Menikmati Keindahan Alam Pantai Cimaja, Pesona Alam Pantai Berbatu Sukabumi, Jawa Barat
Pantai Cimaja yang berada di Sukabumi ini memiliki keindahan yang unik yang patut dikunjungi bagi anda yang berlibur ke daerah ini. Pantai ini juga cocok bagi anda yang menyukai kegiatan surfing atau hanya sekedar menikmati panorama indah di Pantai Cimaja ini.

Indonesia memiliki banyak potensi wisata yang sangat indah untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam pegunungan, taman bunga, dan salah satu yang paling banyak diminati adalah pantai. Pantai-pantai di Indonesia sendiri terbilang cukup banyak karena dilihat dari sesi geografisnya yang di apit oleh beberapa samudra. Dalah satu pantai yang menarik minat para wisatawan untuk mengunjunginya adalah Pantai Cimaja.

Pantai Cimaja yang berada di daerah Sukabumi Jawa Barat ini terlihat selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama pada akhir pekan. Pantai yang memiliki keindahan luar biasa ini akan membuat para wisatawan jatuh hati akan tempat ini.

Pesona Pantai Cimaja

Para wisatawan atau pengunjung yang datang ketempat ini akan disajikan dengan pemandangan pantai yang berbeda dari pantai-pantai lainnya. Di lokasi wisata ini pengunjung tidak akan mendapati pantai dengan pasir putih yang lembut karena di pantai ini dihiasi dengan bebatuan kali yang berbentuk bulat. Adanya bebatuan ini terjadi secara alami tanpa adanya campur tangan manusia.

Bukan hanya itu, pesona keindahan alam sesungguhnya yang akan disajikan di pantaiini adalah ombaknya. Ombak yang terbentuk di Pantai Cimaja ini menjadi primadona bagi para wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Ombak besar yang dihasilkan ini menjadi salah satu tempat favorit bagi para peselancar untuk menunjukkan bakat mereka menaklukkan sang ombak. Tak jarang event selancar digelar di lokasi ini, baik tingkat nasional maupun internasional.

Bagi pengunjung yang ingi berlatih surfing, disilah tempatnya.  Bagi para pemula surfing tidak perlu khawatir lagi karena dilokasi ini keamanan dan keselamatan anda akan terjaga oleh tim SCCI yaitu Surfing Cultur Club Indonesia. Namun walaupun demikian anda juga tetap harus waspada dan berhati-hati.

Mungkin alasan-alasan inilah yang membuat pantai ini di juluki “Bali nya Sukabumi”. Bagi para pengunjung sangat wajar jiika pantai ini mendapat julukan “Bali nya sukabumi” karena telah diakui pantai ini tak kalah cantik dengan pantai yang berada di daerah Bali. Pemandangan alam dan suara khas dari alunan gelombang laut selalu saja membuat para wisatawan terlena dengan tempat ini.

Karena itulah sudah cukup banyak turis yang rela datang jauh-jauh hanya untuk menikmati keindahan ombak di pantai ini. Selain ombak, pantai ini juga menyajikan keindahan lain berupa jajaran batu karang yang tersusun rapih dengan keindahan dan keelokan yang alami. Masyarakat sekitar biasa menyebutnya dengan Karang Papak. Hal ini tentu saja menjadi nilai tambah untuk keindahan yang ada di Pantai Cimaja ini. Pesona kindahan pantai ini menjadi obat mujarab bagi para pengunjung yang datang ketempat ini untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

Pantai memang sudah terkenal hingga kemancanegara sebagai destinasi wisata di Sukabumi. Terlebih lagi semenjak terkenalnya seorang pemuda yang berasal dari lokasi ini, “Cimaja”  bernama Dede Suryana menggebrak dunia selancar dengan menggondol kemenangannya melawan peselancar legendarir bernama Robert Kelley Slater dalam kejuaraan Todd Chesser Memorial Contest di Hawai pada tahun 2003.

Baca Juga : Pantai Karang Hawu, Pesona Keindahan Alam dan Legenda Mistis di Tanah Sukabumi

Lokasi Pantai Cimaja

Lokasi pantai ini terletak di desa Cimaja Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.  Kurang lebih sekitar 10 kilometer dari Pelabuhan Ratu. Untuk mencapai lokasi ini apabila ditempuh dari kota Jakarta jarak sekitar 120 kilometer. Jarak akan lebih jauh apabila anda berada di daerah Bandung yaitu sekitar 203 kilometer.

Konon nama Pantai Cimaja ini diambil dari sebuah desa dimana pantai ini berada. Desa tersebut bernama Desa Cimaja yang terletak di kecamatan Cikakak kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Failitas Di Pantai Cimaja

Untuk fasilitas yang ada di lokasi ini terdapat berbagai macam toko souvenir yang menjajakan berbagai macam bentuk barang bertema khas Pantai Cimaja. Selain itu juga terdapat warung-warung makan yang akan memanjakan lidah serta mengisi perut kosong anda akibat kelelahan bermain di Pantai ini. Para pengunjung juga dapat menemukan rumah makan yang menyediakan menu hasil tangkapan laut dan salah satunya yang terkenal adalah menu makanan ikan bola.

Bagi pengunjung yang ingin mencari penginapan dan hotel di sekitar lokasi ini juga menyediakan hotel ataupun losmen dengan harga yang cukup terjangkau. Namun perlu diperhatikan apabila berkunjung pada akhir pekan dan hari libur lainnya, kemungkinan harga dapat naik.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk yang ditawarkan terbilang cukup murah yaitu sekitar Rp 5.000 per orang.

Peta Lokasi Pantai Cimaja

Tips Berlibur Ke Pantai

  • Pastikan kondisi badan dan kesehatan anda terjaga dengan baik
  • Berhati-hatilah saat bermain di pantai ini karena ombak yang dihasilkan cukup besar
  • Gunakanlah sunblock untuk melindungi kulit anda dari efek jahat sinar matahari
  • Bawalah kamera untuk mengabadikan momen-monmen indah liburan anda
  • Bawalah barang serta perlengkapan secukupnya
  • Jagalah kelestarian alam agar tetap indah

Artikel Terkait