279 Tempat Wisata di Kepulauan Riau Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi
Tempat wisata di Kepulauan Riau di dominasi dengan wisata bahari, seperti pulau, pantai, dan juga alam bawah lautnya. Tapi wisata sejarah atau budaya juga sangat banyak ditemui di Kepulauan Riau, salah satunya di Pulau Penyengat sebagai tempat lahirnya Bahasa Indonesia.

Tempat wisata di Kepulauan Riau menjadi salah satu tujuan para wisatawan domestik maupun mancanegara. Karena Kepulauan Riau itu sendiri menjadi gerbang wisata dunia setelah Bali. Jadi tidak mengherankan jika cukup banyak wisatawan asing yang berkunjung tiap tahunnya. Apalagi dengan beragamnya obyek wisata yang dimiliki oleh Provinsi Kepulauan Riau. Dan hampir di kisaran 1,5 juta hingga 2 juta wisatawan asing tiap tahunnya berkunjung di Kepulauan Riau.

Seperti halnya wisata bahari atau kepulauan yang memiliki gugusan pantai yang cantik menjadi pemikat para wisatawan untuk datang. Belum lagi dengan banyaknya cagar budaya atau wisata budaya dan sejarah yang juga menjadi alternatif atau destinasi pemanis yang dimiliki Kepulauan Riau. Dan berikut ini berbagai tempat wisata di Kepulauan Riau yang cukup terkenal dan membuat para wisatawan selalu kagum ketika mendatanginya.

Tempat Wisata di Bintan

Salah satu tempat wisata di Kepulauan Riau yang menjadi andalan Provinsi Kepulauan Riau banyak ditemukan di Kabupaten Bintan. Bintan juga merupakan pulau terbesar yang ada di Provinsi Kepulauan Riau. Beberapa destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bintan cukup menyedot perhatian wisatawan. Dan salah satunya adalah wisata baharinya yang sangat terkenal hingga ke mancanegara, yakni Pantai Lagoi. Berikut ini daftar tempat wisata di Bintan yang akan memanjakan para wisatawan yang datang.

Air Adventures Flying Club Bintan

Salah satu andalan tempat wisata di Kepulauan Riau adalah Air Adventures Flying Club Bintan. Kamu bisa menikmati keindahan alam yang dimiliki Kabupaten Bintan dari ketinggian. Pesawat amfibi yang terbuka ini akan siap mengantarkan kamu berkeliling di atas langit Kabupaten Bintan. Kisaran per paketnya dari range 400 ribu an kamu sudah bisa menikmati terbang menggunakan pesawat terbuka. Lokasi wisata Air Adventures Flying Club Bintan ini berada di Teluk Sebong, tepatnya di Sebong Lagoi.

Air Terjun Gunung Bintan

Lokasi Air Terjun Gunung Bintan ini tepat berada di bawah kaki Gunung Bintan. Meskipun obyek wisata ini sudah tertata dan juga terawat dengan rapi. Tapi tetap memiliki keindahan yang masih sangat alami. Ornamen batu hitam yang ada di air terjun semakin menambah kecantikan Air Terjun Gunung Bintan. Tak heran juga jika air terjun ini menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang cukup favorit, khususnya bagi warga Kabupaten Bintan. Lokasi wisata Air Terjun Gunung Bintan ini berada di Kecamatan Teluk Bintan, tepatnya Desa Bintan Buyu.

Air Terjun Gunung Lengkuas

Tempat wisata di Kepulauan Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Bintan Timur, Kelurahan Gunung Lengkuas sangat eksotis. Sangat terlihat dengan bebatuannya yang berwarna hitam pekat yang berbentuk seperti anak tangga  dengan tinggi sekitar 5 meter. Meskipun airnya tidak begitu deras tapi semakin membuat betah wisatawan berada tepat di bawah pancuran air terjun. Dan yang lebih mengasyikkan adalah di dekat Air Terjun Gunung Lengkuas ada kolam yang lumayan lebar yang memang khusus untuk wisatawan yang ingin merasakan segarnya air pegunungan.

Aroma River Spa

Lagi-lagi Bintan menyajikan destinasi wisata yang sangat berbeda, Aroma River Spa. Tidak hanya sekedar spa biasa saja, tapi spa ini benar-benar memberikan pemandangan yang luar biasa. Dengan lokasinya yang berada di tengah hutan bakau dan terapung di atas sungai membuat Aroma River Spa tidak hanya sebagai spa saja tapi juga tujuan wisata. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang berbeda, setelah wisatawan menikmatik keindahan sungai dan hutan bakau biasanya dilanjutkan dengan perawatan atau rileksasi. Lokasi wisata Aroma River Spa berada di Telok Dalam, tepatnya di Jalan Trikora Km. 5.5.

Bintan Mangrove

Destinasi wisata yang cukup favorit bagi wisatawan adalah Bintan Mangrove. Hutan Mangrove ini tergolong cukup lebat dan ketika masuk kamu akan disuguhi eksotisme hutan Mangrove yang sangat hijau. Kamu juga bisa menikmati keindahan Bintan Mangrove dengan menyusuri sungai yang ada di tengah hutan dengan perahu. Dan terkadang kamu juga bisa melihat burung-burung yang bersarang di dalam Bintan Mangrove. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini berada di Kawasan Kampung Lagoi dan juga di Desa Sebong Lagoi.

Bukit Kerang

Salah satu wisata sejarah yang juga menjadi andalan Kabupaten Bintan adalah Bukit Kerang. Bukit Kerang ini memiliki tinggi sekitar 12 meter dan hampir semuanya berisi cangkang kerang yang hampir semuanya sudah mengeras atau membatu. Berdasarkan penelitian, Bukit Kerang ini ada dikarena aktifitas manusia prasejarah yang mengkonsumsi makanan seperti kerang laut. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini telah menjadi cagar budaya karena di Indonesia hanya ada sedikit adanya bukti peninggalan zaman manusia prasejarah. Lokasi wisata Bukit Kerang berada di Toapaya Asri, Kecamatan Toapaya.

Bukit Pasir

Inilah tempat wisata di Kepulauan Riau yang lagi hits, tepatnya berada di Desa Busung atau jalan pintas Tanjung Pinan – Bintan. Bukit pasir ini dulunya bekas pertambangan pasir yang sudah tidak beroperasi lagi dan sekarang menjadi destinasi wisata yang sangat unik yang ada di Kabupaten Bintan. Bukit Pasir ini memang sangat cocok bagi penggila selfie dan yang pasti intagramable banget. Kontur dari perbukitan pasir yang sangat eksotis dan warna putih pasir menjadi spot yang keren untuk berselfie ria.

Calypso Floating Bar dan Kelong Seafood Restautant

Nuansa yang sangat berbeda ketika kamu menikmati panorama pantai dan juga ditemani makanan seafood khas Bintan akan menjadikan liburan kamu lebih sempurna. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang cukup berbeda. Sebuah café dan restaurant yang terapung tepat di atas pantai ini tidak hanya memberikan view yang indah akan pantai dan birunya air lautnya saja, tapi juga sajian seperti wine dan juga seafood benar-benar menggugah selera. Lokasi Calypso Floating Bar dan Kelong Seafood Restaurant ini berada di Bintan Resort, tepatnya di Jalan Panglima Bantar.

Danau Biru

Selfieable, dan sudah pasti instagramable banget, itulah Danau Biru. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini benar-benar sangat memukau dengan warna airnya yang biru menjadikannya terlihat sangat cantik. Danau Biru ini awalnya bekas tambang pasir dan bahkan hingga kini juga masih ada penambangan pasir di danau ini. Tapi wisatawan tetap saja berdatangan karena memang Danau Biru menjadi spot terbaik untuk selfie. Lokasi wisata Danau Biru ini berada di Desa Gunung Kijang.

Gedung LAM Bintan

Gedung Lembaga Adat Melayu ini dibangun dengan sangat megah yang saat ini difungsikan sebagai perkantoran dan juga sebagai tempat pertemeuan. Selain itu Gedung LAM Bintan ini terkadang juga digunakan sebagai tempat untuk menjalankan persepsi pernikahan. Dari segi arsitekturnya tempat wisata di Kepulauan Riau ini mengambil arsitektur adat melayu yang cukup kental dengan dinding dan juga ornamennya. Dan untuk lokasi Gedung LAM Bitnan ini berada di Kijang Kota.

Jembatan Busung

Salah satu tempat wisata baru yang menjadi favorit anak muda Bintan adalah Jembatan Busung. Ketika hari mulai senja akan banyak wisatawan terutama wisatawan lokal yang menikmati redupnya cahaya matahari yang mulai tenggelam. Begitu juga ketika malam hari, hiasan cahaya lampu menjadi sajian utama di Jembatan Busung. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang bisa menjadi alternatif untuk menikmati senja atau mencoba untuk memancing ikan yang ada di muara sungai.

Kampung Wisata Panglong

Salah satu wisata budaya yang ada di Kabupaten Bintan adalah Kampung Wisata Panglong. Di kampung inilah banyak Suku Laut yang tinggal dengan berbagai macam adat dan istiadatnya. Ketika kamu berada di Kampung Wisata Panglong kamu akan disuguhi panorama pedesaan yang tepat berapa di pinggir laut. Dan yang cukup unik di tempat wisata di Kepulauan Riau ini adalah adanya Dapur Arang yang dahulu digunakan untuk pembuatan arang. Yang bentuknya hampir mirip seperti rumah suku Eskimo atau rumah Dome di Jogja.

Kapal Legendaris MV Doulos Phos

Tidak hanya wisata bahari yang disajikan Kabupaten Bintan, tapi wisata sejarah seperti Kapal Legendaris MV Doulos Phos. Hingga saat ini kapal yang dibuat dua tahun sebelkum kapal Titanic ini masih utuh. Bahkan menjadi tempat wisata di Riau yang cukup sering dikunjungi wisatawan asing. Kapal Legendaris MV Doulos Phos ini menjadi kapal penumpang tertua di dunia yang di catat oleh Guiness Book of Records. Dan kabarnya kapal ini akan dibuat menjadi hotel berbintang yang cukup unik yang belum pernah ada di dunia. Lokasi wisata Kapal Legendaris MV Doulos Phos ini berada di Pelabuhan Feri Bandar Bentan Telani.

Makam 7 Putri Kerajaan Bintan

Unik bin ajaib di Makam 7 Putri Kerajaan Bintan yang berada di Bukit Batu ini sebenarnya hanya ada 6 makam tapi khusus yang 1 makam hanya bisa dilihat oleh mata bathin. Itupun juga tidak sembarangan orang yang mampu melihatnya. Dan mereka ini adalah 7 putri dari kelompok Kerajaan Sriwijaya yang ada di Bintan pada tahun 12 M. dan mereka inilah yang menjadi cikal bakal dari Kerajaan Melayu. Kini Makam 7 Putri Kerajaan Bintan menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang cukup sering dikunjungi para peziarah.

Makam Sultan Abdullah Muayatsyah

Meskipun Pula Tampelan termasuk pulau terluar bukan berarti tidak memiliki sejarah panjang. pulau Tambelan dahulunya juga menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Johor pada tahun 1623. Hal ini semakin memperkuat dengan banyaknya situs sejarah yang salah satunya adalah Makam Sultan Abdullah Muayatsyah. Beliau ini adalah Sultan Johjor IV. Yang unik adalah makam beliau ini dibuat dari batu laut dan lokasinya berada di Desa Batu Lepuk, Kecamatan Tambelan. Kini makam beliau menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang termasuk wisata sejarah bagi para peziarah.

Masjid Pink

Masjid ini sebanarnya namanya Masjid An-Nur tapi kebanyakan wisatawan atau masyarakat lebih sering menyebutnya sebagai Masjid Pink. Hal ini dikarenakan warna pink sangat mendominasi warna eksetior masjid dan juga interiornya. Arsitektur masjidnya yang mengambil Timur Tengah juga semakin terlihat sangat cantik. Akhirnya Masjid Pink ini menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau khusunya sebagai destinasi wisata religi. Lokasi Masjid Pink ini berada di Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang.

Masjid Raya Baitul Makmur

Salah satu tempat wisata di Kepulauan Riau yang termasuk di dalam wisata religi adalah Masjid Raya Baitul Makmur yang berada di Tanjung Uban, Kecamatan Bintan Utara. Meskipun masjid ini bukan kategori masjid tua, tapi termasuk masjid yang memiliki arsitektur yang memukau. Apalagi dengan adanya taman yang ada di sekeliling masjid dan juga ornamen warna lantai yang colorfull semakin membuat Masjid Raya Baitul Makmur terlihat sangat megah dan artistik.

Mini Zoo Kijang

Tempat wisata di Kepulauan Riau ini cukup unik dengan mengambil tema kebun binatang mini yang berada di Kelurahan Kijang, Kecamatan Bintan Timur. Meskipun mini, koleksi faunanya juga cukup lengkap, ada rusa, burung merak, dan fauna lainnya. Mini Zoo Kijang juga dilengkapi dengan taman dan juga playground yang membuat para wisatawan betah. Mini Zoo Kijang memang sangat cocok untuk wisata keluarga terutama untuk anak-anak, bisa dijadikan sebagai tempat edukasi.

Monumen dan Relief Sejarah Pertambangan Bauksit Kijang

Dibangunnya Monumen dan Relief Sejarah Pertambangan Bauksit Kijang ini sebagai bukti sejarah bahwa bauksit pertama kali ditemukan di Kota Kijang, Kecamatan Bintan Timur. Pada tahun 1920 ditemukan oleh Belanda lalu dilanjutkan oleh PT. Antam Tbk. Tetapi kini telah berakhir dan dibuatnya monumen sebagai bukti bahwa pernah ada pertambangan bauksit terbesar di Bintan. Di dalam monumen ini terdapat tugu dan juga berbagai macam kendaraan berat pertambangan. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini tepatnya berada di Kota Kijang di Jalan Trikora.

Pantai Lagoi

Siapapun yang datang ke Pantai Lagoi akan berdecak kagum melihat keindahan Pantai Lagoi. Inilah pantai andalan yang menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang cukup favorit. Pantainya yang sangat bersih, pasir putihnya yang luas serta gradasi warna air laut yang biru semakin membuat betah wisatawan. Pantai Lagoi ini juga bisa dibilang sebagai pantai yang mewah, karena di pantai ini banyak berjajar resort-resort yang cukup mewah. Lokasi Pantai Lagoi berada di Kecamatan Bintan Utara.

Pantai Lancang Kuning

Hampir sama dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Kabupaten Bintan. Pasir pantainya yang putih dan birunya air laut, serta berderet pepohon kelapa dan juga cemara. Tapi ada yang menarik di Pantai Lancang Kuning, yakni ada pulau kecil tepat di depan pantai yang hanya berjarak beberapa ratus meter saja. Di pulau kecil itu bisa menjadi spot memancing atau hanya menikmati panorama pantai dari lokasi yang berbeda. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini tidak ada wahana air, dan fasilitiasnya juga belum lengkap, jadi kamu harus membawa perbekalan yang cukup untuk mengunjungi pantai Lancang Kuning.

Pantai Loola

Pantai ini memang dikelola oleh Loola Resort, jadi kebersihan pantai benar-benar terjaga. Selain didukung panorama pantainya yang sudah cantik ditambah lagi adanya resort-resort apung semakin terlihat eksotis. Di tempat wisata di Kepulauan Riau ini ada wahana permaianan air seperti kayak yang akan memanjakan wisatawan berkeliling di pulau-pulau kecil tepat depan pantai. Namaun wisatawan tidak bisa menelusuri Pantai Loola, karena memang merupakan pantai pribadi yang dikelola oleh Loola Resort.

Pantai Nirwana Gardens

Pantai yang lokasinya tepat dengan Nirwana Resort ini memang sangat bersih dan didukung pasir pantainya yang bersih semakin terlihat sempurna. Di areal Pantai Nirwa Gardens ini banyak sekali wisatawan asing yang mengunjungi pantai, karena memang merupakan kelolaan dari Nirwana Resort. Perpaduan pasir putih dengan birunya laut dan juga ornamen bebatuan di pinggir pantai semakin membuat tempat wisata di Kepulauan Riau ini mengundang banyak wisatawan asing untuk berdatangan.

Pantai Sakera

Salah satu tempat wisata di Riau tepatnya di Bintan yang memiliki fasilitas cukup lengkap adalah Pantai Sakera. Lokasi tepatnya berada di Tanjung Uban. Tidak hanya cukup berenang atau berendam atau menikmati bermain pasir putih saja. Wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai wahana air dan juga panorama yang sangat indah. salah satunya yang paling din anti wisatawan di Pantai Sakera adalah panorama sunset yang begitu eksotis.

Pantai Sebong Pereh

Kontur Pantai Sebong Pereh yang landai, berpasir putih dan gradasi warna biru lautnya mampu memikat wisatawan untuk datang. Tersedianya wahana air seperti banana boat semakin memanjakan para wisatawan untuk tetap terhibur di tempat wisata Kepulauan Riau ini. Adanya gazebo dan berjajar pohon kelapa di pinggir pantai menjadi spot terbaik untuk menikmati panorama Pantai Sebong Pereh. Keberadan bebatuan besar yang ada di pinggir pantai semakin menambah eksotisme Pantai Sebong Pereh.

Pantai Senggiling

Tidak hanya Pantai Lagoi atau Pantai Trikora saja yang sangat eksotis yang dimiliki Kabupaten Bintan. Tapi Pantai Senggiling ini memberikan panorama yang benar-benar berbeda. Berjajarnya pohon kelapa di pinggir pantai dan juga bebatuan besar yang ada di sebgian bibir pantai menambah eksotisme Pantai Senggiling. Tempat wisata di Riau ini sangat cocok untuk berenang dan berendam, karena airnya benar-benar sangat jernih. Lokasi wisata Pantai Senggiling ini berada di Kelurahan Sri Bintan, tepatnya di Desa Senggiling.

Pantai Tanjung Berakit

Sedikit berbeda view Pantai Tanjung Berakit dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Kabupaten Bintan. Pantai Tanjung Berakit ini sangat dekat dengan pelabuhan, jadi tidak hanya melihat panorama indah pantainya saja, tetapi kamu juga bisa melihat kapal feri lalu-lalang di pelabuhan Tanjung Berakit. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memiliki warna air laut yang sangat biru, dipadu dengan pasir putihnya yang bersih menjadi terlihat sangat eksotis. dan juga rindangnya pepohonan di pinggir pantai membuat suasana tetap sejuk. Lokasi Pantai Tanjung Berakit ini berada di Kecamatan Teluk Sebong.

Pantai Trikora

Tidak kalah eksotisnya dengan Pantai Lagoi. Pantai Trikora memiliki garis pantai yang cukup panjang dengan hamparan luas pasir putih dan ombaknya yang begitu landai. Panoramanya terkesan masih sangat asri, dengan beberapa bebatuan karang yang menjorok ke pantai semakin menambah eksotisme Pantai Trikora. Air lautnya yang kebiruan semakin mengundang para wisatawan untuk merasakan segarnya air Pantai Trikora. Lokasi wisata Pantai Trikora berada di Kecamatan Gunung Kijang, Desa Malang Rapat.

Pulau Beralas Pasir

Banyak yang menyebutnya White Sand Island, karena hampir keseluruhan Pulau Beralas Pasir ini didominasi oleh pasir putih. Sudah bisa dipastikan tempat wisata di Kepulauan Riau ini benar-benar eksotis karena pasirnya yang putih bersih. Tapi tidak hanya itu saja, keindahan bawah lautnya yang ada di pulau ini akan membuat kamu terpukau, berbagai jenis ikan dan terumbu karang akan membuat mata wisatawan berbinar karena keindahannya. Lokasi Pulau Beralas Pasir ini masuk di wilayah Teluk Bakau, dan hanya sekitar 20 hingga 30 menit menggunakan perahu motor dari pelabuhan Teluk Bakau.

Pulau Kelong

Kamu harus menggunakan perahu motor atau pompon yang berangkat dari Kijang Kota dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Di pulau Kelong kamu akan melihat hijaunya hutan bakau yang ada di pinggir pantai. Dan kadang digunakan oleh para pemancing sebagai spot memancing terbaik karena ikannya juga cukup besar-besar. selain itu wisatawan juga bisa melihat lebih dekat adat dan istiadat dari masyarakat yang menghuni Pulau Kelong. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang membutuhkan lebih banyak lagi sentuhan dari pemerintah agar lebih banyak wisatawan yang berdatangan di Pulau Kelong.

Pulau Mapur

Dilihat dari besarnya pulau mungkin tidak sebesar p[ulau lainnya yang ada di dalam Kabupaten Bintan. Tapi eksotismenya jelas tidak kalah indahnya, dengan berhias pepohonan nan rindang dan juga bebatuan besar membuat Pulau Mapus semakin sedap dipandang. Cukup banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata di Kepulauan Riau ini ingin menikmati keindahan alam bawah lautnya. Mulai dari snorkeling hingga diving atau sekedar menikmati panorama Pulau Mapur. Untuk mencapai lokasi Pulau Mapur kamu bisa menaiki perahu motor dari Pelantar Indah Kijang yang hanya 30 menitan.

Pulau Nikoi

Lokasi Pulau Nikoi cukup berdekatan dengan Pulau Beralas Pasir dan pernah dinobatkan sebagai The Best Private Island 2016. Inilah tempat wisata di Kepulauan Riau yang menjadi andalan Kabupaten Bintan. Dan cukup banyak wisatawan mancanegara yang menginap di resort-resort mahal di Pulau Nikoi. Panorama alamnya memang sungguh mempesona ditambah lagi dengan keindahan alam bawah lautnya yang cukup eskotis. Jadi sangat wajar jika Pulau Nikoi ini menjadi salah satu pulau terbaik yang ada di Kabupaten Bintan.

Pulau Pangkil

Inilah private island yang dimiliki oleh Kabupaten Bintan, tapi sepertinya pengelolaannya diserahkan ke pihak swasta atau Pangkil Resort. Wisatawan harus merogoh kocek sedikit agak dalam jika ingin berwisata di Pulau Pangki. Setidaknya hingga puluhan juta untuk menyewa keseluruhan pulau dalam 3 hari 2 malam. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang menawarkan sesuatu yang berbeda. Jadi ketika kamu menyewa pulau ini maka tidak akan ada penghuni lainnya yang ada di Pulau Pangkil. Dan yang paling keren adalah segala fasilitas benar-benar disediakan di Pulau Pangkil. Mulai dari kolam renang air tawar, penginapan, alat, snorkeling, hingga alat surfing ada di pulau yang memiliki pasir putih dan pantainya yang menakjubkan ini.

Pulau Penyusuk

Kamu harus menggunakan perahu motor agar bisa sampai di Pulau Penyusuk. Kamu bisa berangkat dari Pantai Trikora yang hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menitan. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang cukup terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Kamu bisa menikmati berbagai warna dan jenis ikan dan juga keunikan terumbu karang. Pulau Penyusuk bisa dikatan sebagai surga tersembunyi karena pulau ini tidak berpenghuni dan masih sangat alami dan asri panorama alamnya.

Pulau Tambelan

Salah satu pulau terluar yang masih di wilayah Kabupaten Bintan ini berbatasan langsung dengan Laut China Selatan. Padahal potensi wisata yang dimiliki Pulau Tambelan ini sungguh menakjubkan. Di tempat wisata di Kepulauan Riau ini kamu bisa menikmati pantai sera milik sendiri, karena memang masih jarang wisatawan yang datang dan hanya penduduk lokalnya saja. Belum lagi keindahan bawah lautnya yang belum tereksplorasi penuh. Hal ini dikarenakan jaraknya dari Tanjung Pinang sekitar 300 km membuat wisatawan jarang mengunjungi Pulau Tambelan.

Puncak Gunung Bintan

Tidak seperti gunung-gunung lainnya yang ada di Indonesia, Puncak Gunung Bintan ini ttingginya tidak lebih dari 500 atau dikisaran 400 meter an saja. Tapi meskipun tidak tinggi panoramanya benar-benar memukau. Mulai dari perbukitan nan hijau, birunya laut hingga sunset yang begitu cantik. Selain itu tempat wisata di Kepulauan Riau ini juga terdapat Air Terjun Gunung Bintan dan juga perkebunan durian yang pada musim tertentu sangat murah harganya.

Ria Bintan Golf Club

Olahraga tapi juga wisata, itulah yang ada di Ria Bintan Golf Club. Lapangan golf ini bersebelahan dengan pantai, jadi viewnya benar-benar sangat istimewa. Ria Bintan Golf Club ini termasuk salah satu lapangan golf yang bertaraf internasional. Dan yang spektakulernya lagi adalah mampu memikat para penggila olahraga golf baik dari mancanegara selalu berdatangan di Ria Bintan Golf. Dan paling sering adalah wisatawan dari Malaysia dan Singapura. Lokasi tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Sebong Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong.

Situs Kota Kara

Inilah situs yang meninggalkan cerita yang nyaris terlupakan, padahal Situs Kota Kara ini adalah salah satu bukti bahwa ada Kerajaan sebelum Kerajaan Islam itu masuk di Pulau Bintan. Kerajaan Bintan konon katanya berdiri sekitar tahun 1100 yang memiliki seorang raja yang bernama Raja Asyhar Aya. Jadi kerajaan ini lebih dahulu berdiri sebelum ada Kerajaan Johor, Melaka, Riau, dan lain-lainnya. Kini Situs Kota Kara menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang cukup sering didatangi para ahli sejarah dan juga peneliti, begitu juga dengan wisatawan yang ingin mengenal lebih dekat sejarah Bintan.

Tempat Wisata di Karimun

Meskipun tempat wisata di Kepulauan Riau memang lebih banyak di dominasi dengan wisata bahari atau wisata pantainya. Tetapi untuk Kabupaten Karimun destinasi wisatanya cukup beragam apalagi Karimun memiliki sejarah yang panjang dulunya. Seperti menjadi daerah kekuasan Kerajaan Sriwijaya pada abad 13 hingga Kerajaan Malaka pada pertengah abad 14. Bisa dipastikan Kabupaten Karimun banyak menyimpang situs cagar budaya yang cukup menarik untuk dikunjungi. Dan berikut ini beberapa destinasi wisata yang paling sering dikunjungi wisatawan.

Air Terjun Pongkar

Lokasi tempat wisata di Kepulauan Riau ini tidak jauh dari Pantai Pongkar dan juga berada di bawah kaki Gunung Jantan. Mungkin membutuhkan sedikit jiwa petualang karena lokasinya yang cukup jauh dari desa terdekat dan berada di tengah hutan. Tapi tidak perlu khawatir akses jalannya cukup bagus dan suguhan pepohonan yang menjulang tinggi nan hijau akan mengiringi petualangan kamu. Air Terjun Pongkar tidak begitu deras, tapi yang paling memikat adalah airnya yang sangat bersih dengan kolam buatan yang cukup besar dan dihiasi pepohonan nan hijau di pinggirnya. Air Terjun Pongkar ini berada di Kecamatan Tebing, Desa Pongkar.

Coastal Area Tanjung Balai

Salah satu andalan destinasi wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Karimun adalah Coastal Area Tanjung Balai. Dengan panorama pantai yang cukup menawan dan juga berbagai macam fasilitas yang tersedia, mulai dari tempat makan, area bermain anak, perbelanjaan menjadi satu. Apalagi ketika malam hari eksotisme dari Coastal Area akan semakin terasa dengan temaramnya lampu dan semilir angin malam pantai membuat tempat wisata di Kepulauan Riau ini selalu ramai pengunjung.

Jembatan Pelambong

Pemandangan yang sangat berbeda ketika kamu berada di Jembatang Pelambong. Jembatan Pelambong ini terbuat dari kayu dan digunakan untuk berlabuhnya kapal-kapal nelayan. Bagi yang pecinta fotografi, tempat wisata di Kepulauan Riau ini bisa menjadi spot terbaik buat hunting foto, karena keunikan dari jembatannya. Selain itu destinasi wisata menarik juga cukup dekat dengan Jembatan Pelambong, yakni Pantai Pelawan, yang lokasinya di Pangke, Meral, Tanjung Balai Karimun.

Makam Layang Kumitir

Salah satu makam yang ada di Karimun, tepatnya di Kecamatan Kundur, Desa Sawang Laut ini sering dikunjungi para peziarah. Selain menjadi cagar budaya tapi juga menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang harus dikunjungi. Karena Layang Kumitir ini memang sangat berjasa dalam menyebarkan agama Islam. Yang ketika itu diutus oleh Sunan Wali Songo dari Jawa untuk menyebarkan aga Islam hingga ke Karimun. dan para peziarahnya pun tidak hanya dari domestik saja, tetapi juga dari Malaysia dan Singapura.

Makam Moyang Seraga

Satu lagi cagar budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Karimun yang kini menjadi tempat wisata di Kepulau Riau yang sering dikunjungi para peziarah, adalah Makam Moyang Seraga. Dari kisahnya seorang sumai yang bernama Jumat disuruh oleh istrinya yang sedang hamil untuk mencari rusa berbulu putih. Tapi ketika dia berburu tidak pernah menemukan rusa yang berbulu putih yang ada hanya kuning atau coklat. Dan hingga bertahun-tahun sang suami tetap bertahan di dalam hutan hingga badannya menjadi batu karena faktor usia. Dan akhirnya dimakamkan di tempat dia meninggal oleh para pengawal raja. Dan hingga kini Makam Moyang Seraga sering dikunjungi para peziarah untuk mendoakannya.

Makam Si Badang

Tempat wisata di Kepulauan Riau ini termasuk sebagai wisata sejarah yang menceritakan seseorang yang sangat sakti dan berilmu tinggi. Si Badang adalah seorang pendekar dari Kerajaan Lingga yang Berjaya pada abad 14. Yang paling unik adalah ukuran dari panjang Makam Si Badang ini cukup panjang, yakni hampir 3 meter panjangnya. Ketika musim-musim tertentu cukup banyak peziarah yang mengunjungi Makam Si Badang. Lokasi Makan Si Badang ini berada di Pulau Buru atau di wilayah Kecamatan Buru.

Masjid Agung Karimun

Masjid  Agung Karimun ini memiliki halaman yang cukup luas yang di tanami pohon palm semakin menambah kemegahan masjid yang didonomiasi warna hijau ini. Arsitektur masjid yang mengambil Timur Tengah dan juga sentuhan Melayu membuat masjid ini sangat ikonik. Tidak hanya sebagai tempat peribahan bagi umat Islam saja, tetapi juga sebagai tempati wisata di Kepulauan Riau khusunya wisata religi. Lokasi Masjid Agung Karimun berada di pusat Kota Tanjung Balai, Karimun.

Masjid Baiturrahman

Wisata religi kamu tidak akan komplit tanpa mampir di Masjid Baiturrahman. Arsitektur dan perpaduan warna masjid ini begitu cantik yang mengambil design masjid seperti di Timur Tengah. Selain menjadi tempat beribadah orang Islam Masjid Baiturrahman sendiri juga menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau khususnya untuk wisata religi. Cukup banyak wisatawan yang dari luar Karimun berkunjung di Masjid Baiturrahman yang berada di pusat Kota Tanjung Balai.

Masjid Raja Haji Abdul Gani

Inilah masjid tertua yang ada di Kabupaten Karimun dan menjadi masjid tertua kedua di Provinsi Kepulauan Riau. Konon katanya Masjid Raja Haji Abdul Gani ini arsitekturnya adalah orang Tionghoa yang terlihat dari bentuk menara masjid. Dan Masjid Raja Haji Abdul Gani ini dibangun sekitar tahun 1883 dan pada era Kerajaan Riau Lingga masih Berjaya. Dan hingga kini Masjid Raja Haji Abdul Gani selain digunakan sebagai tempat beribadah juga menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau khususnya wisata religi bagi kaum Muslim. Lokasi Masjid Raja Haji Abdul Gani ini berada di Kecamatan Buru.

Masjid Raya Al Mubaraq

Peletakan batu pertama bangunan masjid ini pada tahun 1873 dibangun oleh cucu Raja Haji Fisabilillah, yakni Raja Abdullah bin Raja Ahmad Engku Tuah. Meskipun usianya sudah ratusan tahun tapi Masjid Raya Al Mubaraq ini masih berdiri kokohn hingga sekarang, meskipun ada perbaikan di beberapa bagian masjid. Dilihat dari arsitertur masjid, nampak jelas ada tMelayu begitu kental pada setiap sisinya. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini menjadi salah satu masjid tertua di Indonesia dan masjid tertua ketiga di Provinsi Kepulauan Riau.

Pantai Air Dagang

Destinasi wisata ini menawarkan keindahan pantai yang masih sangat alami. Bahkan belum begitu banyak wisatawan yang mendatangi Pantai Air Dagang. Eskotismenya jelas terlihat mulai dari pasir putihnya yang bersih, dan birunya laut, dan juga perbukitan kecil yang menambah kecantikan Pantai Air Dagang. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini masih berada di wilayah Kecamatan Moro, tepatnya berada di Pulau Sugibawah.

Pantai Batu Limau

Pantai Batu Limau memiliki keunikan tersendiri dan sangat berbeda dengan pantai lainnya yang didominasi dengan pasir putihnya. Tetapi Pantai Batu Limau ini memenuhi bibir pantai dan bentuknya pun juga sangat unik, ada yang mirip seperti kelamin pria dan juga wanita, dan juga seperti bilik kamar. Terbentuknya batu-batu tersebut apakah karena pada jaman dulu batu tersebut diukir atau berdasarkan pada legenda yang bercerita tentang batu tersebut. Untuk mencapai tempat wisata di Kepulauan Riau tepatnya berada di Kecamatan Ungar, Desa Batu Limau ini kamu harus menggunakan perahu motor dari pelabuhan Tanjung Batu.

Pantai Gading

Sedikit berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Kabupaten Karimun. Pantai Gading ini memiliki bebatuaan yang cukup besar-besar yang berada di garis pantainya. Disamping itu di tempat wisata di Kepulauan Riau ini terdapat tangga batu yang menuju ke makam-makam kuno yang terkadang jumlah anak tangganya berubah-ubah. Untuk mencapai lokasi wisata Pantai Gading kamu harus menaiki kapal dari Tanjung Balai menuju Pulau Kundur dan dilanjutkan dengan kendaraan darat.

Pantai Lubuk

Pantai yang memiliki keunikan berbeda, yakni bebatuan yang cukup besar yang berjajar secara alami di pinggir pantai semakin menambah eksotisme Pantai Lubuk. Pasirnya yang putih dan juga berjajar rapi pepohonan kelapa menjadikan Pantai Lubuk semakin sedap untuk dipandang. Selain itu tempat wisata di Kepulauan Riau ini juga dilengkapi gazebo yang ada di pinggir pantai. Jadi kamu tetap bisa menikmati panorama Pantai Lubuk tanpa takut kepanasan. Lokasi wisata Pantai Lubuk ini berada di Kecamatan Kundur, tepatnya Desa Lubuk.

Pantai Pelawan

Yang paling istimewa yang dimiliki Pantai Pelawan adalah pepohonan yang begitu lebat yang ada di pinggir pantai. Jadi kamu tetap bisa menikmati panorama pantai di tempat yang teduh tanpa takut kepanasan. Pantai Pelawan yang memiliki pasir putih ini juga memiliki berbagai macam wahana air seperti banana boat, dan lain-lain. Sangat wajar akhirnya jika Pantai Pelawan ini menjadi tempat wisata di Riau yang cukup difavoritkan oleh masyarakat Karimun. Lokasi Pantai Pelawan ini berada di Pangke, Kecamatan Meral.

Pantai Pongkar

Berbeda dengan Pantai Pelawan yang berada di sisi barat Karimun. Obyek wisata Pantai Pongkar ini berada di sebelah timur Karimun, tepatnya berada di Kecamatan Tebing, Desa Pongkar. Yang menakjubkan dari tempat wisata di Kepulauan Riau ini adalah berjajarnya pohon cemara yang sangat rapi yang berada di pinggir pantai, semakin membuat Pantai Pongkar terlihat eksotis. Apalagi dengan warna putih pasirnya semakin membuat wisatawan betah menikmati panorama Pantai Pongkar. Wahana bermain airnya pun juga terbilang lengkap, salah satunya adanya banana boat, dan lain-lain.

Pantai Pulau Moro

Masih dalam satu wilayah Kecamatan dengan Pulau Telunas, Pantai Pulau Moro juga menyajikan panorama yang istimewa. Apalagi ketika senja tiba, temaram sinar matahari yang mulai redup membuat Pantai Pulau Moro terlihat begitu eksotis. tempat wisata di Kepulauan Riau ini berada di Pulau Moro, yang cukup sering dikunjungi wisatawan hanya untuk melepas penat. Pasirnya yang putih dan masih terlihat alami menjadi sajian utama Pantai Pulau Moro.

Pantai Pulau Tulang

Pulau Tulang ini tidak begitu jauh dari Tanjung Balai, dan hanya beberapa menit saja menggunakan perahu motor. Pantai Pulau Tulang ini benar-benar masih sangat asri, dengan banyaknya pohon kelapa yang ada di pinggir pantai semakin membuat Pantai Pulau Tulang terlihat sangat eksotis. dan yang lebih mengasyikkan lagi adalah kamu bisa membeli ikan dengan sangat murah di pantai ini. Karena hampir mayoritas penduduknya adalah nelayan. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memiliki potensi yang luar biasanya meskipun hingga kini masih tergolong tidak begitu banyak wisatawan yang mengunjungi.

Pantai Sawang

Salah satu destinasi wisata alternatif yang ada di Kabupaten Karimun adalah Pantai Sawang. Pantai ini tergolong sepi, tapi bukan berarti tidak memiliki panorama yang indah. ketika hari mulai senja, mulai terlihat eksotisme Pantai Sawang dengan temaramnya sinar matahari yang meredup. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini tepatnya berada di Desa Sawang, Kecamatan Kundur Barat.

Pantai Tanjung Ambat

Pantai ini tergolong masih sangat alami, dan bahkan tidak begitu ramai wisatawan. Padahal Pantai Tanjung Ambar memiliki pesona yang begitu istimewa. Misalnya seperti pasirnya yang putih bersih serta air lautnya yang berwarna biru dengan sedikit hiasan batu karang, semakin terlihat menawan. Kamu bisa menikmati tempat wisata di Kepulauan Riau ini sambil meminum es kelapa muda yang masih segar, karena begitu banyak pohon kelapa yang ada di pinggir pantai. Lokasi wisata Pantai Tanjung Ambat berada di Desa Lubuk Puding, Kecamatan Buru.

Pantai Tanjung Melolo

Tempat wisata di Kepulauan Riau ini menjadi spot terbaik untuk memancing, karena cukup banyak ikan-ikan besar yang menghuni di sebagian Pantai Tanjung Melolo. Pantai Tanjung Melolo berada di Desa Pangke, Kecamatan Meral Barat ini masih sepi pengunjung. Jadi kamu bisa lebih leluasa menikmati keindahan Pantai Melolo dengan pasir putih dan birunya air laut dengan keheningan, serasa di pantai yang tersembunyi.

Pantai Timun

Panorama di Pantai Timun ini cukup menggoda, tidak hanya sekedar pasir puytih dan birunya lautnya saja. Tapi view dua pulau tepat di seberang membuat Pantai Timun ini sedikit berbeda. Berjajarnya pepohonan di pinggir pantai dan juga adanya gazebo atau pondokan di bawahnya akan semakin memanjakan wisatawan untuk bersantai di Pantai Timun. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Kundur Barat, Desar Kundur.

Pemandian Air Panas Tanjung Hutan

Cukup unik memang jika melihat kondisi geografis yang tidak memiliki gunung atau pegunungan tetapi ada sumber air panas di Desa Tanjung Hutan. Dan yang lebih membuat betah para wisatawan adalah Pemandian Air Panas Tanjung Hutan ini tidak berbau belerang. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang masih tergolong sangat asri. Kamu juga bisa menikmati panorama alam pedesaan Tanjung Hutan yang masuk dalam wilayah Kecamatan Buru.

Prasasti Pasir Panjang

Salah satu bukti sejarah bahwa Karimun juga menjadi daerah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya adalah adanya Prasasti Pasir Panjang. Prasasti ini memiliki enam baris yang menggunakan aksara Lantsa dan kemungkinan dibuat pada 900 hingga 1000 Masehi. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini telah menjadi cagar budaya dan juga menjadi wisata religi bagi penganut agama Budha. Bahkan cukup banyak wisatawan dari luar negeri seperti India datang ke Karimun hanya untuk mengunjungi Prasasti Pasir Panjang. lokasi wisata Prasasti Pasir Panjang ini berada di Kecamatan Meral Barat, tepatnya di Kelurahan Pasir Panjang.

Pulau Telunas

Semua pemandangan yang indah terasa berada di Pulau Telunas. Mulai dari indahnya sunrise dan eksotisnya sunset beserta paasir putih dan birunya air laut akan bisa kamu nikmati ketika berada di Pulau Telunas. Belum lagi keindahan alam bawah lautnya, berbagai macam ikan dan terumbu karang yang benar-benar masih asri disajikan di Pulau Telunas. Untuk mencapai tempat wisata di Kepulauan Riau ini kamu harus menggunakan perahu motor yang membutuhkan waktu 1 jam dari Tanjung Balai.

Puncak Gunung Jantan

Sebelum sesampainya di puncak saja kamu akan disuguhi panorama alam yang benar-benar istimewa. Kondisi hutan yang masih sangat alami dengan pepohonan yang menjulang tinggi. Dan juga melewati Air Terjun Pongkar sebagai tempat istirahat sebelum ke Puncak Gunung Jantan. Sesampainya di Puncak kamu akan menikmati indahnya Kota Tanjung Balai dan juga Pantai Pongkar, dan juga hamparan pepohonan nan hijau. Tempat wisata di Kepulauan Ria ini memang sebagai destinasi favorit bagi traveler yang suka berpetualang.

Vihara Dharma Dwiepa

Klenteng tertua yang ada di Kecamatan Moro ini selain menjadi tempat peribadahan etnis Tionghoa, tapi juga menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau. Hal ini dikarena Vihara Dharma Dwiepa menjadi salah satu klenteng tertua yang ada di Kabupaten Karimun dan juga Kecamatan Moro. Klenteng ini terlihat sangat adem karena ada pohon yang sangat besar yang ada di halaman Klenteng dan umurnya pun juga sudah tua.

Tempat Wisata di Kepulauan Anambas

Keindahan dari Kepulauan Anambas benar-benar tidak diragukan lagi, dan bahkan mampu bersaing dengan obyek wisata Kabupaten lainnya yang ada di Keulauan Riau. Bahkan destinasi wisata di Kepulauan Anambas ini menjadi salah satu tempat wisata di Kepulauan Riau yang mendunia. Dan tak jarang banyak wisatawan yang datang ingin menikmati keindahan pulau-pulau kecil yang ada di Kepulauan Anambas. Dan berikut ini daftar tempat wisata di Kepulauan Anambas yang mampu memikat para wisatawan untuk datang menikmatinya.

Air Terjun Air Bunyi

Jika kamu sudah m,ulai bosan dengan wisata bahari di Kepulauan Anambas, mungkin kamu bisa ngadem di Air Terjun Air Bunyi di Desa Air Bini, Kecamatan Siantan Selatan. Dengan menyusuri hutan bakau yang cukup lebat akan menjadi pemandangan yang berbeda ketika menuju ke lokasi Air Terjun Air Bunyi. Airnya yang sangat jernih serta kolam di bawahnya akan membuat kamu terasa adem setelah berpanasan dari pantai yang ada di Kepulauan Anambas. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang menjadi alternatif bagi wisatawan yang ingin ngadem dan menikmati segarnya air tawar.

Air Terjun Neraja

Gemericik bunyi air terjun seakan tanpa henti-hentinya yang dikucurkan ke dalam kolam yang cukup luas. Airnya yang sangat jernih berpadu dengan hijaunya pepohonan disampingnya membuat warna air di dalam kolam semakin hijau menyegarkan. Air Terjun Neraja memang menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang cukup favorit. Dan tak lain adalah karena adanya kolam yang semakin membuat betah wisatawan yang datang. Lokasi Air Terjun Neraja ini berada di Desa Ulu Maras, Kecamatan Jemaja Timur.

Air Terjun Temburun

Inilah salah satu ikon wisata yang dimiliki oleh Kepulauan Anambas, Air Terjun Temburun. Yang semakin membuat Air Terjun Temburun ini sangat eksotis adalah lokasinya yang berada di samping laut. Bahkan kamu juga bisa menikmati keduanya dengan menaiki air terjun yang setinggi 250 meter. Benar-benar pemandangan yang tiada duanya, apalagi kamu sambil berendam di di kolam-kolam kecil sembari menikmati birunya air laut dan juga hijaunya perbukitan. Lokasi tempat wisata di Kepulauan Riau ini tepatnya berada di Kecamatan Siantan Selatan, Desa Temburun.

Batu Tumpuk Tiga

Selain Air Terjun Temburun, lokasi wisata Batu Tumpuk Tiga yang berada di pusat Kota Tarempa menjadi ikon wisata Kepulauan Anambas. Relief alami pada batu begitu terlihat dan sangat unik dengan dihiasi pepohonan nan hijau di sekelilingnya semakin terlihat sangat indah. Wisatawan yang berkunjung di Batu Tumpuk TIga pasti akan berselfie ria. Karena liburan kamu di Kepulauan Anambas tidak akan terkenang tanpa mengunjungi tempat wisata di Kepulauan Riau yang satu ini.

Desa Air Sena

Obyek wisata yang agak berbeda yang ada di Kepulauan Anambas, yakni Desa Air Sena. Kali ini tidak pantai saja yang disajikan di Desa Air Sena, tapi pengembang-biakan Ikan Napoleon. Di desa wisata yang telah menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang cukup menarik ini kamu juga dimanjakan dengan keindahan pantainya.

Makam Keramat Siantan

Tempat wisata di Kepulauan Riau ini cukup banyak peziarah yang berdatangan bahkan ada yang dari luar Kepulauan Riau. Konon ceritanya Makam Keramat Siantan ini adalah makam dari nahkoda kapal Datuk Kaye yang meninggal dalam perlawanan dengan Kerajaan Johor. Untuk mengenang jasa nahkoda tersebut akhirnya Datuk Kaye memerintahkan pasukannya untuk menguburnya di Desa Teluk Siantan. Lokasi makam yang berada di tengah-tengah hutan bakau ini terasa sangat sejuk yang membuat para peziarah semakin khusuk dalam berdoa.

Masjid Jami’ Baiturrahim

Salah satu destinasi wisata religi yang ada di Kepulauan Anamabas bagi umat Islam adalah Masjid Jami’ Baiturrahim. Masjid ini dibangun oleh Datuk Kaye Muhd Usman pada tahun 1880 yang awalnya lokasinya di Pantai Kukup. Tapi karena sering kebanjiran lalu dipindahkan ke areal darat pada tahun 1920. Arsitekturnya yang sangat khas Melayu masih utuh hanya ada penambahan di bagian depan masjid. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini juga menjadi salah satu masjid tertua yang ada di Indonesia.

Goa Impol Jemaja

Destinasi wisata ini cukup unik berada di Pulau Jemaja, tapi jika kamu ingin memasuki kamu harus membawa peralatan lengkap. Mulai dari senter, alat snorkeling maupun diving. karena Goa Impol ini berada di pinggir tebing dan langsung berbatasan dengan laut. Dan hindari untuk memasuki goa ketika air sedang pasang. Selain pesona Goa Impol yang cukup unik kamu juga bisa melihgat keindahan bawah laut, mulai dari terumbu karang maupun bermacam-macam ikan. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini berada di Pulau Jemaja, Kecamatan Jemaja.

Pantai Arung Hijau

Tempat wisata di Kepulauan Riau ini menjadi favorit para wisatawan untuk menikmati keindahan sunset. Karena lokasinya Pantai Arung Hijau ini yang menghadap ke barat semakin istimewa untuk merasakan setiap detiknya menghilangnya sinar matahari. Kebanyakan wisatawan akan menikmatinya di dermaga atau di pinggir pantai sembari selfie atau minum kopi. Lokasi Pantai Arung Hijau ini berada di Kecamatan SIantan Selatan, tepatnya di Desa Tiangau.

Pantai Kusik

Bentuk pantainya yang landai dan dikelilingi pulau kecil di depannya semakin membuat Pantai Kusik ini seperti tidak terusik atau sangat tenang. Meskipun garis pantainya tidak begitu panjang, tapi pasir putihnya berpadu dengan pohon kelapa di pinggirnya semakin membuat Pantai Kusik ini terlihat sangat eksotis. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini tepatnya berada di Pulau Jemaja, Desa Letung. Wisatawan yang datang pasti akan dimanjakan dengan pantainya yang dangkal dan juga air lautnya yang sebening kaca.

Pantai Pasir Manang

Garis Pantai Pasir Manang tergolong pendek dan tidak sepanjang pantai sebelahnya yakni Pantai Tanjung Momong. Tapi juga tidak kalah cantiknya pemandangan di Pantai Pasir Manang. Yang cukup unik di tempat wisata di Kepulauan Riau ini adanya adanya bebatuan yang menjulang tinggi yang ditumbuhi pepohonan nan hijau. Sudah pasti bakal menjadi spot selfie terbaik selain di pantainya sendiri.selain itu kamu juga bisa menikmati panorama pantai dari puncak bukitnya agar mendapatkan view yang berbeda. Lokasinya yang juga berada di Tarempa semakin mudah untuk dijangkau dengan kendaraan.

Pantai Padang Melang

Inilah pantai yang ada di Kepulauan Riau yang memiliki garis pantai terpanjang, dan hampir 7 km panjangnya. Apalagi bibir pantainya yang cukup lebar akan memanjakan para wisatawan yang datang yang lebih suka bermainan pasir atau melakukan berbagai aktifitas seperti main bola, ataupun volley. Pantai Padang Melang ini menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang cukup difavoritkan oleh wisatawan. Selain pantainya yang cukup bersih dengan berjajar pohon kelapa di pinggirnya, selain itu lokasinya mudah dijangkau. Lokasi Pantai Padang Melang ini berada di Pulau Jemaja, yang masih di wiliayah Kecamatan Jemaja.

Pantai Tanjung Momong

Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang jika dibandingkan dengan beberapa pantai lainnya yang ada di Kecamatan Tarempa. Pantai Tanjung Momong ini selain memiliki pasir putih yang bersih tapi juga ada sebagian pantainya yang berbatu granit. Selain itu para wisatawan ketika berkunjung ke tempat wisata di Kepulauan Riau ini akan dimanjakan dengan keindahan bawah lautnya yang sangat beragam. Tidak hanya terumbu karangnya saja, tapi ikan penghuni batu karangnya juga sangat indah untuk dipandang.

Pulau Ayam

Nama yang sangat unik dan lucu untuk sebuah nama pulau yang masuk di wilayah Kecamatan Jemaja Timur. Pulau Ayam ini memiliki kontur yang cukup landai dan dihiasi begitu banyaknya pohon kelapa yang banyak tumbuh di pinggir pantai. Benar-benar menjadi surganya wisatawan setelah capek snorkeling bisa ke darat untuk menikmati segarnya air kelapa muda yang masih segar. Salah satu tempat wisata di Kepulauan Riau yang sangat tenang untuk menikmati panorama pantai.

Pulau Batu Belah

Batu yang bertumpuk secara alami menjadi pemandangan yang tidak biasa di Pulau Batu Belah. Lokasinya yang cukup dekat dengan Pulau Penjalin menjadikannya sering dikunjungi wisatawan. Selain menikmati ekindahan lautnya dengan snorkeling maupun diving, ada juga wisatawan yang menjadikannya spot memancing terbaik. Karena memang di tempat wisata di Kepulauan Riau ini cukup banyak dihuni ikan-ikan besar.

Pulau Bawah

The Best Asia’s Top Five Tropical Island Paradise, itulah penghargaan dari CNN yang sangat layak disandang oleh Pulau Bawah. Pulau yang sebelumnya tidak berpenghuni ini memiliki pantai yang benar-benar membuat wisatawan yang sangat kagum akan keindahan dan keasriannya. Belum lagi pesona bawah lautnya yang begitu indah, dan cocok untuk snorkeling atau diving. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini ini menjadi tempat singgah kapal-kapal pesiar yang ingin menikmati indahnya alam bawah laut. Lokasi wisata Pulau Bawah ini berada di Kecamatan Siantan Selatan, tepatnya di Desa Siabu.

Pulau Berhala

Tidak kalah dengan pulau-pulau lainnya yang ada di Kepulauan Anambas. Pulau Berhala juga memiliki pantai dan keindahan alam bahwa lautnya yang cukup memukau. Bakan tak sedikit wisatawan yang datang di Pulau Berhala selalu menyempatkan snorkeling maupun diving. akses untuk ke Pulau Berhala cukup mudah karena sudah ada jembatan penghubung dari Pulau Jemaja. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini juga menjadi spot terbaik untuk memancing dan ada beberapa titik tertentu terdapat ikan-ikan besar.

Pulau Busung

Aneh tapi nyata, itulah kata yang tepat untuk menggambarkan Pulau Busung. Pulau ini hanya timbul atau terlihat ketika air laut sedang surut. Bahkan yang sangat menyangkan adalah keitka kamu berada di Pulau Busung keitka air hampir surut. Itu akan menjadi moment terbaik buat selfie, seakan-akan kamu berdiri di atas lautan. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini tidak begitu jauh dari Pulau Penjalin.

Pulau Damar

Salah satu pulau terluar yang dimiliki Kabupaten Anambas adalah Pulau Damar yang berbatasan langsung dengan Malaysia dan juga Laut China Selatan. Pulau ini sungguh eksotis jika dilihat mirip seperti bebatuan yang sangat besar. bagi wisatawan asing Pulau Damar memiliki keindahan bawah laut yang mengagumkan dan menjadi spot pemancingan terbaik yang ada di Kepulauan Anambas. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini menjadi favorit wisatawan asing terutama wisatawan dari negeri singa Singapura.

Pulau Durai

Tidak hanya indah dengan banyaknya pepohonan termasuk pohon kelapa saja yang ada di Pulau Durai. Tapi pesona pantai dan juga keindahan bawah lautnya yang membuat wisatawan sering nge-camp di Pulau Durai karena masih belum puas menikmati keindahannya. Selain itu, pulau ini juga menjadi tempat berkembang biaknya penyu belimbing. Untuk menuju lokasi tempat wisata di Kepulauan Riau ini kamu harus menggunakan pompong atau perahu motor yanda membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam dari pusat Kota Tarempa.

Pulau Kelong

Ada yang uni di Pulau Kelong ini, yakni bebatuan pesar yang berada di tengah pantai. Kebanyakan wisatawan yang datang di Pulau Kelong ini pasti mengunjungi bebatuan tersebut, karena menjadi spot terbaik untuk bermain air maupun berselfie ria. Selain itu tempat wisata di Kepulauan Riau ini memiliki air lautnya yang betul-betul sejernih kristal. Sudah bisa dipastikan wisatawan tidak akan menyia-nyiakan kesempatan buat nyebur.

Pulau Keramut

Wisatawan mana yang tidak akan terpukau ketika mengunjungi Pulau Damar yang hampir memiliki segala macam destinasi wisata. Mulai dari pantainya yang berpasir putih yang cukup indah, birunya air laut dengan keindahan bawah lautnya. Dan juga yang paling menarik adalah pesona alam perbukitan yang menampilkan hijaunya pohon kelapa di pinggir-pinggir pantai. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini berada di Desa Keramut, Kecamatan Jemaja.

Pulau Kuku

Selain wisata bahari kamu juga akan wisata sejarah di Pulau Kuku. Inilah pulau yang digunakan pemerintah Indonesia untuk menampung para pengungsi dari Vietnam karena terjadinya perang saudara disana pada tahun 80 an. Namun hingga kini masih ada warga Negara yang masih tinggal di Pulau Kuku. Pulau ini memiliki panorama pantai yang jempolan juga, pasir pantainya yang putih bersih plus air lautnya yang berwarna kebiruan semakin memanjakan mata para wisatawan. Lokasi tempat wisata di Kepulauan Riau ini masih masuk dalam wilayah Kecamatan Jemaja.

Pulau Lango

Lokasi Pulau Lango ini masih berada di wilayah Kecamatan Palmatak dan untuk menjangkaunya kamu harus menyewa kapal motor. Yang paling terkenal akan Pulau Lango adalah terumbu karangnya. Kamu tidak perlu diving untuk melihat keindahan terumbu karang dan juga berbagai macam ikan. Cukup snorkeling saja kamu sudah bisa melihat dengan jelas keindahan terumbu karang. Hal ini dikarenakan tempat wisata di Kepulauan Riau ini cukup dangkal.

Pulau Lingai

Pulau ini hanya dihuni beberapa KK saja, jadi sudah bisa dipastikan keasrian akan alamnya di Pulau Lingai masih sangat terjaga. Berbagai jenis pantai ditawarkan di Pulau Lingai, mulai dari pantai mangrove, pantai berbatu granit, dan pantai berpasir putih. Yang tidak tertinggal adalah spot snorkeling di beberapa bagian pantai di Pulau Lingai memiliki tyerumbu karang yang sangat indah. Dan satu lagi yang cukup mengesankan adalah adanya perbukitan menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan pantai Pulau Lingai. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini hanya membutuhkan 30 menit saja dari Tarempa.

Pulau Mangkai

Meskipun menjadi pulau terluar di Kabupaten Kepulauan Anambas, tapi pesonanya benar-benar kelas dunia. Pulau Mangkai memiliki pantai yang sangat indah, bahkan di bagian pantai tertentu memiliki terumbu karang dan ikan beranekaragam. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini tepatnya masuk di wilayah Jemaja. Karena sangat minim informasi mengenai Pulau Mangkai jadi tidak begitu banyak wisatawan yang datang, padahal pesona alamnya mampu memikat para wisatawan.

Pulau Memperuk

Pulau ini memiliki keunikan tersendiri, yakni terdapatnya batu-batu besar yang ada di pinggir pantai dan juga di perkampungan penduduk. Di Pulau Memperuk ini ada desa yang namanya Desa Munjan yang terlihat masih sangat asri bahkan ada rumah-rumah penduduk yang berdiri di atas pantai. Ketika kamu berada di tempat wisata di Kepulauan Riau ini, kamu akan disuguhi panorama pantai yang cantik disertai bukit nan hijau. Dan yang tidak ketinggalan adalah spot memancing dan juga keindahan bawah lautnya juga membuat wisatawan terpukau karena keindahan terumbu karangnya.

Pulau Mengkian Panjang

Inilah tempat wisata di Kepulauan Riau yang menjadi andalan Kecamatan Siantan Timur, Pulau Mengkian Panjang. Pulau ini di sebagian pantainya terdapat bebatuan besar-besar yang semakin menambah eksotisme pantai Pulau Mengkian Panjang. Dan sudah pasti pasir putihnya juga mengelilingi pulau ini. Yang paling unik dari pulau ini adalah satu-satunya pulau yang ada di Anambas yang yang tumbuh kurma. Lokasinya tidak begitu jauh juga dari pusat Kota Tarempa, yang hanya 30 menitan menggunaka popong atau kapal motor.

Pulau Nawan

Dari berbagai review wisatawan yang doyang banget snorkeling maupun diving, Pulau Nawan lah yang memiliki biota laut paling lengkap dan sangat beragam. Dan memang cukup sering wisatawan menghabiskan waktunya di tempat wisata di Kepulauan Riau ini dengan bersnorkeling. Untuk lokasi Pulau Nawan sendiri hanya membutuhkan waktu setidaknya 1 jam dari pelabuhan Tarempa.

Pulau Nongkat

Pantai yang ada di Pulau Nongkat ini hampir mirip kolam alami, airnya yang sejernih kristal bahkan dasarnya pun juga terlihat jelas. Ada sebagian pantai yang di kelilingi perbukitan nan hijau, semakin membuat kamu betah berendam di pantai. Banyak wisatawan yang menghabiskan liburan di Pulau Nongkat dengan melakukan berbagai aktifitas seperti snorkeling maupun diving, dan juga mencoba melihat ada dan istiadat masyarakat Pulau Nongkat.

Pulau Nyamuk

Bukan berarti namanya Pulau Nyamuk itu banyak nyamuknya ya di pulau ini. Justru Pulau Nyamuk ini akan mendatangkan cukup banyak wisatawan untuk menikmati keindahan yang dimiliki Pulau Nyamuk. Air laut yang ada di pantainya bak sebening kaca bahkan dasarnya pun terlihat dengan sangat jelas. Pohon kelapa di pinggir pantainya semakin cantik dihiasi pasir putih yang sangat bersih. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini bisa kamu nikmati keindahannya dari perbukitan yang ada di Pulau Nyamuk. Lokasi dari Pantai Nyamuk ini berada di wilayah Kecamatan Siantan.

Pulau Pahat

Hanya membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 jam dari Tarempa untuk menuju tempat wisata di Kepulauan Riau yang terkenal dengan habitat penyu sisik. Dan memang kini Pulau Pahat dikhusukan sebagai tempat konservasi Penyu Sisik yang memang mulai langka. Selain sebagai tempat konservasi, Pulau Pahat ini juga memiliki keanekaragaman bawah lautnya yang sangat indah, mulai terumbu karangnya dan juga ikan-ikan yang hidup di karang.

Pulau Panjang

Pulau yang berada di Kepulauan Anambas ini memiliki garis pantai yang cukup panjang, yakni 2 km meskipun tidak sepanjang Pantai Padang Melang. Tak heran juga jika akhirnya pulau ini, dinamakan sebagai Pulau Panjang. tempat wisata di Kepulauan Riau ini akan memanjakan wisatawan yang ingin bermain di atas pasir putihnya yang bersih, dan juga air lautnya sebening kristal.

Pulau Penjalin

Meskipun tidak mendapatkan apresiasi sehebat Pulau Bawah, tapi Pulau Penjalin tetap akan membuat siapapun kagum melihatnya. Birunya air laut yang tidak begitu dalam semakin memanjakan para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam bawah laut di Pulau Penjalin. Yang cukup mengesankan adalah banyaknya bebatuan yang ada di pinggir pantai, menjadi spot terbaik untuk memancing atau buat selfie. Pulau Penjalin ini menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang cukup difavoritkan wisatawan. Dan lokasinya berada di wilayah Kecamatan Palmatak dan sekitar 1,5 jam dari pusat Kota Tarempa.

Pulau Piugus

Sedikit berbeda dengan pulau-pulau lainnya, Pulau Piugus ini terdapat resort-resort yang unik dengan pemandangan langsung ke pantai. Airnya yang gradasi dari warna hijau ke biru membuat Pulau Piugus ini memikat para wisatawan. Apalagi dengan indahnya terumbu karang dan berbagai macam warna ikan laut, semakin membuat wisatawan betah snorkeling maupun diving. untuk mengunjungi Pulau Piugus ini hampir sama dengan Pulau Penjalin dengan menggunakan perahu motor. Dan lokasinya Pantai Piugus ini berada di Desa Ladan, Kecamatan Palmatak.

Pulau Semut

Dari namanya saja sudah cukup unik dan begitulah kenyataannya Pulau Semut memiliki garis pantai yang cukup pendek. Yang sangat menarik dari pulau ini adalah ornamen bebatuannya yang semakin membuat Pulau Semut semakin menarik. Begitu juga dengan keindahan bawah lautnya juga tidak kalah dengan pulau lainnya. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memiliki terumbu karang yang tergolong masih alami yang dihuni berbagai jenis ikan.

Pantai Selat Rangsang

Sungguh pemandangan yang sangat menakjubkan ketika kamu berada di Pantai Selat Rangsang. Lokasi pantai yang diapit oleh beberapa pulau kecil, seperti Pulau Penjaul, Pulau Luyung dan beberapa pulau lainnya. Karena itulah tempat wisata di Kepulauan Riau ini menjadi sangat cantik sekali, tidak hanya pantainy yang bersih dan berpasir putih. Tapi hadirnya perbukitan nan hijau menambah Pantai Selat Rangsang begitu eksotis dan sangat aman buat berenang.

Pulau Teles

Lokasinya tidak begitu jauh dari pusat Kota Tarempa, yang hanya berjarak 5 km dan hanya beberapa menit saja menggunakan pompon atau kapal motor. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini menyuguhkan keindahan pantainya yang berpasir putih dan juga keindahan terumbu karang dan juga juga ikan-ikan yang unik. Selain itu juga ada perbukitan dengan pepohonan nan hijau akan menjadi sajian istimewa di Pulau Teles.

Pulau Temuruk

Memang membutuhkan waktu hampir 2 jam untuk mengunjungi Pulau Temuruk dengan naik pompon atau kapal motor dari Pelabuhan pusat Kota Tarempa. Tapi rasa lelah kamu akan terbayar ketika melihat pasir putihnya yang menyilaukan begitu juga dengan air lautnya sebening kristal. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang belum begitu ramai jika dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya. Tapi justru karena sepi itu seakan menjadi “private island”.

Pulau Temawan

Pulau ini pernah menjadi sengketa masalah kepemilikian Pulau Temawan dan bahkan wisatawan dilarang untuk mengunjungi pulau ini. Tapi kini masalah itu sudah selesai, dan sudah cukup banyak wisatawan yang berdatangan untuk menikmati keindahan bawah lautnya yang memang sangat memukau. Terumbu karang sebgai rumah ikan-ikan cantik begitu terlihat sangat alami dan nyaris tanpa kerusakan pun. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini cukup dekat dari pusat Kota Tarempa yang hanya butuh waktu 1 jam saja menggunakan speedboat.

Pulau Tokong Berlayar

Lokasi Pulau Tokong Berlayar ini berada di sebelah barat Pulau Penjalin. Bentuk dari pulau ini cukup unik, karena mirip seperti perahu dan akhirnya sama masyarakat setempat diberilah nama Pulau Tokong Berlayar. Di Pulau Tokong Berlayar ini sering digunakan wisatawan untuk spot memancing. Cukup banyak ikan yang menghuni di bawah pulau ini, mulai dari ikan karang hingga ikan barracuda. Selain itu tempat wisata di Kepulauan Riau ini juga memiliki terumbu karang yang sangat cantik. Jadi selain memancing kamu juga bisa menyelam untuk menikmati keindahan bawah laut.

Vihara Gunung Dewa Siantan

Lokasinya yang berada di pinggir lereng perbukitan ini semakin membuat Vihara Gunung Dewa Siantan terlihat kokoh. Vihara yang dibangun pada tahun 1960 ini selain menjadi tempat peribadahan orang Tionghoa juga menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang berada di Kecamatan Siantan.

Tempat Wisata di Lingga

Kota yang memiliki julukan Bunda Tanah Melayu ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Dimana Negara Kesultanan Johor-Pahang-Riau-Lingga ini berdiri yng berpusat di Kota Daik. Terlepas dari sejarahnya tentang kejayaan di masa lalu, Kabupaten Lingga yang termasuk daerah kepulauan ini berpotensi kembali Berjaya dalam bidang pariwisata. Cukup banyak tempat wisata di Kepulauan Riau yang cukup menarik untuk dikunjungi berada di Kabupaten Lingga. Dan berikut inilah daftar-daftar tempat wisata di Kabupaten Lingga yang sangat indah dan juga eksotis.

Air Terjun Batu Ampar

Lokasinya yang berada di tengah hutan membuat Air Terjun Batu Ampar ini terlihat begitu eksotis, meskipun tidak begitu tinggi air terjunnya. Adanya fasilitas pemandian tepat di depan air terjun semakin memanjakan para wisatawan yang datang. Mereka bebas menikmati air pemandian maupun di bawah air terjunnya secara langsung. Lokasi tempat wisata di Kepulauan Riau ini cukup mudah untuk dijangkau, kamu juga bisa menggunakan kendaran bermotor. Air Terjun Batu Ampar ini berada di Desa Batu Kacang, Kecamatan Singkep.

Air Terjun Bedegam

Sedikit berpetualang jika kamu ingin mengunjungi destinasi wisata Air Terjun Bedegam. Air terjun yang berada di tengah hutan ini tergolong masih asri dengan pepohonan yang ada di pinggir air terjun. Meskipun tidak terlalu besar, Air Terjun Bedegam cukup eksotis setidaknya kamu bisa ngadem di pemandian air Bedegam. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini berada di Dabo Singkep.

Air Terjun Cerok Langsi

Untuk menuju lokasi Air Terjun Cerok Langsi sedikit lebih cepat jika dibandingkan dengan lokasi Air Terjun Jelutung. Ketinggian air terjunnya mencapai 100 meter dengan kucuran air yang deras dan kolamnya yang cukup besar semakin membuat udara sekitar semakin terasa sangat sejuk. Tapi untuk menuju lokasinya memang tergolong tidak mudah, kamu harus melewati hutan belantara dan juga melakukan pendakian yang tidak mudah. Tapi rasa lelah kamu selama 4 jam perjalanan akan sekejap hilang setelah melihat keanggunan Air Terjun Cerok Langsi. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini berada di Desa Mentuda, tepatnya di gugusan Gunung Daik.

Air Terjun Cik Latief

Sebenarnya Air Terjun Cik Latief ini dulunya begitu indah dan sangat asri dan untuk akses menuju lokasi pun juga sangat mudah, meskipun tergolong cukup jauh dari desa terdekat. Tetapi karena adanya pertambangan timah, akses jalan menuju kesana menjadi terputus atau sedikit berat medannya. Akan tetapi masih saja wisatawan tetap mengunjungi tempat wisata di Kepulauyan Riau ini. Hal ini karena memang pesona Air Terjun Cik Latief ini sungguh menggoda dan sangat asri. Dan untuk lokasinya berada di wilayah Kecamatan Singkep Barat.

Air Terjun Jelutung

Inilah salah satu air terjun tertinggi yang ada di Kepulauan Riau dan menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang sangat wajib untuk dikunjungi. Air Terjun Jelutung ini lokasinya tepat di belakang punggung Gunung Daik dengan ketinggian hingga mencapai 36 meter. Yang cukup mengesankan adalah kolam di bawah air terjun yang sangat lebar dengan kedalaman hingga 20 meter. Jadi wisatawan harus ekstra hati-hati jika ingin berenang, memang hanya dikhususnya bagi yang espert saja. Untuk mengunjungi lokasi Air Terjun Jeluntung ini memang membutuhkan waktu yang sangat lama. Menggunakan speedboat ke desa Mentuda, lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati hutan kurang lebih memakan waktu 6 jam.

Air Terjun Makunggal

Bagi traveler yang menyukai petualangan akan dimanjakan dengan destinasi wisata di Desa Resun, yang berada di Kecamatan Lingga Utara. Inilah Air Terjun Makunggal yang berada di tengah hutan yang menyuguhkan keasrian hutan yang terkesan belum terjamah. Untuk mengunjungi tempat wisatadi Kepulauan Riau ini kamu harus berjalan kaki selama 30 menit. Meskipun tergolong jauh, tapi kamu tidak akan bosan dengan panorama hutan yang menyejukkan dan juga masih terjaga keasriannya. Setelah sampai lokasi kamu akan takjub dengan indahnya Air Terjun Makunggal dengan tinggi 22 meter dengan kolam yang lebar dibawahnya dan bebatuan yang besar semakin menambah indahnya harmoni alam.

Air Terjun Resun

Destinasi wisata air terjun yang satu ini lebih mudah untuk dijangkau bahkan kendaraan motor dan mobil pun juga bisa masuk dekat dengan Air Terjun Resun. Air Terjun Resun juga sangat cantik meskipun lebih rendah tetapi air terjunnya lebih lebar dan kolam di bawahnya pun juga sangat lebar. Dan yang pasti kamu akan dimanjakan dengan segarnya air yang sangat jernih dengan dasar batu alam. Air Terjun Resun menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang difavoritkan karena selain aksesnya yang mudah kolam di bawahnya juga sangat luas.

Air Terjun Tande

Lokasi Air Terjun Tande ini bersebelahan dengan Gunung Daik dan hanya berjarak 5 kilometer dari pusat Kota Daik dan berada di lereng Gunung Tanda. Air Terjun Tande ini memiliki karakter tersendiri selain rimbunnya pepohonan di sekeliling air terjun dan juga memiliki beberapa tingkat. Dan untuk setiap tingkatnya ada kolam yang terisi dengan air yang sangat jernih. Untuk mengunjungi tempat wisata di Kepulauan Riau ini kamu harus sedikit berjalan kaki setidaknya memakan waktu 1,5 jam perjalanan. Tapi keindahan Air Terjun Tande seketika akan menghilangkan rasa lelah kamu berjalan kaki melewati hutan.

Benteng Bukit Cening

Kesan pertama ketika kamu melihat Benteng Bukit Cening ini mungkin terlihat sangat aman dari gempuran musuh ketika itu. Hal ini mungkin karena lokasinya yang berada di atas bukit dan juga begitu banyak meriam yang berjejer yang siap menghalau dan menghancurkan musuh. Benteng Bukit Cening ini dibangun oleh pada masa pemerintahan Sultan Mahmud Syah III. Dan kini cagar budaya ini menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang sajib dikunjungi jika ingin mengenal sejarah akan Kabupaten Lingga. Untuk lokasi wisata Benteng Bukit Cening berada di Kelurahan Daik, Kecamatan Lingga, Kampung Seranggo.

Gunung Daik

Destinasi wisata Gunung Daik ini menjadi salah satu andalan wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Lingga. Meskipun syarat akan mistis, tetapi masih banyak juga para pendaki yang tidak hanya dari Indonesia saja mencoba untuk menaklukkan gunung yang memiliki tiga puncak ini. Tiga puncak itu sendiri juga memiliki nama, Gunung Daik, Gunung Pejantan, Dan Gunung Cindai Menangis. Dengan ketinggian 1.165 mdpl ini dibutuhkan skill yang mumpuni untuk mendaki puncaknya yang sangat terjal dengan bebatuan yang agak rapuh. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini tepatnya berada di pulau utama, yakni Pulau Lingga.

Gunung Sepincan

Gunung ini memang tidak setinggi Gunung Daik, tapi eksotisme panoramanya tidak akan kalah dengan Gunung Daik. Perjalanan ke Gunung Sepincan kamu akan disuguhi berbagai macam flora dan juga hutan lumut nan hijau semakin menyejukkan mata. Kebanyakan para petualang yang ingin naik ke Gunung Sepincan bisa melalui Desa Panggak Barat, yang masih dalam wilayah Kecamatan Lingga. Sajian yang memukai seperti sunrise maupun sunset begitu sempurna jika dilihat dari puncak Gunung Sepincan. Tak heran jika Gunung Sepincan ini menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang cukup favorit bagi para pendaki.

Istana Damnah

Tidak hanya menyajikan wisata bahari saja, tapi wisata budaya atau cagar budaya juga dimiliki Kabupaten Lingga. Dan salah satunya adalah sisa peninggalan bangunan Istana Damnah yang berada di tengah hutan Desa Damnah, Kecamatan Lingga. Meskipun sekarang hanya tinggal pondasi dan juga tangga bagian depan. Istana Damnah ini dibangun pada tahun 1860 oleh Raja Muhammad Yusuf Al-Ahmadi. Istana Damnah ini menjadi cagar budaya dan juga tempat wisata di Kepulauan Riau yang sangat menarik untuk dikunjungi. Setidaknya lebih mengenal sejarah akan Kepulauan Riau.

Makam Bukit Cengkeh

Mulai dari Sultan Lingga Riau pertama hingga ketiga dimakamnya di Makam Bukit Cengkeh. Mulai dari Sultan Abdurrahman Syah, Sultan Muhammad Syah II, dan Sultan Sulaiman Badrul Alam Syah II. Pada awalnya di tempat wisata di Kepulauan Riau ini dulunya banyak sekali pohon cengkeh akhirnya dinamakanlah Makam Bukit Cengkeh. Selain wisata religi kamu juga bisa menikmati panorama khas perbukitan yang ada di Bukit Cengkeh.

Makam Merah

Dinamakan Makam Merah karena warna cat merah sangat mendominasi makam dari Raja Muhammad Yusuf Yang Dipertuan Muda Riau X. tidak beda dari makam-makam lainnya, Makam Merah ini juga sering dikunjungi para peziarah. Untuk lokasi tempat wisata di Kepulauan Riau ini tepatnya berada di Lingga dan tidak begitu jauh dari Istana Damnah.

Masjid Sultan Lingga

Salah satu masjid tertua di Indonesia juga terdapat di Kabupaten Lingga, masjid tersebut adalah Masjid Sultan Lingga yang konon kabarnya dibangun pada tahun 1792. Masjid yang dibangun pada masa pemerintah Sultan Mahmud Riayat Syah III ini hingga kini masih berdiri kokoh dan menjadi destinasi wisata religi di Kabupaten Lingga. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini berada di Daik, Kecamatan Lingga.

Meriam Sumbing

Ada cerita yang beredar di masyarakat, konon kabarnya Meriam Sumbing ini bisa menangis ketika tidak diikutsertakan dalam peperangan Raja Sulung melawan kolonial Belanda dan Sultan Sulaiman. Karena dianggap keitka itu Meriam Sumbing masih produk percobaan. Dan menurut kabar Meriam Sumbing ini sangat ampuh digunakan dalam peperangan karena ketangguhannya dalam menyerang. Meskipun moncongnya sedih pecah tapi Meriam Sumbing ini masih menjadi favorit para tentara kerajaan waktu itu. Tempat wisata di Kepulauan Riiau ini termasuk wisata sejarah yang berada di Pulau Mepar.

Meriam Tegak

Dari sisi ketangguhan dan keramatnya hampir sama dengan Meriam Sumbing di Pulau Mepar. Meriam Tegak ini konon katanya tidak bisa dicabut baik oleh manusia atau dengan alat berat sekalipun. Dan akhirnya didiamkan pada tempat semula. Konon katanya Meriam Tegak ini ditanam oleh keturunan dari Ncek Walek yang kini telah menjadi tempat wisata di Kepualuan Riau yang termasi=uk cagar budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Lingga.

Museum Linggam Cahaya

Museum ini cukup banyak menyimpa benda-benda bersejarah sisa dari Kerajaan Riau Lingga. Mulai dari senjati api hingga benda-benda lain yang dimiliki oleh Kerajaan Riau Lingga. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini termasuk salah satu museum di Riau yang mengkoleksi cukup banyak benda peninggalan Kerajan Riau Lingga. Untuk lokasi Museum Linggam Cahaya ini berada di Daik, Lingga.

Pantai Batu Berdaun

Pantai yang berpasir putih dan birunya air lautnya saja mungkin tidak akan cukup unik. Tapi pantai yang berada di Kecamatan Singkep ini memiliki batu karang yang cukup besar dan ditumbuhi pepohonan. Itulah kenapa akhirnya dinamanya Pantai Batu Berdaun. Tempat wisata di Kepulaua Riau ini memang menjadi spot selfie yang sudah pasti instagramable banget. Tidak hanya di situ saja, sedikit menjorok ke tengah juga ada bebatuan yang juga ditumbuhi oleh pepohonan.

Pantai Batu Berlubang

Selfie dengan spot berbeda di Pantai Batu Berlubang akan menjadi keunikan tersendiri. Pantai yang memiliki pasir putih dan air laut yang biru ini semakin eksotis dnegan adanya bebatuan besar yang berlubang.  Selain itu keindahan bawah lautnya pun juga sangat memukau. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini berada di Senayang, Kabupaten Lingga.

Pantai Batu Bongkok

Dinamakan sebagai Pantai Batu Bongkok dikarena di pinggir pantai terdapat batu yang cukup besar. batu ini banyak dimanfaatkan para wisatawan sebagai spot selfie keitka mengunjungi Pantia Batu Bongkok. Yang cukup menarik di tempat wisata di Kepulauan Riau ini adalah pasir pantainya cukup luas yang membuat wisatawan sangat leluasa beraktifitas apa saja. lokasi wisata Pantai Batu Bongkok ini berada di Dabo Singkep.

Pantai Cemara

Menyajikan pemandangan yang sedikit berbeda di pantai ini, yakni berjajarnya pohon cemara yang rapi tepat berada di pinggir pantai. Selain itu pasir putih pantai semakin mewarnai Pantai Cemara terlihat begitu cantiknya. Sudah pasti spot selfie terbaik buat wisatawan dengan di bawah pohon cemara. Terdapat juga pondokan yang ada di pinggir pantai menjadi tempat yang cukup asyik untuk melihat deburan ombak Pantai Cemara. Lokasi tempat wisata di Kepulauan Riau ini tepatnya berada di Dabo Singkep.

Pantai Dungun

Hamparan pasir putih dihiasi bebatuan dan juga air laut yang biru sejernih kaca menjadi suguhan utama Pantai Dungun. Pantai ini menjadi favorit para wisatawan karena tergolong sangat aman untuk berenang maupun snorkeling. Ombaknya yang tenang semakin memanjakan wisatawan yang ingin berenang ke tengah pantai atau. Di sebagian lain pantainya juga ada hamparan pasir putih yang cukup luas yang menjadi spot terbaik untuk tempat bermain anak-anak. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini teptnya berada di Kecamatan Lingga Utara, Desa Dungun.

Pantai Indah Sergang Laut

Pertama masuk di lokasi Pantai Indah Sergang Laut yang berada di Kecamatan Singkep, Desa Tanjung Harapan ini kamu akan disuguhi pohon kelapa yang menjulang tinggi. Dan ketika berada di pantai pondokan untuk bersantai sembari menikmati panorama indah pantai seakan menunggu para wisatawan. Yang cukup unik adalah di pinggir pantai berjajar meja dan kursi yang memang disediakan khusus wisatawan untuk menikmati kuliner tepat di pinggir Pantai Indah Sergang Laut. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang masih tergolong baru jadi terlihat sangat bersih dan terawat.

Pantai Nusantara

Di Pantai Nusantara terdapat resort yang sudah cukup tua dan hingga kini masih banyak wisatawan yang menginap di resort yang sudah 16 tahun. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang hampir tidak pernah sepi dari wisatawan. Apalagi bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan panorama pantai tapi takut kepanasan. Maka Pantai Nusantara lah yang akan memanjakan kamu dengan tersedia gazebo di bawah pepohonan kelapa di pinggir pantai. Lokasi wisata Pantai Nusantara ini berada di Tanjung Harapan, Kecamatan Singkep.

Pantai Pasir Panjang

Dengan garis pantai yang cukup panjang maka banyak masyarakat lokal menamakannya Pantai Pasir Panjang. Pesona keindahan pantai ini sungguh mempesona tidak hanya panorama pantai berpasir putih saja. Tambahan pemandangan perbukitan pegunungan nan hijau semakin membuat tempat wisata di Kepulauan Riau ini semakin terlihat eksotis. Lokasi wisata Pantai Pasir Panjang ini berada di Dusun Mala, Kecamatan Lingga.

Pantai Tanjung Sawang

Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memiliki kontur pantai yang landai dan ombaknya tidak terlalu besar. Sangat pas buat wisatawan yang ingin merasakan segarnya bermain air di Pantai Tanjung Sawang. Pantai berpasir putih ini tergolong cukup bersih, jadi sangat tepat buat kalian yang ingin bersantai dan menikmati panorama pantai di atas pasir dan di bawah pepohonan pinggir pantai. Lokasi Pantai Tanjung Sawang ini berada di Kecamatan Singkep tepatnya di Desa Lanjut.

Pantai Teluk Deras

Harus diakui memang di Kecamatan Selayar, Kabupaten Lingga memiliki pesona pantai yang istimewa. Dan satu lagi Pantai Teluk Deras ini tidak hanya menyajikan birunya air laut dan pasir putihnya yang bersih. Tapi eksotisme sunset tampak jelas di depan mata memandang. Seakan-akan wisatawan akan menikmati tiap detik tenggelamnya matahari di ufuk barat. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang belum begitu banyak wisatawan yang datang, jadi serasa berada di private island.

Pantai Teluk Empuk

Benar-benar empuk pasir putih pantainya yang akan membuat siapapun akan merasakan kenyamanan ketika berada di Pantai Teluk Empuk. Pantai ini masih sangat asri berjajarnya pohon kelapa yang tak rapi yang menjorok ke pantai semakin membuat wisatawan nyaman dengan keteduhannya. Ombaknya yang tidak begitu besar semakin terlihat berkilau kebiruan mengundang wisatawan untuk berenang atau hanya sekedar berendam. Lokasi tempat wisata di Kepulauan Riau ini berada di Dusun Sembuang, Desa Penuba Timur, Kecamatan Selayar.

Pantai Teluk Mabuk

Tidak jauh dari Pantai Teluk Empuk, terdapat Pantai Teluk Mabuk yang pesonanya benar-benar memabukkan dan tak mampu membuat siapapun yang datang tak beranjak ke tempat lainnya. Gradasi warnai air dari hijau ke biru menjadi sajian utama di tempat wisata di Kepualauan Riau ini. Adanya bebatuan di pinggir pantai semakin menambah estetika Pantai Teluk Mabuk semakin terlihat cantik. Lokasinya berada di desa yang sama seperti Pantai Teluk Empuk dan memang cukup berdekatan.

Pemandian Air Panas Dabo Singkep

Kabupaten Lingga memang tergolong sangat komplit obyek wisatanya, dan satu lagi destinasi wisata yang cukup menarik adalah Pemandian Air Panas Dabo Singkep. Selain memanjakan mata karena panorama sekitar pemandian masih sangat asri, kamu juga lebih sehat dengan mandi air panas. Setidaknya bisa menghilangkan penyakit kulit dan juga pegal-pegal di badan. Akses jalan menuju tempat wisata di Kepulauan Riau ini cukup mudah dan bisa dilalui kendaran roda empat. Untuk lokasinya sendiri juga masih berada di wilayah Kecamatan Singkep yang hanya 20 menitan dari Kecamatan Singkep.

Pemandian Lubuk Papan

Inilah pemandian yang digunakan oleh raja-raja Kerajaan Melayu dan kini Pemandian Lubuk Papan menjadi pemandian untuk masyarakat umum. Pemandian ini cukup menarik dengan banyaknya pepohonan yang semakin terasa teduh didukung lagi gazebo-gazebo yang ada di area pemandian semakin memanjakan wisatawan yang datang. Tempat wisata di Kepulauan Riau yang berada di pusat Kota Daik menjadi alternatif destinasi wisata bagi wisatawan yang haus akan piknik.

Pulau Belanding

Semua wisatawan yang datang bakal takjub dengan keindahan Pulau Belanding, seakan semuanya tersaji di pulau ini. Tidak hanya birunya air laut dan indahnya bawah laut saja, kamu bisa bersantai di perbukitan sambil menikmati panorama Pulau Belanding yang istimewa. Bahkan kamu juga bisa nge-camp di tempat wisata di Kepulauan Riau ini. Kamu juga bisa berenang di pulau-pulau kecil yang cukup dekat dengan Pulau Belanding.

Pulau Benan

Kesan alami benar-benar ditunjukan pulau yang menjadi gerbang masuk Kabupaten Lingga yang posisinya berada di sebelah utara Pulau Lingga. Sajian yang utama dari Pulau Benan adalah keindahan alam bawah lautnya dan pantainya yang berhias pasir putih bersih serta rimbunnya pepohonan di pinggir pantai. untuk mencapai tempat wisata di Kepulauan Riau ini kamu harus naik kapal feri dati Pelabuhan Tanjung Pinang, Kepulauan Riau yang hanya membutuhkan sekitar kurang lebih 1 jam.

Pulau Berhala

Inilah pulau yang telah lama menjadi sengketa, yang awalnya antara Jambi dengan Riau kemudian setelah pemekaran Provinsi Kepuauan Riau, menjadi sengketa antara Jambi dengan Kepri. Tetapi Mahkamah Konstitusi memutuskan bahwa Pulau Lingga milik Kepulauan Riau. Memang harus diakui bahwa Pulau Berhala menyimpan sumber daya alam yang cukup banyak, seperti gas bumi dan juga minyak. Selain itu potensi wisatawa yang benar-benar memukai dengan pantainya yang indah dan juga keindahan bawah lautnya. Kini pulau berhala menjadi salah satu tempat wisata di Kepulauan Riau yang menyita perhatian wisatawan untuk datang.

Pulau Biola

Nama yang sangat unik untuk sebuah nama pulau, tapi memang karena bentuknya yang mirip biola akhirnya dinamakanlah Pulau Biola. Tapi kebanyakan masyarakat Pulau Cempa menamakannya Pulau Penjuala. Tempat wisata di Kepualauan Riau ini memang sangat terkenal dengan keindahan bawah lautnya, apalagi didukung dengan air lautnya yang sangat jernih akan semakin jelas keindahan terumbu karang dan juga ikan-ikannya. Lokasinya sendiri cukup berdekatan dengan Desa Cempa yang masih berada di wilayah Kecamatan Senayang.

Pulau Cempa

Digadang-gadang menjadi obyek wisata terbaru yang dimiliki oleh Kabupaten Lingga, yakni ekowisata. Puau Cempa salah satunya banyak sekali pohon kelapa yang berada di pinggiran pantai. dan ini menjadi pemandangan yang sangat menyejukkan ketika berada di pantai. Keragaman biota laut dan juga jernihnya air laut menjadi spot snorkeling terbaik untuk menikmati keindahan bawah laut Pulau Cempa. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini tepatnya masih berada dalam wilayah Kecamatan Senayang.

Pulau Duyung

Pulau yang masih berada di wilayah Kecamatan Senayang ini memiliki potensi wisata yang sangat luar biasa. Mulai dari eksotisme pantainya dan juga legenda yang melatar belakangi penamaan Pulau Duyung. Dan satu lagi keunggulan dari Pulau Duyung ini adalah biota bawah lautnya yang sangat beragam. Di tempat wisata di Kepulauan Riau ini,kamu bisa menemukan ikan-ikan cantik, seperti ikan nemo yang berada di terumbu karang.

Pulau Lalang

Disebut juga sebaga Pulau Cibia ini sangat berpotensi menjadi wisata unggulan yang ada di Kabupaten Lingga. Yang sangat memukau adalah warna air lautnya dari gradasi warna hijau menjadi warna biru yang menandakan keindahan alam bawah lautnya. Satu lagi yang akan membuat wisatawan terpukau adalah pasir putihnya yang benar-benar lembut berpadu dengan bebatuan yang ada di pinggir pantai semakin terlihat sangat menawan. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini masih berada di Desa Berhala, Kecamatan Singkep.

Pulau Lampu

Di Pulau Lampu ini terdapat mercusuar yang menjulang tinggi di atas bebatuan. Pulau yang sangat kecil ini hampir dipenuhi bebatuan besar di pinggirnya. Di Pulau Lampu ini bisa menjadi spot terbaik untuk memancing ikan-ikan karang. Dan kamu juga bisa nge-camp karena di tempat wisata di Kepulauan Riau ini ada penjaga dan juga ada rumah untuk menginap. Atau kamu juga bisa mendirikan tenda di areal Pulau Lampu.

Pulau Mentigi

Di Pulau Mentigi inilah perkampungan Suku Laut berada, meskipun hanya beberapa rumah saja dan hanya beberapa orang yang mendiami pulau ini. Di Pulau Mentigi kamu bisa mencoba lebih dekat dengan Suku Laut seperti lebih mengenal adat dan istiadatnya. Selain itu di tempat wisata di Kepulauan Riau ini memiliki pesona bawah laut yang cukup memukau dengan pantainya yang masih sangat asri. Perpaduan pasir putih dan birunya air laut menjadi sajian utama di Pulau Mentigi, begitu juga dengan kelapa muda yang cukup banyak di pulau ini.

Pulau Penaah

Pulau yang berlokasi di ujung timur Pulau Lingga memiliki pesona yang luar biasanya. Mulai dari pasir putihnya dan juga beragam biota laut menjadi andalan utama Pulau Penaah. Adanya beberapa gazebo yang ada di pinggir pantai semakin memanjakan wisatawan yang datang di Pulau Penaah. Tidak hanya cukup disitu saja, panorama pulau-pulau kecil di dekat Pulau Penaah semakin menambah eksotisme tempat wisata di Kepulauan Riau ini. Untuk lokasi wisata Pulau Penaah ini berada di wilayah Kecamatan Senayang.

Pulau Sayak

Garis pantai berpasirnya cukup sedikit dan pinggirnya mayoritas di penuhi bebatuan. Tapi itu semua bukan berarti Pulau Sayak tidak bisa dikunjungi. Yang sangat menakjubkan di Pulau Sayak adalah keindahan bawah lautnya yang cukup menyilaukan mata karena saking indahnya. Bagi yang hobby memansing di areal tempat wisata di Kepulauan Riau ini cukup banyak dihuni ikan-ikan besar. Jika kamu memiliki jiwa petualang kamu juga bisa mendaki bukit Pulau Sayak yang cukup menantang serta hadiah panorama yang sangat memukau.

Pulau Serak

Suguhan pesona yang berbeda benar-benar disajikan Pulau Serak, pemandangan bebatuan besar yang menjulang tinggi terlihat begitu eksotis ketika berpadu dengan birunya air laut. Begitu juga dengan pantainya yang berpasir putih menjadi tempat sempurna untuk memanjakan diri di pantai. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini juga menjadi spot terbaik untuk memancing. Terdapat begitu banyak ikan-ikan besar yang berada di bebatuan karang. Untuk okasi wisata Pulau Serak berdekatan dengan Pulau Singkep atau Pulau Berhala yang hanya membutuhkan waktu 1 jam menggunakan perahu motor.

Pulau Selayar

Terlepas Pulau Selayar memang sangat terkenal dengan tambang bauksit, tapi keindahan akan pulau dan juga pantainya tidak bisa dilupakan begitu saja. Pasir pantainya yang begitu putih bersih dan juga gradasi air laut dari hijau berubah kebiruan akan semakin memikat wisatawan untuk datang. Kamu juga bisa menikmati keindahan dari tempat wisata di Kepulauan Riau ini dari perbukitan yang banyak ditumbuhi pepohonan nan hijau. Untuk mencapai lokasi Pulau Selayar yang berada di wilayah Kecamatan Selayar kamu harus menggunakan perahu motor dari Lingga.

Situs Gedung Bilik 44

Satu lagi cagar budaya yang menambahkan tempat wisata di Kepulauan Riau yang wajib untuk dikunjungi jika ingin mengenal sejarah Kerajaan Lingga. Situs Gedung Bilik 44 ini dibangun oleh Sultan Mahmud Muzafar Syah pada tahun 1812. Namun proses pembangunan gedung yang dibuat untuk para pengrajin ini tidak rampung, karena kolonialisme Belanda ketika itu. Tempat wisata di Kepulauan Riau yang memiliki 44 ruang ini tepatnya berada di lereng Gunung Daik.

Taman Pagoda Dabo Singkep

Tempat wisata di Kepulauan Riau ini tepat berada Dabo, Kecamatan Singkep yang dibangun pada tahun 1981. Pada awalnya Taman Pagoda Dabo Singkep ini dibangun untuk tempat bersantai para penambah timah, karena memang lokasinya berada di bukit timah. Dan kini telah disulap menjadi tamn yang begitu hijau dan menawarkan ketenangan. Kolamnya yang jernih dan bangunannya yang uni bisa menjadi spot selfie terbaik.

Tugu Khatulistiwa

Tugu ini berada di Desa Mentuda, Kecamatan Lingga, tepatnya di Tanjung Teludas. Selain menjadi titik nol bumi, lokasi di Tugu Khatulistiwa memiliki panorama yang memukau. Para wisatawan bisa memandang lautan yang begitu indah dari ketinggian. Lanscape dari tempat wisata di Kepulauan Riau yang sangat menariknya ini bisa menjadi spot selfie bagi wisatawan yang datang untuk mengabadikan momen plesirnya.

Tempat Wisata di Natuna

Hampir sama dengan Kepulauan Anambas yang hampir mayoritas destinasi wisatanya adalah wisata bahari. Kabupaten Natuna juga memiliki beberapa pulau-pulau kecil yang memang memiliki potensi wisata yang juga sama menariknya seperti yang ada di Kepulauan Anambas. Tempat wisata di Kepulauan Riau semakin bertambah jumlahnya dan salah satunya dari dari Kabupaten Natuna. Dengan lokasi geografisnya pada jalur pelayaran internasional, semakin tidak heran jika cukup banyak wisatawan asing yang berdatangan di Kabupaten Natuna.

Air Terjun Air Gunung Hiu

Destinasi wisata yang satu ini cukup banyak yang memfavoritkan karena lokasinya yang mudah dijangkau, fasilitasnya cukup lengkap, dan yang tidak ketinggalam adalan panorama alamnya yang asri. Air Terjun Air Gunung Hiu memiliki kolam di bawah nya, selain itu ada juga kolam renam yang berdekatan dengan air terjun dan jug ataman wisata. Udara yang sejuk khas pegunungan akan menyambut kamu ketika berada di tempat wisata di Kepulauan Riau, tepatnya di Desa Ceruk, Kecamatan Bunguran Timur.

Air Terjun Gunung Ranai

Inilah salah satu air terjun yang ada di Kabupaten Natuna diantara banyaknya destinasi wisata bahari. Tapi untuk mengunjungi Air Terjun Gunung Ranai kamu harus sedikit berpetualang, melewati perbukitan dan juga lebatnya hutan. Udara yang sejuk akan menyelimuti setiap perjalanan kamu menuju Air Terjun Gunung Ranai. Air Terjun Gunung Ranai menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang cukup favorit bagi yang suka berpetualng di dalam hutan dan perbukitan.

Alif Stone Park

Mungkin hanya ada di Natuna saja, pantai yang memiliki bebatuan besar yang seakan menjadi penghias pantai. Itulah Alif Stone Park, salah satu destinasi andalan yang dimiliki oleh Natuna dan cukup banyak mendatangkan wisatawan domestik maupun asing di Kabupaten Natuna. Didukung dengan segala fasilitas yang memadai dan lokasinya cukup dekat dari pusat Kota Ranai membuat tempat wisata di Kepulauan Riau ini menjadi destinasi favorit. Selfiable dan sudah pasti instagramable banget tidak hanya bebatuannya saja, tapi air lautnya yang jernih menambah eksotisme Alif Stone Park.

Batu Bersantai

Dari nama destinasi wisatanya saja sudah cukup unik, Batu Bersantai yang seakan-akan batunya santai di pinggir pantai. Tapi begitu lah adanya tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang sangat cocok buat kalian para traveler bersantai menikmati indahnya pantai yang dihiasi bebatuan granit. Ombaknya begitu tenang semakin memikat para wisatawan untuk merasakan jernihnya air laut di Batu Bersantai. Lokasi wisata Batu Bersantai ini tidak begitu jauh dari Pantai Sejuba yang juga berada di wilayah Kecamatan Burungan Timur, tepatnya di Desa Sepempang.

Batu Sindu

Selain lokasinya yang cukup dekat dengan pusat Kota Ranai yang hanya 3 km, membuat destinasi wisata Batu Sindu sangat wajib untuk dikunjungi bagi wisatawan yang baru menginjakan kaki di Natuna. Proses alam yang sungguh memukau benar-benar hadir di perbukitan yang penuh dengan batu megalith. Dan seakan-akan menjadi bukit batu yang dipadu dengan pepohonan nan hijau semakin terlihat eksotis. tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang menjadi spot terbaik untuk menikmati panorama alam pantai di bawahnya, dengan kilauan airnya yang berwarna biru. Lokasi  wisata Batu Sindu atau Bukit Senubing ini berada di wilayah Kecamatan Bunguran Timur.

Gunung Ranai

Tinggi Gunung Ranai tergolong tidak begitu tinggi yang hanya 1.035 mdpl. Akan tetapi tingkat kesulitannya untuk sampai ke puncak Datuk Panglima Husin, sama seperti mendaki gunung dengan ketinggian 3.000 mdpl. Hal ini dikarenakan posisi Gunung Ranai berada di tengah lautan yang membuat angin bertiup sangat kencang di ketinggian tersebut. Terlepas dari faktor mistisnya Gunung Ranai ini bertipe lowland cloud forest, yakni puncak gunung yang cukup sering ditutupi oleh awan atau kabut tebal.

Masjid Agung Natuna

Banyak orang yang mengatakan bahwa Masjid Agung Natuna ini mengambil arsitektur Taj Mahal India. Masjid Agung Natuna ini benar-benar sangat megah tapi juga artistik selain arsitekturalnya, background pegunungan semakin menambah kesejukan Masjid Agung Natuna. Ditambah pula dengan sungai yang berada tepat di depan masjid semakin membuat para wisatawan betah berlama-lama di Masjid Agung ANtuna. Masjid ini menjadi masjid terbesar yang ada di Kepulauan Riau dan juga menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau khususnya wisata religi.

Pantai Batu Kasah

Salah satu destinasi andalan yang dimiliki Kabupaten Natuna adalah Pantai Batu Kasah. Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dan hampir 5 km. Tidak hanya sekedar pantai berpasir putih saja, tetapi adanya bongkahan bebatuan granit yang cukup besar yang ada di sebagian pantai menjadi pemandangan yang eksotis. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini semakin terlihat kecantikannya dengan berjajarnya pohon kelapa yang sangat rapi di bibir pantai memberikan efek teduh bagi wisatawan. Lokasi pantai yang memeiliki nama lain Pantai Cemaga ini berada di Bunguran Selatan.

Pantai Desa Setenger

Lokasinya yang berada di Desa Setenger, Kecamatan Bunguran Selatan cukup berdekatan dengan Pantai Sebagul yang juga berada di dalam satu Kecamatan. Pantai Desa Setengaer ini benar-benar tenang yang diapit perbukitan nan hijau. Pemandangan yang cukup luar biasa dan terkesan tidak panas karena hijaunya pepohonan meskipun berada di pantai. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang belum begitu banyak yang mengunjungi. Jadi keasrian akan alam sekitar pantai pun juga masih terjaga.

Pantai Pasir Marus

Inilah pantai yang berada di pulau yang memiliki julukan Kota di Atas Lautan, yakni Pulau Sedanau. Cukup banyak wisatawan yang berdatangan di tempat wisata di Kepulauan Riau ini selain menikmati uniknya Kota di Atas Lautan tapi juga menikmati keindahan bawah laut. Di Pantai Pasir Marus tidak hanya menyajikan pasir putihnya saja yang bersih dan juga berjajarnya pepohonan yang rindang di pinggirnya. Tetapi pesona kecantikan alam bawah lautnya juga menjadi kelebihan utama dari pantai ini.

Pantai Sahi

Ada keistimewaan tersendiri ketika kamu berkunjung di Pantai Sahi yang berada di Kecamatan Bunguran Timur. Pantainya bersifat landai dan juga tidak begitu dalam, dan bahkan ketika air lautnya mulai surut kamu bisa berjalan menuju Pulau Sahi yang bentuknya hanya seperti bongkahan batu besar dengan pepohonan di sekelilingnya. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini sangat mudah dijangkau dan juga cukup dekat dari pusat Kota Ranai yang tidak lebih dari 1 jam berkendara.

Pantai Sisi

Memiliki garis pantai 7 km yang lebih panjang dari Pantai Batu Kasah atau Pantai Cemaga membuat Pantai Sisi tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Pantai Sisi pernah mendapatkan sebagai pantai alami terbaik pada tahun 2006 oleh majalah Islands. Hamparan pasir pantainya yang cukup luas berpadu dengan perbukitan nan hijau terlihat begitu eksotis. sangat wajar jika Pantai Sisi menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang cukup sering dikunjungi wisatawan. Lokasi wisata Pantai Sisi terletak di Kecamatan Serasan.

Pantai Sebagul

Pemandangan nan elok benar-benar tersaji di Pantai Sebagul. Kamu tidak hanya menikmati panorama pantai saja, tapi juga view Gunung Sebagul, Gunung Lintang, dan Gunung Catuk terpampang tepat di depan pantai Sebagul. Meskipun tempat wisata di Kepulauan Riau ini sangat jarang pohon kelapa, tapi pohon cemara yang tumbuh di pinggir pantai semakin mempercantik Pantai Sebagul. Lokasi Pantai Sebagul yang berada di wilayah Kecamaran Bunguran Selantan ini tergolong dekat dari pusat Kota Ranai yang hanya membutuhkan 1 hingga 2 jam berkendara.

Pantai Sengiap

Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang sangat cocok bagi wisatawan asing yang suka berjemur di bawah terik matahari. Dengan hamparan pasir yang sangat luas dan juga gugusan pantainya yang cukup memanjang akan memanjakan wisatawan yang suka dengan berbagai aktifitas di atas pasir pantai. Ombaknya yang tergolong sedang akan memanjakan wisatawan yang ingin belajar surfing atau sekedar bersenang-senang di pinggiran. Lokasinya Pantai Sengiap tidak begitu jauh dari pusat Kota Ranai yang hanya membutuhkan 1 jam untuk berkendara.

Pantai Tanjung

Pantai yang juga disebut dengan Teluk Selahang ini ke depannya bisa sejajar dengan pantai-pantai terkenal lainnya yang ada di Indonesia. Tidak hanya menyajikan pasir putih dan birunya air laut saja. Tapi panorama alam Gunung Ranai yang berada di sisi barat pantai ini membuat Pantai Tanjung begitu terlihat sangat cantik. Tidak hanya di situ saja, Pantai Tanjung juga menjadi spot terbaik untuk menikmati sunrise di pagi hari. Karena tempat wisata di Kepulauan Riau ini berada di sisi timur, tepatnya di Kecamatan Bunguran Timur Laut.

Pantai Tanjung Datuk

Tipikal Pantai Tanjung Datuk ini agak berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Gugusan pantainya banyak dipenuhi dengan batu-batu besar yang memiliki warna yang cukup alami. Ada sebagian lokasi Pantai Tanjung Datuk ini memiliki daratan yang agak menjorok ke tengah lautan. Dan biasanya menjadi spot pemancingan yang cukup baik. Selain itu sudah pasti spot terbaik buat selfie dengan background birunya air lautan. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini berada di Kecamatan Bunguran Timur Laut.

Pantai Teluk Buton

Pantai yang berada di Teluk Buton, Kecamatan Bunguran Utara berhadapan langsung dengan Laut China Selatan. Selain itu Pantai Teluk Buton ini memiliki potensi cagar budaya bawah laut. Cukup banyak barang-barang peninggalan tyerdahulu yang masih tersimpan di bawah laut dan juga di sepanjang pesisir Pantai Teluk Buton. Dengan pesonanya yang sangat cantik dan juga potensi sebagai cagar budaya menjadikannya tempat wisata di Kepulauan Riau yang sering dikunjungi para wisatawan domestik bahkan wisatawan asing.

Pulau Bunguran

Pulau besar diantara pulau-pulau kecil yang ada di Kabupaten Natuna ini selain memiliki sumber daya alam juga memiliki potensi wisata yang istimewa. Mulai dari pantainya yang tidak hanya menyajikan pasir putih dari birunya laut saja, tapi juga view Gunung Ranai bisa terlihat dengan jelas di Pulau Bunguran. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini bisa menjadi destinasi andalan ke depannya karena memang potensi wisata baharinya patut diacungi jempol.

Pulau Laut

Salah satu pulau terluar yang dimiliki Kabupaten Natuna dan berbatasan langsung dengan Laut China Selatan. Pulau Laut tidak hanya menawarkan pantai yang indah saja, tapi view akan keindahan alam bawah laut dan juga eksotisme sunset tersaji di pulau ini. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini bisa ditempuh selama 4 jam dari Ranai menggunakan speed boat. Meskipun tergolong cukup jauh dan lama tapi rasa lelah kamu di perjalanan akan terbayarkan ketika sampai di Pulau Laut.

Pulau Midai

Pulau ini juga termasuk pulau terluar Kabupaten Natuna yang juga berbatasan langsung dengan Laut China Selatan. Untuk mengunjungi Pulau Midai kamu harus menggunakan kapal motor dari Pelabuhan Selat Lampa. Keindahan akan pantai di Pulau Midai sudah pasti sangat eksotis karena belum begitu banyak wisatawan yang datang. Begitu juga dengan ekosistem bawah lautnya masih sangat asri dan sangat minim akan kerusakan. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang menjadi spot terbaik untuk snorkeling, diving, maupun fishing.

Pulau Pasir

Hampir mirip dengan Pulau Sahi atau Pantai Sahi, untuk menuju lokasinya kamu tidak perlu perahu, ketika air laut mulai surut. Tapi ketika pasang Pulau Pasir bisa menjadi arena bermain yang sangat menyenangkan dengan air lautnya yang jernih dan juga pasir putihnya. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini cukup dipenuhi pepohonan yang bisa kamu buat untuk berteduh dikala terik matahari terlalu menyengat. Lokasi Pulau Pasir ini berada di Kecamatan Bunguran Barat.

Pulau Sedanau

Unik dan juga indah itulah Pulau Sedanau yang mendapatkan julukan Kota di Atas Lautan. Lokasinya yang berada di sebelah barat Pulau Bunguran ini sudah ada jembatan penghubung dengan Pulau Bunguran. Pulau Sedanau menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang cukup menarik untuk dikunjungi. Selain kekayaan alamnya seperti keindahan terumbu karang dan juga pantai-pantainya yang menawan kamu juga bisa melihat peternakan Ikan Napoleon di Pulau Sedanau.

Pulau Sekatung

Inilah pulau terluar Kabupaten Natuna yang berbatasan dengan tiga Negara, Malaysia, Vietnam, dan Thailand. Lokasinya yang juga berada di perbatasan dengan Laut China Selatan, maka cukup banyak TNI yang berada di Pulau Sekatung. Dan tujuannya tak lain adalah demi menjaga keutuhan NKRI dan menjaga perbatasan. Kamu bisa menikmati keindahan dari Pulau Sekatung dengan menaiki perbukitan, maka kamu akan disuguhi keindahan lautan Indonesia yang begitu sempurna. Selain itu kamu juga bisa menikmati keindahan terumbu karang yang masih sangat alami di tempat wisata di Kepulauan Riau ini.

Pantai Sejuba

Lokasi Pantai Sejuba ini cukup mudah dijangkau dan berada di pinggir jalan raya, tetapi sepi akan pengunjung. Padahal pesona kecantikannya begitu memukau, meski minim pasir pantai, tapi keunikan bebatuan yang menjulang tinggi di bibir pantai menjadi pemandangan yang cukup unik. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini menjadi spot yang cukup menyenangkan untuk bermainan air, karena ombaknya juga tidak begitu besar. untuk lokasinya sendiri berada di Bunguran Timur.

Pulau Semiun

Satu lagi Pulau Semiun yang juga pulau terluar yang dimiliki Kabupaten Natuna ini berbatasan dengan Laut China Selatan. Kamu bisa mengunjungi Pulau Semiun melalui Pulau Sedanau yang membutuhkan waktu sekitar 1 jam penyeberangan. Eksotisme dari Pulau Semiun tidak diragukan lagi, pantainya yang sangat bersih serta pepohonan yang ada di pulau masih sangat asri nyaris tanpa sentuhuan tangan manusia. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini semakin terlihat eksotismenya dengan ujung pulau yang banyak bebatuan granit besar.

Pulau Senoa

Hamparan perbukitan nan hijau, air lautnya sejernih kristal, biota lautnya yang beragam, dan pasir pantainya yang putih nan lembut. Itulah gambaran yang sangat menawan dari Pulau Senoa yang penuh dengan pesonanya membuat banyak wisatawan berdatangan. Arti dari Senoa itu sendiri adalah wanita yang berbadan dua atau hamil. Kebanyakan wisatawan yang ada di tempat wisata Kepulauan Riau ini melakukan aktifitas snorkeling. Karena memang biota laut yang ada di Pulau Senoa ini sangat beragam. Lokasi Pulau Senoa ini berada di wilayah Kecamatan Bunguran Timur untuk menjangkaunya bisa menggunakan kapal motor dari Desa Sepempang.

Pulau Serasan

Terasa tidak ada habisnya pulau dengan pantainya yang cantik yang dimiliki Kabupaten Natuna, dan salah satunya adalah Pulau Serasan. Di tempat wisata di Kepulauan Riau ini menawarkan keindahan pantai berpasir putihnya yang dihiasi pepohonan kelapa seakan mengikuti lekukan pantai. Dan juga birunya air lautnya seakan memanggil para wisatawan untuk menikmati segarnya bermain air yang sebening kaca.

Pulau Setai

Menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Natuna, karena Kapal Pesiar National Geographic pernah berlabuh di Pulau Tiga dan juga Pulau Setai. Hal ini dikarenakan salah satunya pesona alamnya yang begitu memukai yang membuat mereka berlabuh. Cukup banyak wisatawan asing yang selalu menyempatkan diri berkunjung di Pulau Setai untuk bersnorkeling maupun diving. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini lokasinya berdekatan dengan Pulau Tiga dan juga masih berada di wilayah Kecamatan Pulau Tiga.

Pulau Subi

Pulau ini juga menjadi salah satu bagian dari pulau terluar yang ada di Kabupaten Natuna yang juga berbatasan langsung dengan Laut China Selatan. Pesona alamnya pun juga tidak kalah dengan pulau-pulau terluar lainnya. Bahkan untuk di PUlau Subi ini memiliki berbagai macam fasilitas yang cukup memadai. Setidaknya wisatawan tidak begitu kerepotan ketika mengunjungi tempat wisata di Kepulauan Riau ini. Keindahaan yang dimilikinya adalah terumbu karang yang masih alami dan juga pantainya yang masih sangat asri, dan juga panorama perbukitan yang cukup memukau.

Pulau Tiga

Banyak wisatawan yang mengatakan bahwa Pulau Tiga ini salah satu obyek wisata di Kabupaten Natuna yang tergolong masih perawan. Bisa juga demikian karena hampir semua obyek wisata di Pulau Tiga ini masih sangat asri. Mulai dari pantai dan keindahan alam bawah lautnya dan juga perbukitan yang masih banyak pepohonan yang rindang. Ketika kamu berada di tempat wisata di Kepulauan Riau ini kamu bisa menikmati indahnya panorama laut dari perbukitan yang ada di Pulau Tiga.

Wisata Fauna Kekah

Kekah adalah hewan endemic dan sudah menjadi ikon dari Kabupaten Natuna yang memiliki nama latin Presbytis Natunae. Monyet ini cukup unik dan juga sangat lucu sekali, namun kini populasinya sangat mengkhawatirkan karena berkurangnya lahan untuk mereka hidup dan juga perburuan manusia. Karena memang memelihara Kekah memiliki nilai prestisius. Monyet Kekah ini masih bisa kamu temui di Pulau Bunguran Besar.

Tempat Wisata di Batam

Kota terbesar di Kepulauan Riau ini telah menjelma menjadi kota metropolitan dengan tingkat perekonomian yang semakin maju. Dan salah satu penunjangnya adalah dari sektor wisata yang cukup menggaet wisatawan untuk berdatangan ke Batam. Dan salah satu program seperti Visit Batam 2010 – Experience It mampu menyedot para wisatawan asing untuk mengunjungi Kota Batam. Tapi memang cukup banyak tempat-tempat menarik yang ada di Batam yang sangat layak untuk dikunjungi. Beriklut ini beberapa tempat wisata di Kepulauan Riau, khususnya yang berada di Kota Batam.

Alun-Alun Engku Putri

Inilah pusat peradaban yang ada di Kota Batam, dan berbagai macam aktifitas biasa dilakukan masyarakat di Alun-Alun Engku Putri. Dari sisi tata kelola alun-alunnya memang sangat rapi dan juga bersih yang berpotensi menjadi Ruang Terbuka Hijau. Ketika hari menjelang malam maka akan semakin terlihat keindahan dari pusat Kota Batam. Dan cukup banyak wisatawan yang berdatangan di tempat wisata di Kepulauan Riau ini hanya ingin menghabiskan malam sembari nongkrong.

Bukit Senyum

Destinasi wisata yang menjadi andalan Kota Batam salah satunya adalah Bukit Senyum. Di tempat wisata di Kepulauan Riau ini kamu bisa melihat keindahan Kota Batam dan juga Negara Tetangga dari ketinggian. Waktu yang paling tepat biasanya ketika malam hari, kamu akan melihat gemerlapnya Kota Batam dengan sinar cahaya yang terlihat sangat megah dari gedung-gedung pencakar langit yang ada di pusat Kota Batam. Lokasi wisata Bukit Senyum berada di Batu Aji, Tanjung Ucang.

Bukit Welcome to Batam

Panorama Kota Batam isa kamu lihat dari Bukit Welcome to Batam, dan waktu yang paling tepat adalah ketika malam hari. Pijar cahaya lampu dari Kota Batam begitu terlihat kemilau dan sangat megah. Maka sangat wajar jika Kota Batam disebut sebagai Kota Metropolitan. Sebenarnya tidak hanya malam hari saja, tapi sore hari di tempat wisata di Kepulauan Riau ini juga bisa menjadi tempat yang asyik buat nongkrong.

Coastarina

Banyak wisata yang mengatakan miniature Dubai yang ada di Kota Batam. Coastarina memiliki kelengkapan fasilitas untuk memanjakan wisatawan yang datang, mulai dari wisata bahari atau pantai, wahana permainan anak-anak, wahana permainan air seperti banana boat juga tersedia di sini. Coastarina atau Mega Wisata Octarina ini menjadi destinasi wisata andalan yang dimiliki Batam nantinya. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini semakin menarik dengan adanya Giant Wheel atau bianglala raksasa. Dan lokasi wisata Coastarina ini berada di Batam Center yang cukup mudah untuk aksesnya.

Gereja Katolik St.Petrus

Gereja bagi umat Katolik ini berdiri dengan sangat megah dengan arsitektur yang betul-betu kaya akan estetika. Gereja Katolik St. Petrus ini dibangun pada tahun 2005 yang digagas oleh tim yang disebut Team 9. Gereja ini tidak hanya sebagai rumah peribadahan bagi umat Katolik saja, tetapi juga sebagai tempat wisata di Kepulauan Riau yang lebih ke wisata religi.

Harbor Bay

Ketika hari mulai senja cukup banyak wisatawan yang menikmati keindahan pantai di café-café yang dekat dengan pelabuhan. Keindahannya akan mulai terlihat ketika sinar matahari berganti dengan sinar lampu yang ada di Harbor Bay. Eksotis dan sekaligus tempat yang sangat romantis yang ada di Kota Batam. Tak heran juga jika Harbor Bay sering digunakan sebagai tempat menjalankan pernikahan. Harbor Bay menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang sangat sering dikunjungi wisatawan terutama ketika menjelang malam.

Hutan Wisata Mata Kucing

Tidak sekedar hutan biasa yang hanya di tumbuhi pepohonan besar yang menjulang tinggi. Tapi Hutan Wisata Mata Kucing juga memiliki berbagai satwa di dalamnya. Seperti monyet, buaya, burung bangau, dan juga ikan langka seperti ikan arwana yang panjangnya mencapai 1 meter. Tidak cukup di situ saja, tempat wisata di Kepulauan Riau ini juga dilengkapi dengan kolam renang yang terlihat begitu adem dengan pepohonan besar yang ada di pinggir kolam. Lokasi wisata Hutan Wisata Mata Kucing berada di Tanjung Riau, Sekupang.

Jembatan Barelang

Wisatawan yang datang ke Batam tapi tanpa selfie di Jembatan Barelang, itu berarti belum pernah ke Batam. Jembatan Barelang ini menjadi landmark dari Kota Batam nilai dari arsitektural jembatan memang harus diacungi jempol. Jembatan Barelang ini berfungsi untuk menghubungkan tiga daerah metropolitan, yakni Rempang, Galang, dan Batam. Jembatan Barelang ini menjadi spot favorit bagi wisatawan yang baru datang ke Kota Batam, dan hingga kini telah menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang sangat wajib untuk dikunjungi.

Kampung Vietnam

Jejak sejarah dari pengungsi Vietnam pada tahun 1979 hingga 1996 sekarang meninggalkan beberapa bangunan rumah yang tidak berpenghuni. Hampir ada ratusan ribu pengungsi dari Vietnam tinggal di Pulau Balang yang akhirnya menjadi perkampungan orang-orang Vietnam. Dan kini perkampungan tersebut menjelma menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang tepatnya berada di Pulau Balang yang berjarak 50 km dari pusat Kota Batam.

Kompleks Pertokoan Nagoya

Inilah pusatnya dari berbagai macam barang branded yang ada di Batam. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang menjadi surganya wisata belanja di Kota Batam. Mulai dari sepatu hingga berbagai macam aksesoris fashion tersedia di Kompleks Pertokoan Nagoya. Tidak hanya itu saja, jika kamu suka akan wisata kuliner di kompleks ini juga terdapat berbagai macam masakan tepatnya di Nagoya Hill Street.

Kota Mati Marina City

Tempat wisata di Kepulauan Riau ini cukup unik, yakni Kota Mati Marina City. Banyak gedung yang berarsitektur Eropa ditinggalkan para penghuninya dan nyaris tanpa seorang pun yang tinggal di Marina City. Kota Mati Marina City ini dulunya sebagai pusat perjudian yang cukup terkenal dan juga besar se Asia Tenggara. Tapi semenjak perjudian itu dilarang di Indonesia, akhirnya banyak investor atau para penjudi dari berbagai penjuru negeri mulai beralih ke Singapura yang memang perjudian dilegalkan di negara itu.

Makam Nong Isa

Sedikit sejarah, bahwa nama daerah Nongsa itu diambil dari kata Nong Isa. Dan Nong Isa itu sendiri adalah nama Raja Isa bin Raja Ali ketika beliau masih kecil. Dan beliau ini wafat pada tahun 1831, tetapi tidak ada yang mengethaui dimana makam Nong Isa. Dan kompleks Makam Nong Isa ini hanyalah makam keluarga dari Raja Isa bin Raja Ali. Cukup banyak peziarah yang tidak hanya dari Batam saja berdatangan ke Makam Nong Isa.

Makam Temenggung Abdul Jamal

Tempat wisata di Kepulauan Riau berikutnya adalah wisata sejarah atau wisata sejarah di Makam Temenggung Abdul Jamal. Beliau ini adalah seorang Temenggung yang memerintah Kerajaan Riau Lingga yang lahir pada tahun 1720. Di kompleks makam tersebut selain Temenggung Abdul Jamal ada istrinya yang bernama Raja Maimunah. Makam ini juga hampir sama dengan Makam Nong Isa yang cukup sering dikunjungi para peziarah untuk berdoa. Lokasi Makam Temenggung Abdul Jamal berada di Kecamatan Bulang, tepatnya di Pulau Bulang Lintang.

Masjid Agung Batam

Arsitektur masjid yang tidak biasa benar-benar ditampilkan oleh Masjid Agung Batam. Sangat terlihat dari arsitektur bentuk kubah masjid yang tidak seperti masjid-masjid pada umumnya yang berbentuk bulat. Karena dari arsitekturnya cukup unik banyak mengundang wisatawan untuk berwisata religi di Masjid Agung Batam. Dan lokasi tempat wisata di Kepulauan Riau ini tepat berada di pusat Kota Batam yang cukup mudah untuk dijangkau.

Nagoya Citywalk

Slah satu destinasi wisata keluarga yang ada di Kota Batam adalah Nagoya Citywalk. Lokasi dari tempat wisata di Kepulauan Riau yang berada di pusat Kota Bata mini nyaris tidak pernah sepi dari pengunjung. Di Nagoya Citywalk kamu bisa menikmati liburan kamu mulai dari berbagai macam wahana permainan, menikmati berbagai macam kuliner, dan juga area khusus untuk berolahraga.

Padang Golf Bukit Indah Sukajadi

Inilah salah satu lapanagan golf di Kota Batam yang berada di Bukit Indah Sukajadi. Padang golf ini memiliki standar internasional, mulai dari jumlah banyaknya hold dan juga kualitas rumputnya. Dan Padang Gold Bukit Indah Sukajadi ini cukup sering dikunjungi wisatawan yang juga menyukai olahraga golf. Dan kebanyakan mereka datang dari Malaysia dan juga dari Singapura.

Padang Gold Palm Springs

Tidak hanya sekedar lapangan golf yang memiliki standar internasional saja, akan tetapi juga bisa dijadikan sebagai tempat wisata di Kepulauan Riau yang sangat cantik. Hal ini dikarenakan lokasi dari Padang Golf Palm Springs tepat di pinggir pantai dengan air lautnya yang berwarna biru. Karena keindahan panorama yang ada di padang golf inilah yang membuatnya semakin ramai dikunjungi para pecinta golf atau juga wisatawan yang ingin belajar golf.

Padang Golf Southlinks

Selain standar lapangan golf ini bertaraf internasional tapi juga menyajikan panorama yang cukup cantik. Penambahan seperti kolam air di beberapa tempat semakin mempercantik Padang Golf Southlinks. Setidaknya para pegolf tidak akan merasakan kelelahan setelah berjalan berkilo-kilo meter mengitari lapangan golf.

Pantai Dangas

Pengin melihat panorama pantai tapi ga ingin kepanasan dan menjadi hitam kulitmu?? Maka datanglah ke Pantai Dangas, pohonnya yang rindang berjajar di pinggir pantai semakin memanjakan para wisatawan yang ga kepingin kepanas ketika di pantai. Pasirnya yang berwarna agak kekuningan berpadu dengan birunya laut menjadi terlihat begitu kontras tapi kesan alami cukup melekat. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini berada di Sekupang, yang tidak begitu jauh dari obyek wisata Taman Habibi Tangga Seribu.

Pantai Galang Mas

Mayoritas pinggir pantainya bebatuan yang tertata alami membuatnya semakin terlihat eksotis. Dan tak jarang banyak ikan-ikan laut yang warnanya cukup menarik terjebak di bebatuan karang. Dan kamu juga bisa menikmati keindahan panorama Pantai Galang Mas dari gazebo yang tepat berada di pinggir pantai. untuk lokasi tempat wisata di Kepulauan Riau, tepatnya berada di Pulau Galang.

Pantai Kampung Panau

Ada yang unik di Pantai Kampung Panau, yakni adanya hamparan pasir pantai bak padang gurun yang cukup luas. Tapi di satu sisi pantai ini seakan lebih menyerupai teluk, hal ini dikarenakan adanya proses reklamasi yang di lakukan oleh dua perusahaan yang berada di kanan dan kiri Pantai Kampung Panau. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini sebenarnya masih sangat asri, dan memang tidak begitu banyak wisatawan yang berdatang. Pasir pantainya yang berwarna kuning menjadi pemandangan yang berbeda.

Pantai Maimun

Agak disayangkan sebagian dari Pantai Maimun terkena abrasi. Meskipun begitu tetap tidak menyurutkan hati para wisatawan untuk datang ke Pantai Maimun. Kontur pantai yang landau, ombaknya yang tidak begitu besar, dan pasirnya yang putih membuat wisatawan betah berlama-lama di Pantai Maimun. Apalagi airnya lautnya yang berwarna biru dan jernih semakin memanjakan para wisatawan yang nyicip segarnya air laut. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini tepatnya berada di Kampung Melayu, Batu Besar.

Pantai Marina

Bisa dikatakan sebagai pantai tersibuk yang ada di Kota Batam, karena di Pantai Marina ini juga sebagai pelabuhan Fery International Waterfront City. Selain itu Pantai Marina ini juga cukup berdekatan dengan Kota Mati Marina City. Pantai yang berpasir putih birunya air laut semakin membuat wisatawan betah berlama-lama di Pantai Marina. Apalagi ditambah dengan berbagai wahana air, seperti banana boat, kayak, dan permainan lainnya semakin membuat tempat wisata di Kepulauan Riau ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Pantai Mawar

Tidak seperti Pantai Subang Mas yang sama-sama berada di Pulau Galang yang cukup banyak bebatuan karangnya. Berbeda dengan Pantai Mawar yang memiliki hamparan pasir panta yang cukup luas. Apalagi ketika air sedang surut, maka akan semakin luas hamparan pasir pantainya. Di tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang sangat buat kalian yang ingin menggelapkan kulit. Karena jarang pepohonan pinggir pantainya cukup jauh dari bibir pantai.

Pantai Melayu

Salah satu pantai yang menjadi favorit warga Batam dan juga wisatawan asing adalah Pantai Melayu. Pantai ini begitu tertata rapi dan juga cukup terawat dengan berjajarnya pepohonan cemara yang di pinggir pantai semakin membuat betah wisatawan yang datang. Selain itu fasilitas wahana air seperti banana boat menjadi keroyokan para wisatawan untuk merasakan sensasi dan menguji adrenalin. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini tepatnya berada di Pulau Rempang cukup ramai dikunjungi wisatawan ketika hari libur sudah mulai tiba.

Pantai Melur

Wahana bermain air cukup lengkap di Pantai Melur, seperti banan boat, atau pelampung yang bisa kamu sewa dengan harga murah. Pantai Melur memiliki pasir putih yang cukup bersih dengan dihiasi pepohonan yang cukup rindang yang ada di pinggir pantainya. Birunya air lautnya semakin memanjakan para wisatawan yang datang. Lokasi tempat wisata di Kepulauan Riau ini tepatnya berada di Pulau Balang, tepatnya di Jalan Trans Barelang.

Pantai Mirota

Pantai ini terlihat masih sangat asri meskipun berada di kota metropolis Batam. Pasirnya yang putih bersih, pepohonan rindang di pinggir pantai, dan birunya air laut menjadi suguhan utama bagi wisatawan di Pantai Mirota. Yang cukup menarik di Pantai Mirota adalah ada perahu nelayan yang siap mengantarkan kamu untuk berkeliling ke pulau-pulau kecil terdekat. Dan satu lagi di tempat wisata di Kepulauan Riau ini cukup banyak cafeshop yang memberikan tempat untuk bersantai tepat di pinggir pantai. Lokasi Pantai Mirota ini berada di Desa Sijantung, Kecamatan Pulau Galang Baru.

Pantai Nongsa

Garis pantainya tidak begitu panjang, tapi panorama pantai yang memiliki pasir putih bersih ini begitu sempurna. Sangat wajar akhirnya banyak berdiri resort-resort mewah yang dekat dengan Pantai Nongsa. Yang cukup mengagumkan di tempat wisata di Kepulauan Riau ini selain birunya air laut adalah lokasinya yang sangat berdekatan dengan pantai Singapura bagian Selatan. Apalagi ketika malam hari cahaya lampu dari gedung-gedung megah Singapura terlihat begitu terangnya. Untuk lokasi wisata Pantai Nongsa ini berada di Jalan Hang Lekir, Nongsa.

Pantai Palm Springs

Lokasi Pantai Palm Springs ini memang sangat berdekatan dengan Padang Golf Palm Springs. Di tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang begitu sempurna. Berjajarnya pohon kelapa yang ada di pinggir pantai sem.wakin membuat Pantai Palm Ssprings ini semakin terlihat eksotismenya. Dan pantai ini memang tergolong pantai yang cukup difavoritan wisatawan karena viewnya sungguh menyehatkan mat

Pantai Sekilak

Tidak akan puas kamu seharian dengan menikmati keindahan Pantai Sekilak. Pantai ini cukup unik memiliki beberapa bagian pantai yang berbeda panoramanya. Ada bagian pantai yang berpasir putih, berbatu besar yang agak menjorok ke tengah pantai. Birunya air laut semakin membuat wisatawan senang menikmati berbagai wahana air seperti banana boat atau bahkan bermain kayak. Dan salah satu yang cukup menari di tempat wisata di Kepulauan Riau ini adalah mengelilingi pantai dengan kayak. Lokasi wisata Pantai Sekilak ini berada di Kampung Seraya, Komplek Nagoya Garden.

Pantai Sembulang

Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memiliki kontur pantai yang landau dan juga garis pantainya tidak begitu panjang, dibandingkan pantai lainnya yang ada di Batam. Tapi tetap saja memiliki pesona yang cukup menawan. Ada sedikit kekurangan di Pantai Sembulang, yakni tidak begitu terawatt tapi yang paling asyik adalah pantai ini tergolong cukup sepi. Hanya ketika musim liburan tiba saja, pantai ini bakal ramai dikunjungi wisatawan.

Pantai Setokok

Pantai ini memiliki keunikan tersendiri ketika air laut sudah mulai pasang. Selain semakin luasnya hamparan pasirnya, ada semacam relief alami yang ada di pasir pantainya. Ada sebagian dasar laut yang naik ke permukaan karena surutnya air laut tapi juga ada bagian dasar yang masih terendam. Sudah pasti momen seperti ini akan dimanfaatkan para wisatawan untuk selfie. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini lokasinya cukup dekat dari Jembatan Barelang yang tidak lebih dari 2 km.

Pantai Tanjung Bemban

Kontur pantai yang landai dengan ombak ynag tidak terlalu besar, menjadikan Pantai Tanjung Bemban ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Ada semacam tradisi yang cukup unik yang ada di Pantai Tanjung Bemban. Ketika air laut mulai surut banyak warga yang memburu gonggong, yakni sejenis siput yang rasanya cukup lezat. Di pinggiran Pantai Tanjung Bemban juga ada yang menjajakan kuliner seafood yang cukup lezat dengan berbagai macam olahan masakan. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini berada di Batu Besar, Kecamatan Nongsa.

Pantai Tanjung Pinggir

Tempat wisata di Kepulauan Riau ini menawarkan keindahan akan sunsetnya, selain pasir putih, birunya air laut, dan juga pantainya yang bersih. Banyak wisatawan yang mengunjungi Pantai Tanjung Pinggir ketika hari mulai senja sembari duduk di pinggir pantai ditemani es kelapau muda dengan panorama sunset, sungguh nikmat rasanya. Selain itu view Negara tetangga dengan gedung-gedungnya juga tampak jelas dari Pantai Tanjung Pinggir. Lokasi wisata Pantai Tanjung Pinggir ini berada di Tanjung Pinggir, Sekupang.

Pantai Turi

Panatai Turi atau Turi Beach Resort ini berada di Kawasan Wisata Terpadu Batam yang berada di Kecamatan Nongsa. Turi Beach Resort ini memang memiliki view pantai yang sungguh sempurna, kontur landau, pasir putih bersih, dan birunya laut menjadi sajian utama Pantai Turi. Yang cukup mengesankan di tempat wisata di Kepulauan Riau ini adalah kamu bisa menikmati panorama pantai dari jembatan yang menjorok ke tengah pantai.

Pantai Zore

Kontur pantainya yang begitu landai dengan air lautnya yang sangat jernih akan membuat wisatawan siap-siap nyebur. Pasir pantainya yang putih bersih berpadu dengan panorama perbukitan nan hijau membuat pantai ini terlihat masih asri. Apalagi ditambah dengan adanya perkebunan buah naga yang berada di sebelahnya. Wow benar-benar istimewa, sehabis nyebur di pantai dan kepanasan, suguhan jus buah naga akan membuatmu kembali fresh.

Patung Dewi Kwan In

Inilah destinasi wisata dan juga sebagai wisata religi bagi umat Budha yang cukup mendatangkan banyak wisatawan ke Batam. Patung Dewi Kwan In ini memiliki tinggi 22,37 meter yang menghadap ke arah negeri tetangga Singapura. Pada bulan-bulan tertentu wisatawan asing banyak yang berdatangan terutama untuk melakukan sembahyang. Tempat wisata di Kepulauan Riau yang juga menjadi wisata religi ini berada di wilayah Tanjungpinggir, Sekupang.

Perkebunan Buah Naga Zore

Tidak hanya wisata bahari dan juga wisata belanja saja yang dihadirkan Kota Batam bagi wisatawan, tapi juga agrowisata seperti Perkebunan Buah Naga Zore. Tapi akan semakin sempurna ketika perkebunan buah naga itu berada di pinggi pantai. Inilah destinasi wisata yang cukup menarik, selain mencicipi jus buah naga kamu juga disajikan pemandangan Pantai Zore. Tempat wisata di Kepulauan Riau, tepatnya di Barelang ini memang benar-benar akan memanjakan hari liburan kamu.

Pulau Abang

Pesonanya benar-benar memukau dan membuat para wisatawan ingin melihatnya lebih dekat. Itulah Pulau Abang yang tidak hanya mengandalakan panorama pantai berpasir putih saja. tetapi keindahan alam bawah lautnya juga tidak kalah cantiknya yang ada di Kepulauan Anambas. Berbagai macam ikan warna-warni dan terumbu karang seolah menjadi kesatuan yang terlihat sangat cantik. Pulau Abang memang menjadi spot terbaik untuk bersnorkeling maupun diving. Untuk menuju tempat wisata di Kepulauan Riau ini kamu harus menggunakan perahu motor dengan lama perjalanan sekitar 30 menit hingga 1 jam dari ujung Jembatan Barelang.

Pulau Belakang Padang

Jika kamu pernah mengunjungi Pulau Sedanau di Kepulauan Anambas, hampir-hampir mirip. Ada banyak bangunan rumah yang berdiri di atas air atau di pinggiran pantai. Di Pulau Belakang Padang kamu bisa menyaksikan event Internasional yakni Sea Eagle Boat Race pada waktu tertentu. Selain itu kamu bisa berkeliling di pedesaan yang ada di Pulau Belakang Padang dan juga wisata hutan mangrove yang cukup eksotis.

Pulau Putri

Tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang sangat memukau, meskipun tergolong cukup kecil yang hanya memiliki luas 300 meter persegi. Pulau Putri ini cukup dekat dengan Negara tetangga Singapura dan juga Malaysisa yang hanya berjarak 13 hingga 16 kilometer saja. aktifitas wisatawan ketika di Pulau Putri biasanya berenang, diving, maupun fishing. Tapi wisatawan juga harus berhati-hati karena ombaknya terkadang begitu besar. Untuk menuju lokasi Pulau Putri kamu bisa menaiki perahu dari Pantai Nongsa yang hanya beberapa menit saja.

Pulau Sambu

Pulau ini dahulunya ibarat primadona di Kota Batam, bahkan segala macam fasilitas ada di pulau ini. Hal ini dikarenakan Pulau Sambu banyak dihuni oleh para karyawan Pertamina kala itu, makanya lebih maju daripada Kota Batamnya sendiri. Di tempat wisata di Kepulauan Riau ini memiliki pantai yang cukup indah, dan di pinggir pantainya berdiri banyak villa yang berjajar mengikuti garis pantai Pulau Sambu.

Pulau Subang Mas

Lokasi dari tempat wisata di Kepulauan Riau ini tidak begitu jauh dari Jembatan Barelang, dan hanya beberapa menit saja waktu tempuhnya. Yang cukup mengesankan di Pulau Subang Mas ini adalah ada bagian pantai yang memiliki gugusan pantai yang sangat lebar dan semuanya berpasir putih. Dan inilah yang dicari para wisatawan, mereka bisa melakukan berbagai aktifitas di pantai, misalnya seperti maen sepakbola, dan lain-lain. Air lautnya yang berwarna biru dengan ombaknya yang tidak begitu besar semakin memanjakan wisatawan yang ingin berenang atau sekedar bermain air di pantai.

Pura Agung Amerta Bhuana

Tidak perlu jauh-jauh ke Bali jika ingin melihat keindahan pura lebih dekat, di Batam pun juga ada yakni Pura Agung Amerta Bhuana. Tempat peribadahan bagi umat Hindu ini juga menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau, terutma wisata religi.lingkungan yang ada di pura ini seakan-akan akan membawa kamu terasa di Bali. Karena bangunan dan berbagai adatnya yang sangat mirip di Bali.

Queen Garden Waterboom

Satu lagi tempat wisata di Kepulauan Riau yang sangat cocok buat wisata keluarga adalah Queen Garden Waterboom. Hanya dengan Rp. 55.000 kamu bisa menikmati segala macam wahana air yang ada di dalamnya. Mulai dari seluncuran, twister slide, kolam renam dan masih banyak lagi wahana permaian air lainnya. Lokasi wisata Queen Garden Waterboom ini berada di Sadai, Bengkong.

Rumah Limas Potong

Liburan kamu di Kota Batam tidak akan lengkap jika tidak mampir ke rumah adat khas Melayu Kepualauan Riau. Mayoritas bahan dari Rumah Limas Potong adalah berbahan kayu yang mulai ditempati oleh Haji Sain pada tahun 1959. Arsitekturnya nyaris tanpa perubahan dan juga sebagian besar kayunya juga masih bertahan dan awet hingga hari ini. Dan sekarang RUmah Limas Potong ini menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang sangat menarik untuk dikunjungi. Apalagi berada di Kota Batam,akan sangat jarang bisa kamu temui rumah adat melayu seperti ini.

Taman Habibi Tangga Seribu

Pemandangan yang berbeda jika dibandingkan dengan Bukit Senyum, ketika berada di Taman Habibi Tangga Seribu. Jika Bukit Senyum viewnya adalah perkotaan, kalau di Taman Habibi Tangga Seribu adalah lautan nan biru dan beberapa pulau kecil tepat di depannya. Sudah pasti udara yang segar dan suasana yang sangat tenang menjadi tujuan utama wisatawan yang datang ke tempat wisata di Kepulauan Riau ini. Lokasi wisata Taman Habibi Tangga Seribu ini berada di Bukit Harimau, Sekupang.

Taman Kolam Sekupang

Awal dari pembuatan Taman Kolam Sekupang ini hannya sebagai ruang terbuka hijau, tapi justru banyak warga yang mengunjungi taman inis ebagai tempat wisata alternative yang cukup menarik. Pemandangan nan hijau pepohonan berpadu dengan bunga teratai di dalam kolam semakin cepat memberikan efek segar di mata, hati, dan juga pikiran. Lokasinya yang berada di kawasan hutan lindung menjadikannya tempat wisata di Kepulauan Riau yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Waterpark Top 100 Tembesi

Wahana air ini tergolong masih baru jika dibandingkan dengan waterpark sebelumnya seperti dutamas dan ocarina. Waterpark Top 100 Tembesi dibangun pada tahun 2010, jadi memang terlihat masih sangat bagus dan juga lebih lengkap. Seperti berbagai macam seluncuran yang cukup tinggi juga ada di Waterpark 100 Tembesi. Dan juga masih banyak lagi wahana air seperti kolam renang dan lain-lainny. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini juga dilengkapi dengan fastfood yang siap menyajikan bermacam makanan dan minuman setelah lelah bermainan air.

Waterpark Ocarina

Sedikit berbeda dengan Waterpark Top 100 Tembesi, meskipun sama-sama memiliki wahana air yang cukup lengkap. Perbedaaannya pada kolam airnya yang kebanyakan hanya sedalam lutut orang dewasa. Dan memang sepertinya Waterpark Ocarina ini dikhususkan untuk anak-anak. Jadi tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang sangat cocok untuk wisata keluarga. Fasilitas seperti playground juga ada di Waterpark Ocarina. Yang paling menarik di Waterk Ocarina ini adalah adanya perosotan untuk anak-anak yang cukup lebar dan juga berbagai hiasan binatang laut yang ada di dalam kolam.

Tempat Wisata di Tanjung Pinang

Tanjung Pinang tidak hanya sekedar menjadi tempat singgah untuk menuju tempat wisata di Kepulauan Riau lainnya saja. Tapi Tanjung Pinang sebagai ibu kota Provinsi Kepulauan Riau justru memiliki cukup beragam destinasi wisata. Mulai dari wisata bahari, wisata budaya atau wisata sejarah semuanya tersaji di sini. Selain akses menuju lokasi wisata yang cukup mudah yang ditunjung dengan majunya infrastruktur diharapkan Tanjung Pinang semakin banyak mendatangkan wisatawan ke depannya. Dan berikut ini daftar tempat wisata di Tanjung Pinang yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Areca Water Park

Destinasi wisata keluarga yang sangat sempurna di Tanjung Pinang adalah Areca Water Park. Yang paling menarik wahana air yang ada di Areca Water Park adalah adanya kolam ombak. Para wisatawan akan terasa berada di lautan dengan ombaknya yang cukup menantang. Selain itu juga banyak wahana lainnya seperti perosotan air dan juga kolam air yang khusus anak-anak. Areca Water Park menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang cukup difavoritkan terutama bagi warga lokal. Untuk lokasinya sendiri berada di Bukit IX, Kecamatan Tanjung Pinang Timur.

Akau Potong Lembu

Inilah ikon destinasi wisata kuliner dari Kota Tanjung Pinang, Akau Potong Lembu. Dari namanya seperti kuliner yang dibuat dari daging lembu atau sapi, padahal mayoritas yang disajikan adalah seafood yang diolah dengan berbagai macam masakan. Salah satu yang cukup menjadi favorit adalah Gong Gong yakni sejenis siput yang benar-benar menggugah selera dan dijamin kamu bakalan nambah deh. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini bisa kamu kunjungi di Kelurahan Kamboja, Jalan Potong Lembu.

Balai Adat Indra Perkasa

Di gedung inilah tersimpannya berbagai benda peninggalan Kerajaan, seperti benda-benda yang dipakai oleh Raja dan juga Putri Raja. Di Balai Adat Indra Perkasa ini juga digunakan sebagai upacara pernikahan. Dan yang paling unik yang ada di Balai Adat Indra Perkasa adalah adanya sumur di bawah tanah yang airnya tidak pernah habis dari dulu hingga sekarang. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini termasuk ikonik dan sangat wajib kamu kunjungi ketika kamu berada di Pulau Penyengat.

Benteng Pertahanan Bukit Kursi

Bukit Kursi yang ada di Pulau Penyengat tidak hanya menawarkan panorama perbukitan yang sangat indah. hijaunya pepohonan dan juga birunya lautan Tanjung Pinang terlihat begitu menyejukkan. Tapi yang paling utama di Bukit Kursi adalah bukti sejarah dari hebatnya Kerajaan Riau-Lingga yang dipimpin oleh Raja Haji Fisabilillah. Benteng Pertahanan Bukit Kursi adalah pertahanan Kerajaan Riau-Lingga untuk mengatasi serangan dari Kolonial Belanda pada tahun 1782. Dulu di tempat wisata di Kepulauan Riau ini memiliki 90 meriam, tapi kini hanya sisa 5 meriam yang masih terlihat keperkasaannya.

Bukit Panorama

Memang tidak begitu ramai dikunjungi wisatawan padahal pesonanya begitu menggoda keitka hari menjelang senja. Suasana yang santai sembari memandang lautan dan merasakan sayup angin yang menyegarkan membuat kamu merasakan ketenangan di Bukit Panorama. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini tepat berada di tulisan yang cukup besar “Tanjung Pinang”.

Gedung Mesiu

Disebut juga sebagai Gudang Mesiu, sebagai tempat untuk menyimpan berbagai peralatan perang, mulai dari senjata api, mesiu, dan juga berbagai perlengkapan perang. Gedung Mesiu ini dibangun pada masa kejayaan Kerajaan Riau-Lingga dan hingga kini masih utuh dan kondisinya masih sangat terawat. Gedung Mesiu ini berada di dekat Benteng Pertahanan Bukit Kursi, Pulau Penyengat, dan kini menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang cukup sering dikunjungi wisatawan asing. Hal ini karena memiliki nilai sejarah yang sangat kuat yang bisa menceritakan tentang kejayaan Kerajaan Riau-Lingga dulu.

Gereja Ayam

Salah bukti kuat toleransi umat beraagam terbangun sejak masa kolonial Belanda dan hingga kini masih kokoh berdiri. Disebut dengan Gereja Ayam, karena ada symbol ayam yang ada di bagian atap gereja. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini sudah ditetapkan sebagai benda cagar budaya oleh Dinas Pariwisata Tanjung Pianang. Gereja Ayam sebagai tempat peribadahan Kristen Protestan ini dibangun pada tahun 1836 dan menjadi gereja tertua yang ada di Provinsi Kepulauan Riau.

Gereja Katolik Hati Santa Maria Tak Bernoda

Wisata religi bagi umat Katolik di Tanjung Pinang adalah Gereja Katolik Hati Santa Maria Tak Bernoda. Lokasinya yang berada di pusat kota Tanjung Pinang akan semakin mudah untuk dijangkau. Satu lagi bukti toleransi yang tinggi diperlihatkan oleh Kota Tanjung Pinang. Dan kini gereja Katolik ini menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau terutama bagi umat Katolik.

Hutan Mangrove Sungai Dompak

Udara yang segar bebas dari polusi, panorama yang menyejukkan kilauan air sungai yang bersih menjadi suguhan utama dari destinasi wisata Hutan Mangrove Sungai Dompak. Tak heran jika tempat wisata di Kepulauan Riau ini cukup sering dikunjungi wisatawan terutama wisatawang asing. Suguhan lainnya kamu bisa melihat fauna seperti monyet, burung camar yang menghuni Hutan Mangrove Sungai Dompak.

Istana Kantor

Pada awalnya Istana Kantor ini adlah Kompleks Istana Yang Dipertuan Muda Riau VII Raja Ali. Dan bangunan dari istana ini dibangun pada tahun 1844 yang kini difungsikan sebagai kantor pemerintahan Kota Tanjung Pinang. Itulah sebabnya tempat wisata di Kepualauan Riau ini disebut dengan Istana Kantor. Akan tetapi bangunan sebenarnya yang masih utuh adalah hanya pada bangunan bagian depannya saja, selebihnya sudah total dilakukan renovasi.

Istana Engku Bilik

Satu lagi cagar budaya yang hingga kini masih utuh berdiri dan tampak terawat meskipun ada sedikit renovasi pada bangunannya. Istana Engku Bilik ini tergolong cukup luas, dengan halamannya sangat rapi dan juga bersih. Engku Bilik adalah adik dari Sultan Riau-Lingga terakhir Sultan Abdurrahman Muazzamsyah. Arsitekturnya selain mengambil dari seni melayu juga berpadu dengan arsitektur Eropa. Kini Istana Engku Bilik yang ada di Tanjung Pinang menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang cukup menyedot perhatian para wisatawan.

Jembatan Engku Puteri Raja Hamidah

Jembatan ini sudah menjadi ikon dari Kota Tanjung Pinang, layaknya Jembatan Balerang di Kota Batam. Memang ketika siang hari terlihat seperti jembatan pada umumnya, tapi ketika sinar matahari mulai menghilang terlihatlah eksotisme Jembatan Engku Puteri Raja Hamidah. Cahaya lampu yang ada di jembatan seakan menemani wisatawan melewati malam di dekata Sungai Carang. Adanya taman di pinggir jembatan semakin membuat tempat wisata di Kepulauan Riau ini sangat cocok buat nongkrong pada malam hari.

Makam Daeng Celak dan Daeng Marewa

Di dalam kompleks Makam Daeng Celak dan Daeng Marewa ini juga terdapat situs Istana Kota Piring. Tapi hanya bongkahan batu besar sebagai bukti sejarah bahwa dulu di lokasi ini berdirinya pusat pemerintahan Kesultanan Melayu Johor Pahang Riau pada tahun 1722 dan Daeng Marea sebagai Yang Dipertuan Muda I. Makam Daeng Celak dan Daeng Marewa kini telah menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang banyak dikunjungi para peziarah. Lokasi Makam Daeng dan Daeng Marewa berada di Pulau Biram dan masuk di wilayah Kecamatan Tanjung Pianng Timur.

Makam Embung Fatimah

Lokasi Makam Embung Fatimah cukup dekat dengan Makam Raja Haji Fisabilillah. Beliau ini adalah permaisuri Yang Dipertuan Muda Riau IX Raja Muhammad Yusuf Al-Ahmady. Tempat wisata di KEpulauan Riau ini termasuk wisata sejarah yang cukup sering dikunjungi para peziarah dengan niat untuk mendoakan. Makam Embung Fatimah berada di wilayah Kelurahan Penyengat, Kecamatan Tanjung Pinang Kota.

Makam Engku Putri (Raja Hamidah)

Satu lagi destinasi wisata sejarah yang dimiliki oleh Kota Tanjung Pinang adalah Makam Engku Putri. Beliau ini adalah putri dari Raja Syahid Fisabilillah Yang Dipertuan Muda Riau IV yang cukup terkenal karena berani menentang kolonial Belanda waktu itu. Selain sebagai pemegang regalia (alat-alat kebesaran kerajaan) beliau ini juga permaisuri dari Sultan Mahmud Syah. Dan konon katanya Pulau Penyengat ini sebagai mas kawin dari Sultan Mahmud Syah untuk Engku Putri pada kisaran tahun 1801. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini termasuk paling sering dikunjungi para peziarah, yang lokasinya berada di Pulau Penyengat.

Makam Raja Abdurrahman

Beliau ini memiliki gelar Yang Dipertuan Muda Riau VII yang memerintah pada tahun 1832 hingga 1844. Dan beliau lah yang membangun Masjid Pulau Penyengat. Lokasi Makam Raja Abdurrahman ini berada di atas bukit dengan pemandangan Masjid Pulau Penyengat. Udaranya juga sangat sejuk yang membuat para peziarah semakin betah berdoa di makam.

Makam Raja Haji Fisabilillah

Inilah makam pahalawan Melayu yang sangat disegani karena perlawanannya terhadap kolonial Belanda ketika itu. Raja Haji Fisabilillah memerintah pada tahun 1727 hingga 1784 dan memiliki gelar Yang Dipertuan Muda Riau IV. Lokasi Makam Raja Haji Fisabilillah berada di Kecamatan Tanjung Pinang Barat, tepatnya berada di Pulau Penyengat. Dan kini Makam Raja Haji FIsabilillah menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau khusunya wisata sejarah. Karena pengaruh beliau ini sangat besar dan juga sebagai pahlawan tak heran jika makamnya tidak pernah sepi dari peziarah.

Makam Raja Ja’far

Beliau ini Putra dari Raja Haji Sahid Fisabilillah yang memerintah pada tahun 1806 hingga 1831 dan memiliki gelar Yang Dipertuan Muda Riau VI. Lokasi makam yang terletak di Pulau Penyengat yang tidak terlalu jauh dari ayahnya menjadi wisata sejarah yang sering dikunjungi para peziarah. Arsitektur dari makamnya sendiri cukup menarik dengan adanya kubah pada bangunan makam.

Mangrove Sei Carang

Lokasinya cukup berdekatan dengan tempat wisata Jembatan Engku Puteri Raja Hamidah. Panorama pepohonan mangrove nan hijau berapadu dengan Sungai Carang membuat mata terasa sejuk. Kamu juga bisa mengelingi hutan mangrove menggunakan perahu. Dan tak jaran juga di tempat wisata di Kepulauan Riau ini banyak wisatawan yang mencoba memancing ikan yang menghuni hutan Mangrove Sei Carang.

Masjid Raya Al Hikmah

Lokasinya yang berada di pusat Kota Tanjung Pinang dan cukup dekat dari Bestari Mall atau di Jalan Masjid. Masjid Raya Al Hikmah ini sudah berdiri hampir 100 dan mungkin menjadi salah satu masjid tertua yang ada di Indonesia. Arsitektur dan ornamennya sangat kental sekali dengan budaya Melayu begitu juga dengan menaranya yang cukup tinggi juga disertai berbagai ornamen khas Melayu. Masjid Raya Al Hikmah ini juga sebagai tempat wisata di Kepulauan Riau khususnya sebagai destinasi wisata religi bagi umat Islam.

Masjid Raya Kepulauan Riau

Masjid megah yang berada di Pulau Dompak ini memiliki view yang sangat cantik. Seperti sungai dan juga hutan bakau begitu terlihat jelas dan mempesona ketika kamu berada di atas menara Masjid Raya Kepulauan Riau. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini telah menjadi destinasi wisata religi yang termasuk anyar di Kepulauan Riau. Arsitektur masjid yang sangat kental dengan budaya Melayu ini konon kabarnya menelan dana hampir 2 triliun.

Masjid Raya Sultan Riau

Pada awalnya Masjid Raya Sultan Riau ini dibangun mulai tahun 1761 hingga 1812 pada masa Yang Dipertuan Muda Raja Abdurrahman. Awal mulanya masjid ini begitu kecil dan berbahan dasar batu bata dan kayu, tapi atas inisiatif Raja Abdurrahman akhirnya masjid tersebut diperbesar. Dan meminta pada seluruh masyarakat untuk bergotong royong dan bekerja di jalan Allah. Akhirnya banyak masyarakat yang membantu baik material maupun tenaga bahkan para ibu-ibu juga turut serta membangun Masjid Raya Sultan Riau. Kini Masjid Raya Sultan Riau ini menjadi salah satu masjid tertua di Indonesia dan juga menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau khususnya wisata religi bagi umat Islam.

Melayu Square

Hampir sama dengan destinasi wisata kuliner Akau Potong Lembu, hanya saja makanan yang tersaji lebih variatif dari berbagai macam masakan atau makanan. Dan juga buka mulai dari pagi atau siang hingga malam hari. Selain itu kamu juga bisa menikmati suasana Kota Tanjung Pinang ketika malam hari ditemani sama kuliner yang hampir semuanya enak. Tempat wisata di Kepulauan Riau khusus untuk wisata kuliner ini tepatnya berada di Jalan Hang Tuah.

Monumen Raja Haji Fisabilillah

Lokasinya berdekatan dengan wisata kuliner Melayu Square yang berada di Jalan Hang Tuah. Inilah salah satu bukti kerasnya perjuangan Raja Haji Fisabilillah dalam melawan kolonial Belanda ketika itu. Hingga membuat beliau gugur dalam medan pertempuran. Selain sebagai tempat wisata di Kepulauan Riau dengan panorama laut yang memukai, Monumen Raja Haji Fisabilillah ini menjadi salah satu monumen kebanggaran masyarakat Tanjung Pinang.

Musuem Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah

Hampir semua benda peninggalan sejarah yang ada di Tanjung Pinang di simpan di Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah. Mulai dari berbagai koleksi senjata dan benda-benda tua seperti keramik, perhiasan, hingga baju adat tersimpan dengan aman di museum ini. Tak heran juga kalau dikunjungi banyak wisatawan, karena koleksinya cukup banyak. Tempat wisata di Kepualauan Riau ini sering dikunjungi para wisatawan asing yang ingin mengenal lebih dekat tentang kebudayaan Melayu tempo dulu.

Ocean Corner

Destinasi wisata di Taknjung Pinang ini seperti taman kota serta ada tugu yang posisinya tepat berada di pinggir lautan. Tempat yang nyaman serta panorama laut menjadi sajian utama di Ocean Corner. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini akan semakin terlihat eksotisnya ketika makam hari. Banyak wisatawan yang bersantai di taman ditemani jagung bakar sembari menikmati udara malam lautan.

Pantai Impian

Masyarakat juaga ada yang menyebut Pantai Bandar Pinang. Kontur pantainya yang begitu landai dan juga ombaknya yang tidak terlalu besar semakin memanjakan wisatawan yang datang. Birunya air laut berpadu dengan pasir pantainya yang putih membuat Pantai Impian ini semakin terlihat keindahannya. Berbagai fasilitas di tempat wisata di Kepulauan Riau ini cukup lengkap, mulai dari penginapan atau resort yang menghadap pantai dan juga berbagai wahana mainan air. Lokasi wisata Pantai Impian ini berada di Kampung Baru, Kecamatan Tanjung Pinang Barat.

Pantai Tanjung Siambang

Pantai ini benar-benar eksotis keitka senja mulai datang dan sinar matahari mulai meredup. Tapi Pantai Tanjung Siambang tidak hanya cantik ketika matahari terbenam saja. pasir pantainya yang putih bersih dan birunya air laut seakan mengundang wisatawan untuk bermain di atas pasir atau nyebur ke pantai. Selain itu adanya dermaga kecil bisa menjadi spot memancing yang cukup bagus di tempat wisata di Kepulauan Riau ini. Lokasi wisata Pantai Tanjung Siambang ini berada di Dompak, Bukit Bestari.

Perigi Putri

Inilah tempat yang digunakan oleh putri-putri kerajaan untuk mandi dan membersihkan diri. Di dalam bangunan Perigi Putri ini terdapat sumur air dan juga tempat pemandian. Untuk lokasi tempat wisata di Kepulauan Riau ini juga berada di Pulau Penyengat yang cukup dekat dengan lokasi wisata sejarah lainnya.

Pulau Basing

Lokasi Pulau Basing tepat berada di depan Pantai Tanjung Siambang, yang hanya beberapa menit saja menggunakan perahu motor. Pulau Basing digadang-gadang akan menjadi destinasi wisata menarik di masa depan. Selain memiliki pantai yang cantik, di pulau basing juga ada cagar budaya yang berupa bangunan pos penjagaan atau benteng. Selain itu tempat wisata di Kepulauan Riau ini memang terdapat benda-benda purbakala seperti keramin dan beberapa artefak.

Pulau Penyengat

Inilah pulau yang menjadi cikal bakal lahirnya Bahas Indonesia yang kita pakai hingga saat ini. Hampir semua destinasi wisata budaya atau cagar budaya berada di Pulau Penyengat. Bahkan Pulau Penyengat ini sudah mendapatkan label sebagai warisan budaya dunia dari UNESCO. Dan kita sebagai warga Indonesia patur berbangga dengan predikat tersebut. Di tempat wisata di Kepulauan Riau ini kamu akan menemui warisan budaya seperti Kompleks Makam Raja, Masjid Raya Sultan Riau, Balai Adat Penyengat dan berbagai destinasi wisata budaya lainnya yang ada di Pulau Penyengat.

Rumah Tabib Kerajaan

Hanya tinggal sisa-sisa bangunan saja dan tanpa atap dan saking tuanya banyak akar pohon yang menempel pada dinding Rumah Tabib Kerajaan. Dahulunya bangunan rumah ini ditinggali oleh seorang tabib Kerajan Riau-Lingga. Dan kini rumah tersebut menjadi cagar budaya yang memiliki nilai sejarah tinggi dan menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau. Lokasi wisata Rumah Tabib Kerajaan berada di Pulau Penyengat.

Taman Anjung Cahaya

Di tempat wisata di Kepualauan Riau ini kamu tidak hanya menikmati makanan dan minuman yang disajikan, tapi juga panorama laut dengan semilir anginnya yang menenangkan. Dan kebanyakan Taman Anjung Cahaya dipenuhi wisatawan ketika hari mulai senja, suguhan sunsetnya begitu mempesona. Apalagi dengan ditemani secangkir kopi hangat begitu terasa menentramkan hati. Lokasi wisata Taman Anjung Cahaya ini berada di Jalan Hang Tuah, Tanjung Pinang.

Taman Laman Bunda Tepi Laut

Destinasi wisata Taman Laman Bunda Tepi Laut ini tergolong masih baru dan sudah pasti cukup ramai akan wisatawan. Apalagi ketika malam hari nyaris tidak pernah sepi akan pengunjung. Selain segala makanan maupun minuman tersaji di taman ini, angin sepoi-sepoi dari arah laut membuat wisatawan semakin menikmati suasana malam di tempat wisata di Kepulauan Riau ini.

Taman Tugu Pensil

Salah satu bukti keberhasilan Kota Tanjung Pinang dalam memberantas buta huruf yang ada di Kepulauan Riau pada tahun 1960. Design tugu yang dirancang oleh Ir. Nizar Nasir, kini menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang sangat menarik untuk dikunjungi. Disamping Taman Tugu Pensil ini adalah sebagai taman kebanggan, panorama pantai yang tepat di pinggirnya semakin menambah keindahan dari Taman Tugu Pensil. Untuk lokasi Taman Tugu Pensil ini berada di Kecamatan Tanjung Pinang Barat, Jalan Agus Salim.

Taman Wisata Hanaria

Salah satu destinasi alternatif dan tidak akan membuatmu merogoh kocek terlalu dalam. Inilah Taman Wisata Hanaria, destinasi wisata yang cocok untuk wisata keluarga. Meskipun tiket masuknya tergolong sangat murah, tapi fasilitas yang ada di dalamnya tidak murahan. Seperti adanya kolam renang khusus untuk orang dewasa dan juga untuk anak-anak. Tidak cukup di situ, tempat wisata di Kepulauan Riau ini juga dilengkapi beberapa fauna seperti monyet, burung merak, ular, dan lain-lain. Ada juga fasilitas seperti taman bermain untuk anak-anak.

Tugu Gonggong

Tempat wisata di Kepulauan Riau ini menjadi ikon baru dari Kota Tanjung Pinang, yakni Tugu Gonggong. Gonggong itu sendiri sejenis siput dan menjadi masakan khas yang di miliki Tanjung Pinang. Dilihat dari sisi arsitektur bangunan tugu memang sangat unik dan hampir mirip dengan siput atau Gonggong. Yang pasti mumpung masih baru Tugu Gonggong benar-benar spot selfie terbaik di Kota Tanjung Pinang. Untuk lokasinya sendiri juga sangat strategis karena dekat dengan destinasi wisata Taman Laman Bunda Tepi Laut. Lebih tepatnya berada di Tanjung Pinang Kota, Jalan Hang Tuah.

Tugu Proklamasi

Dilihat dari sisi arsitektural bangunan cukup artistik, setidaknya menjadi background yang keren buat selfie. Yang agak disayangkan adalah di lokasi Tugu Proklamasi ini agak berbau dan menjadi tempat kencing umum. Padahal bisa menjadi potensi tempat wisata di Kepulauan Riau yang cukup menarik untuk dikunjungi. Lokasinya yang berada di tengah Kota Tanung Pinang sebenarnya juga representatif buat wisata.

Vihara Avalokitesvara Graha

Destinasi wisata religi Vihara Avalokitevara Graha ini benar-benar menakjubkan, didukung lokasinya yang berada di Bukit Bestari semakin membuat para umat Tionghoa semakin khusuk dalam berdoa. Tempat wisata di Kepulauan Riau ini juga menjadi Vihara terbesar se Asia Tenggara, dan cukup banyak mendatangkan wisatawan asing ke Kota Tanjung Pinang. Di dalam kompleks vihara terdapat patung Dewi Kuan Yin Phu Sha yang masuk dalam Museum Rekor Indonesia  yang terbuat dari lapisan emas 22 karat dengan tinggi 16,8 meter dan beratnya mencapai 40 ton. Lokasi Vihara Avalokitesvara Graha ini berada di Tanjung Unggat, Bukit Bestari.

Vihara Dharma Sasana (Viahara Senggarang)

Satu lagi cagar budaya yang ada di Kota Tnajung Pinang adalah Vihara Dharma Sasana yang berada di Senggarang. Vihara ini berdiri sudah lebih dari 300 tahun dan menjadi bukti juga, bahwa tingkat toleransi pada masa Kesultanan Riau-Lingga perlu diacungi jempol. Di dalam Kompleks Vihara Dharma Sasana terdapat tiga Kelenteng yang fungsi peribadatannya sangat berbeda. Cagar budaya ini sekarang sudah menjadi tempat wisata di Kepulauan Riau yang mengundang banyak wisatawan manca berdatangan di Tanjung Pinang. Mulai dari Singapura, Malaysia, Thailand, dan lain-lain.

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva

Tempat peribadatan bagi umat Tiongha dan juga bagi penganut agama Budha ini ada keunikan tersendiri. Yakni adanya “Patung 1000 Wajah” atau patung murid Budha yang juga disebut sebagai Arahat. Selain sebagai tempat peribadahan juga sebagai tempat wisata di Kepulauan Riau bagi yang suka berphoto selfie atau bagi para pecinta fotografi. Karena dari sisi arsitektur Vihara dan juga patung-patungnya memiliki nilai seni yang sangat tinggi.

Artikel Terkait