Berwisata Sambil Menguak Misteri di ​Makam Layang Kumitir
Makam Layang Kumitir yang dibangun dengan tembok dengan ukuran sekitar 6x7 meter. Makam ini mudah sekali dikenali karena lokasinya yang terletak di pinggir jalan raya dimana bertempat di jalan yang menghubungkan Prayun dengan Tanjung Batu.

Apa Itu Makam Layang Kumitir?

Makam Layang Kumitir yang berada di Kecamatan Buru ini adalah makam yang dianggap keramat oleh penduduk sekitar. Pada makam tersebut ada 2 pusara yakni Pusara Layang Kumitir dan juga Pusara orang kepercayaannya.

Penduduk sekitar mempercayai bahwa Layang Kumitir adalah orang yang dekat Wali Songo dan datang untuk menyebarkan agama Islam. Layang Kumitir diceritakan berasal dari Pulau Jawa. Layang Kumitir berada di Bintan karena kapal yang ditumpanginya kandas, sehingga Layang Kumitir dan pengawalnya memutuskan menetap hingga meninggal dunia.

Fasilitas Makam Layang Kumitir

Apabila Anda mengunjungi makam ini, fasilitas berupa kendaraan yang digunakan adalah angkutan Kota dengan tarif Rp 3000,-. Dapat pula menggunakan ojek yang apabila Anda naik dari Tanjung Batu dengan tarif Rp 15.000,-

Wisata Kuliner

Wisata kuliner yang ada di Pulau Bintan cukup banyak. Anda bisa menjumpai makanan khas tersebut di berbagai tempat di Pulau Bintan. Berikut beberapa makanan khas yang bisa Anda temukan, antara lain:

  • Kerang Bulu
  • Asam Pedas Melayu
  • Bubur Pedas
  • Roti Jala atau Roti Kirai
  • Sotong Masak Hitam
  • Gonggong
  • Kopi Hawaii

Makanan khas Pulau Bintan yang pertama yaitu Kerang Bulu merupakan sejenis seafood yang sangat direkomendasikan untuk Anda. Makanan ini dapat ditemukan di rumah makan Bay View yang berada di jalan Pantai Trikora KM 36, di Bintan, dan juga desa Teluk Bakau.

Makanan ini merupakan makanan khas melayu yang ada di Pulau Bintan. Anda dapat menemukan makanan ini di rumah makan Bay View di jalan Pantai Trikora KM 36, di Bintan, dan Teluk Bakau yang sangat patut Anda coba.

Makanan ini bukan termasuk khas Bintan tetapi Anda dapat menjumpainya di sana. Makanan ini hanya namanya saja yang pedas, namun bubur ini ternyata memiliki rasa yang gurih dan juga hangat. Anda bisa mencobanya di rumah makan Tambelan, di Tanjung Pinang, dan juga di jalan Wiratno.

Anda bisa menjumpai roti khas Bintan yang ada di rumah makan Tarempa. Roti jalanya ini begitu khas sehingga akan membuat lidah Anda bergoyang bila memakannya sekaligus dengan pelengkapnya. Roti ini berlokasi tepatnya di BT7 Tanjung Pinang.

Masakan khas Pulau Bintan satu ini terbuat dari cumi-cumi yang diolah bersama dengan tintanya. Meskipun warna yang dihasilkan masakan ini berwarna hitam, namun rasanya sangatlah sedap. Anda bisa menikmatinya di rumah makan Pak Sidin di jalan Pantai Trikora Kawal yang ada di Kecamatan Gunung Kijang.

Makanan khas Pulau Bintan ini cukup terkenal, makanan ini terbuat dari jenis siput dengan rasa yang begitu istimewa. Kandungan yang ada dalam makanan ini untuk meningkatkan vitalitas yang dimiliki pria dewasa. Anda dapat menjumpai makanan ini di restoran Bay View yang ada di jalan Pantai Trikora KM 36.

Selain makanan khas, Anda juga dapat mencoba kopi yang sangat terkenal di seluruh penjuru Bintan. Kopi ini bisa Anda temukan di jalan Pasar Berdikari di Kecamatan Bintan Timur daerah Kijang.

Hunting Foto di Wisata Ini

Untuk foto-foto, Anda dapat berfoto di makam atau di depan tulisan makam Layang Kumitir. Foto-foto tersebut dapat Anda jadikan kenangan bersejarah bahwa Anda pernah mengunjungi wisata ini.

Tips Berwisata ke Makam Layang Kumitir

Karena makam ini berada di Kecamatan Buru, Anda juga dapat mengunjungi makam lain yang ada di sana. Makam lain tersebut seperti Makam Keramat Moyang Seraga, serta Makam Keramat Datuk Sibadang.

Baca Juga : Tidak Lengkap Berwisata Ke Karimun Jika Tidak Mengunjungi Coastal Area Tanjung Balai

Selain makam keramat, Anda juga dapat berkunjung ke tempat wisata lain yang ada di Kecamatan Buru. Objek wisata yang ada di Kecamatan Buru ada Sumber Mata Air Panas, Gunung Papan, Masjid Raja Haji Abdul Ghani, Kelenteng Tua, Sumur Tua, Pantai Tanjung Ambat, dan juga Tapak Kaki Si Badang.

Menikmati Keindahan Makam Layang Kumitir

Makam Layang Kumitir ini disekitarnya terdapat beberapa tanaman yang dapat Anda lihat. Sehingga tempat ini cukup sejuk untuk dijadikan tempat beristirahat karena angin yang berhembus disekitarnya.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk ke dalam makam biasanya tidak ada atau gratis, tetapi akan ada kotak amal bagi Anda yang ingin menyumbang untuk pembangunan atau juga perawatan makam.

Demikian makam Layang Kumitir yang terdapat di kecamatan Buru Pulau Bintan. Anda dapat mengunjungi untuk mendoakan sekalian pergi berlibur ke objek wisata lain yang ada disekitar makam ini. semoga bermanfaat!

Artikel Terkait