dari pantai ini ketika sang mentari hendak terbenam.

Pantai Kesirat

Posisi yang menghadap ke arah barat seakan menakdirkan pantai sebagai tempat menyaksikan indahnya matahari tenggelam. Menyaksikan sunset dari Pantai Kesirat merupakan hal yang istimewa dan mungkin tidak akan kamu temukan ditempat wisata yang lain. Pandangan yang sama sekali tak terhalang oleh pepohonan maupun bangunan menjadikan tempat ini sebagai spot melihat sunset terbaik yang ada di Yogyakarta.

Pantai Kesirat juga merupakan tempat yang menarik bagi para penggemar camping. Tempat ini cukup terkenal bagi para pecinta alam yang berada di sekitar wilayah Jogja. Mempunyai padang rumput yang luas, serta keindahan panorama yang menakjubkan tentu menjadi magnet bagi para pecinta camping untuk bermalam di pantai sembari menikmati keindahan alam cipataan Tuhan.

Wisata Pantai Kesirat

Pantai Kesirat menawarkan sensasi wisata berbeda dari pantai-pantai yang lainnya. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik bagi pelancong untuk mengunjungi pantai yang berada di Kabupaten Gunung Kidul tersebut.

Kamu akan disajikan dengan panorama alam yang tiada duanya bila mengunjungi pantai ini. Hamparan rerumputan hijau, panorama birunya lautan yang luas serta ditambah tebing-tebing tinggi yang terlihat hijau oleh rerumputan menjadikan pantai ini begitu istimewa.

Bagi kamu yang memiliki hobi fotografi, tempat wisata ini merupakan objek yang wajib menjadi destinasi hunting foto selanjutnya. Kamu dapat mengabadikan keelokan alam sekitar dari pantai ini yang masih asri, bersih serta alami. Pantai Kesirat juga merupakan tempat yang cocok bagi kamu yang mencari objek wisata sebagai tempat untuk foto pre wedding.

Baca juga: 58 Tempat Wisata di Jogja Paling Menarik yang Wajib Dikunjungi

Tempat ini juga merupakan destinasi favorit bagi kamu pecinta camping. Kamu dapat mendirikan tenda serta menikmati keindahan yang ditawarkan pantai ini. Tempat ini juga merupakan spot sunset serta spot memancing, menjadikan Pantai Kesirat memiliki pesona yang tak ada habisnya.

Yang menjadi paling menarik dari Pantai Kesirat adalah tempat ini masih belum banyak yang tahu karena tempatnya tersembunyi. Hal tersebut menjadikan tempat ini tak begitu ramai oleh para wisatawan. Selain itu Pantai Kesirat memiliki keindahan alam yang masih asri dan alami.

Peta Lokasi Pantai Kesirat

Jam Buka dan Tiket Masuk Pantai Kesirat

Pantai Kesirat dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam.

Harga tiket masuk per orang wisatawan domestik/asing Rp. 5.000,-

Parkir Motor Rp. 2.000,-

Parkir Mobil Rp. 5.000,-

Alamat: Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Artikel Terkait