Pantai Glagah, Pantai Berpasir Hitam dengan Laguna Indah
Pantai Glagah merupakan tempat wisata di Gunung Kidul, Jogja yang eksotis dengan pantai berpasir hitam. Menawarkan laguna indah, serta agrowisata.

Kabupaten Gunung Kidul memang memiliki deretan pantai yang menawarkan berbagai keindahannya. Tetapi ada juga sebuah pantai lain yang terletak di kabupaten Kulon Progo yang tak kalah menarik dengan pantai-pantai di Gunung Kidul. Pantai tersebut adalah Pantai Glagah yang memiliki berbagai macam objek yang patut untuk di explore.

Berbeda dengan pantai di Gunung Kidul yang dikelilingi tebing-tebing karang serta pasir putih nan lembut. Pantai Glagah membentang luas dengan hamparan pasir besi yang memenuhi bibir pantai. Terdapat sebuah laguna yang ada di dekat pantai. Wisatawan dapat dengan luleluasa bermain air tanpa harus khawatir dengan ombak Laut Selatan yang terkenal akan keganasannya.

Pantai Glagah

Pantai Glagah secara administratif terletak pada Desa Temon, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Jika dari pusat kota Jogja, para wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai ini harus menempuh jarak kurang lebih 43 kilometer atau sekitar 1,5-2 jam perjalan.

Pada tempat wisata ini para pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas yang cukup menarik. Wisatawan dapat bermain air di laguna, menjelajahi pasir besi hitam dengan ATV, hingga memanen buah naga dan semangka pada kebun yang ada dipantai tersebut. Banyaknya objek yang dapat di explore, menjadikan Pantai Glagah merupakan destinasi yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Pesona Pantai Glagah

Pantai yang terletak tak jauh dari pusat Kota Wates tersebut merupakan pantai yang unik. Memiliki luas pantai yang cukup panjang dengan hamparan pasir besi hitam menjadi magnet bagi para wisatawan. Karakteristik ombak di pantai ini cukup besar, sehingga wisatawan dilarang untuk berenang di Pantai Glagah. Namun pengunjung tetap dapat bermain air laut di tepian pantai.

Memiliki pantai yang luas, membuat para wisatawan dapat menyusuri pantai dengan motorcross ataupun ATV. Kamu dapat memacu adrenalin dengan menunggangi ATV, menyusuri pantai pasir besi hitam sembari menikmati lautan luas tentu akan memberikan pengalaman tersendiri.

Saat mengunjungi Pantai Glagah, akan dijumpai dermaga yang ada di sepanjang bibir pantai. Bangunan tersebut sebenarnya bukan merupakan objek wisata, tetapi merupakan proyek pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto yang hingga kini masih terbengkalai. Kabarnya pembangunan pelabuhan tersebut akan dilanjutkan pada tahun 2018. Pelabuhan tersebut diproyeksikan untuk bersandarnya kapal-kapal besar nelayan.

Disekeliling dermaga, kamu dapat melihat ratusan tetrapod. Tetrapod tersebut berfungsi sebagai pemecah ombak Laut Selatan yang dikenal sangat besar dan ganas. Pada dermaga ini pengunjung dapat menikmati deburan ombak disertai menikmati hembusan angin kencang dari tengah laut. Sesekali deburan ombak tinggi yang menghantam tetrapod, memuntahkan buih-buih air yang membasahi para wisatawan di dermaga tersebut.

Tetrapod tersebut juga digunakan oleh para pemancing sebagai tempat berpijak ketika tengah mencari ikan. Selain banyak wisatawan yang berjalan menyusuri ratusan tetrapod sambil menikmati keindahan birunya lautan luas. Tak jarang ditemui banyak pemuda-pemudi yang berselfie ria di tempat tersebut.

Baca Juga: Pantai Ngungap, Pantai Eksotis dengan Nuansa Mistis

Pantai Glagah juga memiliki perkebunan yang letaknya tak jauh dari pantai. Pada perkebunan tersebut ditanam berbagai macam buah-buahan seperti melon, buah naga dan semangka. Ketika musim panen tiba, pengunjung pantai diperbolehkan untuk memetik buah yang ada pada perkebunan tersebut. Wisatawan dapat menyusuri perkebunan yang luasnya sekitar 3,5 hektar tersebut sembari menikmati buah segar yang baru dipetik.

Laguna di Pantai Glagah

Salah satu objek yang menjadi daya tarik utama Pantai Glagah adalah sebuah laguna buatan yang terletak tak jauh dari pantai. Laguna tersebut berisikan air payau serta tak berombak. Sehingga sangat aman bagi para wisatawan yang ingin bermain air ditepi laguna. Selain itu laguna tersebut telah dilengkapi dengan sekat-sekat bambu yang memungkinkan untuk anak-anak bermain di pinggir laguna.

Para wisatawan dapat bersantai di tempat duduk yang telah disediakan pada tepian laguna, sambil menikmati sejuknya udara. Terdapat pula pepohonan hijau di tepi laguna yang membuat suasana menjadi teduh dan asri. Selain itu wisatawan dapat menikmati keindahan laguna ini dengan menyewa perahu, kano, perahu bebek yang telah disediakan.

Pantai Glagah

Dengan menaiki perahu atau kano, wisatawan dapat menikmati sisi lain dari keindahan laguna Pantai Glagah yang menawan. Air yang jernih dan tenang, dipadukan dengan segarnya udara serta pemandangan sekeliling yang hijau ditumbuhi pepohonan akan membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat wisata ini. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati sunset dari laguna tersebut.

Fasilitas Pantai Glagah

Fasilitas penunjang yang terdapat pada pantai ini terbilang cukup memadai. Terdapat lahan parkir yang cukup luas serta toilet, dan mushola.  Terdapat pula perahu-perahu kecil, perahu bebek, serta kano yang disediakan oleh pengelola setempat bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan dari tengah laguna.

Di dalam kawasan Pantai Glagah juga terdapat pasar mini yang menjual berbagai pernak-pernik, aksesoris, oleh-oleh serta warung-warung yang menjajakan berbagai hidangan lezat menggugah selera. Setelah puas menikmati indahnya pantai, tak ada salahnya berwisata kuliner untuk memanjakan lidah.

Menikmati Keindahan Pantai

Jika kamu menyukai pantai, tak ada salahnya mengunjungi pantai ini bila tengah berada di Yogyakarta. Terdapat berbagai spot menarik yang bisa kamu nikmati. Walaupun tak berpasir putih, sama sekali tak mengurangi keindahan dari Pantai Glagah. Kamu akan disuguhkan dengan indahnya lautan luas yang membiru dengan deru ombak yang menghantam tetrapod.

Kamu juga dapat menyusuri pasir besi hitam yang terhampar disepanjang pantai dengan menaiki ATV atau motorcross. Selain itu pantai ini juga menawarkan panorama berbeda saat matahari mulai tenggelam. Melihat indahnya sunset, sambil bersantai di dermaga akan menghilangkan rasa penat akibat rutinitas sehari-hari.

Menikmati Indahnya Laguna

Laguna yang berada di Pantai Glagah menawarkan pesona tersendiri bagi para wisatawan. Kamu dapat bermain air, serta berenang di laguna air payau tersebut. Kamu dapat melepas penat dengan bersantai dipinggir laguna, menikmati indahnya laguna beserta angin sepoi-sepoi dibawah pepohonan yang hijau. Tak hanya itu, kamu juga bisa menyewa perahu untuk menyusuri keindahan yang ada pada laguna tersebut.

Agrowisata

Selain indahnya pantai berpasir hitam serta keelokan panorama laguna, pantai ini juga menawarkan agrowisata bagi para wisatawan. Terdapat sebuah perkebunan yang luasnya mencapai 3,5 hektar. Pengunjung dapat memetik hasil perkebunan tersebut seperti semangka, melon dan buah naga. Tak hanya itu, kamu juga bisa jalan-jalan di perkebunan yang luas tersebut.

Baca Juga: 58 Tempat Wisata di Jogja Paling Menarik yang Wajib Dikunjungi

Hunting Foto

Pantai Glagah juga merupakan incaran bagi para fotografer yang menyukai landscape fotografi. Bagi kamu yang menyukai fotografi, tempat ini dapat dijadikan sebagai destinasi wisatamu selanjutnya. Kamu dapat menemukan spot-spot menarik sebagai objek foto seperti dermaga dengan ratusan tetrapodnya, laguna yang mempesona, serta perkebunan luas yang dipenuhi dengan buah-buahan.

Camping di Pinggir Pantai

Tak hanya menawarkan keindahan pantai serta lagunanya, Pantai Glagah juga merupakan tempat yang menarik untuk melakukan aktivitas camping. Tak sedikit muda-mudi pecinta camping yang mendirikan tenda-tenda berjejer setiap malamnya. Menikmati dinginnya malam di tepi Pantai Glagah, ditemani hangatnya api unggun bersama sahabat terdekat tentu memberikan pengalaman yang tak akan bisa kamu lupakan.

Jam Buka dan Tiket Masuk Pantai Glagah

Tempat wisata Pantai Glagah dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam.

Harga tiket masuk per orang untuk wisatawan domestik/asing Rp. 4.000,-

Peta Lokasi Pantai Glagah

Tips Berwisata ke Pantai Glagah

  • Bawalah baju ganti jika kamu ingin bermain air atau berenang di laguna.
  • Berhati-hatilah saat berada pada tepi pantai, karena ombak dipantai ini cukup besar.
  • Sangat tidak disarankan untuk berenang dipantai, wisatawan bisa berenang dilaguna yang airnya tenang.
  • Jagalah selalu kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Artikel Terkait