Pantai Jogan, Panorama Air Terjun yang Berada Dibibir Pantai
Pantai Jogan merupakan tempat wisata di Gunung Kidul, Jogja yang memiliki keunikan yaitu air terjun yang terletak di bibir pantai.

Gunung Kidul memang dikenal memiliki beberapa wisata pantai yang tersebar di sebelah selatan provinsi Yogyakarta. Salah satu yang menarik dari deretan pantai tersebut adalah Pantai Jogan. Pantai Jogan memiliki karakteristik yang berbeda jika dibandingkan pantai-pantai yang terdapat di wilayah ini.

Keunikan yang menjadi daya tarik dari pantai ini adalah adanya sebuah air terjun yang terletak pada bibir pantai. Hal tersebut sangat jarang ditemui pada pantai-pantai lainnya di Indonesia bahkan di dunia. Pantai ini juga memiliki pemandangan sekitar yang sangat menawan.

Pantai Jogan

Bila kamu tengah berencana mengunjungi Pantai Nglambor atau Pantai Siung, maka tidak ada salahnya kamu mampir ke pantai ini. Letak Pantai Jogan masih satu jalur dengan Pantai Nglambor dan Pantai Siung. Tepatnya pantai ini terletak 200 meter dari arah barat dari Pantai Siung.

Secara administratif pantai ini berada pada Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika dari pusat Kota Yogyakarta, kamu harus menempuh jarak kurang lebih 70 kilometer untuk menuju lokasi dari pantai ini. Memang cukup jauh, tapi rasa lelah dari perjalanan tersebut akan terbayarkan dengan pesona keindahan dari air terjun yang terdapat pada pantai ini.

Pesona Pantai Jogan

Pantai ini memiliki keistimewaan yang terletak pada air terjun dengan air yang langsung jatuh ke bibir pantai. Pantai ini dikelilingi dengan tebing-tebing bebatuan yang cukup tinggi dan curam. Tebing-tebing tersebut dipenuhi dengan tumbuhan hijau yang menambah keindahan dari Pantai Jogan.

Air terjun indah ini berasal dari sungai air tawar yang berada pada perbukitan karst di wilayah tersebut. Saat menyusuri jalan menuju pantai ini, kamu akan melihat sungai tersebut. Jika musim penghujan, volume air yang terdapat pada sungai ini menjadi banyak. Sayangnya, bila tiba musim kemarau debit air juga menurun, kondisi tersebut juga berpengaruh pada debit air yang ada pada air terjun.

Pantai Jogan

Jika pantai sedang dalam keadaan surut, maka akan terlihat sedikit pasir putih serta batu-batu karang yang berada di bibir pantai. Untuk menikmati keindahan air terjun yang ada di pantai ini sangat disarankan bagi para pengunjung untuk datang pada saat air sedang surut. Sangat tidak disarankan bagi wisatawan untuk turun ke pantai bila air laut tengah pasang. Air laut yang pasang menyebabkan volume air meninggi dan menutupi permukaan dari bibir pantai ini.

Untuk menuju ke bawah, kamu harus menapaki jalan terjal dan curam yang berada pada dinding tebing pantai. Kamu harus berhati-hati karena jalan tersebut sangat licin dan hanya ada kayu-kayu yang dapat digunakan sebagai pegangan. Sesampainya di bawah, kamu dapat merasakan pesona alami yang ditawarkan pantai ini.

Gemericik air terjun yang jatuh menerpa bebatuan karang, dipadukan dengan suara derasnya ombak yang menghantam tebing-tebing pantai seakan menghilangkan rasa lelah setelah menempuh perjalanan yang jauh. Selain itu kamu juga dapat bermain air serta merasakan segarnya air terjun yang jatuh dari tebing-tebing pantai.

Fasilitas yang menunjang objek wisata pantai ini masih sangat minim. Hal ini dikarenakan pantai tersebut belum dikelola secara resmi oleh pemerintah setempat. Hanya ada beberapa warung sederhana serta tempat parkir yang cukup sempit.

Wisata Pantai Jogan

Pantai Jogan merupakan salah satu tempat wisata yang patut kamu kunjungi. Pantai ini menawarkan pesona dan keistimewaan tersendiri yang mungkin sangat jarang kamu jumpai pada pantai-pantai yang lain. Kamu dapat menikmati keindahan pantai ini serta sejuknya air terjun dari bawah.

Jika beruntung kamu akan menjumpai puluhan kepiting kecil yang menjadi penghuni dari pantai ini. Terdapat pula segerombolan kupu-kupu nan cantik yang tengah hinggap di atas bebatuan karang yang menambah keelokan pantai yang berada pada pesisir laut selatan tersebut.

Baca jugaPantai Kesirat, Kepingan Surga yang Tersembunyi di Jogja

Apabila tak ingin turun kebawah, kamu juga bisa menikmati panorama alam dari atas tebing pantai. Dari atas pandanganmu akan disuguhkan dengan birunya lautan yang terhampar luas, serta tebing-tebing yang nampak hijau ditumbuhi dengan berbagai macam tanaman.

Tempat ini juga merupakan pantai yang cukup menarik untuk dijadikan sebagai objek fotografi. Tak sedikit wisatawan yang mampir ke Pantai Jogan hanya untuk mengabadikan panorama alam yang ada di tempat ini. Kamu dapat memotret dengan berbagai view yang berbeda di pantai ini, misalnya dengan background air terjun.

Menjelang sore hari, kamu juga dapat menikmati indahnya matahari terbenam di ufuk barat. Deburan ombak yang mulai tenang, di tambah gemericik air terjun yang terus jatuh, serta langit yang berubah menjadi orange, seakan menciptakan suasana romantis yang sangat sempurna.

Pantai Jogan juga merupakan destinasi favorit bagi para pecinta camping. Selain memiliki pemandangan yang menakjubkan, pantai ini juga masih asri dan alami. Pantai ini juga masih sepi pengunjung dikarenakan banyak orang yang belum mengetahui lokasi dari pantai tersebut. Camping di pantai ini tentu akan memberikan suasana yang berbeda, sambil menikmati keindahan alam kamu juga bisa melihat indahnya sunset menjelang sore hari.

Baca juga58 Tempat Wisata di Jogja Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Jam Buka dan Tiket Masuk Pantai Jogan

Pantai Jogan dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam.

Harga tiket masuk per orang untuk wisatawan domestik/asing Rp. 3.000,-

Biaya parkir motor Rp. 2.000,-

Alamat: Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Peta Lokasi Pantai Jogan

Tips Wisata ke Pantai Jogan

  • Bawalah banju ganti jika ingin bermain di air terjun pantai.
  • Sebaiknya datang pada saat air sedang surut agar bisa menikmati air terjun dari bawah.
  • Berhati-hatilah karena jalan menuju Pantai Jogan berkelok-kelok.

Artikel Terkait