Pantai Drini, Pantai Eksotis dengan Pulau Karang yang Indah
Pantai Drini adalah tempat wisata yang terletak di Gunung Kidul, Jogja yang memiliki panorama indah serta pulai cantik di dekat bibir pantai.

Gunung Kidul seakan menjadi surganya bagi para wisatawan pecinta pantai. Pada kabupaten yang terletak di Yogyakarta tersebut, berjejer puluhan pantai yang menawarkan karakteristik serta keindahannya masing-masing. Pantai Drini adalah salah satu dari puluhan pantai di Gunung Kidul yang memiliki panorama indah nan eksotis.

Pantai Drini memang dikenal merupakan wisata pantai yang memiliki keistimewaan tersendiri. Lokasi dari pantai tersebut tepatnya terletak pada Desa Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta. Jaraknya hanya sekitar satu kilometer di sebelah timur Pantai Baron. Jika dari pusat Kota Yogyakarta, kamu harus menempuh jarak sekitar 60 kilometer atau kira-kira 2 sampai 3 jam perjalanan.

Pantai Drini

Memang lokasi dari pantai ini cukup jauh dari pusat kota, namun perjalanan panjang yang kamu tempuh akan segera terbayar sesampainya di lokasi Pantai Drini. Pantai ini menawarkan keindahan panorama alam yang begitu indah. Kamu akan disambut dengan hamparan pasir putih, angin sepoi-sepoi serta birunya air laut yang menggenangi bibir pantai.

Kondisi dari pantai ini masih alami, bersih, serta belum banyak dijamah oleh wisatawan. Maka tak heran bila banyak yang menyebut pantai ini dengan nama pantai perawan. Pantai yang kini tengah naik daun tersebut, seakan menjadi primadona baru bagi para wisatawan domestik maupun asing.

Pesona Pantai Drini

Pantai cantik yang langsung berbatasan dengan Samudra Hindia ini menyimpan banyak keindahan didalamnya. Terdapat tebing-tebing tinggi yang mengelilingi di sekitar pantai. Tebing-tebing tersebut banyak ditumbuhi tanaman hijau yang membuat pemandangan sekeliling pantai nampak asri dan indah.

Tempat wisata ini juga memiliki pantai yang cukup luas dengan hamparan pasir putih bersih. Kamu dapat menghabiskan waktu dengan berjemur, bermain pasir dipinggir pantai atau sekedar duduk-duduk sembari menikmati sejuknya hembusan angin serta memandangi birunya lautan lepas dengan gelombang ombak yang seakan menari-nari.

Baca JugaPantai Jogan, Panorama Air Terjun yang Berada Dibibir Pantai

Karakteristik dari air laut di Pantai Drini cukup jernih dengan warna biru kehijauan. Air laut yang terdapat dibibir pantai juga tidak terlalu dalam. Sehingga wisatawan dapat melihat ikan warna-warni, serta biota laut dari permukaan air. Air laut yang tenang juga memudahkan bagi para pelancong yang ingin mandi, atau sekedar bermain air disekitar pantai.

Pulau Drini

Salah satu hal yang membuat pantai ini terasa special yaitu adanya sebuah pulau kecil yang letaknya tak jauh dari bibir pantai. Pulau tersebut dikenal dengan sebutan Pulau Drini. Pulau tersebut merupakan sebuah pulau yang terbentuk secara alami dari bebatuan karang.

Menurut cerita sebagian penduduk yang tinggal disekitar pantai, dahulu di pulau tersebut banyak sekali ditemui tumbuhan sentigi. Masyarakat sekitar pantai menyebutnya dengan tumbuhan drini. Hal tersebutlah yang menjadi asal usul dari nama pantai dan pulau ini sendiri.

Pantai Drini

Bila air laut tengah surut, wisatawan dapat dengan mudah menuju ke pulau karang tersebut. Terdapat sebuah tangga dari beton yang bisa digunakan sebagai akses menuju pulau ini. Dari Pulau Drini, dengan leluasa wisatawan dapat melihat birunya laut selatan serta deburan ombak yang menghantam bebatuan karang. Tak hanya itu, wisatawan juga dapat melihat pemandangan Pantai Drini yang semakin indah dari ketinggian.

Saat pagi hari, dari Pulau Drini kamu dapat melihat indahnya matahari terbit dari sebelah timur. Sedangkan menjelang senja, wisatawan dengan leluasa akan melihat panorama sunset yang semakin menambah keelokan dari Pantai Drini. Sayangnya apabila air laut tengah pasang, wisatawan tidak dapat menuju ke pulau yang cantik tersebut.

Pulau tersebut seolah membagi Pantai Drini menjadi dua bagian yang memiliki karakter berbeda. Pada bagian timur, pantai ini cenderung memiliki karakteristik air yang tenang. Sementara pada bagian barat memiliki karakter ombak yang lebih ganas. Pada pantai sebelah barat juga terdapat warna-warni kapal nelayan yang tengah diparkir berjejer dengan rapi.

Wisata Pantai Drini

Pantai Drini merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi bila kamu adalah seorang pecinta wisata pantai. Memiliki hamparan pasir putih bersih, serta air laut jernih merupakan magnet tersendiri bagi para wisatawan lokal maupun asing.

Kamu dengan leluasa bisa bermain pasir, berenang, berjemur, atau sekedar menikmati indahnya panorama yang disajikan pantai yang terletak di kabupaten Gunung Kidul, Jogjakarta ini. Selain itu, kamu juga dapat melihat luasnya lautan dari Pulau Drini. Selain itu kamu juga dapat melihat indahnya sunset serta sunrise dari pulau tersebut.

Baca Juga: 58 Tempat Wisata di Jogja Paling Menarik yang Wajib Dikunjungi

Jika kamu mempunyai hobi fotografi, Pantai Drini juga menawarkan berbagai objek indah untuk para pecinta fotografi landscape. Kamu dapat mengabadikan momen bersama keluarga, teman atau orang terdekat di pantai yang eksotis tersebut. Pantai ini juga merupakan tempat menarik bagi kamu yang tengah mencari tempat untuk foto pre wedding.

Setelah lelah menikmati indahnya panorama pantai, kamu beristirahat di gazebo-gazebo kayu yang beratapkan ilalang. Sembari istirahat, kamu juga bisa berwisata kuliner dengan mencicipi olahan seafood yang disediakan warung-warung di sekitar pantai. Kamu dapat menyantap sajian seafood di gazebo serta ditemani sejuknya hembusan angin yang ada dipantai ini.

Pantai Drini memang merupakan objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Menawarkan berbagai keindahan didalamnya, serta lingkungan yang masih alami dan asri. Pantai Drini juga tak seramai pantai-pantai yang lain serta masih belum banyak dijamah wisatawan, hal tersebut merupakan nilai tambah yang menjadikan pantai ini terasa special.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Drini

Pantai Drini dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam.

Harga tiket per orang untuk wisatawan lokal/asing Rp. 10.000 (termasuk tiket masuk Pantai Baron)

Peta Lokasi Pantai Drini

Artikel Terkait