370 Tempat Wisata di Lampung Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi
Tempat Wisata di Lampung sangatlah beragam, Provinsi yang menjadi pintu gerbang masuk ke Pulau Sumatera ini memiliki ratusan destinasi wisata yang sangat menarik. Mulai dari wisata budaya, wisata alam, dan juga wisata bahari memiliki daya tarik yang bisa disejajarkan dengan Provinsi lain di Indonesia. berikut ini destinasi wisata di Provinsi Lampung yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Provinsi yang cukup terkenal sebagai penghasil kopi ini juga cukup banyak menyimpan destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata di Lampung tidak hanya didominasi oleh destinasi wisata bahari saja, tapi juga destinasi wisata alam dan juga wisata sejarah dan budayanya. Provinsi Lampung sebagai pintu gerbang perekonomian khususnya untuk Pulau Sumatra. Selain itu didukung dengan infrastruktur seperti akses darat yang cukup memadai juga turut menunjang destinasi wisata terutama yang berada di pelosok-pelosok desa di Lampung.

Tempat wisata di Lampung cukup beragam, dan beberapa yang terkenal salah satunya seperti Danau Ranau juga turut menyumbang banyak wisatawan untuk datang ke Lampung. Apalagi dengan adanya dukungan dari pemerintah seperti program “Visit to Lampung 2009” mampu memikat perhatian begitu banyak wisatawan untuk datang ke berbagai kota yang ada di Provinsi Lampung. Dan berikut ini daftar obyek wisata yang ada di berbagai Kota atau Kabupaten yang ada di Provinsi Lampung yang sangat layak untuk dikunjungi.


Tempat Wisata di Lampung Barat

Kabupaten Lampung Barat hamper memiliki semua destinasi wisata yang banyak dicari para traveler. Mulai dari wisata bahari, wisata alam, hingga wisata sejarah dan budaya. Dan salah satu tempat wisata di Lampung Barat yang menjadi andalannya adalah Danau Ranau yang sebenarnya sebagian wilayahnya berada di dalam Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Selain itu wisata bahari seperti pesona pantainya benar-benar tidak kalah jika dibandingkan dengan Provinsi lainnya yang ada di Pulau Sumatra. Dan berikut ini daftar tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di Lampung Barat.

Air Terjun Air Hitam

Tempat wisata di Lampung ini juga dikenal sebagai Air Terjun Mbah Gimo, karena lokasinya berada di tengah perkebunan kopi milik warga yang bernama Mbah Gimo. Sepertinya aka semakin berkesan menikmati Air Terjun Air Hitam sembari menikmati kopi asli dari Desa Tangkit Temiangan yang masih di dalam wilayah Kecamatan Air Hitam. Udaranya yang sangat sejuk dan sruputan kopi hangat, semakin indahlah liburan kamu di Air Terjun Air Hitam. Lokasinya tidak begitu jauh dari perkampungan, hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja dengan melewati rapatnya perkebunan kopi milik warga dan milik Mabh Gimo.

Air Terjun Bayur

Membutuhkan sedikit perjuangan untuk mengunjungi Air Terjun Bayur ini. Karena lokasinya memang cukup jauh dari pedesaan dan kamu juga harus berjalan kaki, melewati perkebunan warga dan juga menyibak rimbunnya hutan. Tetapi kamu akan merasakan betapa indahnya alam di Desa Talang Bayur, Kecamatan Sumberjaya yang keasriannya masih sangat terjaga. Belum lagi Air Terjun Bayur yang memiliki debit air yang cukup besar,  yang kemungkinan memiliki ketinggian hingga 30 meter. Tempat wisata di Lampung Barat ini sangat cocok buat kalian yang suka nge-camp, suasananya yang masih asri terus juga sangat tenang sepertinya akan membuat pengalaman wisata kamus emakin menakjubkan.

Air Terjun Sepapa Kanan

Tidak jauh dari lokasi Air Terjun Sepapa Kiri kamu juga bisa mengunjungi Air Terjun Sepapa Kanan yang sama-sama berada di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Namun air terjun ini tidak setinggi Air Terjun Sepapa Kiri, tetapi kolamnya yang begitu luas memiliki air yang sangat jernih, bahkan dasarnya pun terlihat saking jernihnya air yang ada di kolam. Di tempat wisata di Lampung Barat ini kamu bisa menyusuri sungai yang menjadi sumber Air Terjun Sepapa Kanan, kamu tinggal sedikit mendaki air terjun dan nyebur di sungainya yang juga cukup luas.

Air Terjun Sepapa Kiri

Berada di kawasang Taman Nasional Bukit Barisan Selatan semakin menarik minat para wisatawan untuk mengunjunginya. Hutan lindung yang masih terjaga keindahan dan keasriannya membuat lelah hilang seketika, apalagi ketika sampai di Air Terjun Sepapa Kiri yang memiliki ketingginya di atas 50 meter. Sekejap hilang rasa lelah kamu berjalan menuruni lembah berbatu di TNBBS. Kolamnya yang terisi air nan jernih semakin mengundangmu untuk segera nyebur dan berendam merasakan kesegaran air yang begitu jernih. Pepohonan yang rindang menjadi penghias air terjun dan menjadi payung alami bagi para pengunjungnya. Tempat wisata di Lampung ini secara administratif berada di Desa Kubu Perahu, yang masih di dalam Kecamatan Balik Bukit.

Air Terjun Sepuga

Berbeda dengan air terjun lainnya yang masih belum memiliki akses jalan yang memadai. Sementara Air Terjun Sepuga jalan untuk menuju ke air terjun sudah dibeton jadi akan memudahkan kamu untuk melihatnya jauh lebih dekat. Lokasinya cukup tersembunyi sebenarnya, di dalam hutan yang cukup lebat dengan pepohonan besar yang ada di kawasan air terjun. Begitu terasa keasrian alam yang masih begitu alami padahal sudah banyak banget traveler yang mengunjungi Air Terjun Sepuga. Tempat wisata di Lampung Barat ini lokasinya terletak di Desa Sukarame, yang masih di wilayah Kecamatan Belalau.

Air Terjun Way Ngison

Yang paling menakjubkan di Air Terjun Way Ngison adalah debit airnya yang sangat besar serta kolam di bawahnya yang juga cukup luas. Dengan kedalaman sedang tergolong sangat aman buat berendam dan bermainan air, tapi harus berhati-hati karena bebatuannya cukup banyak dan ada yang tajam. Untuk mengunjungi tempat wisata di Lampung Barat ini ada baiknya jika kamu meminta bantuan pemandu dari desa terdekat, karena memang lokasinya masih tersembunyi. Hal ini untuk menghindari kamu tersesat di tengah hutan. Lokasi Air Terjun Way Ngison terletak di Desa Giham Balak, yang masih di dalam Kecamatan Sekincau.

Arung Jeram Way Besai

Bisa dibilang arus Sungai Way Besai memiliki tingkat kesulitan yang cukup lumayan, belum lagi rintangan bebatuan besar yang cukup banyak dijumpai di tengah maupun di pinggir sungainya. Hampair ada sekitar 13 jeram yang harus dilalui ketika kamu mencoba untuk menguji adrenalin kamu dengan arung jeram di Sungai Way Besai. Cukup lama juga jika kamu ingin menjajal arung jeram di Sungai Way Besai, dengan starting pint di Desa atau Pekon Sidang Jaya, yang masih di wilayah Kecamatan Sumber Jaya. Setidaknya hampir 3 jam kamu mengarungi Sungai Way Besai dengan suguhan panorama alam yang begitu indah, serta pedesaan yang masih menjaga keasrian alamnya.

Arung Jeram Way Menterang

Spot arung jeram di Kabupaten Lampung Barat tidak hanya di Sungai Way Besai, tetapi di Sungai Way Menterang juga menghadirkan arus yang tak kalah hebatnya. Kamu bisa mengambil starting point arung jeram Sungai Way Menterang dari lokasi Wisata Alam Kubu Perahu atau di desa terdekatnya. Selain menguji adrenalin kamu, Sungai Way Menterang ini juga menghadirkan panorama yang tidak kalah indahnya. Apalagi berada di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, sudah pasot pesona alamnya yang begitu istimewa bisa kamu nikmati sembari berarung jeram.

Bukit Bawang Bakung

Dikenal juga dengan Bukit Kabut Bawang Bakung atau Bukit Geredai. Banyak review tentang Bukit Bawang Bakung ini ibarat sebuah negeri di atas awan. Dan memang begitulah adanya, ketika kamu berada di lokasi Bukit Bawang Bakung, kabut awan seperti berada di bawah kakimu. Dan semakin terlihat begitu indahnya lagi adalah ketika Sang Fajar mulai menampakkan sinarnya, indahnya Gunung Seminung mulai terlihat begitu jelas di depan mata yang dihiasi kabut di kaki gunungnya. Obyek gumpalan awan yang begitu menakjubkan menjadi poin utama para fotografer mengunjungi tempat wisata di Lampung ini. Dan tidak ketinggalan juga, selfie dengan background kabut yang serasa di atas awan menjadi sebuah karya yang begitu menawan. Lokasi Bukit Bawang Bakung ini terletak di Pekon Negeri Ratu, dan di dalam wilayah Kecamatan Batu Brak.

Bukit Mandi Angin

Keindahan Dana Ranau dilihat dari dekat memang begitu memukau, tapi seperti apakah keindahan Danau Ranau jika dilihat dari udara?? Karena rasa penasaran itulah banyak para penggemar paralayang ingin melihatnya dari udara dan dari Bukit Mandi Angin itulah mereka memulainya. Selain itu pesona alam dari Desa Lumbok Ranau memang begitu indah indah untuk dinikmati dari puncak dengan ketinggian 400 mdpl. Udara yang sangat sejuk menyelimuti seluruh Bukit Mandi Angin. Kamu juga bisa nge-camp di puncak bukit sembari menunggu hadirnya sang fajar serta menikmati eksotisme sunset yang hadir sangat berbeda di tempat wisata di Lampung Barat ini. Bukit Mandi Angin ini terletak di Desa Lumbok Ranau yang masih di dalam wilayah Kecamatan Lumbok Seminung.

Danau Ranau

Memang secara administratif obyek wisata Danau Ranau ini terbagi dengan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Jadi bisa dibilang cukup banyak akses darat untuk menuju ke danau terbesar kedua di Pulau Sumatra setelah Danau Toba. Dan salah satu bagian wilayahnya dan akses masuknya berada di wilayah Lampung Barat.Untuk mengunjungi tempat wisata di Lampung Barat ini kamu harus menuju ke Desa Pekon Lumbok yang berada di wilayah Kecamatan Sukau. Dan tidak begitu jauh dari pusat Kota Liwa yang hanya sekitar 32 km saja. Pesona Danau Ranau ini sungguh istimewa, kamu bisa melihat Gunung Seminung dan juga mengunjungi Pulau Marisa yang berada di tengah Danau Ranau. Selain Danau Ranau kamu juga bisa menikmati air panas yang ada di pinggir Danau Ranau dan juga beberapa air terjun yang tidak jauh dari kawasan Danau Ranau.

Danau Suoh

Kabupaten Lampung Barat tidak hanya memiliki Danau Ranau yang menjadi danau terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba. Tapi juga punya Danau Suoh yang tidak kalah indahnya dengan Danau Ranau, bahkan Danau Suoh ini memiliki keunikan tersendiri seperti adanya 3 lokasi danau yang berdekatan yang memiliki sumber air panas atau geothermal. Tidak hanya danaunya saja yang sangat menarik, tapi rerumputan ilalang yang begitu hijau kekuningan menjadi hamparan rerumputan bak Bukit Teletubbies yang sejuk dipandangang mata. Untuk menuju tempat wisata di Lampung Barat ini memang tidaklah mudah, akses jalannya yang belum diaspal semakin menghambat perjalanan. Memang dihimbau bagi para traveler yang ingin berkunjung ke Danau Suoh lebih baik menggunakan motor trail atau mobil off road atau kamu juga bisa ngojek dari desa terdekat. Danau Suoh ini terletak di Desa Sukamarga, tepatnya di Dusun Kalibata, Kecamatan Suoh.

Desa Tradisional Kenali

Inilah salah satu desa tertua yang ada di Kabupaten Lampung Barat, yang hingga kini masih mempertahankan adat dan istiadatnya. Desa Kenali ini dipimpin oleh pemimpin adat yang disebut punyimbang. Dan salah satunya yang masih terlihat adalah rumah-rumah adat yang usianya lebih dari 100 hingga 200 tahun. Selain rumah adat masih banyak peninggalan masa lampau yang tersimpan dengan baik di desa ini selain itu acara-acara tradisional juga masih sering dilaksanakan di Desa Kenali. Cukup menarik mengunjungi tempat wisata di Lampung Barat ini, kita bisa mengenal kebudayaan turun-temurun yang hingga kini masih terjaga. Desa Kenali berada di dalam wilayah Kecamatan Belalau.

Desa Wisata Lumbok

Ingin merasakan kedamaian dengan dikelilingi panorama pedesaan yang tidak hanya persawahan, tetapi danau dan juga gunung?? Datang saja ke Desa atau Pekon Lumbok yang masih di dalam wilayah Kecamatan Lumbok Seminung. Tempat wisata di Lampung Barat ini memang sangat wajib kamu kunjungi jika kamu sudah berada di Danau Ranau. Di Desa Wisata Lumbok kamu akan menikmati panorama pedesaan yang memiliki udara yang sangat sejuk, sesejuk keramahtamahan para warga Desa Lumbok. Kamu akan disajikan hamparan persawahan yang hijau berpadu dengan Gunung Seminung dan juga Danau Ranau. Kamu juga bisa melakukan berbagai aktifitas seperti trekking, memancing, fotografie atau hanya sekedar bersantai menikmati alam indahanya Sang Pencipta.

Gunung Pesagi

Sedikit lebih tinggi daripada Gunung Seminung yang memiliki ketinggian 1881 mdpl, sementara Gunung Pesagi berada di ketinggian 2.389 mdpl. Gunung Pesagi memiliki begitu banyak misteri, dimana gunung ini dipercaya sebagai lokasi berdirinya Kerajaan Sekala Brak. Dan berdasarkan cerita-cerita yang beredar para pendaki harus menaati segala peraturan ketika hendak mendaki Gunung Pesagi. Misalnya seperti tidak diperbolehkan berburu hewan liar yang ada di kawasan gunung, serta tidak boleh memetik berbagai macam bunga, seperti berbagai macam jenis bungai anggrek di Gunung Pesagi. Selain mitosnya yang patut dihargai, begitu juga dengan panorama alam keitka di puncak Gunung Pesagi. Kamu akan melihat indahnya Danau Ranau, pesisir Pantai Krui, dan juga pesisir Pantai Belimbing. Secara administratif tempat wisata di Lampung ini masih berada di Pekon Hujung, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Belalau.

Gunung Seminung

Masih berada di dalam kawasan wisata terpadu Danau Ranau, Gunung Seminung menjanjikan sajian alam yang sungguh berbeda dan sangat indah pastinya. Dengan ketinggian hingga 1881 mdpl, keindahan dari Danau Ranau yang berada di kaki Gunung Seminung semakin terlihat jelas keindahannya. Warna biru air danau dan juga perbukitan nan hijau menjadi pemandangan yang tersaji ketika kamu berada di puncak Gunung Ranau. Selain itu kamu juga bisa ngecamp di puncak Gunung Seminung, sembari menunggu keindahan sunset dan juga sunrise di pagi harinya.

Islamic Center Lampung Barat

Dikenal juga dengan Masjid Baitul Mukhlisin ini dibangun pada tahun 2009 dan selesai pada tahun 2010. Masjid yang juga menjadi pusat studi kajian Al-Qur’an ini juga dijuluki sebagai Masjid Bintang Emas. Hal ini dikarenakan adanya bintang yang ada di atas kubah dilapisi oleh emas. Yang paling menarik adalah di dalam kawasan Islamic Center Lampung Barat ini juga ada Tugu Piala MTQ  dan adanya tugu tersebut membuktikan bahwa Lampung Barat pernah menjuarai MTQ selama tiga kali beruturut-turut. Dan tugu tersebut menjadi penyemangat bagi generasi berikutnya untuk selalu belajar dalam pendidikan agama. Masjid yang juga menjadi tempat wisata di Lampung Barat khususnya wisata religi ini memang nyaris tidak pernah sepi, apalagi ketika memasuki bulan Ramadhan.

Rumah Raja Skala Brak

Ketika kamu baru pertama kali menginjakkan kaki di pusat Kota Liwa Kabupaten Lampung Barat, ada satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi, yakni Rumah Raja Skala Brak. Dan lokasinya sendiri hanya beberapa menit saja dari pusat Kota Liwa. Bangunan rumah yang mayoritas terbuat dari kayu ini memang bersifat turun-temurun dari Raja yang terdahulu. Dan menurut sejarah Kerajaan Skala Brak inilah sebagai simbol kebudayaan orang asli Lampung. Kerajaan Skala Brak ini berdiri sekitar abad ke 3 masehi yang memiliki ciri kebudayaan Hindu. Rumah peninggalan dari keturunan Raja Skala Brak hingga kini masih kokoh berdiri dan menjadi tempat wisata di Lampung Barat yang cukup ramai dikunjungi wisatawan. Bahkan tak jarang pula wisata asing berkunjung di situs cagar budaya Lampung Barat ini.

Situs Megalitik Batu Brak

Ada dua titik situs megatlitik di Kabupaten Lampung Barat, yakni di wilayah Kecamatan Gedung Surian dan Situs Megalitik Batu Brak yang masuk di wilayah Kecamatan Kebun Tebu, tepatnya di Pekon Purajaya. Di tempat wisata di Lampung Barat ini terdapat peninggalan yang berbentuk dolmen, batu menhir, bahkan beberapa arca. Sangat menarik memang mengunjungi situs pra sejarah apalagi di Situs Megalitik Batu Brak ini begitu asri, bakalan semakin betah kamu jeprat-jepret di kawasan Batu Brak. Adnya Situs Megalitik Batu Brak selain menjadi destinasi wisata, juga menjadi pusat penelitian zaman para sejarah serta edukasi bagi siswa sekolah.

Wisata Alam Kubu Perahu

Seakan semua destinasi wisata yang indah telah menjadi satu di Wisata Alam Kubu Perahu yang masih berada di dalam kawasan Taman Wisata Bukit Barisan. Dimulai dari kelestarian alam hutan yang banyak ditemui pepohonan besar yang menjulang tinggi, juga adanya lokasi wisata seperti air terjun dan sungai-sungai yang begitu jernih airnya. Begitu juga dengan banyaknya satwa liar yang ada di tempat wisata lampung ini, seperti kera, beruk, gajah Sumatera, dan juga berbagai macam jenis burung hidup secara liar di Wisata Alam Kubu Perahu. Kamu akan benar-benar dimanjakan dengan sajian alam yang begitu mempesona. Wisata Alam Kubu Perahu ini terletak di Pekon Kubu Perahu dan masih di dalam wilayah Kecamatan Balik Bukit.

Tempat Wisata di Lampung Selatan

Inilah Kabupaten di Provinsi Lampung yang menjadi gerbang masuknya ke Pulau Sumatra. Maka tidak mengherankan jika kemajuan dalam perekonomian di Lampung Selatan cukup baik. Dan hal tersebut bisa mendongkrak sektor wisata yang cukup banyak tersimpan di Lampung Selatan. Kabupaten yang berada di bagian ujung selatan Pulau Sumatra ini tidak hanya memiliki Pelabuhan Bakauheni dan Menara Siger saja yang memang sangat identik dengan Lampung Selatan. Masih banyak tempat wisata di Lampung yang berada di Kabupaten Lampung Selatan. Dan berikut ini daftar destinasi wisata di Lampung Selatan.

Air Terjun Cicurug

Udaranya yang sangat sejuk khas pegunungan akan kamu rasakan ketika kamu akan mengunjungi Air Terjun Cicurug yang lokasinya berada di Desa Cugung yang masih di wilayah Kecamatan Rajabasa. Dengan ketinggian 900 mdpl dan berada di lereng Gunung Rajabasa, menghadirkan pesona alam yang begitu eksotis. Air terjun dengan ketinggian 20 meter dan kolamnya yang cukup lebar dengan kedalaman yang sedang, akan semakin memanjakan wisatawan. Tempat wisata di Lampung Selatan ini juga sangat mudah untuk dijangkau, karena akses daratnya sangat mudah, terutama untuk kendaraan roda dua. Selanjutnya kamu harus berjalan kaki dengan menyibak hutan sejauh 500 meter dari Desa Cugung.

Air Terjun Way Anakan

Lokasi Air Terjun Way Anakan ini tidak jauh dari Air Terjun Way Kalam yang juga berada di desa yang sama, yakni Desa Way Kalam, Kecamatan Penengahan. Tidak kalah indahnya meskipun hanya memiliki ketinggian tidak lebih dari 7 meter, namun kolamnya yang cukup luas akan membuat betah wisatawan. Rindangnya pepohonan nyaris seperti payung alami menutupi Air Terjun Way Anakan. Udaranya yang sejuk dan juga tenang benar-benar terasa, dan memang tidak begitu banyak wisatawan yang datang jika dibandingkan dengan Air Terjun Way Kalam. Tempat wisata di Lampung ini memang menjadi alternatif bagi wisatawan yang ingin ketenangan ketika Air Terjun Kalam yang ada di atasnya terlalu ramai pengunjung.

Air Terjun Way Kalam

Tidak hanya mengandalkan wisata bahari saja, tetapi Lampung Selatan juga menyimpan wisata alam seperti air terjun yang mampu memikat begitu banyak wisatawan. Dan salah satunya adalah Air Terjun Way Kalam yang berada di Desa Way Kalam yang berada di wilayah Kecamatan Penengahan. Air terjun ini memiliki ketinggian 40 an meter dengan kolamnya yang cukup luas di bawahnya. Lokasinya yang berada di tengah hutan benar-benar menghadirkan pesona alam yang masih sangat sangat. Hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit menuju tempat wisata di Lampung Selatan ini. Akses jalannya juga cukup mudah karena sebagian jalannya sudah di paving. Dan tidak jauh dari Air Terjun Way Kalam juga ada air terjun yagn tak kalah indahnya yakni Air Terjun Way Anakan.

Air Terjun Way Secakhah

Panorama alamnya masih sangat asri dan menghadirkan petualangan alam pegunungan di Desa Kunjir yang masih di dalam wilayah Kecamatan Rajabasa. Membutuhkan waktu setidaknya 30 menit dari pemukiman terdekat yang dilanjutkan dengan memasuki kawasan pegunungan. Perjalanan menuju tempat wisata di Lampung Selatan ini sangat menarik, kamu bisa mencoba lebih dekat dengan alam. Udara sejuk terasa menyelimuti dan juga pepohonan besar seakan menjadi payung alami. Sesampainya di Air Terjun Way Secakhah kamu akan menikmati keindahan air terjun yang masih sangat alami yang penuh dengan pepohonan. Airnya begitu dingin dan cocok untuk berendam untuk menghilangkan rasa lelah kamu berjalan kaki.

Air Terjun Way Tayas

Tidak kalah indah dengan Air Terjun Way Kalam yang cukup terkenal di Lampung Selatan. Air Terjun Way Tayas juga menghadirkan pesona alam yang begitu indah. mulai dari air terjun yang memiliki ketinggian hingga 40 meter dengan debit airnya yang sangat besar dan juga kolam di bawahnya yang juga lebar. Tebing air terjun nyaris tidak terlihat bebatuannya dan tertutup pepohonan nan hijau yang cukup rapat. Namun untuk menuju tempat wisata di Lampung Selatan ini kamu membutuhkan sedikit perjuangan. Karena lokasinya yang berada di kaki Gunung Rajabasaa, mengharuskan kamu untuk bejalan kaki melewati hutan yang banyak ditumbuhi pepohonan yang sangat besar.untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Sukaraja yang masih berada di Kecamatan Kalianda, tepatnya berada di Dusun Pangkul.

Dermaga Bom

Bingung mencari spot selfie yang dekat dengan pusat Kota Kalianda, Lampung Selatan?? Datang saja di Dermaga Bom, yang sudah menjadi destinasi wisata kekinian terutama bagi kalangan anak-anak muda Lampunag Selatan. Salah satu spot tercantiknya ada di bawah payung raksasa yang biasanya dijadikan sebagai background selfie maupun fotografi. Tempat wisata di Lampung Selatan ini emiliki daya tarik lainnya, yakni wisata kuliner. Berbagai makanan khas Kalianda dijajakan di Dermaga Bom, mulai dari otak-otak, simpo pisang, simpo labu dan lain-lainnya cukup banyak dijajakan di Dermaga Bom. Selain itu panorama pantai pun juga bisa kamu nikmati. Waktu yang tepat memang ketika hari sudah mulai senja yang tidak begitu panas dan eksotisme temaram cahaya matahari sungguh terlihat indah di Dermaga Bom.

Desa Wisata Kunjir

Sangat layak Desa Kunjir dijadikan sebagai desa wisata karena memiliki potensi alamnya yang cukup indah. tidak hanya areal hijau persawahan saja yang bisa kamu nikmati ketika berkunjung di Desa Kunjir. Tetapi keindahan dari Gunung Rajabasa serta pantainya yang bersebelahan dengan Teluk Lampung benar-benar memukau. Apalagi ditambah view Pulau Mengkudu yang terlihat begitu dekat dari Pantai Desa Kunjir. Dan memang bisa dikatakan bahwa Desa Kunjir ini sebagai rest area bagi wisatawan yang ingin mendaki Gunung Rajabasa atau mengunjungi Pulau Mengkudu. Tempat wisata di Lampung Selatan ini secara administratif masuk di dalam wilayah Kecamatan Rajabasa.

Goa Marina

Obyek wisata Goa Marina ini berada di kawasan Pantai Marina yang kini mulai banyak dikunjungi wisatawan. Karena sebelumnya kawasan Pantai Marina ini sangat terkenal angker, jadi kebanyakan wisatawan sangat enggan untuk mengunjungi pantai yang memiliki pesona keindahan yang sangat memukau. Dan konon kabarnya Goa Marina inilah salah satu tempat dimana banyak hal aneh terjadi atau bisa dikatakan sebagai rumah bagi makhluk halus. Padahal potensinya sangat luar biasa bagi para pecinta caving, tapi dikarenakan banyak cerita tentang hal mistis di Goa Marina jadinya banyak wisatawan yang enggan untuk mencoba masuk di goa tersebut. Tempat wisata di Lampung Selatan ini berada di wilayah Kecamatan Sidomulyo.

Grand Elty Krakatoa Resort

Resort yang dikelola oleh Bakri Group ini memang sengaja kami masukkan ke dalam daftar tempat wisata di Lampung Selatan. Karena dengan alasan view yang ada di Grand Elty Krakatoa Resort ini memang sungguh indah. Dan berbagai fasilitas juga disediakan di resort yang tidak begitu jauh dengan Pantai Bagus dan juga Pantai EMBE atau Merak Belantung. Mungkin sangat cocok buat kalian yang ingin berbulan madu di Grand Elty Resort atau nge-date bareng temen-temen. View yang ditawarkan memang sangat mempesona, seperti eksotisme ketika senja atau ketika di malam harinya. Untuk lokasinya sendiri terletak di Merak Belantung, yang masih di dalam Kecamatan Kalianda.

Gunung Rajabasa

Selain menjadi pusat sumber geothermal atau panas bumi, GUnung Rajabasa memiliki pesona yang begitu indah ketika kamu berada di puncaknya. Meskipun tinggi dari gunung berapi ini hanya 1.281 mdpl tapi kehadiran akan indahnya sunrise dan juga sunsetnya tetap bisa kamu nikmati. Belum lagi birunya air laut Jawa yang terlihat begitu jelas dari puncak Gunung Rajabasa. Sangat menarik ketika kamu berpetualang di tempat wisata di Lampung Selatan ini. Melewati areal persawahan milik warga yang begitu hijau, serta hutannya yang masih terjaga keasriannya. Dan ketika mencapai kaki Gunung Rajabasa kamu akan menemui Batu Cukup yang cukup besar. dan biasanya para pendaki tidak akan pernah melupakan momen selfie di Batu Cukup. Secara administratif Gunung Rajabasa ini masih berada di wilayah Kecamatan Kalianda, yang hanya berjarak kurang dari 6 km dari pusat Kota Kalianda.

Kampung Wisata Tabek Indah

Inilah destinasi wisata keluarga yang paling pas buat menghabiskan hari libur di Kabupaten Lampung Selatan bersama keluarga. Kampung Wisata Tabek Indah namanya, yang memiliki segala fasilitas di dalamnya. Mulai dari area bermain anak, kolam renang anak, taman bersantai, flying fox, hingga fasilitas seperti resort dan juga ruang pertemuan. Cukup murah untuk memasuki tempati wisata di Lampung Selatan ini, wisatawan hanya perlu membayar tiket dengan harga Rp. 20.000 an per orangnya sudah bisa menikmati segala fasilitas yang ada di dalamnya. Bahkan di dalam Kampung Wisata Tabek Indah ini memiliki seluncuran air seperti yang ada di waterboom yang cukup tinggi. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Pemanggilan, Kecamatan Natar, tepatnya di Dusun Serba Jadi.

Kepulauan Krakatau

Menurut catata sejarah ketika Gunung Krakatau meletus pada tahun 1883 terjadilah gelombang tsunami yang membumihanguskan wilayah Jawa Barat dan juga Provinsi Lampung bagian Selatan. Yang lebih dhasyatnya lagi letusan Gunung Krakatau mampu merubah iklim di dunia semakin tidak menentu, bahkan abu vulkanilnya pun hingga ke Inggris dan Perancis. Dan kini Kepulauan Krakatau menjadai cagar alam yang sudah diakui oleh UNESCO. Dan kamu bisa mengunjunginya bisa melalui Cilegon, Bantai atau dari Pelabuhan Canti, Lampung Selatan. Ada beberapa pulau yang ada di Kepulauan Krakatau, seperti Pulau Sertung, Pulau Anakan Krakatau, Pulau Rakata, dan Pulau Panjang. dan dari semua pulau tersebut menawarkan sensasi wisata yang sangat berbeda. Kamu bisa merasakan sensasi pasir hitan di Pulau Anakan Krakatau, atau ingin menikmati keindahan alam bawah laut di Pulau Panjang. secara administratif tempat wisata di Lampung Selatan ini memang masih masuk di wilayah Kecamatan Rajabasa.

Makam Radin Inten II

Inilah makam seorang pahlawan yang melawan kolonialisme Belanda yang meninggal pada tahun 1856. Ketika kamu akan memasuki makam maka akan disambut dengan tugu Radin Inten II serta gundukan tanah yang ada di belakang patung, yang konon dulunya digunakan sebagai benteng pertahanan untuk mengatasi serangan tentara Belanda. Di kawasan makam juga terdapat museum mini yang menyimpan barang-barang peninggalan Radin Inten II semasa hidupnya. Makam yang juga sebagai tempat wisata di Lampung ini cukup sering dikunjungi wisatawan yang ingin berziarah serta melihat berbagai peninggalan dan juga sejarahnya. Jika dirunut sejarahnya, Radin Inten II ini keturunan dari Kesultanan Banten yang Berjaya di abad 16. Dan juga masih ada ikatan darah kekerabatan dengan Kesultanan Aceh. Untuk lokasinya sendiri, Makam Radin Inten II ini berada di Desa Gedungharta, yang masuk di wilayah Kecamatan Penengahan.

Masjid Kubah Intan

Kalianda juga dikenal sebagai Kota Seribu Masjid, jadi tidak heran jika ada masjid terbesar di Kabupaten Lampung Selatan yang berada di pusat Kota Kalianda. Masjid Kubah Intan ini sebelumnya bernama Masjid Agung Kalianda, lalu pada tahun 2014 dilakukanlah pemugaran dan sedikit perubahan dari sisi arsitektural masjidnya. Masjid yang menjadi kebanggaan masyarakat Kota Kalianda ini memiliki keunikan pada bagian kubahnya. Sangat berbeda dari masjid-masjid pada umumnya yang berbentuk bulat, tetapi Masjid Kubah Intan ini mengambil desain seperti intan. Keindahannya akan terpancar ketika malam hari, kilai cahaya kebiruan dari Masjid Kubah Intan sangat terlihat dari kejauhan. Tak heran jika Masjid Kubah Intan ini juga menjadi tempat wisata di Lampung Selatan, khususnya wisata religi bagi umat Islam.

Menara Siger

Seakan-akan landamark yang sagat ikonik yang dibangun Bukit Gamping Bakauheni ini menyambut kedatangan setiap orang yang memasuki Lampung Selatan melalui Pelabuhan Bakauheni. Menara Siger dibangun pada tahun 2005 yang diarsiteki oleh Ir. Anshori Djausal M.T memiliki filosofi yang cukup dalam. Menari Siger ini mengambil desain mahkota pengantin wanita ada Lampung yang memiliki sembilan rangkaian yang memiliki arti bahwa Lampung memiliki 9 bahasa daerah. Di Menara Siger juga ada ruangan bagi wisatawan untuk menikmati keindahan laut serta kesibukan Pelabuhan Bakauheni. Tempat wisata di Lampung Selatan ini memang harus kamu masukkan ke dalam daftar destinasi wisata di Lampung Selatan yang sangat wajib untuk kamu kunjungi. Dan selfie di Menara Siger menjadi sebuah bukti bahwa kamu telah mengunjungi Lampung Selatan.

Negeri Baru Resort

Salah satu destinasi wisata yang berada di pusat Kota yang sangat cocok untuk berwisata keluarga adalah Negeri Baru Resort. Memang kebanyakan wahana bermain air yang lebih menonjol di tempat wisata di Lampung Selatan ini. Seperti adanya kolam renang untuk anak-anak dan juga dewasa. Tapi seperti fasilitas seluncur dan juga waterboom juga tersedia di Negeri Baru Resort. Begitu juga dnegan adanya kanl-kanal yang disediakan untuk wisatawan yang ingin bersantai menaiki perahu sembari mengelilingi resort nan mewah ini. Cukup murah untuk harga sewa kamar di Negeri Baru Resort, berkisar dari harga Rp. 450.000 an. Dan memang sangat cocok untuk honeymoon karena suasananya juga begitu asri dan sangat layak untuk dikunjungi.

Pantai Bagus

Pesona pantai yang benar-benar menggoda, sekilas memang seperti Danau Ranau yang memiliki view Gunung Seminung. Begitu juga dengan Pantai Bagus yang memiliki view Gunung Rajabasa, jadi kamu tidak hanya sekedar menikmati pemandangan indah birunya air laut saja tetapi panorama gunung yang berpadu dengan Pantai Bagus itulah yang membuat pantai ini semakin istimewa. Ombaknya ynag tidak begitu besar dan hamparan pasir putihnya, semakin membuat tempat wisata di Lampung Selatan ini dibanjiri wisatawan tiap harinya. Apalagi ketika musim liburan sudah tiba, semakin banyak wisatawan yang bermain di Pantai Bagus dengan menggunakan pelampung atau menyewa perahu karet di kawasan pantai. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Merak Belantung, yang masih di dalam Kecamatan Kalianda.

Pantai Batu Lapis

Hampir semua pantai yang ada di Kabupaten Lampung Selatan memiliki keunikannya tersendiri, dan salah satunya adalah Pantai Batu Lapis. Dinamakan Pantai Batu Lapis karena bebatuan yang ada di bibir pantai ini terlihat seperti berlapis atau bertumpuk-tumpuk lempengan batu. Dan yang paling menarik untuk menuju Pantai Batu Lapis yang ada di Pulau Mengkudu ini ada dua jalur, yakni jalur darat dengan melewati perbukitan yang cukup terjal atau menggunakan perahu motor dari Bakauheni yang hanya memakan waktu sekitar 45 menit. Tempat wisata di Lampung Selatan ini memang surganya bagia para fotografer dan juga para pemancing mania. Dan secara administratif Pantai Batu Lapis ini masih berada di dalam Kecamatan Rajabasa.

Pantai Canti

Ada begitu banyak traveler yang lebih menyukai destinasi wisata alam pegunungan karena udara yang sejuk dan tidak panas, jika dibandingkan di pantai. Tapi Pantai Canti ini sangat berbeda dengan pantai pada umumnya yang sangat panas karena terik matahari. Pantai Canti ini memiliki keunikan tersendiri, yakni cuaca dan udaranya sangat sejuk dan bahkan cenderung dingin layaknya di pegunungan. Dan mungkin karena cukup sejuk itulah tempat wisata di Lampung Selatan ini banyak dibanjiri wisatawan. Selain itu pesonanya memang luar biasanya, seperti adanya tiga pulau tepat di depan pantai yang dinamakan Pulau Tiga. Dan di pantai ini juga menjadi pintu gerbang bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Kepulauan Krakatau. Untuk lokasinya sendiri, Pantai Canti ini terletak di Desa Canti yang masih di dalam wilayah Kecamatan Rajabasa.

Pantai Guci Batu Kapal

Sebagian Pantai Guci Batu Kapal ini memang banyak bebatuan karang yang cukup besar dari pinggiran pantai hingga agak ke tengah pantai. Namun tetap ada bagian pantai yang memiliki pasir putih dan cukup luas. Namun justru banyak wisatawan yang menikmati pantai di bebatuan karang yang ada di pinggiran pantai, dan tak lain karena adanya cerita legenda Si Si Pahit Lidah. Konon kabarnya Pantai Guci Batu Kapal ini dahulunya adalah pelabuhan dan tempat bersandarnya kapal-kapal asing. Karena kutukan Si Pahit Lidah itulah kapal-kapal yang bersandar tadinya berubah menjadi batu. Bagi para pemancing mania di bebatuan karang itulah spot untuk memancing ikan-ikan yang cukup besar. tempat wisata di Lampung Selatan ini terletak di Desa Maja yang masih di dalam wilayah Kecamatan Kalianda.

Pantai Ketang

Salah satu pantai favorit warga Kalianda adalah Pantai Ketang yang cukup banyak menyimpan keindahan alaminya. Mulai dari pasir putih, bebatuan karang yang membentuk gugusan serta air lautnya yang begitu jernih. Dan tidak ketinggalan Gunung Rajabasa selalu menjadi background terindah di Pantai Ketang. Pantai ini memiliki kontur yang landai dengan ombaknya yang tidak terlalu besar, jadi sangat aman untuk anak-anak yang ingin bermainan air di pinggiran pantai. Berbagai fasilitan seperti pelampaung maupun perahu karet juga banyak tersedia di Pantai Ketang. Tempat wisata di Lampung Selatan ini juga menyajikan keindahan sunset yang begitu eksotis dan sayang untuk dilewatkan. Lokasi Pantai Ketang ini berada di Kelurahan Way Urang yang masih di dalam wilayah Kecamatan Kalianda.

Pantai Krakatau Kahai

Salah satu pantai yang sangat menarik untuk dikunjungi dan juga sangat cocok untuk wisata keluarga terutama untuk anak-anak. Karena di pinggi pantai dilengkapi children playground dan cukup banyak permainan untuk anak-anak, seperti bebek-bebekan juga di sediakan di Pantai Krakatau Kahai. Selain itu di tempat wisata di Lampung Selatan ini juga termasuk surganya dari para pemancing mania. Ada sebagian pantai yang penuh bebatuan karang yang sedikit menjorok ke tengah pantai. Dan di sinilah spot untuk memancing ikan-ikan besar. untuk lokasinya sendiri juga sangat mudah diakses karena berada di jalur lintas Sumatra. Tepatnya di Desa Batu Balak, yang masih berada di wilayah Kecamatan Rajabasa.

Pantai Laguna Helau

Destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi ketika kamu sudah menginjakkan kaki di pusat Kota Kalianda, Pantai Laguna Helau atau Pantai Laguna Kalianda. Panoramanya sungguh memukau, selain pasir putih dan birunya air laut, background Gunung Rajabasa begitu indah ketika dilihat dari Pantai Laguna Helau ini. Tempat wisata di Lampung Selatan ini memang nyaris tidak pernah sepi pengunjung, karena lokasinya yang sangat mudah untuk diakses dan juga sangat dekat dengan pusat kota Lampung Selatan, Kalianda. Dan kamu bisa dengan mudah menemukan resort atau cottage yang menawarkan view Pantai Laguna Helau dengan harga yang cukup variatif.

Pantai Marina

Tidak hanya menghadirkan keindahan pasir pantainya yang putih bersih saja, tetapi gugusan bebatuan karang yang menjorok ke tengah pantai menjadi spot terindah di Pantai Marina. Di tempat wisata di Lampung Selatan ini ada semacam panggung yang dibuat di atas batu karang besar, yang menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan Pantai Marina. Dan sudah pasti juga menjadi spot selfie terbaik yang ada di Kabupaten Lampung Selatan. Pantai Marina juga menjadi surganya para pemancing mania, cukup banyaknya bebatuan karang yang berada di tengah pantai menjadi rumah ikan-ikan besar yang hidup di perairan Pantai Marina. Selain keindahan pantai dan batu karangnya di kawasan Pantai Marina ini juga terdapat 3 buah goa yang sebenarnya cukup menarik untuk ditelusuri. Pantai Marini ini berlokasi di Kecamatan Sidomulyo yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Kalianda.

Pantai Merak Belantung

Desa Merak Belantung memang sangat layak untuk dijadikan desa wisata, terutama wisata bahari. Hal ini karena memiliki pantai yang begitu indah, mulai dari Pantai Sapenan, Pantai Tapak Kera, dan juga Pantai Merak Belantung. Namun diantara ketika pantai tersebut Pantai Merak Belantung yang paling banyak dijawah wisatawan. Pantai ini memiliki fasilitas cukup lengkap mulai dari pelampung, perahu karet, hingga papan selanjar bagi yang ingin belajar selancar. Selain itu view nya juga sangat menarik untuk dinikmati, pasirnya yang putih, air lautnya yang bersih serta adanya Gunung Rajabasa semakin membuat mata terasa adem meskipun berada di Pantai Merak Belantung. Tempat wisata di Lampung Selatan ini juga menyajikan keindahan sunset. Lokasinya yang berada di Desa Merak Belantung ini masih di dalam wilayah Kecamatan Kalianda.

Pantai Pasir Putih

Inilah salah satu destinasi wisata andalan yang dimiliki oleh Kabupaten Lampung Selatan, yakni Pantai Pasir Putih yang juga berdekatan dengan Pulau Condong. Pantai Pasir Putih dilengkapi dengan wahana bermain air yang cukup lengkap, seperti pelampung, banana boat, dan juga perahu karet untuk berkeliling di kawasan pantai. Tempat wisata di Lampung Selatan ini memang tergolong tidak pernah sepi akan pengunjung. Pantainya yang begitu bersih, pasir putihnya yang sangat lembut serta birunya air laut menjadi sajian utama yang diandalkan Pantai Pasir Putih. Kontur pantai yang landai dan ombaknya yang tenang memang sangat aman untuk berenang terutama untuk anak-anak. Pantai ini memang sangat cocok untuk wisata keluarga ketika hari libur telah datang. Lokasinya sendiri terletak di Desa Rangai Tri Tunggal yang masih di wilayah Kecamatan Katibung.

Pantai Sapenan

Tidak begitu jauh dari obyek wisata Pantai Tapak Kera atau Pantai Merak Belantung  yang juga di dalam satu desa yakni Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda. Memiliki garis pantai yang cukup panjang serta lengkungan yang sangat menarik membuat Pantai Sapenan ini banyak dilirik wisatawan. Apalagi pantai ini masih tergolong pantai yang sepi yang menjanjikan kedamaian ketika kamu berada di Pantai Sapenan. Deburan ombaknya yang pelan, semakin membuat para wisatawan tidak sabaran ingin nyebur da merasakan kesegaran air Pantai Sapenan. Tempat wisata di Lampung Selatan ini sudah muali ramai dikunjungi wisatawan, terutama ketika hari libur atau akhir minggu.

Pantai Suak

Salah satu pantai yang ada di Kabupaten Lampung Selatan yang sangat tepat untuk menghabiskan hari libur panjangmu. Ada salah satu yang cukup indah untuk dilihat di pantai ini, yakni lekukan bibir pantainya yang berkelok-kelok dan dihiasi pepohonan kelapa di pinggirnya. Suasana adem pun tetap bisa kamu rasakan meski berada di pinggiran pantai. Hampara pasir putihnya yang cukup luas dan memanjang semakin menggoda para traveler untuk melakukan berbagai aktifitas di pinggir pantai. Ombaknya tidak begitu besar dan air lautnya juga sangat jernih, benar-benar cocok untuk berenang dan menikmati panorama Pantai Suak. Tempat wisata di Lampung Selatan ini terletak di Desa Suak dan di dalam wilayah Kecamatan Sidomulyo.

Pantai Sebalang

Ingin menghabiskan hari libur kamu seharian di pantai?? Mungkin Pantai Sebalang atau biasa disebut dengan Pantai Saburai, sebagai spot yang tepat untuk mengisi hari libur kamu. Keindahan pantai ini nyaris tiada habisnya, mulai dari pagi hingga malam selalu menampilkan pesona cantiknya. Mungkin sangat cocok juga buat kalian yang suka banget nge-camp di pinggir pantai. Kecantikannya benar-benar terlihat ketika hari mulai senja dengan pesona eksotis sunset di Pantai Sebalang. Dan di malam harinya tempat wisata di Lampung Selatan ini akan dihiasi lampu pijar dari kapal nelayan yang sedang menangkap ikan, terutama ikan teri. Sangat menarik memang di pantai yang tidak jauh dari pemukiman penduduk. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Sinar Laut yang berada di dalam Kecamatan Ketibung.

Pantai Tanjung Beo

Konon kabarnya pantai ini dinamakan oleh warga setempat Pantai Tanjung Beo karena dulunya sangat banyak burung Beo yang hidup di pinggir pantai ini, akhirnya dinamakanlah Pantai Tanjung Beo. Namun karena banyaknya perburuan burung Beo, sekarang tidak bisa ditemukan lagi burung Beo di pantai tersebut. Dan tempat wisata di Lampung Selatan ini hanya tinggal pasir putih dan birunya air laut saja, tidak terdengar lagi suara kicauan burung Beo. Sangat disayangkan memang, yang seharusnya menjadi daya tarik justru malah hilang karena ketidak pedulian manusia terhadap lingkungan. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Merah Belantung yang masih di dalam Kecamatan Kalianda.

Pantai Tanjung Selaki

Yang paling menarik di Pantai Tanjung Selaki adalah pemandangan Pulau Condong yang tampak begitu jelas bisa dijadikan sebagai background fotografi yang sangat keren. Selain itu pantai ini juga memiliki keunikan tersendiri, yakni ada dua bagian pantai yang memiliki ombak yang jauh berbeda. Di salah satu sisi bagian ombaknya sangat tinggi, dan di sisi satunya ombaknya begitu tenang. Dan memang yang cukup ramai adalah di pantai yang memiliki ombak tenang, selain aman air lautnya pun juga sangat bening. Tempat wisata di Lampung Selatan ini juga menyediakan perahu motor bagi wisatawan yang ingin mengelilingi pantai atau yang mau mengunjungi Pulau Condong. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Tarahan yang masih di dalam Kecamatan Ketibung.

Pantai Tanjung Tua

Masih belum begitu banyak traveler yang mengunjungi pantai yang eksotis di Desa Tanjung Tua dan di wilayah Kecamatan Bakauheni ini. Pantai Tanjung Tua namanya seperti nama desanya, pantai yang menawarkan petualangan yang sangat menyenangkan. tidak hanya menyajikan keindahan pantai dan juga jernihnya air lautnya saja. tapi perbukitan yang mengelilingi Pantai Tanjung Tua ini juga harus kamu daki, karena viewnya begitu indah ketika kamu berada di puncak bukit. Atau kamu juga bisa menaiki tower mercusuar yang ada di bukit Pantai Tanjung Tua. Tempat wisata di Lampung Selatan ini memang surganya bagi traveler yang suka berpetualang dan juga para pamancing mania yang sudah kecanduan strike dari ikan-ikan besar.

Pantai Tapak Kera

Pesonanya sungguh unik dan juga sangat menarik, Pantai Tapak Kera memang salah satu destinasi wisata di Lampung Selatan yang wajib untuk dikunjungi. Tempat wisata di Lampung Selatan ini memang tidak menjanjikan hamparan pasir putihnya yang luas, tapi gugusan bebatuan karang yang menjorok ke tengah pantai menjadi spot yang menyenangkan untuk berenang. Dan memang lebih amannya ketika air lautnya sedang surut dengan ombak yang sangat tenang. Sudah pasti menjadi spot selfie atau fotografi yang begitu eksotis. Berenang di Pantai Tapak Kera pun akhirnya menjadi hal yang wajib harus dilakukan karena air lautnya sebening kaca dengan berbagai ikan berwarna-warni di bawahnya. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Merak Belantung yang masih di dalam wilayah Kecamatan Kalianda, tepatnya di Dusun Kenjuru.

Pantai Teluk Nipah

Untuk menuju lokasi Pantai Teluk Nipah memang dibutuhkan sedikit perjuangan, karena infrastruktur terutama jalan masih sangat buruk. Namun pantai yang satu ini benar-benar menawarkan keindahan yang tiada duanya. Jadi meskipun akses jalannya masih belum beraspal, tetap saja menjadi destinasi yang wajib dikunjungi di Lampung Selatan. Tempat wisata di Lampung Selatan ini tidak hanya menyajikan keindahan pantainya saja, tapi juga petualangan. Pantai yang dikelilingi perbukitan ini menawarkan petualangan yang cukup menantang dengan menaklukkan perbukitan dan lebatnya pepohonan. Selain itu Pantai Teluk Nipah ini juga menjadi surganya para pemancing mania, gugusan bebatuan karang yang menjorok ke tengah menjadi spot terbaik untuk merasakan sensasi strike ikan-ikan besar. lokasinya sendiri terletak di Desa Bulok yang masih berada di wilayah Kecamatan Kalianda.

Pantai Wartawan

Mungkin hanya bisa kamu temuin di Kabupaten Lampung Selatan saja, pantai yang memiliki banyak titik sumber air panas. Dan uniknya lagi titik sumber panas ini justru berada di bibir pantai dan juga di bebatuan karang. Waktu yang tepat untuk melihat keunikan tersebut memang hanya ketika air lautnya sedang surut, jadi sumber air panas bisa terlihat dari permukaan dan tidak tertutup air laut. Dan sumber air panas ini memiliki suhu hingga 100 derajat celcius, dan tak jarang dimanfaatkan oleh nelayan atau wisatawan untuk membuat kopi karena air panas tersebut rasanya tawar dan tidak ada rasa asin seperti air laut. Cukup menarik bukan, tempat wisata di Lampung Selatan ini yang memiliki keunikan sumber air panas yang ada di bibir pantainya. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Way Muli, yang masih berada di wilayah Kecamatan Rajabasa.

Pantai Way Urang

Lokasi Pantai Way Urang ini bersebelahan dengan Pantai Ketang yang juga sama-sama di Kelurahan Way Urang dan di Kecamatan Kalianda. Sedikit berbeda dengan Pantai Ketang, hamparan pasir putihnya begitu luas dan hanya beberapa bagian saja yang banyak bebatuan karang. Wisatawan bakal puas bermain ataupun beraktifitas di atas pasir putihnya. Mulai dari sekedar jogging hingga bermain bola, karena memang cukup luas. Tempat wisata di Lampung Selatan ini juga dilengkapi seperti gazebo di pinggir pantainya. Setidaknya wisatawan tetap bisa menikmati panorama alam, tanpa takut kulitnya terbakar.

Pemandian Air Panas Natar

Sedikit berbeda jika dibandingkan pemandian air panas Way Belerang. Pemandian Air Panas yang ada di Desa Merakbatin Kecamatan Natar ini memiliki sekitar 10 kamar mandi yang dilengkapi dengan shower. Jadi wisatawan bisa merasakan nikmati mandi air panas tanpa bebarengan dengan pengunjung lainnya yang ada di kolam. Tapi jika ingin menikmati alam terbuka sembari berendam air panas, maka ada kolam yang cukup luas yang siap menghangatkan badan kamu. Tempat wisata di Lampung Selatan ini memang cukup ramai, apalagi ketika musimnya liburan atau di akhir minggu akan banyak sekali wisatawan lokal yang berdatangan di Pemandian Air Panas Natar.

Pemandian Air Panas Way Belerang

Udara yang begitu sejuk sangat terasa di Pemandian Air Panas Way Belerang, karena lokasinya tepat berada di bawah kaki Gunung Rajabasa. Begiut juga dengan sumber air panas yang mengandung belerang ini bersumber dari Gunung Rajabasa. Di tempat wisata di Lampung Selatan ini terdapat beberapa kolam dan tidak hanya air panas saja, tetapi juga dilengkapi dengan kolam air biasa. Yang cukup menarik di pemandian ini bernuansa alam, seperti banyaknya pepohonan di pinggiran kolam. Selain itu juga dilengkapi berbagai macam fasilitas, seperti adanya food court atau resto yang menyajikan semua jajanan mulai dari makanan hingga minuman untuk wisatawan. Untuk lokasinya sendiri tidak begitu jauh dari pusat Kota Kalianda, yang hanya berjarak kurang lebih 5 km.

Pulau Condong

Jika kamu berada di Pantai Pasir Putih yang berada di Desa Rangai Tri Tunggal, maka Pulau COndong ini terlihat seperti gundukan bebatuan besar yang dipenuhi pepohonan hijau. Pulau COndong ini tidak berpenghuni, tetapi menawarkan keindahan pantai yang begitu indah. dari pasir pantainya yang putih serta air lautnya yang sebening kaca. Selain itu pesona indah bawah lautnya pun juga wajib untuk dinikmati, jadi peralatan seperti snorkeling ataupun diving wajib untuk dibawa. Tak ketinggalan juga peralatan memancing pun juga dibawa, karena ikan-ikan karang siap menyantap umpan dan memberikan sensasi strike yang luar biasa. Untuk menuju tempat wisata di Lampung Selatan ini kamu bisa menyewa perahu motor dari Pantai Pasir Putih yang hanya membutuhkan beberapa menit penyeberangan.

Pulau Mengkudu

Tidak hanya menawarkan keunikan Pantai Batu Lapis saja, tetapi Palau mengkudu ini menawarkan petualangan bagi yang suka mendaki perbukitan. Ada dua pilihan jalur untuk mengunjungi Puylau Mengkudu, kamu bisa mewat jalur laut dari Bakauheni yang hanya membutuhkan waktu 45 menitan. Atau kamu memilih jalur perbukitan yang cukup terjal yang menyajikan pesona alamnya yang begitu asri. Dan bahkan kamu akan menjumpai banyak monyet yang ada di perbukitan. Tempat wisata di Lampung Selatan ini juga memiliki keunikan lainnya selain Pantai Batu Lapis, yakni pasir pantai yang timbul yang menghubungkan kedua pulau. Benar-benar keindahan yang tiada duanya yang dimiliki Lampung Selatan, kamu bisa berenang sepuasnya dengan airnya yang sangat jernih dan menikmati pasir timbul. Dan jangan sampai lupa, selfie menjadi sebuah kewajiban ketika kamu mengunjungi Pulau Mengkudu.

Pulau Sebesi

Tidak jauh dari Pulau Umang-Umang yang luasnya jauh lebih besar dan juga menawarkan wisata yang cukup komplit, yakni Pulau Sebesi. Dan biasanya ketika kamu berangkat dari Pantai Canti yang membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 jam 30 menit sudah pasti mengunjungi kedua pulau tersebut. Atau bisa juga berangkat dari Cilegon, Banten. Pulau Sebesi ini tidak hanya menawarkan wisata bahari saja, tapi juga ekowisata yang hingga kini masih terus dikembangkan. Kamu juga bisa menaiki perbukitan Pulau Sebesi yang memiliki ketinggian hingga 800 mdpl, yang biasanya digunakan untuk memantau aktifitas Gunung Anakan Krakatau. Di tempat wisata di Lampung Selatan ini memiliki fasilitas yang cukup memadai, mulai dari cottage, resort yang siap melayani dengan harga yang relatif murah. Secara administratif Pulau Sebesi ini masuk di wilayah Kecamatan Rajabasa, tepatnya di Desa Tejang.

Pulau Sebuku

Inilah pulau yang akan menyajikan spot snorkeling yang akan membuat kamu terpukau karena keindahan dan keasrian terumbu karangnya. Pulau yang tidak berpenghuni ini berada di antara Pantai Canti dan Pulau Sebesi atau Pulau Umang-Umang. Jadi sangat eman jika kamu ingin ke dua pulau tersebut tanpa mengunjungi Pulau Sebuku. Pantainya dengan birunya air laut yang sebening kaca serta pasir pantainya yang putih menjadi andalan utama selain terumbu karangnya yang begitu asri. Tempat wisata di Lampung Selatan ini memang tergolong sepi, jadi kamu akan merasakan bagaimana nikmatinya berada di “hidden island”.

Pulau Umang-Umang

Mungkin masih belum seterkenal pulau-pulau lainnya yang ada di Provinsi Lampung, misal;nya seperti Pulau Pahawang atau Kepulauan Krakatau sekalipun. Tapi pesona keindahan pantai Pulau Umang-Umang juga tidak kalah cantiknya. Pulau yang cukup dekat Pulau Sebesi ini menyajikan pesona pantainya yang sangat indah dan masih terjaga keasriannya. Air lautnya yang begitu jernih hingga terumbu karangnya juga terlihat jelas, menjadi andalan Pulau Umang-Umang. Pepohonan yang dihiasi bebatuan koral di pinggir pantainya menjadi spot fotografi dan juga para pemancing mania. Pulau yang hanya dua kali lapangan sepak bola ini bisa kamu kunjungi melalui Pantai Canti. Yang membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit perjalanan menggunakan perahu motor. Secara administratif Pulau Umang-Umang masuk di wilayah Kecamatan Rajabasa.

Slanik Waterpark

Inilah Waterpark terbesar yang ada di Provinsi Lampung yang berlokasi di Jalan Karang Anyar, dan di wilayah Kecamatan Jati Agung. Berbagai macam wahana air ada di dalam Slanik Waterpark, mulai dari kolam renang, seluncuran, waterboom, air terjun, dan masih banyak lagi wahana yang bisa kamu coba satu persatu. Salanik Waterpark memang menjadi tempat wisata di Lampung Selatan yang sangat tepat untuk wisata keluarga. Dan terutama anak-anak, inilah surganya mereka untuk bermain air sepuasnya. Berbagai fasilitas lainnya juga tersedia, seperti gazebo untuk bersantai, adanya restoran atau kafetaria juga ada di dalam Slanik Waterpark. Untuk harga tiket sendiri tergolong cukup murah dari 25 ribu untuk anak-anak dan bagi orang dewasa 45 ribu. Asyiknya lagi buat kalian yang masih mahasiswa bisa menunjukkan KTM agar mendapatkan harga tiket 25 ribu.

 Tempat Wisata di Lampung Tengah

Lokasi Kabupaten Lampung Tengah ini sangat strategis, karena berada di jalur perlintasan akses darat antar Kabupaten di Provinsi Lampung dan juga sebagai jalur antar Provinsi di Pulau Sumatra. Mudahnya sarana transportasi di Lampung Tengah ini bisa sebagai pemicu meningkatnya wisatawan untuk berkunjung ke Lampung Tengah. Beragamnya tempat wisata di Lampung Tengah yang cukup menarik untuk dikunjungi bisa mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan yang datang dari luar Kabupaten Lampung Tengah. Dan berikut ini obyek wisata andalan yang ada di Kabupaten Lampung Tengah.

Air Terjun Curug Lestari

Ketinggian Air Terjun Curug Lestasi hampir sama dengan salah satu Air Terjun Curug Tujuh, yakni hampir 40 meter jika diukur dari dasar kolam di bawahnya. Aliran airnya sangat deras, hingga memenuhi kolam-kolam yang ada di bawah air terjun. Kolamnya yang tidak terlalu dalam menjadi spot istimewa bagi wisatawan untuk berendam setelah lelah perjalanan sejauh 3 km dari desa terdekat. Tetapi kamu juga bisa menaiki ojek untuk menuju tempat wisata di Lampung Tengah ini. Jika berbicara alam sekitar air terjun ini masih sangat asri, nyaris tanpa sentuhan tangan jahil manusia. Tak heran jika akhir minggu cukup banyak wisatawan yang berdatangan ke Air Terjun Curug Lestasi. Untuk lokasi air terjunnya terletak di Desa Kota Baru, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Pubian.

Air Terjun Curug Tujuh

Jika kamu sangat menyukai petualangan seperti memasuki hutan atau mendaki pegunungan, mungkin kamu akan suka mengunjungi Air Terjun Curug Tujuh. Perjalanan menuju tempat wisata di Lampung Tengah ini memang tergolong jauh dan butuh waktu lama dengan melewati perkebunan sawit, perkebunan kopi, dan juga perkebunan kakao. Sangat menarik memang, dan kamu juga harus sedikit mendaki jika mau mengunjungi air terjun tertinggi. Jika ditotal secara keseluruhan air terjun yang terpisah ini bisa mencapai 75 meter. Tetapi diantara ke tujuh air terjun yang paling tinggi adalah yang di tingkat tujuh, dengan ketinggian sekitar 40 meter. Dan ketika kamu berada di air terjun tingkat tujuh kamu bisa melihat panorama alam di bawahnya yang begitu asri dan sedap dipandang mata. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Marga Jaya, yang masih di wilayah Kecamatan Selagai Lingga.

Bukit Batubara Linggapura

Mungkin kamu harus menyiapkan stamina yang fit agar tidak mudah lelah ketika mulai mendaki puncak Bukit Batubara Linggapura. Karena membutuhkan waktu kurang dari 45 menit untuk mendaki, meski sedikit terjal tapi medannya tidak terlalu berat. Akan tetapi ketika kamu sudah mencapai puncaknya maka rasa capek pegal di kaki akan hilang seketika setelah melihat kehadiran panorama alam perbukitan yang begitu indah. yang sangat menyita perhatian adalah rerumputan yang ada di puncak bukitnya yang cukup unik karena bergerombol. Tempat wisata di Lampung Tengah ini memang sedang menjadi trend, dan juga menjadi spot selfie kekinian yang ada di Lampung Tengah. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Linggapura dan berada di dalam Kecamatan Selagai Lingga.

Bukit Batu Tumpang

Salah satu destinasi wisatya yang lagi hits di kalangan anak muda Lampung, khususnya Kabupaten Lampung Tengah. Dan hampir setiap akhir minggu cukup banyak para pecandu selfie mengunjungi obyek wisata Bukit Batu Tumpang. Tempat wisata di Lampung Tengah ini memang cukup mudah untuk dijangka, baik akses darat menuju desa terdekat dan juga jalan mendaki hingga puncak bukit. Bukit Batu Tumpang ini memiliki bebatuan yang sangat besar yang ada di puncaknya. Dan tak jarak banyak wisatawan yang menaiki hingga puncak untuk mendapatkan hasil selfie terkeren. Untuk lokasi Bukit Batu Tumpang ini terletak di Kampung Payung Rejo, yang berada di dalam Kecamatan Pubian, dan tepatnya di Dusun 05.

Danau Bekri

Meskipun Kabupaten Lampung Tengah tidak memiliki destinasi wisata bahari, tapi setidaknya adanya Danau Bekri bisa menjadi tujuan wisata air di Kabupaten Lampung Tengah. Meskipun luasnya masih kalah luas dengan Danau Ranau di Lampung Barat, namun Danau Bekri juga menyimpan sejuta keindahan. Kamu bisa bersantai di pinggiran danau yang di shelter atau gazebo yang ada di pinggir sembari menikmati keindahan perbukitan yang hijau dan merasakan sejuknya tiupan angin danau. Selain itu tempat wisata di Lampung Tengah ini juga memiliki pulau kecil di tengah danau yang bisa kamu kunjungi dengan menyewa perahu atau kano dari nelayan setempat. lokasi Danau Bekri ini berada di tengah-tengah perkebunan sawit milik P.T Perkebunan Nusantara VII yang masih di dalam wilayah Kecamatan Seputih Mataram.

Danau Tirta Gangga

Ada keunikan tersendiri di Danau Tirta Gangga ini, yakni adanya patung Hanoman, Patung Bima dan juga Pura tempat beribadah umat Hindu. Dan memang di Danau Tirta Gangga ini nuasnsa khas Bali begitu kental, dan memang kebanyakan penduduk yang ada di sekitar danau tersebut berasal dari Bali yang mengikuti program transmigrasi. Dan tak jarang sering diadakannya upacara ritual yang mirip di Pulau Bali yang dilaksanakan di Pura tengah Danau Tirta Gangga. Tempat wisata di Lampung Tengah ini memang menyajikan pesona yang sungguh berbeda. Selain bisa menikmati keindahan danau, kamu juga bisa melihat lebih dekat budaya orang Bali yang ada di Lampung Tengah. Lokasi Danau Tirta Gangga ini terletak di Desa Suartika Buana yang berada di dalam Kecamatan Seputih Banyak.

Taman Wisata Talang Gajah

Inilah spot selfie kekinian yang ada di Kabupaten Lampung Tengah, tepatnya di Desa Talang Gajah dan di dalam wilayah Kecamatan Seputih Agung. Selain memiliki alamnya yang masih sangat asri yang cukup banyak pepohonan yang menjulang tinggi. Begitu juga dengan udara yang cukup sejuk yang senantiasa menyelimuti. Dan spot selfie yang kekinian yang dimaksud adalah di atas saluran pipa air yang difungsikan untuk irigasi persawahan. Tidak hanya sekedar selfie, tempat wisata di Lampung Tengah ini juga sebagai obyek fotografi seperti pre wedding maupun modeling. Sangat menarik memang untuk dikunjungi ketika kamu berada di Lampung Tengah.

Telogo Rejo

Perjalanan yang sangat menarik ketika kami mengunjungi Telogo Rejo yang berada di Desa Sendang Baru yang masih di dalam wilayah Kecamatan Sendang Agung. Suasana pedesaaan yang cukup tenang, hamparan sawah nan hijau yang menenangkan akan mengiringi perjalanan kamu. Begitu juga kehadiran perbukitan yang penuh pepohononan nan hijau seakan menjadi penghiasa Telogo Rejo. Tempat wisata di Lampung Tengah ini memang cukup menjanjikan karena keasriannya masih sangat terjaga, hanya saja sangat minim akan fasilitas seperti wahana air. Telogo Rejo juga bisa menjadi spot memancing ikan air tawar yang cukup memberikan sensasi strike. Kamu juga bisa menikmati Telogo Rejo dengan berkeliling menggunakan perahu tradisional milik warga.

Tugu Kopiah Emas

Jika Kabupaten Lampung Selatan memiliki Menara Siger yang desainnya mahkota pengantin wanita, sementara Lampung Tengah memiliki Tugu Kopiah Emas, yakni mahkota yang digunakan pengantin pria. Tugu Kopiah Emas ini sebagai landmark yang sangat ikonik yang mencerminkan kebudayaan dari Lampung Tengah. Tempat wisata di Lampung Tengah ini memang sangat wajib kamu kunjungi, karena tanpa selfie di Tugu Kopiah Emas sama saja kamu belum pernah menginjakkan kaki di Kabupaten Lampung Tengah. Selain itu di kawasan ini juga ada Tugu Pengantin dan Tugu Pepadun yang bisa kamu jadikan spot selfie yang cukup keren di Lampung Tengah.

Tempat Wisata di Lampung Timur

Jika kamu berencana mengunjungi Kabupaten Lampung Timur, kamu harus siapkan beberapa destinasi wisata yang harus kamu kunjung. Dan salah satunya yang menjadi andalan Kabupaten Lampung Timur adalah Taman Nasional Way Kambas, sebagai tempat konservasi Gajah Sumatra, Harimau Sumatra, dan juga Badak Sumatra. Tapi selain Taman Nasional Way Kambas masih banyak tempat wisata di Lampung Timur lainnya yang juga sangat menarik untuk dikunjungi. Dan berikut ini beberapa obyek wisata di Lampung Timur, mulai dari wisata bahari, wisata alam, hingga wisata sejarah dan juga budaya.

Air Terjun Way Curup

Destinasi wisata di Lampung TImur berikut ini belum banyak yang tahu, padahal pesona keindahan air terjunnya cukup memukau. Tidak tinggi memang namun lebarnya air terjun dan aliran sungai di bawahnya yang akan membuat wisatawan enggan pulang. Air Terjun Way Curup yang berda di wilayah Kecamatan Mataram Baru ini memiliki potensi yang luar biasa, selain wisata alam, juga bisa dijadikan pemandian alami. Kolam di bawahnya yang cukup luas dengan kedalaman yang sedang mampu memnajkan wisatawan yang sangat haus akan piknik. Tempat wisata di Lampung Timur ini masih tergolong sangat alami, seperti banyaknya pepohonan yang berada di kawasan air terjun.

Bendungan Gerak Jabung

Hingga kini tahun 2017 Bendungan Gerak Jabung masih terus dalam pengerjaan di beberapa sisi bendungan, yang ditargetkan akan selesai di akhir tahun 2017 dan mulai beroperasi di tahun 2018. Bendungan Gerak Jabung ini memang difungsikan untuk meningkatkan sektor pertanian dan juga perkebunan yang ada di wilayah Kecamatan Jabung. Namun selain untuk pengairan, Bendungan Gerak Jabung ini justru sekarang menjadi tempat wisata di Lampung Timur yang menarik wisatawan lokal untuk melihatnya. Sudah pasti menjadi spot selfie kekinian yang ada di Lampung Timur, tepatnya di Kecamatan Jabung.

Bendungan Tridatu

Masih belum banyak traveler yang mengunjungi bendungan yang masih sangat alami yang berada di Desa Tridatu, Kecamatan Labuhan Ratu ini. Hanya para pemancing mania saja yang cukup sering mengunjungi dan merasakan sensasi strike ikan air tawar di Bendungan Tridatu. Tempat wisata di Lampung Timur ini cukup menarik bagi yang hobi banget mandi di kolam alami, terutama yang dibawah bendungan dengan guyuran airnya yang cukup deras serta kolamnya yang cukup luas. Selain itu bagi yang ingin mencari kedaimaian dan ketenangan Bendungan Tridatu menjadi spot yang sangat tepat. Kamu bisa menikmati semilir angin sembari bersantai di bawah pepohonan yang rindang di pinggir bendungan.

Danau Beringin Indah

Konon kabarnya dulu Danau Beringin Indah ini pernah menjadi primadona di Lampung Timur. Hampir setiap harinya selalu dikunjungi wisatawan, dan akhirnya kejayaan mulai meredup karena kurangnya perhatian terhadap lingkungan. Namun kini Danau Beringin Indah sudah mulai terlihat kemilaunya lagi, seperti adanya gazebo-gazebo yang ada di pinggir danau dan juga berbagai macam fasilitas permainan air seperti bebek-bebekan dan juga perahu juga disediakan untuk wisatawan. Tempat wisata di Lampung Timur ini sangat menarik karena alamnya masih sangat asri. Mulai dari berbagai macam ikan juga hidup di Danau Beringin Indah. masyarakat setempat pun juga memanfaatkan danau seperti pengembangan ikan air tawar di pinggiran danau. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Negara Nabung, yang masih berada di dalam wilayah Kecamatan Sukadana.

Danau Kali Kawat

Satu lagi danau yang ada di wilayah Kecamatan Sukadana ini juga sangat menarik utnuk dikunjungi, bahkan cukup banyak wisatawan yang menikmati keindahan di kala senja di Danau Kali Kawat. Cukup eksotis memang, tak heran juga jika banyak anak-anak muda yang sibuk berselfie ria di pinggiran Danau Kawat. Tempat wisata di Lampung Timur ini memang masih belum maksimal untuk pengelolaannya, seperti minimnya wahana bermain air, hanya perahu atau sampan yang bisa kamu gunakan untuk mengelilingi danau. Akan tetapi pesona alamnya di Danau Kali Kawat ini masih begitu asri, seperti berjajarnya pepohonan hijau yang ada di sekeliling danau. Lokasinya terletak di Desa Terbanggi, dan di dalam Kecamatan Sukadana.

Danau Kemuning

Inilah destinasi wisata andalan yang dimiliki oleh Desa Kecamatan Sribhawanono, Lampung Timur. Danau Kemuning hampir tidak pernah sepi akan pengunjung, apalagi ketika musim liburan. Selain tersedianya fasilitas seperti wahana air, mulai dari perahu hingga bebek-bebekan menjadi salah satu daya tarik Danau Kemuning. Tempat wisata di Lampung Timur ini memang tergolong sangat asri, banyaknya pepohonan yang menjulang tinggi di pinggir danau menjadi tempat yang asyik untuk selfie atau bersantai menikmati pesona keindahan danau. Danau Kemuning ini juga menjadi spot pemancingan ikan air tawar yang cukup banyak dihuni ikan-ikan besar.

Danau Way Jepara

Salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Lampung Timur yang masih tergolong sangat asri adalah Danau Way Jepara. Di danau ini kamu masih bisa menemui pepohonan yang menjulang tinggi yang usia sudah puluhan tahun. Dan spot-spot di bawah pohon inilah yang kebanyakan dicari wisatawan utnuk menikmati keindahan Danau Way Jepara tanpa takut kepanasan. Begitu juga dengan para pemancing mania yang ingin menjajal sensasi strike di danau Way Jepara. Konon katanya banyak ikan-ikan besar seperti ikan patin yang hidup di Danau Way Jepara. Tempat wisata di Lampung Timur ini memang sangat minim akan wahana permaianan airnya, hanya perahu-perahu nelayan yang bisa kamu sewa untuk mengelilingi danau. Lokasi Danau Way Jepara ini berada di wilayah Desa Kecamatan Way Jepara.

Desa Wisata Wana

Inilah salah satu desa yang ada di Kabupaten Lampung Timur yang masih mempertahankan adat istiadat warisan nenek moyang. Sangat terlihat jelas, seperti rumah-rumah adat khas Melinting yang masih berdiri kokoh hingga kini, yang mungkin saja usianya sudah puluhan hingga ratusan tahun. Selain itu acara-acara adat masih sering dilaksanakan di Desa Wisata Wana. Bahkan ada tarian Melinting yang biasanya digunakan untuk menyambut para wisatawan yang datang ke Desa Wana. Tempat wisata di Lampung Timur ini memang menarik untuk dikunjungi, selain bisa melihat lebih dekat rumah-rumah tradisional kamu juga akan disambut dengan keramahtamahan para warga Desa Wana. Lokasi tepatnya Desa Wana ini berada di dalam wilayah Kecamatan Melinting.

Goa Pandan

Tempat wisata di Lampung Timur berikut ini buat kalian yang menyukai petualangan, yakni Goa Pandan. Untuk menuju lokasi Goa Pandan memang kamu harus berjalan kaki beberapa menit dari desa terdekat, yakni Desa Girimulyo, yang masih berada di wilayah Kecamatan Marga Sekampung. Pesona alamnya yang masih begitu asri begitu juga dengan Goa Pandan yang banyak dihuni oleh kelelawar ini. Obyek wisata di Desa GIrimulyo ini memang surganya buat traveler yang suka akan aktifitas seperti caving. Namun membekali diri dengan peralatan yang lengkap menjadi hal yang wajib jika mau caving.

Griya Kebun 38

Tempat wisata di Lampung Timur ini memang sedang menjadi trend di kalangan anak-anak muda. Griya Kebun 38 adalah wisata buatan yang dikelola secara professional yang menyajikan pesona alam yang sungguh berbeda. Seperti banyaknya pepohonan yang tertata sangat rapi dan juga rerumputan nan hijau yang tampak begitu bersih. Ditambah lagi dengan kolam renang yang cukup luas menjadi tempat yang tepat untuk menghabiskan hari libur kamu. Untuk masuk di obyek wisata Griya Kebun 38 ini kamu harus membayar sebesar Rp. 10.000, harga yang sangat murah untuk segala fasilitas dan juga view yang indah di Griya Kebun 38.

Gunung Balak

Potensi akan destinasi wisata Gunung Balak sebenarnya sungguh luar biasa, tapi karena penggundulan hutan secara liar baik individu maupun korporasi akhirnya membuat hutan di Gunung Balak ini semakin rusak. Meskipun kerusakan hutan bisa dibilang parah tapi tetap saja, Gunung Balak ini masih sangat layak untuk dikunjungi. Bahkan sekarang menjadi surganya bagi komunitas off road dan juga trail. Banyaknya rintangan yang memacu adrenalin menjadi tujuan utama komunitas off road dan juga trail sering mengunjungi Gunung Balak. Meskipun hutannya rusak karena pembalakan, tapi tetap saja menjadi tempat wisata di Lampung  Timur yang menyajikan pesona indah untuk dinikmati. Letak dari Gunung Balak ini berada di kawasan Register 38, Lampung Timur.

Gunung Gerem Pawiki

Meski tingginya masih jauh jika dibandingkan dengan gunung pada umumnya, tapi pesona di atas puncak Gunung Gerem Pawiki juga tidak kalah indahnya. Ketika kamu berada di puncak kamu bisa melihat hamparan perbukitan dan juga areal perkebunan dan persawahan yang begitu hijau dan sedap dipandang mata. Bahkan perjalanan menuju Gunung Gerem Pawiki kamu akan disuguhi pesona pedesaan dengan berbagai macam perkebunan seperti perkebunan lada yang berada di kaki gunung. Tempat wisata di Lampung Timur ini juga menjadi surga bagi komunitas trail atau sepeda gunung, karena memang menjanjiakan petualangan yang cukup menantang. Gunung Gerem Pawiki ini terletak di Desa Sukadana Baru yang berada di dalam wilayah Kecamatan Marga Tiga.

Hutan Mangrove

Ketika kamu berada di Kabupaten Lampung Timur, kamu tidak hanya menyusuri Sungai Way Kanan dan melihat keindahan Taman Nasional Way Kambas saja, tetapi kamu juga disajikan indahnya Hutan Mangrove. Hutan Mangrove yang memiliki luas 1 X 5 kilometer ini bisa kamu nikmati keindahannya dengan mengelilinginya menggunakan perahu milik nelayan. Dan tak jarang juga banyak wisatawan yang justru ingin menikmati sensasi strike ikan-ikan yang hidup di bawah Hutan Mangrove. Tempat wisata di Lampung Timur ini memang sudah begitu ramai dikunjungi wisatawan, terutama ketika akhir minggu atau musim liburan. Lokasinya sendiri terletak di Desa Margasari yang asih di wilayah Kecamatan Labuhan Maringgai.

Islamic Center Sukadana

Dinamakan sebagai Islamic Center Sukadana karena lokasinya berdiri di dalam wilayah Kecamatan Sukadana. Selain itu juga dikenal sebagai Masjid Agung Baiturrahman, sebagai salah satu masjid kebanggaan masyarakat Lampung Timur. Islamic Center Sukadana ini dibangun pada tahun 2004 hingga tahun 2008 baru diresmikan. Selain sebagai tempat peribadahan umat Islam, Islamic Center ini juga menjadi tempat wisata di Lampung Timur khususnya wisata religi. Islamic Center Sukadana ini juga memiliki berbaga fasilitas yang sangat lengkap. Jadi para wisatawan tidak perlu bingung untuk mencara kebutuhan yang diperlukan selama berada di Islamic Center Sukadana.

Kolam Renang Pitaloka

Tempat wisata di Lampung Timur ini memang sangat cocok untuk wisata keluarga dengan suguhan kolam renang yang sangat bersih, dan juga wahana air seperti seluncuran untuk anak-anak hingga dewasa juga tersedia. Dan uniknya lagi di kawasan Kolam Renang Pitaloka ini juga ada candi buatan yang desainnya mirip sekali dengan Candi Borobudur di Magelang dan juga candi Gajah Sumatera yang dinamakan Candi Pitaloka. Yang pasti bisa menjadi spot selfie ketika kamu berada di Kolam Renang Pitaloka. Untuk lokasinya sendiri tidak begitu jauh dari Kecamatan Pekalongan, Lampung Timur.

Mata Air Way Perigi

Pemandian sumber Mata Air Way Perigi ini masih tergolong sepi akan pengunjung, karena minimnya informasi tentang tempat wisata di Lampung Timur yang satu ini. Potensinya sungguh luar biasa sumber mata airnya yang sangat jernih yang membentuk kolam yang cukup luas menjadi spot pemandian alam yang masih begitu asri. Pepohonan yang ada di sekelilingnya juga sangat banyak, udara yang sejuk dan bersih serasa selalu menyelimuti. Kamu bisa nyebur, berendam, berenang, bahkan bersnorkeling di Mata Air Way Perigi. Untuk lokasinya terletak di Desa Kelapa yang masih berada di dalam wilayah Kecamatan Labuhan Maringgai.

Pantai Kerang Mas

Pasir putih dan birunya laut menjadi sajian utama di Pantai Kerang Mas, serta berjajarnya pepohonan yang ada di pinggir pantai seakan selalu menghiasi dan juga menjadi peneduh bagi wisatawan. Fasilitasnya cukup lumayan seperti adanya pelampung untuk anak-anak seperti ban karet dan juga adanya perahu untuk berkeliling pantai juga tersedia dan bisa kamu sewa. Tempat wisata di Lampung Timur ini memang tergolong sangat ramai akan pengunjung, apalagi ketika akhir minggu atau musimnya liburan. Eksotisme Pantai Kerang Mas ini bisa kamu lihat ketika matahari baru menampakkan sinarnya di pagi hari. Jadi datang saja ketika sehabis subuh, pesona sunrisenya begitu indah dan bisa menjadi background selfie yang indah. lokasi Pantai Kerang Mas ini terletak di Desa Muara Gading Mas, yang masih di wilayah Kecamatan Labuhan Maringgai.

Pantai Kuala Kambas

Inilah batas paling timur Taman Nasional Way Kambas, Pantai Kuala Kambas namanya. Hampir sepanjang garis pantai ditumbuhi pepohonan yang menjulang tinggi, seperti pohon cemara maupun pinus. Tempat wisata di Lampung Timur ini memang sangat eksotis, antara perpaduan pasir pantainya yang berwarna kekuningan dengan birunya air laut, semakin dilirik banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Dan yang cukup menarik adalah, kamu bisa melewati Sungai Way Kanan hingga sampai ke Pantai Kuala Kambas. Benar-benar pengalaman wisata yang tidak akan pernah kamu lupakan ketika kamu mengunjungi Kabupaten Lampung Timur.

Pantai Kuala Penet

Sama seperti di Pantai Muara Gading Mas yang memiliki tradisi seperti ruwat laut. Pantai Kuala Penet yang terletak di Desa Margasari, Kecamatan Labuhan Maringgai juga memiliki tradisi yang serupa seperti ruwat laut. Dan kearifan lokal semacam ini memang mampu menyedot perhatian wisatawan untuk melihat lebih dekat tradisi warisan nenek moyang tersebut. Namun lepas dari tradisi tersebut, Pantai Kuala Penet memang memiliki keindahan pantai yang memang sangat menarik untuk dikunjungi. Memiliki garis pantai yang cukup panjang dan juga banyaknya pepohonan di pinggir pantai, membuat tempat wisata di Lampung Timur ini tidak pernah sepi pengunjung, terutama akhir minggu atau pas hari libur.

Pantai Cemara

Lokasi Pantai Cemara cukup berdekatan dengan pantai-pantai lainnya yang ada di dalam Kecamatan Labuhan Maringgai. Seperti Pantai Labuhan Maringgai, Pantai Muara Gading Mas yang juga sama-sama di dalam satu desa, yakni Desa Muara Gading Mas. Pantai Cemara ini memang di pinggir pantainya tumbuh pepohonan cemara yang cukup menjadi peneduh di kala terik matahari di siang hari. Namun pesona senja di Pantai Cemara ini benar-benar menggoda. Dan sepertinya itulah waktu yang sangat tepat untuk menikmati keindahan di tempat wisata di Lampung Timur ini. Temaran cahaya matahari senja menjadi background fotografi yang cukup artistik.

Pantai Labuhan Maringgai

Selain memiliki garis pantai yang cukup panjang dan hamparan pasir putihnya yang cukup luas, Pantai Labuhan Maringgai ini juga menyajikan pesona sunrise yang begitu cantik. Ombaknya yang tidak besar dan kontur pantainya yang cukup landai sangat aman untuk anak-anak yang sangat suka bermain air di pantai. Jadi tempat wisata di Lampung Timur ini memang sangat cocok untuk wisata keluarga. Sebenarnya potensinya sangat luar biasanya hanya butuh sedikit sentuhan dari pemerintah atau dari pihak swasta untuk bisa lebih banyak menyedot wisatawan. Apalagi di dukung lokasinya yang sangat dekat dengan pantai-pantai lainnya yang berada di desa yang sama, yakni Desa Muara Gading Mas, dan di dalam Kecamatan Labuhan Maringgai.

Pantai Muara Gading Mas

Desa Muara Gading Mas yang ada di wilayah Kecamatan Labuhan Maringgai memiliki tradisi yang cukup unik, yakni Ruwat Laut. Seperti melarung sesaji ke tengah lautan, sebagai simbol ucapan syukur kepada Tuhan. Jadi hampir sama seperti yang ada di Pantai Parangtritis Yogyakarta yang mampu menyedot perhatian para wisatawan mancanegara. Sama halnya dengan Ruwat Laut yang ada di Pantai Muara Gading Mas, keriuhan masyarakat dalam menyambut ritual adat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, tak hanya wisatawan lokal saja, tapi juga dari luar Lampung Timur.  Tempat wisata di Lampung Timur ini tergolong tidak pernah sepi akan pengunjung, selain melihat ritual Ruwat Laut, wisatawan juga bisa menikmati keindahan Pantai Muara Gading Mas.

Pemancingan Ikan Rejomulyo

Awalnya tempat pemancingan ini adalah lahan biasa yang memang cukup terkenal dengan hasil ikan dan sektor pertanian. Maka Kecamatan Pasir Sakti dijuluki sebagai Minapolitan karena hasil dari pertanian dan perikanan cukup besar. namun setelah tahun 2004 mulailah pertambangan pasir, yang hingga kini menjadi sebuah lautan dengan luas 350 hektar dengan kedalaman hingga 9 meter. Namun ada sebagian lautan buatan tersebut akhirnya dimanfaatkan menjadi kolam pemancingan yang menyajikan view yang cukup eksotis. dan kini menjadi sebuah kewajiban ketika mengunjungi tempat wisata di Lampung Timur ini, wisatawan selalu menyempatkan selfie di dermaganya.

Persawahan Titi Batu Way Curup

Salah satu destinasi wisata yang sangat menarik di Kabupaten Lampung Timur, yakni wisata di areal persawahan dan sungai yang membelah areal persawahan menjadi pemandangan yang begitu sempurna. Tempat wisata di Lampung Timur ini memang menyajikan pesona alam persawahan yang begitu hijau dan berpadu dengan sungai di tengahnya. Spot selfie atau fotografie seperti pre wedding yang mengagumkan pastinya. Namun ada aktifitas yang bisa dilakukan di obyek wisata yang satu ini, yakni river tubing atau menyusuri sungai yang belum pernah dilakukan di Persawahan Titi Batu Way Curup.

Rawa Katak

Bisa dikatakan sebagai destinasi wisata musiman yang ada di Kabupaten Lampung Timur. Dikatakan musiman karena Rawa Katak ini hanya ada airnya ketika musim penghujan saja, tetapi ketika memasuki musim kemarau kering dan tidak ada airnya sama sekali. Rawa Katak ini sangat bagus untuk fotografi, dengan background Gunung Balak yang begitu jelas bisa menjadi background yang cukup eksotis. Selain fotografi, wisata memancing menjadi hal yang wajib keitka berada di Rawa Katak, karena ikan tawarnya pun juga cukup banyak. Tempat wisata di Lampung Timur yang hanya musim penghujan saja ini terletak di kawasan Register 38, Lampung Timur.

Sesat Balai Agung

Disebut juga sebagai Nuwou Sesat yang berarti rumah adat provinsi Lampung. Sesat Balai Agung ini sangat berbeda dengan rumah adat Lampung yang disebut Pepadun. Pada umumnya Sesat Balai AGung ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan Pepadun. Serta fungsinya pun juga sangat berbeda. Sesat Balai Agung lebih difungsikan untuk balai pertemuan antara tetua marga untuk membahas berbagai persoalan. Dan salah satu daerah kamu bisa menemui Sesat Balai Agung ini berada di wilayah Kecamatan Sukadana. Masih lumayan banyak Sesat Balai Agung yang bisa kamu temui di desa-desa yang berada di wilayah Sukadana. Seperti halnya di Desa Wisata Wana yang kini telah menjadi tempat wisata di Lampung Timur.

Situs Purbakala Pugung Raharjo

Peninggalan situs purbakala ini tergolong sangat lengkap, berbagai peninggalan dari era pra sejarah atau era zaman megalitik, dan mulai masuknya kebudayaan Hindu-Budha, hingga era Islam masuk ke tanah air. Situs Purbakala Pugung Raharjo ini ditemukan pertama kalinya pada tahun 1954 ditemukan oleh para transmigran yang membuka lahan hutan untuk persawahan dan perkebunan. Di tempat wisata di Lampung Timur ini kamu bisa melihat bebatuan menhir dolmen, kapak batu, gelang perunggu, dan berbagai peninggalan seperti keramik dari berbagai macam dinasti. Yang menariknya lagi Situs Purbakala Pugung Raharjo ini dikelilingi benteng yang berupa gundukan tanah setinggi 3 meter. Untuk bisa mengunjungi cagar budaya yang menarik ini kamu harus datang ke Desa Pugung Raharjo yang berada di wilayah Kecamatan Jabung.

Suaka Rhino Sumatera

Lokasinya masih berada di dalam kawasan Taman Nasional Way Kambas. Dan Suaka Rhino Sumatera ini sebagai tempat penangkaran dan pengembang biakan Badak Sumatera yang memang terancam punah. Tempat wisata di Lampung Timur ini memang banyak mengundang banyak wisatawan terutama wisatawan asing yang cukup banyak berdatangan di Taman Nasional Way Kambas. Dan para wisatawan pun juga bisa melihatnya lebih dekat bahkan memungkinkan untuk foro bersama Badak Sumatera. Selain itu wisatawan juga bisa menikmati panorama alam hutan Taman Nasional Way Kambas yang masih sangat terjaga keasriannya.

Sumur Tujuh

Berbeda dengan Pemandian Sumur Tujuh yang ada di Bandar Lampung yang konon katanya bisa mengabulkan segala permintaan kamu. Lain halnya dnegan Sumur Tujuh yang terletak di Desa Sukaraja, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Marga Tiga. Sumurnya cukup besar dan terhitung ada titik sumber air yang sangat jernih, dan uniknya airnya berwarna hijau kebiruan. Hingga saat ini memang masih belum begitu banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata di Lampung Timur ini. Padahal suasananya sungguh adem dan masih sangat asri karena banyaknya pepohonan yang tumbuh tinggi di sekeliling Sumur Tujuh.

Sungai Way Kanan

Ingin menikmati keindahan Taman Nasional Way Kambas dari sisi yang berbeda? Kamu bisa menyusuri Sungai Way Kanan dengan menggunakan speed boat. Kamu bisa merasakan keasrian dari hutan Taman Nasional Way Kambas dengan berbagai fauna yang ada di dalamnya dan juga bermacam flora juga. Sangat menarik kamu menyusuri Sungai Way Kanan, karena jika diteruskan ke timur maka akan samapi ke Pantai Kuala Kambas. Cukup banyak wisatawa yang menikmati pesona alam Taman Nasional Way Kambas sembari memancing ikan air tawar yang hidup di dalam Sungai Way Kanan.

Taman Kota Sukadana

Ketika kamu menginjakkan kaki di Lampung Timur, salah satu obyek wisata yang wajib kamu kunjungi adalah Taman Kota Sukadana. Sangat menarik memang, apalagi ketika senja seakan menjadi pusat peradaban masyarakat Lampung Timur dan tempat nongkrong yang cukup nyaman. Begitu juga di malam harinya, mulai terlihat keindahan dari Ibukota Lampung Timur ini. Kamu bisa bersantai dan menikmati malam Kota Sukadana sembari menikmati kuliner yang ada di kawasan Taman Kota Sukadana. Tidak hanya sebagai landmark dari Lampung Timur saja, tetapi sekarang juga menjadi tempat wisata di Lampung Timur yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Taman Nasional Way Kambas

Tidak hanya terdengar di telinga masyarakat Lampung saja, tapi juga semua warga Indonesia tahu akan destinasi wisata Taman Nasional Way Kambas. Selain menjadi Taman Nasinal tertua di Indonesia, Taman Nasional Way Kambas ini juga sebagai pusat konservasi Gajah Sumatra, tapi juga rumah bagi Harimau Sumatra, Badak Sumatra, dan beberapa fauna langka lainnya.di tempat wisata di Lampung Timur ini kamu bisa mengelilingi Taman Nasional Way Kambas dengan menaiki Gajah, atau kamu juga bisa melihat berbagai atraksi yang dilakukan oleh Gajah Sumatra. Untuk lokasinya sendiri terletak di Way Jepara, yang berada di dalam wilayah Kecamatan Labuhan Ratu.

Taman Wisata Air Tirta Kencana

Wahan bermain air di Taman Wisata Air Tirta Kencana cukup lengkap, mulai dari water sled yang khusus untuk anak-anak, dan juga disediakan water sled yang dikhususkan bagi orang dewasa. Kolam renang menjadi tempat favorit para wisatawan untuk menikmati segarnya air yang juga dibagi untuk anak-anak dan juga orang dewasa. Dan yang paling menarik minat wisatawan untuk datang ke tempat wisata di Lampung Timur ini adalah waterboom. Selain itu Taman Wisata Air Tirta Kencana juga memiliki fasilitas seperti restoran meeting hall dan juga tempat pertunjukan atau panggung musik. Untuk lokasinya terletak di Desa Sri Menanti yang masih di dalam Kecamatan Bandar Sribhawono

Tempat Wisata di Lampung Utara

Sebelum tahun 1991 Kabupaten Lampung Utara ini sangat luas, dan menjadi Kabupaten terbesar dan terluas di Provinsi Lampung. Karena adanya proses pemekaran akhirnya luas wilayah Lampung Utara menjadi menyusut, yang akhirnya memunculkan Kabupaten baru di Provinsi Lampung. Seperti Kabupaten yang dulunya menjadi wilayah Lampung Utara, misalnya Kabupaten Way Kanan, Pesisir Barat, Tulang Bawang, Lampung Barat. Meskipun terjadi pemekaran beberapa tetap saja menyimpan destinasi wisata yang masih banyak. Dan berikut ini tempat wisata di Lampung Utara yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Air Terjun Beringin

Jika di Kabupaten Tanggamus ada Air Terjun Talang Beringin, jika di Lampung Utara ada Air Terjun Beringin. Nama yang hampir sama tetapi pesona yang sangat berbeda, meski punya daya pikat masing-masing. Air Terjun Beringin ini berada di wilayah Kecamatan Bukit Kemuning yang memang memiliki pesona alam yang masih sangat asri. Mulai dari lebatnya pepohonan di hutan dan juga kondisi alam di kawasan air terjun. Memiliki ketinggian air terjun di atas 10 meter dan debit airnya sangat deras membuat wisatawan terpuaskan bermain air di tempat wisata di Lampung Utara ini. Dan ada banyak wisatawan yang akhirnya memanfaatkan aliran deras air terjun untuk river tubing atau menggunakan ban pelampung lalu menyusuri sungai. Aktifitas yang menguji adrenalin kamu, tapi benar-benar kamu akan disuguhi pesona alam yang begitu sempurna.

Air Terjun Curup Indah Klawas

Mungkin kamu harus mampir ke obyek wisata Air Terjun Curup Indah Klawas setelah dari Bendungan Way Rarem, karena masih di dalam satu desa, yakni Desa Pekurun, Kecamatan Abung Barat, tepatnya di Dusun Gunung Klawas. Suguhan alam yang begitu alami benar-benar disajikan di Dusun Gunung Klawas. Perjalanan menuju tempat wisata di Lampung Utara ini tidak akan membosankan, karena suguhan alam hutan yang masih sangat asri tersaji di hadapan kamu. Seperti Air Terjun Curup Indah Klawas yang memiliki ketinggian di atas 10 dan airnya yang mengalir deras begitu indah untuk dipandang. Kolamnya yang juga luas seakan menanti wisatawan untuk memberikan kenyamanan mulai dari berendam atau berenang. Sepertinya aktifitas nge-camp semalam di kawasan air terjun juga sangat mengasyikkan, sembari mendekatkan diri dengan alam.

Air Terjun Curug Menjukut

Berada di wilayah yang sama dengan Air Terjun Curug Waras yakni di wilayah Kecamatan Bukit Kemuning. Kontur daerahnya yang berbukit membuat sungai yang mengalir membentuk air terjun, dan salah satunya adalah Air Terjun Curug Menjukut. Sangat menarik memang tempat wisata di Lampung Utara yang satu ini. Tidak hanya memiliki debit air yang derasa saja, namun air terjun yang lebar serta kolamnya yang cukup dalam, sangat memungkin buat kalian yang suka terjun ke kolam. Tapi keselamatan tetap harus diutamakan, jadi khusus wisatawan yang memang sangat mampu berenang di tingkat kedalaman di atas 2 meter.

Air Terjun Curug Selampung

Sebenarnya destinasi wisata alam yang satu ini sangat menarik untuk dikunjungi, namun minimnya informasi dan juga adanya cerita mistis banyak wisatawan yang enggan mengunjunginya. Air Terjun Curug Selampung namanya, konon kabarnya warga desa yang dekat dengan air terjun sering mendengarkan suara tentara yang sedang baris-berbaris. Dan kabarnya lagi cukup banyak harta karun yang tersimpan di kawasan tempat wisata di Lampung Timur ini, yakni harta peninggalan tentara Jepang. Terlepas dari cerita mistis tersebut, Air Terjun Curug Selampun ini memiliki dua aliran air terjun yang tingginya di atas 10 meter. Areal air terjun yang masih dipenuhi pepohonan nan hijau menjadi tempat yang terindah untuk menghabiskan hari libur kamu.

Air Terjun Curug Talang

Unik dan juga eksotik itulah gambaran untuk Air Terjun Curug Talang yang ada di salah satu desa di wilayah Kecamatan Blambangan Umpu. Meski tinggi air terjun tidak lebih dari 2 meter, namun aliran airnya cukup deras hingga memenuhi kolam serta sungai yang ada di bawahnya. Menjadi spot yang sangat menarik ketika kamu mengunjungi air terjun ini, kolam yang cukup luas siap memanjakan kamu setelah lelah di perjalanan menuju air terjun. Memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mengunjungi tempat wisata di Lampung Utara ini dari desa terdekat. Namun perjalanan yang cukup mengasyikkan, setidaknya kamu bisa lebih dekat dengan alam, mulai dari perkebunan, hutan, hingga sungai yang akan menemani perjalanan kamu.

Air Terjun Curug Waras

Lokasinya berada di wilayah Kecamatan Bukit Kemuning tepatnya di daerah Tanjung Waras. Air Terjun Curug Waras ini memiliki debit air yang cukup besar, begitu juga dengan kolam di bawahnya yang juga luas dengan kedalaman 1 meteran. Dan siapapun yang datang ke air terjun ini sudah pasti ga akan sabar dan pengin cepet-cepet nyebur. Karena kolam Air Terjun Curug Waras inilah yang menjadi salah satu andalan utamanya. Tetapi kawasan air terjun juga sangat mendukung berjajarnya pepohonan yang menjulang tinggi seakan menjadi payung alami. Untuk mengunjungi tempat wisata di Lampung Utara ini memang kamu harus berjalan kaki dari desa terdekat yang hanya membutuhkan beberapa menit saja.

Air Terjun Sukaemi

Sedikit membutuhkan petualangan ketika mengunjungi Air Terjun Sukaemi yang lokasinya terletak di Desa Tanjung Beringin, tepatnya di Dusun Sinarogan yang masih di dalam wilayah Kecamatan Tanjung Raja. Akses daratnya tergolong cukup parah karena banyak bagian jalan yang berlobang, dan setelah samapi di Dusun Sinarogan kamu harus berjalan kaki menuju Air Terjun Sukaemi yang setidanya membutuhkan waktu 30 menit. Ketika berjalan kaki menuju tempat wisata di Lampung Utara ini kamu akan disuguhi perkebunan kopi milik warga. Dan tibalah kamu di Air Terjun Sukaemi yang memiliki debit air yang sangat deras dan juga cukup tinggi. Yang cukup menarik adalah adanya kolam di bawah air terjun yang selalu siap memanjakan kamu setelah lelah di perjalanan.

Bendungan Tirta Shinta

Jika dibandingkan luas bendungan memang jauh lebih kecil dibanding Bendungan Way Rarem, tapi untuk pesonanya juga tidak kalah indahanya. Bendungan Tirta Shinta ini cukup unik, karena asal muasal bendungan ini dulunya hanyalah kubangan kerbau yang akhirnya meluas dan menjadi bendungan seperti saat ini dan menjadi tempat wisata di Lampung Utara yang cukup ramai dikunjungi wisatawan. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya fasilitas atau wahana bermain air, seperti adanya bola air, banana boat, perahu karet, dan lain-lain yang dengan mudah disewa para wisatawan. Selain itu Bendungan Tirta Shinta ini juga memiliki flying fox bagi wisatawan yang ingin menguji adrenalinnya. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Wonomarto, yang masih di wilayah Kecamatan Kotabumi Utara.

Bendungan Way Rarem

Tidak hanya menjadi ikon wisata Kabupaten Lampung Utara saja, tapi juga menjadi peran penting berhasilnya sektor pertanian di beberapa wilayah Kecamatan di Kabupaten Lampung Timur. Bendungan Way Rare mini dibangun pada tahun 1980 dan ketika itu diremikan oleh Presiden Suharto pada tahun 1984. Meskipun era keemasannya pada tahun 1990-an tapi hingga kini masih banyak wisatawan yang menghabiskan hari liburnya di tempat wisata di Lampung Utara ini. Berbagai fasilitas seperti adanya rumah makan serta area bermain untuk anak-anak juga tersedia di Bendungan Way Rarem. Bendungan yang memiliki luas 49 hektar ini tidak begitu jauh dari pusat Kota Kotabumi yang hanya berjarak 36 km. tepatnya berada di Desa Pekurun, dan di dalam wilayah Kecamatan Abung Barat.

Bendungan Way Tebabeng

Sebenarnya pesona dari Bendungan Way Tebabeng ini sama-sama indahanya dengan Bendungan Tirta Shinta atau Bendungan Way Rarem sekalipun. Namun karena banyak warga setempat yang menggunakan bendungan untuk budidaya ikan dengan membangun rumah apung, jadinya semakin sepi pengunjung. Dan bendungan ini memang sangat penuh dengan rumah apung sebagai tempat budidaya ikan air tawar. Tetapi bendungan ini menjadi tempat wisata di Lampung Utara khususnya bagi para pemancing mania. Meskipun banyak keramba atau rumah apung tetap saja ikan-ikan besar air tawar masih banyak hidup di Bendungan Way Tebabeng. Lokasi bendungan terletak di Desa Jagang, yang masih berada di dalam wilayah Kecamatan Blambangan Pagar.

Bendungan Way Tulung Mas

Lampung Utara memang memiliki banyak bendungan atau danau yang memiliki keunikan dan pesonanya masing-masing. Dan salah satunya adalah Bendungan Way Tulung Mas yang juga cukup menarik untuk dikunjungi. Salah satu yang unik di bendungan atau danau ini adalah adanya daratan yang menjorok ke tengah bendungan. Dan inilah spot terbaik untuk selfie hingga memancing ikan air tawar yang hidup di Bendungan Way Tulung Mas. Tempat wisata di Lampung Utara ini memang tidak begitu banyak wisatawan yang datang, hanya para pemancing mania saja. jadi buat kalian yang ingin mencari ketenangan dan kedamaian, mungkin Bendungan Way Tulung Mas sebagai destinasi yang cocok buat kalian.

Jembatan Gantung Sidomulyo

Memang jika kamu belum pernah melewati Jembatan Gantung Sidomulyo ini memang cukup mengerikan, terlihat seperti tidak begitu kuat dan kayu-kayunya pun sudah sedikit lapuk. Padahal jembatan tersebut masih kuat, dan banyak para fotografer yang sering mengambil beberapa jepretan di Jembatan Gantung Sidomulyo. Aliran sungai di bawahnya serta alam pedesaan Desa Sidomulyo bisa menjadi tempat wisata di Lampung Utara yang menarik untuk dikunjungi. Dan salah satu tempat yang cukup menarik adalah dungai di Desa Sidomulyo, alirannya yang cukup deras sangat memungkinkan untuk arung jeram atau hanya sekedar river tubing. Namun sepertinya masih belum ada yang memanfaat sungai serta panorama pedesaan menjadi sebuah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Lokasi tepatnya berada di Desa Sidomulyo yang masih berada di dalam wilayah Kecamatan Bukit Kemuning.

River Tubing Bukit Kemuning

Meski untuk menuju pusat river tubing yakni di Air Terjun Beringin membutuhkan kerja keras, seperti membelah hutan dan tak jarang kamu harus sedikit mendaki, tapi itu semuanya akan terbayarkan ketika kamu sudah samapi di Air Terjun Beringin. Aliran airnya yang sangat deras inilah akhirnya digunakan para traveler yang suka akan aktifitas river tubing atau menggunakan ban pelampung untuk menyusuri sungai. Memang sedikit membutuhkan nyali untuk melakukan river tubing di Bukit Kemuning, maka peralatan yang memadai seperti pelampung dan pelindung badan sangat diperlukan. Pesona alam di sepanjang sungai memang sangat menarik untuk dinikmati, seperti pepohonan besar yang menjulang tinggi yang dibawahnya dihiasi bebatuan koral yang cukup besar menjadi tantangan tersendiri bagi para pecinta river tubing. Tempat wisata di Lampung Utara ini memang masing tergolong belum begitu ramai dikunjungi wisatawan karena minimnya informasi dan juga promosi.

Situs Canguk Gaccak

Lokasinya terletak di Desa Sekipi yang masih di dalam wilayah Kecamatan Abung Tinggi. Di wilayah Desa Sekipi kamu akan menemukan banyak peninggalan pra sejarah seperti batu dolmen, menhir, hingga keramin China dari Dinasti Song pada abad 13. Dan masih di wilayah yang sama juga terdapat Makam Minak Trio Diso yang cukup sering dikunjungi peziarah. Jadi ketika kamu berada di tempat wisata di Lampung Utara ini tidak hanya melihat benda peninggalan saja tetapi juga berwisata ziarah. Berbagai peninggalan yang ada di Desa Sekipi tersebut menjadi sebuah bukti bahwa dulu ada sebuah peradaban pra sejarah yang ada di wilayah Kecamatan Abung Tingging, Lampung Utara.

Tugu Payan Mas

Dalam bahasa Lampung, Payan Ma situ memiliki arti Tombak Mas dan Tugu Payan Mas ini sebagai ikon dari Kabupaten Lampung Utara yang berada di pusat Kota Kotabumi. Menjadi hal yang wajib bagi wisatawan yang datang dari luar Lampung Utara untuk selfie di Tugu Payan Mas. Menjadi sebuah bukti bahwa kalian udah pernah mengunjungi Kotabumi. Dan memang paling menyenangkan ketika malam hari, cahaya lampu yang ada di tugu memiliki kesan yang sangat artistik dan memang sangat keren buat dijadiin background selfie. Tugu Payan Mas tak beda dengan Tugu Jogja yang sekarang telah menjadi tempat wisata di Lampung Utara.

Tempat Wisata di Mesuji

Kabupaten Mesuji memang sangat terkenal dengan sektor pertaniannya yang sangat berhasil jika dibandingkan dengan sektor wisata. Namun hal tersebut karena minimnya informasi akan potensi wisata yang ada di Kabupaten yang beribukota di Wiralaga Mulya ini. Ada beberapa destinasi wisata yang sangat ikonik yang turut menyumbang tempat wisata di Lampung yang menarik untuk dikunjungi yang ada di Kabupaten Mesuji. Dan berikut ini daftar obyek wisata keren yang ada di Kabupaten Mesuji yang cukup menarik untuk kamu kunjungi ketika kamu berada di Mesuji.

Rawa Jitu

Tak beda jauh dengan Sungai Buaya yang menawarkan petualangan alam yang berupa rawa yang dihiasi pepohonan nan hijau di sekelilingnya. Berada di wilayah Kecamatan Rajitu Utara, Rawa Jitu kini sering dikunjungi para wisatawan. Terutama para traveler yang doyan banget dengan memancing. Dan memang Rawa Jitu ini cukup terkenal dengan ikan-ikan air tawar yang ukurannya tergolong cukup besar. Rawa Jitu ini menambahkan daftar tempat wisata di Lampung yang cukup menarik untuk dikunjungi. Meskipun pengelolan dan berbagai macam fasilitasnya juga sangat minim, namun wisatawan tetap saja bisa menikmatinya dengan menyusuri rawa atau berkeliling rawa menggunakan perahu motor milik warga.

Sungai Buaya

Mungkin medengarkan namanya saja, banyak traveler yang ogah atau takut untuk mengunjungi Sungai Buaya. Memang dari namanya terkesan seperti sebuah sungai yang dihuni banyak buaya, mungkin dulu kala iya, tapi semakin banyaknya perkebunan yang ada di kanan kiri sungai buaya menjadi kehilangan habitatnya. Sungai Buaya ini menjadi salah satu surga bagi para petualang dan juga para pemancing mania. Kamu bisa menyusuri Sungai Buaya sembari menikmati hijaunya perkebunan sawit di sebelah kanan kiri sungai. Selain itu sungai ini juga menyimpan begitu banyak ikan-ikan besar air tawar yang sangat lapar akan umpan dari para pemancing. Kini Sungai Buaya ini telah menjadi tempat wisata di Lampung, tepatnya di Desa Sungai Buaya, dan di dalam wilayah Kecamatan Rawajitu Utara.

Sungai Mesuji

Jauh lebih lebar jika dibandingkan dengan Sungai Buaya yang berada di wilayah Rawajitu Utara. Sungai Mesuji ini sangat lebar, dan banyak penduduk yang tinggal di pinggiran sungai. Dan memang hampir mayoritas mata pencahariannya adalah mencari dan menjual ikan dari Sungai Mesuji. Tempat wisata di Lampung ini memang memiliki potensi yang luar biasa, selain hasil ikannya juga potensi wisata yang cukup besar. Sangat terlihat keindahannya ketika hari sudah mulai senja, sunset yang begitu cantik bisa menjadi background selfie yang sungguh keren. Kamu bisa datang ke Kampung Sri Tanjung yang berada di wilayah Kecamatan Tanjung Raya. Berbagai aktifitas pun juga bisa kamu lakukan, mulai dari menyusuri sungai, fotogradie, hingga memancing ikan air tawar yang menghuni Sungai Mesuji. Dan di Sungai Mesuji ini juga sering diadakan perlombaan seperti Perahu Bidar, yakni balap perahu tradisional Kabupaten Mesuji.

Taman Alun-Alun Kota Mesuji

Konsep awal dari pembangunan Taman Alun-Alun Kota Mesuji yang terletak di Desa Kecamatan Simpang Pematang ini sebagai ruang terbuka hijau. Justru pada akhirnya menjadi tempat wisata di Lampung, tepatny di Kabupaten Mesuji yang menjadi tempat bersantai favorit masyarakat Mesuji. Taman alun-alun yang dilengkapi berbagai fasilitas seperti area bermain anak, dan juga jogging track kini menjadi ikon Kabupaten Mesuji. Dan cukup banyak warga yang menghabiskan waktu di Taman Alun-Alun Kota Mesuji, mulai dari sore hingga malam hari. Sangat menarik memang ketika malam hari, kamu bisa menikmati suasana malam di Kabupaten Mesuji.

Taman Kehati

Seakan semua destinasi wisata di Kabupaten Mesuji dijadikan menjadi satu di dalam Taman Kehati. Hampir segala fasilitas dan juga pilihan wisata terjadi di Taman Kehati yang memiliki luas lahan sekitar 10 hektar. Benar-benar destinasi wisata bagi semua kalangan, mulai dari anak kecil, keluar, hingga anak-anak muda. Tak heran jika tempat wisata di Lampung yang satu ini menjadi obyek wisata yang diandalkan oleh Kabupten Mesuji. Di dalam Taman Kehati ini ada, kolam renang anak, kolam renang dewasa, waterboom, kolam pemancingan, bahkan ada juga area skateboard atau sepatu roda. Selain berbagai macam wahana permaianan di dalam Taman Kehati, kasan ini juga dilengkapi dengan terbuka hijau, jadi cukup banyak pepohonan yang bisa kamu jadikan tempat bersantai. Taman Kehati atau Taman Keanekaragaman Hayati ini lokasinya terletak di Desa Mekar Jaya, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Tanjung Raya.

Tugu Petani

Sangat tepat jika Kabupaten Mesuji yang terkenal dengan hasil pertaniannya memiliki Tugu Petani yang ada di jalut lintas timur Mesuji. Ikonik dan juga sebagai representasi dari hasil bumi Kabupaten Mesuji, yakni pertanian khusunya padi. Tugu Pertani kini menjadi tempat wisata di Lampung yang ada di pinggir jalur lintas daerah Kecamatan Way Serdang. Setidaknya menjadi tempat istirahat bagi pengendara dari luar Kabupaten Mesuji. Dan juga bagi anak-anak muda sebagai spot selfie yang cukup kekinian di Kabupaten Mesuji. Tugu Petani memiliki arsitektur yang cukup keren dengan dua patung yang menggambarkan profesi dari seorang petani. Cukup menarik memang buat kalian yang baru menginjakkan kaki di Kabupaten Mesuji.

Tugu Tari

Berada di pusat kota membuat Tugu Tari menjadi tempat nongkrong yang cukup menarik untuk menghabiskan senja, bahkan ketika malam hari. Tugu Tari yang di desain sangat identik dengan adat dan istiadat Lampung ini sering menjadi tempat selfie anak-anak muda yang cukup haus dengan piknik. Tugu Tari ini menjadi tempat wisata di Lampung alternatif, yang tempatnya tidak jauh dari Kamtor Pemerintah Daerah Kabupaten Mesuji.

Tempat Wisata di Pesawaran

Kabupaten yang berada di ujung selatan Provinsi Lampung ini dahulunya menjadi bagian wilayah dari Kabupaten Lampung Selatan. Pesawara yang berbatasan dengan Teluk Lampung ini akhirnya menjadi Kabupaten sendiri pada tahun 2007. Masih tergolong Kabupaten baru memang namun potensi akan wisatanya benar-benar mampu menggaet para wisatawan utnuk datang ke Pesawaran. Ada beberapa destinasi wisata di Pesawaran yang ikut masuk di daftar tempat wisata di Lampung yang wajib untuk dikunjungi, dan berikut ini tempat menarik di Pesawaran.

Air Terjun Anglo

Obyek wisata air terjun yang satu ini dikelola oleh masyarakat setempat dengan sangat baik, yang sebelumnya akses jalannya saja sangat buruk dan pada tahun 2016 sudah mulai diperbaiki hingga menuju lokasi air terjun. Air Terjun Anglo kini menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi masyarakat Kabupaten Pesawaran, terutama Way Ratai. Dan memang sangat menarik, di bawah air terjun setinggi 25 meteran ini dibangun bendungan untuk menampung air. Jadi wisatawan bisa berendam sepuasnya di kolam buatan tepat di bawah air terjun. Kondisi alamnya yang masih terjaga, seperti pepohonan yang cukup besar di sekelilingnya, dan lingkungannya yang bersih menjadi sebuah destinasi baru di Pesawaran yang menarik untuk di kunjungi. Tempat wisata di Lampung ini berlokasi di Desa Gunung Rejo, tepatnya di Dusun Kaliawi, dan masih di dalam wilayah Kecamatan Way Ratai.

Air Terjun Banyu Mandiri

Mungkin dari sekian banyak destinasi wisata alam, khususnya air terjun yang pernah diliput tv swasta salah satunya adalah Air Terjun Banyu Mandiri. Mungkin alasannya adlaah alamnya masih sangat terjaga keasriannya, dan juga di dalam satu kawasan ada dua air terjun sekaligus yang sama-sama tingginya. Yang paling bawah adalah Air Terjun Mandiri 1 dan yang bagian atasnya adalah Air Terjun Mandiri 2. Namun untuk mengunjungi air terjun yang paling atas, kamu harus mendaki dan juga menyibak lebatnya pepohonan. Sangat menatik memang, dua air terjun yang juga sama-sama memiliki kolam yang cukup luas dan airnya yang sangat jernih cocok banget buat berendam. Tempat wisata di Lampung ini memang menawarkan pesona alamnya yang penuh petualangan. Jadi buat kamu yang suka berpetualang bisa datang saja di Air Terjun Mandiri yang berlokasi di Desa Pesawaran yang masih di dalam Kecamatan Way Ratai, tepatnya di Dusun Sidodadi.

Air Terjun Batu Ampar

Tidak hanya menghadirkan satu air terjun saja, tapi ada beberapa air terjun serta sungainya yang begitu indah untuk dinikmati. Kamu bisa menikmati bagaiamana segarnya mandi di kolam renang alami tepat di bawah Air Terjun Batu Ampar. Meskipun tidak tinggia yang hanya beberapa meter saja, tapi debit airnya cukup besar, dan kamu akan serasa dipijat refleksi ketika kamu berada tepat di bawah air terjun. Perjalanan cukup menyenangkan dari desa terdekat hingga menuju ke tempat wisata di Lampung ini. Suguhan panorama alam dan juga pedesaan seakan menjadi satu kesatuan yang begitu indah. untuk lokasi tepatnya berada di Desa Gunungrejo yang masih di dalam wilayah Kecamatan Way Ratai.

Air Terjun Cijantung

Suka berpetualang ke alam bebas seperti memasuki hutan belantara, mungkin destinasi wisata Air Terjun Cijantung ini tepat buat kamu. Membutuhkan waktu 2 jam dari pemukiman penduduk hingga sampai ke lokasi air terjun. Dan kamu harus berjalan kaki menyibak hutan belantara yang masih berada di kawasan hutan Gunung Betung. Suguhan yang sangat menarik dengan tampilan alamnya yang masih sangat asri, banyaknya pepohonan yang menjulang tinggi dan juga udaranya yang sejuk dan tidak berpolusi. Ada dua air terjun yang berdekatan, yakni Air Terjun Cijantung dan Air Terjun Cikawat yang sama-sama memiliki air yang sangat jernih dan juga kolam di bawahnya. Tempat wisata di Lampung ini memang masih belum banyak yang menjamahnya, jadi alamnya benar-benar masih sangat alami. Lokasi tepatnya terletak di Desa Hurun, yang masih di dalam Kecamatan Padang Cermin.

Air Terjun Ciupang

Inilah salah satu air terjun di Pesawaran yang instagramable banget, Air Terjun Ciupang Namanya. Air terjun ini memang sangat eskotis dinding tebingnya yang bertingkat-tingkat dan sangat lebar membuat air yang turun membentuk sebuah kabut putih yang sangat indah. Dengan debit airnya yang cukup besar dan juga tingginya air terjun kisaran 30 hingga 40 meter inilah yang memikat begitu banyak traveler berdatangan untuk melihatnya lebih dekat. Apalagi lokasinya yang tidak begitu jauh dari pemukiman warga yang hanya membutuhkan waktu 15 menit paling lama menuju air terjun. Tempat wisata di Lampung ini lokasi tepatnya berada di Dusun Purwajaya, Desa Sumberjaya, yang masih di wilayah Kecamatan Padang Cermin.

Air Terjun Gunung Betung

Gunung Betung memang menghadirkan petualangan alam yang sangat menarik, tidak hanya perjalanan menuju ke puncak gunung setinggi 1200, tetapi mengunjungi salah satu destinasi wisata di kaki Gunung Betung. Air Terjun Gunung Betung namanya dan ada juga air terjun kecil di bawah air terjun utama yang juga cukup menarik untuk dikunjungi.air Terjun Gunung Betung ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter, dengan debit airnya cukup lumayan, yang memenuhi kolam-kolam kecil di bawahnya. Cukup banyak bebatuan besar yang ada di bawah air terjun, yang biasanya digunakan oleh wisatawan sebagai spot selfie dengan background air terjunnya. Pepohonan yang menjulang tinggi di sekeliling kawasan air terjun semakin menambah suasana yang sangat sejuk di tempat wisata di Lampung ini, tepatnya di Desa Wiyono yang masih di dalam wilayah Kecamatan Gedong Tataan.

Air Terjun Hurun

Kabupaten Pesawaran selain memiliki pulau-pulau terindah, juga memiliki wisata alam air terjun yang juga keren.  Dan salah satunya adalah Air Terjun Hurun yang berada di Desa Hurun yang masih di dalam wilayah Kecamatan Teluk Pandan. Untuk mengunjungi Air Terjun Hurun juga tidak terlalu jauh dari pemukiman terdekat, hanya butuh beberapa menit saja sudah sampai di lokasi air terjun. Yang sangat menarik adalah di kawasan wisata ini terdapat dua air terjun yang berdekatan yang dinamakan Air Terjun Hurun Kiri dan Air Terjun Hurun Kanan. Seperti photo di atas adalah Air Terjun Hurun Kanan yang memiliki beberapa tingkat ke atasnya. Meski tidak terlalu tinggi tapi terlihat begitu eksotis dengan tumpukan bebatuan alam yang begitu indah. Tempat wisata di Lampung yang berada di Kabupaten Pesawaran ini juga sering digunakan kemah bagi para pecinta alam.

Air Terjun Intan

Langkah awalnya kalau ingin mengunjungi Air Terjun Intan, kamu harus mempersiapkan stamina yang fit. Dan juga dianjurkan untuk berangkat pagi haris, karena lokasi air terjun ini cukup jauh, sekitar 2 jam kamu harus berjalan kaki melewati perkebunan dan juga hutan dan anakan sungai. Dan tak jarang juga kamu harus sedikit mendaki atau menyibak rapatnya pepohonan. Meski air terjun ini airnya tidak begitu deras, namun tebingnya sangat tinggi, mungkin kisaran 20 hingga 30 meter. Dan bagi pecinta panjat tebing, Air Terjun Intan ini bisa menjadi spot yang cukup menantang untuk dipanjat tebingnya. Memiliki kolam yang tidak begitu luas, tapi air yang sangat jernih di dalamnya tetap saja mengundang wisatawan untuk berendam, setelah lelah di perjalanan. Tempat wisata di Lampung ini tepatnya berlokasi di Desa Sidodadi, yang masih di dalam Kecamatan Punduh Pidada.

Air Terjun Kembar

Inilah salah satu air terjun yang ada di Pesawaran yang memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan air terjun lainnya. Air Terjun Kembar atau Air Terjun Rindu Alam namanya yang dalam satu kawasan memiliki dua air terjun sekaligus, dengan debit airnya juga cukup deras. Bahkan kamu tetap bisa merasakan nikmatnya guyuran dari shower alami untuk menghilangkan rasa lelah kamu, setelah berjalan 30 menitan dari desa terdekat. Air Terjun Kembar ini memiliki tebing yang sangat terjal yang banyak ditumbuhi tanaman hijau. Tebing air terjun sebenarnya juga bisa di panjat, tapi untuk memulai awalan buat trek panjat tebing hanya bisa dilakukan seorang pemanjat professional saja. Tempat wisata di Lampun ini tepatnya terletak di Desa Cermin Asri, tepatnya di Dusun Banyumas yang masih di dalam wilayah Kecamatan Way Ratai.

Air Terjun Lubuk Lau

Jangan lupa kamu siapkan ban pelampung atau perahu karet jika kamu ingin mengunjungi Air Terjun Lubuk Lau. Karena dengan membawa pelampung atau perahu karet kamu bisa bersantai dan menikmati panorama alam yang masih terjaga keasriannya di kolam Air Terjun Lubuk Lau yang cukup luas. Tingginya Air Terjun Lubuk Lau tidak lebih dari 2 meter, sangat pendek memang untuk ukuran air terjun, tapi jangan ditanya kalau luas kolamnya, kamu bisa bersantai di atas pelampung atau berendam, bahkan berenang kesana kemari. Untuk menuju tempat wisata di Lampung ini, kamu hanya membutuhkan beberapa menit saja berjalan kaki dari Desa Batu Menyan, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Teluk Pandan.

Air Terjun Penantian

Mungkin masih belum banyak traveler yang tahu akan destinasi wisata Air Terjun Penantian ini, karena tergolong masih sepi akan pengunjung. Padahal jika dilihat dari pesona air terjunnya, benar-benar istimewa, tebingnya yang menjulang tinggi 30 meteran ke atas menumpahkan air yang cukup besar. Proses alam seperti itulah yang membuat kolam penuh bebatuan besar seakan tertutup oleh kabut. Udara yang sejuk pepohonan nan hijau yang senantiasa mengelilingi kawasan air terjun semakin membuat wisatawan betah berada di Air Terjun Penantian. Tempat wisata di Lampung ini memnag membutuhkan kondisi fisik yang cukup fit ketika ingin mengunjunginya. Karena kamu harus trekking yang tidak sebentar dengan memasuki kawasan Tahura Wan Abdul Rachman yang masih terjaga keasriannya. Secara administratif, Air Terjun Penantian ini terletak di Desa Way Papak, Kecamatan Padang Cermin, tepatnya berada di Dusun Kumbang Badak.

Air Terjun Sinar Tiga

Nama air terjun berikut ini diambil dari nama dusun, yakni Dusun Sinar Tiga yang berada di wilayah Desa Harapan Jaya dan di dalam Kecamatan Padang Cermin. Menuju Air Terjun Sinar Tiga ini kamu harus berjalan kaki setidaknya hampor 30 menitan, tapi suguhan panorama alam yang begitu indah akan selalu mengirinngi langkah kakimu menuju lokasi air terjun. Setibanya di air terjun yang setinggi 20 meteran dengan tebing yang tertutup tumbuhan nan hijau menjulang tinggi semakin menambah kesan keasrian Air Terjun Sinar Tiga. Debit airnya yang cukup besar memenuhi hampir setiap kolam-kolam kecil berbatu di bawahnya. Tempat wisata di Lampung, tepatnya di Kabupaten Pesawaran ini memang sangat cocok buat kalian yang memiliki hobi camping. Selain dekat dengan pemukiman penduduk, di kawasan Air Terjun Sinar Tiga ini memang cocok buat kalian yang merindukan suasana damai dan tenang.

Air Terjun Tahura Wan Abdul Rachman

Di dalam Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman memang terdapat begitu banyak air terjun yang tersebar di beberapa desa dan juga di beberapa Kecamatan. Dan salah satunya yang bisa kamu jangkau dan cukup dekat dengan pintu gerbang Tahura adalah Air Terjun Tahura Wan Abdul Rachman. Meskipun tidak begitu tinggi yang hanya beberapa meter saja tingginya, namun cukup eksotis karena ornamen bebatuan alam yang sangat menarik di sekelilingnya. Berada di kawasan hutan lindung semakin membuat air terjun semakin adem dan sangat nyaman untuk bersantai menikmati alam hutan lindung yang cukup banyak dihuni berbagai fauna, seperti harimau Sumatera, siamang, rangkong dan binatang langka lainnya. Tempat wisata di Lampung ini memang sangat menarik terutama untuk obyek fotografi.

Air Terjun Talang Asahan

Ingin merasakan shower alami?? Datang saja di Air Terjun Talang Asahan yang berada di Desa Gebang, dan di dalam wilayah Kecamatan Teluk Pandan. Memang membutuhkan sedikit petualangan untuk mengunjungi Air Terjun Talang Asahan. Kamu harus trekking melewati perkebunan dan juga pepohonan yang lebat serta sungai-sungai kecil. Tapi jangan khawatir pesona alamnya yang begitu alami akan selalu menjadi sajian yang tidak membosankan dan menghilangkan rasa lelah kamu. Air Terjun Talang Asahan memang tidak begitu tinggi hanya beberapa meter saja, tapi kejernihan airnya itulah yang membuat traveler ga sabaran ingin menikmati shower alami. Tempat wisata di Lampung ini memang sangat cocok buat kalian yang demen banget sama dunia fotografi. Keasrian alamnya akan menghasilkan karya fotografi yang tiada duanya.

Air Terjun Talang Mulya

Memang gaungnya masih kalah dibanding dengan air terjun lainnya di Kabupaten Pesawaran. Sebenarnya masih sangat minim informasi tentang Air Terjun Talang Mulya yang berada di Desa Talang Mulya, Kecamatan Teluk Pandan ini. Padahal jika kamu datang langsung di lokasi air terjun, dijamin kamu ga bakalan pengin cepat-cepat nyebur di kolamnya yang cukup luas buat berenang. Dengan airnya yang sangat jernih kamu bakalan enggan untuk pulang. Untuk mendatangi obyek wisata yang satu ini juga tidak susah dan tidak begitu jauh dari pemukiman Desa Talang Mulya dan hanya membutuhkan waktu beberpa menit saja untuk berjalan kaki melewati perkebunan dan juga kawasan hutan. Tempat wisata di Lampung ini memang masih membutuhkan promosi agar lebih banyak menyedot perhatian para traveler untuk datang dan bisa juga untuk meningkatkan perekonomian warga setempat.

Air Terjun Talang Rabun

Sekilas Air Terjun Talang Rabun ini hampir mirip dengan Air Terjun Way Lalaan yang ada di Kabupaten Tanggamus. Debit airnya yang sama besarnya begitu juga dengan kolamnya yang cukup luas dengan kedalaman yang sedang. Memang cukup memakan waktu yang lama untuk menuju Air Terjun Talang Rabun dari desa terdekat, yakni Desa Talang Rabun. Namun kamu akan disuguhi panorama alam seperti perkebunan kopu dan juga hutan ling. Air Terjun Talang Rabun ini masih masuk di dalam Kawasan Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman. Jadi alamnya memang masih sangat terjaga, seperti pepohonan besar yang menjulang tinggi juga akan menjadi suguhan selama perjalanan menuju tempat wisata di Lampung ini. Air Terjun Talang Rabun memang sangat eksotis, mungkin kamu tidak akan puasa hanya beberapa jam saja menikmatinya. Dan mungkin kamu harus nge-camp di kawasan air terjun agar semakin puas liburan kamu di Air Terjun Talang Rabun.

Air Terjun Tanah Longsor

Tidak kalah indahnya dengan Air Terjun Ciupang yang katanya instagramable banget dan juga masih di wilayah Kecamatan yang sama, yakni Kecamatan Padang Cermin. Air Terjun Tanah Longsor juga memiliki eksotismenya sendiri. Jika debit airnya tidak terlalu besar, air terjunnya membelah menjadi 3 bagian yang juga menumpahkan air cukup deras ke bawah. Dengan ketinggian di tas 30 meter membuat area dekat air terjun semakin terlihat berembun. Tumpukan bebatuan yang ada di bawahnya inilah yang menjadi spot selfie para traveler, dengan background air terjun terlihat begitu eksotis. tempat wisata di Lampung ini lokasinya berada di Desa Sonokeling, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Padang Cermin.

Air Terjun Tetes Embun

Memang tidak semegah atau sebesar air terjun lainnya yang ada di Pesawaran, namu Air Terjun Tetes Embun ini menyajikan alamnya yang hening dan tenang. Hanya gemericik air yang  turun dari tebing bebatuan yang tidak begitu tinggi. Suara gemericiknya airnya seakan mampu membuat siapapun yang ada di dekatnya merasakan kedamaian. Pepohonan yang mengelilingi areal air terjun seakan menjadi payung alami yang semakin membuat suasana semakin adem. Tempat wisata di Lampung ini memang sangat cocok buat nge-camp terutama kalian yang suka banget dengan suasana keheningan di dalam hutan. Untuk lokasinya terletak di Desa Mulyo Sari yang ada di dalam Kecamatan Way Ratai.

Air Terjun Tundo Telu

Selain Air Terjun Banyu Mandiri yang pernah diliput TV swasta, Air Terjun Tundo Telu pun juga pernah diliput. Tak heran juga ketika acara tersebut banyak sekali masyarakat setempat yang berada di lokasi demi menyaksikan liputan yang membahas tentang potensi wisata di Desa Poncorejo. Air terjun yang mengalir di sela-sela bebatuan besar ini memang memiliki eksotismenya sendiri. Dengan kolamnya yang menampung airnya yang sangat jernih menjadi spot favorit wisatawan yang ingin merasakan segarnya Air Terjun Tundo Telu. Di kawasan tempat wisata di Lampung ini benar-benar sangat sejuk, pepohonan yang ada di sekelilingnya seakan menjadi payung alami yang membuat seluruh kawasan menjadi adem. Lokasi Air Terjun Tundo Telu tepatnya berada di Desa Poncorejo, yang masih berada di wilayah Kecamatan Padang Cermin.

Air Terjun Umbul Biluk

Mungkin karena lokasinya yang sedikit bersembunyi dan minimnya informasi tentang Air Terjun Umbul Biluk, jadinya tidak begitu banyak wisatawan yang berkunjung disana. Alamnya masih benar-benar terjaga, begitu juga dengan kondisi air terjun yang masih sangat alami dan nyaris tanpa adanya sampah bekas tinggalan wisatawan. Air terjun yang memiliki tinggi sekitar 10 meter ini memiliki debit air yang cukup besar, serta kolam di bawahnya yang cukup lusa. Memiliki kedalaman yang sedang yang berisikan air yang segar serta jernih siapapun yang melihatnya tidak akan sabar untuk nyebur. Tempat wisata di Lampung ini tidak begitu jauh dari pemukiman penduduk dan aksesnya juga mudah meskipun hanya jalan setapak saja. Lokasinya sendiri masih berada di dalam wilayah Desa Kecamatan Padang Cermin.

Air Terjun Umbul Keluih

Jika berbicara potensi wisata yang ada di Kecamatan Padang Cermin, Pesawaran memang tidak habisnya. Cukup banyak sekali destinasi wisata yang berada di wilayah Kecamatan Padang Cermin, dan salah satunya adalah Air Terjun Umbul Keluih. Tempat wisata di Lampung ini memberikan pengalaman wisata yang sangat menarik buat kalian yang hobi banget mengunjungi air terjun. Memiliki debit air yang cukup besar serta kolamnya yang juga luas, menjadi sajian utama di Air Terjun Umbul Keluih. Rapatnya pepohonan yang tumbuh di kawasan air terjun semakin memberikan kesan yang begitu asri dan masih terjaganya alam di areal Air Terjun Umbul Keluih.

Air Terjun Way Kumbang

Kecamatan Padang Cermin memang menjadi salah satu Kecamatan di Kabupaten Pesawaran yang memiliki destinasi wisata yang sangat beraga,. Mulai dari wisata bahari yang menyajikan pantai-pantainya yang indah dan juga wisata alam seperti air terjun. Dan salah satunya adalah Air Terjun Way Kumbang yang berada di Desa Tambangan. Meskipun airnya tidak begitu deras tapi Air Terjun Way Kumbang ini memiliki ketinggian hampir 20 meter. Yang bakalan membuat wisatawan kagum adalah airnya yang begitu jernih dan berwarna kehijauan semakin membuat sipapun tidak sabar pengin cepat-cepat nyebur. Untuk menuju tempat wisata di Lampung ini juga tidak begitu sulit, kamu hanya butuh berjalan kaki beberapa menit saja dari pemukiman penduduk terdekat yang berada di Desa Tambangan.

Bukit Babakan Loa

Destinasi wisata yang juga lagi ngetrend di medsos adalah Bukit Babakan Loa atau sering disingkat oleh generasi millennial dengan Bukit BBLA. Udara yang segar dan bebas dari polusi seakan selalu menyelimuti perjalanan kamu menuju Bukit BBLA. Dengan sajian kanan-kiri pepohonan nan hijau menjadi pemandangan yang tak pernah putus hingga puncak bukit. Di Bukit Babakan Loa kamu bisa melihat keindahan dari Gunung Pesawaran  yang begitu menari ketika menjadi background selfie. Tempat wisata di Lampung ini tergolong sangat mudah aksesnya, bahkan kamu juga bisa mengunjunginya menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Namun agak sedikit disayangkan kelestarian alamnya bisa saja hilang karena adanya penambangan emas di sekitar Bukit Babakan Loa. Untuk lokasi tepatnya berada di Desa Babkan Loa yang masih di dalam wilayah Kecamatan Kedondong.

Bukit Cendana

Inilah spot yang hampir sama panoramanya dengan Muncak Teropong Laut, yang menghadirkan panorama perbukitan nan hijau dan pulau-pulau kecil di lautan Pesawaran. Udara yang sangat sejuk dan bebas dari polusi serasa menyelimuti ketika kamu berada di puncak Bukit Cendana. Salah satu spot yang bisa kamu nikmatin adalah di dekat rawa atau kolam yang ada di puncaknya. Inilah salah satu spot selfie yang memiliki background lautan dan perbukitan di Kabupaten Pesawaran. Tempat wisata di Lampung ini tepatnya berada di dalam wilayah Kecamatan Way Ratai, yang bisa kamu tempuh menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dan menitipkannya di lereng bukit.

Bukit Sinar Tiga

Tak lengkap wisata kamu ketika mengunjungi Air Terjun Sinar Tiga, tanpa mampir ke puncak Bukit Sinar Tiga, atau bisa juga sebaliknya. Panorama alam yang dimiliki Kabupaten Pesawaran memang cungguh memukau, dan tampak jelas ketika kamu berada di Bukit Sinar Tiga. Kamu bisa melihat keindahan pulau-pulau kecil yang dimiliki pesawaran serta perbukitan yang penuh akan pepohonan yang masih begitu terjaga keasriannya. Ketika kamu berada di tempat wisata di Lampung ini memang paling tepat keitka pagi hari atau ketika hari sudah mulai senja. Suguhan sunrise di pagi hari dan ditutup dengan eksotisme temaram cahaya matahari di ufuk barat begitu indah untuk dinikmati. Untuk menuju lokasinya juga cukup mudah untuk akses jalannya, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua hingga ke puncak Bukit Sinar Tiga.

Gunung Betung

Meskipun Gunung Betung sedikit lebih rendah jika dibandingkan Gunung Pesawaran, namun gunung yang satu ini menjanjikan petualangan yang mengasyikkan. Dalam perjalanan mendaki Gunung Betung kamu akan disuguhi pesona alamnya yang sangat memukau. Bahkan di kaki Gunung Betung terdapat destinasi wisata yang menarik kamu kunjungi, seperti Batu Lapis, dan juga Air Terjun Gunung Betung. Sebenarnya masih banyak lagi air terjun yang ada di kaki Gunung Betung, namun masih belum dieksplorasi dan juga masih minimnya informasi mengenai berapa banyak dan juga lokasi air terjunnya. Tempat wisata di Lampung ini yang secara administratif masuk di dalam wilayah Kecamatan Gedong Tataan, tepatnya di Desa Wiyono. Gunung Betung yang memiliki ketinggian 1.200 mdpl ini menjadi destinasi yang sangat menarik kamu kunjungi ketika kamu berada di Pesawaran.

Gunung Pesawaran

Kabupaten Pesawaran memiliki beberapa gunung yang menyajikan view yang sangat indah untuk dinikmati. Dan salah satunya adalah Gunung Pesawaran, yang menjadi gunung tertinggi di Kabupaten Pesawaran dengan ketinggian 1.662 mdpl. Keitka kamu berapa di puncak Gunung Pesawaran kamu akan disuguhi panorama yang begitu indah, hijaunya hamparan perbukitan dan persawahan tersaji di depan matan. Dan tidak ketinggalan Gunung Betung pun terlihat begitu jelas dari puncak Gunung Pesawaran. Tempat wisata di Lampung ini secara administratif terletak di wilayah Kecamatan Kedondong, Pesawaran.

Hutan Mangrove Batu Menyan

Desa Batu Menyan yang berada di wilayah Kecamatan Teluk Pandan ini memang tergolong masih baru menyandang desa wisata yang disahkan oleh pemerintah. Dan salah satu destinasi wisata yang ada, yakni Hutan Mangrove yang berada di pesisir Desa Batu Menyan. Dilengkapi dengan jembatan untuk wisatawan agar bisa menikmati keindahan hutan mangrove serta pantainya yang cukup eksotis. selain itu bagi wisata yang memiliki hobi memancing, maka di kawasaan Hutan Mangrove Batu Menyan ini cukup banyak dihuni ikan-ikan serta kepiting. Tempat wisata di Lampung ini memang masih terbilang baru dan masih banyak ditanami mangrove yang masih kecil. Tapi keindahan akan hijaunya hutan mangrove sudah bisa kamu nikmati mulai saat ini.

Islamic  Center Pesawaran

Kabupaten Pesawaran tidak hanya menyajikan wisata alam pegunungan ataupun wisata bahari saja bagi para traveler, namun juga wisata religi dihadirka seperti adanya Islamic Center yang berada di pusat Kota Gedong Tataan. Lokasinya yang sangat strategis nyaris tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan, baik yang hanya sekedar menjalankan ibadah atau berwisata religi di Islamic Center Pesawaran. Karena megahnya bangunan masjid dan juga arsitekturnya yang begitu indah yang dihiasi oleh beberapa menari membuat Islamic Center Pesawaran kini menjadi tempat wista di Lampung, khususnya wisata religi. Berbagai acara keagamaan juga sangat sering diadakan di Islamic Center Pesawaran seperti MTQ tingkat Provinsi di Lampung juga pernah di adakan di masjid kebanggaan masyarakat Pesawaran ini.

Marines Eco Park

Termasuk tempat wisata di Lampung yang cukup anyar, yang berada di Kabupaten Pesawaran, dan lokasinya sangat dekat dengan Mako Brigif 3 Marinir. Tepatnya di daerah Piabung yang juga masih di dalam wilayah Kecamatan Padang Cermin. Pantai yang ada di kawasan Marines Eco Park ini memang sangat bersih, apalagi dengan pasir putihny semakin terlihat kemilaunya. Dengan dilengkapi Jembatan Cinta, semakin membuat Marines Eco Park ini terlihat begitu romantis. Sudah pasti menjadi spot selfie kekinian di Marines Eco Park, dengan background pantai dan Jembatan Cinta. Fasilitas yang ada di pantainya pun juga cukup lengkap, buat anak-anak disediakan pelampung seperti menggunakan ban pelampung. Ada juga perahu karet atau kano yang bisa kamu sewa dengan harga yang cukup murah untuk menikmati panorama dengan cara berkeliling pantai.

Muncak Teropong Laut

Inilah obyek wisata yang lagi hits di kalangan anak-anak muda Pesawaran, sebagai spot selfie kekinian yang ada di Kabupaten yang memiliki sejuta pesona ini. Lokasinya berada di Desa Muncak Tirtayasa yang masih di dalam wilayah Kecamatan Padang Cermin. Instagramable banget, selfieable banget, keren banget itulah kata-kata yang sering diucapkan para wisatawan yang mengunjungi Muncak Teropong Laut. Di Bukit Muncak ini memang kamu bisa melihat keindahan birunya air lautan Kabupaten Pesawaran dan juga perbukitan nan hijau serta perkebunan milik warga. Semakin terlihat eksotis dan romantis lagi ketika senja mulai datang dan ditutup dengan malam hari yang eksotis. terlihat cahaya lampu pemukiman warga menambahkan kesan romantis di tempat wisata di Lampung ini. Muncak Teropong Laut memang menjadi destinasi wajib yang harus kamu kunjungi keitka kamu menginjakkan kaki di Kabupaten Pesawaran.

Pantai Batu Mandi

Memiliki garis pantai yang cukup panjang serta hampara pasir putih bersih menjadi sajian utama bagi wisatawan yang berkunjung di Pantai Batu Mandi. Namun ada sedikit kekurangan di Pantai Mandi, yakni pasir yang berada di pantainya mengandung lumpur, jadi ketika kamu mulai nyebur di pantai maka airnya langsung keruh karena lumpur yang di bawah terangkat ke permukaan. Tapi pesona keindahaannya yang bisa menutup semua kekurangannya seperti pantai yang agak berlumpur. Gugusan pulau di depannya menjadi pemandangan yang begitu indah. Dan waktu yang sangat tepat mengunjungi tempat wisata di Lampung ini adalah ketika sore hari. Pesona sunset dan temaram cahayanya begitu eksotis dan kamu bisa menikmatinya di pondokan yang ada di pinggir pantai sembari minum kopi hangat. Lokasinya berada di Desa Gebang, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Padang Cermin.

Pantai Batu Payung

Sangat berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang hampir mayoritasnya memiliki pasir putih. Pantai Batu Payung ini memiliki warna pasir pantai yang sedikit gelap, namun air lautnya tetap berwarna biru. Pantai yang pernah diliput televisi swasta ini memang sangat indah, namun sayang kurangnya informasi dan juga promosi membuat Pantai Batu Payung ini belum begitu banyak wisatawna yang menikmatinya. Padahal pantai ini memiliki bebatuan karang yang sangat ikonik, yakni bebatuan karang yang menyerupai payung dalam kondisi terbalik. Tempat wisata di Lampung ini juga menjadi surganya para pemancing mania, yang biasa memancing di pinggiran tebing-tebing Pantai Batu Payung.

Pantai Dewi Mandapa

Pengin ajak gebetan atau sang pujaan hati liburan?? Pantai Dewi Mandapa yang paling tepat buat kalian yang menginginkan pantai yang memiliki suasana yang sangat romantis. Pantai Dewi Mandapa ini memiliki semacam jembatan atau dermaga yang ditumbuhi banyak pepohonan bakau. Dan uniknya lagi banyak spot dermaga yang bisa buat kalian ngobrol masa depan dengan pasangan. Selain itu Pantai Dewi Mandapa saat ini sudah menjadi spot selfi kekinian di kalangan anak muda, yakni yang biasa disebut dengan Pulau Cinta. Bahkan tak jarang jurang menjadi spot pre wedding yang romantis di Kabupaten Pesawaran. Tempat wisata di Lampung ini memang mengambil konsep yang sangat berbeda dan sangat unik. Dan banyak yang menyebutnya pantai buat pacaran yang sangat romantis. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Gebang, dan masih didalam wilayah Kecamatan Padang Cermin.

Pantai Kamintara

Inilah salah satu pantai yang ada di Kabupaten Pesawaran yang menjadi suraganya para pemancing mania. Banyak bebatuan karang dan juga tebing di pinggir pantainya, menjadi spot terbaik untuk merasakan sensasi tarikan ikan-ikan besar yang ada di dasar Pantai Kamintara. Selain itu Pantai Kamintara ini juga menjadi surganya para fotografer, sajian eksotisme pantai benar-benar sangat nyata, mulai dari air lautnya yang berwarna hijau kebiruan yang berpadu dengan berbatuan karang tampak begitu artistik ketika dijadikan background fotografi. Tempat wisata di Lampung ini memang tergolong masih sepi, hanya para pemancing mania saja yang sering mengunjungi Pantai Kamintara. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Pagar Jaya, dan di dalam wilayah Kecamatan Punduh Pedada.

Pantai Ketapang

Lokasinya tidak begitu jauh dari Dermaga Ketapang, yang masih sama di dalam satu desa, yakni Desa Ketapang yang masih berada di dalam wilayah Kecamatan Padang Cermin. Banyak traveler yang mengatakan Pantai Ketapang itu serasa di private island. Kontur pantainya yang landai dan berjajar pepohonan kelapa di sepanjang bibir pantai semakin membuat Pantai Ketapang begitu eksotis. ombaknya yang begitu tenang, menjadi spot terbaik untuk menikmati birunya air laut dengan berenang atau hanya sekedar bersantai di atas perahu karet.  Ada sedikit kekurangan di Pantai Ketapang yakni minimnya fasilitas bagi wisatawan dan memang hanya ada beberapa rumah penduduk saja yang tinggal di kawasan tempat wisata di Lampung ini.

Pantai Klara

Nama pantai ini dari kepanjangan Pantai Kelapa Rapat yang akhirnya disingkat menjadi Pantai Klara. Sesuai dengan namanya, bahwa pantai yang memiliki kontur landai dan tergolong cukup dangkal ini memiliki banyak pepohonan kelapa yang berjejer di pinggir pantainya. Kebanyakan aktifitas wisatawan yang dilakukan di Pantai Klara seperti berenang, hingga menggunakan kano atau perahu karet untuk berkeliling di areal pantai. Jernihnya air lautnya di Pantai Klara inilah salah satu alasan wisatawan ingin berenang di Pantai yang memiliki banyak pohon kelapa di pinggirnya. Tempat wisata di Lampung ini letaknya di Desa Gebang, yang masih di wilayah Kecamatan Padang Cermin.

Pantai Lembing

Lokasi Pantai Lembing ini sangat dekat dengan obyek wisata Marine Eco Park yang awal pembukaanya hingga kini masih terus dibanjiri wisatawan. Begitu juga dengan Pantia Lembing yang memang memiliki keindahan mulai dari pasir putih hingga jernihnya air laut. Pantai Lembing ini juga sangat cocok buat para pemancing mania yang konon kabar di dekat perbukitan dan bebatuan karang cukup banyak sekali ikan-ikan besar yang siap melahap umpan. Pantai Lembing ini juga sebagai salah satu gerbang menuju ke Pulau Kelagian yang memang lebih dekat jaraknya jika dibanding dengan pantai lainnya. Kamu bisa menyewa perahu motor milik nelayan dan siap mengantarkan kamu ke Pulau Kelagian maupun Kecil. Tempat wisata di Lampung ini lokasi tepatnya berada di Bhumi Marinir Piabung, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Padang Cermin.

Pantai Mutun

Inilah salah satudestinasi wisata di Kabupaten Pesawaran yang difavoritkan banyak traveler. Mungkin hanya di Pantai Mutun saja yang memiliki Waterboom di pantai. Setiap wisatawan bisa berseluncur dan langsung nyebur di pantai, benar benar menakjubkan. Hampir semua wahana permaianan air benar-benar tersedia di Pantai Mutun. Mulai dari kano, pelampung, perahu bebek, hingga banana boat disediakan hanya untuk memanjakan para wisatawan. Meskipun tergolong sangat ramai, Pantai Mutun tetap bersih mulai dari air lautnya yang berwarna biru hingga pasir putihnyanya yang sangat bersih. Tempat wisata di Lampung ini memang di kelola dengan sangat baik, dan untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Sukaya Lempasing, dan masih di dalam wilayah Kecamatan Padang Cermin.

Pantai Sari Ringgung

Salah satu pantai yang nyaris tidak pernah sepi akan pengunjung dan juga menjadi destinasi wisata favorit yang ada di Kabupaten Pesawaran. Selain pantainya yang sangat bersih dan kemilau pasir putih dan birunya air laut, Pantai Sari Ringgung memiliki cukup banyak fasilitas. Misalnya seperti wahana bermain air, seperti banana boat, pelampung, perahu karet, serta perosotan  juda ada di tempat wisata di Lampung ini. Dan yang cukup menyejukkan mata adalah adanya tebing yang dipenuhi pepohonan nan hijau dan juga pulau-pulau kecil di depan itulah yang menjadi tujuan utama wisatawan. Karena di kawasan beberapa pulau tersebut memnyimpan keindahan alam bawah laut yang cukup memukau. Belum lagi dengan adanya pasir timbul yang tidak jauh dari pantai, yang hanya beberapa menit menggunakan perahu motor. Lokasi dari Pantai Sari Ringgung ini berada di Desa Sidodadi, yang masih di wilayah Kecamatan Padang Cermin.

Pantai Teluk Punduh

Destinasi wisata bahari yang satu ini nyaris tidak memiliki pantai dengan pasir putihnya, namun esktoismenya jelas tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya. Ada beberapa spot yang sangat menarik untuk menikmati keindahan Pantai Teluk Punduh. Ada sebagian bibir pantai yang biasanya penuh dengan pasir putih, ini dipenuhi dengan rerumputan yang hijau. Semakin terasa menyejukkan ketika berpadu dengan birunya air laut dan juga hijaunya perbukitan di kanan kiri yang penuh dengan pepohonan nan hijau. Di tempat wisata di Lampung ini cukup sering digunakan para traveler nge-camp sembari menikmati udara malam di Pantai Teluk Punduk. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Parga Jaya, yang masih di wilayah Kecamatan Punduh Pidada.

Pasir Timbul

Tidak lengkap rasanya ketika kamu mengunjungi Pantai Sari RInggung tanpa mampir ke Pasir Timbul yang hanya beberapa menit dari Pantai Sari Ringgung dan menggunakan perahu motor. Destinasi wisata ini memang sangat unik, dan sangat terlihat keindahan ketika air lautnya mulai surut, maka gundukan pasir yang begitu luas seperti naik ke atas. Karena proses alam inilah akhirnya dinamakan Pasir Timbul dan kini menjadi spot selfie kekinian yang ada di Pesawaran. Dengan angle yang tepat maka kamu terlihat seperti berada di tengah lautan. Di tempat wisata di Lampaung ini juga dilengkapi dengan cafeteria yang menyajikan berbagai macam kuliner seafood serta berbagai minuman. Dan sore harinya kamu akan disuguhi panorama sunset yang begitu eksotis. Jadi jangan pulang dulu sebelum gelap yaa..

Pemandian Gunung Tanggang

Konon kabarnya Pemandian Gunung Tanggang yang juga dilengkapi dengan air terjun dan memiliki air yang sangat jernih ini digunakan untuk pemandian para keluarga kerajaan. Yang benar-benar membuat wisatawan terpukau memang airnya yang sangat jernih hingga berwarna kehijauan bahkan dasarnya kolamnya pun juga terlihat dengan jelas. Akan semakin menyenangkan jika kamu mengunjungi Pemandian Gunung Tanggang ini juga membawa perahu karet. Kamu bisa bersantai menikmati panorama alam serta menyusuri sungainya di atas perahu karet. Tempat wisata di Lampung ini tidak begitu jauh dari desa terdekat, dan hanya membutuhkan beberapa menit saja berjalan kaki menuju lokasi. Pemandian Gunung Tanggang ini letaknya berada di Desa Batu Raja, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Punduh Pidada.

Pohon Merenung

Salah satu destinasi wisata yang sangat unik yang lokasinya berada di Desa Kecamatan Padang Cermin, tepatnya di Dusun Kumbang Badak. Tidak begitu jauh untuk menuju obyek wisata yang unik ini, hanya beberapa menit saja dari pemukiman warga terdekat. Pohon Merenung ini memang sering dijadikan obyek fotografie karena keunikan bentuk pohonnnya yang melengkung. Dan sudah pasti selfie menjadi sebuah kewajiban ketika kamu mengunjungi Pohon Merenung. Konon katanya Pohon Merenung ini sudah berusia ratusan tahun dan hingga kini masih juga berdiri dengan kokohnya dan tanpa mengalami pengeroposan sedikit pun. Berawal dari posting salah satu traveler di media sosial akhirnya kini menjadi tempat wisata di Lampung tepatnya di Pesawaran yang cukup unik.

Pulau Balak

Destinasi wisata baharai yang satu ini wajib kamu kunjungi jika kamu telah mengunjungi Pulau Pahawang atau sebaliknya. Kamu akan merasakan seperti berada di “private island” ketika menginjakkan kaki kamu di dermaga atau di pantai Pulau Balak. Pasir pantainya yang putih bersih dan berpadu dengan pohon nyiur nan hijau di sepanjang pantainya seakan menyambut setiap wisatawan yang datang di Pulau Balak. Pesina alam bawah lautnya juga tidak kalah indahnya dengan Pulau Pahawang atau pulau lainnya yang ada di Kabupaten Pesawaran. Tempat wisata di Lampung ini memang tergolong masih sepi pengunjungnya, mugkin karena jaraknya yang terlampu jauh. Tetapi kecantikan yang ada di Pulau Balak ini sangat wajib untuk kamu lihat lebih dekat keindahanny.

Pulau Kelagian

Tempat wisata di Lampung ini menjadi salah satu destinasi wisata andalan yang dimiliki Kabupaten Pesawaran. Tidak hanya Pulau Pahawang saja menjadi primadona di Pesawaran namun pulau yang tidak berpenghuni yakni Pulau Kelagian ini juga memiliki pesona yang begitu memukau. Pulau yang tergolong kecil ini hampir dikelilingi pantai dengan pasirnya yang sangat putih bersih. Begitu juga dengan keindahan alam bawah lautnya, yang memiliki terumbu karang yang masih asri dan juga ikan-ikan warna-warni yang menghuninya. Untuk menuju ke Pulau Kelagian kamu bisa menyewa perahu motor nelayan yang bisa kamu jumpai di Pantai Duta Wisata, Pantai Klara, dan beberapa pantai lainnya yang ada di Kabupaten Pesawaran.

Pulau Legundi

Membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan, bisa dari dermaga di Kabupaten Pesawaran atau dari Kalianda. Untuk lokasinya sendiri tidak begitu jauh dengan Pulau Siuncal dan juga Pulau Sijebi. Dan memang biasanya wisatawan yang mengunjungi dua pulau tersebut bakal mengunjungi Pulau Legundi. Salah satu di pulau ini yang sangat menarik adalah pesona alam bawah lautnya, berbagai jeis biota laut hidup di bawahnya, bahkan kamu juga bisa menemui ikan cantik seperti yang ada di film Finding Nemo. Untuk menikmati keindahan bawah lautnya kamu cukup bersnorkeling saja, atau justru bersantai di atas perahu. Air lautnya yang sebening kaca membuat semua yang hidup di dasarnya terlihat dengan jelas. Secara administratif tempat wisata di Lampung ini berada di dalam wilayah Kecamatan Punduh Pidada.

Pulau Lelangga

Hampir setiap pulau yang ada di Kabupaten Pesawaran ini memiliki daya tariknya masing-masing dan yang pasti keindahan alam bawah lautnya juga memiliki keunikannya tersendiri. Dan salah satunya adalah Pulau Lelangga yang juga pantas untuk dinikmati keindahannya. Namun agak disayangkan, pulau yang satu ini adalah milik dari salah satu orang terkenal di Indonesia, yakni Arthalita Suryani yang terganjal kasus BLBI. Dan konon kabarnya tidak ada seorang pun yang diperbolehkan memasuki Pulau Lelangga, dan pulau ini juga dijaga ketat oleh beberapa penjaga. Dan di dalamnya pun berdiri villa mewah yang seringkali dikunjungi oleh pejabat yang dekat dengan Arthalita Suryani. Maka tidak heran juga banyak masyarakat Pesawaran yang menujuliki Pulau Lelangga ini dengan Pulau Ayin.

Pulau Lok

Disebut juga dengan nama Pula Helok yang diambil dari bahasa Lampung yang memiliki arti pulau tengah. Dan memang posisi Pulau Lok ini berada di tengah-tengah antara Pulau Balak dan Pulau Lunik. Ombaknya yang cukup tenang semakin membuat wisatawan tak sabaran ingin cepat buru-buru nyebur dan menikmati keindahan alam bawah lautnya. Jika kamu telah mengunjungi salah satu pulau andalan Pesawaran yakni Pulau Pahawang, maka sangat wajib untuk mengunjungi Pulau Lok. Perjalanannya cukup sebentar hanya memakan waktu sekitar 45 menit. Tempat wisat di Lampung ini masih sangat asri, yang dipenuhi dengan pepohonan kelapa yang mengelilingi pulau. Menjadi peneduh alami ketika kamu ingin menikmati keindahan pantai Pulau Lok.

Pulau Lunik

Lokasinya berdekatan dengan Pulau Lok dan juga Pulau Balak, dan menjadi pulau yang cukup dekat dengan daratan Pesawaran. Tidak membutuhkan waktu yang lama dan hanya beberapa menit saja jika kamu berangkat dari dermaga Ketapang di Kabupaten Pesawar. Menghadirkan pantainya yang masih sangat alami dengan banyaknya pepohonan kelapa yang ada di pinggir pantai. Air lautnya yang jernih terlihat begitu menanti dan menyambut wisatawan, begitu juga dengan alam bawah lautnya yang begitu indah dihiasi terumbu karang dan warna-warni ikannya yang berenang keasyikan. Tempat wisata di Lampung ini masih masuk di dalam wilayah Kecamatan Punduh Pidada, Pesawaran.

Pulau Mahitam

Inilah salah satu pulau yang cukup terkenal di salah satu media sosial dan banyak para traveler yang menyebutnya, instagramable banget. Pulau Mahitam ini memang memiliki keunikan tersendiri, dan salah satunya adalah pasir timbul yang timbul ketika air lautnya sedang surut. Inilah salah satu spot selfie terkeren di Pulau Mahitam. Kamu akan terlihat berdiri di tengah lautan ketika air lautnya sedikit agak surut. Selain itu mercusuar yang menjulang tinggi juga spot selfie yang sedikit akan memacu adrenalin kamu. View yang benar-benar berbeda ketika kamu berada di atas mercusuar. Tempat wisata di Lampung ini cukup dekat dengan Dermaga Ketapang, yang masih berada di dalam wilayah Kecamatan Padang Cermin, Pesawaran.

Pulau Pahawang

Inilah obyek wisata andalan Kabupaten Pesawaran yang menjadi surganya para pecinta snorkeling, Pulau Pahawang. Pulau yang memiliki pantai dengan pasirnya yang putih bersih dan juga keindahan alam bawah lautnya yang masih sangat alami. Tidak hanya wisatawan domestik saja yang berdatangan di Pulau Pahawang, tetapi wisatawan asing pun juga banyak yang berdatangan di Pulau Pahawang. Pulau ini memang sangat terkenal dengan keindahan bawah lautnya, terumbu karangnya serta ikan-ikan unik warna-warni bisa kamu jumpai di Pulau Pahawang. Pulau yang secara administratif masuk di wilayah Kecamatan Marga Punduh ini memang tergolong cukup lengkap fasilitasnya. Tempat wisata di Lampung ini juga berdekatan dengan Pulau Kelagian Kecil atau Pulau Kelagian Besar. bahkan Pulau Pahawang sendiri juga memiliki gugusan pulau Pahawang Kecil yang juga menyajikan keindahan bawah lautnya yang juga sama indahnya.

Pulau Sijebi

Berbatasan langsung dengan Selat Sunda, Teluk Lampung, dan Pulau Siuncal, maka menjadi wajib ketika kamu berkunjung di Pulau Siuncal lalu mampir di Pulau Sijebi. Di pulau ini akan memuaskan hari libur kamu dengan menghadirkan keindahan terumbu karangnya yang masih sangat asri. Hal ini mungkin dikarenakan belum begitu banyak wisatawan yang mengunjungi Pulau Sijebi. Dan memang untuk mengunjungi tempat wisata di Lampung ini membutuhkan waktu setidaknya 2 hingga 3 jam perjalanan menggunakan perahu motor. Tapi lama perjalanan tersebut tak akan sia-sia, pantai yang masih sangat alami serta keindahan alam bawahn lautnya mampu menghilangkan rasa penat kamu selama perjalanan. Secara administratif Pulau Sijebi masih berada di wilayah Kecamatan Punduh Pidada.

Pulau Siuncal

Potensi yang sangat luar biasanya dimiliki oleh Pulau Siuncal, tidak hanya sekedar keindahan pantai berpasir putih dan juga keindahan bawah lautnya saja. Tetapi potensi akan ikan kerapu yang memiliki kualitas eksport dihasilkan dari Pulau Siuncal. Dan memang Pulau Siuncal ini memang menjadi tempat untuk budidaya ikan kerapu dengan kualitas eksport. untuk mengunjungi Pulau Siuncal ini kamu harus berangkat dari pantai yang ada di Kabupaten Pesawaran, salah satunya adalah Pantai Muntu yang harus ditempuh selama 2 jam lebih. Dan ada keunikan tersendiri dengan Pulau Siuncal, ketika bulan purnama air lautnya akan surut dan kamu bisa menikmati terumbu karang tanpa harus berenang, sembari telanjang kaki saja kamu bisa menyentuh terumbu karang yang bertebaran di area pantai Pulau Siuncal.

Pulau Tangkil

Menghadirkan wisata bahari yang sangat berbeda di pulau yang tidak jauh dari Pantai Mutu, yang hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit menggunakan perahu motor. Pulau Tangkil memiliki berbagai wahana bermain yang sangat lengkap, mulai dari perahu karet, banana boat, hingga parasailing. Dan inilah wahan yang bakal menguji adrenalin para traveler ketika mengunjung Pulau Tangkil. Untuk menyewa parasiling, wisatawan harus membayar sekitar Rp.150.000 untuk sekali mengudara. Harga yang pas untuk menguji adrenalin kamu elayang tinggi di udara menggunakan parasut yang ditarik dengan speedboat. Sepertinya tidak hanya disitu saja, tempat wisata di Lampung ini juga memiliki pesona keindahan bawah lautnya yang cukup membuat wisatawan penasaran ingin menikmatinya. Kamu bisa bersnorkeling atau free dive di salah satu kawasan pantai yang ada di Pulau Tangkil.

Pulau Tanjung Putus

Jika kamu sudah mengunjungi Pulau Pahawang atau Pulau Kelagian tak akan lengkap wisata kamu tanpa mengunjungi Pulau Tanjung Putus. Menghadirkan pesona pantai pasir putih dan juga keindahan alam bawah lautnya. Dan uniknya lagi di Pulau Tanjung Putus ini kamu tidak perlu jauh-jauh ke tengah pantai untuk bersnorkeling. Bahkan di depan cottage-cottage yang ada di pinggiran pantai saja kamu sudah bisa menikmati terumbu karang serta si penghuni kecil ikan warna-warni yang begitu banyak. Sangat mengasyikkan memang, ketika kamu berada di tempat wisata di Lampung, tepatnya di Kabupaten Pesawaran ini. Bangun pagi menikmati sunrise dan nyebur di kolam alami yang menyajikan terumbu karang dan ikan-ikan warna-warni di Pulau Tanjung Putus.

Pulau Tegal

Memang tidak se-terkenal Pulau Pahawang, tapi pesona keindahan yang dihadirkan Pulau Tegal ini tidak akan kalah indahnya. Bahkan di pulau yang terlihat dipenuhi pepohonan hijau dari kejauhan ini, kamu bisa berinteraksi dengan masyarakat setempat yang menghuni Pulau Tegal. Bisa juga kamu berwisata kuliner dari hasil nelayan Pulau Tegal. Tapi jangan lupa keindahan pantai berpasir putih dan juga wisata alam bawah lautnya juga harus kamu nikmatin. Tidak akan kalah indahnya dengan pulau-pulau lainnya yang ada di Kabupaten Pesawaran. Tempat wisata di Lampung yang secara administratif masuk di wilayah Kecamatan Teluk Pandan, tepatnya di Desa Gebang ini cukup dekat dengan Pantai Ringgung, yang hanya membutuhkan waktu setidaknya 1 jam perjalanan menggunakan perahu motor.

Pulau Umang-Umang

Tak jauh dari Pulau Legundi ada pulau mungil yang memiliki pantai yang menyerupai teluk yang sangat eksotis, inilah Pulau Umang-Umang. Uniknya lagi di pantainya yang berpasir putih banyak tumbuh tanaman yang memiliki bungai berwana merah dan pink. Sudah pasti spot pantai yang keren banget buat selfie. Selain itu background perbukitan nan hijau menjadi pemandangan yang cukup menyejukkan meskipun di bawah terik matahari. Pulau Umang-Umang ini juga menjadi surganya para pemancing mania, terutama di gugusan pulau yang banyak bebatuan karang. Tempat wisata di Lampung ini tepatnya masih berada di dalam wilayah Kecamatan Punduh Pidada, Pesawaran.

Pulau Wayang

Kabupaten Pesawaran memang memiliki begitu banyak pulau yang kisarannya sekitar 36 pulau, dan hanya beberapa saja yang terekspos di media yang memiliki keindahan di dalamnya. Dan salah satunya adalah Pulau Wayang yang tidak berpenghuni dan digadang-gadang sebagai Raja Empatnya Lampung atau Raja Ampat mini. Butuh waktu beberapa jam untuk mengunjungi Pulau Wayang, namun sara lelah kamu perjalanan laut akan seketika hilang setelah memasuki kawasang Pulau Wayang. Pulau Wayang hanyalah bebatuan raksasa yang menjulang tinggi yang dihiasi pepohonan nan hijau. Tak hanya surga bagi penggemar diving saja, tapi juga para pemancing mania. Tempat wisata di Lampung yang masih di dalam Kabupaten Pesawaran ini meski jauh tetap saja banyak dikunjungi wisatawan apalagi ketika musim liburan. Dan juga pernah diliput acara favorit tv swasta My Trip MY Adventure.

Sungai Batu Rinding

Inilah Green Canyonnya Kabupaten Pesawaran, Sungai Batu Rinding namanya, yang berada di Desa Lubuk Baka, Kecamatan Padang Cermin. Seperti kamu harus bawa perlengkap yang cukup ketika akan mengunjungi Sungai Batu Rinding. Seperti ban pelampung atau perahu karet bisa menjadi tools wajib ketika kamu berada di Sungai Batu Rinding. Kamu bisa bersantai menikmati keindahan alam dan juga ornamen bebatuan tebing serta airnya yang sangat jernih di atas pelampung atau perahu. Tempat wisata di Lampung ini memang lagi trend di medsos, dan banyak banget para traveler yang pamer photo selfienya dengan background warna hijau kebiruan Sungai Batu Rinding.

Sungai Way Sabu

Selain Sungai Batu Rinding yang memiliki julukan sebagai Green Canyon-nya Pesawaran, ada lagi sungai yang memiliki potensi wisata olah raga yang luar biasa, yakni Sungai Way Sabu. Arus yang dimiliki Sungai Way Sabu ini terkadang cukup deras ketika musim penghujan, dan bisa digunakan untuk olah raga arung jeram. Dan memang destina wisata Sungai Way Sabu ini tergolong masih baru bebarengan dengan diresmikannya Desa Batu Menyan menjadi desa wisata yang ada di Kecamatan Teluk Pandan, dan Kabupaten Pesawaran. Didukung dengan panorama pedesaan dengan sajian hampara luas areal persawahan yang hijau, serta hutannya yang masih asri akan semakin banyak lagi nantinya wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata di Lampung ini.

Tahura Wan Abdul Rachman

Kabupaten Pesawaran tidak hanya mengandalkan destinasi wisata bahari saja untuk menggaet wisatawan domestik hingga wisatawan asing. Tapi juga mengandalkan potensi alamnya yang masih terjaga hinggi kini, yakni Tahura Wan Abdul Rachman. Berbagai vegetasi tropis hidup di dalam kawasan tahura ini, begitu juga dengan perkebunan seperti kopi, kakau, cengkeh, bahkan kerbun durian juga turut di dalamnya. Tahura Wan Abdul Rachman ini juga menjadi rumah bagi binatang seperti harimau Sumatera, Siamang, Rusa, Rangkong, dan lain-lain. Selain itu wisatawan juga bakalan disuguhi dengan pesona alam yang tiada duanya, seperti banyaknya air terjun dan juga perbukitan yang menghadirkan view perbukitan nan hijau serta lautan. Tempat wisata di Lampung ini setiap setahun sekali menggelar Festival Tahru Wan Abdul Rachman, dan yang paling menarik adalah adanya pesta durian di lokasi tahura. Untuk lokasi gerbang masuk Tahura Wan Abdul Rachman ini berada di Desa Hurun, yang masih di dalam Kecamatan Padang Cermin.

Taman Andan Jejama

Inilah spot selfie kekinian yang ada di pusat Kota Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Taman Andan Jejama namanya. Konsep pertamanan dan ruang terbuka hijau ini menjadi salah satu tempat nongkrong paling asyik yang ada di Pesawaran. Terutama ketika sore hari, banyak warga yang mengunjungi Taman Anda Jejama dengan berbagai aktifitasnya, mulai dari jogging, hingga sekedar nongkrong bersama. Tak jarang juga anak-anak kecil bermainan di dalam Taman Andan Jejama. Kini taman yang lokasinya dekat dengan perkantoran Kabupaten Pesawaran telah berubah menjadi tempat wisata di Lampung, tepatnya di pusat Kota Gedong Tataan. Jika kamu traveler dari luar Pesawaran, seperti sangat wajib selfi meski satu jepretan di Taman Andan Jejama.

Taman Kupu-Kupu Gita Persada

Salahs atu destinasi wisata edukasi di Pesawaran, tapi juga menghadirkan keasrian alamnya yang masih sangat terjaga. Inilah Taman Kupu-Kupu Gita Persada, sebagai tempat penangkaran dan pengembangbiakan berbagai jenis kupu-kupu. Tidak cukup disitu saja, tempat wisata di Lampung ini juga dilengkapi taman bermain untuk anak-anak dan juga adanya rumah pohon, sebagai spot selfie kekinian eman jika dilewatkan. Dan kamu juga bisa melihat berbagai jeis kupu-kupu yang pernah ditangkarkan atau sebagai koleksi di Museum Kupu-Kupu yang juga berada di dalam kawasan Taman Kupu-Kupu Gita Persada. Untuk memasuki obyek wisata ini kamu diharuskan untuk membayar tiket Rp. 10.000 dan kamu sudah bisa menikmati segala fasilitas yang dihadirkan di dalam taman. Lokasinya sendiri terletak di Jalan Way Rachman yang masih berada di dalam wilayah Kecamatan Kemiling.

Tempat Wisata di Pesisir Barat

Pesisir Barat ini Kabupaten Termuda yang ada di dalam Provinsi Lampung. Kabupaten Pesisir Barat ini hasil pemekaran dari Kabupaten Lampung Barat pada tahun 2012. Kabupaten yang berpusat Kota di Krui ini hampir semua wilayahnya berhadapan langsung dnegan Samudera Hindia. Sudah bisa dipastikan Kabupaten yang satu ini menyimpan begitu bayak wisata bahari yang pasti sangat menarik untuk dikunjungi. Dan berikut ini beberapa tempat wisata di Lampung yang lokasinya berada di wilayah Kabupaten Pesisir Barat.

Air Terjun Kekhamian

Salah satu air terjun tercantik yang dimiliki Kabupaten Pesisir Barat, yakni Air Terjun Kekhamian. Memiliki ketinggian 30 meteran dan debit airnya yang sangat besar semakin terlihat begitu indah dipandang mata. Apalagi bebatuan tebingnya tertutup dengan tanaman hijau, menambahkan kesan yang begitu terjaga alamnya. Memiliki kolam yang begitu luas menjadi salah satu alasan para traveler yang mengunjungi tempat wisata di Lampung ini. Akses jalannya juga tergolong cukup mudah, memang sedikit membutuhkan stamina dengan melewati lebatnya pepohonan dan juga harus berhati-hati ketika turun ke kawasan air terjun. Lokasi Air Terjun Kekhamian ini terletak di daerah Pugung dan di dalam wilayah Kecamatan Lemong.

Air Terjun Talang Kenyanguan

Buat kalian yang suka fotografi maupun selfie, sepertinya harus datang ke Air Terjun Talang Kenyanguan yang berada di wilayah Kecamatan Pesisir Selatan, tepatnya di Desa Tanjung Setia. Air terjun yang memiliki ketinggian 10 meteran ini memiliki beberapa tingkatan di atasnya. Yang cukup eksotis adalah kolam yang ada di bawah air terjun dikelilingi tebing bebatuan dan juga pepohonan yang menjulang tinggi. Seakan menjadi payung alami dan semakin membuat adem ketika kamu berada di kolamnya. Kamu bisa bersantai sambil berendang di dalam kolam yang memiliki air yang sangat jernih. Meski kolamnya cukup dangkal tetap saja membuat kamu akan semakin betah berada di tempat wisata di Lampung ini.

Air Terjun Tulung Penyangu

Wisata ala mini bisa menjadi destinasi alternatif selain wisata bahari yang cukup banyak di Kabupaten Pesisir Barat. Dan salah satunya adalah Air Terjun Tulung Penyangu yang berada di dalam hutan Taan Nasional Bukit Barisan. Membutuhkan stamina yang prima dan jiwa petualang jika ingin mengunjungi Air Terjun Tulung Penyangu yang secara administratif berada di wilayah Pekon Sumur Jaya, Kecamatan Pesisir Selatan. Membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari pemukiman terdekat dan melewati hutan Taman Nasional Bukit Barisan untuk menuju ke tempat wisata di Lampung ini. Namun suguhan alam yang begitu alami mampu menghilangkan rasa lelah kamu hingga tiba di Air Terjun Tulung Penyangu. Air terjun yang memiliki ketinggian di atas 10 meter ini dibawahnya langsung sungai, yang sangat berpotensi untuk digunakan olah raga arung jeram atau hanya sekedar river tubing.

Air Terjun Way Karang Krui

Dikenal juga dengan sebutan Air Terjun Pemancar karena lokasinya yang berada tidak jauh dari Desa Pemancar, yang masih di dalam Kecamatan Pesisir Utara. Meski air terjunnya tidak terlalu tinggi, tapi debit airnya cukup besar dan kolam yang ada di bawahnya sangat luat serta tingkat kedalamannya yang sedang. Kamu ingin menikmati pemandian alami dengan airnya yang sangat jernih dan segar, maka air terjun inilah tempat yang tepat buat kalian. Tempat wisata di Lampung ini tidak begitu jauh dari pemukiman Desa Pamancar yang hanya membutuhkan beberapa menit berjalan kaki menuju Air Terjun Way Karang Krui. Alamnya yang masih terjaga dan asri akan membuat semakin betah berada di Air Terjun Way Karang.

Batu Guri

Inilah salah satu spot yang bisa kamu nikmati ketika kamu menginjakkan kaki di Pulau Pisang, Batu Guri namanya. Batu Guri ini bebatuan karang yang cukup besar dan menjulang tinggi, uniknya lagi ujung bebatuan tersebut dipenuhi pepohonan. Jika dulu di kawasan Batu Guri ini masih ada kapal karam yang cukup besar, namun konon kabarnya akan dibongkar. Padahal dulu banyak banget wisatawan yang menikmati pantai ini dari atas kapal karam. Setidaknya spot selfie yang sangat unik bukan?? Selain menikmati panorama di Batu Guri kamu juga bisa melihat aktifitas penyu ketika sore hari yang sedang mencari makan. Batu Guri memang salah satu tempat wisata di Lampung yang memang wajib kamu kunjungi ketika berada di Pulau Pisang.

Bendungan Way Biha

Fungsi utama dari pembangunan Bendungan Way Biha yang ada di Kecamatan Pesisir Selatan ini memang untuk meningkatkan sektor pertanian. Tetapi Bendungan Way Biha ini juga memiliki potensi wisata, selain menjadi spot memancing air tawar juga bisa menjadi spot fotografi yang cukup keren. Bahkan aktifitas seperti river tubing akan sangat menyenangkan dengan mengikuti arus sungai yang melewati pedesaan di Kecamatan Pesisir Selatan. Jika mau yang lebih ekstrim lagi sih berenang dan juga jumping dari bendungan, tapi hanya buat kalian yang memang jago berenang saja. aliran yang cukup deras dan juga kedalaman bendungan bisa berbahaya bagi yang tidak bisa berenang. Bendungan Way Biha ini sekarang juga menjadi tempat wisata di Lampung sebagai destinasi wisata alternatif yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Bendungan Way Karang

Pengin maen air tapi takut kepanasan jika di pantai? Maka berkunjung saja di Bendungan Way Karang yang berada di wilayah Kecamatan Way Krui. Aliran sungainya yang sangat tenang, airnya yang jernih serta panorama alam perbukitan dan juga hutan yang masih sangat terjaga keasriannya, menjadi sajian yang sempurna di Bendungan Way Karang. Kamu bisa melakukan river tubing baik menggunakan pelampung atau perahu karet sembari menikmati panorama sekitar yang benar-benar istimewa. Tempat wisata di Lampung ini bisa menjadi daftar tujuan wisata kamu ketika berada di Kabupaten Pesisir Barat. Dan memang kamu tidak akan kecewa setelah melihat keindahan yang terjadi di sana.

Bukit Selalau

Ketika kamu baru pertama kali menginjakkan kaki di pusat Kota Krui, Kabupaten Pesisir Barat sangat wajib mengunjungi Bukit Selalau. Lokasinya yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Krui dan aksesnya juga sangat mudah membaut Bukit Selalau cukup sering dikunjungi wisatawan. Tidak hanya sekedar memandang keindahan lautan dan gulungan ombak saja ketika kamu berada di Bukit Selalau. Bahkan kamu juga bisa melihat kecantikan dari Kota Krui, serta Gunung Pugung yang terkadang keindahannya tertup kabut. Tempat wisata di Lampung ini memang menjadi salah satu spot fotigrafi andalan di Kota Krui. Mulai dari hanya sekedar selfie hingga pre wedding juga sering mengambil Bukit Selalau sebagai spot pengambilan photo.

Ekowisata Pemerihan

Di Provinsi Lampung tidak hanya di Taman Nasional Way Kambas saja yang begitu banyak gajah yang bisa kamu temui, tetapi di Kabupaten Pesisir Barat pun juga ada, yakni di Ekowisata Pemerihan. Tidak berbeda jauh dengan Way Kambas, kamu juga bisa menaiki gajah di Ekowisata Pemerihan dan berkeliling sungai-sungai kecil yang berada di dalam hutan lindung. Ekosistem hutan yang masih sangat terjaga memang begitu indah untuk dinikmati, banyaknya pepohonan nan hijau yang menjulang tinggi menjadi suguhan menarik yang bisa kita lihat. Begitu juga dengan sungai-sungai kecil yang mengalir di dalam hutan ini begitu jernih dan seperti belum tersentuh tangan-tangan manusia. Tempat wisata di Lampung ini juga berada di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan, tepatnya di Desa Pemerihan dan di dalam wilayah Kecamatan Krui Selatan.

Goa Matu

Banyak cerita mistis tentang Goa Matu yang berada di Desa Way Sindi Hanuan, Kecamatan Karya Penggawa. Mulai dari cerita sebagai tempat tinggalnya Nyi Roro Kidul dan juga berbagai larangan seperti berkata kotor, berpemikiran burung atau mengambil barang yang ada di dalam goa. Terlepas dari cerita mistis tersebut, Goa Matu ini memang menjanjikan petualangan. Jika kamu ingin mengunjungi, kamu harus melewati bebatuan karan dan tebing karang tepat di Pantai Sindi dengan deburan ombaknya di bawah. Dan untuk memasuki lorong-lorong yang ada di dalam goa kamu harus menunduk dan jangan lupa membawa peralatan yang dibutuhkan seperti senter menjadi barang yang wajib. Tepat wisata di Lampung ini memang surga bagi para traveler yang menyukai caving atau menyusuri goa.

Jembatan Way Gantung Biha

Salah satu spot selfie yang cukup unik adalah Jembatan Gantung Way Biha yang masih satu aliran sungai dengan Bendungan Way Biha. Selain spot selfie atau fotografie juga menjadi spot memancing air tawar yang cukup memberikan sensasi tersendiri. Atau kamu juga bisa mencoba river tubing di Sungai Way Biha atau hanya sekedar bersantai di samping jembatan di bawah pepohonan kelapa yang banyak tumbuhan di sekitaran Jembatan Gantung Way Biha. Tempat wisata di Lampung ini juga tidak begitu jauh dengan pantai-pantai indah yang ada di Kecamatan Pesisir Selatan. Jadi sebisa mungkin ambil beberapa jepretan ketika melewati Jembatan Gantung Way Biha yang cukup unik.

Makam Syekh Aminullah

Tempat wisata di Lampung ini memang lebih diperuntukkan wisata ziarah, yakni Makam SYekh Aminullah. Beliau ini seorang penyebar agama Islam di Provinsi Lampung terutama di Kabupaten Pesisir Baratyang wafat sekitar tahun 1525. Di hari-hari tertentu makam beliau ini banyak sekali para peziarah yang datang tidak hanya dari Kabupaten Pesisir Barat tapi juga dari luar daerah. Seperti peziarah dari Bengkulu, karena lokasinya sendiri juga berdekatan dengan perbatasan antar kedua provinsi. Untuk lokasi makamnya sendiri terletak di bukit Pantai Ujung Lemong yang masih berada di dalam wilayah Kecamatan Lemong.

Padang Ilalang Tanjung Katung

Inilah salah satu spot selfie yang cukup keren di Kabupaten Pesisir Barat, kamu bisa mengambil background rumput ilalang untuk photo selfie kamu. Dan memang destinasi wisata ini bisa menjadi spot terbaik bagi yang suka akan fotografie. Padang ilalang ini cukup luas yang hampir total kawasannya ditumbuhi rerumputan seperti layaknya tanaman padi. Sangat cocok juga buat kalian dan pasangan yang ingin mengabadikan photo pre wedding dengan kanan kiri penuh dengan rerumputan. Dan hasilnya sudah pasti terlihat sangat romantis. Tempat wisata di Lampung ini memang belum begitu banyak dijamah wisatawan, jadi alamnya hingga kini juga masih sangat terjaga keasriannya, terutama rumputnya.

Pantai Batu Tihang

Dinamakan Pantai Batu Tihang karena tepat di bibir pantai terdapat batu besar yang cukup tinggi yang menyerupai tiang. Tihang yang berarti Tiang, maka dinamakanlah Pantai Batu Tihang. Uniknya lagi batu tersebut justru tumbuh tanaman nan hijau, semakin membuat penasaran wisatawan memang. Namun di pantai ini wisatawan harus tetap berhati-hati, kalau bisa tidak mencoba berenang di Pantai Batu Tihang. Selain ombaknya yang sangat besar, bebatuan karang sangat banyak di pinggiran pantai. Tempat wisata di Lampung ini justru menjadi surganya para pemancing mania, karena cukup banyak bebatuan karang di pantainya menjadi semakin banyak ikan-ikan karang yang sangat lapar akan umpan. Selfie di Pantai Batu Tihang menjadi sebuah kewajiban sebagai cindera mata abadi. Semakin terlihat eksotis lagi ketika hari mulai sunja dan sunset dibalik Batu Tihang menjadi background selfie yang tiada duanya. Untuk lokasinya terletak di Desa atau Pekon Kota Karang, yang masih di dalam wilayah Pesisir Utara.

Pantai Karang Nyimbor

Berada di garis pantai yang sama dengan Pantai Tanjung Setia, Pantai Karang Nyimbor yang juga dikenal dengan sebutan Ujung Bocur juga memiliki ombak yang sangat keren. Bahkan karakter ombak pipeline juga sering muncul di Pantai Karang Nyimbor. Tak heran jika di bulan-bulan tertentu atau pada pertengahan tahun banyak sekali para surfer professional yang datang dari Negara-negara seperti Amerika Serikat, Perancis, Jerman pada berdatangan di Pantai Karang Nyimbor. Perhatian dari pemerintah daerah juga sangat membantu meningkatnya sektor pariwisata seperti digelarnya event surfing di Kabupaten Pesisir Barat. Dan akhirnya tempat wisata di Lampung, khususnya di Pesisir Barat banyak dikenal wisatawan manca.

Pantai Kuripan

Destinasi wisata bahari ini sangat unik dan juga eksotis yang terletak di Desa Kuripan dan berada di dalam wilayah Kecamatan Pesisir Utara. Kamu akan menemukan pemandangan yang sangat jarang sekali ada di pantai manapun. Yakni adanya kerbau yang ikut berjemur dan menikmati sunset di pinggiran Pantai Kuripan. Menjadi obyek fotografi yang sangat unik banget pastinya. Selain pemandangan yang unik seperti adanya kerbau berjemur, kamu juga akan disguhi perbukitan yang terlihat begitu hijau dipenuhi pepohonan tepat di hadapan kamu. Tempat wisata di Lampung ini memiliki ombak yang tidak besar, jadi cukup aman jika kamu ingin berenang di pinggiran pantainya. Mayoritas penduduk di Pantai Kurian ini adalah nelayan, jadi kamu bisa belanja ikan segar dari hasil tangkapan nelayan Desa Kuripan. Dan yang pasti harganya juga sangat murah.

Pantai Labuhan Jukung

Ombaknya jauh lebih bersahabat jika dibandingkan dengan Pantai Tanjung Setia yang setinggi 6 meter. Bagi wisatawan yang hanya ingin menikmati panorama pantai memang sangat cocok jika berkunjung di Pantai Labuhan Jukung. Kontur pantainya yang landai dan ombaknya cenderung tenang, cukup aman buat berenang terutama untuk anak-anak. Pasir pantainya yang putih bersih berpadu dengan pepohonan kelapa memberikan nuansa yang begitu damai berada di Pantai Labuhan Jukung. Tempat wisata di Lampung ini mengalami banyak perubahan terutama pada pintu gerbang masuk yang dulu semrawut sekarang jauh lebih cantik dengan designnya yang jauh lebih menarik. Tempat wisata di Lampung yang terletak di Kampung Jawa dan berada di dalam Kecamatan Pesisir Tengah ini memang tidak pernah sepi akan wisatawan, dan memang menjadi salah satu pantai yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Pantai Lintik

Destinasi wisata pantai yang menjanjikan sebuah kedamaian dan kenyamanan di Kabupaten Pesisir Barat, inilah Pantai Lintik. Hanya para traveler yang sedikit menyukai petualangan yang biasanya mengunjungi Pantai Lintik, dan itupun ketika hari libur saja. di hari-hari biasa, Pantai Lintik ini sangat sepi akan pengunjung. Jika kamu seorang yang ingin menikmati pantai dan tidak ingin keramaian, maka Pantai Lintik bisa kamu jadikan daftar tempat wisata di Lampung yang harus kamu kunjungi. Kamu akan dibawa seperti berada di dalam sebuah pulau yang tidak berpenghuni atau bahasa kerennya, private island. Hamparan luas pasir pantainya tersaji di Pantai Lintik, dan kamu bakalan puas beraktifitas apapaun di pantai yang berlokasi di Desa Lintik, dan berada di dalam Kecamatan Krui Selatan.

Pantai Mandiri

Hamparan pasir pantainya yang sangat lebar menjadi karakter Pantai Mandiri, tapi tidak ketinggalan juga ombaknya yang cukup ganas juga menjadi sajian utama di Pantai Mandiri. Dan memang buat kalian yang tidak bisa berenang harus berhati-hati ketika ingin bermainan air di Pantai Mandiri. Karakter ombaknya hampir sama seperti Pantai Tanjung Setia atau pantai lainnya yang juga cukup ganas dan tinggi. Tapi bagi wisatawan yang tidak bisa surfing atau bahkan berenang jangan khawatir eksotisme sunset yang hadir di Pantai Mandiri ini khusus buat wisatawan yang ingin sekedar menikmati keindahan Pantai Mandiri. Tempat wisata di Lampung ini lokasinya berada di Dusun Mandiri Heni yang masih di dalam wilayah Kecamatan Krui Selatan.

Pantai Melasti

Sajian panoram pantai yang benar-benar berbeda jika dibandingkan dengan semua pantai yang ada di Kabupaten Pesisir Barat. Sebelum kamu masuk ke kawasan pantai kamu akan disuguhi Pura Thirta Buana. Nuansa Pulau Dewata begitu kental di Pantai Melasti, dan mungkin saja kamu akan merasa di Pulau Bali. Nama Melasti itu sendiri diambil dari sebuah upacara keagamaan umat Hindu, dan Pantai Melasti itu sendiri dulu memang banyak masyarakatnya berasal dari Pulau Bali, ketika era transmigrasi. Jadilah Pantai Melasti yang memiliki nuansa khas seperti pantai-pantai di Pulau Dewata. Sajian yang paling istimewa di tempat wisata di Lampung ini adalah sunset-nya. Kamu bisa bersantai di atas pasir putih sembari menikmati keindahan sunset yang tenggelam dibalik deburan ombak menjadi sebuah pengalaman wisata yang cukup menakjubkan. Lokasi Pantai Melasti ini terletak di Desa atau Pekon Marang, yang masih di wilayah Kecamatan Pesisir Selatan.

Pantai Pasir Putih Lemong

Lokasinya berada di dalam wilayah Desa Kecamatan Lemong cukup mudah untuk mengunjunginya. Kamu akan merasakan damainya di Pantai Pasir Putih Lemong, karena hingga kini masih jarang wisatawan yang berkunjung di pantai tersebut. Karena masih sepi maka kamu akan merasakan bagaimana rasanya tinggal di private island. Hamparan pasir putih dan juga pepohonan kelapa yang senantiasa memayungi dan perbukitan yang penuh pepohonan yang hijau membuat suasana di pantai sangat mendamaikan. Ombaknya yang tidak begitu besar dan birunya air laut membuat siapapun yang mengunjungi pantai ini tidak akan sabar untuk cepat-cepat nyebur. Tempat wisata di Lampung ini memang menghadirkan panorama pantai yang masih begitu asri dan alamnya masih sangat terjaga.

Pantai Pugung Tampak

Memiliki ketinggian ombak sekitar 6 hingga 8 meter menjadi salah satu daya pikat Pantai Pugung Tampak untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan asing, terutama para peselancar. Dan memang du bulan-bulan tertentu begitu banyak para peselancar professional yang berasal dari Indonesia maupun manca menjajal ganasnya ombak di Pantai Pugung Tampak. Sepertinya dikhususkan hanya para peselancar saja, ternyata tidaklah demikian pesona tempat wisata di Lampung ini begitu indah buat kalian yang tidak bisa berselancar. Sajian pasir pantainya yang putih serta keasrian kawasan dengan banyaknya pepohonan nan hijau di pinggir pantai menjadi pemandangan yang sangat menarik. Akan lebih terlihat eksotisnya ketika kamu berada di pantai ini saat senja datang. Keindahan sunsetnya begitu terlihat  memberikan romantika Pantai Pugung Tampak. Lokasi Pantai Pugung Tampak ini terletak di dalam wilayah Kecamatan Pesisir Utara.

Pantai Tanjung Setia

Salah satu destinasi wisata di Kabupaten Pesisir Barat yang potensinya sungguh luar biasa, bahkan sangat dikenal oleh wisatawan asing terutama para peselancar. Pantai Tanjung Setia ini memang memiliki karakter ombak yang cukup luar biasa, bahkan di bulan-bulan tertentu ombaknya bisa setinggi 6 meter. Sudah pasti menjadi surganya para peselancar, baik peselancar domestik maupun peselancar asing yang sudah professional. Meski menjadi surganya peselancar bagi wisatawan yagn tidak bisa berselancar tetap saja bisa menikmati birunya air laut di pinggiran Pantai Tanjung Setia. Tempat wisata di Lampung ini tepatnya berada di Desa Tanjung Setia, yang masih berada di wilayah Kecamatan Pesisir Selatan.

Pantai Tembakak

Memang hampir mayoritas Pantai Tembakak ini dipenuhi bebatuan karang dan juga memiliki ombak yang cukup lumayan menantang. Namun sayang cukup berbahaya untuk surfing, karena bebatuan karangnya bisa berada di tengah pantai. Tapi tidak semuanya, ada salah satu kawasan pantai yang memiliki view yang sangat indah, dan minim akan bebatuan karang. Dan biasanya banyak dipenuhi perahu nelayan yang siap menunggu untuk mengantarkan para wisatawan ke Pulau Pisang. Pantai ini dipenuhi dengan pepohonan kelapa yang cukup rapat, jadi buat kamu yang ingin menikmati keindahan pantai tanpa harus berpanas-panasan, sepertinya kawasan Pantai Tembakak ini cocok buat kalian. Tempat wisata di Lampung ini secara administratif masih terletak di Way Sindi dan di dalam Kecamatan Karya Penggawa.

Pantai Walur

Lokasinya tidak begitu jauh dengan Pantai Way Redak dan juga Pantai Labuhan Jukung. Namun untuk ombaknya di Pantai Walur ini sangat berbeda, sedikit lebih bersahabat jika dibandingkan dengan kedua pantai tadi. Sangat cocok bagi peselancar pemula atau yang ingin belajar berselancar, tidak jauh dari bibir pantai ombaknya tidak terlalu besar, dan juga nyaris tidak ada bebatuan karang. Pantai Walur ini benar-benar sangat indah, beberapa puluh meter dari bibir pantai kamu akan disuguhi hamparan rerumputan nan hijau dengan rapatnya pepohonan kelapa yang cukup tinggi. Inilah spopt ngadem sembari menikmati panorama Pantai Walur. Tempat wisata di Lampung ini terletak di Desa Walur dan beradda di dalam wilayah Kecamatan Krui Selatan.

Pantai Way Haru

Jika kamu suka berpetualang atau kamu seorang bikers, mungkin Pantai Way Haru ini menjadi destinasi yang tepat buat kalian. Lokasinya memang sangat terpencil, bahkan akses jalannya pun juga masih tanah.  Jadi kamu membutuhkan waktu berjam-jam hingga sampai di Pantai Way Haru. Pantai Way Haru ini cukup dikenal dengan hamparan pantainya yang sangat luas. Bahkan tak jarang banyak bikers yang selfie di atas hamparan pasir pantainya. Sangat menyenangkan memang jika kamu mengendari motor atau mobil offroad di Pantai Way Haru, yang tidak hanya lebar pantainya tapi juga memiliki garis pantai yang sangat panjang. tempat wisata di Lampung ini tepatnya berada di Desa Way Haru, dan di dalam wilayah Kecamatan Bengkunat Belimbing.

Pantai Way Sindi

Masih belum begitu banyak traveler yang mengetahui Pantai Way Sindi, padahal pantai ini memiliki panorama yang begitu sempurna. Mulai dari pantainya yang berpasir putih dan juga pesona sunsetnya yang begitu eksotis. Ada semacam laguna atau muara yang terpisah dari bibir pantai, yang sepertinya bisa dijadikan spot memancing yang cukup menantang di bawah rimbunnya pepohonan kelapa. Ombaknya tergolong cukup tenang, dan cukup aman jika kamu ingin bermainan air di bibir pantai. Untuk lokasi tempat wisata di Lampung ini tidak begitu jauh dengan destinasi wisata Goa Muta dan juga Sungai Way Sindi. Sebuah paket wisata yang sangat menarik yang harus kamu kunjungi ketika kamu berada di Kabupaten Pesisir Barat. Lokasi Pantai Way Sindi ini terletak di Desa Way Sindi Hanuan, dan di dalam Kecamatan Karya Penggawa.

Pantai Way Gegas

Lokasinya tidak begitu jauh dari Pantai Pasir Putih Lemong ini juga menarik untuk dikunjungi. Lagi-lagi pantai yang seakan masih tersimpan dan masih belum begitu banyak wisatawan yang mengunjunginya. Memiliki ombak yang sedang, dan memang cocok buat kamu yang ingin belajar berselancar atau bisa juga buat kamu yang masih pemula dalam dunia surfing. Hampir sepanjang pantainya dipenuhi dengan pepohonan yang cukup banyak dan menjorok ke bibir pantai menjadi pemandangan yang cukup unik. Buat kalian yang ingin menikmati panorama pantai tanpa harus berpanas-panasan, maka tempat wisata di Lampung yang satu ini sangat tepat buat kalian. Kamu bisa bersantai di bawah pepohonan yang cukup rindang sembari bersantai menikmati birunya air laut dan kemilau deburan ombak pantai. Lokasinya terletak di Desa Bandar Pugung dan masih di dalam wilayah Kecamatan Lemong.

Pantai Way Jambu

Ombaknya yang juga cukup ganas di Pantai Way Jambu ini juga termasuk dalam daftar pantai yang sering digunakan untuk pagelaran surfing internasional. Pantai Way Jambu memang memiliki karakter ombak yang juga sama seperti pantai lainnya yang sering digunakan para peselancar. Minimnya bebatuan karang yang ada di tengah pantai menjadi pilihan para surfer untuk latihan berselancar di Pantai Way Jambu. Tapi bagi wisatawan yang tidak bisa berselancar tetap saja bisa menikmati panorama indah yang tersaji di Pantai Way Jambu. Terutama ketika hari sudah mulai senja, sunsetnya yang benar-benar indah tersaji sempurna di Pantai Way Jambu. Tempat wisata di Lampung ini tepatnya berada di daerah Bangun Negara, Kecamatan Pesisir Selatan.

Pantai Way Redak

Tempat wisata di Lampung ini juga bisa dinikmati wisatawan yang tidak bisa berselancar, meskipun pantai ini juga sering digunakan para peselancar untuk latihan. Pantai Way Redak ini konturnya cukup landai dan beberapa meter dari bibir pantai masih sangat dangkal, jadi tergolong cukup aman buat bermainan air di Pantai Way Redak. Kemilau pasir pantainya yang bersih serta berpadu dengan hijau pepohonan di pinggir pantai semakin menambahkan keindahan Pantai Way Redak. Pantai ini juga menjadi surganya para pemancing mania, karena ada beberapa bagian pantai yang cukup banyak bebatuan karang bisa menjadi spot memancing yang sangat tepat untuk merasakan sensasi strike ikan-ikan besar. Lokasi Pantai Way Redak berada di wilayah Kecamatan Pesisir Tengah yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Krui yang hanya sekitar 3 km saja melalui jalan darat.

Pelabuhan Kuala Stabas

Salah satu destinasi wisata alternatif yang ada di Kabupaten Pesisir Barat yang sangat dekat dengan pusat Kota Krui, yakni Pelabuhan Kuala Stabas. Pelabuhan ini cukup ramai ketika musim liburan, karena Pelabuhan Kuala Stabas ini menjadi salah satu pintu masuk menuju Pulau Pisang.  Dan banyak sekali kapal-akapal nelayan yang bersandar di pelabuhan yang selslu siap mengantarkan kamu ke Pulau Pisang, atau hanya berkeliling di pesisir atau pantai-pantai dekat pelabuhan. Sebenarnya pelabuhan ini juga memiliki potensi yang cukup luar biasa, seperti menjadi tempat wisata di Lampung, khususnya wisata kuliner. Cukup banyak nelayan yang melelang ikan hasil tangkapannnya di Pelabuhan Kuala Stabas dan sudah pasti kamu akan mendapatkan harga yang sangat murah dan berbagai macam pilihan ikan.

Perkebunan Damar Pahmungan

Kabupaten Pesisir Barat memang cukup terkenal dengan penghasil getah dammar yang memiliki kualitas yang sangat bagus. Dan ada dua wilayah di Pesisir Barat yang terdapat perkebunan damar yang cukup luas hingga ribuan hektar. Di daerah Gunung Kemala, Way Krui dan satunya lagi di Desa Pahmungan, Kecamatan Pesisir Tengah. Tidak hanya sekedar kebun atau repong dammar saja yang ada di Desa Pahmungan yang bakal kamu nikmati, tapi panorama pedesaan yang berada di balik bukit Taman Nasional Bukit Barisan ini bisa menjadi tempat wisata di Lampung yang sangat menarik. Kamu bisa melihat bagaimana cara memanen getah dammar, serta menikmati suguhan buah durian dan duku yang juga banyak tumbuh di dalam Kebun Damar Pahmungan.

Pulau Pisang

Lokasi pulau yang memiliki luas lebih dari 2000 hektar ini sangat terlihat begitu jelas dari Pantai Tembakak, jadi hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit untuk sampai di Pulau Pisang. Pulau ini hampir semua luas wilayahnya di kelilingi pantai berpasir putih yang begitu indah, dan konturnya yang landai membuat wisatawan semakin nyaman berenang di pantai Pulau Pisang. Kamu bisa menikmati keindahan Pulau Pisang jika semalam menginap di pulau tersebut, baik nge-camp atau menyewa penginapan milik warga. Mulai dari indahnya sunset hingga menikmati sinar cahaya sunrise bakalan bisa kamu nikmati semuanya di Pulau Pisang. Tempat wisata di lampung ini sekarang sudah menjadi kecamatan sendiri, yakni Kecamatan Pulau Pisang.

Pusat Penangkaran Penyu Muara Tembulih

Tempat wisata di Lampung yang cukup menarik untuk dikunjung dan sarat edukasi di Pesisir Barat salah satunya adalah di Pusat Penangkaran Penyu Muara Tembulih. Ada sekitar 7 jenis penyu yang dikembangkan di pusat penangkaran ini. Mulai dari penyu belimbing, penyu sisik, penyu lekang, penyu hijau, dan masih banyak lagi. Selain kamu bisa melihat proses pengembangbiakan penyu kamu juga bisa melihat bagaimana melepaskan tuki-tuki atau anakan penyu ini di lepas pantai. Penangkara penyu ini justru menarik minat para wisatawan asing, dan di musim loiburan cukup banyak wisatan asing yang berkunjung disana. Selain itu pantai yang di dekat penangkaran juga cukup keren buat selfie. Lokasi penangkaran penyu ini terletak di Desa Muara Tembulih, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Ngambur.

Sungai Way Pampang

Jika kamu berkunjung ke Pantai Batu Tihang, tapi ombaknya terlalu besar dan kamu ga bisa bermainan air, ada opsi yang cukup menarik, yakni ke Sungai Way Pampang. Sungai yang penuh bebatuan granit yang di pinggirnya dipenuhi pepohonan yang menjulang tinggi menjadi spot bermain air yang sangat aman dan pasti nyaman. Air yang mengalir di antara sela-sela bebatuan membentuk bisa menjadi obyek atau background fotografi yang sangat artistik. Kamu juga bisa berendam di kolam-kolam kecil di antara bebatuan sembari menikmati panorama alam yang cukup memukau. Tempat wisata di Lampung ini juga tidak begitu jauh dengan kawasan wisata kuliner yang berada di Kota Karang, yang masih di wilayah Kecamatan Pesisir Utara.

Sungai Way Sindi

Desa Way Sindi, Kecamatan Karya Penggawa memang memiliki obyek wisata yang sangat potensial mendatangkan lebih banyak wisatawan. Selain pantainya yang indah, Goa Matu, dan masih ada lagi yakni Sungai Way Sindi. Meski hingga saat ini masih jarang yang memanfaatkan aliran Sungai Way Sindi sebagai river tubing, mungkin kamu bisa mencobanya dan menantang semua rintangan bebatuan granit yang banyak berada di tengah sungai. Menariknya lagi, jika kamu ingin river tubing Sungai Way Sindi ini akan bermuara di Pantai Way Sindi. Benar-benar pengalaman wisata yang sangat berkesan dan tidak akan pernah terlupakan berada di tempat wisata di Lampung yang satu ini.

Tempat Wisata di Pringsewu

Kabupaten Pringsewu tergolong Kabupaten baru yang ada di Provinsi Lampung, pada tahun 2008 Pringsewu resmi menjadi Kabupaten sendiri yang sebelumnya menjadi salah satu bagian wilayah dari Kabupaten Tanggamus. Pringsewu memang memiliki potensi besar pada sektor agraris, jadi untuk sektor wisata Pringsewu mengandalkan potensi alam yang dimilikinya. Tetapi ada beberapa tempat wisata di Lampung yang beberapa obyek wisata terkenal berada di Kabupaten Pringsewu. Dan berikut ini destinasi wisata menari yang ada di Pringsewu.

Air Terjun Curug 7

Cukup eksotis Air Terjun Curug 7 yang terletak di areal hutan Register 22 yang berada di dalam wilayah Kecamatan Pagelaran Utara. Air terjun dengan ketinggian sekitar lebih dari 10 meter ini sebenarnya memiliki banyak tingkatan bebatuan dan kalau dihitung secara detail lebih dari tujuh tingkatan. Karena berada di kawasan hutan, panorama akan keasrian alamnya sungguh terasa. Salah satunya adalah udara yang sangat sejuk dan bersih selalu menyelimuti. Airnya yang begitu jernih akan menyegarkan kamu dan menghilangkan rasa lelah kamu selama perjalanan. Meskipun akses jalannya untuk menuju tempat wisata di Lampung ini bisa menggunakan kendaraan roda dua, tapi lokasinya cukup lumayan jauh dari pusat Kota Kecamatan Pagelaran Utara.

Air Terjun Girimulyo

Masih berada di daerah Kecamatan yang sama dengan Air Terjun Pagasan, yakni Kecamatan Pagelaran Utara. Memang Air Terjun Girimulyo ini jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan Air Terjun Pagasan yang cukup tinggi. Tetapi pesona keindahan alamnya tidak akan kalah, bahkan kolamnya sangat luas dengan kedalaman yang sedang yang menjadi daya pikat wisatawan untuk datang ke Air Terjun Girimulyo. Dan menjadi tempat wisata di Lampung yang wajib kamu kunjungi setelah kamu berkunjung ke Air Terjun Pagasan yang sama-sama di Desa Neglasari. Kamu juga bisa mencoba cliff jumping di Air Terjun Girimulyo, karena memang cukup dalam jadi sangat aman dan tidak menyentuh dasarnya. Sangat menarik bukan??

Air Terjun Pagasan

Destinasi wisata yang satu ini memang lagi nge-hits di media sosial, karena banyaknya traveler yang upload photo-photo selfie di Air Terjun Pagasan. Air terjun ini juga disebut sebagai Air Terjun Kembar, karena memiliki dua aliran air terjun dalam satu tebing. Tingginya juga cukup lumayan sekitar 10 meter dengan debit airnya yang cukup besar. Dan ada satu spot favorit yang menjadi buruan para traveler, yakni kolamnya yang begitu luas yang berada di bawah agak ke samping air terjun. Airnya yang sangat jernih dan juga adem semakin membuat wisatawan betah banget berada di tempat wisata di Lampung ini. Bahkan kamu juga bisa merasakan sensari guyuran air terjun yang tiada hentinya. Lokasinya sendiri tidak begitu jauh dari Desa Neglasari, di Kecamatan Pagelaran Utara yang hanya butuh beberapa menit saja untuk sampai ke lokasi air terjun.

Air Terjun Selapan

Tempat wisata di Lampung ini memang sangat cocok buat kalian yang suka berpetualang. Setidaknya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam berjalan kaki menuju Air Terjun Selapan dari pemukiman warga desa terdekat. Dengan melewati perkebunan kopi milik warga,s erta beberapa kali kamu harus mendaki dan melalui jalanan menurun yang cukup tajam. Cukup menantang memang, tapi pesona alam yang masih sangat asri benar-benar bisa kamu nikmati. Air Terjun Selapan memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan debit airnya yang cukup besar, hingga memenuhi kolam di bawahnya. Airnya yang jernih dan udaranya yang sejuk akan seketika menghilangkan rasa lelah kamu selama perjalanan. Lokasinya sendiri terletak di Desa Selapan, yang masih berada di dalam wilayah Kecamatan Pardasuka. Kamu juga bisa menjelajahi alam Desa Selapan, karena tidak jauh dari Air Terjun Selapan terdapat goa vertikal, yakni Goa Selapan.

Alun-Alun Pendopo

Inilah spot wisata malam yang sangat keren di Kabupaten Pringsewu, Alun-Alun Pendopo. Buat kalian yang datang dari luar Kabupaten Pringsewu, mengunjungi Alun-Alun Pendopo menjadi hal yang wajib yang harus kamu lakukan. Tanpa mengunjungi Alun-Alun Pendopo Pringsewu itu berarti kamu belum pernah mengujungi Pringsewu. Tempat wisata di Lampung ini memang sangat cocok ketika malam hari, sembari nongkrong dan mencicipi berbagai macam kuliner khas kamu juga bisa menikmati keindahan malam di Kota Pringsewu. Selfie sebagai cindere mata menjadi hal yang harus kamu lakukan ketika berada di Alun-Alun Pendopo Kota Pringsewu. 

Bendungan Way Ngison

Wisata alternatif yang cukup menarik utnuk dikunjungi di Kabupaten Pringsewu salah satunya adalah Bendungan Way Ngison. Memang jika dilihat dari segi fasilitasnya memang nyaris tidak ada, dan memang bendungan ini diperuntukan hanya digunakan sebagai pengairan atau irigasi. Namun bagi pecinta piknik Bendungan Way Ngison juga bisa sebagai tempat wisata di Lampung yang cukup menarik. Setidaknya bisa melepaskan penat kesibukan di kota atau bisa juga sebagai tempat wisata memancing air tawar yang cukup banyak hidup di Bendungan Way Ngison. Kamu bisa menikmatinya di pinggiran bendungan sembari bersantai atau selfie dengan background bendungan yang cukup keren dengan aliran deras air yang turun ke bawah. Lokasi Bendungan Ay NGison ini terletak di Desa Way Ngison, dan masih di dalam wilayah Kecamatan Pagelaran.

Bukit BLT

Namanya seperti program pemerintah untuk warga yang kurang mampu yaa BLT. Tapi bukan itu Bukit BLT ini singkatan dari Desa Blitarejo dimana Bukit BLT ini secara administratif masuk di wilayah Desa Blitarejo, Kecamatan Gadingrejo. Sekilas memang hampir mirip dengan Bukit PJR dengan panorama perbukitan dan hijaunya areal persawahan. Ketika kamu berada di Bukit BLT memang sebisa mungkin sebelum matahari mulai menampakkan sinarnya dan juga sebelum sinar senja menghilang. Itulah sajian istimewa bagi wisatawan yang berada di Bukit BLT. Tempat wisata di Lampung ini memang ramai banget dikunjungi anak-anak muda yang ingin mencari spot selfie terindah di Pringsewu.

Bukit Pangonan Pajaresuk

Obyek wisata kekinian yang mayoritas pengunjungnya anak-anak muda, itulah Bukit Pangona Pajaresuk. Tempat wisata di Lampung ini juga menjadi salah satu spot selfie paling romantis yang ada di Kabupaten Pringsewu. Di Bukit Pangonan Pajaresuk ini terdapat Jembatan Cinta, Rumah Pohon, dan juga Jembatan Kapal atau yang betnuknya mirip kapal yang sedikit menjorok ke arah tebing. Selain aktifitas selfie maupun fotografi di Bukit Pangonan Pajaresuk kamu juga bisa menikmati keindahan alam perbukitan yang dipenuhi dengan pepohonan nan hijau. Selain itu pesona sunset juga hadir sangat indah jika dilihat dari Bukit Pangonan Pajaresuk. Untuk lokasinya sendiri juga tidak jauh dari pusat Kota Pringsewu dan untuk akses jalannya sendiri juga sangat bagus dan cukup dekat dengan pemukiman penduduk.

Bukit PJR

Destinasi wisata bagi anak-anak muda dan spot selfie kekinian yang ada di Pringsewu adalah Bukit PJR. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Panjarejo dan masih berada di dalam wilayah Kecamatan Gadingrejo. Obyek wisata di Pringsewu ini nyaris tiada habisnya, mulai dari pagi, sore, hingga malam hari selalu menghadirkan pesona alamnya yang sangat berbeda-beda. Kamu bisa melihat keindahan sunrise di pagi hari, kamu bisa menikmati areal persawahan dan juga perbukitan nan hijau, kamu juga bisa melihat eksotisme sunset, dan terkahir kamu bisa melihat lampu pijar perkotaan dari Bukit PJR. Benar-benar tempat wisata di Lampung yang sangat menarik untuk dikunjungi memang, dan akan lebih berkesan lagi jika kamu nge-camp di area Bukit PJR.

Bukit Tursina

Tak lengkap rasanya jika kamu berkunjung di obyek wisata Talang Indah, tanpa mampir ke Bukit Tursina. Cukup dekat jaraknya dengan Talang Indah yang hanya beberapa menit saja berkendara. Sajian yang berbeda di Bukit Tursina, seperti adanya danau kecil serta ada pulau atau gundukan tanah di tengah menjadi spot favorit para wisatawan untuk memancing dan juga selfie. Bukit Tursina ini memiliki fasilitas yang cukup memadai, adanya toilet umum serta kafetaria semakin membuat wisatawan betah berada di Bukit Tursina. Tempat wisata di Lampung ini juga dipenuhi pohon buah-buahan, seperti pohon jambu, pohon jeruk, pohon duku, dan yang lain semakin membuat kawasan Bukit Tursina semakint erlihat begitu adem.lokasi Bukit Tursina ini berada di Desa Bumiayu yang masih di dalam wilayah Kecamatan Pringsewu.

Bukit Widoro Payung

Kabupaten Pringsewu memang memiliki banyak obyek wisata puncak, dan salah satunya adalah Bukit Widoro Payung yang memiliki ketinggian di atas 200 mdpl. Sudah pasti udara yang begitu sejuh serta bebas dari polusi sangat terasa ketika kamu sudah berada di puncak. Tempat wisata di Lampung ini tidak hanya menyajikan hijaunya sawah dan perbukitan saja. tetapi keindahan sunrise dan juga eksotisme sunset menjadi buruan utama para traveler yang mengunjungi Bukit Widoro Payung. Lokasinya sendiri tidak begitu jauh dari desa terdekat, yakni Desa atau Pekon Patoman yang masih di dalam wilayah Kecamatan Pagelaran.

Goa Maria Padang Bulan

Hampir sama dengan Goa Maria Tritis yang ada di Yogyakarta yang arealnya dipenuhi dengan pepohonan yang sangat besar dan suasananya yang sangat sejuk. Begitu juga dengan Goa Maria Padang Bulan yang berada di Desa Pajaresuk, Kecamatan Pringsewu ini. Goa Maria Padang Bulan ini diyakini oleh para umat Katholik sebagai tempat petilasan Bunda Maria. Dan konon kabarnya Bunda Maria pernah menampakkan fisiknya di Goa Maria Padang Bulan. Selain menjadi tempat peribadahan umat Katholik, Goa Maria Padang Bulan ini juga menjadi tempat wisata di Lampung yang menyajikan panorama alamnya yang begitu asri. Banyak sekali pepohonan besar yang masih berdiri kokoh di kawasan Goa Maria Pajaresuk.

Goa Selapan

Tempat wisata di Lampung ini berada di dalam satu desa dengan Air Terjun Selapan, yakni di Desa Selapan dan di dalam wilayah Kecamatan Pardasuka. Jika kamu suka akan berpetualang melewati perkebunan kopi dan juga rimba, kamu juga bisa mampir di Air Terjun Selapan karena pesonanya juga begitu menggoda dengan alamnya yang masih sangat asri. Dan tidak jauh dengan Goa Selapan juga terdapat goa yang nyaris tidak pernah dijaman oleh manusia, yakni Goa Harimau. Dari kedua goa tersebut sering disebut oleh warga Desa Selapan sebagai goa Kembar. Goa yang berbentuk vertikal ini memang sangat menarik terutama bagi para traveler yang suka caving. Dengan kedalaman sekitar 4 meteran sangat memerlukan tali untuk memasukinya. Jadi peralatan seperti tali, senter dan peralatan lainnya sangat diperlukan jika kamu ingin memasuki Goa Selapan dan Goa Harimau.

Gunung Pamenang

Pengin bawa gebetan, pacar, atau istri ke tempat romantis di Pringsewu? Gunung Pamenang mungkin bisa menjadi spot terbaik yang ada di Kecamatan Pagelaran, tepatnya di Desa Pamenang. Udara yang sejuk, banyaknya pepohonan nan hijau, sunsetnya yang begitu indah menjadi spot yang sangat romantis di Pringsewu. Ketika di puncaknya kamu bisa melakukan berbagai aktifitas meskipun masih sangat minim akan fasilitasnya. Setidaknya kamu bisa menikmati panorama alam yang masih sangat asri dan sudah pasti ngobrol tentang masa depan dengan pasangan atau mungkin ngegombalin gebetan. Tempat wisata di Lampung ini memang lagi hits di kalangan anak-anak muda Pringsewu, yang sering postig photo-photo selfie mereka di medsos.

Makam KH. Gholib

Ada salah satu kata-kata bijak dari beliau “Dunia itu kalau dicari dia lari, kalau dibuang dia datang”, itulah susunan bebera kata yang memiliki arti yang cukup dalam. KH Gholib adlah seorang tokoh agama yang mengangkat senjata melawan kolonialisme Belanda dan juga era imperialism Jepang di tanah air. Bahkan KH Gholib ini sudah berulang kali ditangkap oleh pasukan Jepang. Karena kekhawatiran Jepang kala itu adalah pengaruhnya sangat besar dan berbahaya jika banyak Kyai yang ikut berjuang melawan Jepang seperti beliau. Bahkan KH. Gholib ini membentuk pasukan jihad untuk melawan tentara Belanda kala itu. Dan hingga kini jasa perjuangan serta keilmuan beliau benar-benar dihargai oleh para Kyai dan juga kaum nasionalis. Dan beliau wafat pada tahun 1949, dan dimakamkan di Kelurahan Pringsewu Barat, Kecamatan Pringsewu.

Puncak Way Kunir

Biasa disebut juga Puncak Pagelaran Utara, karena memang lokasinya terletak di Desa Way Kunir dan juga masih di dalam wilayah Kecamatan Pagelaran Utara. Sajian yang cukup lengkap benar-benar hadir di Puncak Way Kunir ini. Mulai dari pagi sinar cerah sang matahari begitu indahnya, hingga ditutup dengan eksotisme sunset yang sungguh menggoda. Udara yang begitu sejuk dan cukup dingin terasa menyelimuti ketika kamu berada di Puncak Way Kunir. Hamparan hijau perbukitan begitu terlihat jelas di depan mata, yang tak jarang juga kepulan kabut putih menutupi sebagian bukit. Tempat wisata di Lampung ini sangat cocok buat kalian yang suka banget nge-camp di puncak, sembari menunggu hadirnya sinar matahari pertama kali di pagi hari.

Pura Giri Mandala Sutra

Buat traveler asal Pringsewu sepertinya tidak perlu jauh-jauh ke Pulau Dewata jika ingin melihat pura, cukup di Desa Mataram yang masih di wilayah Kecamatan Gadingrejo saja. Pura Giri Mandala Sutra namanya, selain menjadi tempat peribadahan umat Hindu, kini pura tersebut juga menjadi tempat wisata di Lampung yang cukup hits di kalangan para anak muda yang haus piknik. Meskipun menjadi tempat wisata, tapi kita juga harus mentaati aturan yang ada di pura karena meskipun menjadi lokasi selfie dan juga wisata, pura tetaplah menjadi tempat peribadahan bagi umat Hindu.

Pura Lugusari

Jika di Kecamatan Gadingrejo ada Pura Giri Mandala Sutra, tapi di Kecamatan Pagelaran juga ada Pura Lugusara, tepatnya di Desa Lugusari. Nuansanya beda nyaris sama seperti nuansa di Pulau Dewata, dan di hari-hari terentu sering juga diadakan seperti upacara keagamaan Hindu di Pura Lugusari. Sejarah awal berdirinya Pura Lugusari tak lain adalah banyaknya masyarakat Bali yang mengikuti program transmigrasi ketika masa Orde Baru dan akhirnya meninggal dan menetapkan sampai saat ini. Selain menjadi tempat peribadahan umat Hindu, pura ini juga menjadi tempat wisata di Lampung yang memiliki nuansa khas Pulau Dewata. Desa Lugusari ini sendiri juga sebagai sentra pembuatan kain tapis yang cukup unikdan juga berbagai macam makanan khas.

Talang Buminoto

Meskipun fasilitas seperti wahana bermainnya tidak ada tapi pesona indahnya di Talang Buminoto tidak kalah indahnya dengan destinasi wisata Talang Indah. sajian paling istimewai di Talang Buminoto ini adalah hijaunya areal persawahaan yang berbentuk terasering, yang hampir sama dengan di Ubud Pulau Dewata. Dan memang waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat wisata di Lampung ini ketika padi sudah mulai tumbuh dan masa sebelum panen. Maka kamu akan melihat indahnya sawah terasering yang begitu hijau yang berpadu dengan perbukitan, menciptakan gradasi warna hijau yang begitu sempurna. Talang Buminoto juga menjadi spot selfie yang sangat menantang, kamu bisa selfie di atas jembatan yang akan menguji adrenalin kamu. Tapi keselamatan tetap diutamakan ketika mau selfie di Talang Buminoto. Lokasinya sendiri terletak di Desa Bumirejo yang masih di dalam wilayah Kecamatan Pagelaran.

Talang Indah

Salah satu cagar budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Pringsewu adalah Talang Air Raksasa yang ada di Desa Pajaresuk. Fungsi dari Talang Air Raksasa ini adalah untuk irigasi areal persawahan yang dibangun oleh kolonial Belanda pada thaun 1928. Dan sekarang berubah total menjadi tempat wisata di Lampung yang lagi hits di Kabupaten Pringsewu. Atas kesigapan dan ide kreatif para warga Pajaresuk Talang Air Raksasa itu akhirnya dijadikan sebagai destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi. Salah satu wahana bermain yang diburu banyak traveler adalah flying fox yang setinggi sekitar 30 meter akan menguji adrenalin kamu. Begitu juga dengan jembatan Talang Indah yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter di atas areal persawahan dan juga sungai. Spot selfie yang cukup menguji adrenalin kamu kan?? Panorama alamnya pun juga sangat mendukung, hijaunya areal dan hijaunya perbukitan semakin membuat sejuk dipandang mata.

Sungai Way Wayah

Lokasi Sungai Way Wayah ini terletak di Desa atau Pekon Giri Tunggal yang masih di dalam wilayah Kecamatan Pagelaran Utara. Pesona alam pedesaan yang bisa kamu lihat dari sungai sungguh menakjubkan, hamparan luas pertanian serta perbukitan yang menghijau menjadi pemandangan yang begitu menyejukkan. Kamu bisa menikmati keindahan Sungai Way Wayah dengan cara river tubing atau menggunakan perahu karat. Aliran air Sungai Way Wayah tidak begitu deras, jadi sangat aman jika kalian river tubing di tempat wisata di Lampung ini. Memang hingga saat ini masih jarang yang melakukan aktifitas wisata di Sungai Way Wayah seperti menggunakan perahu karet atau hanya sekedar menggunakan pelampung. Tapi potensi sungai tersebut sebenarnya bisa menarik minat begitu banyak wisatawan jika ada fasilitas seperti perahu karet atau ban pelampung untuk menyusuri sungai.

Telaga Gupid

Sebenarnya memiliki potensi wisata yang cukup menjanjikan namun minimnya pengelolaan jadi hanya sekedar telaga yang biasanya wisatawan yang ingin bersantai menikmati ketenangan. Telaga Gupid sangat minim akan fasilitas, misalnya seperti wahana bermain airnya tidak tersedia di Telaga Gupid. Tapi meskipun sangat minim fasilitasnya, pesona alamnya yang terlihat masih asri menjadi nilai plus tersendiri. Setidaknya tempat wisata di Lampung ini bisa menjadi wisata alternatif di Pringsewu bagi wisatawan yang ingin mencari ketenangan dan juga sudah pasti para pemancing mania. Lokasinya sendiri terletak di Desa atau Pekon Tegalsari, Kecamatan Gadingrejo.

Tugu Bambu Pringsewu

Inilah pintu gerbang Selamat Datang penyambutan bagi semua pendatang yang masuk di Kabupaten Pringsewu. Kebanyakan para pengendara yang memang berasal dari luar Pringsewu biasanya menyempatkan diri untuk beristirahat di Tugu Bambu Pringsewu yang memang juga menjadi Rest Area di Pringsewu. Dan sudah bisa dipastikan, selfie menjadi seperti hal yang wajib bagi para pendatang yang baru pertama kali menginjakkan kakinya di Kabupaten Pringsewu. Cukup unik memang jika dilihat dari sisi arsitektur bangunan tugu. Selain itu kamu juga bisa menjajal berbagai macam kuliner yang sangat mudah kamu temui di kawasan Tubu Bambu Pringsewu. Awalnya tugu ini hanyalah sebagai tugu Selamat Datang namun kini menjadi tempat iwtsa di Lampung yang sangat ikonik dan identik dengan Kabupaten Pringsewu.

Tugu Gajah

Cukup berdekatan dengan kedua tugu yang ada di Pringsewu, mulai dari Tugu Bambu dan Tugu Pringsewu. Tugu Gajah Angkat Besi ini memang memiliki makna yang cukup mencerminkan Provinsi Lampung dan juga Kabupaten Pringsewu. Lampung memang sangat terkenal dengan Taman Nasional Way Kambas yang banyak dihuni Gajah Lampung. Begitu juga dengan atlet angkat besi skala internasional banyak yang berasal dari Provinsi Lampung. Dan itulah makna dari Tugu Gajah Angkat Besi yang mencerminkan Provinsi Lampung di mata dunia. Meskipun kini kurang begitu terawat, tapi Tugu Gajah Angkat Besi ini sudah menjadi tempat wisata di Lampung, khsusunya bagi traveler yang berasal dari luar Lampung. Selfie di Tugu Gajah Angkat Besi sangat unik banget, bakalan dapat banyak like di akun medsos kamu.

Tugu Pringsewu

Dibangun dengan total anggaran 800 juta rupiah ini menjadi spot selfie bagi kalangan anak-anak muda Pringsewu, dan juga wisatawan yang datang dari luar Kabupaten Pringsewu. Lokasinya sendiri juga cukup berdekatan dengan Tugu Bambu dan juga Tugu Gajah. Dan kini telah menjadi ikon dan tempat wisata di Lampung khususnya di Kabupaten Pringsewu. Dibangunan di atas areal persawahan ini ketika sore hari cukup ramai dikunjungi warga yang ingin selfie atau hanya sekedar menghabiskan indahnya senja di Tugu Pringsewu. Cukup menarik memang, buat kalian yang datang dari luar Pringsewu bisa mampir sejenak untuk mengambil beberapa jepretan sebagai oleh-oleh abadi dari Pringsewu.

Tempat Wisata di Tanggamus

Inilah salah satu Kabupaten di Provinsi Lampung yang juga menyimpan beragam destinasi wisata yang sangat menarik. Bahkan tempat wisata di Lampung yang wajib untuk dikunjungi berada di Kabupaten Tanggamus. Berbatasan langsung dengan Kabupaten Pesisir Barat yang sangat terkenal dengan pantai-pantainya yang sangat indah serta banyak mengundang wisatawan asing untuk datang, Tanggamus pun juga tak ingin ketinggalan. Banyak spot wisata bahari yang menjadi andalan Kabupaten Tanggamus, dan tidak ketinggalan juga seperti wisata budaya yang juga sangat menarik untuk disimak dengan melihatnya lebih dekat. Dan Berikut ini daftar obyek wisata di Tanggamus yang bisa kamu jadikan tujuan wisata di akhir pekas atau ketika musim liburan.

Air Terjun Jarum Lebuay

Dijuluki juga sebagai Air Terjun Kembar, karena ketika musim penghujan Air Terjun Jarum Lebuay ini memiliki 2 spot air terjun di sampingnya. Dan memang ketika musim penghujan saja, pesona indah dari Air Terjun Kembar terlihat begitu sempurna yang mengalir sama derasnya meski agak kecil yang satunya. Untuk menuju Air Terjun Jarum Lebuay kamu harus menyiapkan stamina yang betul-betul prima, karena butuh waktu setidaknya 1 hingga 2 jam berjalan kaki dari desa terdekat. Akan lebih baiknya lagi jika kamu menggunakan pemandu dari Desa Datar Lebuay yang benar-benar tahu arah dan juga medannya. Perjalanan yang cukup menyenangkan, dengan melewati perkebunan serta menyibak hutan yang masih menampilkan keasriannya. Sesampainya di air terjun, kolamnya yang luas serta guyuran deras air terjun dengan setia menunggu untuk kamu nikmati kesegaran airnya. Tempat wisata di Lampung ini tepatnya di Desa Datar Lebuay yang masih berada di dalam wilayah Kecamatan Air Naningan.

Air Terjun Kelahang

Tak lengkap rasanya jika kamu habis mengunjungi Pantai Napal, tanpa mampir ke Air Terjun Kelahang yang masih di dalam satu desa, yakni Desa Napal, Kecamatan Kelumbayan. Air terjun yang memiliki bebera tingkatan ini juga memiliki kolam renang yang menunggu kehadiran kamu dan akan kembali menyegarkan diri kamu setelah kepanasan di Pantai Napal. Tempat wisata di Lampung ini juga menjanjikan petualangan alam yang begitu sempurna, mulai dari melewati areal persawahan, sungai yang begitu deras airnya, serta naik turun lembah yang lumayan asyik untuk kita lalui. Masih belum begitu banyak traveler yang mengunjungi Air Terjun Kelahang. So buat kalian yang ingin mencari ketenangan dan kedamaian, sepertinya Air Terjun Kelahang bisa menjadi destinasi wisata yang tepat buat kamu.

Air Terjun Lamuran

Perjalanan yang cukup menarik akan kamu rasakan ketika hendak mengunjungi Air Terjun Lamuran. Lokasinya tidak begitu jauh dari pedesaan atau pemukiman Dusun Lamuran yang hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menitan saja. Dengan berjalan kaki melewati perkebunan kakao milik warga serta sungai-sungai kecil yang begitu jernih airnya yang mengalir di sela-sela bebatuan alam semakin enak dipandang. Sesampainya di Air Terjun Lamuran kamu akan disuguhi keindahan air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter. Hampir sama dengan Air Terjun Way Lalaan 2 yang memiliki debit air yang besar serta kolamnya yang begitu lebar. Tetapi keunikan dari air terjun satu ini adalah adanya batu besar yang berada di tengah kolam, inilah spot buat jumping serta selfie yang cukup keren. Tidak jauh dari Air Terjun Lamuran ada juga Air Terjun Tapusan atau Air Terjun Lamuran 2. Tempat wisata di Lampung ini tepatnya berada di Dusun Lamuran, Pekon Teratas, Kecamatan Kota Agung.

Air Terjun Lembah Pelangi

Daerah di Pekon atau Desa Sukamaju sangat layak jika dijadikan sebagai Desa Wisata, karena memiliki obyek wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Dan salah satunya adalah Air Terjun Lembah Pelangi, yang kemungkinan menjadi air terjun tertinggi di Kabupaten Tanggamus. Air Terjun Lembah Pelangi memiliki ketinggian hampir 90 meter, dan tidak jauh dari Air Terjun Lembah Pelangi juga terdapat Air Terjun Lembah Pelangi 2 yang memiliki 2 air terjun sekaligus. Benar-benar menarik tempat wisata di Lampung yang satu ini, selain kamu menikmati segarnya air terjun kamu juga bisa menikmati air panas yang tepat di bawah Air Terjun Lembah Pelangi dan masih dalam satu sungai. Benar-benar sensasi mandi di dua rasa air yang benar-benar berbeda, antara dingin dan panas. Untuk menuju Air Terjun Lembah Pelangi kamu harus berjalan kaki sejauh hampir 1 kilometer dari desa terdekat, yakni Desa Sukamaju, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Ulubelu.

Air Terjun Talang Ogan

Meskipun akses jalannya untuk menuju ke obyek wisata Air Terjun Talang Ogan ini bisa dilalui kendaraan roda dua, namun kondisinya juga tidak begitu bagus. Apalagi ketika musim penghujan jalanan akan sangat becek dan cukup licin. Melewati perkebunan milik warga serta panorama areal persawahan nan hijau ketika belum panen padi, menjadi pengiring perjalanan kamu menuju air terjun. Sesampainya di lokasi kamu bisa memarkir kendaraan di dekat air terjun, keindahan Air Terjun Talang Ogan yang memiliki debit air cukup deras serta kolamnya yang sangat luas, sangat setia menunggu kedatangan kamu. Dengan ketinggian sekitar 10 an meter membuat suara gemuruh airnya cukup terdengar dari kejauhan. Tempat wisata di Lampung ini terletak di Desa atau Pekon Talang Beringin, yang masih di dalam Kecamatan Pulau Panggung.

Air Terjun Tapusan

Sama seperti dengan Air Terjun Way Lalaan yang di dalam satu kawasan terdapat dua air terjun yang sama-sama indahnya. Sama dengan Air Terjun Tapusan atau Air Terjun Lamuran yang juga memiliki 2 air terjun. Air Terjun Tapusan yang kedua ini sedikit lebih tinggi dan mengharuskan kamu untuk menaiki bukit atau lembah jika ingin mengunjungi Air Terjun Tapusan 2. Meski tidak memiliki kolam di bawahnya, namun pesona air terjun yang bisa kamu jadikan background selfie ini begitu indah dengan warna tebing yang begitu artistik. Tempat wisata di Lampung ini tepatnya di Desa Lamuran, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Kota Agung.

Air Terjun Way Jelay

Berbeda dengan Air Terjun Way Lalaan yang begitu banyak dikenal oleh masyarakat Tanggamus maupun wisatawan dari luar Tanggamus. Air Terjun Way Jelay ini menghadirkan petualangan yang begitu menantang dan juga menjanjikan pesona alamnya yang begitu asri. Butuh waktu setidaknya 2 jam perjalanan menuju Air Terjun Way Jelay, dengan melewati perkebunan milik warga, serta melintasi sungai dan naik turun lembah. Tapi setelah sampai di lokasi Air Terjun Way Jelay kamu akan terpukau dengan keindahannya. Ketinggian air terjun yang lebih dari 20 meteran ini memiliki tebing berbatu yang sangat terjal, dan menumpahkan debit air yang cukup besar. Payung-payung alami dari pepohonan yang berada di kawasan air terjun semakin membuat teduh, sudah pasti wisatawan bakalan betah banget di tempat wisata di Lampung ini. Untuk lokasinya sendiri terletak di daerah Sinar Lebak yang masih di dalam wilayah Kecamatan Tanggamus.

Air Terjun Way Lalaan

Salah satu wisata alam andalan yang dimiliki oleh Kabupaten Tanggamus, yakni Air Terjun Way Lalaan. Di dalam satu kawasan kaki Gunung Tanggamus ini terdapat 2 air terjun yang sama-sama indahnya. Dan memang tempat wisata di Lampung ini mendapatkan perhatian maksimal dari pemerintah, seperti akses jalan yang sangat mudah dan juga di aera Air Terjun Way Lalaan 1 dibuat seperti taman yang begitu indah dan terawat. Air Terjun Way Lalaan 1 memiliki ketinggian hampir 10 meter dengan relief bebatuannya yang begitu eksotis dan juga kolamnya yang sangat luas. Untuk menuju Air Terjun Way Lalaan 2 kamu harus jalan melewati sungai-sungai kecil yang sangat jernih airnya dan harus sedikit mendaki dan menuruni lembah. Air Terjun Way Lalaan 2 memiliki ketinggian sedikit lebih tinggi daripada Air Terjun Way Lalaan 1. Untuk lokasinya sendiri terletak di jalan lintas barat Sumatera dan hanya beberapa meter saja dari jalan raya. Tepatnya di Pekon Kedamaian, yang masih di wilayah Kecamatan Kota Agung.

Air Terjun Way Nipah

Belum begitu banyak traveler dari Kabupaten Tanggamus yang mengetahui Air Terjun Way Nipah. Memang membutuhkan stamina yang cukup prima jika mau mengunjungi Air Terjun Way Nipah. Akses jalannya tergolong tidak mudah, karena kamu harus naik turu lembah, dan bahkan harus mendaki bebatuan besar. Tapi pesona alam sekitar yang masih terjaga keasriannya tak akan membuat bosan perjalanan kamu yang mungkin membutuhkan waktu hingga 1 jam dari desa terdekat. Untuk mengunjungi tempat wisata di Lampung ini memang sebaiknya kamu menggunakan pemandu dari desa, yakni Desa Way Nipah, Kecamatan Pematang Sawa. Air Terjun Way Nipah memiliki ketinggian sekitar 20 an meter dengan kolam dan sungai di bawahnya begitu menggoda untuk diceburin.

Bendungan Batu Tegi

Inilah tempat wisata di Lampung yang wajib kamu kunjungi ketika telah menginjakkan kaki di Kabupaten Tanggamus. Lokasi Bendungan Batu Tegi ini terletak di Desa atau Pekon Batu Tegi, yang masih berada di dalam wilayah Kecamatan Air Naningan. Bendungan yang diklaim sebagai bendungan terbesar di Asia Tenggara ini diresmikan oleh Presiden Megawati Sukarno Putri pada tahun 2004. Selain menjadi penyuplai daya untuk PLTA juga sebagai pengairan untuk sektor pertanian di wilayah Kabupaten Tanggamus. Dan sudah pasti Bendungan Batu Tegi juga sebagai tujuan wisata yang sangat menarik. Berbagai aktfitas bisa kamu lakukan di Bendungan Batu Tegi, mulai dari sekedar bersantai hingga menikmati keindahan bendungan dengan berkeliling menggunakan perahu nelayan. Dan yang terakhir selfie menjadi aktifitas yang wajib kamu lakukan, sebagai cindera mata telah berkunjung di Bendungan Batu Tegi.

Gunung Tanggamus

Seakan semua keindahan alam tersaji di depan mata ketika kamu berada di puncak Gunung Tanggamus. Keindahaan pesona bahari di Kabupaten Tanggamus, pesona sunrise, hingga eksotisme sunset semuanya hadir di puncak Gunung Tanggamus. Gunung Tanggamus memiliki ketinggian 2.102 mdpl yang secara administratif masih berada di dalam wilayah Kecamatan Tanggamus. Gunung Tanggamus kini sudah menjadi tempat wisata di Lampung dan menjadi ikon wisata Kabupaten Tanggamus. Dan begitu banyak para pendaki ketika musim liburan mendaki Gunung Tanggamus. Namun harus diingat bahwa banyak medan yang cukup terjal, dan kehati-hatian serta keselamatan harus menjadi hal yang utama ketika hendak mendaki Gunung Tanggamus.

Danau Hijau Ulubelu

Berada di dalam desa yang sama dengan Air Terjun Lembah Pelangi, yakni di Desa Sukamaju, Kecamatan Ulubelu, menjadi obyek wista yang wajib kamu kunjungi setelah kamu menikmati keindahan air terjun. Dan inilah Danau Hijau Ulubelu yang memiliki air yang berwarna hijau toska. Hijau toska air danau yang berpadu dengan hijaunya pepohonan di perbukitan yang mengelilingi danau membuat harmoni kehidupan yang begitu mneyejukkan. Kamu akan merasakan kedamaian ketika bersantai di pinggir danau yang sudah disediakan pondokan atau gazebo di pinggirnya. Atau kamu juga bisa mengelilingi Danau Hijau Ulubelu dengan menggunakan sampan atau rakit. Tempat wisata di Lampung ini juga menjadi favorit para warga Ulubelu bahkan tak jarang juga banyak wisatawan yang datang dari luar Kabupaten Tanggamus.

Kampoeng Air Margo Tirto

Cukup berdekatan dengan Taman Wisata Butterfly yang masih di dalam satu Kecamatan, yakni Kecamatan Gisting. Kampoeng Air Margo Tirto ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Ketika era kolonial Belanda dulu Kampoeng Air Margo Tirto ini adalah sebuah dam untuk membendung air yang fungsinya untuk mengairi perkebunan kopi yang dibangun oleh Belanda. Dan akhirnya dirombak menjadi tempat wisata di Lampung khususnya wisata air. Fasilitan seperti kolam renang, dan juga bendungan yang difasilitas seperti bebek-bebekan sebagai wahan bagi wisatawanyang ingin menikmati bendungan bersejarah di Kecamatan Gisting. Bahkan nama Gisting itu sendiri diambil dari nama Desa di Belanda yang berbatasan dengan Jerman.

Laguna Gayau

Slah satu tempat wisata di Lampung yang menjadi favorit wisatawan adalah Laguna Gayau yang ada di Kabupten Tanggamus, tepatnya di Desa Kiluan Negeri, dan di dalam wilayah Kecamatan Kelumbayan. Laguna Gayau dijuluki juga sebagai Kolam Raksasa atau Kolam Laut, yang sebenarnya adalah kolam bebatuan karang yang berada tepat di bibir pantai. Dengan kedalaman sedang dan cukup luas, serta warna airnya yang kebiruan inilah yang diburu wisatawan yang ingin menikmati segarnya air laut di Laguna Gayau. Namun harap tetap waspada dengan deburan ombaknya Samudera Hindia yang begitu besar bisa membuat kamu terseret ombak atau bahkan terhempas. Jadi selama mengunjungi Laguna Gayau, keselataman tetap harus diperhatikan. Dan katanya sekarang wisatawan tidak diperbolehkan memasuki Laguna Gayau tanpa ditemani seorang guide, dan juga harus harus memperhatikan cuaca saat itu. Hal ini dikarenakan sudah cukup banyak korban yang terseret ombak ketika sedang asyik berenang di Laguna Gayau.

Kawah Belerang Bukit Pagar Alam

Bukit Pagar Alam sebenarnya menjadi kawasan hidrotermal atau panas bumi, dan adanya kawah belerang di perbukitan tersebut menjadi sebuah bukti adanya panas bumi. Sangat menarik memang untuk dikunjungi, selain kita bisa melihat keunikan alam dan juga menjadi spot wisata yang tidak biasa. Dan Kawah Belerang Bukit Pagar Ala mini juga menjadi spot fotografie yang bisa menghasilkan karya yang begitu artistik. Di area bukit terdapat beberapa titik panas yang biasanya adanya kubangan air yang hanya sedalam beberapa centimeter saja dan terasa begitu hangat. Dan sudah pasti aroma yang begitu khas dari belerang cukup pekat di Bukit Pagar Alam. Selain sebagai kawasan penelitian, kini sudah menjadi tempat wisata di Lampung yang cukup ramai dikunjungi wisatawan. Dan lokasinya sendiri terletak di Desa Pagar Alam, yang masih di dalam Kecamatan Ulubelu.

Pantai Badak

Lokasinya tidak begitu jauh dengan Pantai Karang Putih bahkan garis pantainya juga masih sama, hanya saja pesonanya memiliki keunikan sendiri-sendiri. Pantai Badak tergolong memiliki pantai yang sangat luas, bahkan luas pantainya hingga 3 km. Dengan pantai yang seluas itu benar-benar memanjakan wisatawan yang datang. Kalian bisa melakukan berbagai macam aktifitas ketika berada di Pantai Badak. Adanya bukit di belakang pantai menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan Pantai Badak dari ketinggian. Tidak hanya itu saja, kamu akan merasakan sejuknya udara di perbukitan serta menjadikan background Pantai Badak sebagai photo selfie kamu. Tempat wisata di Lampung ini terletak di Desa Badak yang masih di wilayah Kecamatan Cukuh Balak.

Pantai Karang Bebai

Hampir mirip dengan Pantai Karang Gigi Hiu yang hampir mayoritas pantainya dipenuhi dengan bebatuan karang yang meruncing di bagian atasnya. Ketika air lautnya sedang surut kamu bisa mendaki bebatuan karang yang agak ke tengah pantai. Dan yang pasti salah satu spot selfie yang begitu eksotis ketik, dengan menjadikan bebatuan karang sebagai background photo selfie kamu. Meskipun berada di bebatuan karang ini menghadirkan panorama yang begitu indah, tapi keselamatan juga harus yang paling utama. Jangan berada di bebatuan karang ketika air laut sedang pasang, atau cuaca lagi buruk, dan juga ketika ombaknya terlalu besar. Karena itu sangat berbahaya, kamu bisa terkena hantaman ombak yang begitu besar. dan tempat wisata di Lampung ini juga sebagai surga bagi para pemancing ikan laut. Dan tak jarang banyak pemancing yang mendapatkan ikan-ikan besar di kawasan bebatuan karang. Pantai Karang Bebai ini terletak di Desa atau Pekon Tengor, yang masih di dalam Kecamatan Cukuh Balak.

Pantai Karang Bolong

Dinamakan Pantai Karang Bolong, karena ada bebatuan karang yang memiliki lobang besar di tengahnya, akhirnya sama masyarakat setempat dinamakanlah Pantai Karang Bolong. Pantai ini memiliki pasir berwarna coklat, namun meskipun begitu air lautnya masih terlihat bersih dan berwarna biru. Hiasan bebatuan hitam di pinggiran pantai menambahkan kesan yang begitu eksotis. Pantai Karang Bolong ini juga menjadi spot fotografi yang menghasilkan karya yang begitu indah, dan tak lain di batu karang yang berlobang. Kamu bisa naik di bebatuan tersebut, namun harus berhati-hati ketika air lautnya sedang pasang, sebaiknya dihindari. Tempat wisata di Lampung ini tepatnya berada di Desa atau Pekon Limau, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Ketapang.

Pantai Karang Gigi Hiu

Nama yang sangat unik untuk sebuah pantai yang memiliki eksotisme luar biasa ini. Banyak traveler yang menyebutnya dengan nama Pantai GIgi Hiu, Pantai Pegadungan, atau Pantai Batu Layar. Dan apapun namanya memang kebanyakan traveler sendiri sangat takjub melihat pantai yang penuh dengan bebatuan karang yang cukup tinggi serta ujungnya runcing. Mungkin karena itulah dinamakan Pantai Karang Gigi Hiu. Pantai ini surganya para fotografer yang mayoritas mengambil obyek bebatuan karang atau menjadikannya sebagai background fotografi. Dan sudah pasti selfie di Pantai Karang Gigi Hiu bakalan dapat like banyak banget di medsos. Tempat wisata di Lampung ini memang tidak pernah sepi pengunjung, apalagi ketika senja temaran cahaya matahari yang mulai meredup semakin menampakkan keindahan dari Pantai Karang Gigi Hiu. Lokasinya Pantai Gigi Hiu ini terletak di Desa Pegadungan, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Kalumbayan.

Pantai Karang Putih

Sepertinya obyek wisata Pantai Karang Putih ini harus masuk ke daftar tujuang wisata kamu, ketika menginjakkan kaki di Kabupaten Tanggamus. Pantai yang memiliki pasir yang berwarna putih dan air lautnya yang biru ibarat sebening kaca. Belum lagi adanya tebing di pinggir pantai yang begitu banyak ditumbuhi pepohonan nan hijau. Dan satu spot yang sangat keren di Pantai Karang Putih adalah adanya pulau kecil tepat di tengah pantai. Kamu bisa mengunjungi pulau tersebut hanya dengan berjalan kakai saja ketika air laut sedang surut. Pulau kecilyang cukup banyak dihuni ikan sebagai spot memancing di Pantai Karang Putih, juga menjadi spot selfie terkeren dengan background pulau kecil yang ditumbuhi cukup banyak pepohonan. Tempat wisata di Lampung ini terletak di Desa Putih Doh, yang masuk di dalam wilayah Kecamatan Cukuh Balak.

Pantai Mulang Sayang

Meskipun pasir pantainya agak berwarna kecoklatan namun air lautnya masih tetap biru menyilaukan. Berjajarnya pohon kelapa yang ada di pinggir pantai membuat pantai ini semakin sedap untuk dipandang. Belum lagi indahnya perbukitan nan hijau di sisinya yang seakan menjadi pembatas Pantai Mulang Sayang. Ombaknya tidak begitu besar dan tinggi, jadi tergolong cukup aman jika kamu ingin bermain air di tempat wisata di Lampung ini. Mengambil beberapa jepretan selfie dengan mengambil background bibir pantai dan bukit yang menjulang tinggi menghasilkan photo yang sangat natural banget. Untuk menuju lokasi Pantai Mulang Sayang ini cukup mudah, karena akses jalannya juga cukup bagus dan dekat dari pusat Kota Tanggamus yang hanya berjarak 2 km an saja. tepatnya terletak di wilayah Kecamatan Pematang Sawa.

Pantai Napal

Desa Napal sangat berpotensi menjadi desa wisata yang sangat menarik, bahkan jika dilihat dari potensi sektor wisata mampu menarik minat wisatawan untuk datang. Seperti adanya Pantai Napal yang cukup eksotis dengan pasir pantainya yang putih, air lautnya yang biru dan juga adanya hutan bakau di pinggir pantai menjadi satu kesatuan yang akan membuat wisatawan terpukau. Di Pantai Napal juga ada spot pemancingan yang akan memberikan kamu sensasi strike ikan-ikan besar yang sangat luar biasa. Ada juga spot yang dekat hutan bakau yang juga dihuni begitu banyak ikan. Masih di dalam desa yang sama dan tidak begitu jauh juga terdapat Air Terjun Kelahang yang menghadirkan pesona alamnya yang masih asri. Memang harus diakui bahwa tempat wisata di Lampung yang terletak di Desa Napal Kecamatan Kelumbayang ini benar-benar menarik untuk dikunjungi.

Pantai Sawmil

Mungkin ketika kamu melihat warna pasir pantainya tidak begitu tertarik, karena memiliki warna coklat kehitaman. Dan ini pengaruh dari aliran Sungai Semaka yang bermuara di Pantai Sawmil, yang akhirnya juga berimbas pada warna air lautnya yang terlihat agak kecoklatan. Namun jika kamu melihat pemandangan yang ada di Pantai Sawmil, kamu akan takjub. Bukit Barisan yang seakan menjadi batas pantai dan juga Gunung Tanggamus terlihat begitu jelas di Pantai Sawmil. Apalagi ketika cuaca cerah keindahan akan panorama Gunung Tanggamus dan Bukit Barisan terlihat begitu menghijau penuh dengan pepohonan. Begitu juga dengan di pinggir Pantai Sawmil yang penuh dengan berjajarnya pepohonan yang menjadi payung hidup bagi wisatawan dan para penjual es kelapa muda. Tempat wisata di Lampung ini terletak di Pekon Karang Anyar, yang masih di wilayah Kecamatan Wonosobo.

Pantai Terbaya

Inilah salah satu pantai yang lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Agung yang hanya beberapa kilometer saja. Memiliki pesona yang jauh berbeda dnegan pantai-pantai lainnya, Pantai Terbaya memiliki pasir pantai yang agak kecoklatan dan cukup banyak bebatuan semacam batu granit kecil-kecil yang ada di pinggiran pantai. Ombaknya tidak terlalu besar, dan tergolong cukup aman jika kamu ingin bermainan air. Namun untuk anak-anak harus tetap diawasi, selain ombak bebatuan juga bisa membuat cedera anak-anak. Hiasan pepohonan kelapa yang berjajar di sepanjang pantai semakin mempercantik Pantai Terbaya. Sangat nikmat memang jika kamu berada di tempat wisata di Lampung ini memandang indah panorama pantai sembari minum es kelapa muda di pinggir Pantai Terbaya.

Pemandian Way Bekhak

Tidak hanya sekedar pemandian biasa, tetapi Pemandian Way Bekhak ini juga terdapat air terjun mini yang mengalir di pemandian yang sebenarnya adalah sungai tapi dibangun pembatas di pinggirnya. Berasal dari mata air pegunungan, membuat Pemandian Way Bekhak ini nyaris tidak pernah sepi akan pengunjung. Panorama alamnya yang masih sangat terjaga keasriannya, serta pemandiannya juga sangat bersih menjadi alasan para wisatawan kenapa lebih suka mandi di Pemandian Way Bekhak dari pada di kolam renang. Dengan tingkat kedalaman yang sedang, kamu juga bisa mengambil photo selfie di bawah air, airnya yang sebening kaca akan menghasilkan photo yang luar biasa indahnya. Tempat wisata di Lampung ini berada di wilayah Kecamatan Talang Padang yang tepatnya di Pekon Gunung Alip.

Pemandian Way Sumpuk

Adanya Pemandian Way Sumpuk semakin menambahkan daftar tempat wisata di Lampung, khususnya di Kabupaten Tanggamus yang layak untuk dikunjungi. Hampir sama dengan Pemandian Way Bekhak yang memiliki mata air dan juga kualitas airnya yang sebening kaca. Pemandian Way Sumpuk ini masih belum banyak yang tahu, jadi suasananya masih sangat sepi dengan panorama pedesaan yang begitu khas dan menenangkan. Dan pemandian ini adalah spot unutk fotografi underwater yang kini telah menjadi trend di medsos. Kamu bisa selfie ketika berada di dasar pemandian, bahkan jika kamu ingin photo prewed biar ga ada yang nyamain bisa juga prewed underwater di Pemandian Way Sumpuk. Untuk menuju lokasi memang agak jauh dari pemukiman yang mengharuskan kamu jalan kaki. Tepatnya di Desa Umbul Buah yang masih masih di dalam wilayah Kecamatan Kota Agung Timur.

Taman Kota Agung

Ibukota Kabupaten yang berada di Kota Agung ini mendapat julukan sebagai “kota yang sepi” dan memang begitulah adanya. Seperti jalan-jalan besar yang berada di kota nampak begitu lengang, hal ini dikarenakan Kota Agung bukan sebagai jalan linta antar kota dalam provinsi atau luar provinsi. Dan karena itulah volume kendaraan yang ada di Kota Agung begitu rendah. Tapi ada yang menarik yang ada di Kota Agung, yakni Taman Kota Agung, sebagai spot wisata alternatif yang ada di tengah kota. Taman Kota Agung memang menjadi tempat bersantai warga Kota Agung untuk menikmati indahnya sore hari atau malam hari. Dan di dalam Taman Kota Agung ini ada patung lumba-lumba yang memang sudah menjadi mascot dari Kota Agung. Selain menjadi ruang terbuka hijau, Taman Kota Agung juga menjadi tempat wisata di Lampung yang cukup menarik utnuk dikunjungi, terutama bagi wisatawan yang datang dari luar Tanggamus.

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Bukit Barisan memang terbentang dari utara Pulau Sumatera hingga selatan Pulau Sumatera dan jika di total memiliki panjang sekitar 1.700 km. Dan untuk wilayah Provinsi Lampung, hanya ada 2 Kabupaten yang masuk di dalam wilayah Bukit Barisan, yakni Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Tanggamus. Bukit Barisan yang sudah menjadi situs warisan dunia yang telah di tetapkan oleh UNESCO ini memiliki beragam flora dan fauna di dalamnya. Seperti ahalnya Bunga Raflesia Arnoldi yang bisa kamu temui di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Selain itu fauna yang hidup di dalamnya juga masih sangat banyak, seperti harimau sumatera, hingga berbagai macam burung masih banyak di jumpai di dalam Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Kamu bisa memasuki tempat wisata di Lampung ini melalui Desa Sukaraja, Kecamatan Cukuh Balak atau bisa juga melalui Kecamatan Semaka.  

Taman Wisata Butterfly

Salah satu destinasi wisata alternatif yang menjadi favorit bagi warga Tanggamus, khusunya warga Kecamatan Gisting adalah Taman Wisata Butterfly. Tempat wisata di Lampung ini memang sangat tematik dnegan mengusung wisata air, yang dilengkapi berbagai fasilitas di dalamnya seperti kolam air anak, hingga kolam renang untuk dewasa. Berbagai perlengkapan untuk anak-anak pun juga disediakan seperti ban pelampung, atau adanya guyuran air dari ember raksasa yang menjadi favorit para wisatawan untuk merasakan sensasi guyuran air. Untuk lokasinya sendiri terletak di Pekon Gisting Atas, yang masih di dalam Kecamatan Gisting.

Teluk Kiluan

Inilah destinasi wisata andalan yang dimiliki oleh Kabupaten Tanggamus, Teluk Kiluan namanya. Keindahan yang dimiliki Teluk Kiluan ini sudah terdengar kemana-mana, bahkan wisatawan asing pun ketika musim liburan banyak menghabiskan waktunya di Teluk Kiluan. Seakan semua destinasi wisata bahari menjadi satu di Teluk Kiluan, mulai dari pantainya yang indah, melihat ikan lumba-lumba yang banyak berenang di kawasan Teluk Kiluan. Tak cukup itu saja, kamu juga bisa plesir menggunakan perahu motor ke pulau-pulau terdekat sembari snorkeling menikmati keindahan alam bawah laut Teluk Kiluan. Tempat wisata di Lampung ini juga dilengkapi berbagai macam fasilitas, mulai dari kafetaria, wahana bermain air hingga homestay banyak tersebar di kawasan Teluk Kiluan. Lokasi Teluk Kiluan ini terletak di Desa atau Pekon Kiluan Negeri, yang masih di dalam Kecamatan Kelumbayan.

Tempat Wisata di Tulang Bawang

Potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Tulang Bawang sebenarnya sungguh luar biasanya, terutama pada sektor pariwisata. Letak geografisnya yang berbatasa dengan Laut Jawa memiliki potensi wisata bahari yang bakalan menarik minat banyak wisatawan untuk berkunjung. Namun minimnya perhatian dan juga tata kelola destinasi wisata bahari akhirnya tidak begitu terekspos. Selain wisata bahari juga masih banyak destinasi lainnya yang mungkin bisa kamu kunjungi ketika berada di Kabupaten Tulang Bawang. Dan berikut ini tempat wisata di Lampung, yang lokasinya berada di Kabupaten Tulang Bawang.

Islamic Center Menggala

Inilah Masjid kebanggaan masyarakat Menggala yang terletak di pusat kota. Masjid yang memiliki nama Masjid Ahung Baiturrahman memiliki fasilitas yang sangat memadai. Masjid yang sempat ambruk pada tahun 2015 ini sekarang jauh lebih terlihat kokoh dengan arsitekturalnya yang begitu artistik. Selain menjadi tempat peribadahan bagi umat Islam, Islamic Center Menggala ini juga menjadi tempat wisata di Lampung, khususnya wisata religi. Di Islamic Center Menggala ini juga sangat sering diadakan berbagai acara keagamaan dan biasanya semakin sering adanya pengajian ketika mendekati bulan-bulan Ramadhan.

Kota Tua Menggala

Pada era kolonial Belanda Kota Tua Menggala cukup terkenal sebagai pusat peradaban dan juga pusat perekonomian di Tulang Bawang. Tidak heran juga pada akhirnya Menggala menjadi ibukota Kabupaten Tulang Bawang. Di Kota Tua Menggala masih menyisakan beberapa bangunan peninggalan era kolonial Belanda yang bisa kamu nikmati arsitekturalnya. Dan salah satunya adalah dermaga yang ada di Menggala. Dermaga yang ada di Sungai Tulang Bawang ini dahulunya sebagai akses dan juga sebagai tempat transportasi air ketika itu. Kamu juga masih bisa menikmati dermaga yang ada di Sungai Tulang Bawang, atau kamu juga bisa menyusuri Sungai Tulang Bawang menggunakan perahu milik nelayan. Potensinya juga luar biasa untuk menjadi tempat wisata di Lampung, khususnya bagi warga Tulang Bawang.

Kuala Teladas

Lokasinya yang berada di sebelah paling timur Kabupaten Tulang Bawang ini juga berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Perkampungan yang berada di Way Tulang Bawang ini hampir mayoritas warganya memiliki tambak ikan air tawar, mulai dari ikan patin, ikan nilai, ikan baung, hingga udang. Yang bikin wisatawan tertarik mengunjungi Kuala Teladas adalah ketika menyusuri Way Tulang Bawang yang banyak dihuni ikan air tawar. Dan inilah surganya para pemancing ikan air tawar, sensasi strikenya sungguh luar biasa. Karena banyak ikan-ikan air tawar yang berukuran besar yang hidup di perairan Way Tulang Bawang. Ekosistemnya yang masih terjaga memang sangat layak untuk menjadi tempat wisata di Lampung, khususnya wisata alam. Kuala Teladas ini masih berada di dalam wilayah Kecamatan Dente Telatas.

Makam Menak Ngegulung Sakti

Dalam silsilah Kerajaan Tulang Bawang memang tidak ada namanya Menak Ngegulung Sakti, namun beliau ini adalah salah satu tokoh yang sangat penting di Tulang Bawang ketika itu. Selain menjadi tokoh beliau ini juga sebagai Waliullah yang menyebarkan agama Islam di Tulang Bawang. Dan beliau juga dikenal begitu banyak orang dengan kesaktiannya, bisa dikatakan sebagai pahlawan bagi masyarakat Tulang Bawang ketika itu. Begitu banyak pengganggu seperti tentara yang datang dari China juga akan dihadapi oleh Menak Tulang Ngegulung Sakti. Dan kini makam beliau menjadi tempat wisata di Lampung, khususnya untuk wisata sejarah dan juga wisata ziarah. Yang lokasinya sendiri cukup mudah untuk dijangkau, yakni di Kampung Tiuh Toho, yang berada di dalam Kecamatan Menggala.

Masjid Agung Kibang

Salah bukti jejak sejarah penyebaran agama Islam di Tulang Bawang dengan adanya Masjid Agung Kibang, yang juga diperkuat dengan seorang tokoh Menak Ngegulung Sakti yang juga sebagai penyebar agama Islam di Tulang Bawang. Masjid Agung Kibang ini dibangun pada tahun 1830 dan menjadi masjid tertua yang ada di Provinsi Lampung. Tetapi menara yang memiliki arsitektur yang sangat unik baru dibangun pada tahun 1913. Dan hingga kini Masjid Agung Kibang masih sangat terawat dan menjadi tempat wisata di Lampung, khususnya wisata religi bagi umat Islam. Berbagai peninggalan sejarah seperti masih tersimpan di dalam Masjid Agung Kibang. Untuk lokasi Masjid Agung Kibang ini terletak di pusat Kota Menggala, yang sangat mudah untuk dijangkau.

Rawajitu Timur

Inilah sentra tambak plasma yang ada di Kabupaten Tulang Bawang, hampir mayoritas warga di Kecamatan Rawajitu Timur sebagai petani udang. Rawajitu Timur bisa menjadi tempat wisata di Lampung yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menyewa perahu milik warga dengan mengelilingi sungai yang ada di tengah-tengah tambak. Sangat menarik memang, karena tambak plasma di Kecamatan Rawajitu Timur memang sangat luas. Dan memang kebanyakan milik perusahaan-perusahaan besar, atau petani udang yang telah bekerja sama dengan perusahaan-perusahan pengeksport udang.

Rawa Pacing

Mungkin jika dilihat hanyalah seperti rawa-rawa biasa dengan genangan air dan juga semak-semak belukar yang ada di pinggir rawa. Tapi ketika memasuki musim penghujan Rawa Pacing yang semula biasa saja, menjadi luar biasa karena sebagai tempat transit ribuan burung dari Australia. Surganya para fotografer untuk mengabadikan momen terindah yang ada di Rawa Pacing. Apalagi ektika sore hari eksotisnya sunset terlihat jelas dibalik ribuan burung yang mencari makan di rawa. Bisa dikatakan tempat wisata di Lampung ini sebagai destinasi musiman, namun ketika kemarau bisa menjadi spot memancing ikan air tawar yang begitu luar biasa, surganya para pemancing mania. Untuk lokasi Rawa Pacing ini terletak di Kampung Kibang Pacing, yang masih berada di dalam wilayah Kecamatan Menggala Timur.

Rawa Pitu

Jika Rawajitu dikenal sebagai daerah tambak plasma yang sangat besar, sedangkan Rawa Pitu memang lebih dikenla sebagai daerah rawa yang sektor pertanian dan juga perikanan khususnya air tawar juga sangat maju. Cukup banyak aliran sungai yang berada di dalam wilayah Kecamatan Rawa Pitu, yang masih menyimpan begitu banyak ikan air tawar di dalamnya. Menjadi surganya para pemancing mania ketika mengunjungi Rawa Pitu. Meskipun belum tergarap maksimal untuk obyek wisata namun Rawa Pitu juga sudah layak menjadi tempat wisata di Lampung, khususnya bagi para pemancing mania.

Rumah Panggung Warganegara

Ketika kamu menginjakkan kaki di pusat Kota Menggala kamu akan banyak menemui bangunan bersejarah, seperti Masjid Agung Kibang sebagai bukti penyebaran agama Islam di Tulang Bawang. Dan selanjutnya adalah Rumah Panggung Waganegara, yang dibangun oleh Pangeran Warganegara IV yang bergelar Sutan Ngukup pada tahun 1879. Rumah yang mayoritas terbuat dengan kayu tembesi ini masih sangat kokoh dengan arsitekturnya yang tidak berubah. Begitu juga dengan berbagai macam barang peninggalan di dalamnya seperti Pepadun Pangeran Warganegara IV dan berbagai koleksi senjata atau pusaka milik Kerajaan yang masih sangat terawat. Tempat wisata di Lampung ini juga menjadi cagar budaya milik Kabupaten Tulang Bawang, yang cukup sering dikunjungi wisatawan ketika hari libur.

Taman Wisata Cakat Raya

Awalnya taman ini dibangun hampir menyerupai Taman Mini Indonesia Indah, atau setidaknya menjadi Taman Mininya Lampung. Beberapa rumah adat juga ada di dalam Taman Wisata Cakat Raya, begitu juga dengan miniatur Prambanan cukup detail bentuknya juga terdapat di dalamnya. Cukup menarik sebenarnya adanya Taman Wisata Cakat Raya yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Menggala bisa menjadi tempat bersantai atau rekreasi masyarakat Tulang Bawang. Bahakn tempat wisata di Lampung ini juga cukup keren buat kalian yang pengin photo pre wed dengan background rumah adat serta rerumputan yang begitu hijau. Lokasinya sendiri terletak di Jalan Lintas Sumatera tepatnya di wilayah Kecamatan Menggala Timur.

Way Tulang Bawang

Kabupaten Tulang Bawang memang sangat dikenal sebagai lumbung ikan tawar, meskipun Kabupaten Tulang Bawang itu sendiri juga sebagai daerah pesisir. Cukup banyak sekali ikan air tawar dari Tulang Bawang itu dieksport ke luar negeri karena memang tingkat kualitasnya memang memenuhi standar. Way Tulang Bawang memang menjadi surganya para pemancing mania, cukup banyak ikan air tawar dnegan ukuran besar yang banyak hidup di perairan Sungai Tulang Bawang. Menjadi tempat wista di Lampung yang cukup menarik bagi para pemancing mania. Selain kamu bisa emancing ikan kamu juga bisa menikmati panorama pedesaan yang sangat berbeda dengan daerah lainnya.  

Tempat Wisata di Tulang Bawang Barat

Kabupaten yang baru berdiri pada tahun 2008 ini dulunya masih menjadi wilayah Kabupaten Tulang Bawang. Dan kini sudah berdiri sebagai Kabupaten Tulang Bawang Barat. Jika dilihat dari potensi sektor wisata mungkin hanya ada beberapa spot wisata yang memang dikenal para traveler yang dari luar Kabupaten Tulang Bawang. Namun minimnya informasi tentang tempat wisata di Lampung khususnya di Kabupaten Tulang Bawang Barat akhirnya tidak begitu banyak yang mengenal destinasi wisata di Tulang Bawang Barat. Dan berikut ini beberapa daftar tempat wisata yang menjadi andalan Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Islamic Center Tulang Bawang Barat

Mungkin bagi para traveler yang datang dari luar Kabupaten Tulang Bawang Barat tidak akan mengerti bangun dari Islamic Center Tulang Bawang Barat, yang dinamakan Masjid Baitus Shobur. Karena arsitektur masjidnya sangat berbeda dengan masjid-masjid pada umumnya di Nusantara. Arsitekturalnya yang mengambil gaya kontemporer yang tidak terlihat sama sekali menyerupai masjid, tetapi interior di dalamnya penuh dengan makna Islami. Seperti memiliki 114 pilar yang mencerminkan jumlah surat di dalam Al Qur’an, lalu kubah yang berbentuk segi lima yang menggambarkan 5 rukun Islam. Keunikan yang dimiliki Islamic Center Tulang Bawang Barat ini akhirnya menjadi tempat wisata di Lampung, khususnya wisata religi bagi umat Islam. Berdekatan dengan bangunan Sesat Agung Bumi Gayo menghadirkan karya seni arsitektural yang begitu indah. dan terlihat jelas keindahannya ketika malam hari dengan temaram sinar lampu. Dan yang cukup unik lagi kompleks kedua bangunan tersebut dinamakan sebagai Kompleks Dunia Akhirat.

Patung Empat Marga

Lokasi tempat wisata di Lampung ini tepat berada di ruas jalan provinsi, yang dulunya dipenuhi pepohnan besar yang menjulang tinggi, serta perbukitan. Dan kini disulap menjadi Patung Empat Marga, yang nyaris tidak pernah sepi akan pengunjung, bahkan Patung Empat Marga ini juga menjadi spot selfie favorit yang ada di Kabupaten Tulang Bawang. Patung Empat Marga ini terdiri dari 3 pria dan 1 wanita yang memiliki arti sebagai simbol kebesaran Kabupaten Tulang Bawang Barat. Patung Empar Marga memang menjadi tempat bersantai atau hanya sekedar nongkrong sembari menikmati keindahan bentuk relief yang begitu detail dalam pembuatannya. Dan setidaknya bisa menjadi spot wisata alternatif bagi masyarakat Tubaba.

Sesat Agung Bumi Gayo

Bangunan yang sangat dekat dengan Islamic Center Tubaba atau Masjid Baitus Shobur ini memiliki arsitektural yang begitu indah. hampir sama indahanya dan memiliki makna filosofis seperti pada bangunan Islamic Center. Bangunan yang difungsikan sebagai balai pertemuan adat ini memiliki keunikan pada atapnya, yang diukir dengan huruf Kaganga yang memiliki arti 11 desa tua yang ada di Tubaba. Kedua gedung kebanggaan masyarakat Tubaba tersebut memang memiliki kanudnga filosif, balai adat yang menggambarkan hubungan horizontal antar manusia, kemudian Islamic Center yang menggambarkan manusia dengan Tuhannya.

Taman Agrowisata Tulang Bawang Barat

Tempat wisata di Lampung ini tidak hanya sebagai destinasi wisata untuk menikmati keindahan taman saja, tapi juga bisa dijadikan sebagai wisata edukatif. Di dalam taman agrowisata ini banyak dikembangkan berbagai jenis tanaman buah-buahan dan juga beberapa riset tentang berbagai tanaman yang akhirnya nanti di lepaskan ke petani untuk pengembangannya. Karena begitu banyak jenis tanaman ataupun berbagau buah-buah tropis, akhirnya mengundang penasaran masyarakat yang ingin melihatnya lebih dekat. Apalagi di dalamnya dilengkapi semacam kolam dan jembatan yang cukup artistik, semakin banyak pulau warga yang pengin selfie di Taman Agrowisata Tulang Bawang Barat. Dan untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Pulung Kencana yang masih di dalam wilayah Kecamatan Tulang Bawang Tengah.

Tugu Rato Naga Besanding

Landmark yang sangat ikonik yang mencerminkan identitas dari Kabupaten Tulang Bawang Barat, Tugu Rato Naga Besanding. Tugu Rato Naga Besanding ini pernah membuat geger masyarakat Tulang Bawang Barat dan bahkan kabarnya hingga membuat penasaran traveler dari luar Kabupaten Tulang Bawang Barat. Yakni cerita tentang patung pengantin wanita yang bergeser sendiri yang konon katanya banyak cerita misteri ketika itu. Dan memang jika dilihat dari posisi patung pengantin wanita memang sedikit lebih maju ke depan, jadi tidak sejajar. Terlepas betul tidaknya cerita tersebut yang pasti Tugu Rato Naga Besanding menjadi tempat wisata di Lampung yang cukup ramai dikunjungi masyarakat ketika itu. Berada di pusat Kota Panaragan nyaris tidak pernah sepi pengunjung yang ingin selfi atau hanya sekedar bersantai di Tugu Rato Naga Besanding. Apalagi ketika malam hari, terlihat begitu keren dengan gemerlap malam di Kota Panaragan.

Tempat Wisata di Way Kanan

Kabupaten yang berpusat Kota di Blambangan Umpu ini dulunya menjadi bagian Kabupaten Lampung Utara dan berdiri sendiri menjadi Kabupaten Way Kanan pada tahun 1999. Potensi pada sektor wisata di Kabupaten Way Kanan ini juga cukup luar biasa, terutama pada wisata alamnya yang masih banyak tersembunyi dan belum terekplorasi secara total. Namun sebagian yang sudah muncul terutama di media sosial sangat menarik untuk kita kupas. Dan berikut ini tempat wisata di Lampung, tepatnya di Kabupaten Way Kanan.

Air Terjun Anggal

Meskipun masih kalah tenar dengan Air Terjun Putri Malu dan air tejrun lainnya, tapi Air Terjun Anggal sangat layak untuk kalian kunjungi. Tidak hyanya menghadirkan keindahan air terjun dengan kolamnya yang begitu luas saja, tapi juga menyajikan petualangan dengan panorama alam yang begitu sempurna. Sebelum berkunjung ke obyek wisata air terjun kamu harus menyiapkan stamina yang cukup fit, karena kamu harus berjalan sejauh 2 km dari pemukiman desa terdekat. Melewati perkebunan kopi milik warga, serta melalui lembah dengan menyibak lebatnya hutan, serta melintasi sungai di dalam hutan. Benar-benar pengalaman wisata yang sangat menarik ketika mengunjungi tempat wisata di Lampung ini. Setibanya di Air Terjun Anggal kamu akan disuguhi keindahan air tejrun yang begitu lebar dengan ketinggian sekitar 10 meteran. Yang juga cukup menarik adalah kamu bisa melakukan river tubing dengan perahu karet atau menggunakan pelampung, bahkan bisa sampai ke Dusun 8 Talang Kisam, yang berada di Desa Suka Negeri dan di Kecamatan Gunung Labuhan.

Air Terjun Bahuga

Menikmati keindahan Air Terjun Bahuga seperti tidak akan lengkap atau merasa puas tanpa berkemah di areal air terjun, karena lokasi Air Terjun Bahuga ini memang berada di Bumi Perkemahan Pramuka, Kampung Bumiharjo, Kecamatan Buay Bahuga. Air Terjun Bahuga terlihat keindahannya ketika memasuki musim kemarau, airnya yang jatuh kebawah begitu jernih yang mengalir ke sungai yang dipenuhi bebatuan koral. Banyaknya pepohonan yang berada di sekeliling air terjun menambahkan kesan yang begitu mendamaikan, sejuk dan juga nyaman. Tempat wisata di Lampung ini juga sangat mudah untuk dikunjungi, aksesnya jalannya yang cukup memadai semakin memudahkan wisatawan yang ingin traveling si Air Terjun Bahuga.

Air Terjun Batu Duduk

Pesona alam yang ada di Air Terjun Batu Duduk ini sungguh sempurna, pepohonannya yang sangat rindang menjulang tinggi dan cukup rapat menjadi payung alami kawasan air tejrun. Begitu juga dengan ketinggian tebing dimana Air Terjun Batu Duduk ini berada, yang kemungkinan sekitar 40 hingga 50 meteran tingginya. Meskipun tidak setinggi atau sederas Air Terjun Putri Malu yang cukup berdekatan namun keindahan kawasan Air Terjun Batu Duduk ini tidak kalah cantiknya. Jika kamu menyukai dunia fotografi terutama obyek alam, maka tempat wisata di Lampung ini harus menjadi tujuan utama kamu, karena perpaduan dari air terjun dengan alam sekitarnya membentuk harmoni warna yang begitu indah. lokasi Air Terjun Batu Duduk terletak di Desa Juku Batu, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Banjit.

Air Terjun Cangkah Kidau

Lokasinya tidak begitu jauh dengan Air Terjun Ranggal atau Air Terjun Kedaton yang sama-sama di wilayah yang sama, yakni Desa Kedaton, Kecamatan Kasui. Air Terjun Cangkah Kidau ini tidak seramai Air Terjun Ranggal, mungkin karena lokasinya masih jauh dari desa dan juga harus memasuki hutan belantara. Sudah pasti aroma petualangan begitu terasa ketika mau mengunjungi tempat wisata di Lampung ini. Air terjunnya cukup tinggi kemungkinan sekitar 15 meter lebih hanya saja konturnya yang bertingkat-tingkat. Debit airnya juga sangat besar, bahkan dari kejauhan saja sudah terdengar gemuruh air terjunnya. Kolamnya yang sangat luas dengan kedalaman sekitar 2 hingga 3 meter menjadi spot favorit para traveler, apalagi kalau tidak nyebur. Berbagai aktifitas pun juga bisa kamu lakukan, seperti river tubing atau hanya bersantai di atas perahu karet menyusuri sungai sembari menikmati keindahan alam bumi Way Kanan.

Air Terjun Gangsa

Satu lagi air terjun yang ada di Kabupaten Way Kanan yang pesonanya begitu menggoda banyak traveler untuk mengunjunginya. Inilah Air Terjun Gangsa yang memiliki lebar air terjun sepanjang 20 meteran dengan ketinggian sekitar 30 meteran, begitu eksotis dan menjadi salah satu air terjun yang wajib di kunjungi ketika kamu berada di Kabupaten Way Kanan. Untuk menuju lokasi tempat wisata di Lampung ini cukup mudah dan akses jalannya juga cukup lumayan. Jadi sangat wajar ketika musim liburan dipenuhi wisatawan yang bermainan air di bawah air terjun atau di aliran sungai yang penuh batu. Seperti aktifitas selfie menjadi sebuah kewajiban yang harus dilakukan para wisatawan dengan mengambil background Air Terjun Gangsa. Lokasi air terjun nan indah ini terletak di Desa Kota Way, tepatnya di Dusun Tanjung Jaya, Kecamatan Kasui.

Air Terjun Kinciran

Lokasinya tidak begitu jauh dari pemukaman penduduk dan untuk aksesnya sendiri juga tidak begitu susah hingga ke obyek wisata Air Terjun Kinciran. Yang cukup unik di tempat wisata di Lampung ini adalah relief alami bebatuan yang ada di bawah air terjun, semakin memperjelas pesona eksotisnya Air Terjun Kinciran. Meskipun tingginya tidak sampai 10 meter tetapi debit airnya cukup deras, apalagi ketika musim penghujan semakin deras dan juga memenuhi lebar air terjun. Potensi yang dimiliki Air Terjun Kinciran ini memang sungguh luar biasanya setidaknya akan lebih banyak lagi wisatawan yang datang. Dan menjadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi pejabat pemerintah daerah termasuk Bupati Way Kanan. Lokasi Air Terjun Kinciran ini terletak di Kampung Bengkulu Tengah yang masih berada di dalam wilayah Kecamatan Gunung Labuhan.

Air Terjun Petai Krusuk

Satu lagi spot pemandian alam di bawah Air Terjun Petai Krusuk ini sangat menarik untuk dikunjungi. Kolam di bawah air terjun yang sangat luas dengan kedalaman sedang menjadi tempat utama wisatawan untuk menikmati segarnya air terjun yang jernih. Sangat menarik memang pesona dari Air Terjun Petai Krusuk ini, tebing batu yang mengapit air terjun yang cukup tinggi membentuk terowongan kecil di bawahnya layaknya goa. Yang biasanya digunakan wisatawan untuk bersantai setelah kelelahan bermainan air di bawah Air Terjun petai Krusuk. Tempat wisata di Lampung ini lokasinya terletak di Kampung Tanjung Kurung, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Kasui.

Air Terjun Pinang Indah

Perjalanan yang cukup menyenangkan sebenarnya, kamu bisa menikmati keindahan panorama pedesaan, seperti perkebunan sawit dan lain-lainnya membentang sepanjang perjalanan. Namun sedikit disayangkan jalannya tidak begitu bagus dan banyak sekali jalan yang berlubang. Untuk lokasi Air Terjun Pinang Indah tidak begitu jauh jika berangkat dari pemukiman desa terdekat yang hanya butuh waktu beberapa menit saja. Air terjun setinggi lebih dari 10 meter ini mengaliri air yang begitu deras dan cukup jernih ketika musim kemarau. Bebatuan yang ada di bawah air terjun yang tidak rapi menambah kesan eksotis tempat wisata di Lampung ini. Berendam atau bermain air di Air Terjun Pinang Indah menjadi hal yang menyenangkan. secara administratif, Air Terjun Pinang Indah terletak di Desa Gunungsari, yang masih di wilayah Kecamatan Rebangtangkas.

Air Terjun Putri Malu

Berada di desa yang sama dengan Air Terjun Batu Duduk, yakni Desa Juku Batu, Kecamatan Banjit. Air Terjun Putri Malu memang telah menjadi salah satu destinasi wisata alam andalan yang dimiliki Kabupaten Way Kanan. Tidak hanya wisatawan lokal saja, namun wisatawan asing pun juga pernah mengunjungi Air Terjun Putri Malu. Dengan ketinggian di atas 60 meter serta derasnya air terjun membuat kawasan di bawahnya seakan berkabut karena bentuan air yang jatuh dengan bebatuan di bawahnya. Memiliki tebing batu yang sangat terjal, sebenarnya juga berpotensi untuk olahraga panjat tebing, namun hanya bagi mereka yang sudah professional. Lokasi tempat wisata di Lampung ini tidak begitu jauh dari pemukiman desa terdekat. Kamu bisa memilih naek ojek motor trail atau berjalan kaki sembari menikmati alam yang memiliki ketinggian 100 mdpl ini.

Air Terjun Ranggal

Cukup banyak traveler yang menjuluki Air Terjun Ranggal sebagai Air Terjun Niagara Desa Kedaton. Sudah kebayang kan bentuknya seperti apa?? Lokasinya sekitar 30 menit berjalan kaki dengan menyusuri sungai yang dangkal dan airnya yang sangat jernih. Air Terjun Ranggal sebenarnya  tidak terlalu tinggi yang hanya sekitar 10 meteran saja, namun lebar air terjun yang selebar sungainya ini yang membuat tertarik wisatawan untuk mengunjunginya. Belum lagi dengan kolam di bawahnya yang sangat luas dengan kedalaman hingga 2 sampai 3 meter. Mungkin kalian yang tidak bisa begitu berenang harus berhati-hati, karena arus bawahnya cukup kuat. Mungkin akan sangat mengasyikkan kalo kamu membawa pelampung atau perahu karet lalu menyusuri sungai hingga pemukiman penduduk. Tempat wisata di Lampung ini terletak di Desa Kedaton, yang masih di dalam Kecamatan Kasui.

Air Terjun Semarang

Lagi-lagi air terjun yang begitu unik dan esktois ditunjukkan Kabupaten Way Kanan. Inilah Air Terjun Semarang yang berbentukan undakan bebatuan setinggi hampir 20 meter. Air terjun yang mengalir pada setiap undakan ibarat lukisan alam yang begitu sempurna. Dan lokasinya tempat wisata di Lampung ini sendiri tidak begitu jauh dari pemukiman penduduk, yakni perkampungan Kayu Agung. Atau jika kamu takut nyasar kamu bisa meminta bantuan salah satu warga untuk mengantarkannya ke lokasi Air Terjun Semarang. Air terjun yang juga disebut sebagai Air Terjun Kayu Agung ini secara administratif masih berada di Desa Bhakti Negara, dan di dalam wilayah Kecamatan Baradatu.

Air Terjun Talang Sembilan

Kabupaten memang cukup kaya akan destinasi wisata alamnya, dan salah satunya adalah obyek wisata air terjun. Salah satu air terjun yang cukup keren ada di Desa Sukajadi, tepatnya di Kampung Talang Sembilan yang masih di dalam wilayah Kecamatan Kasui. Memang membutuhkan sedikit petualangan, tapi tidak perlu khawatir sangat menyenangkan perjalanan kamu menuju Air Terjun Talang Sembilan yang akan memberikan kamu pengalaman traveling yang tidak terlupakan. Air Terjun Talang Sembilan ini memiliki beberapa tingkatan dan tiap tingkatan air terjunnya memiliki kolam siap memberikan kamu kenyamanan ketika berendam. Dihiasi banyak pepohonan nan hijau di pinggir air terjun semakin terlihat begitu asrinya tempat wisata di Lampung ini, tepatnya di wilayah Kabupaten Way Kanan.

Air Terjun Tiga Serangkai

Karena memiliki tiga tingkatan maka dinamakanlah Air Terjun Tiga Serangkai oleh warga setempat. Lokasinya yang terletak di Desa Gunung Sari, yang masih di dalam Kecamatan Rebang Tangkas tergolong cukup dekat dan tidak membutuhkan waktu lama dengan berjalan kaki mengunjungi air terjun. Tempat wisata di Lampung ini cukup sering dikunjungi siswa sekolah yang melakukan kegiatan seperti Pramuka, dengan menyusuri perkebunan hingga ke lokasi Air Terjun Tiga Serangkai. Dengan tinggi tidak lebih dari 10 meter, airnya yang mengalir begitu deras ketika musim penghujan dan yang pasti membuat wisatawan yang datang tidak sabar ingin merasakan sensasi mandi di bawah air terjun langsung.

Bekas Tambang Emas

Terkadang bekas pertambangan baik itu batubara, kapur, pasir, hingga emas hanya menyisakan kubangan dan kerusakan pada ekosistem di sekitarnya. Tapi untuk bekas pertambangan emas yang berada di daerah Pagar Alam, Kecamatan Blambangan Umpu menyisakan relief bekas tambang yang begitu eksotis. bekas tambang emas itu kini justru menjadi tempat wisata di Lampung yang cukup sering dikunjungi dan memang kebanyakan dari mereka adalah fotografer yang memang selalu hunting tempat-tempat yang unik. Relief-relief dinding tanah ini bisa kamu jadikan spot selfie yang cukup unik, dan juga cukup artistik lekukan-lekukan yang ada pada dinding bebatuan di bekas tambang emas.

Bendungan Way Umpu

Sungai Way Umpu yang memiliki debit air yang sangat besar, sangat rawan ketika musim penghujan bisa berpotensi pada banjir. Dan memang secara histori desa yang dekat dengan Sungai Way Umpu sering kebanjiran, akhirnya dibuatlah Bendungan Way Umpu untuk mencegah terjadinya banjir. Di sisi bendungan yang cukup banyak pepohonan serta rerumputan hijau, akhirnya menjadi tempat wisata di Lampung yang sangat menarik. Banyak warga yang mengunjungi Bendungan Way Umpu yang terletak di wilayah Kecamatan Banjit. Bagi kamu yang suka memancing, di Bendungan Way Umpu bisa menjadi spot terbaik untuk memancing sembari menikmati keindahan alaam yang berada di kawasan bendungan.

Bukit Punggur

Buat kamu yang suka berpetualangan dan mendaki gunung, kamu harus mencoba mendaki Bukit Punggur yang memiliki ketinggian 1700 mdpl. Meskipun tidak setinggi gunung-gunung pada umumnya tapi hamparan keindahannya yang mengelilingi begitu sempurna untuk dinikmati. Dibalik kabut yang begitu pekat tersimpan perbukitan nan hijau yang terlihat begitu asri. Keindahan sunrise dan juga eksotisme sunset juga hadir ketika kamu berada di Bukit Punggur. Nge-camp menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin menikmati keindahan di tempat wisata di Lampung ini. Yang secara administratif masih berada di Kabupaten Way Kanan, tepatnya di dalam wilayah Kecamatan Kasui.

Galaxy Water Park

Destinasi wisata yang sangat cocok buat kalian yang ingin mengisi hari libur kamu bersama keluarga adalah di Galaxy Water Park. Lokasinya yang terletak di Desa Gunung Baru, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Gunung Labuhan sangatlah mudah dijangkau, didukung akses jalan yang cukup baik semakin memudahkan kamu mengunjungi tempat wisata di Lampung ini. Wahana bermain air di Galaxy Water Park ini cukup banyak, mulai dari seluruncuran hingga waterboom. Sebelum dibangun menjadi waterpark dulunya adalah kebun kelapa sawit dengan luas sekitar 25 hektar. Menariknya keasrian yang ada di dalam Galaxy Water Park ini masih terjaga. Seperti banyaknya pepohonan yang ada di dalam kawasan Water Park. Galaxy Water Park memang menjadi destinasi wisata keluarga yang cukup favorit di Kabupaten Way Kanan saat ini.

Kampung Bali Sadar

Sepertinya kamu tidak perlu di Bali untuk selfie dengan background Pura tempat sembahyang umat Hindu. Cukup kamu mengunjungi Kampung Bali Sadar yang berada di wilayah Kecamatan Banjit. Inilah contoh toleransi umat beragama yang sudah terjalin dari dulu kala hingga saat ini. Perkampungan Bali Sadar ini memang dulunya sebagai daerah trans yang dihuni kebanyakan berasal dari Bali. Dan akhirnya jadilah Kampung Bali Sadar yang memiliki Pura sebagai tempat peribadahan dan juga menjadi tempat wisata di Lampung yang cukup sering dikunjungi wisatawan. Biasanya semakin ramai dikunjungi wisatawan ketika adanya perayaan atau sebuah acara umat Hindu, seperti upacara Ruwat Bumi, dan lain-lain.

Kampung Wisata Gedung Batin

Salah satu Kampung di Kabupaten Way Kanan yang berada di dalam wilayah Kecamatan Blambangan Umpu ini memang sangat layak jika dijadikan sebagai desa wisata atau bahkan menjadi desa cagar budaya. Ketika kamu mengunjungi Kampung Wisata Gedung Batin, kamu akan menemui beberapa rumah adat yang terbuat dari kayu yang usianya lebih dari 200 hingga 300 tahun. Dan hampir mayoritas rumah di perkampungan ini memakai bahan dasar kayu dengan memberikan relief sederhana yang membuat rumah adat tersebut semakin artisitik. Dan yang cukup menariknya lagi adalah, Kampung Wisata Gedung Batin ini benar-benar menjadi kelestarian alam sekitarnya. Benar-benar sebuah harmoni kehidupan ketika kamu mengunjungi tempat wisata di Lampung yang ada di Kabupaten Way Kanan ini.

Kebun Karet Gambar

Inilah spot selfie kekinian yang ada di Kabupaten Way Kanan, tepatnya di Kebun Karet Gambar, Kecamatan Blambangan Umpu. Begitu rapatnya pepohonan karet akhirnya membentuk semacam lorong dengan atap dari daun pohon karet. Bagi yang doyan banget dengan selfie inilah spot yang sangat keren untuk jeprat-jepret dengan background pohon karet. Jika kebun karet ini berada di kota-kota besar sudah pasti bakalan banyak para traveler penggila fotografie mengunjunginya. Bahkan besar kemungkinan menjadi spot pre wedding dengan konsep nature. Perkebunan karet yang kini menjadi tempat wisata di Lampung ini memang tergolong masih baru, dan juga baru hits di media sosial. Pengin punya photo selfie kekinian, maka datang saja di Kebun Karet Gambar.

Pantai Way Besai

Banyak traveler yang pada kaget pasti, mendengar Pantai Way Besai di Kabupaten Way Kanan? Padahal Way Kanan kan bukan daerah pesisir mana ada pantai di Way Kanan? Inilah Sungai Way Besai yang ada di Desa Negara Mulya, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Negara Batin. Ketika musim kemarau hamparan pasir di Sungai Way Besai ini mirip sekali dengan pasir yang ada di pantai. Karena keunikan dan kemiripan dengan pasir pantai dinamakanlah Pantai Way Besai. Tempat wisata di Lampung ini memang sangat menarik, banyak traveler yang mendatangi hanya ingin menikmati pasir sungai layaknya di pantai ada juga yang bermaianan air di Sungai Way Besai. Bahkan tak jarang juga para traveler yang nge-camp di atas pasir Sungai Way Besai.

Pemandian Air Panas Juku Batu

Destinasi di Kabupaten Way Kanan ini mungkin sangat wajib untuk kamu kunjungi. Tidak hanya menyajikan pemandian yang berisikan air panas saja, tapi keindahan alamnya begitu sempurna. Mulai dari perbukitan yang begitu hijau dipenuhi pepohonan yang hijau yang dihiasi adanya aliran air terjun dari perbukitan yang begitu jelas dari kejauhan. Serta memiliki sungai dengan airnya yang sangat jernih. Seperti merasakan 2 sensasi air yang sangat berbeda. Kamu bisa merasakan air pegunungan dengan mandi di sungai, atau merasakan kehangat air yang memberikan efek positif bagi tubuh ya berendam saja di pemandian air panas. Benar-benar tempat wisata di Lampung ynag cukup komplit, yang lokasinya berada di Desa Juku Batu, Kecamatan Bajit.

Sungai Way Umpu

Potensi akan wisata di Sungai Umpu juga tidak kalah dengan Sungai Way Kanan tau Sungai Way Besai. Memiliki arus yang cukup deras, Sungai Way Umpu memiliki porensi wosata olahraga seperti arung jeram, atau sekedar wisata hiburan seperti river tubing. Selain wisata olahraga, sudah pasti menjadi spot memancing yang menjanjikan sensasi strike luar biasa dari ikan-ikan besar air tawar. Tak jarang juga banyak pemancing yang menyewa perahu warga dekat Sungai Umpu dan menuju ke pedalaman untuk memancing. Selain itu mereka juga menikmati keindahan alam di pinggiran Sungai Way Umpu yang masuk ke pedalaman. Potensi Sungai Way Umpu untuk menjadi tempat wisata di Lampung, tepatnya di Kabupaten Way Kanan memang sungguh luar biasa, hanya butuh perhatian dan pengelolaan yang lebih baik saja.

Sungai Way Besai

Tak kalah indahnya dengan Sungai Way Kanan yang menghadirkan panorama alam hutan lindungnya. Sungai Way Besai juga memiliki keunikan tersendiri seperti adanya Pantai Way Besai di Desa Negara Mulya ketika musim kemarau. Dan juga sering digunakan sebagai tempat arung jeram atau rafting tradisional atau disebut sebagai bambu rafting oleh masyarakat sekitar Sungai Way Besai. Ketika perayaan HUT Kemerdekaan RI seringkali diadakan perlombaan Bambu Rafting di Sungai Way Besai. Selain itu sungai ini juga bisa menjadi tempat wisata di Lampung yang cukup menjanjikan. Dan salah satunya adalah sebagai spot olahraga arung jeram, karena semakin masuk ke pedalaman arus Sungai Way Besai cukup deras dan cukup banyak rintangan seperti bebatuan yang ada di tengah sungai.

Sungai Way Kanan

Inilah salah satu spot unutk menikmati hutan lindung yang ada di Kabupaten Way Kanan. Kamu bisa menilhat berbagai macam flora dan fauna yang hidup di pinggiran Sungai Way Kanan. Melewati Taman Nasional Way Kanan, ada kemungkinan kamu bisa melihat seperti kera putih yang langka, serta berbagai macam burung yang biasanyua terlihat adalah burung rangkong. Selain menikmati panorama hutan yang ada di Kabupaten Way Kanan kamu juga bisa mencoba sensasi memancing ikan air tawar di Sungai Way Kanan. Cukup banyak ikan-ikan besar yang masih hidup di Sungai Way Kanan terutama di daerah yang dekat dengan hutan lindung. Tempat wisata di Lampung ini memang sekarang lagi hits, karena menghadirkan petualangan yang sangat mengasyikkan.

Sungai Way Tahmi

Tak lengkap agenda wisata kamu ketika mengunjungi Air Terjun Gangsa, tanpa mampir di aliran air sungainya, yakni Sungai Way Tahmi. Aliran atau riak air sungainya tidak begitu deras, dan sangat tepat jika kamu gunakan untuk river tubing, sembari menikmati panorama alam yang masih benar-benar terjaga keasriannya. Benar-benar menjadnjikan petualangan berwisata yang tidak akan pernah kamu lupakan. Yang paling asyik memang kamu berangkat ke air terjun gangsa berjalan kaki, lalu pulangnya menggunakan ban pelampung atau river tubing, ga capek kan pulangnya?? Tempat wisata di Lampung ini memang belum terekspos secara total, jadi untuk aktifitas seperti river tubing masih jarang yang melakukannya. Dan untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Tanjung Jaya, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Kasui.

Taman Nasional Way Kanan

Masih termasuk di dalam Taman Nasional Way Kambas yang memiliki beragam flora dan fauna di dalamnya. Tetapi di Taman Nasional Way Kanan ini tidak dibuka untuk umum, hanya bagi mereka yang ingin melakukan penelitian dengan menyertakan surat perijinan. Seperti dari kampus yang ingin meneliti ekosistem hutan lindung atau penelitian pada fauna seperti Gajah Sumatera, atau Badak Sumatera. Di Taman Nasional Way Kanan ini memang dijadikan sebagai pusat penelitian dan juga konservasi mulai dari flora yang langka hingga hewan langka yang hidup bebas di Taman Nasional Way Kanan. Jadi jika kamu ingin mengunjungi Taman Nasional Way Kanan kamu harus mendapatkan ijin dari pihak atau instansi terkait agar bisa masuk di dalam Taman Nasional Way Kanan.

Taman Ramik Ragom

Konsep taman yang dijadikan ruang terbuka hijau ini sangat menarik, setidaknya bisa menjadi tempat wisata bagi warga lokal. Berbagai fasilitas yang ada di dalamnya pun juga cukup mumpuni, seperti adannya taman bermain anak-anak dan juga tempat-tempat bersantai juga tersedia di dalamnya. Tempat wisata di Lampung, tepatnya di wilayah Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan ini biasanya ramai ketika hari mulai senja. Seringnya warga lokal menikmati sore hari di Taman Ramik Ragom sembari bercengkerama bersama sahabat ataupun keluarga. Taman ini juga cocock menjadi destinasi wisata keluarga dengan lingkungannya yang cukup bersih dan nyaman semakin membuat betah wisatawan.

Tugu Ryacudu

Selain menjadi rest area bagi pengendara yang ingin keluar kota atau baru memasuki Kabupaten Way Kanan bisa bersantai sejenak di Tugu Ryacudu yang menjadi perbatasan antara Kabupaten Way Kanan dengan Kabupaten Lampung Utara. Tugu Ryacudu bagi masyarakat lokal tidak hanya sekedar sebagai rest area saja, tapi juga menjadi tempat wisata di Lampung yang cukup nyaman untuk bersantai atau berkumpul dengan teman atau keluarga. Ketika hari sudah mulai senja, cukup banyak warga yang menghabiskan waktunya bersantai di Tugu Ryacudu. Dan itupun juga berlanjut ketika malam hari sebagai tempat nongkrong yang cukup asyik untuk menikmati malamnya Kabupaten Way Kanan. Aktifitas seperti selfie menjadi kewajiban buat kamu yang baru menginjakkan kaki di Kabupaten Way Kanan. Lokasi Tugu Ryacudu ini berada di dalam wilayah Kecamatan Blambangan Umpu.

Tempat Wisata di Bandar Lampung

Selain menjadi Kota Terbesar Ketiga di Pulau Sumatera, Bandar Lampung juga menjadi Ibukota Provinsi Lampung. Dan Bandar Lampung ternyata menjadi kota terpadat yang ada di luar Pulau Jawa, dan mungkin sangat wajar karena Bandar Lampung menjadi gerbang masuknya ke Pulau Sumatera. Sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera, sangat menguntungkan Bandar Lampung karena menjadi akses pintu utama untuk meningkatkan sektor kepariwisataan. Selain lebih dikenal oleh masyarakat luas, sudah pasti meningkatkan PAD bagi Bandar Lampung. Dan berikut ini tempat wisata di Lampung yang lokasinya berada di Kota Banda Lampung yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Air Terjun Batu Putu

Ingin menikmati keindahan alam yang ada di Kota Bandar Lampung?? Maka berkunjung saja di Air Terjun Batu Putu yang berada di Kelurahan Sukadana Ham, Kecamatan Tanjung Karang Barat. Aksesnya sangat mudah dari tempat parker kendaraan hanya membutuhkan waktu 10 menit saja untuk menuju lokasi yang jalannya sudah di paving. Meskipun banyak pembangunan untuk mempermudah akses, tetapi alamnya masih terlihat begitu terjaga, seperti banyaknya pepohonan besar yang ada di pinggiran sungai dan jalan setapaknya. Ketika memasuki musim kemarau airnya sangat jernih, kamu bisa sepuasnya bermain di kolam bawah air terjun yang cukup luas. Atau kamu juga bisa beraktifitas seperti river tubing yang arusnya cukup deras dari aliran Air Terjun Batu Putu. Sangat wajar jika tempat wisata di Lampung ini selalu penuh wisatawan ketika musim liburan, selain memang sangat indah akses jalannya yang memudahkan wisatawan untuk menuju lokasi.

Alam Wawai

Tempat wisata di Lampung, yang berada di Kota Bandar Lampung ini sangat wajib kamu kunjungi, tidak hanya menghadirkan pesona alam perbukitan saja, tapi juga konsep tempat wisata yang begitu unik. Alam Wawai an Eco Friendly Park namanya, yang lokasinya terletak di Kelurahan Sukadana Ham, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Tanjung Karang Barat. Fasilitasnya cukup unik, yang menghadirkan lokasi camping ground yang berbukit, dan juga amphitheater atau lebih dikenal dengan bangunan yang mirip dengan colloseum di Italia. Dan biasanya sering digelar acara pertunjukan seperti panggung musik atau event lainnya. Untuk masuk di obyek wisata Alam Wawai ini pengunjung dikenakan tariff sekitar Rp. 20.000 jika belum naik ya harga tiket masuknya. Dan bagi para pengunjung wajib mentaati segala tata tertib seperti tidak membuang tempat sampah sembarangan, serta dilarang menangkap hewan seperti monyet, bajing atau burung yang ada di dalam kawasan Alam Wawai.

Bukit Kunyit

Inilah sisa dari Bukit Kunyit yang kemungkinan besar dalam beberapa tahun lagi hanya tinggal nama karena adanya penambangan batu yang terus menerus menggerus Bukit Kunyit. Dan sangat memungkinkan akan rata seperti tanah dan semakin rusaknya ekosistem di wilayah Bukit Kunyit. Perbukitan yang seharusnya bisa menjadi destinasi wisata untuk menambah PAD tapi hanya masuk ke kantong pemodal tambang batu. Miris memang, tapi begitulah adanya sebelum Bukit KUnyit hilang sepertinya kalian harus buru-buru berkunjung di puncak bukitnya, bisa juga mengambil beberapa jepretan untuk sebuah bukti adanya Bukit Kunyit di Bandar Lampung. Panorama di Bukit Kunyit memang begitu indah kamu bisa melihat pantai yang begitu biru dari puncak bukit. Tempat wisata di LOampung yang sebentar lagi hilang ini berada di wilayah Kecamatan Bumi Waras, Bandar Lampung.

Gerbang Selamat Datang Bandar Lampung

Inilah landmark yang bakal dikenal banyak orang terutama yang ada di Pulau Sumatera, dan Gerbang Selamat Datang ini memang menjadi akses utama ketika kamu memasuki Kota Bandar Lampung. Sangat ikonik dengan bagian gerbang mengambil desain mahkota pengantin wanita adat Lampung. Gerbang Selamat Datang Bandar Lampung ini bagi wisatawan dari luar Bandar Lampung sebagai spot selfie yang cukup ikonik. Bahkan wajib deh sepertinya kalau kita sudah pernah menginjakkan kaki di Kota Bandar Lampung. Tapi tetap hati-hati dan tidak mengganggu lalu lintas, karena Gerbang Selamat Datang tersebut berada di jalan raya.

Kampung De Broh

Dahsyatnya letusan Gunung Krakatau tidak hanya meninggalkan lampu kapal De Broh hingga ke Teluk Betung Selatan yang kini ada di Taman Dipangga, tetapi juga pecahan bangkai Kapal De Broh yang terlempar hingga Teluk Betung Barat, tepatnya di Kampung De Broh. Perkampungan yang sudah ditetapkan sebagai desa wisata di Kota Bandar Lampung ini juga memiliki pesona alamnya yang begitu indah. dan salah satunya adalah Sungai yang ada di Kampung De Broh. Sungai yang hanya dipergunakan sebagai tempat mencuci dan mandi bagi warga kini justri bisa menjadi tempat wisata di Lampung yang sangat menarik. Wisatawan bisa melakukan aktifitas seperti river tubing atau hanya sekedar bermain air di sungai. Airnya sangat jernih dan arusnya juga cukup tenang, jadi sangat aman jika kamu ingin bermain-main di sungai Kampung De Broh.

Masjid Agung Al Furqon

Peletakan pertama pembangunan Masjid Agung Al Furqon ini pada tahun 1961, yang pada awalnya diprakarsai oleh Presiden Sukarno dengan cara membeli lahan yang cukup luas di jantung kota. Yang pada akhirnya diwakafkan oleh beliau untuk membangun masjid. Masjid Agung Al Furqon ini menjadi masjid terbesar dan juga termegah di Provinsi Lampung. Arsitekturalnya yang begitu megah dengan menaranya yang cukup tinggi menjadikannya tempat wisata di Lampung khususnya wisata religi baik untuk warga Bandar Lampung maupun dari luar Kota Bandar Lampung. Lokasinya yang berada di pusat kota nyaris tidak pernah sepi dari jemaah, baik yang menjalankan ibadah maupun berwisata rohani di Masjid Agung Al Furqon.

Museum Lampung

Bangunan museum dengan arsitektur yang sangat megah ini dibangun pada tahun 1988 ini menyimpan cukup banyak koleksi benda-benda bersejarah. Mulai dari era Kerajaan hingga era kolonialisme Belanda pun juga masih tersimpan dan sangat terawat di Museum Lampung. Selain menjadi tempat penyimpanan barang-barang bersejarah, museum Lampung ini juga sebagai tempat wisata di Lampung yang bisa dijadikan sebagai obyek penelitian dan juga sarana edukasi tentang sejarah bagi masyarakat. Dan yang sangat menarik perhatian di dalam Museum Lampung, adalah adanya diorama fauna yang hidup di Provinsi Lampung, mulai dari Gajah Sumatera, Harimau Sumatera, dan juga tidak ketinggalan Badak Sumatera. Lokasi Museum Lampung ini terletak di Pagar Alam, Kota Bandar Lampung.

Pantai Duta Wisata

Salah satu pantai yang menjadi favorit masyarakat Bandar Lampung adalah Pantai Duta Wisata. Karena memiliki banyak fasilitas wahana air, seperti kano, sepeda air, perahu karet, pelampung, banana boat, hingga jetski. Selain lokasinyayang tidak jauh dari pusat kota dan juga aksesnya sangatlah mudah menjadi pilihan utama kebanyakan wisatawan. Selain itu Pantai Duta Wisata ini juga menjadi spot memancing bagi para pemancing mania. Berbagai macam ikan banyak sekali di Pantai Duta Wisata. Tempat wisata di Lampung ini memang sangat cocok untuk wisata keluarga, seperti anak-anak juga akan betah ketika bermainan air dengan berbagai fasilitas seperti pelambung atau sepeda air. Utnuk lokasinya sendiri terletak di Kecamatan Teluk Betung Barat, tepatnya di Jalan Laksamana R.E Martadinata.

Pantai Puri Gading

Lokasi Pantai Puri Gading ini berada di kawasan perumahan elit Puri Gading, dan dulu Pantai Puri Gading juga tidak dibuka untuk umum. Dan hanya digunakan atau boleh dikunjungi oleh penghuni Perumahan Puri Gading saja. namun kini sudah berubah dan orang umum atau wisatawan diperbolehkan melakukan berbagai aktifitas di Pantai Puri Gading. Tempat wisata di Lampung ini memiliki cukup banyak wahana bermain air. Seperti adanya pelampung, perahu karet, banana boat, hingga jet ski juga tersedia di Pantai Puri Gading. Jika kamu hanya ingin menikmati panorama pantai, kamu bisa bersantai di gazebo pinggir pantai atau di dermaga. Dan bagi para pemancing mania, dermaga di Pantai Puri Gading inilah spot memancing yang sangat tepat sembari menikmati hembusan angin pantai. Lokasi Pantai Puri Gading ini terletak di Kelurahan Sukamaju, dan di dalam wilayah Kecamatan Teluk Betung TImur.

Pantai Tirtayasa

Lokasi Pantai Tirtayasa ini berada di Kelurahan Sukamaju, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Teluk Betung Timur. Tempat wisata di Lampung ini tidak begitu ramai, jadi buat kamu yang ingin menikmati panorama pantai dengan ketenangan, mungkin Pantai Tirtayasa sangat tepat buat kamu. Hampir keseluruhan garis pantainya ditumbuhi pepohonan yang sangat rindang, seperti pepohonan kelapa yang terlihat menjulang tinggi. Namun ketika air lautnya sedang pasang, Pantai Tirtayasa nyaris tidak memiliki pasir pantai karena tertutup air. Tapi ketika sedang surut kamu juga bisa menikmati peindahan Pantai Tirtayasa dari gazebo yang begiri di pinggiran pantai.

Pasar Seni Enggal

Jika Jogjakarta memiliki Pasar Seni Gabusan, begitu juga dengan Kota Bandar Lampung yang memiliki Pasar Seni Enggal. Konsep bangunan ruang terbuka hijau begitu terlihat dari tumbuhnya pepohonan yang cukup rindang di Pasar Seni Enggal. Begitu juga segala aktifitas yang ada di dalamnya, mulai dari kegiatan melukis, dan juga sebagai tempat latihan untuk menari. Selain konsep pemabngunannya sebgai ruang terbuka hijau, Pasar Seni Enggal ini juga sebagai wadah untuk menampung segala aktifitas kesenian, mulai dari kesenian daerah, kontemporer, hingga kesenian modern. Sangat menarik memang jika dikelola secara benar serta diperbanyak lagi event-event agar menjadi tempat wisata di Lampung yang cukup kreatif dan sebagai tempat menampilkan kesenian daerah Lampung. Lokasinya berada di Kelurahan Enggal, dan di dalam wilayah Kecamatan Enggal.

Pulau Kubur

Tak lengkap rasanya ketika kamu mengunjungi Pulau Pasaran tanpa mampi ke Pulau Kubur yang hanya sekitar 40 menit menggunakan perahu motor. Pulau tidak berpenghuni ini memang menjadi surganya para pemancing mania, karena tipenya sebagai pulau karang, jadi banyak ikan-ikan besar yang hidup di perairan Pulau Kubur. Namun bagi yang tidak hoby memancing, kamu bisa menikmati keindahan pantai pasir putihnya yang masih sangat alami. Ketika sedang surut atau cuaca lagi bagus ombaknya tidak begitu besar jadi cocok banget untuk bermainan air, atau selfie di pinggiran pantainya. Tempat wisata di Lampung ini juga bisa kamu tempuh dari Pantai Tirtayasa, atau Pantai Puri Gading yang hanya memakan waktu sekitar 20 menit menggunkan perahu motor. Dan secara administratif Pulau Kubur ini masih berada di dalam wilayah Kota Banda Lampung.

Pulau Pasaran

Saat ini traveler tidak perlu lagi menggunakan jalur laut untuk mengunjungi Pulau Pasaran. Tahun 2014 jembatan penyeberangan ke Pulau Pasaran sudah resmi bisa digunakan, dengan total panjangnya sekitar 100 meter. Jadi kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua atau berjalan kaki mengunjungi pulau yang menjadi sentra ikan teri. Tidak hanya ikan teri saja ketika kamu mengunjungi Pulau Pasaran, tetapi juga menikmati panorama alamnya, khususnya laut dan juga keindahan sunsetnya yang begitu eksotis. Mungkin masih belum banyak tahu kalau di Pulau Pasaran ini ketika pasang ada pulau pasir yang timbul dan hampir mirip daratan. Pulau Pasaran yang dulunya hanya menjadi tempat penghasil ikan teri, kini justru menjadi tempat wisata di Lampung, tepatnya di Kota Bandar Lampung yang cukup wajib untuk dikunjungi.

Puncak Mas Sukadana Ham

Tempat wisata di Lampung yang satu ini ibarat “negeri di atas awan”. Kamu bisa merasakan sensasi berada di atas puncak atau rumah pohon yang cukup tinggi dan merasa sejajar dengan awan. Udaranya yang begitu sejuk serta bebas polusi terasa selalu menyelimuti Puncak Mas Sukadana Ham. Inilah Puncak Mas Sukadana Ham yang menjadi salah satu spot selfie terindah yang ada di Kota Bandar Lampung. Kamu bisa selfie ketika hari mulai senja dengan background eksotisnya sunset, atau kamu juga mengambil background gemerlapnya cahaya Kota Banda Lampung dari Puncak Mas Sukadana Ham. Untuk lokasinya sendiri terletak di Kelurahan Sukadana Ham, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Tanjung Karang Barat.

Pura Kerti Bhuana

Dibangun pada tahun 1973 di Kelurahan Way Lunik yang masih di dalam wilayah Kecamatan Panjang, menghadirkan suasana yang sangat khas dnegan Pulau Dewata. Pura Kerti Bhuana sebagai pusat peribadahan bagi umat Hindu yang ada di Bandar Lampung ini juga menjadi tempat wisata di Lampung yang sering dikunjungi wisatawan. Mulai dari gapura dan juga bangunannya sangat kental sekali arsitektur khas Bali dengan berbagai macam relief pada gapura dan juga pagarnya. Ketika hari-hari tertentu Pura Kerti Bhuana ini sering mengadakan ritual keagamaan yang tak jarang pula cukup mengundang banyak perhatian dari para warga atau traveler yang telah berkunjung di Bandar Lampung. Dengan adanya Pura Kerti Bhuana di Kota Bandar Lampung, memperlihatkan bahwa tingkat toleransi di Kota Bandar Lampung perlu diacungi jempol dan sangat layak untuk dipertahankan toleransi antar umat beragama.

Sumur Putri

Konon kabarnya tempat wisata di Lampung ini, tepatnya di Desa Sumur Putri, Kecamatan Teluk Betung Selatan sebagai tempat pemandian para putri Kerajaan. Dan dulunya tidak hanya di Sumur Putri saja, tetapi juga di Kali Akar yang memiliki air dingin, serta Sumur Putri yang memiliki air hangat. Dan banyak warga yang sangat percaya bahwa air hangat yang ada di Sumur Putri bisa untuk mengobati berbagai macam penyakit, serta untuk awet muda. Sumur Putri memang sudah tidak seperti dulu lagi yang nyaris tidak pernah sepi pengunjung. Dan kini memang butuh banyak pembenahan atau pengelolan seperti pemandian air hangat agar mampu menarik para wisatawan untuk kembali meramaikan SUmur Putri.

Taman Dipangga

Di taman inilah bukti sejarah dari dahsyatnya letusan Gunung Krakatau yang mampu melemparkan lampu kapal De Bro hingga ratusan kilometer atau tepatnya di Teluk Betung Selatan, yang kini dibuat menjadi Taman Dipangga. Monumen atau tugu tersebut juga ada relief letusan Gunung Krakatau yang cukup artistik. Dengan konsep ruang terbuka hijau serta sebagai tempat cagar budaya lampu kapal De Broh cukup mengasyikkan untuk nongkrong ketika sore atau malam hari. Dan memang Taman Dipangga ini sudah berubah menjadi tempat wisata di Lampung, tepatnya di Kota Bandar Lampung sebagai destinasi wisata alternatif. Dan ketika kamu mengunjungi Taman Dipangga jangan lupa selfie di dekat tugu lampu kapal de broh.

Taman Wisata Bumi Kedaton

Hampir sama dengan obyek wisata Taman Wisata Lembah Hijau yang memiliki berbagai macam wahana permainan di dalamnya. Hanya saja Taman Wisata Bumi Kedaton lebih sedikit jika dibandingkan dengan Taman Wisata Lembah Hijau. Ada yang paling menarik minat para wisatawan yang suka menguji adrenalin, yakni adanya flying fox di tempat wisata di Lampung ini. Jika kamu sudah merasa lelah kamu bisa berendam di kolam renang yang dilengkapi dengan waterboom, seluncuran, dan lain-lain layaknya waterpark. Atau kamu juga bisa mencoba menaiki gajah Sumatera dan tidak perlu lagi jauh-jauh ke Way Kambas. Cukup mengunjungi Taman Wisata Bumi Kedaton saja kamu sudah bisa melihat secara dekat satwa yang sama seperti di Taman Nasional Way Kambas. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Batu Putu, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Teluk Betung.

Taman Wisata Hutan Kera

Cukup menarik memang jika ada hutan yang ada di tengah perkotaan, seperti Taman Wisata Hutan Kera yang memang cukup banyak dihuni kera yang sangat bebas berkeliaran. Adanya Taman Wisata Hutan Kera ini selain menjadi obyek wisata juga bisa menjadi sarana edukatif bagi anak-anak, setidaknya pengenalan satwa terhadap anak-anak. Dan uniknya lagi-kera-kera tersebut tidak takut sama manusia, bahkan kamu bisa memberikan makan dengan jarak yang cukup dekat. Tapi harus diingat jangan sampai mengganggunya karena cukup banyak kawanan kera yang ada di dalam Taman Wisata Hutan Kera. Dan selain bisa melihat kera kamu juga bisa menikmati keasrian alam perbukitan yang banyak pepohonan besar menjulang tinggi. Tempat wisata di Lampung ini tepatnya terletak di daerah Sumur Batu, yang masih di dalam Kecamatan Teluk Betung Utara.

Taman Wisata Lembah Hijau

Inilah salah satu tempat wisata di Lampung yang menjadi andalan Kota Bandar Lampung, Taman Wisata Lembah Hijau. Obyek wistaa buatan yang sangat lengkap yang lokasinya berada di Kelurahan Sukadana Ham, Kecamatan Tanjung Karang Barat. Hampir semua destinasi wisata ada di dalam Taman Wisata Lembah Hijau. Mulai dari water boom, taman satwa, outbound, camping ground, rumah hantu, cinema 4d, boom-boom car, dan masih banyak wahana lainnya. Di Taman Wisata Lembah Hijau ini juga dilengkapi dengan adanya cottages atau vila yang bisa kamu sewa jika kamu masih kurang puas menikmati semua wahana yang ada di Taman Wisata Lembah Hijau. Benar-benar destinasi wisata yang sangat wajib kamu kunjungi ketika kamu berada di Kota Bandar Lampung.

Teluk Lampung

Banyak sekali spot untuk berwisata ketika kamu berada di Teluk Lampung yang menjadi perbatasan dari ketiga kota ini, Kota Bandar Lampung, Kabupaten Lampung Selatan, dan Pesawaran. Dan kamu bisa bersantai menikmati keindahan pantai yang ada di Teluk Lampung di pinggiran pantai atau di gazebo-gazebo yang telah disediakan di pinggiran pantai. Atau kamu bisa melakukan sedikit petualangan dengan menyewa perahu motor milik nelayan dan mengelilingi Teluk lampung. Sungguh pemandangan yang sangat luar biasa, kamu tidak hanya melihat birunya air laut dan pantai saja, tapi kamu juga disuguhi akan keindahan perbukitan nan hijau yang ada di daratan Teluk Lampung. Dan kamu juga bisa mampir di perkampungan nelayan sembari hunting ikan hasil tangkapan nelayan yang cukup murah harganya.

Tugu Adipura Bandar Lampung

Salah satu landmark ikonik yang mencerminkan Kota Bandar Lampung adalah Tugu Adipura atau Tugu Gajah begitu masyarakat Bandar Lampung menyebutnya. Adanya patung gajah di dalam Tugu Adipura memberikan pesan bahwa Lampung adalah tempat Gajah Sumatera dilindungi. Tugu ikonik ini semacam pusat peradaban yang ada di Bandar Lampung, apalagi ketika malam hari cukup banyak masyarakat yang berinteraksi di seputaran tugu sembari menikmati pijar lampu malam di Tugu Adipura. Dan memang Tugu Adipura ini menjadi tempat wisata di Lampung yang sangat wajib untuk dikunjungi. Terutama bagi para traveler yang baru pertama kali menginjakkan kakinya di Kota Bandar Lampung.

Tugu Juang Bandar Lampung

Satu lagi landmark Bandar Lampung, yakni Tugu Juang. Inilah cerminan dari masyarakat Bandar Lampung yang dengan gagah berani membela tanah air dan menentang kolonialisme Belanda dan Jepang waktu itu. Yang oleh pemerintah diwujudkan menjadi sebuah Tugu Juang yang begitu kokoh dan sebagai ikon Kota Bandar Lampung. Tugu Juang Bandar Lampung kini sudah berubah bentuk yang diberikan taman di setiap sisinya. Menjadi tempat nongkrong yang cukup asyik ketika malam hari sembari menikmati suasana malam di Kota Bandar Lampung. Tempat wisata di Lampung ini memang menjadi wisata malam yang cukup pas jika kamu lagi berada di Kota Bandar Lampung.

Tugu Siger

Arsitekturral Tugu Siger ini memang sangat mirip dengan Menara Siger yang berada di Kabupaten Lampung Selatan, hanya saja lebih kecil dan bukan sebuah gedung, melainkan tugu yang menjadi salah satu landmark Bandar Lampung. Tugu Siger ini memang mengambil desain mahkota pengantin wanita adat Lampung disertai tiga payung yang berada di atasnya. Mungkin bagi warga Bandar Lampung sudah biasa melihat Tugu Siger, namun bagi traveler yang datang dari luar Bandar Lampung bisa menjadi spot selfie yang sangat keren di ketika berada di Bandar Lampung. Tugu Siger ini dibangun oleh Perbankan Lampung yang juga dilengkapi taman bunga serta rerumputan hijau. Cukup ikonik dan bisa dijadikan sebgai tempat wisata di Lampung bagi traveler yang belum pernah ke Bandar Lampung.

Vihara Thay Hin Bio

Tempat peribadahan yang sudah menjadi cagar budaya ini dibangun pada tahun 1850 yang pada awlanya ada seorang etnis Tionghoa yang membawa patung Dewi Kwan Im ke tanah Lampung. Akhirnya banyak masyarakat yang melihat patung tersebut dengan terkagunm-kagum, lalu timbullah pemikiran untuk membangun Vihara di Bandar Lampung. Dan pada tahun yang itulah sebagai awal peradaban etnis Tionghoa di Bandar Lampung. Vihara yang masih berdiri kokoh ini juga menjadi tempat wisata di Lampung yang cukup banyak menyita perhatian wisatawan. Karena umurnya yang sudah lebih dari 200 tahun itu lah yang membuat para wisatawan penasaran ingin melihatnya lebih dekat. Dan untuk lokasinya sendiri terletak di Pesawahan yang masih berada di Kecamatan Teluk Betung Selatan.

Water Park Citra Garden

Lokasinya berada di Perumahan Citra Garden yang berada di wilayah Negeri Olok Gading, Kecamatan Teluk Betung Barat. Water Park Citra Garden ini berada di perbukitan semakin membuatnya terlihat begitu indah, dan wisatawan tetap bisa melihat panorama alam perbukitan yang begitu asri dan adem pastinya. Water Park Citra Garden memiliki berbagai macam wahana air di dalamnya, seperti seluncurran, waterboom, kolam arus, dan masih banyak lagi. Dan memang Water Park Citra Garden ini sudah menjadi tempat wisata di Lampung yang cukup terkenal dan menjadi obyek wisata keluarga, terutama bagi anak-anak. Untuk pengunjung hanya dikenakan biaya masuk mulai dari Rp. 20.000 jika belum naik, biaya yang cukup murah untuk bisa menikmati berbagai wahana bermain air di dalam Water Park Citra Garden.

Wira Garden

Di Kota Bandar Lampung tidak hanya ada Taman Wisata Lembah Hijau atau Taman Bumi Kedaton saja yang menyajikan berbagai spot menarik di dalamnya. Tapi Wira Garden juga menyajikan spot-spot wisata yang sangat keren. Seperti adanya arung jeram mini yang aliran sungainya cukup deras, adanya puncak untuk melihat keindahan lautan Bandar Lampung, dan sudah pasti tempat bermain anak-anak yang juga disediakan di dalam Wira Garden. Ada yang sangat uni di dalam tempat wisata di Lampung ini, yakni adanya sumber mata air awet muda, konon katanya siapa yang membasuh dengan air yang keluar dari bongkahan batu tersebut akan awet muda dan semakin kinclong. Tidak percaya?? Mungkin kamu harus mencobanya karena airnya sangat segar dan jernih. Jika kamu masih belum puas menikmati Wira Garden, maka kamu juga bisa menginap di cottage yang sudah disipakan di dalam Wira Garden dan harganya pun juga cukup bersahabat. Lokasi WIra Garden berada di Jalan Wan Abdul Rahman , Batu Putu, yang masih di dalam Kecamatan Teluk Betung Barat.

Tempat Wisata di Kota Metro

Inilah Kota Terbesar nomor dua yang ada di Provinsi Lampung setelah Kota Bandar Lampung. Mendapatkan julukan kota paling aman dengan tingkat kriminalitas yang paling rendah di Provinsi Lampung, ini bisa menjadi surga bagi wisatawan luar dari Kota Metro. Tingkat keamanan yang begitu tinggi bisa meningkatkan sektor pariwisata di Kota Metro. Mungkin masih banyak traveler yang belum tahu, tempat wisata di Lampung yang berada di Kota Metro. Dan berikut ini daftar destinasi wisata yang menjadi favorit para wisatawan lokal di Kota Metro.

Bendungan Dam Raman

Potensi wisata Bendungan Dam Raman ini sebenanrya sungguh luar biasa, selain bentuk dam-nya yang begitu indah ada waduk yang juga menjadi spot para pemancing mania. Namun agak disayangkan masih minim akan wahana bermain airnya. Tapi kamu tetap bisa menikmati keindahannya di pinggir waduk yang sangat banyak ditumbuhi pepohonan yang cukup rindang. Sebenarnya kamu juga bisa melakukan river tubing di Bendungan Dam Raman, namun sepertinya masih belum ada yang melakukannya. Cukup menarik kamu bisa bersantai di atas ban pelampung atau perahu karet dan mengikuti arus air dari Bendungan Dam Raman. Tempat wisata di Lampung ini tepatnya terletak di Kelurahan Purwosari, berada di dalam Kecamatan Metro Utara.

Goa Macan

Lokasinya tidak begitu jauh dengan Goa Wara, dan menjadi tempat wisata di Lampung yang wajib kamu kunjungi untuk melengkapi petualangan kamu di kawasan 24 Tejosari, Kecamatan Metro Timur. Dan memang kebanyakan para petualang mengunjungi Goa Wara terlebih dahulu selanjutnya baru ke Goa Macan. Hampir sama seperti Goa Wara yang lorong-lorong goanya dipenuhi dengan genangan air, dan kamu pun juga harus berhati-hati jika ingin memasuki goa, peralatan yang lengkap sangat diperlukan. Goa Macan ini seperti tidak pernah dijamah manusia, semak-semak belukar mengelilingi goa dan juga keasrian alamnya masih sangat terjaga.

Goa Wara

Jika kamu suka berpetualangan mungkin destinasi wisata Goa Wara cocok banget buat kamu. Lokasinya yang terletak di wilayah 24 Tejosari, Kecamatan Metro Timur ini memang mengharuskan kamu untuk berjalan kaki. Tidak membutuhkan waktu berjam-jam dari pemukiman desa terdekat, dan panorama persawahan akan selalu mengiringi perjalanan kamu. Begitupun sungai kecil yang akan kamu lewati bisa menghilangkan rasa lelah berjalan kaki. Konon kabarnya Goa Wara ini dulunya sebagai goa pra sejarah meski sekarang agak susah untuk dimasuki karena cukup banyak genangan air di dalamnya. Dan tidak jauh dari tempat wisata di Lampung ini juga terdapat Goa Macan atau lebih dikenal dengan sebutan Goa Sireng.

Hutan Kota Linara

Ruang terbuka hijau memang bisa menjadi destinasi wisata yang cukup menarik ketika terik matahari mulai panas di siang hari. Namun Hutan Kota Linara yang seharusnya bisa menjadi ruang terbuka hijau dan juga menjadi tempat wisata di Lampung ini justru menjadi tempat pembuangan sampah. Padahal jika dikelola dengan baik maka keindahaan dan keasriannya juga bisa dinikmati oleh masyarakat banyak. Misalnya sebagai rest area atau bisa juga dijadikan sebagai destinasi wisata edukasi untuk pengelanan berbagai macam flora di dalamnya. Tapi kini sudah cukup banyak berubah, seperti lingkungan hutan yang semakin terlihat bersih. Untuk lokasinya sendiri Hutan Kota Limara ini terletak di Kelurahan Tejo Agung dan berada di dalam wilayah Kecamatan Metro Timur.

Hutan Kota Tejosari

Kecamatan Metro Timur memang memiliki beberapa tempat wisata yang berkonsep ruang terbuka hijau. Lokasinya yang berdekata dengan, lapangan tembak, stadion dan juga lokasi untuk latihan moto cross bisa menjadi tempat wisata di Lampung yang cukup menarik untuk dikunjungi. Dan memang potensi akan menjadi wisata alam sangatlah kuat. Selain berbagai macam flora dan masih banyak pepohonan yang tinggi, Hutan Kota Tejorasari juga dilengkapi dengan jogging track. Jadi kamu bisa menikmati hutan di dalam perkotan sembari berolahraga. Lokasi tepatnya terletak di Kelurahan Tejosari, Kecamatan Metro Timur.

Jembatan Gantung 28

Pengin selfie kekinian di Kota Metro Lampung?? Ini nih salah satunya Jembatan Gantung 28 atau Jembatan Grenjeng yang terletak di daerah 28 yang masih di wilayah Kecamatan Metro Utara. Kalau kamu selfie di atas jembatang gantung ini sudah pasti bakalan banyak tanya dimana lokasinya dan sudah pasti bakalan dapat like banyak banget. Jembatan dengan lantai terbuat dari kayu ini memang sangat eksotis, tinggal kamu mengatur pencahayaan saja sebelum jepret, tanpa melalui proses editing tetap saja terlihat keren. Hingga kini Jembatan Gantung 28 ini justru menjadi tempat wisata di Lampung yang cukup terkenal, bahkan tak jarang juga pengambilan photo pre wedding dilakukan di Jembatan Gantung 28 atau Jembatan Grenjeng.

Jembatan Gantung Pelita Bantul

Tak kalah eksotisnya dengan Jembatan Gantung 28 atau Jembatan Grenjeng di Kecamatan Metro Utara, Jembatan Gantung Pelita Bantul yang terletak di Bantul, Kecamatan Metro Selatan justru sebagai jembatan gantung tertua yang ada di Kota Metro. Banyaknya pepohonan yang ada di areal jembatan semakin menambah suasana yang begitu sejuk. Dan sudah pasti Jembatan Pelita Bantul ini menjadi tempat wisata di Lampung, tepatnya wisata fotografi. Buat kamu yang hobi banget fotografi cukup wajib untuk mengunjungi jembatan ini, dan terutama kamu yang hobi banget koleksi foto selfie. Megambil beberapa jepretan foto selfie di Jembatan Gantung Pelita Bantul ini bakal menghiasi album foto medsos kamu.

Masjid Taqwa

Tempat ibadah umat Islam di Kota Metro ini menelan biaya sekitar 18 miliar untuk biaya pemugarannya, hingga menjadi megah seperti sekarang. Masjid Taqwa menjadi kebanggaan warga Kota Metro yang mayoritas memeluk agama Islam. Dan pernah menjadi tuan rumah dalam menyelenggarakan MTQ tingkat Provinsi Lampung. Masjid yang kini juga menjadi tempat wisata di Lampung, khususnya wisata religi memang memiliki arsitektur yang begitu indah, bahkan tak jarang bagi traveler yang dari luar Kota Metro selalu mengambil beberapa jepretan photo di kawasan Masjid Taqwa. Apalagi lokasinya yang berdekatan dengan Taman Merdeka, nyaris tidak pernah sepi akan pengunjung yang selain beribadah dan juga selfie di areal masjid.

Sawah Bertingkat Bantul

Di daerah Bantul, Kecamatan Metro Selatan memang memiliki spot fotografi yang benar-benar memukau siapapun yang melihatnya. Tidak hanya Jembatan Pelita saja, tapi juga areal persawahan yang bertingkat atau terasering menjadi sajian yang istimewa. Mungkin sangat layak jika dijadikan sebagai desa wisata yang menghadirkan panorama pedesaan yang masih terlihat begitu epic dan kelestarian alamnya masih sangat terjaga. Tidak kalah indahnya dengan Ubud di Pulau Dewata, Sawah Bertingkat Bantul ini juga tampak begitu indahnya, dan memang sangat layak untuk dijadikan sebagai spot fotografi, selfie, atau pre wedding sekalipun. Meskipun tempat wisata di Lampung ini masih jarang yang mengunjungi, setidaknya website ini bisa memberikan informasi untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan.

Taman Ki Hajar Dewantoro

Meski tidak seramai seperti Taman Merdeka tapi konsep Taman Ki Hajar Dewantoro ini begitu indah, dan sangat cocok buat kalian yang menyukai hobi fotografi. Dalam hal penataan taman dan juga tanaman yang ada di dalam Taman Ki Hajar Dewantoro ini memang begiti apik. Dan memang jika dilihat dari potensinya untuk menjadi tempat wisata di Lampung, tepatnya di Kelurahan Iringmulyo, Kecamatan Metro Timur. Apalagi dengan dilengkapi fasilitas seperti free wifi akan semakin banyak pengunjung yang ingin bersantai di Taman Ki Hajar Dewantoro.

Taman Merdeka

Salah satu spot wisata bagi masyarakat lokal Kota Metro yang paling favorit adalah di Taman Merdeka. Banyak masyarakat yang melakukan berbagai aktifitas di Taman Merdeka. Mulai dari sekedar nongkrong di sore hari atau berolahraga di Taman merdeka. Di taman ini juga bisa menjadi tempat wisata di Lampung yang cukup menarik terutama untuk wisata keluarga. Di dalam Taman Merdeka tersedia berbagai wahana bermain untuk anak-anak yang akan membuat mereka semakin betah di Taman Merdeka. Dan menjadi hal yang wajib buat kamu yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Kota Metro dengan mengunjungi tempat wisata di Lampung ini yang berada di tengah-tengah Kota Metro.

Taman Mulyojati

Kota Mtero sepertinya sangat layak jika menyandang Kota Hijau, karena memiliki cukup banyak ruang terbuka hijau, seperti Taman Mulyojati ini. Adanya taman di Kelurahan Mulyojati, Kecamatan Metro Barat bisa menjadi rest area atau tempat bersantai para warga Kota Metro. Banyak warga yang memanfaatkannya sebagai tempat untuk berolahraga atau hanya sekedar nongkrong menikmati suasana Kota Metro. Apalagi ketika malam hari, bisa menjadi tempat nongkrong yang sangat asyik sembari menikmati suasana malam di Kotra Metro, tepatnya di Metro Barat.

Tugu Pena

Ternyata tidak hanya Jogja saja yang mendapat julukan sebagai Kota Pendidikan, tapi Kota Metro juga dikategorikan sebagai Kota Pendidikan, dan Tugu Pena inilah yang menjadi bangunan simboliknya. Kota Metro memiliki setidaknya ada 16 perguruan tinggi, mulai dari perguruan tinggi negeri maupun swasta. Bahkan dalam ruang lingkup untuk pendidikan anak usia dini pun juga bertebaran di Kota Metro. Tugu Pena selain menjadi ikon Kota Metro juga memiliki mitos tersendiri bagi mahasiswa di Kota Metro. Buat kalian yang ingin cepat wisata menjadi hal yang wajib untuk selfie di Tugu Pena. Konon katanya jika belum selfie di Tugu Pena lulusnya bakalan lama. Itulah mitos tentang Tugu Pena yang akhirnya merubah menjadi tempat wisata di Lampung, tepatnya di titik nol Kota Metro.

Water Park Palem Indah

Menjadi salah satu destinasi wisata air nyaris membuat Water Park Palem Indah tidak pernah sepi akan pengunjung. Berbagai wahana air ada di Water Park Palem Indah, mulai dari kolam renang untuk anak hingga orang dewasa. Selain itu wahana seperti waterboom, seluncuran, perahu bebek, bahkan hingga meeting room juga ada di dalam tempat wisata di Lampung yang terletak di Kelurahan Ganjar Agung dan di dalam Kecamatan Metro Barat ini. Obyek wisata di Kota Metro ini memang menjadi salah satu destinasi utama wisatawan lokal ketika akhir minggu atau pas musim liburan. Didukung akses jalannya yang sangat mudah yang berada di Jalan Jenderal Sudirman semakin memudahkan wisatawan untuk menuju lokasi Water Park Palem Indah.

 

Artikel Terkait