Pantai Cemara Indah, Keunikan Pantai Dengan Deretan Pohon Cemara
Pantai Cemara Indah merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Aceh Singkil selain Pulau Banyak, pantai ini menawarkan pesona pasir putih serta pohon cemara yang tumbuh disepanjang bibir pantai.

Kabupaten Aceh Singkil merupakan daerah di provinsi Aceh yang terletak paling selatan dan berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatra Utara. Daerah ini dikenal merupakan kabupaten yang memiliki banyak kepulauan sehingga tak aneh jika Aceh Singkil menawarkan pesona wisata pantai yang memukau. Salah satunya adalah Pantai Cemara Indah, yang begitu mempesona serta menjadi salah satu destinasi unggulan di Aceh Singkil.

Sesuai dengan namanya, di pantai ini dipenuhi dengan pepohonan cemara yang tumbuh rindang disekitar bibir pantai. Selain itu, Pantai Cemara Indah juga memiliki daya tarik pada pantainya, sejauh mata memandang wisatawan akan dimanjakan dengan pasir putih yang berkilau bak berlian ditepi lautan. Tak jarang, pada hari libur pantai ini selalu dipadati oleh wisatawan dari luar kota hingga mancanegara.

Pantai Cemara Indah

Secara administratif, pantai ini terletak pada Desa Gosong Telaga, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh. Untuk mencapai lokasi dari Pantai Cemara Indah ini wisatawan harus menempuh jarak kurang lebih sekitar 25 kilometer dari ibukota Kabupaten Aceh Singkil, yaitu Singkil. Jarak tersebut dapat ditempuh wisatawan dengan menggunakan kendaraan umum atau pribadi selama 30 menit saja.

Letaknya yang berada di Desa Gosong Telaga, membuat pantai ini juga sering disebut dengan Pantai Gostel atau Pantai Gosong Telaga. Lokasi dari pantai ini memang lebih dekat jika dari Medan, dan hanya memerlukan waktu tempuh selama 5 jam saja, namun jika wisatawan dari Banda Aceh maka akan memerlukan waktu hingga 12 jam dengan menempuh jalur darat, alternatif yang bisa dilakukan yaitu dengan memilih jalur udara karena jauh lebih efisien.

Pesona Pantai Cemara Indah

Saat wisatawan telah tiba dan menginjakkan kakinya di pantai, akan tersaji sebuah fenomena pantai yang bersih dengan pasir putih membentang diseluruh bibir pantai. Kondisi alam yang masih asri dan alami juga senantiasa menemani wisatawan selama berada di pantai yang terletak di Kabupaten Aceh Singkil ini.

Pasir putih dipantai ini sangat bersih dan lembut, wisatawan akan merasakan sensasi seperti relaksasi ketika kaki berkontak langsung dengan pasir putih ini. Tak hanya itu, pengunjung bebas bermain di atas pasir lembut tersebut seperti main voli pantai, membuat istana pasir, atau duduk bersantai menikmati panorama lautan luas yang tepat berada di depan mata.

Pantai Cemara Indah

Selain menawarkan eksotisme pasir putihnya, Pantai Cemara Indah juga memiliki air laut jernih berwarna biru kehijauan. Ombaknya pun tergolong cukup tenang sehingga pengunjung bisa dengan leluasa untuk mandi, berenang atau sekedar bermain air di tepian pantai. Jernihnya air laut di pantai juga memudahkan wisatawan untuk melihat aneka ragam biota laut dari atas permukaan air.

Melihat namanya saja, pasti sudah bisa ditebak bahwa di pantai ini terdapat pohon cemara. Ya memang di pantai ini dikelilingi banyak pepohonan cemara yang tumbuh subur, seolah menjadi pagar alami yang melindungi pantai dari dunia luar. Pohon cemara juga menjadikan suasana di pantai ini cukup rindang, banyak wisatawan yang memanfaatkan pepohonan tersebut sebagai tempat untuk berteduh dari terik matahari di siang hari.

Dulunya, Pantai Cemara Indah memiliki sebuah jembatan kayu yang membentang sepanjang 50 meter. Jembatan ini merupakan tempat favorit bagi pengunjung untuk memancing, serta merupakan berkah tersendiri bagi para penjual jajanan. Sayangnya, jembatan ini telah hancur dan hanya bersisa puing-puing kayu yang bisa ditemukan disekitar bibir pantai.

Setelah puas menikmati panorama pantai, wisatawan bisa beristirahat di gazebo-gazebo yang telah disediakan oleh pengelola tempat wisata. Di gazebo-gazebo sederhana ini wisatawan bisa menghilangkan penat sambil menikmati es kelapa serta menikmati pemandangan pantai dengan terpaan angin laut yang sepoi-sepoi.

Fasilitas Pantai Cemara Indah

Fasilitas yang ada di Pantai Cemara Indah ini dapat dikatakan cukup lengkap, terdapat toilet umum, area parkir yang cukup luas, serta mushola tempat ibadah bagi wisatawan yang beragama Islam. Terdapat pula gazebo-gazebo yang terbuat dari kayu yang disediakan pengelola untuk tempat istirahat wisatawan yang lelah usai bermain di pantai.

Selain itu juga telah dibangun tempat bermain anak serta berbagai fasilitas didalamnya. Bagi wisatawan yang mengajak anak-anak, bisa membawa anaknya untuk bermain di taman tersebut. Didalam taman ini tersedia berbagai wahana permainan sehingga tak akan membuat bosan anak-anak. Di pantai ini juga akan dibangun sebuah waterboom lengkap dengan kolam bermainnya, sehingga akan lebih menambah nilai jual dari Pantai Cemara Indah.

Baca Juga: Sungai Alas, Keindahan Alam Berpadu Jeram Menantang

Disekitar pantai wisatawan juga bisa menemukan café-café dan warung yang menjual makanan dan minuman. Pengunjung tak perlu khawatir jika merasa kelaparan, karena bisa menikmati berbagai kuliner di café atau warung tersebut. Wisatawan bisa meminum segelas kopi atau es kelapa muda sembari menikmati pemandangan indah pantai. Di pantai juga tersedia fasilitas seperti air bersih, listrik, dan telepon.

Bagi wisatawan yang ingin menginap, juga terdapat beberapa hotel dan penginapan disekitar lokasi tempat wisata. Berwisata di Pantai Cemara Indah dapat menjadi alternatif jika tengah berada di Aceh Singkil, berikut berbagai kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan ketika berada di pantai tersebut.

Menikmati Keindahan Pantai

Pantai Cemara Indah menawarkan keindahan panorama pantai yang cukup memukau sehingga pantai ini tak pernah sepi oleh pengunjung jika hari libur tiba. Tempat wisata di Aceh Singkil ini bisa kamu jadikan sebagai destinasi wisatamu. Kamu akan disajikan dengan hamparan pasir putih nan lembut disepanjang garis pantai.

Kamu bisa menikmati indahnya pantai dengan duduk diatas pasir putih atau berteduh dirimbunnya pohon cemara. Gazebo-gazebo pun siap menjadi tempat bersantai sambil menikmati sebutir kelapa muda. Pantai ini sangat cocok bagi tempat berlibur bersama keluarga, atau melarikan diri sejenak dari hiruk pikuk keramaian kota.

Wisata Kuliner

Tak hanya menawarkan keindahan pantai, kamu juga bisa berburu berbagai hidangan lezat khas Aceh yang dijajakan oleh warung dan restoran di sekitar lokasi pantai. Salah satu yang paling menjadi incaran wisatawan tentu adalah olahan dari Lokan yang merupakan sejenis kerang.

Teksturnya yang kenyal dan gurih, serta diolah dengan berbagai bumbu rempah-rempah menjadikan hidangan ini sangat lezat dijadikan sebagai santapan makan siang. Biasanya, lokan dimasak menjadi rendang, sate, digoreng atau juga bisa dicampur dengan pisang untuk membuat hidangan penutup yang lezat. Tak hanya lokan, masih banyak hidangan khas Aceh Singkil yang bisa ditemukan di restoran sekitar pantai.

Hunting Foto

Rasanya tak lengkap jika kamu berada di Pantai Cemara Indah namun tak mengabadikan momen yang sangat berharga dengan berselfie didepan kamera. Pantai ini memang memiliki panorama yang indah, sehingga banyak wisatawan yang datang di pantai hanya ingin memotret mengabadikan pemandangan yang ada di tempat wisata ini.

Baca Juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Harga Tiket Masuk Pantai Cemara Indah

Untuk memasuki kawasan pantai wisatawan dikenakan biaya tiket sebesar Rp. 5.000 untuk motor, sedangkan Rp. 50.000 untuk kendaraan roda empat. Biaya tersebut sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

Tips Berwisata di Pantai Cemara Indah

  • Bawalah baju ganti jika ingin berenang di pantai.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen di pantai.
  • Tetaplah berhati-hati ketika bermain atau berenang di laut.
  • Jangan membuang sampah sembarangan di sekitar lokasi pantai.

Artikel Terkait