Lembah Cilengkrang, Lembah Dengan Sejuta Pesona Di Dalamnya
Kuningan tidak hanya terkenal dengan wisata sejarahnya, banyak juga wisata alam yang berhasil menarik perhatian para wisatawan, diantaranya adalah Lembah Cilengkrang. Di sana anda akan disajikan keindahan alam luar biasa. Alamnya yang asri dengan udara alami cocok untuk melupakan sejenak aktivitas sehari-hari yang sibuk dipenuhi pekerjaan.

Terletak di Desa Pajambon, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat ternyata punya potensi wisata menakjubkan di tengah hutan. Kawasan ini berada di kaki Gunung Ciremai sebelah timur, ada obyek wisata bernama Lembah Cilengkrang.

Karena wisata ini ke dalam kategori wisata alam maka memunculkan daya tarik yang dimiliki oleh Lembah Cilengkrang hampir semuanya bernuansa alami. Disini terdapat beberapa curug, lingkungan hutan, perbukitan, habitat beberapa hewan langka dan lain sebagainya.

Jika anda berada di Kuningan, maka anda perlu mencoba destinasi wisata yang satu ini. Keindahan alamnya yang sangat kaya tentu saja membuat anda cocok untuk berlama-lama di wisata ini.


Fasilitas yang Ada Di Lembah Cilengkrang

Pengelola dan pemerintah daerah telah mengembangkan potensi wisata yang ada di Lembah Cilengkrang pada akhir-akhir ini. Oleh karena itu, banyak pula wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi tempat ini.

Di tempat ini telah disediakan area parkir yang luas. Toilet umum, kamar mandi juga ada. Jika anda seoranh muslim dengan berkewajiban menjalankan ibadah shalat, tidak perlu khawatir karena disini terdapat musholla. Ada juga pos keamanan.

Untuk soal mengisi perut, di kawasan Lembah Cilengkrang akan banyak ditemui warung-warung kecil yang berjualan untuk menafkahi hidupnya. Anda bisa membeli berbagai macam makanan, mulai dari gorengan hingga makanan berat khas sunda.

Keindahan Lembah Cilengkrang

Sudah tidak diragukan lagi jika membahas tentang keindahan dan pesona dari Lembah Cilengkrang. Lembah yang berada di kawasan wisata alam hutan hujan tropis di Gunung Ciremai. Ada beberapa objek wisata yang patut untuk anda kunjungi, diantar kolam air panas alami, curug sawer, curug sabuk dan yang lain-lain.

Namun ada tiga lokasi wisata yang menjadi daya tarik di Lembah Cilengkrang, diantaranya adalah lokasi Kopi Gede, satu kawasan hutan yang cocok untuk mencari ketenangan, karena panorama alamnya indah. Lokasi lainnya yakni Curug Sabuk dengan ketinggian kurang lebih 20 meter.

Bila anda ingin melihat pelangi, maka datanglah ke lokasi wisata curug sabuk pagi-pagi. Selain Curug Sabuk, ada juga yang disebut dengan Curug Sawer, yaitu curug yang tingginya kurang lebih 75 meter dan berada di hutan lindung.

Hunting Foto di Lembah Cilengkrang

Bagi anda penyuka fotografi, ini adalah tempat yang tepat untuk menyalurkan hobi anda. Selain anda dapat menikmati pemandangan alam yang indah sekali, anda juga akan menemukan banyak sekali spot foto bagus dengan berlatarkan pemandangan alamnya yang cantik.

Bila anda beruntung, anda juga bisa menemukan beberapa satwa liar khas hutan lindung. Anda dapat memotret hewan-hewan liar tersebut dengan lensa kamera anda. Namun anda juga harus berhati-hati jika ingin memotret hewan liar tersebut.

Namun sebelum anda menikmati pemandangan Lembah Cilengkrang, anda diharuskan untuk berjalan kaki dari pintu gerbang menuju ke kawasan lembah. Jalur yang anda lewati akan menjadi tantangan tersendiri bagi anda. Jalanan yang kadang licin karena air hujan dan bebatuan tentu sedikit menjadi hambatan.

Setelah anda sampai di kawasan utama, maka anda akan dibuat takjub oleh pemandangan alam sekitar. Hal ini membuat para wisatawan yang pernah datang, ingin berkunjung lagi ke tempat wisata ini.


Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Lembah Cilengkrang

Para wisatawan dikenakan tarif sebesar Rp. 12.500,- per orang, itupun sudah termasuk asuransi. Jadi tidak memerlukan biaya yang mahal untuk dapat menikmati pemandangan yang menyejukkan mata. Anda juga dapat kemah di kawasan Lembah Cilengkrang tanpa dikenakan biaya tambahan.

Untuk jam buka, wisata ini dibuka dari pukul 06.00 hingga 16.00 WIB. Namun, jika anda berniat untuk berkemah, maka anda diharuskan untuk mengisi buku laporan tentang tamu. Tenang saja karena tempat ini aman dan terjaga.

Akses Lokasi Menuju Lembah Cilengkrang

Untuk dapat sampai di Lembah Cilengkrang, anda bisa menggunakan beberapa rute dan sarana transportasi. Diantaranya apabila anda dari terminal Cirendang, melalui Desa Ragawacana, bisa juga menggunakan jasa ojek. Bagi pengunjung yang datangnya dari arah Cirebon, anda bisa langsung belok ke kanan dari pasar Kalapa gunung, langsung menuju arah Desa Pajambon yang jaraknya kurang lebih 2 kilometer.

Tips Ketika Berlibur ke Lembah Cilengkrang

  • Pakailah pakaian yang hangat karena suhu di Lembah Cilengkrang terasa dingin terutama pada pagi hari dan menjelang sore.
  • Jika anda berniat untuk berkemah, maka tidak ada salahnya untuk membawa perlengkapan seperti tenda dan alat masak.
  • Jangan lupa untuk membawa perlengkapan fotografi anda agar tidak kehilangan momen anda yang berharga ketika berada di Lembah Cilengkrang.
  • Sebaiknya bawalah baju lebih, karena tentu anda tidak akan tahan dengan godaan air curug yang segar dan dingin.
  • Bawalah jaket agar tubuh anda selalu terasa hangat.
  • Jangan membuang sampah sembarangan, karena wilayah ini patut kita jaga bersama kelestariannya.
  • Membawa kotak perlengkapan seperti obat dan sabun pembersih tangan.
  • Jangan lupa untuk mempersiapkan energi anda, karena dari pintu gerbang anda harua berjalan kaki sejauh 2 kilometer untuk dapat sampai ke Lembah Cilengkrang.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Lembah Cilengkrang yang indah. Perlu diketahui bahwa di lembah ini anda akan jauh dari kata polusi. Anda dapat menghirup kesegaran hutan yang masih alami. Jangan lupa untuk menerapkan tips yang ada di atas agar liburan anda menyenangkan dan selamat berlibur.

Artikel Terkait