Pantai Indah Naga Permai, Eksotisme Pantai Berpasir Coklat dan Pepohonan Cemara
Pantai Indah Naga Permai merupakan pantai yang terletak di Kabupaten Nagan Raya, Aceh. Pantai ini menawarkan keindahan pasir pantai berwarna kecoklatan serta pepohonan cemara yang tumbuh tinggi menjulang di sekitar tepi pantai.

Kabupaten Nagan Raya merupakan sebuah daerah di Provinsi Aceh yang tergolong baru. Meskipun baru berdiri 15 tahun, kabupaten yang memisahkan diri dengan Aceh Barat ini mengalami perkembangan yang pesat di beberapa sektor. Belakangan pemerintah juga tengah gencar-gencarnya dalam mempromosikan tempat wisata di Nagan Raya. Adalah Pantai Indah Naga Permai yang menjadi salah satu objek wisata andalan di kabupaten ini.

Layaknya pantai yang berada di daerah pesisir barat Aceh, Pantai Indah Naga Permai memiliki pasir pantai berwarna kecoklatan yang eksotis. Selain itu, wisatawan juga dimanjakan deretan pohon cemara yang tumbuh menjulang tinggi dan subur. Adanya pohon cemara yang tak jauh dari tepi pantai juga menjadi femonena tersendiri yang sering dijadikan spot berfoto bagi para pengunjung.

Pantai Naga Indah Permai

Secara geografis, Letak Pantai Indah Naga Permai berada di Desa Suak Putong, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh. Untuk menuju ke lokasi pantai ini, wisatawan harus menempuh jarak kurang lebih 20 kilometer dari Kota Suka Makmue dan bisa ditempuh dengan melakukan perjalanan selama sekitar 25 menit saja. Lokasi dari pantai ini juga sangat dekat dengan PLTU Nagan Raya.

Untuk menuju ke Pantai Indah Naga Permai ini terbilang cukup mudah, wisatawan bisa menggunakan Jalan Banda Aceh Meulaboh. Selama perjalanan, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan indah berupa deretan pantai-pantai serta tak jarang akan ditemui hamparan hijaunya sawah. Panorama ini tentunya akan membuat perjalanan wisatawan lebih menyenangkan.

Pesona Pantai Indah Naga Permai

Sebelum tiba dipantai, terlebih dulu wisatawan akan disambut dengan deretan pohon cemara yang tumbuh menjulang tinggi ditepi pantai. Keberadaan pepohonan cemara ini membuat suasana di Pantai Indah Naga Permai menjadi rindang dan tidak terlalu panas. Tak jarang tempat ini digunakan wisatawan untuk bersantai, sambil menggelar tikar dan menyantap makan siang.

Pantai Indah Naga Permai menawarkan keindahan pantai dengan pasir berwarna kecoklatan yang membentang disejauh mata memandang. Pantainya pun cukup luas dan landai, disini pengunjung bisa dengan leluasa menikmati keindahan pantai dengan berjalan diatas pasir serta merasakan sensasi tersapu oleh ombak yang datang silih berganti.

Pantai Indah Naga Permai

Karakteristik air lautnya pun cukup tenang dengan airnya yang jernih dan bersih. Keadaan ini seolah menyihir wisatawan untuk segera merasakan segarnya air laut dengan berenang di tepi pantai. Bermain air, serta kejar-kejaran dengan ombak yang bergulung akan menjadi aktivitas yang sangat seru untuk dilakukan ketika di Pantai Indah Naga Permai ini.

Dahulu sebelum menjadi salah satu destinasi wisata favorit masyarakat Nagan Raya, Pantai Indah Naga Permai dikenal merupakan pantai yang kotor dan tak terurus. Hal ini dikarenakan banyaknya sampai di pantai, entah dari laut dan juga akibat wisatawan yang tidak bertanggung jawab. Namun pemerintah setempat akhirnya merombak pantai ini, dengan dibangunnya beberapa fasilitas serta pengelolaan yang lebih professional.

Di Pantai Indah Naga Permai ini, pengelola menyediakan beberapa tempat duduk, ayunan, dan gazebo yang dipercantik dengan kain-kain berwarna-warni. Adanya fasilitas ini juga sering dimanfaatkan wisatawan untuk sekedar berfoto selfie. Fasilitas tersebut memang didesain secantik mungkin untuk menarik perhatian dari para wisatawan.

Tempat wisata ini memang sangat cocok sebagai pilihan untuk berlibur bersama keluarga dan teman-teman terdekat. Disini, wisatawan bisa bercengkrama serta menikmati waktu bersama orang-orang terdekat sembari memanjakan mata melihat hamparan lautan luas. Angin sepoi-sepoi dan debur ombak yang menyapa pantai seolah menjadi pelengkap dikala liburan tiba.

Fasilitas Pantai Indah Naga Permai

Fasilitas yang tersedia di Pantai Indah Naga Permai pun cukup memadai bagi wisatawan. Ditempat ini pengunjung bisa menikmati fasilitas seperti toilet, tempar parkir yang luas, serta mushola untuk beribadah. Wisatawan juga tak perlu takut jika tak membawa bekal, karena ditempat ini sudah tersedia warung-warung penjual makanan.

Tak jauh dari pepohonan cemara, terdapat gazebo-gazebo dari kayu yang disediakan pengelola untuk wisatawan. Selain itu, terdapat pula ayunan, bangku dari kayu yang dihiasi dengan kain warna-warni yang bisa digunakan duduk-duduk santai ataupun berfoto ria. Wisatawan bisa memanfaatkan segala fasilitas ini untuk melepas penat usai menikmati Pantai Indah Naga Permai.

Baca Juga: Puncak Genting, Sensasi Menikmati Kopi Luwak di Dataran Tinggi Gayo

Bagi pengunjung yang ingin bermalam, maka bisa memilih hotel dan penginapan yang lokasinya tak jauh dari pantai yaitu lebih tepatnya didekat Bandara Cut Nyak Dhien. Berwisata di Pantai Indah Naga Permai bisa menjadi alternatif pilihan yang menari jika tengah berada di Kabupaten Nagan Raya, berikut kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan ketika berada di pantai.

Menikmati Keindahan Pantai

Jika kamu mendambakan sebuah pantai eksotis dengan pasir berwarna kecoklatan, maka Pantai Indah Naga Permai menjadi pantai yang cukup menarik untuk kamu kunjungi. Disini,  kamu akan dimanjakan dengan hamparan pasir kecoklatan dengan pantai yang landai dan juga air laut jernih dan segar. Kamu bisa dengan leluasa menikmatinya dengan berjalan di atas pasir pantai.

Kamu juga diperboleh untuk berenang, bermain air serta berkejaran dengan gulungan ombak yang cukup bersahabat. Deretan rimbunya pohon cemara yang tinggi menjulang juga menjadi fenomena tersendiri. Dibawah pohon, kamu bisa berteduh dari teriknya sinar sang surya ketika siang hari. Berkunjunglah pada week day, agar kamu bisa menelusuri pantai dengan lebih nyaman.

Melihat Sunset

Di Pantai Indah Naga Permai, kamu juga akan disuguhkan dengan fenomena keindahan matahari terbenam di sore hari. Kamu bisa menikmati sunset di pinggir pantai, dengan duduk santai di gazebo, ayunan atau tempat duduk yang telah disediakan oleh pengelola.

Pemandangan yang ditawarkan sungguh mempesona, ketika matahari perlahan mulai dilahap lautan luas dan langit pun berubah warna menjadi jingga. Seketika kamu akan merasakan nuansa romantis, yang akan lengkap jika menikmatinya bersama orang tercinta.

Hunting Foto

Bagi kamu yang hobi berkunjung ke tempat wisata untuk hunting foto, maka kamu bisa berkunjung ke Pantai Indah Naga Permai. Tempat ini menghadirkan berbagai spot menarik bagi kamu yang suka bergaya didepan kamera. Terdapat spot menarik seperti deretan pohon cemara, hamparan pasir pantai kecoklatan, serta gazebo-gazebo dan ayunan yang dipercantik dengan kain warna-warni.

Ayunan dan tempat duduk yang berhiaskan kain warna-warni ini menjadi spot menarik dan favorit bagi para muda-mudi untuk berfoto. Karena tidak semua pantai disediakan tempat duduk seperti di Pantai Indah Naga Permai ini. Tempat ini juga merupakan spot yang pas bagi kamu yang tengah mencari tempat untuk foto prewedding.

Baca Juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Peta Lokasi Pantai Indah Naga Permai

Tips Berwisata di Pantai Indah Naga Permai

  • •Bawalah pakaian ganti jika ingin berenang atau bermain air di laut.
  • •Datanglah sore hari, jika kamu ingin menikmati indahnya pemandangan sunset.
  • •Jangan terlalu ketengah jika berenang, meskipun air laut di Pantai Indah Naga Permai tergolong cukup tenang.
  • •Bawalah kamera untuk mengabadikan momen di pantai.
  • •Jagalah kebersihan, dan buang sampah pada tempatnya.
  • •Jangan merusak apapun yang ada di pantai, dan lestarikanlah keindahan pantai.

Artikel Terkait