British Cemetery Kompleks Makam Inggris Di Bengkulu
Kompleks Makam Inggris ini merupakan salah satu peninggalan dari Bangsa Inggris dan terletak di jalan Veteran Kelurahan Jitra Kota Bengkulu. Kompleks makam ini juga merupakan makam Inggris terbesar yang berada di Asia Tenggara. Awalnya makam ini dibuat untuk menggantikan kuburan Bangsa Inggris yang berada di dekat Benteng York

Makam ini sendiri digunakan pada tahun 1714. Pada tahun itu pulalah pembangunan Benteng Marlborough ini dimulai dimana benteng ini pulalah yang akan menggantikan Benteng York. Lokasi makam ini memang tidak terlalu jauh dari Benteng Malborough hanya berjarak sekitar 1 km ke arah selatan dan area makam ini juga merupakan bagian dari Benteng Marlborough. Menurut catatan bahwa orang-orang Inggris dengan jumlah yang cukup banyak meninggal di daerah Bengkulu ini dengan berbagai alasan. Mulai dari terserang berbagai penyakit hingga karena kalah dalam peperangan. Salah satu penyakit yang kala itu menyerang diantaranya adalah penyakit Malaria dan Disentri.

Dahulu kompleks makam ini sendiri menempati tanah seluar hampir 4,5 hektar dan terdapat sedikitnya sekitar 1.000 makam dengan berbagai macam ukuran serta bentuk yang bervariasi. Berbagai jenis batu nisan di kompleks ini memiliki gaya ala orang-orang bangsawan Eropa abad pertengahan. Namun kini dari sekian banyak makam hanya tinggal tersisa lebihh kurangnya sekitar 53 makam saja. Makam-makam ini juga terletak tepat di belakng sebuah gereja. Adanya pengalihan lahan ini terjadi karena adanya beberapa pembangunan di sekitar lokasi makam. Pengalihan lahan tersebut bertujuan untuk pembangunan Koperasi, Kantor Luhar Jitra, Puskesmas, lapangan voly, rumah Camat Teluk Segara, Kantor KUA, Gereja, dan masih banyak lagi bangunan yang sengaja di bangun di sekitar makam itu. Selain itu juga disekitar makam ini telah dibangun beberapa rumah-rumah penduduk, bahkan penduduk sekitar juga menuturkan bahwa terdapat nisan yang terletak di dalam rumah penduduk. Hingga kinipun makam ini tetap ada namun dengan ukuran nisan yang terbilang kecil. Bahkan oleh pemilik rumah nisan ini dimanfaatkann sebagai pembatas sumur.

Menurut sumber yang terpercaya bahwa dahulu ukuruan dari nisan-nisan di tempat ini bagi sebagian warga Inggris memiliki kriteria tersendiri. Semakin besar ukuran makam itu maka akan semakin tinggi pulalah pangkat dari orang yang dimakamkannya. Di kawasan ini pula masih terdapat berbagai jenis ukuran makam, mulai dari yang ukurannya kecil hingga ada yang mencapai tinggi  kurang lebih sekitar 50 cm. Bahkan tercatat makam dengan nisan yang tertinggi di kompleks ini sendiri memiliki ukuran hampir mencapai 4 meter bahkan lebih. Di kawasan ini juga terdapat beberapa nisan yang telah ditumbuhi dengan lumut dan hampir tidak terlihat lagi. Terdapat pula beberapa nisan yang memiliki bentuk sedikit aneh. Keanaehan bentuk tersebut menimbulkan berbagai pertanyaan. Keanehan tersebut seperti adanya bentuk patung anjing di bagian atas nisan. Selain itu terdapat  juga sebuah nisan yang ada di bagian belakang dan terdapat sebuah gambar tangan terbuka dengan sebuah jari jempol yang ditekuk dan berada di telapak tangan. Hingga kini bentuk-bentuk nisan tersebut belum mendapatkan jawaban yang pasti mengenai apa maksud dibalik keanehan nisan tersebut. Keanehan model dan corak dari batu-batu nisan ini cukup menrik perhatian para pengunjung untuk diamati sebagai benda peninggalan yang sarat akan sejarah, khususnya pada masa Kolonial Belanda dan Inggris di Indonesia.

Baca juga : Danau Lebong, Keindahan dan Keunikan Danau Di Bengkulu

Pemerintah setempat juga telah menjadikan kompleks makam ini menjadi cagar budaya dan telah dilindungi oleh Undang-Undang No 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya. Objek wisata ini juga menjadi tanda bahwa di Bengkulu ini sendiri pernah ada hubungan terutama di masa lalu dengan Bangsa Inggris. Oleh warga setempat lokasi ini juga telah digunakan sebagai objek wisata. Lokasi ini juga akan terlihat ramai dikunjungi para pengunjung tertama pada sore hari. Nah bagi anda yang sedang memiliki rencana untuk berlibur ke daerah Bengkulu, tidak ada salahnya untuk mengunjungi lokasi dimana terdapat makam-makam Bangsa Inggris ini. Akan terasa tidak lengkap jika mengunjungi daerah Bengkulu jika belum mendatangai kawasan makam ini.

Lokasi Kompleks Makam Inggris

Kompleks Makam Inggris atau British Cemetery ini terletak di Jalan Veteran Kelurahan Jitra Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu. Akses untuk menuju ke lokasi ini juga tidak terlalu sulit. Kawasan makam ini jug aterletak tak jauh dari lokasi wisata Benteng Marlborough dan jug a makam ini adalah bagian dari benteng ini juga. Untuk itu bagi para pengunjung yangmendatangi lokasi wisata bersejarah Benteng Marlborough ini tidak ada salahnya untuk bergeser sedikit ke arah selatan lebih kurang sejauh 1 km.

Tips Berlibur

  • Jagalah selalu kondisi kesehatan anda saat akan melakukan perjalanan berlibur

  • Bawalah kamera untuk mengabadikan momen-momen bersama anggota keluarga ataupun sahabat

  • Jagalah selalu lokasi dimana anda berada terutama di kawasan wisata dengan tidak merusak fasilitas yang ada dan tidak membuang sampah sembarangan

Artikel Terkait