Pantai Baru, Pantai Dengan Keunikan Kincir Angin
Pantai Baru merupakan tempat wisata yang terletak di Bantul, Jogja. Memiliki pantai dengan pasir yang berwarna hitam serta keunikan kincir angin layaknya negeri Belanda.

Kabupaten Bantul merupakan salah satu daerah wisata di Jogja dengan berbagai tempat wisata yang kini mulai dilirik oleh pelancong. Tak kalah dengan Kabupaten Gunung Kidul yang mempunyai puluhan pantai eksotis, Bantul juga menawarkan wisata pantai yang tak kalah menawan. Salah satunya adalah Pantai Baru yang kini menjadi primadona wisatawan lokal sebagai tempat rekreasi.

Tak seperti pantai di daerah Gunung Kidul yang mempesona dengan pasir putihnya, Pantai Baru merupakan wisata pantai dengan pasir hitam. Meskipun demikian, hal tersebut sama sekali tak mengurangi antusiasme wisatawan untuk mengunjungi pantai yang baru diresmikan sebagai tempat wisata pada tahun 2010 ini.

Pantai Baru

Pantai Baru tepatnya berada pada Desa Poncosari, Kecamatan Sandrakan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jika dari pusat Kota Jogja, untuk mencapai lokasi pantai ini wisatawan harus menempuh jarak sekitar 34 kilometer atau kurang lebih satu jam perjalanan. Lokasi dari pantai ini juga tak jauh dari Pantai Pandansimo dan Pantai Kuwaru.

Selain pantai dengan pasir hitam, serta hamparan lautan luas, pantai ini juga memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai lainya. Para wisatawan dapat melihat puluhan kincir angin yang berada di dekat bibir pantai. Hal tersebut merupakan daya tarik tersendiri yang seakan mengundang penasaran wisatawan untuk mengunjungi pantai yang berada di Kabupaten Bantul tersebut.

Pesona Pantai Baru

Pantai Baru bisa dikatakan sebagai tempat wisata yang tergolong fresh didaerah Bantul karena baru diresmikan tepatnya pada bulan Mei tahun 2010. Hal tersebutlah yang membuat pantai berpasir hitam ini dinamai Pantai Baru. Pantai ini sebenarnya merupakan pengembangan dari Pantai Pandansimo yang lokasinya berdekatan.

Tempat wisata ini memiliki area pantai yang panjangnya mencapai 4 kilometer. Lengkap dengan pasir hitam yang membentang di sepanjang bibir pantai. Berbagai aktivitas dapat dilakukan di pantai ini, mulai dari bermain pasir hingga menyusuri pantai dengan menggunakan ATV (All Terrain Vehicle) yang telah disediakan oleh pengelola pantai.

Pantai Baru

Layaknya pantai-pantai yang langsung berbatasan dengan Samudra Hindia, pantai ini memiliki ombak yang dikenal ganas. Disarankan bagi wisatawan untuk berhati-hati ketika bermain air ataupun berenang di pantai ini. Karena gelombang ombak yang besar dapat mengancam keselamatan jiwa para wisatawan.

Di area bibir pantai terdapat puluhan pohon cemara yang tumbuh berjejer menghiasi pantai. Rindangnya pepohonan di tepi pantai, menjadikan suasana di tempat ini sejuk dan tidak panas ketika siang hari. Banyak wisatawan yang duduk diatas tikar sembari menikmati keindahan laut, serta menikmati sejuknya hembusan angin di bawah pohon cemara.

Magnet utama dari Pantai Baru adalah terdapatnya ribuan kincir angin yang berdiri kokoh di sebelah barat pantai. Hal tersebut tentu sangat jarang ditemui di pantai-pantai lainnya. Kincir-kincir angin tersebut digunakan sebagai PLTH (Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid) yang merupakan perpaduan antara tenaga surya dan angin.

Kincir angin yang terletak di dekat pantai tersebut digunakan sebagai sumber tenaga listrik alternatif guna memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar. Sekilas puluhan kincir angin yang berjejer rapi tersebut mengingatkan dengan negeri Belanda yang terkenal dengan kincir anginnya.

Keberadaan kincir angin ini ternyata mengundang rasa penasaran para wisatawan. Banyak pengunjung pantai yang hanya sekedar melihat keunikan kincir angin, atau berselfie didepan puluhan kincir angin tersebut. Tak sedikit pula wisatawan yang ingin menambah pengetahuan dengan mengunjungi PLTH terbesar di Indonesia ini.

Fasilitas Pantai Baru

Meskipun tergolong baru, tempat wisata ini memiliki fasilitas penunjang yang cukup memadai. Terdapat area parkir yang cukup luas, kamar mandi, mushola, hingga persewaan ATV yang telah disediakan pengelola pantai untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai sambil menyusuri hamparan pasir hitam yang membentang.

Selain itu akses menuju lokasi tempat wisata pantai ini cukup mudah dilalui. Hal tersebut tak lepas dari campur tangan pemerintah setempat yang terus berupaya memaksimalkan potensi wisata yang ada di Pantai Baru. Di dekat tepi pantai berderet rapi warung-warung yang menjajakan berbagai kuliner lezat.

Selepas lelah menikmati keindahan pantai, wisatawan dapat berwisata kuliner mencicipi olahan seafood yang menggoyang lidah. Pengunjung dapat menikmati hidangan tersebut sambil duduk di bawah rindangnya pepohonan cemara sembari menikmati hembusan angin yang sejuk.

Baca Juga: Pantai Glagah, Pantai Berpasir Hitam dengan Laguna Indah

Menikmati Keindahan Pantai

Walaupun bisa dikatakan sebagai tempat wisata yang baru, namun pantai ini kini telah menjadi salah satu destinasi andalan bagi wisatawan lokal maupun luar kota. Pantai ini merupakan tempat rekreasi yang cocok bagi keluarga, hingga anak muda. Pengunjung dapat menikmati keindahan pasir hitam yang sesekali tersapu oleh ganasnya ombak laut selatan.

Bagi kamu yang tak ingin capek-capek berjalan, kamu dapat menyewa ATV yang telah disediakan oleh pengelola pantai. Kamu dapat menyusuri area pantai yang panjangnya mencapai 4 kilometer ini dengan menunggani ATV. Selain itu kamu juga bisa bersantai dibawah pepohonan cemara yang memiliki udara sejuk dan segar. Menikmati birunya lautan luas, dengan angin sepoi-sepoi tentu dapat mehilangkan penat dari rutinitas sehari-hari.

Wisata Pendidikan

Tak hanya menikmati keindahan pantai dengan birunya lautan, pengunjung juga dapat menambah wawasan dengan mengunjungi kincir angin yang terdapat dikawasan PLTH. Telah disediakan pemandu bagi wisatawan yang ingin mengetahui lebih dalam tentang pembangkit listrik yang memadukan teknologi tenaga surya dan tenaga angin tersebut. Kamu juga bisa berfoto-foto dengan latar belakang puluhan kincir angin yang berdiri kokoh di area PLTH tersebut.

Hunting Foto

Bagi kamu yang memiliki hobi fotografi landscape, tempat ini patut menjadi destinasi wisatamu selanjutnya bila berada di Jogja. Kamu dapat mengabadikan keindahan pantai berpasir hitam, serta deretan pohon cemara yang tumbuh rapi di tepian pantai. Tak hanya itu, kincir angin juga merupakan objek menarik untuk diabadikan menjadi sebuah karya fotografi. Pantai ini juga bisa menjadi alternatif bagi kamu yang sedang mencari tempat untuk foto pre wedding.

Baca Juga: 58 Tempat Wisata di Jogja Paling Menarik yang Wajib Dikunjungi

Pantai Baru juga menawarkan panorama yang menakjubkan ketika senja tiba. Wisatawan dapat melihat keindahan matahari yang mulai tenggelam di ufuk barat. Komposisi warna birunya lautan yang memudar, serta gradasi warna langit yang berubah menjadi orange, seakan menciptakan sebuah lukisan alam yang sayang untuk dilewatkan. Keindahan yang dimiliki Pantai Baru seolah menyihir wisatawan untuk terus berlama-lama menikmatinya.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Baru

Pantai Baru dibuka setiap hari untuk umum selama 24 jam.

Harga tiket per orang untuk wisatawan lokal/asing Rp. 3.000,-

Harga sewa ATV sekitar Rp. 30.000 - Rp. 50.000,- (tergantung lamanya sewa)

Peta Lokasi Pantai Baru

Tips Berwisata ke Pantai Baru

  • Sebaiknya bawalah baju ganti jika ingin bermain air di tepi pantai.
  • Berhati-hatilah ketika bermain air, karena pantai ini memiliki ombak yang cukup besar.
  • Datanglah menjelang sore hari jika kamu ingin melihat indahnya sunset di pantai ini.
  • Tetaplah jaga kebersihan dengan tak membuang sampah sembarangan.

Artikel Terkait