​Pantai Iboih, Surga Bawah Laut di Sabang
Pantai Iboih merupakan salah satu lokasi pantai di Sabang yang begitu digemari bagi para pencinta snorkling. Keindahan bawah laut yang dimiliki memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.


Teupin Layeu atau saat ini orang-orang lebih mengenalnya  dengan nama Pantai Iboih ini menyuguhkan segala keindahan alam bawah laut yang begitu mempesona. Pantai ini juga menjadi salah satu pantai primadona bagi kalangan backpacker, terutama backpacker di pulau Weh. Pantai ini pula bahkan dapat menarik perhatian para pelancong dari berbagai belahan dunia. Maka tak heran jika lokasi ini juga dipenuhi oleh para wisatawan dari mancanegara dan memilih untuk menetap hingga beberapa minggu.

Pantai ini sebenarnya adalah sebuah pelabuhan yang difungsikan sebagai tempat singgah untuk menuju ke Pulau Rubiah. Walaupun demikian, keindahan yang ditawarkan oleh pantai ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Pantai ini bagaikan surga tersembunyi yang bernuansakan kedamaian dan ketenangan.

Pesona Keindahan Pantai Iboih

Panorama keindahan Pantai Iboih ini memang tidak perlu diragukan lagi. Sudah cukup banyak pengunjung yang dibuat terlena dengan keindahan alam yang disajikan di pantai ini. Di pantai ini juga terdapat hutan lindung dengan garis pantai yang begitu menawan. Berbalutkan pasir lembut berwarna keemasan dan ditambah dengan keindahan bebatuan besar yang tersusun rapih secara alami. Bagi para pengunjung juga tidak berlebihan bila hutan lindung ini dijuluki sebagai “Taman Firdaus”. Karena menurut para pengunjung dan warga sekitar hutan lindung ini merupakan gambaran taman bermain yang sesungguhnya. Lengkung pesisir yang menyerupai bibir tersenyum ini seolah menyambut kedatangan para pengunjung untuk merasakan kehangatan yang diberikan oleh hutan hujan tropis dengan kekayaan flora serta fauna khas Indonesia.

Bukan hanya keindahan yang tampak saja, para pengunjung juga akan dibuat terkagum-kagum dengan keindahan tersembunyi di bawah lautnya. Kejernihan air laut hingga memancarkan warna kehijauan. Tak jarang para pengunjung dapat melihat dasar lautan yang dangkal yang memberikan kedamaian tersendiri.

Ada cukup banyak kegiatan yang dapat dilakukan di lokasi ini. Namun kebanyakan para pengunjung yang datang lebih menyukai kegiatan menyelam dan snorkling di pantai ini. Kegiatan itu begitu digemari karena para pengunjung dapat melihat lebih jelas keindahan bawah laut yang begitu menakjubkan. Para pengunjung dapat menikmati keanekaragaman terumbu karang bahkan hewan-hewan bawah laut dengan berbagai jenis. Tak hanya keindahan spesies ikan dan terumbu karang, para pengunjung juga dapat melihat keindahan gunung berapi yang memang berada di bawah permukaan laut ini.

Tampaknya belum lengkap keindahan yang diberikan jika belum melihat keindahan alam di saat senja atau bahkan saat matahari baru akan terbit. Keindahan warna langit yang memancarkan cahaya kuning kemerahan berpadu dengan kejernihan air laut serta hijaunya hutan  hujan tropis, merupakan gradasi warna yang begitu mempesona. Bagi anda yang ingin lebih merasakan ketenangan indahnya suasana sore hari atau saat matahari terbit, anda dapat menyewa sebuah cottage yang berada di pinggir pantai.

Rasa nyaman dan tenang yang diberikan oleh pantai ini dapat menyegarkan kembali pikiran yang telah penat akibat masalah atau kesibukan dari kegiatan bekerja sehari-hari. Keindahan yang sangat eksotis ini juga menjadikan suasana pantai ini begitu damai. Cukup banyak wisatawan yang telah datang ke lokasi ini hingga beberapa kali, karena keindahan yang ditawarkan tidak pernah membuat para wisatawan tersebut merasa bosan. Bahkan mereka merasa ini lebih lama atau bahkan memilih untuk menetap di lokasi ini.

Fasilitas di Pantai Iboih

Ada beberapa fasilitas yang ditawarkan di lokasi ini yang berguna untuk kenyamanan para pengunjung yang sengaja mendatangi lokasi wisata Pantai Iboih ini. Di lokasi ini terdapat kamar mandi atau WC umum, tempat ibadah, berbagai jenis kios yang menjajakan souvenir-souvenir cantik yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh. Di lokasi ini juga tersedia cukup banyak perahu milik penduduk setempat yang dapat disewa untuk berkeliling pulau. Bagi anda yang takut atau tidak bisa berenang, di lokasi ini juga tersedia perahu yang dilengkapi dengan jendela kaca yang menghadap ke dasar laut sehingga para pengunjung dapat melihat keindahan bawah laut hanya dari atas kapal.

Nah, bagi anda yang mengunjungi lokasi ini dan ingin melakukan snorkling namun tidak membawa perlengkapan snorkling, jangan khawatir. Karena di lokasi pantai ini tersedia cukup banyak tempat-tempat penyewaan alat-alat snorkling dengan harga yang berbeda-beda dan ada juga tempat untuk menyewa alat menyelam lengkap.

Dan bagi anda dan keluarga yang ingin lebih lama menghabiskan waktu liburan bersama atau merasa belum puas berada di lokasi ini dalam waktu satu hari. Anda juga dapat menyewa hotel yang terletak di Gampang.

Baca Juga : Pantai Pasir Putih Keuneukai, Pesona Surga Keindahan Kota Sabang

Peta Lokasi Pantai Iboih

Pantai ini terletak di Kelurahan Iboih Kecamatan Sukakarya, Sabang, Provinsi Aceh. Akses untuk menuju lokasi ini juga terbilang cukup mudah. Anda dapat memulai perjalanan dari Pelabuhan Ulee Lheue yang berada di Provinsi Aceh. Setelah tiba disana anda dapat melanjutkan dengan menggunakan kapal menuju Pelabuhan Balohan dan setelah itu anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi umum menuju ke Pantai Iboih. Perjalanan dari Pelabuhan Balohan hingga sampai di Pantai Iboih ini akan memakan waktu kurang lebih sekitar 1 jam.

Tips Berlibur

  • Jagalah kondisi kesehatan anda agar tetap baik
  • Bawalah perlengkapan berlibur seperlunya
  • Bawalah kamera yang mendukung suasana berlibur andaJagalah selalu kelestarian alam dengan tidak merusak fasilitas yang ada dan tidak membuang sampah sembarangan

Artikel Terkait